Monday, September 14, 2015

[Review] Exfoliating Gel Products Battle: Sulwhasoo vs History of Whoo vs Shiseido

Exfoliating Gel Battle : Brightening Gel (Whoo), White Ginseng Exfoliating Gel (Sulwhasoo), Ibuki Perfection(Shiseido)
From Left to Right : Brightening Gel ( History of Whoo ), White Ginseng Exfoliating Gel ( Sulwhasoo ), Ibuki Perfection Cleanser ( Shiseido ) 

Okay !
Sesuai dengan judul postingan Adit, kali ini Adit akan mereview tiga product exfoliating gel , yaitu Brightening Gel ( Whoo ) , White Ginseng Exfoliating Gel ( Sulwhasoo ) dan Ibuki Perfection Cleanser ( Shiseido) . Ketiga product ini sudah adit coba kurang lebih dua bulan terakhir, so, more or less Adit uda bisa membuat 'plus and delta' list dari ketiganya. Namun, sebelum mengulas lebih jauh, Adit akan tulis brief explanation mengenai exfoliating , khusus untuk kamu.

Skin Exfoliation
Pada dasarnya skin exfoliation ( pengelupasan ) merupakan proses pengangkatan sel kulit mati yang berada di bagian paling luar kulit kita. Dengan dilakukannya proses exfoliation, kulit mati yang membuat muka kita terlihat kusam pun terangkat, sehingga lapisan kulit yang sehat yang berada di bawahnya dapat muncul ke permukaan, dan kulit kita pun akan terlihat lebih sehat dan glowing.
Proses exfoliation ada berbagai macam jenis, baik dari segi prosedur, maupun tingkat kekasaran/kelembutan proses tersebut. Proses ini dapat dilakukan sendiri, maupun dengan bantuan alat di beauty clinic kesayangan kamu.
Mikrodermabrasi dan chemical peeling adalah dua prosedur exfoliation yang dilakukan di beauty clinic dengan bantuan alat atau beauty therapist. Biasanya kedua prosedur ini dilakukan paling cepat 2-4 minggu sekali. Tidak direkomendasikan untuk dilakukan setiap minggu karena akan membuat kulit menjadi tipis dan hyper sensitif.
Di samping kedua prosedur tersebut, ada beberapa cara lain untuk mengangkat sel kulit mati yang dapat kita lakuan sendiri di rumah karena tidak memerlukan alat khusus yaitu :  facial scrubbing atau exfoliating mask. Karena proses exfoliating  menggunakan facial scrub relatif lebih lembut, aktifitas ini dapat kamu lakukan paling cepat 3 hari sekali. Exfoliating mask dapat kamu lakukan 1 minggu sekali. Exfoliating mask yang saat ini laris dipasaran adalah Glam Glow. Review mengenai product ini akan Adit bahas terpisah ya. :)

Manfaat Rutinitas Exfoliating
Disamping membuat warna kulit kita tidak kusam, ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan apabila kita rajin melakukan proses exfoliation. Untuk kita-kita yang kadang suka berjerawat, proses exfoliating akan mencegah pore clogging sehingga mampu mengurangi frekuensi kemunculan jerawat di muka kita. Selain itu, proses ini juga sangat membantu kita dalam mempercepat hilangnya skin discoloration dari bekas jerawat yang ada, dan juga membuat pori-pori kita terlihat lebih kecil.

Saat ini ada banyak produk exfoliating foam/gel yang beredar di Indonesia. Hampir semua brand mengeluarkan produk exfoliating , mulai dari brand yang dapat kamu temukan di mini market sampai dengan brand-brand premium di department store ternama, seperti misalnya :

  • L'Occitane ~ Angelica Exfoliating Gel 
  • Laneige ~ Multiberry Yoghurt Peeling Gel 
  • Extee Lauder ~ Clear Difference Purifying Exfoliating Set 
  • SK2 ~ Skin Refining Treatment ( SRT )
  • History of Whoo ~ Brightening Gel 
  • Sulwhasoo ~ White Ginseng Exfoliating Gel 
  • Shiseido ~ Ibuki Perfection 
  • dan masih banyak lagi. 
Exfoliating gel biasanya bersifat unisex. Produk perawatan kulit untuk pria tidak terlalu banyak variantnya. Sehingga, untuk produk exfoliating biasanya kita bisa menggunakan produk yang juga digunakan untuk wanita. There is one thing that i always keep in mind, kulitku sensitif. Jadi, akan lebih aman menggunakan produk untuk kulit wanita karena produk tersebut didedikasikan untuk kulit yang relatif lebih tipis. Dari sekian banyak produk tersebut, ada 3 produk yang adit coba dalam kurun waktu 2 bulan yaitu Whoo, Sulwhasoo dan Shiseido. 

Products Battle : Whoo vs Sulwhasoo vs Shiseido
Review ketiga produk ini akan Adit lihat dari 3 hal yaitu tekstur, pada saat pengaplikasian dan setelah pengaplikasian. 

Dari segi teksturnya, diantara ketiga produk tersebut, Sulwhasoo memiliki tekstur yang bening, warnanya agak kuning, dengan butiran scrub yang relatif lebih besar-besar namun tetap lembut di kulit. Whoo dan Shiseido memiliki warna putih susu, dengan butiran scrub yang sedang (Whoo) dan relatif lebih tajam (Shiseido), seperti yang dapat kamu lihat di foto berikut ini. 

Exfoliating Gel Battle : Brightening Gel (Whoo), White Ginseng Exfoliating Gel (Sulwhasoo), Ibuki Perfection(Shiseido)
From Top to Bottom :Brightening Gel (Whoo), White Ginseng Exfoliating Gel (Sulwhasoo), Ibuki Perfection(Shiseido)
Walaupun overall seimbang, pada saat pengaplikasian, dilihat dari 'dedek' ( sisa / ampas ) yang ada, Brightening Gel dari Whoo kelihatannya lebih mampu mengangkat sel kulit mati di wajah kita lebih daripada Sulwhasoo . Sedangkan Shiseido lebih membentuk foam ( seperti halnya sabun muka ) sehingga agak susah dibandingkan. 
Exfoliating Gel Battle : Brightening Gel (Whoo), White Ginseng Exfoliating Gel (Sulwhasoo), Ibuki Perfection(Shiseido)
From Top to Bottom : Brightening Gel (Whoo), White Ginseng Exfoliating Gel (Sulwhasoo), Ibuki Perfection(Shiseido)

Setelah pemakaian, Shiseido mampu memberikan sensasi lebih 'bersih' dan agak sedikit lebih 'kesat' dibandingkan dengan kedua produk lainnya. Adit agak susah memberi komentar produk mana yang lebih mencerahkan karena warna dasar kulit adit putih, Namun in general, kulit akan terlihat lebih sehat dan radiant. Foto berikut adalah hasil yang nampak setelah exfoliating. 

After exfoliation


Tips 
Apabila kamu memiliki kulit yang cenderung sensitif dan mudah memerah, sebaiknya kamu memilih produk scrub yang butirannya tidak terlalu tajam sehingga kulit kamu tidak semakin memerah. Frekuensi maksimal penggunaan scrubbing adalah 1 minggu sekali, tidak boleh terlalu frequent, karena akan membuat kulit kamu semakin sensitif. 
Setelah pemakaian scrub, gunakan oil serum sehingga kulit kamu yang agak memerah akan mereda. Kalau Adit, biasanya Adit gunakan Camelia Oil dari History of Whoo. Produk ini sangat nyaman di kulit dan mampu calming down kulit kita yang memerah sehabis exfoliation dan membuat kulit lebih glowing. Coba deh kamu bandingkan foto Adit berikut dengan foto di atas. 


History of Who - Camelia Moisturizing Oil Application


Alright then! Sampai ketemu di bahasan lainnya hanya di Groom'it Like Adit ! 
Ciao! 

No comments:

Post a Comment