Monday, September 14, 2015

[Healthy Life] Green tea: Apa Saja Khasiatnya ?

Dari sekian banyak jenis minuman yang ada, salah satu jenis minuman yang Adit sukai adalah teh. I really have a heart for herbs, dan teh merupakan salah satunya. Minuman teh pertama kali ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu di Cina. Khasiatnya terkenal tidak hanya untuk kesegaran tapi juga kesehatan. Ada banyak legenda asal mula ditemukannya teh, mulai dari legenda di India, di Jepang, sampai di Cina itu sendiri. Anyway, karena Adit bukan sejarawan, Adit gak akan membahas terlalu jauh mengenai legenda teh tersebut. Yang akan adit bahas adalah khasiat teh, atau lebih tepatnya : teh hijau. 

Sampa saat ini, ada berbagai macam jenis teh yang cukup terkenal di dunia seperti misalnya teh hitam,  oolong tea, teh putih, teh bunga ( seperti bunga chamomile ) , teh mint, teh hijau, dan masih banyak lagi. Masing-masing teh tersebut dipercaya memiliki khasiat tersendiri yang bermanfaat bagi tubuh kita. Seperti misalnya chamomile tea, yang memiliki efek relaksasi dan obat tidur alami. Adit kadang suka minum chamomile tea ini untuk membantu badan lebih relaks dan tidur lebih pulas. Bagaimana dengan khasiat teh hijau ?



Manfaat Teh Hijau untuk Kita 
Khasiat teh hijau sebagai sumber anti oxidant dan "pelangsing" mungkin cukup banyak di antara kita yang tahu. Tapi khasiat teh hijau ini tidak hanya sebagai anti-aging dan pelangsing saja lowh. Banyak khasiat lainnya yang menjadikan teh hijau ini sebagai 'magic drink' yang baik untuk kita minum setiap harinya. Mau tau khasiatnya ?
  1. Teh hijau mengandung bio-active compounds yang mampu meningkatkan kesehatan kita. Salah satu material penting yang ada di dalam teh hijau adalah senyawa polyphenol dan EGCG, senyawa anti oksidan yang penting untuk kesehatan kita. 
  2. Teh hijau dapat meningkatkan fungsi otak dan membuat kita lebih pintar. Di dalam teh hijau terdapat sejumlah caffeine, yang, walaupun tidak sebanyak kandungan di dalam kopi, kandungan caffeine di dalam teh hijau mampu meningkatkan memori, memperbaiki mood, meningkatkan daya ingat dan respons kita. 
  3. Seperti yang sudah kita ketahui, teh hijau merupakan fat burner agent , karena kemampuannya meningkatkan metabolisme tubuh kita, sehingga juga mampu meningkatkan performa tubuh kita. 
  4. Kandungan anti oksidan di dalam teh hijau mampu mengurangi resiko tubuh kita terkena penyakit kanker. 
  5. Karena kemampuannya dalam nelindungi otak kita dari proese penuaan, meminum teh hijau secara rutin mempu menurunkan resiko terkena penyakit Alzheimer dan Parkinson.
  6. Teh hijau memiliki anti bacterial agent yang mempu melindungi gigi kita, atau secara umum mampu meningkatkan daya tahan tubuh dalam mengatasi infeksi. Teh hijau juga baik diminum untuk kamu yang mempunya masalah jerawat. Seperti kita ketahui, jerawat biasanya disebabkan oleh bakteri acne vulgaris. Meminum teh hijau setiap hari mampu meningkatkan daya tahan kulit terhadaap serangan bakteri jerawat ( kalau jerawat kamu parah, Adit sarankan kamu juga makan omega 3 . Dulu waktu Adit jerawat parah, Adit minum omega 3 , dan jerawat Adit cepat sembuhnya . Review mengenai omega 3 akan dibahas nanti ya :)  )
Di samping manfaat-manfaat tersebut di atas, masih banyak lagi khasiat teh hijau yang bisa kamu rasakan sendiri, seperti mengurangi resiko diabetes tipe 2, mengurangi resiko serangan jantung karena melindungi LDL dari proses oksidasi, dll. 

Seperti yang pernah adit ceritakan sebelumnya, Adit jatuh hati dengan segala sesuatu yang bersifat herbal dan organik, lebih daripada zat kimia-kimia dan obat-obatan. Oleh karena itu, gak ada salahnya kan kita memulai kebiasaan baik dengan meminum satu cangkir teh hijau setiap hari ? Don't wait until it's too late ! :) 

Nantikan tips tips healthy life hanya di Groom'it Like Adit ! :) 
Ciao 

No comments:

Post a Comment