Friday, September 25, 2015

[Healthy life] Khasiat Jahe untuk Tubuh Kita

Hi, everyone !
Kembali lagi bersama Adit :) .
Siang hari ini Adit mau share sedikit mengenai jahe.
Jahe merupakan salah satu tanaman rimpang yang cukup popular sejak jaman dahulu Tanaman ini diperkirakan berasal dari India atau Cina. Jahe cukup popular karena rasa hangatnya yang mampu memberikan rasa nyaman saat kita masuk angin.
Namun, gak banyak yang tau bahwa disamping khasiatnya sebagai obat anti masuk angin, ternyata banyak lagi khasiat lain dari jahe yang jarang kita ketahui, terutama khasiat jahe yang berhubungan dengan penampilan kita. Mau tau ?


khasiat Jahe untuk penampilan kita
source : google


Khasiat Jahe
Disamping khasiatnya sebagai penghangat tubuh, ada beberapa khasiat lain dari jahe yang penting untuk kita ketahui, yaitu :
  • Jahe mampu mengurangi perut buncit - Percaya gak percaya, ternyata ada beberapa artikel yang menyebutkan bahwa jahe mampu mengurangi perut buncit. Rasa hangatnya mampu menghilangkan perut begah, dan mengobati berbagai masalah di saluran pencernaan kita, sehingga perut kita lebih rata. Ini agak rancu sih, to be honest. Adit mikirnya, kalo jahe ini sebenernya memang mampu menghilangkan perut kembung. Nah, perut kembung biasanya agak membengkak karena banyak gas di dalam perut kita. Disaat jahe mengobati perut kembung tersebut, otomatis gas yang berada di dalam perut kita berkurang dan perut kita mengecil. Tapi , Adit rasa, jahe gak dapat bakar lemak di perut deh ? * mungkin ada yang bisa bantu jelasin ? *
  • Jahe mampu membantu menurunkan berat badan - Beberapa artikel mengatakan bahwa jahe mampu membuka pembuluh darah sehingga metabolisme tubuh kita membaik. Tapi tetap, kita harus menjaga pola makan dan diet yang benar serta olah raga teratur ya.
  • Jahe mampu mengurangi pegal pegal setelah kita berolahraga / work out. Hal ini makes sense, karena, pada saat tubuh kita berolahraga, tubuh memproduksi energy secara aerob and anaerob. Apabila zat samping dari aerob adalah CO2, maka zat samping dari anaerob adalah asam laktat. Penumpukan asam laktat ini lah yang membuat tubuh kita pegal pegal. Untuk mengatasinya, badan kita harus dihangatkan / dipanaskan , sehingga asam laktat tersebut luruh. Ini alasannya kenapa di tempat-tempat fitness disediakan tempat sauna dan steam. Jadi tempat sauna dan steam itu bukan hanya untuk gaya saja , melainkan ada fungsinya tersendiri yaitu menghangatkan badan kita sehingga penumpukan asam laktat berkurang. Atau, kamu dapat minum jahe hangat., Efeknya sama seperti sauna yaitu menghangatkan tubuh kita.
  • Khasiat lain dari jahe adalah efek relaksasi yang timbul saat kita meminumnya. Ini gak bohong. Adit punya kebiasaan, kalau lagi lembur-lembur, atau habis pulang malam, dll, adit bikin susu jahe. Jahenya asli ya ! :) Diparut, lalu direbus sampai airnya tinggal tersisa setengahnya. Air rebusan jahe tersebut disaring lalu digunakan untuk membuat susu :) .  Disamping rasanya yang nikmat, jahe membuat tubuh kita rileks dan tidur pulas sehingga kita bangun dengan badan yang lebih segar keesokan harinya :)
Selamat mencoba !
Nantikan tips lainnya hanya di Groom'it like Adit !
Ciao!



No comments:

Post a Comment