Wednesday, November 11, 2015

[Tips] Acne Care: Tips-tips Seputar Masalah Jerawat

Hi semua, kali ini adit mau share sedikit mengenai step-step yang adit lakukan untuk mengatasi masalah jerawat.  Diskusi mengenai masalah jerawat memang gak pernah ada habisnya. Hampir dapat di pastikan, setiap orang di dunia pasti pernah mengalami masalah jerawat paling tidak satu kali dalam hidupnya. Sebenernya, apa sih jerawat itu ?
Menurut mas Wiki , jerawat merupakan kondisi peradangan yang terjadi di lkulit kita, yang diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori sehingga menimbulkan kantung nanah. Penyebabnya bervariasi mulai dari , perubahan hormonal, stress, makanan , alergi, pemakaian pil KB, dll. So, karena pemicu jerawat ini berbeda beda untuk setiap orang, penting banget untuk mengetahui hal apa sih yang mungkin menjadi factor pemicu jerawat kamu. Karerna, tanpa kamu mengetahui factor pemicu nya, kamu gak akan dapat mengobati jerawat kamu secara tuntas.
Anyway, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah jerawat. Tips-tips ini dapat dilakukan kalau kamu masalah jerawatnya ringan sampai sedang ya. Untuk masalah jerawat yang parah, disarankan kamu datang ke dokter kulit.


Acne Tips

a.       Untuk jerawat di muka

  • Perhatikan skincare routine yang kamu gunakan setiap harinya. Apabila jerawat kamu tiba tiba muncul bersamaan dengan perubahan skin care yang kamu gunakan, coba hentikan pemakaian beberapa saat dan lihat apakah jerawatnya berkurang atau tidak. Apabila jerawatnya berkurang, mungkin kamu gak cocok dengan skincare yang baru tersebut.
  • Perhatikan apakah jerawat kamu muncul setelah kamu menggunakan produk shampoo atau kondisioner rambut ? Beberapa kondisioner menyebabkan pori pori tertutup, terutama apabila tidak terlalu bersih pada saat membilas. Kondisioner ini juga dapat menyebabkan jerawat di punggung atau dada. USahakan pada saat membilas kondisioner, kamu menunduk ke depan dan pastikan kamu membilasnya sampai bersih.
  • Selama berjerawat, hindari pemakaian skincare berlebih. Banyak yang salah kaprah. Waktu kita jerawatan kita jadi cuci mukanya super duper rajin, ceritanya pingin muka tetep bersih. Namun, alih alih muka bersih, yang ada kulit jadi terlalu kering dan sensitive , yang kemudian memicu jerawat semakin parah karena hilangnya lapisan pelindung alamiah kulit.
  •  Adit pribadi termasuk yang gak suka menggunakan sabun muka khusus utk problem jerawat karena terlalu kering di muka. Biasanya aku pilih sabun muka untuk kulit sensitive , seperti Cetaphyl. Selain formulanya yang lembut, Cethapyl banyak direkomendasikan oleh dokter dokter karena tidak mengandung pengawet, pewarna dan parfum.
  •  Hindari memencet jerawat. Kalau kamu gereget dengan jerawat tersebut, datang ke beauty clinic dan ambil paket facial saja. Ini akan lebih baik daripada memencet jerawat sendiri. Para beauty therapist mempunyai cara yang baik dan benar sehubungan dengan memencet jerawat. Gak boleh asal pencet agar tidak terlalu meninggalkan bekas.
  • Selalu gunakan sunblock di saat bepergian agar bekas jerawat kamu gak terlalu menghitam setelahnya. Hal yang harus diperhatikan, hindari penggunaan sunblock yang SPF nya terlalu tinggi karena semakin tinggi SPF nya semakin oily. Gunakan SPF 25 ++ atau 30 ++ maksimal. Dan, pilih yang kandungannya terbukti non-comedogenic. Yang artinya, tidak menyebabkan komedo. Aku biasanya menggunakan produk : Sulwhasoo Renodigm, atau History of Whoo whitening essence with spf.
  • Kamu juga dapat menggunakan obat jerawat topical, khusus di bagian yang terinfeksi. Obat jerawat ini biasanya mengandung salicylic acid yang membantu mempercepat pengeringan jerawat. Untuk obat jerawat yang biasa Adit gunakan, adalah Mario Badescu drying lotion. Obat ini ampuh banget lowh. Skali totol, besok paginya keliatan banget jerawatnya langsung mereda. 
  • Jangan terlalu sering ngaca biar gak makin stress. Haha. Ini beneran lowh. Jujur , memang kalo kita lagi ada jerawat, bawaannya pingin ngaca terus. Cek cek, kali kali jerawatnya ilang, padahal yang namanya proses penyembuhan selalu butuh waktu, dan gak mungkin hilang semalam.
  • Hindari menggunakan hair wax, atau minyak rambut lainnya selama muka kamu berjerawat. Kadang-kadang, penggunakan wax atau pomade bikin jerawat kita makin parah.

b.      Jerawat di punggung

  • Hindari baju yang terlalu ketat karena membuat kulit terlalu lembab sehingga memicu jerawat kita semakin parah.
  • Hindari menggunakan baju yang berbahan spandex pada saat berolah raga. Gunakan baju baju yang agak longgar dan mudah menyerap keringat
  • Coba rekoleksi kira-kira hal berbeda apa yang kamu lakukan sebelum dan sesudah timbulnya jerawat di punggung ini. Untuk beberapa kasus, kalau kamu suka minum supplement fitness, atau susu high protein, ada beberapa supplement yang menyebabkan kulit kita berjerawat. Kalau Adit, biasanya supplement yang tinggi vitamin Bnya. Atau apabila kamu baru mengganti susu high protein, kemungkinan kamu gak cocok/alergi dengan bahan dasar protein tersebut.

c.       Jerawat in general

  • Rajin minum air putih paling tidak 2 liter sehari
  • Banyak makan buah-buahan dan sayur-sayuran
  • Kurangi bergadang , tidur cukup :7-8 jam sehari
  • Makan supplement yang mengandung vitamin A , vitamin C dan zinc.
  • Hindari makan supplement yang mengandung vitamin E dan vitamin B tinggi . menurut dokter Kun, dua vitamin ini merupakan salah satu factor pemicu jerawat
  •  Jangan malas cuci muka
  • Jangan malas cuci rambut
  • Jangan terlalu ingin cepat sembuh. Karena proses penyembuhan itu perlu waktu. Justru yang instant instant kita harus waspada.
  • Hindari menggunakan concealer pada saat muka berjerawat.
  • Rajin olah raga. Keringat yang keluar pada saat berolah raga membantu pori pori kita tetap bersih, di samping juga menurunkan stress level kita.
Okay ! nantikan tips lainnya, hanya di Groom'it Like Adit ! Ciao !

2 comments:

  1. Untuk urutan pemakaian mario badescu drying lotion gmn kak? Q trmasuk golongan pengguna skincarr korea yg brlapis2.
    Jd kl malem q pk skincare toner(klairs), essence(cosrx snail mucin), serum(zymogen houttnynia cordata), cream(zymogen centella), aloevera shooting gell (NR/Holika)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mario badescu urutannya paling terakhir tias. :) setelah semua. kamu ambil bagian pink di dalam mario badescu yang mengendap menggunakan cotton bud, lalu titik-kan ke jerawatmu.

      Delete