Tuesday, December 22, 2015

[Review] Spot Corrector : Laneige Clear-C and White Plus Renew Original Essence

Memiliki kulit yang sensitif dan cenderung berjerawat memang seringkali menjengkelkan. Seringkali jerawat muncul di saat-saat critical dan memanggangu moment penting kita. Disamping jerawat yang memerah dan mengganggu penampilan, bekas jerawat pun tidak kalah menjengkelkan. Bahkan di saat jerawat sudah lama hilang, bekas jerawat rasanya kok betah banget nongkrong di muka kita.

Dari kesekian banyak jenis bekas jerawat , jenis yang paling sering Adit alami adalah hyper-pigmentation, yaitu dimana bekas jerawat tersebut meninggalkan warna hitam yang susah hilang. Adit termasuk salah seorang yang beruntung karena tidak memiliki bakat 'bopeng'. Walaupun demikian, bercak-bercak kehitaman yang ditinggalkan oleh jerawat tetap saja mengganggu dan menjengkelkan.

Beberapa waktu yang lalu, karena aku lagi kerjar deadline, jam tidurku berkurang secara significant. Yang semula 6-8 jam setiap harinya menjadi hanya 3-4 jam maksimal. Kurangnya jam tidur ditambah dengan stress level yang tinggi kemudian suskses memicu terjadinya jerawat-jerawat dan alergi di mukaku. Bete banget rasanya liat muka totol-totol. Bak lingkaran setan, stress bikin jerawat, jerawat bikin stress. Terus berulang gak berhenti-berhenti. Sampai akhirnya, aku minum lagi obat dari dokter kulitku dulu, dokter Kun , baru jerawatnya mereda ( mengenai dokter Kun ini aku akan bahas di postingan lainnya ).

Jerawat mereda ternyata belum akhir dari segalanya. Jerawat- jerawat tersebut meninggalkan bekas hitam-hitam yang santai banget nongkrong di mukaku (bikin aku kesel tiap hari). Akhirnya aku googling, dan ketemu beberapa review mengenai History of Whoo intensive care dan Laneige clear-C Advanced Effector dan White plus Renew Original Essence.

pic credit : LANEIGE official website

Laneige Clear-C Advanced Effector

Mengenai Laneige, produk ini memang terus-terusan bikin aku surprised banget. Sampai beberapa bulan lalu aku gak pernah nyangka Laneige akan memiliki kualitas sebagus ini. Awalnya aku rajin menggunakan Sulwhasoo atau Whoo, dua premium brand Korea yang kelasnya di atas Laneige. Laneige seringkali dianggap second liner Sulwhasoo, karena dikeluarkan oleh company yang sama dengan harga yang lebih murah dari Sulwhasoo. Setelah sukses mencoba beberapa item Laneige, akhirnya aku coba beberapa item lain temasuk Laneige Clear-C ini.

Menurut Laneige official website, Clear-C diklaim memiliki kemampuan untuk membuat kulit lebih bercahaya, karena memiliki kandungan utama vitamin C dan ekstrak superberry, sehingga kulit kita menjadi lebih bersih dan halus.


Laneige White plus Renew Original Essence 

Nah, apabila kamu ingin menghilangkan bekas jerawat, pemakaian Clear-C harus dilanjutkan dengan White plus Renew Original Essence. Essence ini memiliki enam fungsi utama yaitu : Luster, Moisture, Brightness, Evens Skin Tone, Slows Melanin Rate and Reduces Dullness.
Sehingga, hanya dalam waktu 2 minggu saja, bekas jerawat kita akan jauh memudar.


Results so Far ... 

I am amazed. period. hahaha 
Aku inget banget tanggal 28 November yang lalu , supervisor aku nanya kenapa jidat aku bentol 2 gede banget. Dia pikir kepalaku kebentur sesuatu, padahal itu jerawat yang supperrr besarr sampe kayak bisul. Setelah jerawatnya kempes, aku rutin mengaplikasikan LANEIGE ini ke kulit wajahku setiap hari. Dan hasilnya, hanya dalam waktu kurang dari 1 bulan, bekasnya sudah sangat memudar. hanya tinggal sedikit lagi aja. :) . Ga percaya ? ini buktinya .. No filter ya. Cuma beda pencahayaan aja. Yang satu difotonya malam hari, yang satu difotonya siang hari. Tapi jelas banget kelihatan perbedaannya, hanya dalam waktu 14 hari kurang lebih, bekas jerawatnya sudah jauh memudar. 

Oleh karena itu, Laneige menjadi salah satu skincare andalan buatku. haha . Nantikan topik lainnya hanya di Groom'it Like Adit ! 

86 comments:

  1. Hai dit salam kenal,,

    cara setelah make White plus Renew Original Essence apakah make krim lg apa langsung bedak?

    ReplyDelete
  2. Aku juga baru pesan niy...yg white plus sm clear-c mdh2an cocok juga yaa...trims reviewnya...

    ReplyDelete
  3. Aku juga baru pesan niy...yg white plus sm clear-c mdh2an cocok juga yaa...trims reviewnya...

    ReplyDelete
  4. hai Raisa,
    jenis kulit kamu apa ? kalau kulit kamu normal kering, setelah essence sebaiknya cream dulu , lalu sunblock, baru terakhir bedak :) .

    kalau kamu kulitnya cenderung berminyak, skip cream utk penggunaan siang hari, setelah essence boleh langsung ke sunblock / bb cream :) baru bedak

    ReplyDelete
  5. @rita, semoga cocok ya :)
    tips dari aku : less is more .. cukup gunakan essence paling banyak 4 titik di : jidat , pipi kiri kanan, dan hidung. :)

    ReplyDelete
  6. beli produk laneige dimana ya selain online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi @merry satria, di Jakarta, Laneige tersedia di Sogo, Debenhams, kalau ga salah di metro juga ada :) Kamu ada di kota mana ?

      Delete
  7. hi @merry satria, di Jakarta, Laneige tersedia di Sogo, Debenhams, kalau ga salah di metro juga ada :) Kamu ada di kota mana ?

    ReplyDelete
  8. Bedanya original essence dengan essence_ex apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Puri, ex itu versi terbaru nya :) . In general, produk korea kalau ada Ex nya artinya extended version dari varian awal . :)

      Delete
  9. Cara aplikasikan nya gimana ka? Kalo aku kan pengguna fte. Ini pemakaian nya stelah fte berarti yah? Fte - clear c - renew essence gitu ya?

    ReplyDelete
  10. hai , Mairatu. kamu pengguna FTE ? aku juga. biasanya aku pake clear lotion (SK-II) atau clear C yang pink , tunggu sebentar .. lalu FTE .. biarkan FTE nya terserap dulu 5-10 menit .. baru clear C renew essence. pastikan kamu coba dulu clear c renew essence nya di balik lenganmu ya .:) untuk memastikan bahwa kulitmu tidak alergi . Aku biasanya selalu melakukan itu untuk setiap produk baru yang aku gunakan. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahhhh sip! Akhirnya ada jawabannya. Jadi kira-kira begini ya kak step-nya, Facial Wash - Clear C - Hydrating Toner/FTE - Moisturizer. Aku kurang begitu suka pake yg Renew Essence karena jadinya putih dan aku gak terlalu suka putih. Menurutku kulit cukup bersih dan bening saja, hihihi. Dan entah kenapa di aku Renew Essence putih bener. Hahahaa. Thank you for sharing :)

      Delete
    2. Hi adit salam kenal! Sampai saat ini masih pake clear c nya? Saya juga pengguna FTE dan agagak bingung urutannya, biasanya saya pake cosrx aha bha-fte-moisturizer brati klu pake clear c ga perlu pake cosrx lagi ya? Semoga diririku tercerahkan 😁

      Delete
    3. hi Dian. maaf baru balas :)
      hmm, clear c aku lagi stop dulu, karena aku lagi trial some by me . haha
      biasa, gatel coba produk baru.

      so, sementara coba produk baru, produk yang fungsinya sama aku stop dulu.

      saranku, kalau kamu cocok dengan aha bha, gak perlu ganti dengan clear C sih . fungsinya sama :)

      atau sebaliknya, kalau kamu mau coba clear c , stop aha bha.
      atau kurangin, aha bha nya jadi 2 hari sekali. gitu :)

      Delete
  11. Hi adit...salam kenal,
    Aku senang baca2 review skincare di blognya, membantu banget..
    klo boleh tau daily skincare routine nya sm night nya seperti apa?

    Makasih ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Nur Awaliah :)
      terimasih uda mampir2 ke blog ku :)

      hmm, sebenernya daily routine itu beda2 tiap orang , tergantung jenis kulitnya. kamu jenis kulitnya spt apa ?
      kalau aku, cenderung oily sensitive.

      daily routine ku in general :

      1. cleansing oil
      2. cleansing foam
      3. toner
      4. first essence

      no 1-4 pagi dan malam

      nah berikut nya, kalau pagi :
      5. essence / serum
      6. cream
      7. sunblock / bb cream

      kalau malam :
      8. bha a sol
      9. exfoliating agent ( vit C serum / BHA liquid )
      10. serum / essence
      11. cream

      bbrp hari sekali , sleeping mask :)

      setelah itu baru utk weekly nya, masker, dll :)

      Delete
    2. HI Adit, inspirasi bgt nih tulisannya... ohya aq lagi breakout nih kemarin pake jafra 1tahun ga bersih2 nih muka dari jerawat. dan balik lagi pake dokter kecantikan yg notabene krimnya keras. aq skrg lagi pake skincare supijati, tapi udah 1,5 bulan malah jerawat makin terus2an nongol yg kecil2 hingga yg besar (isi nasi putih) dan pori2 juga suka muncul komedo putih kaya mau jerawatn gitu n agak merah. peeling lotion kayanya keras bgt sampe dimulut kadang pahit. aku stop pake krna klo malemnya pake pagi muka langsung cling dan besoknya nongol jerawat. muka aq sensitif bgt jd gampang jerawatan. minta saran dong dit, itu lagi breakout karna pindah skincare atau emang ga cocok yah?? rencana aq mau pindah pake laneige, bisa kasih saran apa yg harus dibeli mulai dari daily skincare nya sampe buat jerawat dan bekasnya.. tinkyuu adit

      Delete
  12. Hi Adit!

    Mau tanya. Pemakaian WPR Original Essence nya wajib dipake tandem sm Clear C Advanced Effector nya ya?? Kalau cuma pake Clear C ya aja, bisa ngilangin bekas jerawat jg ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Echi , sebaiknya kamu coba nya satu-satu chi.. misalnya .. kamu coba dulu clear C advanced effector .. 2minggu sampe 1 bulan .. kalo ga ada adverse reaction di kulit .. baru kamu tambah essence. kalau kamu pake skali jadi baru 2 produk , kalau ternyata kulitmu muncul reaksi jelek ( misalnya iritasi or jerawat ) jadi bingung yang mana yang bikin reaksi jelek tersebut.

      Clear C sebenernya sifatnya lebih ke toner ya kalau aku rasa .. tapi memang itu bikin kulit fresh dan tone nya naik dikit.

      kamu bekas jerawatnya banyak ? kalau ga banyak, coba clear c nya aja dulu. kalau banyak pun, coba clear c nya dulu selama 2 minggu pertama paling enggak. setelah 2 minggu baru kamu coba nambah dengan essence nya.

      ngilangin bekas jerawat memang lebih efektif kalau combine, daripada clear c doank sih kalo yang aku rasain :)

      Delete
  13. Kak Aditt. Makasih udah post review ini. Btw, mbak di counter laneige bilang yg essence ini ga cocok di kulit yg acne prone. Di kak Adit breakout kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh iya Detty, ada satu hal yang aku lupa bilang .. memang utk produk .. kita ga pernah tau yang cocok di aku belum tentu juga cocok di kamu .. so .. kalau kamu akhirnya jadi coba essence ini, selalu coba dulu di bagian belakang lengan.. atau di belakang telinga ya untuk memastikan bahwa kulit mu ga reaktif terhadap zat yang terkandung di dalam produk tsb

      Delete
  14. hai Detty :) , makasih uda mampir2 :) ..
    kalau di aku ga bikin jerawatan sama sekali ..
    aku juga cek di cosdna ga ada zat yang berpotensi acne sama sekali det.
    coba kamu mampir ke cosdna review untuk produk essence ini . linknya ada di sini : http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_54e3122240.html

    memang di dalam produk tersebut ada cetearyl alcohol. kalau kamu agak sensitif , mungkin bereaksi. kalau kamu acne prone tapi non-sensitif, seharusnya gak masalah. karena rating cetearyl alcohol ini '2' skala 5 . which is cukup aman.

    ReplyDelete
  15. Hai ka Adit, aku mau tanya. Kulitku baru sembuh dari jerawat nih tapi masih ada sedikit sisa jerawat yg belum hilang. Tipe kulitku kering. Lebih baik aku pakai rangkaian laneige yg water bank untuk melembabkan atau white plus renew + clear c ya untuk menyamarkan bekas jerawat dan menghilangkan sisa jerawatku? Atau aku pakai keduanya bersamaan? Urutannya gimana yakalo aku pakai keduanya? Thanks ka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Lavestya, kalau boleh tau, penyebab jerawat kamu apa kira2 ?
      kalau ada sedikit sisa jerawat, dan kamu misalnya menggunakan perawatan dokter, saran ku sih .. tuntaskan dulu aja :)
      jangan 'tergoda' untuk mencoba produk lain dulu :)

      kamu sudah pernah menggunakan Laneige sebelumnya ?
      kalau belum pernah, beli nya satu satu aja dulu :)
      misalnya dari clear C . coba gunakan 2 minggu sampai 1 bulan, sambil test, apakah kulitmu menerima atau tidak.
      baru setelah yakin kulitmu menerima, coba ditambah dengan white plus misalnya. dengan begini, kulitmu ga kaget terima/terpapar 'material' baru semua bersamaan.

      water bank, kalau acne prone sebenernya aku gak terlalu yakin . kalau kamu perlu sesuatu yang menghidrasi kulit, aku lebih suka dengan aloe vera gel cosrx. :) itu kalau aku lowh ya :)

      Delete
  16. Hai Adiit.. salam kenal..
    suka banget baca reviewmu. kebetulan aku lagi nyari skincare buat kulitku yg berminyak dan berjerawat nih dit.. ada rekmendasi gak pake apa aja??
    skrang aku lagi nyoba pake hadalabo yg biru..
    kepikiran pake secret key snail egf reapiring gel sih.. biar sembuh jerawatnya dan gak balik balik lagi.. tapi masih galau, aman apa gak gt..
    targetnya sih pokok gak terlalu nguras kantong.. hehhe kyk SK-II tuh uda pasti bhay aku.. gk bisa pake karena mahal..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai HAmamah :)
      thanks uda mampir2 ke sini :)

      kamu tipenya sensitif juga ga ? (mudah memerah misalnya )

      biasanya sih untuk berminyak dan berjerawat, aku sarankannya cosrx bha a sol dan aloe vera gel nya cosrx dulu \:)
      secret keys aku jujur belum pernah coba :)

      kamu pernah coba cosrx ?

      Delete
  17. kak adit .. ini laneige di pake di totol di bekas jerawat nya apa smua wajah ?

    terus apa bisa di gabung sm cosrx pimple pad, klairs supple, shiseido ultimune, dan honey overnight/snail essence nya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lisa,
      kamu menggunakan cosrx pimple pad nya malam hari aja ?

      aku dulu pernah coba gabung laneige white spot dengan snail essence, tapi gak match. maksudnya gak match, kalau aku gunakan white spot dulu, snailnya gak nyerap , kalau gunakan snail dulu, white spot nya ga nyerap. so.. better dipilih salah satu. misalnya, kalau kamu mau menggunakan white spotnya pagi, malamnya kamu snail essence :) gitu.

      Delete
  18. Haloo Kak Adit, salam kenal
    Suka deh baca review kakak informatif sekali dan kak Adit juga ga sungkan untuk balas comment.

    Btw.. Aku mau tanya kak, sudah hampir 3 tahun lebih aku pakai produk dokter (natas**) nah aku berfikir untuk berhenti aja hihi dan beralih ke Laneige ini.

    Ada saran ga sih kak aku harus break dulu utk ga pake produk apapun di wajah aku atau gimana ya?
    Basicly alhamdulillah wajah aku termasuk yg tidak berjarawat kalo pun ada itu hanya 1 atau 2 dan cepet hilang.

    Thank before kak Adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Evi :)
      thanks uda mampir mampir ke blog ku :)

      hmm, sebelum dari dokter N tersebut, kamu pernah mengalami masalah kulit ga ? dulu waktu memutuskan treatment dokter, problem mu apa ?

      perlu break atau tidak sebenernya setahu ku ga ada defaultnya.
      beberapa bilang, perlu break, beberapa bilang tidak.
      tapi aku rasa, yang terpenting adalah : kita perlu tahu dulu, isi krim dokternya apa :). misalnya, kalau isinya itu retinol, atau vitacid, atau cream yang mengandung zat aktif, mungkin sebaiknya kita ada jeda . tapi kalau misalnya isinya hanya moisturizer, atau sunblock, sepertinya ga perlu ada break :)
      problemnya, seringkali kita ga tau isi cream dokter tersebut apa :)

      kalau pun kamu memutuskan untuk break, tetep pencuci wajah, toner, dan sunblock, paling tidak , harus kamu gunakan :)
      jadi ga bener2 ga pakai apa apa sama sekali :)

      Delete
  19. hello ka Adit..makasih udah bikin review ini.. aku mau tanya nih, kulit aku jerawat bruntusan, terus komedoan "blackhead" terus cenderung berminyak dan sensitif udh pake produk dari dokter tp kynya ga cocok.. nah kira" kalo pake produk dari Leneige yg mana ya ? makasihh ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ketrin, thanks uda mampir ,
      kamu tipe kulitnya sensitive banget gak ?
      kalau kamu sensitive banget better jangan Laneige, karena laneige mengandung artificial perfume,

      dan beruntusan itu, mungkin alergi dan bukan jerawat.
      kalau mateng, isinya ada putihnya gitu atau gak Trin ?

      biasanya kalau aku lagi beruntusan banget, aku gunakan aloe vera gel dulu, paling gak 3-5 hari . menggunakan aloe vera, yang alergi2 nya kempes dulu, tinggal kesisa yang jerawat. baru setelah itu aku gunakan cosrx bha a sol, di puncak jerawat ( menggunakan cotton bud, aku titik satu satu hanya di puncaknya aja :) tapi kalau uda banyak banget, better dibantu obat minum Trin, tapi kamu memang musti minta ke dokter :)
      kamu sempat baca postinganku tentang breakout ?
      karena factor jerawat ada banyak, mulai dari habit, sampai genetic. oleh karena itu, hal pertama yang kamu harus ketahui adalah, factor pencetus jerawt di kulit mu itu apa ? factor pencetus jerawat bias berbeda2 tiap orang :)

      Delete
  20. haiiii aditttt, salam kenal yah...btw mau nanya dong...wajahku lagi agak bruntusan nih, mayan banyak...nah selama ak pke laneige yg whitening series, kok makin banyak yah jerawat kecil2 di wajah...enaknya gmn yah dit? diterusin atau gak pemakaian laneige nya?kasi saran dong ak hrs gimana nih, ilangin jerawat nya pke produk apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      hmm, agak beruntusan nya di daerah mana ? di jidat ? di pipi ? di dekat rambut ? atau di leher ?

      karena , kadang2 beruntusan di dekat rambut bukan karena skincare yang kita pakai, tapi bisa karena conditioner yang kita gunakan ke rambut kita. ( termasuk yang deket jawline, karena kadang shampoo atau conditioner meler2 ke daerah tersebut ) .

      Tapi, kalau misalkan kamu yakin beruntusnya related dengan Laneige, mungkin kamu gak cocok dengan fragrance yang ada di laneige tersebut. Memang, produk laneige mengandung artificial fragrance, dan untuk beberapa orang, seringkali gak cocoknya karena fragrance nya itu.

      kalau kamu mau test apakah laneige yang nyebabkan atau bukan. coba stop dulu laneige nya 2-3 minggu, tapi produk selain laneige jangan ada yang berubah dulu. kalau beruntusannya gak nambah, berarti mungkin memang kamu gak cocok dengan laneige.

      beruntusannya pasti jerawat?kalau melenting , isinya ada putihnya gitu ? karena aku beberapa kali gak cocok produk, beruntusnya bukan jerawat, karena melentingnya ga ada isinya. aku pakein aloe vera beberapa hari, beruntusnya mereda.

      kalau jerawat sih , aku gunakan bha a solnya cosrx, tapi kalau lagi berjerawat , aku gunakan cotton bud, aku titik satu satu di puncak jerawatnya malem malem.

      Delete
    2. sebenernya ak itu lepas dari krim dokter E**A, nah pas lepas dari bln Okt 2016 sampai Januari awal 2017 wajahku breakout gitu....tapi trus sembuh krn pada bln2 tersebut ak treatment pke BENZOLAC...begitu udh mulai normal lagi kulit wajahku, disitu ak pke laneige...awalnya kinclong, ehhh pemakaian minggu ke dua bruntusan di wajahku jadi muncul lagi dan tambah banyak...sedih dan putus asa bgt...ada yg kasi saran ak pke FTE nya SK II...katanya itu ampuh buat ilangin beruntusan di wajah...kira2 gimana yah Dit? thanks before

      Delete
    3. Hi :)

      hmm, tapi selama minggu ke dua menggunakan laneige itu, yang mulai keluar beruntus, kamu lagi ga ada pake product apa gitu kan ya ? atau stress level tinggi, kurang tidur , dll ?

      FTE SK-II untuk beberapa orang , purging.

      hmm, kalau kamu cukup yakin kamu ga cocok dengan Laneige, saranku, better stop aja dulu laneigenya. coba pake benzolac lagi. sampe balik lagi bersih , karena dulu berdasarkan history nya, berarti, kamu cocok dengan benzolac ya ? nanti setelah bersih, kalau kamu masih penasaran dengan laneige, coba pake lagi. tapi misalnya, malam hari aja. jangan pagi malam. kalau aman lanjut. kalau ternyata beruntusan lagi, berarti memang kamu ga cocok dengan salah satu ingredient Laneige itu.

      Kemungkinan ga cocok itu selalu ada benedicta. misalnya, dari 100 orang , 99 cocok dan 1 orang gak cocok. In general , sebenernya productnya terbilang aman. cuma, sialnya, 1 orang yang ga cocok itu adalah kita.

      Delete
  21. Iya dit, kamu bener, kayanya mesti ak brentiin dlu laneige nya...
    Mudah2an klo udh balik normal lagi ak bisa pke laneigenya lagi,krn ak yakin bgt ni produk bagus...mmg PR utamanya ilangin dlu bruntusan ini,sbnrnya tipe bruntusanku itu kecil2 tapi gak ada isinya...dan kasar gitu, jadi gampang dikopek2, hehehe...anyway thanks bgt ya adit...salam kenal....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Benedicta :) maaf lama balas.. Good luck ya. Keep me updated gmn progressnya :) . Salam knal jg

      Delete
  22. Hi Adit, mau nanya + minta saran nih :)
    Kulit aku saat ini lagi berjerawat krn sejak pakai Laneige White Dew, awalnya pake ini untuk ngilangin dark spots, tp malah nambah jerawatnya.

    Nah, ada saran nggak ya pake apa untuk ngilangin jerawat beserta dark spotsnya, dan yang bisa mengurangi minyak wajah juga.

    Thank you so much :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Wulan, thanks uda mampir2 :)
      kalau boleh tau jenis kulit mu apa ? jadi aku bisa mengira2 produk apa yang sesuai :)

      hmm, memang LAneige itu either you love it or hate it ..
      beberapa orang gak cocok dengan artificial fragrance yang ada di dalam produk tsb .

      utk dark spot , kalau spot nya ga banyak biasanya sih aku gunakan Whoo whitening intensive Wulan :)

      kalau jerawat, sebenernya utk menghilangkannya, kita mesti tau dulu jenis kulit kamu, apakah memang acne prone atau tidak , lalu , faktor yang mentrigger jerawat , apakah hanya Laneige itu atau ada yang lainnya misalnya : stress , kurang bersih , hormone, conditioner rambut , dll . Kalau penyebabnya hanya Laneige, by time, nanti kamu stop Laneige, dia akan hilang sendiri jerawatnya. tapi yang susah itu, kalau ada faktor lain , yang kita belum tahu. kita mesti cari tahu apa saja penyebab jerawat kamu, dan kamu hindari semua faktor tsb. :)

      jerawatnya banyak atau enggak ? kalau cuma spot2 satu dua , aku sih pake Mario Badescu ( mirip Enca Pink Powder ) , atau pake BHA a sol , di-titik-kan di puncak jerawatnya :)

      Delete
    2. Kulitku dulunya normal, tp skrg jd cenderung oily tp nggak yg berminyak bgt. sebelumnya memang kadang2 muncul jerawat sih, tp yg aku perhatiin sejak pake laneige ini pori pori jd lumayan besar (tadinya nggak) dan lgsg deh keluar jerawat.. jd mungkin memang tipe kulitku acne prone.

      Nah skrg jadinya lg ngelirik line Innisfree yang Bija Trouble, ever heard about it? Mohon infonya ya Dit.

      Kalo utk jerawat cuma 1 - 3 sih munculnya, Mario Badescu sama Zymogen lebih bagus mana?

      Anw, thanks rekomendasinya Whoo Whitening Intensive, segera browsing2 cari trialnya :)

      Delete
    3. innisfree aku belum pernah coba wulan. so far sih, yang aku cocok : SK-II. Cosrx, Klairs, Benton, Whoo, Sulwhasoo ( beberapa ) , OST , Skin&Lab, dan beberapa produk cabutan lainnya ( ada aloe vera variant Body shop misalnya ) .

      Innisfree aku belum ketemu produk yang ingin aku coba. Tapi, bija trouble memang banyak yang bilang ok. Cuma , yang aku denger clay masknya kalau ga salah.

      kalau jerawatmu 1-3 an gitu, mungkin kamu cukup pake mario badescu, karena dia per spot gitu aplikasinya. Zymogen lebih untuk sewajah. Zymogen juga bagus , tapi untuk apa mengobati jerawat semuka kalau hanya 1-3 spot aja kan ya :)

      Delete
    4. i see.. mendingan pake mario badescu aja ya kalo gitu.
      Ok, thanks adit buat info-infonya. Sukses terus buat blognya, keep making good review! :)

      Delete
    5. Hi Wulan :) keep me updated ya gimana hasilnya nanti :)

      Delete
  23. Halo kak adit kalau untuk menghilangkan bopeng yg kecil kecil itu ampuhnya pake apa ya, soalnya bikin mukaku teksturnya nggak rata, thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tri, bopengnya karena apa kalau boleh tau ? kamu sempat jerawatan dulu ?

      bopeng itu, gampang2 susah, dan biasanya gak akan hilang kalau hanya menggunakan skincare.

      kamu perlu ke dokter kulit, karena perlu tindakan biasanya.
      kalau bopengnya samar ( ga dalam ) , biasanya akan berkurang dengan microdermabrasi.

      kalau agak dalam, biasanya dokter akan menyarankan PRP. dan ini butuh beberapa kali treatment baru kelihatan. ( sayangnya treatment ini agak mahal :( )

      kalau bopengnya dalam, biasanya dokter akan menyarankan untuk injeksi filler. tapi masalahnya, filler ini perlu dilakukan berkala.

      Delete
  24. Hai kak kalo aku makenya cuma 2 items itu aja buat jerawat genetik cukup belum? Apa harus sm items laennya? Kaya sunblock dll
    (Sabun muka trs 2 items itu aja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Athalia,
      sebelum menjawab pertanyaan kamu..
      semua tergantung dari kulit kamu Athalia.

      ada yang gak bisa pake skincare layernya banyak. ada yang bisa pake skincare layernya banyak.

      nah, untuk jerawat genetik, ini memang sangat tricky.
      somehow, secara genetik, kulitmu prone to acne dibandingkan orang2 lainnya yang jerawatnya karena faktor luar.

      so , kamu harus membalance antara skincare dan diet.

      1. no sugar, less carbo, no coffee, less meat, more veggie, and fruits, water , olah raga, tidur cukup.
      2. memperhatikan apa yang kamu gunakan ke rambutmu juga. jangan pake produk2 yang ada oil nya, atau too much conditioner. gunakan yang se ringan mungkin untuk rambutmu, dan less chemical juga kalau bisa.
      3. jangan terlalu panas2an, jangan over stress, no smoking dan hindari tempat2 yang banyak asap rokoknya.
      4. cukup makan anti acne vitamin : vitamin c, zinc, vitamin A, selenium, vitamin D.
      5. hindari multi vitamin , karena mengandung vitamin E ( membuat sekresi kelenjar minyak makin aktif ), mengandung vitamin B juga ( karena meningkatkan metabolisme, dimana, temperature badan naik, sekresi sebum meningkat. dan memang ada beberapa jenis vitamin B yang meningkatkan sekresi kelenjar minyak ( B6,B7, B9, B12 ).
      6. baru setelah itu skincare :
      a. cuci wajah 2 kali sehari, kalau bisa double cleansing.
      b. gunakan toner ( ada exfo toner dan hydrating toner. exfo toner untuk mengangkat sel kulit mati sehingga mengurangi kemungkinan pore clogging, hydarting toner menjaga kulit tetap plumped sehingga sekresi sebum tidak terlalu aktif )
      c. essence ( bikin kulit sehat. )
      d. obat jerawat ( spot treatment )
      e. sunblock.

      so, menjawab pertanyaan kamu, paling enggak harus 5 item. :)

      Delete
  25. Hai kak adit, aku biasanya pakai obat dokter, nggak bikin ketergantungan sih cuman akhir2 ini kulit aku lagi breakout bruntusan gitu bukan jerawat nanah gitu, kulit aku oily sih termasuk rada banyak dan ada bekas2 jerawat kira produk yang bagus apa ya kak? Aku pingin nyobain lenaige sih kak.

    ReplyDelete
  26. halo kak adit, seneng masa baca blogmu hehe kakak cowok tapi semangat banget buat ngerawat diri aku merasa kalah :'D haha

    btw kak, aku dulu jerawatan gegara pake salah satu produk dan langsung keluar banyak gitu jerawatnya. dan sekarang jerawatan udah berlangsung 3 taun, sekarang jerawat aku udah mendingan sih. kalo dulu gede2 banget jerawatnya, sekarang lebih sering beruntusan yang ada isinya gt kak, bernanah gitu asli itu juga ganggu banget. dan aku itu jerawatan cuma di daerah pipi kak. di spot lain engga, dalam artian jarang gitu:( dan kulitku gampang merah gitu kak, terus muka aku udah ga minyakan sih, cuma di idung doang itu kenapa ya kak:( hehe. jadi mukaku bisa dibilang acne prone+sensitive.

    aku mau minta saran dari kakak buat muka aku, btw aku pengen nyoba cosrx one step pimple clear pad, secret key, sama laneige yang white dew. nah, buat yang laneige mending aku pake yang white dew / Laneige Clear-C + White Plus Renew Original Essence dengan kondisi mukaku sekarang? makasih ya kak sori bgt nanyanya banyak hehe thx sukses terus kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ferghina .. haha :) iya, aku dulu jerawatan parah semuka sampe ga ada spot bersih sama sekali. jadi aku rajin ngerawat kulit :)

      hmm, kalau kulitmu acne prone sensitif, sebaiknya :
      1. gunakan produk baru satu per satu Fer. misalnya kamu mau coba clear pad, itu aja dulu selama 2 minggu . sampe kamu yakin ga ada adverse reaction baru coba produk baru lagi.
      2. dari ketiga produk yang mau kamu coba, paling recommended utk jenis kulitmu adalah clear pad tsb. digunakan 2 hari sekali. malam hari. ( jangna terlalu sering, karena kamu juga walaupun acnee prone tapi sensitif. )
      3. untuk laneige, karena wanginya sangat kenceng, which is banyak kandungan parfumenya, kalau kamu mau coba, pastikan kamu melakukan patch test dulu. oleskan di belakang telinga , atau di lengan bawah selama 1 minggu paling tidak. untuk memastikan kulitmu ga sensitif thd ingredient product itu. aku pribadi suka clear C dan renew original essence, tapi clear c ada alkoholnya jadi ga bisa sering2 :) paling banter sehari sekali.

      Delete
  27. Ha adit.. Blogmu favorit bgt, suka bacanya 😊

    Adit boleh ya sekalian nanya nih xixi
    Tipe kulitku berminyak dan mudah berjerawat maybe agak sensitif.
    Skrg sih aku make cosrx cleansing foam yg morning gel itu, aha/bha claryfing toner, klairs hydrating toner, cosrx galacto essence, erha serum c (kalo mlm), cosrx honey all in one gel cream dan sunblock erha.

    Pengennya sih mau nyerahin dit.. Mohon rekomendasinya ya dit.. Makasih banyak sebelumnya ^^

    ReplyDelete
  28. Ha adit.. Blogmu favorit bgt, suka bacanya 😊

    Adit boleh ya sekalian nanya nih xixi
    Tipe kulitku berminyak dan mudah berjerawat maybe agak sensitif.
    Skrg sih aku make cosrx cleansing foam yg morning gel itu, aha/bha claryfing toner, klairs hydrating toner, cosrx galacto essence, erha serum c (kalo mlm), cosrx honey all in one gel cream dan sunblock erha.

    Pengennya sih mau nyerahin dit.. Mohon rekomendasinya ya dit.. Makasih banyak sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anna.. maaf baru balas.. :)

      kamu gimana perkembangannya make itu semua ?
      uda berapa lama ?

      sebenenernya concernku adalah serum dari Erha. cocok kah ?

      Delete
    2. Hai adit iyap gpp 😊
      Perkembangannya sih kulitku udah gak kasar lagi lumayan halus. Tapi kalo nyerahin blom ada perkembangan bekas jerawat masih gak ilang2 >.< udah make 2 bln sih. Tapi kalo serum erha msih blom lama sekitar 2 mnggu makenya dan cocok aja tapi untuk menyerahkan belom keliatan.
      Mnurut adit cukup segini produknya ato ada rekomendasi lain dari adit? Makasihhh sebelumnya 😉

      Delete
    3. sementara ini , saranku better stick sama yang ada :) yang penting ada perubahan. bekas jerawat memang PR . kalau mau lebih cepat sih kamu microdermabrasi. tapi itu pun jangan sering2 .. 1 bulan sekali masih ok lah :)

      Delete
  29. Halo Adit! Thankyou for your helpful review
    Aku rencananya mau hilangin bekas jerawat dgn tambahin Laneige Clear C Effector, Laneige WPR Essence & Klairs freshly juiced vitamin c serum ke skincare routine aku. Apa gapapa aku pake skin care itu semua? Especially Laneige clear c + klair vit c serum? dan laneige clear c effector ini bagusnya dipakai sebelum atau sesudah pakai hydrating toner ya?
    Thankyou c:

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Syakira :)
      thanks uda mampir2 :)

      hmm, saranku kalau kamu mau coba satu satu dulu .. biar ketauan kalau ga cocok yang mana yang ga cocoknya. beri jeda 2 minggu- 1bulan .

      hmm, kalau ingin bekas jerawat , laneige clear c dan vit c serum klairs bagus. tapi ada kemungkinan purging lowh. gpp ?
      WPR essence beberapa keluar whitehead.. aku ga tau apa karena mereka gak cocok salah satu ingredientnya, atau gimana. karena di aku enggak. :)

      jadi urutannya :
      1. pencuci wajah
      2. exfo toner
      3. clear c tunggu sampe terserap dulu ., 10-20 menit , baru vit c serum. tunggu lagi 10-20 menit baru yang lain.

      vit c serum hanya malam hari, dan start dari 3 hari sekali ya .

      clear c sebelum hydrating toner. tapi , dia ada alkoholnya. kulitmu sensitive ga ?

      Delete
  30. kak, aku pakai cosrx aha bha toner, bha liquid, bha a sol kalo lagi ada jerawat, sama hyaluronic acid essences. kalo mau pake clear c sama perfect renew essence laneige ada kontraindikasi gak ya kak? jenis kulit ku acne prone sama oily, tapi pingin ngilangin bekas kerawat, tapi blm nemu produk yg cocok. pakai benton steam cream muncul whitehead, pakai tiam c makin oily habis bangun tidur, pakai natural pacific essences sama fresh herb origin serum juga gak ada perubahan, pakai innisfree whitening pore sleeping pack juga muncul whitejead
    minta saran nya kak adit, buat ngilangin bekas jerawat. saran kak adit pasti membantu. sebelumnya makasiii banyak kak adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ertia ..
      kalau utk kulit berjerawat memeng ga di sarankan pakai produk yang konsistensinya cream, better stop sampai essence atau lotion aja . :)

      sebenernya Benton snail essence lumayan ok untuk mengatasi bekas. tapi bekas itu kan juga tergantung seberapa dalam luka jerawatnya.
      kalau kamu pencet2 , atau memang jenis kulitnya gampang trauma, bekasnya agak tebal, dan mungkin lukanya agak dalam, jadi butuh waktu lebih lama untuk healed. :)

      saranku sih , daripada kamu pakai laneige, coba whoo whitening intensive ertia. diolesin di tahap akhir , di bagian yang ada nodanya , tiap malam.
      aku pakai whoo itu utk bekas jerawat :)

      Delete
  31. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  32. aiii

    minta saran dongg kak..kulit aku skrg oily banget dan kalo siang cenderung jdi keliatan kaya kusam
    beberapa waktu ini aku cobain moisture care trial kit, tpi kok makin kusem yah

    aku pengen cobain c advanced effector, tpi bingung step nya sama apa aja

    oiya skrang aku kalo jewaratan gede-gede banget dan sakittt

    ada solusi??

    thankyouuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)

      kamu pake c advanced sebelum produk lain, setelah membersihkan wajah :)

      kamu suka makan manis ga ? kopi ? karbo ( nasi putih ) ?
      karena itu ngaruh banget ke jerawat . :)
      selain pake produk, cobain kurangi makanan manis / karbo juga

      Delete
  33. Hai kak, aku mau minta saran nih kak. Berhubung kantong pelajar, tapi aku tertarik banget sama produk Laneige yang ini kak. Tapi kalo pemakaian nya tanpa serum wpr tetep bisa mencerahkan nggak yah kak ? Jujur aja kulit aku kusem sih kak. Kalo jerawat sih aku nggak ada, palingan cuma pori porinya di area hidung agak gede sama ada white head. Gimana nih kak saran dong kak, kalo pake c advanced aja tanpa serumnya tetep bisa nyerahin sama ngangkat tone kulit nggak yah kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. aku sih lebih ke wpr sih :) tapi coba aja pake advanced c nya dulu . klo menurutmu ud cukup ga perlu sampe ke wpr :)

      Delete
  34. Hi Adit! I'm so glad i found this review and you're so good in explaining ur thoughts about skincare products! Keep on doing this please :D
    Anyway, been trying this advanced effector for 5days, dan memang kerasa cerahnya walopun agak lambat untuk ngempesin jerawat besar yang ada di kening dekat alis. Hehe. Aku barengin ini sama clear C peeling serum. si serum ini sebenernya bisa menggantikan keefektifan wpr gak sih dit? Karena kan namanya aja sama2 Clear C gitu kan hehe aku beli krn aku pikir ini satu series nya gitu -_- ternyata dia bagusnya di combine sama wpr essence yah?
    Sama aku minta rekomendasi kamu untuk toner/essence please. Aku saat ini lagi pake 2 produk clear c ini aja, right after aku double cleanse trus abis itu aku barengin water bank sleeping mask/aloevera kalo malem. Hasilnya pagi2 memang berasa bgt lembab nya
    Tp mencerahkannya agak kurang ya, nah aku pikir mungkin perlu produk toner/essence/cream lain yg bisa tone up kulit kusam ku sm ngilangin bekas jerawat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi muthiaa :) thankss ud mampir2 :)
      klo jerawat sih sbnrnya memang bukan pake advanced c. km coba pakein mario badescu drying lotion atau bha a sol. utk spot treatment. dipakein pas di puncak jerawatnya :)

      utk bekas jerawat sbnrnya km bisa coba whoo whitening intensive :)

      Delete
  35. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  36. Hai adit salam kenal. Thanks ya info2nya. Aku sering baca blog kamu tapi cuma jadi silent reader aja. Hari ini first comment aku. Hehe. Aku baru beli laneige clear c kemarin. Tapi aku bingung kapan pakainya. Di skincare routine aku ada Hadalabo mild peeling lotion - cosrx snail essence - the ordinary azelaic acid suspension - cosrx snail cream. Kira2 si laneige itu ditaruh di urutan yg mana ya? Trus kalau mau ditimpa lagi apakah mesti tunggu kering? Thanks jawabannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii :) aduhhh maaff bgt baru balasss
      ...

      setelah facewash sih yang pasti :)
      iyaaa bagusnya sih dijeda 10 menit . cuma urutan skincare km ud banyak yakk
      haha .. :) bagusnya dijeda biar lebih efektif

      Delete
  37. Halo kak, mau tanya kira2 untuk kulit kombinasi bagus nya pake skincare apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Km lagi cari apa nya ? Toner ? Moisturizer ? Kombinasinya normal kering atau normal berminyak? Acne prone ?

      Delete
  38. Hi adit, mau tanya dong...setelah pake clear c advance effector, koq pori2 membesar yaa...? ga cocok ato gmn yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      hmm, pori2 membesar biasanya indikasi bahwa kulit kita ga cocok dengan salah satu ingredient yang ada di produk tsb.

      karena ini sifatnya spesifik per orang, agak susah untuk aku mentrace nya.

      kamu pernah mengalami hal seperti ini sebelumnya ?
      kalau iya, coba kamu lihat produk yang dulu bikin pori2mu membesar, lalu bandingkan ingredientnya dengan clear c .
      ada ingredient yang sama ga ?
      highly likely nya , kamu gak cocok dengan ingredient tsb.

      Delete
  39. Hi, adit. Aku mau tanya dong. Aku udh hampir sebulanan pake laneige white dew series. Overall sih mukaku memang lebih cerah, tapi di jidatku sometimes suka bruntusan gitu tapi ga ganggu sih kadang ada kecil kecil putih, kadang cuma melenting ga ada isinya gitu. Itu menandakan ga cocok apa gimana ya?
    Terus aku mau coba beralih ke laneige series C ini dimulai dari apa dulu ya? Thankyou before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ratna,
      nanti melentingnya hilang sendiri ?
      apa gimana ?

      kalo ga ada isinya, itu seharusnya kayak semacam alergi atau iritasi.

      pastikan pada saat kamu menggunakan produk ini, kulitmu sudah bener2 kering.

      kalau masih muncul2 putih2nya, coba kurangi frekuensinya , misalnya hanya AM saja atau PM saja.
      kita lihat , masih ada beruntusnya ga.
      kalau beruntusan berkurang, berarti kamu hanya perlu menggunakan produk2 ini 1 x saja sehari.

      Delete
  40. Kak, mau nnya? Laneige advance effector ada bahan aktifnya gak? Aku pake itu kulit wajah jd bruntusan kayak jerawat kecil2? Kira2 lanjut pake atau dihentikan saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anna, setahuku tidak ada. tapi, laneige dia parfumnya kuat banget.
      seringnya orang malah gak cocok dengan zat parfumnya itu yang bikin beruntusan.
      coba aja stop dulu. kalo stop 2minggu membaik, terus pake lagi.. kalo beruntusan lagi, berarti memang ada ingredient yang kamu gak cocok.

      Delete
  41. hallo kak adit, aku baru mau coba pakai produk laneige clear c advance effector, disatuin sama produk skincare aku yang biasa dipake kira-kira cocok gak ya? aku pakai toner bodyshop yang tea tree, dan serum iunik yang propolis. makasih kak ditunggu jawabannya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi … makasih uda mampir2 … :) sori aku baru balas.. hmm , clear c advance effector sebenernya dia sifatnya toner. seharusnya ga ada masalah dengan produk lainnya. cuma, saranku, sebaiknya kamu switch , pagi malam, jadi toner body shop nya pagi, clear c nya malam misalnya. karena toner body shop yg kamu pakai adalah yang tea tree, dan tea tree dia aktif. kalua untuk iunik sih aman :)

      Delete
    2. hi … makasih uda mampir2 … :) sori aku baru balas.. hmm , clear c advance effector sebenernya dia sifatnya toner. seharusnya ga ada masalah dengan produk lainnya. cuma, saranku, sebaiknya kamu switch , pagi malam, jadi toner body shop nya pagi, clear c nya malam misalnya. karena toner body shop yg kamu pakai adalah yang tea tree, dan tea tree dia aktif. kalua untuk iunik sih aman :)

      Delete
  42. Hai kak Adit. Aku lagi pake rangkaian skincare laneige clear c advanced effector sm clear c peeling serumnya nih. Dan aku jg tambahin laneige White dew original ampoule essence. Nah, agak bingung sih, apakah harus digunakan bergantian antara si serum dan essencenya ini, atau bisa di combine? Kalau bisa dicombine, essence dulu baru serum kah? Tp kalau dilihat konsistensinya kok kayaknya lebih kental essencenya ya kak? Hehe menurut kak Adit gimana?

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Halo Adit, aku baru mo pake Laneige Clear C Advanced Effector EX sm refiner, Laneige White Dew Original Ampoule Essence, Laneige Water Sleeping Mask, dan laneige CREAM SKIN REFINER.. sebenarnya ak bingung sendiri urutan pemakaiannya utk pagi dan malam sebaiknya gmn ya ? trus kalau pagi setelah pemakaian essence trus pake cushion bisa ga ya ? takutnya malah buat kulit jadi abu2 or boosternya malah ga efek ? mohon pendapatnya yaa..Makasihhh

    ReplyDelete