Friday, December 18, 2015

[Tips] Memilih Sun Block untuk Kulit Sensitif dan Cenderung Berjerawat

Hi, all :)
belakangan ini Adit lagi struggle, cari UV proctector ( sun block ) yang 'ramah' untuk kulit sensitif, dan ternyata gak mudah. Memilih produk yang cocok untuk kulit sensitif memang gampang-gampang susah. Beberapa hal penting yang tidak boleh terlewatkan yang harus selalu kita perhatikan antara lain :

  • Kandungan di dalam produk tersebut. Hal ini sangat penting, terutama untuk kamu yang kulitnya mudah berjerawat dan iritasi. Biasanya untuk mengecek kandungan produk, Adit masuk ke website COSDNA, ( kamu dapat klik di sini )  Di COSDNA ini, kita dapat meneliti secara detail, zat zat apa yang terkandung dalam suatu produk. Yang lebih menarik lagi, COSDNA me-rating zat tersebut berdasarkan tingkat kecenderungannya dalam menyebabkan jerawat atau iritasi ( ACNE / SENSITIVE ), sehinga kita mampu menilai apakah produk yang akan kita beli aman untuk digunakan atau tidak. Apabila kamu memiliki kulit sensitif, hindari produk yang mengandung alkohol, atau dimeticone. 
  • Tingkat viskositas atau kekentalan dari suatu produk. Produk yang terlalu kental ( dan lengket )  biasanya mudah memicu jerawat. Jadi, Adit cenderung memilih produk yang terasa 'light' di kulit. 
  • Non-comedogenic. Hal ini penting banget , terutama apabila kulitmu cenderung oily dan acne prone. Produk-produk yang non-comedogenic tidak akan menyebabkan penyumbatan di pori-pori kita sehingga tidak menimbukan komedo. 
  • Khusus untuk produk UV protector, apabila kulit kamu berminyak, hindari produk UV protector yang kandungan SPFnya terlalu tinggi. Beberapa artikel yang Adit baca menyarankan penggunaan SPF maksimal 25++ sampai 30 ++ untuk kulit cenderung berminyak. Karena, semakin tinggi nilai SPFnya, kandungan minyaknya juga semakin tinggi. Nah, apabila kulitmu cenderung sensitif namun tidak berjerawat, kamu dapat menggunakan produk UV protector yang nilai SPF nya 50 ++ untuk meminimalkan efek buruk sinar matahari terhadap kulit kita. 

Top 5 Sun Protector Skincare 


Dari kesekian banyak produk sun protector yang pernah Adit pakai, ada beberapa produk yang menurut Adit cukup ramah untuk kulit sensitif , yaitu :

  1. IOPE UV SHIELD SUN PROTECTOR SPF 50 ++ 
  2. History of WHOO Seol Whitening Sun Cream SPF 45 ++ 
  3. Renodigm EX Dual Care Cream 
  4. SK-II Whitening Source Derm Definition UV Lotion SPF 50++ 
  5. Laneige Sun Block Sensitive SPF 30 ++

IOPE UV SHIELD SUN PROTECTOR SPF 50 ++ 


Mungkin gak banyak diantara kamu yang familiar dengan IOPE. IOPE merupakan salah satu brand Korea yang cukup digemari karena kandungannya yang 'ramah' di kulit kita. Seperti SUN PROTECTOR ini, yang walaupun memiliki kandungan SPF yang tinggi, produk ini memiliki tekstur yang light di kulit, sehingga kita mudah menyerap di kulit kita. IOPE mengeluarkan dua variant untuk produk sun protectornya, produk unisex dan men. Perbedaannya hanya di packaging nya saja :) 




History of WHOO Seol Whitening Sun Cream SPF 45 ++ 

History of WHOO merupakan premium brand Korea yang mengutamakan kandungan herbal dalam setiap produknya. Produk ini juga memiliki tekstur yang light, dan tinted. Tinted di sini artinya ada warnanya. Jadi , kalau untuk cowok mungkin gak terlalu recommended ya. karena nanti muka kamu keliatan belang. hehe. Tapi, untuk cewek, produk ini bagus banget digunakan sebagai alas bedak. 



Renodigm EX Dual Care Cream 

This product is one of the best UV Skin protector thus far. Merupakan salah satu produk Sulwhasoo,  produk premium brand Korea yang memiliki ingredient yang telah dipatenkan hasil penelitian Seoul National University. Renodigm EX memiliki kandungan yang tidak hanya mampu menahan panas dari luar, namun juga dari dalam tubuh kita sehingga mampu menunda proses penuaan lebih lagi. 
Adit sudah pernah membahas produk ini secara lebih detail di postingan sebelumnya. Kamu dapat membacanya di sini   Produk ini dapat digunakan baik untuk men maupun women. :)



SK-II Whitening Source Derm Definition UV Lotion SPF 50 ++ 

To be honest, this product used to be my holy grail product before the IOPE. :) . Kemampuan SK-II untuk mencerahkan wajah memang gak perlu diragukan. Jadi kalau kamu ingin sunshield product yang mampu mencerahkan wajah, kamu akan suka SK-II ini. Satu-satunya downside dari product ini adalah tingkat kekentalannya, yang menurut adit agak ganggu . haha :) . Other than that, this product is amazing :) . 


Laneige Sun Block Sensitive 

Walaupun banyak yang meng-underestimate Laneige dan menganggap skincare ini sebagai second-liner dari Sulwhasoo, kualitas dari produk Laneige jauh melebihi harganya lowh :). Seperti salah satunya Laneige Sun Block Sensitive ini. Sesuai dengan namanya, produk ini memang ditujukan untuk kulit sensitif kita. Produk ini tidak mengandung zat kimia yang keras sehingga mampu meminimalkan allergic reaction pada kulit. Mengandung herb water : lavender, chamomile, lemon verbena dan aloe vera yang memberikan efek soothing , meredakan kulit kita yang memerah karena iritasi. 


What I'm Using... 

Walaupun kelima produk di atas pernah Adit gunakan sebelumnya, dari kelima produk tersebut, yang saat ini sedang Adit gunakan adalah IOPE UV SUN PROTECTOR SPF 50 ++. Beberapa alasannya sudah adit kemukakan di atas, yaitu : 
  • memiliki kandungan SPF 50 ++ , sehingga memberikan perlindungan maksimal dari bahaya buruk sinar matahari untuk kulit kita
  • teksturnya light, sehingga mudah menyerap dan tidak memberikan kesan lengket walaupun kulit Adit berminyak, dan sensitif. 
  • tidak perih di wajah, bahkan pada saat sehabis peeling. ( beberapa produk tertentu agak perih pada saat kulit kita sedang exfoliated ) . 
  • glowy 
  • mudah dibersihkan 
  • non comedogenic 
  • no - purging 
  • no - breakout 
  • much much much more afforable , compare to the others :) which is a huuugge plus for me :) 
  • di Indonesia, banyak seller yang menjual dalam bentuk sachet ( sample size ) sehingga apabila kamu ingin mencoba produk tersebut , kamu dapat membeli yang ukuran sample sizenya sebelum akhirnya membeli ukuran besar :) 
Berikut adalah foto yang aku ambil, 5 menit lalu . setengah hari lari sana sini, kurang tidur, mata bengeb. hahaha .. baru balik dari Bandung ke Jakarta, berminyak .. dan sengaja gak aku lap pake tissue minyak biar kelihatan bahwa memang mukaku berminyak. Selain itu juga agak memerah karena habis facial, dan habis peeling. tapi so far aku aman-aman saja menggunakan IOPE UV ini :) 


Alright then, 
nantikan review lainnya hanya di GroomitlikeAdit ! 
Ciao ! 

2 comments:

  1. Bermanfaat banget riviewnya, aku lagi cari sunscreen atau sunblok untuk kulit berminyak dan cenderung mudah jerawat ka, thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      aku biasanya menggunakan klairs :)
      kamu pernah coba ?

      Delete