Thursday, December 24, 2015

[Spotlight] Welcoming COSRX Products to My Daily Routine !

Selain masalah jerawat, masalah lain yang sering muncul untuk kita-kita yang memiliki kulit cenderung oily adalah white head dan blackhead atau komedo. Adanya whitehead dan blackhead ini seringkali bikin gundah, karena dua duanya membuat muka kita kayak agak beruntusan gitu ya :(
Kadang-kadang kita suka gemes pencet-pencet komedo dan whitehead sendirian, yang ujung-ujungnya bikin muka kita lecet-lecet. Atau, kita musti spend budget untuk facial -facial di klinik yang gak jamin juga semua black head dan whitenya akan bersih selamanya. 

Akhirnya Adit google-google deh, cari rekomendari produk apa yang bagus menghilangkan blackhead dan whitehead, atau paling tidak mengurangi frekuensi kemunculan blackhead dan whitehead tersebut. Dari satu blog, ke blog lain, mampir lagi ke blog lainnya, nama product COSRX sering banget muncul dan direkomendasikan sebagai salah satu produk korea yang cukup ampuh mengatasi blackhead dan whitehead. To be honest, that was the first time i heard the name, karena selama ini yang sering aku denger : Sulwhasoo, Whoo, Laneige, Hera, OHUI, IOPE, Skinfood, SK2. Hahaha.. Tapi karena penasaran akhirnya adit coba telusuri lebih jauh apa sih COSRX itu. Yuks!

COSRX 

COSRX brand adalah brand Korea yang baru berdiri di tahun 2014. Walaupun demikian, mereka memulai bisnis mereka sejak 14 tahun yang lalu, dengan beberapa brand yang cukup populer untuk mengatasi problematic skin, seperti C20, Gatzmen, CIRACLE, dll. Seperti kita ketahui C20 dan CIRACLE adalah dua brand yang booming banget sejak beberapa waktu yang lalu.

COSRX dibentuk sebagai hasil dari analisa terpadu dari banyak review, survey, complains, dan kebutuhan costumer dari berbagai jenis kulit dan masalahnya. Hasil dari analisa tersebut kemudian diintegrasikan dalam bentuk performa yang tinggi untuk mengatasi masalah kulit : COSRX.

COSRX merupakan produk yang menargetkan "eliminasi ingredient yang tidak diperlukan"  dan meminimalkan jumlah ingredient sehingga hanya mencakup ingredient yang esensial, natural dan sehat untuk kulit kita. Lebih lagi, sebagian besar dari produk mereka diformulasikan secara hati-hati untuk membantu mengatasi masalah kulit.

COSRX Products




Seperti brand lainnya, COSRX hadir dengan berbagai macam variant mulai dari cleanser, toner, essence, cream, overnight mask sampai sun protector. 
Dari kesekian banyak variant tersebut , ada beberapa product mendapat review super positif dari banyak beauty blog di seluruh dunia. Produk-produk tersebut yaitu :
  • AHA/BHA clarifying Treatment Toner : toner yang berisi sedikit kandungan AHA dan BHA yang aman digunakan setiap hari. Toner ini membantu mengangkat sel sel kulit mati sehingga mencegah penumpukan sel kulit mati di kulit, atau dengan kata lain, mencegah terjadinya blackhead dan whitehead. Selain itu, dengan terangkatnya sel kulit mati dari permukaan kulit kita, produk yang kita aplikasikan kemudian akan menjadi lebih mudah diserap oleh kulit kita. 
  • BHA Blackhead Power Liquid : serum dengan pH 4 dengan kandungan utama Salix alba bark water, butylene glycol, betaine salicylate (4% ), yang bertujuan untuk membantu proses exfoliation yang akan membantu mengurangi blackhead, dan meratakan warna kulit ( mengurangi skin discoloration akibat jerawat ). 
  • AHA 7 Whitehead Power Liquid : merupakan serum dengan kandungan utama pyris malus (apple ) fruit water, butylene glycol, glycolic acid, water, niacinamide. Tujuan utama dari serum ini adalah untuk mengurangi penumpukan whitehead dan sebum sehingga kulit kita lebih halus dan tidak beruntusan. 
  • Advanced Snail 96 Mucin Power Essence : essence dengan kandungan termurni dari snail mucus, yes snail. :) Mungkin ada beberapa dari antara kamu yang 'geli' ngebayangin snail jalan jalan di kulit kita ? haha... Eits ! Jangan salah, snail mucus merupakan salah satu ingredient yang sekarang lagi booming banget di antara korean brand saat ini karena snail mucus mampu menghidrasi kulit kita, dan mempercepat proses penyembuhan kulit karena mengandung EGF ( Enhanced growth factor ). Dari sekian banyak snail product, COSRX snail product ini sejauh ini mendapat apresiasi tertinggi lowh. 
  • Ultimate Moisturizing Honey Overnight Mask : product yang dapat digunakan sebagai krim siang, krim malam maupun overnight mask yang bertujuan untuk memoisturize, soothe, dan calming the skin. :) 
  • Galactomyces 95 White Power Essence : produk dengan kandungan Galactomyces yang tinggi ( galactomyces adalah kandungan yang sama seperti kandungan SK-II, dengan nama populer PITERA ). Pemakaian yang teratur akan membuat kulit kamu cerah, flawless, segar, dan sehat. Produk ini dijual hanya dengan harga $16.32 / 100 ml. Bandingkan dengan SK-II yang dijual dengan harga IDR 1.850 jt / 215 ml . 
  • Low pH Good Morning Gel Cleanser : pembersih wajah untuk segala jenis kulit berbentuk gel yang mengandung BHA alami yang aman untuk kulit kita. 
  • Aloe Soothing Sun Cream SPF 50++ : mengandung 5500 ppm Aloe Barbadensis leaf water yang berfungsi sebagai soothing agent, yang mampu me-moisturize kulit kita sambil juga memberikan perlindungan maksimal terhadap pengaruh buruk sinar ultra violet matahari.
Dari kesekian produk COSRX, akhirnya Adit mencoba 3 produk yaitu : BHA Blackhead Power Liquid, AHA 7 Whitehead Power Liquid, dan AHA/BHA Clarifying Treatment Toner. Berdasarkan hasil rekomendasi dari banyak beauty blogs, ketiga produk ini mampu mengatasi blackhead dan whitehead, tanpa menyebabkan purging yang berlebihan. Bahkan ada yang membandingkan produk ini dengan produk BHA Paula Choice, dan mereka melihat hasil yang jauh lebih significant di bandingkan dengan produk Paula Choice tersebut. Next, Adit akan memberikan review produk ini setelah 1 bulan pemakaian ya :) . Nantikan review lainnya hanya di Groom' it Like Adit ! 


349 comments:

  1. kak makasih buat infonya tentang COSRX, aku baru tau produk ini setelah lihat review di youtube tentang skin care routine.
    btw kulit ku ini gampang banget berjerawat di pipi dan dahi, tapi wajahku sebenernya hanya berminyak daerah T zone,
    kira" cocok ga ya kalau pakai produk ini? dan kalau mau beli dimana ya? mungkin bisa kasih info toko online nya juga :) makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dini, mengenai jerawat .. sebenernya ini agak gampang2 susah. kamu harus tau dulu kira2 apa yang menjadi faktor pencetus jerawat mu. misalnya : kamu berminyak di T zone, tapi jerawatan di pipi .. berarti bukan kulit berminyaknya yang menjadi faktor pencetus jerawat .. misalnya, kamu kalau tidur, pipi kamu sering nempel ke bantal ga ? kamu rajin cuci sarung bantal ga ? untuk kulit sensitif, sarung bantal harus diganti 1 minggu skali. kamu menggunakan face cleanser yang hypoallergic ga ? mungkin kamu menggunakan make up yang menutup pori2 ? lalu, kamu sering menggunakan conditioner ga ? biasanya, conditioner salah satu faktor yang mencetus jerawat untuk kulit yang oily . kalau kamu mau pake shampoo / conditioner , pastikan kamu mencuci nya dengan kepala menunduk ke bawah, rambut disiram sampai bersih , jangan ada busa shampoo / conditioner yang kena muka. dan lain lain.

      menjawab pertanyaan kamu mengenai COSRX, memang produk ini saat ini banyak yang cocok. tapi memang ini , musti di coba dulu. Saran saya kalau kamu mau menggunakan COSRX , kamu start dari : face cleanser, AHA BHA toner, lalu BHA a sol , dan essencenya : snail essence. segitu dulu. jangan gunakan BHA liquid / AHA liquid. Untuk toko onlinenya, kamu dapat search di Tokopedia, nama tokonya PARA PARA. aku biasa beli dari dia :)
      Semoga membantu :)

      Delete
    2. tersedia juga di nihonmartbeauty.com dear :)

      Delete
  2. Aduh lagi galau mau beli cosrx , btw bha blackheadpower liquid dn aha 7 whitehead power liquid bs digunakan bersamaan ga? Dan bha liquid dan aha liquid bisa digunakan bersamaan dengan aha/bha toner ga ya? makasih

    ReplyDelete
  3. Aduh lagi galau mau beli cosrx , btw bha blackheadpower liquid dn aha 7 whitehead power liquid bs digunakan bersamaan ga? Dan bha liquid dan aha liquid bisa digunakan bersamaan dengan aha/bha toner ga ya? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai.. kamu jerawatan gak ? kalau jerawatan start dari BHA power liquid dulu. coba 2-4 minggu dengan jeda 3 hari sekali. kalau gak ada iriatasi dll .. coba jadi 2 hari sekali. Baru setelah kamu yakin BHA gak bikin kamu iritasi kamu gunakan AHA. Di aku AHA bikin iritasi. Jadi aku akhirnya gak lanjut .

      Delete
    2. Kamu pernah nyoba yg natural bha skin returning a sol ga?

      Delete
    3. BHA a sol aku pake ! :) memang lebih mengontrol kadar sebum di kulit sih Nanda. tapi , aku gak bisa sering sering, karena mengandung alkohol kan. :( jadi kalau keseringan kulit jadi kering. Nah, untuk yang beragama Islam juga kalau ga salah ga boleh menggunakan produk kulit yang beralkohol ya ?

      Delete
  4. Hai mas Adit.. aku mau tanya nih, untuk pemakaian cosrx snail mucin essence sama summer pore minish serum gimana ya step nya? Secara step pemakaian skincare, essence duluan baru serum kan ya? Tapi snail mucin itu tekstur nya lebih kental dan summer pore serum nya cair banget.. apa bisa nyerap ya kalo di pakai snail essence dlu baru pore serum nya? Tolong di bantu pencerahan nya ya mas Adit.. makasih ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi linda, jenis kulitmu apa ?
      In general, selalu dimulai dengan produk yang paling encer terlebih dahulu, baru yang lebih kental. Dalam hal ini, summer pore baru snail. Atau, kamu bisa seling pagi malam. summer por untuk pagi, snail di malam hari. Karena snail mungkin bikin kulitmu agak cakey kalo pake make up ya ?

      Delete
    2. Jenis kulit aku oily dan ada beberapa jerawat di bagian dagu dan rahang, masih bingung penyebabnya antara hormon atau karena lepas dari obat dokter. Iya bener mas, pakai snail bikin makeup tambah cakey. Btw, skrg aku lagi nyoba laneige clear c trial kit nya gara2 keracunan sama review mas adit, haha.. tapi beneran dhe kata mas adit, spot bekas jerawat aku skrg udh lumayan memudar dlm bbrp hari. Padahal sebelumnya gak memudar meskipun udh pakai produk ohui yg white extreme. Kalo cara hilangin jerawatnya gimana ya? Pakai bha bisa gak mas?

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. kalau dulu dokterku bilang, jerawat di rahang itu karena kurang tidur. jerawat di dagu karena kamu waktu sikat gigi ada bekas busa pasta gigi yang kurang bersih masih nempel di kulit. hmm, entah benar atau enggak .. tapi akhirnya aku kalau sikat gigi, aku usahakan gak kemana mana busanya :)

      haha .. good luck clear c nya Linda :) hmm, kalau jerawat sih , sebenernya harus tau dulu faktor pencetusnya apa lin. Kalau perempuan soalnya ada siklus hormonal . Tapi, kalau memang ga banyak ,hanya 1 atau 2 gitu, kamu kompres aja dengan sk-II FTE , beberapa kali sehari. kamu guntik kapas kecil lalu tempelin. Jangan di otak atik :) . atau malam hari, biasanya aku aplikasikan sedikiiit banget, tepat di tengah jerawat nya, Mario badescu pink powder , mirip Enca isinya BHA itu cepet mengeringkan jerawat. hanya 1 kali sehari, pada waktu malam tepat di tengah jerawat ya :) jangan lebih , jangan tebal2.

      Delete
    5. kak..
      muka gw sensitif. cenderung berminyak cuma di pipi kering. aku pake Cleanser Cosrx Low Ph + Klair gentle cleansing oil
      Toner Thayers
      Serum Zymogen yang Houttunya Cosrdata
      pelembab Cosrx Honey Ultimate
      exfoliating pake Aha 7 Power Liquid 2x seminggu
      bb cream Klairs

      nah ini lagi bruntusan parah di kening.. galau dah penyebabnya karena apa. curiga karena si AHA 7 power liquid atau bb cream klairs. tp klairs rata2 orang cocok.

      nah buat nyembuhin bruntusan si Mario badescu ampuh gak ya?

      makasihh

      Delete
    6. Pon, di aku sih Klairs ga bikin purging sama sekali. karena memang dia ga ada zat aktif nya. most likely itu karena AHA , aku uda share my thought di pertanyaan kamu yang satu :)

      aku belum pernah gunakan cosrx low Ph, tapi so far sabun muka paling gentle : SK2 dan sulwhasoo gentle.
      toner thayers juga belum pernah.

      Serum zymogen bagus. lebih bagus lagi kalau kamu combine dengan cream zymogen yang centella. temen ku jerawatan parah gunakan 2 ini lebih cepet proses penyembuhannya.

      honey ultimate utk malam aja ? aku pernah pakai satu jar sampai habis. memang enak sih . aku juga pisahkan sedikit di jar kecil, masukkan ke kulkas, aku gunakan untuk daerah mata , kalau lagi kurang tidur.

      toner kamu mengandung AHA / zat aktif kah ?
      toner sih aku paling cocok antara klairs, MIZON AHA/BHA ( susah carinya ) , atau SK2 clear lotion.

      Delete
    7. Hi Adit..
      thayers toner kayaknya gak mengandung AHA, dia termasuk jenis Hydrathing Toner.

      aku tadinya sempet curiga ini beruntusan karena pemakaian bb cream klairs dan pelembab Cosrx Honey Ultimate mask krn aku juga make Cosrx ini pagi tapi tipis2. aku pikir apa over moist ya jd bikin bruntusan.

      sekarang sih lagi berhenti pake AHA 7 dan BB cream Klairs. cuma uda 2 mingguan ini bruntusan masi ada heuhuhu..

      klo pake Mario Badescu Drying Lotion bisa meredakan bruntusan gak sih kak? *mulaisetresbruntusantakmereda

      makasiy yaa :)

      Delete
    8. cosrx honey ultimate aku biasanya gunakan malam. :)
      kalau beruntusan bisa jadi karena layer yang kamu gunakan terlalu bertumpuk2 .. padahal kan siang hari aktifitas kita agak lebih banyak, entah mungkin panas2an , jadi keringetan, atau kena debu dll .. jadi belum tentu karena kamu gak cocok produk. beruntusan bisa terjadi karena kulit kamu tertumpuk produk terlalu banyak . kalau kamu mau gunakan produk agak tebal, sebaiknya malam aja :)

      aku convinced kayaknya AHA 7 yang bikin kamu keluar beruntus. bukan bb klairs dan honey ultimate.

      gak kamu main2 kan kan brutusnya ? maksudnya ga kamu pencet2 or gimana gitu ..

      drying lotion , kalo aku biasanya lebih untuk jerawat. isinya BHA sih sebenernya, ditambah kandungan2 lain yang mempercepat keringnya jerawat.

      kalau mau cepet kelar beruntusnya , banyaknya sih orang2 pada facial. tapi .. aku gak terlalu recommend. takutnya nanti malah bekasnya susah hilang. banyak kah beruntusnya ?

      Delete
    9. Hmm...

      klo aku ingat2 kayaknya dulu aku agak berlebihan dech pake AHA 7 nya. jadi gak pake kapas gt. langsung aku oles pake tangan dan agak banyak. aku pikir karena pake 2 minggu sekali jadi gpp agak banyak. rasanya cekit-cekit. heuhuhu..

      gak lama setelah itu ada bruntusan dikit nah langsung aku pake bb cream klairs n honey ultimate, jadilah bruntusan sekening n dagu Adit... ada beberapa yang kayak jerawat ada matanya, ada yang bruntus aja kayak tanpa isi tapi bikin kulit keliatan ga mulus sama sekali. hiks

      ganggu banget sih emang krn bikin orang-orang jadi notice.

      skrg uda berhenti pake AHA dan lagi coba diobatin pake Mario abdescu. kita lihat bbrp minggu ke depan kayak gmn.

      makasiy ya adit..

      Delete
  5. Kak. Kalo boleh tau beli dmn produknya? Aku bermasalah ma whitehead di dagu.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku beli biasanya dari seller di koreanya :) . TApi skarang banyak koq yang jual , ada wishtrend, atau di tokped. kamu bisa cari recommended seller di tokped yang bagus2 :)

      Delete
  6. Enter your comment...hai adit, aku uda lama baca ulasan km ttg cosrx ini, dan tbh, aku jg lg punya problem ttg whitehead membandel. Sebenernya uda lama bgt pingin nyoba cosrx aha 7 whitehead power liquid ini, cmn msh blm ngeh cara pemakaiannya.
    Apakah d pakai kaya pas kita pake serum (alias cuman d tepuk2 d muka) apa d usap kaya pake toner, apa gmn, bs sharing gak?
    thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Yeonhwa, :) thanks banget uda mampir2 :)
      hmm, sebelumnya, kamu sudah pernah menggunakan produk AHA atau BHA atau serum vitamin C dosis tinggi atau retinol ? kesemua produk tersebut adalah exfoliating agent.
      Kalau kamu pernah menggunakan exfoliating agent sebelumnya, mungkin kamu ga akan mengalami fasa purging lagi. tapi kalau kamu belum pernah, kamu harus menimbang2 kemungkinan akan adanya fasa purging terlebih dahulu di awal2 pemakaian :)

      whitehead power liquid biasanya lebih untuk jenis kulit yang tidak berjerawat, tidak terlalu oily. Kalau yang oily lebih disarankan BHA ( aku pribadi lebih cocok dengan BHA power liquid ) .
      Cara pemakaiannya :
      1. hanya malam hari ( gak boleh siang sama sekali. karena membuat kulitmu photo sensitif ) .
      2. digunakan setelah toner, sebelum yang lain2. tunggu 30 menit sebelum kamu tumpuk dengan yang lain .
      3. gunakan tippppiisss banget. kalau aku pake kapas .. aku tepuk, hanya sekali oles. jangan berulang2.
      4. dimulai dari 3 hari sekali, sambil dilihat apakah kulitmu reaktif terhadap AHA , kalau tidak reaktif, baru setelah 2 mingguan, kamu tingkatkan frekuensinya 2 hari sekali misalnya.
      5. selalu gunakan terlebih dahulu di belakang lengan, atau di belakang telinga ya. untuk tester apakah kamu alergi atau tidak dengan produk tersebut.
      6. kalau kulit kamu tergolong sensitif, sebaiknya setelah 30 menit, kamu basuh dengan air. baru kamu gunakan produk lain.
      7. selalu gunakan sunblock pada saat pagi dan siang hari.

      note : untuk membedakan purging dengan 'tidak cocok produk' : purging mengeluarkan white head di tempat di mana memang kamu tau ada whitehead di daerah tersebut. "tidak cocok produk" kulitmu beruntusan di tempat2 di mana tidak pernah ada masalah sebelumnya "
      9. kalau kamu takut : cukup oleskan di tempat2 yang kamu tahu ada whitehead saja.

      semoga membantu :)

      Delete
    2. aku pernah pake krim (kalo menurutku sih itu selacam salep) dari dokter, krn dulu ku breakout gara2 berhenti dari perawatan n*t*sha, jerawat keluatr gede2 bgt, pas k=di pakein krim dr dokter itu, purging parah, tp sekarang uda membaik. Suman sekarang yg jadi problem, ini white head msh awet aja di muka, uda gitu jerawa batu kecil msh suka nongol (krn lembab kali ya. FYI, aku kerjanya di laboratorium, jadi tiap hari ketutup ama masker).
      nah, kalo misal pake BHA apa whiteheadnya juga bakalan pergi?
      aku pernah baca ulasan ttg produk BHA sm AHA punyanya cosrx ini, kalo BHA emang lbh cocok buat kulit berminya, dan AHA lbh disarankan unuk kulit normal-kering. Dan jenis kulitku berminyak.
      please saran dan sharingnya ya...
      makasih ^^

      Delete
  7. hello kak , mau nanya itu produk cosrx diatas smua kakak ad pake ya ? boleh tau urutannya ? ;)
    thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku gunakan cosrx : honey ultimate, cosrx BHA power liquid, snail essence. :) yang lain sudah tidak aku gunakan :)

      kamu rencana gunakan yang mana ?

      Delete
  8. ini aku ad beli sample bha blackhead liquid sama snail essence . itu bagusan cara pemakainnya gmn ?
    1st step double cleansing ->> ?
    aku bru pertama coba produk bha gt ;)
    thankyou kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Angela,

      bha liquid biasanya digunakan setelah toner .. as bare as it is .. maksudnya biasanya disarankan untuk menggunakan bha sebagai produk pertama .. hanya malam hari saja , awal pemakaian, 3 hari sekali dulu. test .. takutnya kamu hypersensitive terhadap produk bha.
      kalau kamu belum pernah menggunakan exfoliating agent sebelumnya ( AHA/ BHA / retinol / isotretionin ( vitacid dan sejenisnya / atau vit c konsentrasi tinggi ) , kamu harus siap2 mungkin akan purging dulu.

      tunggu 30 menit .. baru snail essence.
      biasanya snail kalo digunakan siang, agak cakey kalau kamu menggunakan make up. kalau kamu ga make up an, ga masalah.

      terakhir yang terpenting ..
      selalu gunakan sun block :)

      Delete
  9. Hi Adit,

    Aku Ayu, mau tanya, aku kan baru mau mulai mencoba invest skincare buat wajah aku nih, soalnya pekerjaan aku yg sekarang lumayan berat bikin aku berkeringat terus sehingga wajah aku sekarang jd cenderung berminyak.
    Sudah 2 bulan ini jerawat juga jadi gampang muncul walaupun hanya seasonal aja sih pas mau mens, tapi sebelumnya kalau mau mens ga pernah jerawatan.
    Walaupun cepet ilang, tapi aku jadi worried gitu deh, makanya mau coba pake COSRX.

    Kondisi kulit aku sendiri berminyak, terutama di T-Zone, lumayan sering timbul whitehead dan jerawat bruntus kecil2, warna kulit ga merata.

    Aku pengen kulit aku halus dan cerah, kira2 produk COSRX apa ya yg tepat buat aku?
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ayu .. thanks uda mampir :)

      kalo jerawat nya seasonal .. sebenenernya better kamu invest di jus sayur deh Ayu :)
      jerawat kan ada banyak faktor , misalnya stress level kamu naik, olah raga kurang, tidur kurang, nutrisi kamu gak lengkap ( kurang sayur / buah ) , kurang minum karena sibuk ..

      kalau denger cerita kamu , kamu keringetan terus .. rajin minum ga ? karena naiknya temperatur badan sedikit saja .. kalo ga salah (0.5 degree celcius ) itu akan menaikkan produksi sebum 10 kali lipat. makanya kamua jadi berminyak dan ada beruntusan. jadi harus rajin minum biar temperature badan mu terkontrol.

      anyway :)
      kalau kamu mau coba product cosrx, sementara ini jangan coba yang power liquid dulu ya .. :) coba bha a sol nya aja , combine dengan snail essence / aloe vera gel, toner nya kamu bisa coba yang galactomyces / yang centella.

      fungsinya : bha a sol untuk mengontrol sebum dan pertumbuhan bakteri kulit karena mengandung 60% propolis .
      snail essence di dalamnya ada EGF ( epidermal growth factor ) yang berfungsi sebagai anti aging sekaligus mempercepat perbaikan sel kulit .. kalau kamu ada jerawat jadi lebih cepet sembuh.
      aloe vera gel : soothing agent .. aku cocokk banget menggunakan gel ini. kamu bisa baca di postingku yang terakhir.
      galactomyces toner - untuk mencerahkan. galactomyces itu isi dari miracle waternya SK-II. sebenenernya kamu bisa pilih antara toner / essencenya . cuma kalau kamu sibuk, aku gak recommend kamu pake essence terlalu bertumpuk2 .. nanti kulitmu gak bisa bernapas.

      centella toner - centella itu pegagan .. fungsinya mirip aloevera. :)

      jangan lupa gunakan sunblock tipis tipis .. untuk cuci mukanya aku lagi coba klairs gentle. mayan enak sih so far . kalau sabun muka cosrx aku belum pernah coba. :)

      BHA a sol bagusny digunakan malam hari :) tapi kalau kamu lagi beruntusn banget boleh siang hari , tipis banget .. tunggu kering baru apply yang lain .. setelah itu jangn lupa sun block. :)

      Delete
    2. Hi Adit, makasih banyak ya buat pencerahannya :)
      Finally aku beli BHA A Sol, Snail Essence, Galactomyces, tapi masih beli yg share dulu, soalnya takut ga cocok.

      Nanti kalo aku udah pake dan butuh further pencerahan, aku boleh ya tanya2 kamu lagi :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. halo ka adit, salam kenal :) kebetulan aku lagi liat2 review cosrx terus nemu blog kamu dan kayaknya kamu berpengalaman hihi.

    aku mau tanya ya ka. aku belum pernah pake acid toner sebelumnya, tapi penasaran bgt sm cosrx karena reviewnya dmn2 bagus. kulit aku kombinasi, pori2 besar dan akhir2 ini lagi suka jerawatan. kalau dari hasil baca reply komen kaka ke yang lain itu untuk pertama kali coba AHA/BHA Clarifying toner dulu kan ya, lalu setelahnya tetep perlu pakai hydrating toner ya? dan boleh lanjut skin care regime lainnya kah? thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Puti,
      kamu jerawatnya hilang timbul occasionally misalnya , cuma karena pas lagi kurang tidur .. atau lagi siklus ? atau akhir2 ini yang kamu cerita kamu jadi jerawatan itu kira2 kamu sempet observasi ga .. jadi jerawatannya gara2 apa ?
      misalnya, kamu baru coba salah satu bedak wajah misalnya .. atau krim wajah .. atau makan vitamin E ?
      saran aku, akan lebih baik kalau kamu cari tau terlebih dahulu apa yang menyebabkan kamu berjerawat belakangan .. lalu coba dihindari penyebab jerawatnya itu.

      untuk toner , AHA/BHA toner memang dia toner COSRX yang kadar acidnya rendah, kalau kamu belum pernah menggunakan acid , start dari toner ini dulu :)

      hydrating toner kamu skarang menggunakan apa ?

      yang penting kalau kamu menggunakan acid / exfoliating agent adalah , menggunakan moisturizer / hydrating cream / serum ..
      lalu siangnya menggunakan sun block.

      acid hanya digunakan malam hari ya. jangan siang2 . karena agak photosensitif .

      Delete
  12. Halo kak, aku mulai tertarik nih sama produk Korea setelah selama ini make perawatan dari dokter tapi jerawatku malah ilang timbul. Kebanyakan dari review yang aku baca sih banyak yang rekomendasiin COSRX ini, dan setelah baca review dan komentar di blog ini aku makin tertarik ^^
    Kulit aku sebenernya emang berminyak, berjerawat dan pori-porinya gede. Jerawatnya nyebar di seluruh wajah tapi ga numpuk dan memerah. Kulit aku cenderung kering dan ketat banget setelah make sabun cuci muka dari dokter, tapi beberapa jam kemudian jadi berminyak banget. Jerawat aku itu cenderung ilang kalo udah pake krim malem sebelum tidur dan bangun tidur. Selain itu malah nimbul banyak, rese' pokoknya.
    Kalo misalnya aku baru mau pindah ke COSRX ini, sebaiknya aku make yang mana aja dan step pemakainnya dimulai dari apa ya kak? thanks a lot ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Annisa, kamu menggunakan perawatan dokternya uda berapa lama ?
      kalau misalnya baru 1-4 bulan, saran ku kamu better tanya ke dokternya , proses penyembuhan jerawatnya seperti apa. ada beberapa dokter yang memang di awal awal penggunaan jerawatnya keluar dulu .. baru kemudian setelah 2-3 bulan, jerawatnya berangsur membaik. jadi sayang kalau proses pengobatannya berhenti sampai sini.

      jerawat kamu banyak atau satu dua aja ?
      kalau jerawatnya banyak, sebaiknya kamu continue menggunakan perawatan dokter , karena kalau jerawatnya banyak, biasanya harus sambil makan obat minum biar bakteri jerawatnya gak terus tumbuh.

      kalau kamu jerawatnya 1-2 , untuk cosrx sih , untuk jerawat aku cocoknya dengan BHA A Sol.

      Sabun muka, aku lagi menggunakan Klairs gentle foam , ini aku suka banget. Untuk cosrx nya, dari beberapa review yang aku baca, mereka suka dengan salicylic cleanser utk kulit berjerawat. tapi aku jujur belum pernah coba sih kalau salicylic cleanser ini :)

      saran aku kalau kamu mau coba product, coba nya satu -satu. misalnya, BHA A sol dulu .. tunggu 2 minggu -3 minggu .. kalau kamu yakin kulitmu merespons product itu dengan baik , baru nambah lagi. jadi kulitmu ga kaget sekali jadi terpapar zat yang baru banget semuanya. :)

      step2 nya yang biasanya kita perlukan :

      1. pencuci wajah
      2. toner
      3. active ( saranku BHA A Sol )
      4. serum / essence ( snail essence / aloevera gel )
      5. sunblock ( kalau siang )

      jangan beli skali jadi ya ..:) karena produk yang cocok dikulit ku , mungkin gak cocok di kulitmu karena kulit setiap orang berbeda-beda. coba produknya satu satu. selalu tes dulu di belakang lengan untuk memastikn kamu gak alergi produk tersebut.

      Delete
    2. halo kak, makasih udah mau ngejawab comment aku. Aku make obat dokternya udah setahunan kayanya, efeknya ya ga hilang total sih. Kadang banyak (bukan 1 atau 2 aja, tapi nyebar) dan kadang hilang sama sekali.
      Thanks a lot buat sarannya kaaaakk ^^

      Delete
  13. Hai kak Adit, aku suka baca-baca blog kamu soalnya selain cara pembahasan kakak yang to the point tapi detail, trus review produk yang aku cari di blog kakak ada semua rata-rata hehe

    Kak, bha a sol itu kayak toner apa serum bentuknya?
    Aku liat di komen-komen sebelumnya, kalo untuk yg pertama kali pake produk Cosrx kakak lebih nyaranin buat nyoba bha a sol nya dulu ya?

    Trus photosensitif itu gimana sih kak? Aku pernah baca juga kalo lagi pake produk yg mengandung vit c, aha/bha harus selalu pake sunblock.
    Tipe kulitku sensitif-acne prone kak, kayaknya gara-gara suka nyoba-nyoba produk skincare jadi sensitif kulitku kak berdasarkan dari yg pernah aku baca gitu katanya kak.

    Terimakasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nina, thanks uda mampir2 :)
      BHA A sol itu yang pasti bukan toner. Di korean skincare, serum / essence memang agak ambigu. Tapi yang pasti fungsi dari BHA A sol itu lebih ke anti bacterial agent - karena kandungannya 60 % propolis. Juga mengandung BHA untuk mengontrol sebum :)

      Photosensitive itu artinya , kulitmu jadi lebih sensitif sama sinar matahari. Maka dari itu, setiap orang yang menggunakan exfoliating agent seperti AHA / BHA / vitamin C , disarankan untuk menggunakannya malam hari, sedangkan siang hari nya menggunakan sunblock :)

      kulit sensitif itu artinya kulitmu reaktif . Misalnya, kepanasan dikit merah, salah produk dikit, beruntusan, kalau kulitmu gak reaktif sebenernya kulitmu ga tergolong sensitif . setahuku lowh ya :)

      Delete
    2. Makasi atas tanggapannya kak :)

      Delete
  14. Hai ka adit!
    Aku lg pake cosrx baru 2-3mingguan.
    Fyi, aku ga pernah pake skincare2ran seumur2, paling totol jerawat doang. Dan skrg pengen coba, krn slama tinggal di ibukota, muka jd makin jerawatan.
    Tipe muka aku: super oily. Jerawat kecil2 sering, terutama di dagu, leher, jidat. Pipi dan hidung komedo putih2, pori2 gede.
    Aku beli cosrx sepaket, good morning cleanser, one pimple clearpad, aha 7, galactomyces, ultimate honey overnight mask, sm pake missha sunmilk, sm obat totol jerawat bau2 sulfur gitu..
    Aku pake sepaketan ini 2-3mgg. Jerawat kecil berkurang bgt2. Minyak berkurang jg, komedo jg berkurang. Muka glowing.. Tapi bagian hidung masih super oily, dan bag pipi, jidat, dagu malah keset bgt kayak ketarik. Jerawat gede ada yg dateng 2 biji, tp udah reda. Jerawat kecil jarang2 datengnya.
    Emg aku kemaren smangat bgt pake aha 7 nya hampir tiap hari, dan itu aku langsung timpa pake galactomyces krn ngantuk bgt. ��
    Jerawat yg dateng sm jerawat kecil2 yg sedikit bukan purging kan? Sm klo kulit kayak ketarik kenapa ya?
    Sama aku pgn pake BHA jg gr2 itu cocok buat oily, tp gpp kalo digabung sm aha7?
    Thanks ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nanda :)
      kalau boleh tau, kamu cowo apa cewe ? alasannya kenapa aku nanya, soalnya kalau cewe kan ada siklus bulanan :) dan jerawat muncul kadang pas siklus bulanan itu.

      hmm, mengenai muka ketarik, itu kemungkinan besar karena kamu terlalu banyak pake AHA nya Nan. Coba kurangi jadi 2 hari sekali.

      kalau aku baca2 di blog luar, semua rata2 menyarankan setelah menggunakan AHA7, kamu diemin dulu 30 menit paling enggak, sebelum ditimpa yang lain. biar gak menurunkan konsentrasi acidnya .

      jerawat kecil-kecil itu sebenenernya bisa bener2 jerawat, bisa juga folikulitis. untuk pastinya, sebenernya aku lebih sarankan kamu ke dokter, karena folikulitis tampilannya mirip jerawat tapi kecil2.

      sementara ini sebenernya jangan nambah dulu BHA deh. kalau baru 2-3 minggu. tunggu sampe 2 bulan pake AHA nya. karena baik AHA maupun BHA dua2 nya actives, exfoliating agent. :)

      btw, in general berarti overall kulitmu membaik kan ? kalau jerawat nya hilang, jerawat kecil jarang-jarang, kalau begitu, so far kamu cocok dengan produk yang kamu gunakan sekarang Nan. Jangan nambah apa apa dulu. tahan paling enggak sampe 2 bulan. Karena 2 minggu - 2 bulan itu masih termasuk periode pengenalan. :)

      Semoga membantu :)

      Delete
    2. Aku cewe , ka adit. Hahah.
      Overall sih membaik, cmn bagian hidung oilnya malah nambah bnyk.
      Dan aku jg penasaran klo digabung sm snail mucin gmn? Dan centella cream buat totol nya?

      Habis aku jg excited bgt sm produk ini, scara ga pernah pake skincare2 an, hehe

      By the way, trims yah.. :)

      Delete
    3. haha :) ok Nan. :) Nah, kalo kamu cewe kan cewe biasanya ada siklus bulanan tuh. :) coba kamu rasa-rasain biasanya jerawatnya munculnya mungkin related dengan hal tersebut atau tidak. karena kalau hormonal memang agak susah.

      hmm, setauku, snail mucin itu lebih ke kulit yang agak dehidrasi dan anti-aging. kamu umur brp ? Aku menggunakan snail mucin karena uda cukup berumur. haha

      centella cream jujur aku belum pernah coba. Biasanya untuk obat jerawat yang sifatnya ditotol, aku pake Mario Badescu . tapi , sekarang banyak produk korea yang isinya sama dengan mario badescu ini , Pink Powder. Mario Badescu skarang agak susah di indo.

      Centella itu sifatnya meng-accelerate healing process. TApi kalau banyak jerawat aktif, kamu harus ada anti bacterial agentnya :) which is kalo aku sih cocok sama BHA A sol karena ngandung 60% propolis. Di aku, berasa banget mengurangi frekuensi kemunculan jerawat. ( Mario Badescu utk jerawat yang uda terlanjur muncul, sifatnya spot treatment )

      Delete
    4. Aku 26 ka.. sudah mulai perlu pake antiaging ga ya ka?
      Trus klo brand korea yg sama dgn mario badescu apa ya?
      Jerawat aktif sih dikit. Dan emg pengaruh sm bulanan-kurang tidur-lupa cuci muka.
      Makanya emg lg hunting buat obat totol, kira2 apa ya?
      snail mucin aku liat review bagus buat bekas2 jerawat bukan? Soalnya bekas jerawat coklat2 gtu banyak.. dan pori2 yg gede..

      Delete
    5. perlu Nanda :) anti aging sangat disarankan untuk usia 25 plus :)
      Enca Pink Powder isinya mirip mirip sama Mario Badescu :)

      Boleh saran ?
      kalau bulanan kan agak susah ya.
      tapi kamu bisa coba atur lagi ritme rutinitas kamu, seperti tidur cukup, minum cukup, olah raga cukup, kalau kamu pake make up, jangan lupa double cleansing setiap malam.
      siapa tau, hanya dengan mengatur ritme rutinitas kamu, malah kulit sehat jadi ga perlu menguras kantong terlalu banyak untuk beli produk :) aku pribadi olah raga 3-5 kali seminggu setiap pagi:)

      hunting obat totol : Enca Pink Powder aja. gunakan secukupnya , pake cottonbat, hanya di titik jerawatnya aja. jaangan tebel tebel, jangan lebar lebar :) ~ sori aku cerewet. haha

      snail mucin mengandung EGF ~ epidermal growth factor , yang berfungsi mempercepat sembuhnya luka. Siput kan berjalan dengan badannya yang lembek. Jadi badannya memproduksi mucus ini, yang terus menerus melapisi badan siput, sehingga setiap ada goresan, cepat sembuhnya. ~ filosofi nya demikian

      kalau bekas jerawat sebenernya aku lebih sarankan exfoliating agent ( untuk produk skincare rutine ),atau kalau kamu ke beauty center , microdermabrasi atau peeling dengan dokter . itu lebih cepet kalau uda banyak banget bekasnya. :) Dengan catatan ga ada jerawat aktif pada saat mau treatment.

      mengenai pori-pori, kurang minum, dehidrasi pun bisa bikin porimu gede loh.:) atau kurang tidur. Somehow. Aku lagi cari korelasinya apa. Tapi aku kalau kurang tidur pori gede. Tidur 2 hari bener, pori nutup lagi. haha

      Delete
    6. Makasih ka adit info2nya..
      Hehhe ada lagi mau nanya.. maaf yah banyak nanya.. untuk fte apa perlu bgt yah? Aku ada limpahan skII FTE. Pgn pake.. aku skrg pakenya : lowph cleanser cosrx, clearpad pimple cosrx, aha 7, galactomyces cosrx, overnight honey mask, sm sunblock.
      Nah klo nambah si skII ini gimana ya? Scara review nya si fte skII ini rata2 wow, bahkan utk nenangin jerawat ya. Hehe
      Sama aku ga ngerti double cleansing itu gmn yah? Hahaha
      Utk skrg setelah hampir mau sebulan, bekas pada mudar terutama d dagu dan leher. Komedo berkurang, muka masih oily sih trutama hidung. Jerawat ada bbrp, cmn klo ditotol sm totol jer dr dokter (spt nya sih mirip sm mario/enca/bye bye blemish soalnya ada endapan dan warna pink, tp sayang tinggal dikit bgt, dan dokternya di luar kota) cepet kempes. Cmn totol ini lah yg dr dokter, sisanya muka ku ga pernah aku pake in skincare2 dr manapun, baru sebulan terakhir..

      Sama kak, kan aku baca klo ada jerawat di tempat yg bukan sering berjerawat , ga cocok produk ya? Nah ini yg 2 biji jerawat di tempat yg jarang, tp ga gede bgt.
      Dan skrg tiap hbis pake galactomyces ada rasa muka nya tingling. Awalnya ga..
      Hahah..
      Maaf yah bawel..
      makasih ka adit..

      Delete
    7. FTE itu serum booster sifatnya. dia first essence yang digunakan sebelum kamu menggunakan serum / essence. tujuannya mempersiapkan kulit kamu sehingga serum / essence yang kamu gunakan lebih terserap. :)

      kalau saran ku sih, kamu jangan nambah produk dulu paling nggak sebulan lagi. kalau memang yang sekarang sudah keliatan progressnya , jangan tambah produk. siapa tau kamu sebulan lagi makin keliatan progressnya, dan ga perlu sk-2 :)

      kalau aku karena start dari SK-II baru setelah 4 taun pake sk-II , baru coba produk korea :)

      double cleansing itu : kamu start dengan cleansing cream / cleansing oil, setelah itu, lanjut dengan pencuci wajah.
      aku sempat mengulasnya beberapa waktu yang lalu :) kamu dapat search di kanan atas, ada kolom search :)

      iya NAnda, kalau jadi jerawat di tempat yang jarang jerawatan bisa jadi kamu ga cocok produk. tapi, biasanya jadi nya ga satu dua , tapi banyak. kamu jadinya di mana kalau boleh tau ? kalau jadinya di deket garis batas rambut , mungkin karena kamu ganti shampoo ? atau conditioner rambut cucinya ga bersih . itu juga bisa jadi.

      kalo tingling, bisa jadi kamu frekuensi menggunakan AHA 7 nya terlalu deket2 nan. kluenya : overly shinny ga ? coba kamu kurangi frekuensi AHA7 nya jadi 2 hari sekali dulu. galactomyces hrusnya ga menyebabkan tingling sama skali. plus dia ga ada alkoholnya juga kalau aku ga salah inget.
      :)
      semoga membantu

      Delete
    8. Iyah di deket garis batas rambut ka.. 2 biji.. haha
      Eh, bukan galactomyces ka, abis pake honey mask overnight.. jd kayak tingling n rada panas. Pdhl wkt awal engga..

      Frekuensi aha nya udah aku kurangin dr minggu ke 3, jadi senin, rabu, jumat. Dan ga overly shiny kok. Malah di daerah hidung masi berminyak kok. Klo bag lain ngurang bgt ka..

      Delete
    9. Tinglingnya dibarengi dengan merah ga Nanda ? kalau dibarengi dengan merah, itu artinya iritasi. kalau tidak dibarengi dengan merah aman aja :) analoginya mirip dengan : misalnya pake betadine di daerah luka. karena ada luka yang terbuka, jadi betadine agak perih . tapi mengeringkan luka itu. Overnight mask, kalau kamu baca2 di blog blog, memang bagus untuk kulit yang lagi sensitif, misalnya akibat terlalu semangat exfoliating. jadi tingling itu bisa jadi karena kulitmua agak sensitif akibat AHA / BHA , dan direpair oleh overnight ini.
      tapi kalau dibarengi dengan merah. itu artinya ada iritasi somehow.

      Delete
  15. hi kak adit

    kak mohon pencerahannya dong, aku habis beli cosrx galactomyces white power essence, tapi aku bingung pakenya setelah apa. aku denger2 produk cosrx gaboleh sembarangan pakenya karena kandungan zat aktifnya. :(, jadi bingung.

    aku punya kiehls iris extract treatment essence, benton snail bee high content essence,kalo malem aku pake kiehls nightly micropeel.

    mohon pencerahannya ya kak, thx!! ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Meilinda, terimakasih uda mampir-mampir..
      zat aktif itu maksudnya : AHA. BHA, atau vitamin c dosis tinggi spt OST serum. gak semua COSRX product mengandung AHA, BHA atau vitamin c dosis tinggi koq Mei. Galactomyces power essence kandungan utamanya adalah fermentasi ( seperti SK-2 FTE atau Missha FTE ) , dan niacinamide ( vitamin B3 - whitening agent ) . justru yang mengandung aktif itu adalah Kiehls nightly micro peel yang kamu pake malam hari :)

      Kalau kamu bingung urut2annya yang mana duluan, rule of thumbsnya, setelah toner, kamu gunakan mulai dari yang paling encer sampai dengan yang paling kental terakhir.

      Aku pernah gunakan iris extract essence dan itu agak encer. Tpai aku belum pernah gunakan benton snail bee jadi aku ga tau lebih encer mana snail bee dengan iris essence / galactomyces power essence. :)

      khusus malam hari, actives harus digunakan paling awal. So, kiehls micropeel harus paling pertama, disarankan untuk didiamkan sekitar 30 menit, sebelum kamu timpa dengan produk lainnya :)

      semoga membantu :)

      Delete
  16. Alow kak, mau tanya muka aq kering bgt dan byk keriput tp didaerah T zone ny byk bgt komedo ga hilang" udh bertahun ", jd bgusan aq beli produk ini apa aja buat hilangin komedo dan melembabkan kulit aq kering bgt. Please reviewny .. Thxs bgt y kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai :) dengan siapa ini ?
      thanks uda mampir :)

      muka kering, dan banyak keriput tapi banyak komedo ?
      hmm, ini agak jarang kasusnya kayaknya.

      Aku bukan dokter, jadi agak bingung ngebayanginnya. karena biasanya komedo related sama sebum, oily face etc.

      mungkin keriputnya related dengan usia mu ?
      kamu kurang minum ? ada 8-10 gelas sehari ?

      komedo kalau uda terlalu banyak , sebaiknya ke dokter , dan di ekstraksi. Biasanya dokter menyarankan untuk facial ( bukan jerawatan ya. kalau lagi jerawatan aktif sangat tidak disarankan facial ) atau peeling khusus untuk mengeringkan jerawat /komedo .

      untuk melembabkan kulit kering,
      kulit keringnya baru atau memang sudah dari dulu selalu kering ?

      kalau temporary dehydration sih sebaiknya :
      1. minum banyak
      2. kurangi penggunaan AC
      3. hindari penggunaan produk yang ada alkoholnya karena nanti kulitmu makin kering.
      4. gunakan essence , kalau dari COSRX memang yang aku rasakan aku pas dengan snail essence.
      5. kamu mungkin bisa coba aloevera gel COSRX juga selain snail essence.

      untuk komedo, ini hanya saran aja lowh ya :)
      kalau kamu ga mau ke dokter dan facial ,
      1. kamu bisa start dari BHA A sol COSRX.
      2. gunakan sabun muka yang mengandung charcoal ( Klairs misalnya )
      klairs ada 3 step pembersih, cleansing oil, sugar scrub dan charcoal soap. itu semua untuk mengurangi sebum activity.
      aku belum pernah coba yang cleansing oil / charcoal soap. Tapi sugar scrub nya aku coba dan aku suka banget.

      Delete
    2. Aq shanti, thanks bgt y penjelasan bgs bgt. Emang bener aq kurang minum bgt trus umur udh 30 an jd baru mau perawatan skrg, mudah" sarannya aq bs ikutin dgn baik. Thxs y .. 😊

      Delete
    3. aminnn :) semoga membantu ya :)

      Delete
    4. Oh y joshua , kalo boleh tau beliny dimana? Thx

      Delete
    5. kalau cosrx aku biasa beli di seller namanya @parashoplover, ada IG nya. kalau klairs aku di Yesxbeautyshop . :) so far aku beli di mereka barangnya bagus, expirednya lama, kalau ditanya ini itu ga marah . haha :)

      Delete
  17. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  18. Hi kak, aku mau tanya nih
    aku lg break out di kedua pipi gr" nourish acne gel -- sama kmrn ini dh mndingan kn eh kaya aku belang jd aku pake banana boat aloe vera gel itu kaya kesannya jd makin parah lg jrawatny nimbul. tp skarang dah mndingan tinggal bekas"nya. jrawat" kecil jg suka muncul.
    kebetulan baru tau cosrx ama pengen coba ni ka. drtd liat review" eh liat ke kakak pnya jg scrolling comments nya jg.
    nah aku msi bingung ni soalnya bnyk cosrx products nya. mnurut kakak apa yg hrs aku coba beli ya dgn kondisi kulit aku bgini? pngen coba sharenya dlu si yg di para"

    thanks ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chintya, kamu uda berapa lama pake nourish acne gel, dan banana boat aloe vera ? kalau boleh saran, kamu stop aja kedua produk itu, kalau kamu mau coba produk cosrx. jangan dicampur.

      kalau kamu baru dengan cosrx,
      untuk toner : AHA/BHA toner ( sebenernya mizon lebih bagus, tapi susah carinya di indo )
      utk jerawat nya aku sarankan BHA A Sol
      untuk menenangkan kulit, Aloe vera gel ( kalau kamu lagi ga ke mana mana , misalnya lagi di rumah, masukkan aloe vera gel nya ke kulkas, apply ke muka kamu beberapa kali sehari agak tebal )

      nah untuk bekas jerawat sebenernya aku lebih menyarankan , jerawatnya kelar dulu. bekas jerawat harus menggunakan exfoliating agent, BHA power liquid untuk kulit berjerawat biasanya rata2 pake ini. 2 atau 3 hari sekali, misal senin , dan kamis atau senin rabu jumat . tapi kalau jerawat atau komedo kamu belum semua keluar, BHA ini akan menyebabkan purging dulu. makanya aku agak khawatir recommend exfoliating agent. takutnya kamu ga siap dengan purging nya. :)

      malam, kamu bisa tambah dengan honey overnight mask. bagus untuk anti aging dan menutrisi kulit, terutama kalau kulit lagi sensitif merah2.

      Delete
    2. oke ka mkasih ya :) nourish acne gel aku pake abisin kaya salep glu bentuknya. aku ga sadar klo aku breakout gr" itu jd aku tetep obatin pake itu pas liat review eh ada yg makin parah jg pke itu. iya kak aku dh stop nourish sama banana boat aloe nya. aku sih skrg lg pke hiruscar buat bekasnya sama kana snail mask itu tp jrawat kecil nya suka muncul. ok deh aku coba yg aha/bha toner nya itu dlu ama bha a sol nya hhe makasih ya kak. oh ya kak bha a sol nya itu pkein di jrawatny aja gtu kn kya kompres?

      Delete
    3. bha a sol kalau kamu jerawatnya agak menyebar.. better dipakein semua :) setelah AHa/BHA toner.

      sebenernya kalau jerawat kecil2 gitu, kamu perlu obat totol , misalnya ENCA pink powder. isinya mirip mario badescu versi korean skincarenya. malem malem. biar cepet kempes. tapi, sementara AHA BHA dan BHA A solnya dulu ya. banyak koq yang progressnya bagus menggunakan produk ini 2. tapi kamu musti sabar, paling gak coba liat perkembangannya 2 bulan.

      Delete
    4. iya nih aku coba yg loria sacre skin mirip" itu jg tp kaya yg pinknya itu dikit cpt abis n ga ngerasa ngefek gtu aku coba cari" deh yg enca pink powder. makasi bnyk ya ka :) mmbantu bgt hehe

      Delete
    5. oh ya maaf kak aku mau tnya jg ni kalo pake toner ini hrs tunggu 20-30 mins ya baru pake yg lain? apa emg smua skincare hrs tunggu dlu gt utk ke tahap berikutnya?

      Delete
    6. chintya, mengenai jerawat. hal yang paling penting yang kamu harus observe adalah : faktor apa yang menjadi pencetus jerawat untuk kamu. contoh , kalau aku : biasanya stress karena lembur berminggu minggu , cuci muka subuh, cuci lagi malem banget, atau kurang tidur. nah, karena aku tahu faktor pencetusnya, faktor ini yang kemudian berusaha aku hindari. :) jadi jerawat jarang muncul.

      coba kamu observasi , kira2 faktor apa yang bikin jerawatan :)

      toner biasanya ga perlu tunggu 20-30 menit asal sudah terserap aja :) kalau aku biasanya 5 menit cukup. :)

      semoga membantu :)

      Delete
  19. Hallo kak adit♥

    aku sering banget kepoin review nya cosrx dari review nya kaka hehe:p

    Sekarang aku pakai aha/bha toner, bha power liquid, hyaluronic acid essence sama honey overnight mask♥ cocok semuaa nih pake cosrx...


    Kak adit sunblock nya pakai cosrx lagi kah? Aku masih tahap trial error nih soal sunblock huhu


    dibales ya kak♥ makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh :) seneng banget kamu cocok dengan cosrx , memang sih cosrx ini dia menghilangkan ingredient yang kurang penting, jadi cuma yang essential aja yang ada di dalam ingredient listnya :)

      hmm, aku sunblock pake klairs silma, :)
      ada 2 jenis , bb cream, dia ngandung spf 25-30
      lalu ada sun screennya spf 40

      kamu sering panas2an ? kalau sering panas2an ambil yang spfnya lebih tinggi. pake tipis2 di tahap paling akhir. ada white cast dulu sebentar. tapi begitu nyerep ilang whitecastnya :)

      Delete
    2. sampe lupa .. hehe .. terimakasih lowh sering mampir2 ke blog ku :)

      Delete
  20. Kak, ak msh bingung niih... Ak tergoda bgt ama bha power liquid tp ak msh ada yg bha minish pore serum nya, cm yg bha minish pore serum ni ph ny cukup tinggi n mengandung kadar alkohol. Minta saran donk kak, enaknya ak coba bha power liquid atau stay with bha minish pore serum, oiyah selama kk pk bha power liquid purging ga?? N klo iya berapa lama? Thx kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Niken, hmm, kamu tipe kulitnya sensitif ga ? ( gampang merah, gampang ngelupas, gampang alergi ? ) , yang wajib menghindari alkohol biasanya yang tipe kulit sensitif.

      pertanyaan berikutnya, kamu banyak banget whitehead nya ga ? misalnya sampai ke kening, tengah2 alis, pipi, rahang gitu ? kalau kamu banyk whitehead / blackhead, atau yang gak kelihatan tapi kalau di raba kamu tahu di dalam porinya ada isinya , pasti purginnya akan agak lama. kalau kondisinya tidak demikian, seharusnya, purgingnya tidak akan lama. Kecuali, kamu hypersensitif terhadap BHA konsentrasi tinggi. ketauannya, muncul whitehead/blackhead di daerah yang gak pernah ada whitehead/blackhead sebelumnya.

      dulu aku purgingnya waktu menggunakan isotretionin. lumayan lama, sampe 6 bulan. tapi memang setelah bersih, kalaupun berikutnya aku menggunakan AHA/BHA , purgingnya paling satu dua doank.

      untuk membantu kamu memilih,
      problem kamu lebih ke pori besar , atau ke whitehead blackhead.
      kalau problemnya lebih ke pori, berarti, pore serum ( aku blum pernah coba sih , karena kebetulan poriku ga tll bermasalah ) , kalau kamu problemnya ke clogging, berarti pake power liquid.

      tapi saran ku sih, daripada kamu beli lagi produk baru .. better habiskan dulu yang ada sambil dilihat progressnya. gimana mnrt kamu ? sayang juga kalau nambah produk, produk yang lama belum habis :)

      Delete
    2. Iyah kak, di kening ada beruntusa yaah istilahnya mah lbh familiar, trs di deket alis ad gede white head gt kiri kanan totalnya 3 yg gede kyk biji jagung tp ga sakit, sm dagung n idung ad bbrp beruntusan gt. Klo begitu berarti pemakaiannya mendingan 1-3x aja yah seminggu. Gampang merah klo muka ku dgosok misalkan pas bersihin pk cleansing oil gt trs dilap pk handuk. Nah klo clogging pore ak gatau tuh tp sepengalaman ak klo lg aktiitasnya byk outdoor n berdebu pasti ada aja satu ntah 2 biji tumbuh jerawat baru. Hiks, kompleksnya ttg kulit yaah :'(

      Delete
    3. :) iya .. kulit memang kompleks. :) dan banyak faktor yang mungkin memicu jerawat.

      iya, coba kurangin dulu frekuensinya. kalau aku biasanya pake AHA/BHA atau vit c dosis tinggi, biasanya dari frekuensi yang jarang dulu ( misal 3 hari sekali ) kalau ga ada efek significant setelah 2 minggu, baru dipercepat jadi 2 hari sekali , kalau 2 minggu lagi ga ada efek yang significant baru 1 hari sekali. nanti kalau mulai agak perih2, kurangin lagi jadi 2 hari sekali. gitu .. :)

      kalo berdasarkan korean beauty blog yang pernah aku baca, naik temperatur badan sedikit saja, itu meningkatkan produksi sebum bisa sampe 10 kali lipat Niken. makanya, disarankan sebisanya mungkin kita menghindari panas, atau kalau pun gak terhindarkan, minum air putih nya harus banyak banget. karena air putih ngebantu menjaga tmperature badan :)
      dan , pas lagi panas2an, kurangin makan daging dan karbo, banyakin sayur dan buah. ( tapi ini ribet , apalagi kalau anak rantau ), so paling enggak minum air putih aja yang banyak :)

      Delete
    4. Ok deh kak, makasih ya atas tips nya. Btw ak yg msh bingung itu ttg step pemakaian skincare mulai dr yg paling cair sampe ke yg kental, nah klo serum ama essence itu kan hrsnya essence dl yg di aplikasikan k wajah baru serum tp bentuknya serum kan lbh cair ktmbang essence.. hehehe pernah ak cb serum dl hbs itu essence berasa aneh aja mukanya.. gmn menurut kakak? Hhehe mg ga kapok ya dng ak yg byk kepo, thx b4

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Kak mau tanya, saya ign menghaluskan kulit hidung yg bruntusan krn whitehead. Klo saya pakai produk cosrx yg dibawah ini, urutannya bener begini gak kak?
    1.AHA/BHA clarifying Treatment Toner
    2.AHA 7 Whitehead Power Liquid
    3.galactomyces 95 whitening power essence atau
    Hyaluronic acid hydra power essence (bagusan mana ya kak essence dari 2 ini yang cocok utk masalah whitehead?)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Grra, kalau whitehead di hidung (saja) yang lagi banyak yang pakai itu Ciracle . kalau aku sih untuk hidung pakainya Laneige ( yang hijau ) , kebetulan aku akan review product tersebut.

      galactomyces 95 maupun hyluronic acid sama sekali tidak ada hubungannya dengan whitehead.
      galactomyces , isinya merupakan fermentasi, fungsinya untuk brightening dan anti aging.
      hyaluronic acid fungsinya untuk moisture lock, menjaga kulit kamu tetap moist.

      kalau kamu hanya whitehead di hidung aja, sebenernya ga perlu menggunakan AHA 7 whitehead power liquid. atau , kalau pun kamu mau menggunakan AHA 7, hanya digunakan di bagian hidung saja. :) ga perlu semuka muka.

      kalau boleh tau saat ini kamu menggunakan produk apa ?

      Delete
    2. Cuma pakai pore pack aja si kak,kadang juga pakai masker putih telur yang ditempelin tissu buat angkat whitehead...
      Cuma kan kalau pakai pore pack nantinya whitehead bakal muncul lagi, jadi pengin nyoba produk aha 7 itu, biar kulit hidung bisa jadi halus kak gak ada whitehead, masalahnya bagian wajah yg agak kasar cuma bagian hidung saja.

      Jadi, cukup pakai aha 7 aja ya kak di bagian hidung? Gak perlu pakai essence nya?

      Delete
    3. hi Grra, hmm, kalau tipikal kulit mu berminyak, whitehead itu akan pasti selalu ada. Aku pun sama. :) fungsi AHA 7 itu bukan menghilangkan whitehead sehingga sama sekali tidak muncul. tapi membantu whitehead yang terakumulasi di pori kamu untuk naik ke atas, jadi pada saat kamu menggunakan pore pack misalnya, atau pada saat kamu clearing, akan lebih banyak yang terangkat.
      alasannya kenapa untuk kulit oily whitehead itu akan selalu ada, karena di dalam kulit kita ada yang namanya seborrhea gland, yang memproduksi sebum. nah sebum itu yang kemudian terakumulasi di pori. bahkan yang kulitnya normal pun, sangat mungkin muncul whitehead, terutama bagian hidung.
      Nah, dengan rutin menggunakan AHA, lama lama frekuensi kemunculan whitehead tersebut akan berkurang, karena AHA mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di atas kulit yang kemudian menyumbat pori, sehingga oil yang terproduksi memiliki jalur keluar.

      Delete
  23. Hallo Ka Adit, aku seneng nih baca review produk di blognya ka Adith. Banyak info baru yg aku dapet..

    Aku mau tanya dong Ka, kayanya aku mulai tertarik pake produk cosrx, cuma aku masih bingung mulainya dari produk yg mana. Kondisi muka aku berminyak ka, dulu sempet treatment di skin care gitu semacem di laser dan berbekas hitam, nah di bekasnya itu jadi suka muncul jerawat yg breakout di daerah pipi kiri, sedangkan di pipi kanan engga ada bekas tapi banyak bruntusan. Kira-kira kalau aku mau mulai pake produknya cosrx aku pake yg mana ya ka? Termasuk facial foam yg baik apa?
    Oh iya ka, kalau pemakaian produk cosrx ini bisa berbarengan sama produk dari dokter? Jujur aku sempet frustasi karena jerawatnya ga hilang-hilang.

    Semoga ka Adit bisa bantu untuk kasih Saran, makasih banyak ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Naima, :)
      untuk cosrx sebenenrya kalau jerawatan sih , rata2 cocoknya sama BHA A sol .:)
      memang sih jerawat ini PR banget. aku juga lagi bersih kulit tiba2 4 hari terakhir keluar jerawat. lagi siap2 posting mengenai jerawat :) tunggu postinganku ya :)

      btw, utk facial foam, so far yang gentle : sulwhasoo gentle , klairs, Shiseido , dan SK-II . aku saat ini sedang menggunakan klairs.

      nah , mengenai pemakaian produk bersamaan dengan produk dokter ini, aku ga bisa jawab. Karena, kita mesti tau dulu isi dari produk dokter itu apa. apakah itu retinol/retinoid ( mirip isi vitacid ), atau mungkin ada zat lainnya :) kalau produknya mengandung zat aktif seperti retinol, tidak disarankan untuk dicampur dengan produk lainnya.

      kamu pake obat dokter uda berapa lama ? kalau kamu pake obat dokter, biasanya bbrp dokter, obatnya memang purging dulu.

      Delete
    2. Kalau BHA Sol itu ada kandungan alkoholnya ga sih ka?
      Oh ya, kalau kita mix pake produk lain ga akan masalah ka? Mis facial foam pake klairs, untuk toner pake mizon dan untuk jerawat pake cosrx?

      Delete
    3. BHA A sol mengandung alkohol, karena itu tidak untuk menggunakan produk itu se-muka muka . Hanya di bagian yang ada jerawatnya aja Naima ( kalau kulitmu sensitif , kalau kulitmu tidak sensitif, banyak yang menggunakan produk A Sol semuka , sehari sekali setiap malam, dan teman-temanku rata2 jumlah jerawtnya berkurang drastis ) . Aku pake beberapa brand, dan so far ga masalah, selama kita tau apa yang ada di dalam ingredient list nya Naima :)
      kamu rencana pake apa aja ?

      Delete
    4. Hallo Ka Adit, udah seminggu nih aku coba pake cosrx, aku skr pake :
      1. Salicylic Acid foam cleanser
      2. Aha / bha clarifing toner
      3. bha blackhead power liquid
      4. Centella blemish

      Nah Ka, aku mau tanya kalau untuk centella blemish itu seefektif apa untuk ngilangin jerawat?
      aku juga pake bha blackhead dan skr mulai purguing di pipi deket rahang dan di jidat, sejauh mana sih ka purguing kulit kita masih dibilanh wajar? Saran kaka aku lanjutin pake blackheadnya atau di seling pake BHA a sol ka?
      Makasih banyak ka adittyyy😊

      Delete
    5. hi Naima, centella blemish aku blum pernah gunakan. tapi untuk centella product, temenku menggunakan zymogen, dan hasilnya lumayan significant. centella bukan untuk mengobati jerawat, tapi dia mempercepat penyembuhan luka akibat jerawat. so, kalau kamu masih sangat banyak jerawat aktifnya, menggunaakn centella mungkin salah sasaran. kamu perlu produk yang melawan bakteri jerawatnya :)

      bedanya purging dengan gak cocok :
      purging hanya terjadi di daerah2 yang memang kamu tau sebelumnya, bahwa di daerah tersebut ada whitehead/blackheadnya.
      sedangkan gak cocok, biasanya munculnya di daerah yang random, bahkan di daerah yang sebelumnya gak pernah jadi jerawat.

      kamu gunakan BHA liquidnya berapa hari sekali ?

      kalau kamu belum pernah menggunakan produk BHA, sebaiknya start dari BHA a sol karena persentase BHA nya lebih kecil. dan dia mengandung propolis anti bakteri.

      purging ini memang PR banget Ma. :)
      sambil ganti gaya hidup ya :) biar cepet kelar purgingnya.
      rajin makan buah, kurangi daging, kurangi produk susu, minum air putih yang banyak. aku dulu waktu purging memang dibarengi juga dengan ganti gaya hidup :)

      Delete
  24. Hallo Ka Adit, aku mau tanya..
    Aku baru mau mulai pake COSRX karena liat temenku bagus banget muka nya..

    muka ku cenderung jerawatan *walaupun ga banyak tp ada aja* sama di bagian hidung dan dagu kasar komedo .. sepertinya sih whiteheads dan blackhead nya sedikit ..

    menurut kakak bagus pake apa aja ya dari sabun sampe essense nya ? dan step2nya gimana ?
    maaf banyak tanya krn bener2 baru dalam hal skin care .. biasa cuma pake garnier .. hehehe ..

    Terima kasih .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Lisa,
      iya , so far banyak yang cocok dengan cosrx ini :)
      btw, kalau ada whitehead dan blackhead, somehow, kamu mungkin akan melalui periode purging. gapapa kah ?

      kalau sabun wajah , biasanya yang aman untuk kulit sensitif aja pilihnya Lis. Aku saat ini menggunakan Klairs gentle.
      lalu toner : best nya Mizon AHA/BHA, tapi susah carinya. lebih gampang cari COSRX AHA/BHA toner

      actives nya kalau kamu takut purging banget, kamu coba pake BHA A sol aja dulu.

      essencenya : snail essence / aloe vera gel cosrx.

      kalau white head / black head sebenernya harusnya pake power liquid ya. tapi aku ga berani rekomendasikan itu, karena itu akan purging dulu. takutnya kamu ga siap :)

      terakhir siang hari gunakan sunblock :)
      aku menggunakan klairs untuk sunblock nya :)

      Delete
    2. makasih sarannya ka adit

      kmrn smpet tanya2 banyak rekomen banyak macem tp aku bingung ..
      -COSRX One step pimple clear pad
      -Klairs Supple preparation toner
      -Snail Cream << yang katanya ga perlu pake snail essence lagi
      -COSRX Pore Serum

      menurut ka adit gimana ?

      Delete
    3. hi Lisa, one step pimple clear pad sebenernya main ingredientnya BHA ( salic alba bark water ~ itu natural ingredient untuk BHA ). BHA fungsinya mengangkat sel kulit mati, dan masuk jauh ke dalam pori pori untuk melarutkan sebum. karena di sifatnya larut minyak ( AHA sifatnya larut air ). Tapi dia ga mengandung propolis. Padahal propolis itu multi agent, dia anti bakterial, anti virus, anti jamur. So, untuk mengatasi jerawat memang kita perlu anti bacterial agent agar bakteri jerawat lebih terkontrol. So, kalau aku, daripada gunakan one step pimple clear pad yang hanya mengandung BHA sebagai main ingredient, aku akan memilih A Sol, karena ada BHA plus propolis ( 60%) .

      Klairs supple preparation toner lebih untuk kulit yang kering dan sensitif. Dia mengantung tocopherol ( vitamin E) , untuk kulit berjerawat dan berminyak , sebenernya ga perlu vitamin E , karena vitamin E sifatnya melumasi kulit. Aku pernah menggunakan klairs toner ini full se-botol. Dan memang karena kulit ku sensitif dan kadang tiba2 kering, toner ini menghidrasi kulit ku secara cepat . Tapi kalau baca cerita kamu di atas, problemmu lebih ke jerawat dan white/blackhead kan ya ? better skip toner ini :) karena dia agak thick juga konsistensinya.

      Snail cream juga untuk anti aging, bedanya dengan snail essence, yang cream version dia menggunakan cetearyl alcohol , sejenis fatty alcohol. Beberapa orang yang kulitnya acne prone dia reaktif terhadap cetearyl alcohol ini. So, in the mean time, better skip cream versionnya. Snail sendiri fungsinya untuk anti aging, dan mempercepat perbaikan kulit. Filosofinya : Snail kan berjalan dengan tubuhnya yang lembek dan sensitif. So, setiap kali dia melewati tempat yang panas dan kasar, kulit dia luka. Oleh karena itu dia memproduksi snail mucin ini, untuk melumasi kulitnya sehingga memperkuat barrier kulit tubuhnya, sekaligus mempercepat perbaikan luka yang timbul :) . So, kalau kamu ingin mendapatkan benefit dari snail mucin, considering kulitmu acne prone, aku lebih preffer essence :)

      Cosrx pore serum aku belum pernah coba, tapi isinya juga salic alba bark water, which is sama persis dengan one step pimple pad maupun BHA a sol. So, cukup pilih salah satunya :) gak perlu pilih semuanya :)

      Delete
    4. sekarang aku mengertiiii .. thank you so much kak .. :)

      Delete
  25. Hay mas aditt.. Kulit aku normal to dry.. Muluss tp bagian hidung banyak komedo,truss bagian pipi deket hidup pori2 nya membesar. Pd hal dulu ga kayak gitu dehh..skarang aku pake skin care dr LAZETA skin care..pake glowing fastx lazeta,.. Tp temen nyaranin pake nscrx yg katax duplikasi dr fte sk2 ..boleh ga aku paduin dgn skin care yg aku pake skrg??? Mksh bgt untuk jawabanx. Usiaku skrg 24..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) , aku ga terlalu familiar dengan LAZETA skincare. So, agak takut mau bilang cocok / gak cocok dengan produk lain. :) karena kita ga tau di lazeta skincare treatment tersebut, ada activesnya atau tidak. kamu sudah berapa lama menggunakan skincare tersebut ? so far cocok ? kalau coook sih sebenrnya lanjutkan aja :)
      kalau di hidung banyak komedo, hampir semua orang sama. biasanya mereka menggunakan treatment khusus untuk hidung , seperti Ciracle , kalau aku aku menggunakan Laneige. aku akan posting beberapa waktu kedepan :) ditunggu ya :)

      Delete
  26. Hay mas aditt.. Kulit aku normal to dry.. Muluss tp bagian hidung banyak komedo,truss bagian pipi deket hidup pori2 nya membesar. Pd hal dulu ga kayak gitu dehh..skarang aku pake skin care dr LAZETA skin care..pake glowing fastx lazeta,.. Tp temen nyaranin pake nscrx yg katax duplikasi dr fte sk2 ..boleh ga aku paduin dgn skin care yg aku pake skrg??? Mksh bgt untuk jawabanx. Usiaku skrg 24..

    ReplyDelete
  27. Hay mas aditt.. Kulit aku normal to dry.. Muluss tp bagian hidung banyak komedo,truss bagian pipi deket hidup pori2 nya membesar. Pd hal dulu ga kayak gitu dehh..skarang aku pake skin care dr LAZETA skin care..pake glowing fastx lazeta,.. Tp temen nyaranin pake nscrx yg katax duplikasi dr fte sk2 ..boleh ga aku paduin dgn skin care yg aku pake skrg??? Mksh bgt untuk jawabanx. Usiaku skrg 24..

    ReplyDelete
  28. Halo kak Adit mau nanya dong. Aku ada masalah tentang bruntusan di dahi yang gak sembuh sembuh sempet set tahun itu temen-temenku nyaranin untuk facial dan akhirnya tertarik pakai perawatan dokter karena aku pikir bakalan sembuh ternyata bruntusan aku di dahi tiap bulan pasti ada dan harus menyisihkan budget mahal buat facial karena bosan gak sembuh-sembuh akhir aku berniat ganti skincare korea.
    Oiya kulit aku cenderung kering tapi kadang-kadang berminyak di daerah T zone.
    Sekarang produk aku pakai:
    - cleanser: tonymoly lupa type apa wkwk dan nivea white make up clear 2in1 facial foam pink
    - toner : beauty water son&park
    - essense: fte sk ii
    - serum: klairs freshly juiced vit drop
    - daycream & nightcream: dari dokter setelah itu aku pakai daycream: etude moistfull collagen cream dan nightcream: lenaige water sleeping mask . Pas waktu masih cream dokter masalah bruntusan itu kempes so far aku suka. Trus ketika aku ganti night cream dan daycreamnya wajah aku kayak muncul jerawat matang gitu di daerah dahi dan bruntusan lagi padahal awalnya udah kempes sekali lagi aku pikir aku purging. Dan karena ninggalin cream dokter itu setelah itu aku baca baca corsx aku tambahin di skincare aku
    - tuner: cosrx one step pimple clear pad dan beberapa jerawat aku kasih cosrx acne pimple master dan aku browsing masalah wajah aku dan aku mulai makan buah buahan dan minum air putih yang banyak. Oiya tambahan ketika aku mulai ninggalin krim dokter aku menghindari makan berbau ayam karena setelah makan olahan ayam cerawat matang aku muncul. Sedih banget jadinya. Saat ini aku udah pakai kira-kira 2 mingguan dan yang sekarang aku alami, beruntusan udah kempes di dahi jerawat ada beberapa kempes dan karena kecolongan makan ikan laut jadi muncul jerawat matang di pipi dan dahi. Dulu pernah pas pakai krim dokter pernah punculjerawat matang didahi dan dipipi tapi gak sesering pas lepas skincare dokter ini. Huhu
    Aku punya beberapa skincare yang mau aku coba.
    - cleanser: corsx morning low ph, neogen real fresh foam cleanser
    - corsx bha blackhead & corsx aha 7 whitehead .
    Pertanyaanya:
    1. Menurut kak Adit, melalui keluhan ku diatas aku harus gimana ya sebaiknya?
    2. Kira-kira tambahan skincare apa menurut kak adit sesuai dengan masalah aku sebaiknya?
    Makasih banyak kak Adit. Menurut baca baca coment-coment diatas saran kak adit bagus dan terlihat lebih tau soal masalah ini. Sekali lagi mohon bantuannya kak adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi zulfanida, kita sama :)
      aku juga ga bisa makan ayam, tapi ayam negri.
      kecurigaan ku, karena ayam negri kan disuntik hormon agar badannya besar. Nah, suntikan hormon itu yang buat aku jerawatan. :)

      Kalau aku tiap hari aku minum infused water : jadi air satu jar dikasi potongan lemon 2-3 slice. Kalau kamu suka bisa dimasukin potongan buah yang lain seperti stroberi, atau timun.

      sebelumnya : kamu sering pake shampoo yang conditionernya tinggi ? pantene misalnya ? lalu sering pake conditioner ? soalnya, waktu jaman aku masih ke dokter kulit, biasanya kalau kamu jadi jerawatnya di dahi, atau di sekitar akar2 rambut / garis rambut, kemungkinan karena shampoo yang kamu gunakan terlalu tinggi conditionernya. kalau iya, coba ganti dulu shampoonya. mungkin temporarily ganti shampoo bayi dulu.

      untuk cleanser dan toner , aku kebetulan belum pernah gunakan. walaupun son&park uda lama mau coba tapi lagi ngabisin bioderma dulu. :)
      essence FTE aku gunakan, klairs juiced drop juga pernah pake kayaknya aman2 aja.

      nah, untuk cream, aku sebenernya agak jarang gunakan cream. maksudnya on off aja :) aku cuma pake cream kalau kulitku lagi benar2 kering. untuk case mu, kalau kulitmu kombinasi, kamu mungkin perlu menghindari daerah yang oily, hanya gunakan cream di daerah yang kering saja. Cream rata-rata mengandung fatty alcohol ( cetaryl alcohol dll ) yang , kalau untuk acne prone skin, bisa bikin jerawat. biasanya untuk hydrating, aku lebih prefer essence bentuknya daripada cream. Jadi, either kamu stop sama skali creamnya, atau gunakan di daerah kering aja.

      isi dari one step pimple pad itu willow bark extract, itu adalah natural BHA. jadi memang kalau kamu pake one step pimple clear, akan purging dulu. kamu pakenya berapa kali seminggu ? kalau kamu pakenya 1 x sehari, coba kurangi frekuensinya.

      cleanser cosrx low ph dan neogen juga aku blum pernah coba. saat ini aku pake yang klairs gentle untuk kulit sensitif.

      kamu makan makanan laut jadi jerawat? uda coba test alergi ? untuk memastikan apakah kamu alergi terhadap makanan laut, atau jangan2 cara pengolahannya, misalnya ikan goreng, terlalu berminyak, jadi memicu jerawat. Karena kalau kamu lihat , orang jepang, kulitnya kuat2 , karena di dalam hidangan laut mengandung omega 3 , untuk mengatasi peradangan, termasuk peradangan di kulit. tapi masakan jepang rata2 hampir tidak menggunakan minyak.

      untuk power liquid : BHA power liquid isinya mirip2 sama one step pimple, saran ku pilih salah satu aja biar ga over exfoliating. AHA, kalau kamu tipe kulitnya acne prone, better gak digunakan. AHA lebih untuk skin discoloration kalau aku pelajari. BHA dia larut lemak, jadi dia mampu masuk ke lapisan dalam kulit dan melarutkan sebum. ( kurang lebih demikian )

      Delete
  29. Halo kak Adit aku mau nanya dong. Jadi ceritanya aku masih awam bgt sama skincare dan selama ini cuma pake toner + day dan night cream.

    Nah belakangan aku lagi eyeing c20 serum sama cosrx galactomyces itu. Kira2 aman gak ya kak kalo pakenya barengan? terus urutannya gimana? Ditunggu jawabannya ya kak😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Khalida, :)
      kamu problem kulitnya apa ?
      saran ku sih ,satu satu dulu. misalnya cosrx galactomyces duluu .. nanti uda 1 bulanan baru kamu tambah produk lain , jangan 2 skali jadi. kalau ternyata kulitmu bereaksi, bingung yang mana yang ga cocok di kulitmu :)

      c20 serum mungkin akan purging dulu :)
      kalau kulitmu ga ada masalah sama blackhead whitehead, saranku pake cosrx galactomyces aja :)

      Delete
    2. kulit mukaku kusam kak sama ada whitehead di lipatan hidung dan sekitaran bibir. sebenernya aku naksir juga sama aha 7 tapi katanya kalo mau pake serum vitamin c ga boleh barengan sama aha atau bha bener gak sih kak?

      aku ngincer c20 karena katanya bisa mencerahkan kulit kusam. kalo galactomyces itu aku keracunan review temen karena katanya hasilnya bagus buat melembabkan hehehe. kira-kira yang lebih cocok buat masalah kulitku apa ya kak?

      Delete
    3. Kalau hanya di lipatan hidung, gunakan produk yang spesifik di hidung aja Khalida, aku sedang buat postingannya. segera ya :)
      untuk skitaran bibir, kamu bisa extrasi pelan2 , karena gampang dikeluarkan, biasanya itu karena bekas pasta gigi , usahakan kalau sikat gigi pasta gigi busanya jangan ke mana mana.

      hmm, yuph vit C , AHA , BHA , semuanya exfoliating agent apabila konsentrasinya tinggi. better pilih salah satu aja dulu :)

      c20 agak ribet, karena kamu harus masukkan ke kulkas, trus agak lengket dll .. kalau problemnya hanya ingin cerah better galactomyces aja :) menurutku lowh ya :)

      Delete
    4. Sip deh kak aku udah beli galactomyces nya ihiy mudah2an ngefek di muka aku. Thanks sarannya ya kak Adit yg super duper ramah bangeeett hihi😊 btw ditunggu kak postingannya! Aku follow ya

      Delete
    5. aminn :) kasi waktu paling enggak 1 - 2 bulan ya :)
      siappp :) semoga terbantu :)

      Delete
  30. Hai ka Adit,, mau curhat nih,,
    sekarang aq lagi fight banget sama jerawat yang aq bingung awalnya karena apa. sebelumnya, sekitar bulan februari 2016 lalu terakhir aq perawatan pake krim dokter kulit. habis itu aq stop sampe sekitar pertengahan Agustus kulitku masih aman ga bermasalah. Tapi ga tau kenapa sekarang malah jerawatan lagi, dan tumbuhnya itu di daerah rahang, di pinggir2 pipi ya walaupun kalo lagi aktifitas ga keliatan karena ketutup hijab tapi ttp aja kalo lagi pas ngaca liat muka kaya gitu jadi frustasi dah.
    Buat ngobatinnya aq pake obat totol jerawat sisa dari dokter yang dlu trus sekarang ini pake cosrx bha a sol, trus pake overnight mask nya laneige. tapi belum ada perubahan nih, kering 1 tapi numbuh lagi yang baru.. aku minta sarannya kakak dong kira2 gimana yaaaa. Males harus bolak balik ke dokter kulit mulu.. oia, tipe kulitku oily kombinasi sebelum pake laneige over night mask kulitku agak kering disekitar hidung karena sehari2 kerja di ruangan ber AC selama sekitar 8-9 jam.
    Minta sarannya ya kak.. tenkyuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ade , hehe .. aku coba bantu sebisaku ya :)

      1. kamu jadi jerawatnya di sekitaran akar rambut ? ~ kalau iya .. berarti kemungkinannya shampoo kamu terlalu banyak kandungan oil nya . atau kamu sering menggunakan conditioner ? coba kamu stop dulu . Dulu dokterku melarang penggunaan P*ntene, dan L*real karena terlalu tinggi conditionerny di dalam shampoo.

      2. kamu double cleansing ? kalau kamu ga double cleansing, coba deh mulai double cleansing, paling gak setiap pagi dan malam. untuk memastikan kulit kamu bersih sebelum menggunakan produk skincare.

      3. hal lain yang mungkin menyebabkan jerawat di bagian samping wajah adalah : sarung bantal. musti sering di ganti palingga 1 minggu sekali.

      4. dulu juga dokterku bilang, kalau di daerah rahang, salah satu kemungkinannya karena kurang tidur. gak jelas memang kenapa kalau kurang tidur, jadi jerawatnya di rahang. tapi hasil observasi dia menunjukkan demikian. kalau utk cowo, jerawat di rahang itu bisa karena pada saat shaving, shavernya ga bersih. jadi kulit iritasi di bagian akar2 rambut jadi kayak jerawat namanya folikulitis.

      5. diet ~ kalau kamu mau , cobain cara aku ya : kurangi frekuensi makan daging , misalnya jadi 3 hari sekali. sisany, kamu banyakin makan buah dan sayur. kamu tinggal dengan ortu ? kalau iya, mungkin kamu bisa minta tolong orang rumah untuk membuatkan jus wortel setiap hari segelas. Minum air putih yang infused dengan potongan buah lemon. paling enggak harus 10-12 gelas sehari. kenapa ? karena aku baca di salah satu web , naiknya temperatur badan dapat meningkatkan produksi sebum sampai 10 kali lipat. so, penting untuk menjaga badan kamu tidak panas. ~ perubahan gaya hidup ini mungkin gak langsung bikin kulit cling , tapi for the longer term, it works.

      6. olah raga ~ waktu kita berkeringat , pori2 kita mengeluarkan semua kotoran yang menumpuk di kulit . So jangan takut berkeringat. asalkan, pada saat berolah raga kamu sudah cuci muka, jangan sambil pake skincare atau make up. jangan berolahraga di tempat yang polusinya tinggi.

      8. kalau kamu mau , kamu bisa sambil makan : vitamin c yang ada zinc nya . karena zinc membantu mempercepat menyembuhan luka sekaligus mengurangi sekresi sebum.

      9. coba stop laneigenya dulu. untuk kulit problematic sebenernya rata2 banyak yg cocok dengan honey overnight nya cosrx. tapi untuk sementara, kita coba cek, kalau kamu stop laneige, berkurang ga frekuensi jerawatnya. karena laneige kan wangi banget ya. takutnya kamu alergi dengan fragrancenya.

      kamu sabun muka dan tonernya pake apa ?

      Delete
  31. Halo kak adit.. nmku : nini
    Mau minta saran nih ttg produk cosrx yg aq pakai ..

    Kondisi kulit sensitif, tapi didaerah hidung oil ( ada jg whitehaed )..
    Bbrp bln yg lalu dipipi kanan n kiri tumbuh whitehead n blackhead, dolo ndk pernah separah ini kak..soalnya 5bln sekali saya ada pergi keluar kota,takutnya krn bolak balik luar kota makanya wjh kyk gitu kak..

    Saya baru coba pake cosrx selama 1bln, ada yg rekomendasikan terhdp masalah yg lgi saya hadapi :
    1. cleanser cosrx (cocok" aja)
    2. Clearpad (katanya bisa menghilangkan whitehead perlahan")
    3. Snail cream (biar acne nya calm)
    4. Sunblock

    Pas minggu ke 2 saya pergi luar kota, hasilnya bgs.. tapi minggu ke 3 balik lgi ke asal, malah ada tumbuh jerawat kak n bekas jerawatnya lama ilank.. skrg lgi nyoba pake aha liquid kak..

    Ditunggu ya saran dr kak adit.. thx u


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nini,
      hmm, soal pulang pergi ke luar kota sebenernya not necessarily bikin jerawatan kecuali :
      1. kamu perjalanannya jauh, jadi frekuensi cuci muka nya berkurang.
      2. mungkin kondisi air bersih di kota sana kurang bagus ( ini aku ga tau, karena seharusnya less likely kecuali kamu ke daerah yang agak terpencil )
      3. kalau kamu nginep di hotel, mungkin karena gaya makan pagi siang malam nya berubah. misal, kalau di hotel, pagi makan cake and sweet, siang makan cake and sweet, malem juga .. trus kebanyakan makan simple carbs, terlalu tinggi goreng2an dan daging2 yang berlemak. minum air putih sedikit, ganti sirup, coke dll ..
      4. hal lain, mungkin, di kota tersebut kamu panas2an, produksi sebum naik.

      other than that, kayaknya keluar2 kota gak akan bikin frekuensi jerawatmu nambah.

      frekuensi munculnya whitehead dan blackheadnya mulai bertambah sejak kapan ? mislanya, seminggu setelah kamu gunakan clear pad, atau snail cream, atau sunblock ? atau mungkin setelah AHA liquid ?

      beberapa orang ga cocok dengan AHA konsentrasi tinggi.
      clear pad, isinya alba bark extract, itu natural BHA, kalau frekuensi kemunculan whitehead dan blackhead bertambah seiring dengn penggunaan kedua produk tersebut, mungkin kamu sedang purging.

      snail cream ? hmm, snail cream mengandung fatty alcohol, yang sebenernya bagus, untuk orang yang kulitnya kering. tapi untuk kulit acne prone, kadang bisa bikin jerawat. makanya untuk snail aku lebih suka essence daripada cream. ( aku sempat mengulas mengenai kandungan alkohol dalam satu produk beberapa waktu yang lalu , untuk detailnya kamu dapat baca di sana ya :) )

      untuk kulit berminyak, sebenernya aku lebih sarankan BHA daripada AHA, karena BHA sifatnya larut minyak, AHA sifatnya larut air. instead of menggunakan 2 produk tersebut bersamaan, mungkin kamu stop aja dulu AHA nya biar ga over exfoliating :)


      Delete
    2. Thx kak dit udh nyempetin reply..

      Muncul white n black ini seblm pakai produk itu kak..

      white n black muncul dikit" ketika aq udh netap n bekerja di kota t4 aq berasal (dekat daerah pantai), kak.. seblmnya aq kuliah di bandung.. :(

      * clear pad, aq kira ber+ parah maka nya kemarin ini aq gk pake .. -__-

      Malah aq ganti pake centella toner.. :x

      * bearti yg snail cream = aq skip..

      Klau essence, aq ada pake fte sih kak untuk kompres jerawat.. hahaha.. atau bgs snail essence kak??

      Kak,aq udh 3x pake aha tapi gk ada efek apa" sih..

      Delete
  32. Siang kk...
    Mau tny nih aq baru pakai cosrx aha 7 ...
    Pakainy seminggu sekali... skrg udah yg ke 3... gk ad efwk giman2 sih.. tp tdi pagi setelah cuci muka wajahq kasar... kxk biang biang keringat... gak gatel.. juga gk perih.. tp agak merah... knp ya... apa karena gk cocok??? Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rifwan, hmm, agak susah ngebayangin nya kasar dan merah. tapi mungkin sama dengan case aku kemarin waktu alergi ? aku pernah posting di postingan ku COSRX Aloe Vera Gel review. di sana ada fotoku waktu bruntus alergi .. mungkin kamu dapat cek, apa kurng lebih seperti itu ?

      Delete
  33. Hi. Aku baru mau coba produk dari cosrx ini karena denger-denger reviewnya bagus. Sebelumnya, aku belum pernah coba skincare apapun cuma sabun cuci muka sama cleansing toner buat make up aja, krim-krim dokter juga belum pernah. Tipe kulit aku ini super sensitif, kalo make up gabisa pake berjam2 kayak bb cream or foundienya karena PASTI break out. Entah karena brand makeupnya atau kulitku, tapi bingungnya udah coba merk berbeda dari bb cream sampe primernya masih juga break out. Break outnya itu kayak jerawat tp bukan jerawat gitu, bumpy berwarna merah yg ada isinya tp super kecil gak kayak jerawat pada umumnya. Sepertinya emang mukaku yang ga tahan sama kimia-kimia gitu tapi aku gak bisa kalo gak make up :"). Aku juga bisa break out kalo kepanasan jd kayak kalo keringetan terus dan kalo keseringan megang muka. Tapi overall muka ku bukan tipe yg jerawatan malah jarang banget jerawatan, normal dan oilynya hanya daerah hidung dan di samping hidung (biasa break outnya emang di hidung dan samping2 hidung deket tulang pipi). Emang si bumpy ini aja yang bikin kesel.

    Sekarang pengen coba ngerawat kulit muka dengan pake skincare. Aku berniat beli ost c20 karena denger2 serum ini bagus sekali terus disarankan pake toner sblmnya. Awalnya pengen beli yg son and park beauty water buat tonernya tp tergoda juga sama yg cosrx ini. ada saran pake produk yg mana kalo cosrx sebagai toner? oh ya kalo ada saran ttg si son and park beauty water or ost c20 ini juga boleh banget hehe. Aku lg nyari skincare supaya bisa ngatasin breakout di muka dan mencerahkan muka krn aku notice walopun mukanya gak bermasalah tp terlihatnya kusam (mungkin karena jarang pake sunblock). Thank you :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) kalau kamu rencana ingin menggunakan c20, di sebagian besar case, itu akan purging dulu lowh :) takutnya kamu kaget dengan purgingnya :) kalau untuk cerah sih , better galactomyces cosrx aja :) no purging :)

      aku juga lagi mikir2p ingin cobain si son and park, tapi blum sempat. ngabisin toner yang ada :)

      kamu uda pernah coba menggunakan cosrx aloe vera gel ?
      aku menggunakan produk itu, dan so far sih it really helps in soothing my skin from irritation :)

      Delete
  34. Hai ka adit, salam kenal.
    Aku sekitar 3 bulan yang lalu make benton diawali dengan essence dlu, sebulan kemudian aku tambah pake aloe bha toner dan mukaku jadi banyak Black & whitehead gitu dan kalo meradang bisa jd jerawat. Padahal sebelumnya timbulnya paling di jidat, sekarang ada di semua area wajah. Itu cuma purging atau memang gak cocok ya? Btw mukaku ini kering bgt. Sekarang aku udah gak pake benton lg, cuma pake aloe propolisnya benton aja. Meburut kakak kalo aku pake cosrx yg aha 7 gimana ya? Apakah kandunganya lebih berat dr benton? Makasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
  35. Hai ka adit, salam kenal.
    Aku sekitar 3 bulan yang lalu make benton diawali dengan essence dlu, sebulan kemudian aku tambah pake aloe bha toner dan mukaku jadi banyak Black & whitehead gitu dan kalo meradang bisa jd jerawat. Padahal sebelumnya timbulnya paling di jidat, sekarang ada di semua area wajah. Itu cuma purging atau memang gak cocok ya? Btw mukaku ini kering bgt. Sekarang aku udah gak pake benton lg, cuma pake aloe propolisnya benton aja. Meburut kakak kalo aku pake cosrx yg aha 7 gimana ya? Apakah kandunganya lebih berat dr benton? Makasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Firyal .. benton essence yang kamu gunakan yang mana ? yang snail bee ? aku baru buat postingan mengenai benton snail bee :)

      start breakout nya sejak menggunakan aloe bha toner ?
      kemungkinannya 2 : kamu sedang purging oleh BHA , atau kamu overly sensitive jadi ga bisa pake produk yang mengandung actives . kalau case nya yang ke dua, berarti kamu juga highly likely ga cocok dengan AHA. sementara ini mungkin hindari aja dulu produk AHA dan BHA . tapi kalau misalnya karena purging kemudian muncul Black head dan whitehead ( karena kotoran dalam pori naik ke atas), kalau mau bersih .. memang proses purgingnya musti sampai selesai.

      Delete
    2. Iya kak kemarin itu pake snail bee essence dulu sekitar satu bulan. Lalu aku lanjutin pake bha toner, pas mulai make bha toner mukaku mulai deh tumbuh black&whitehead. Sebelumnya gak pernah sampe pipi. Karena aku takut tambah parah akhirnya aku stop pake essence dan bhan toner, cuma pake aloe propolis gel dari benton aja karena mukaku yang super kering ini. Proses purging katanya cuma 4-6 minggu, di aku udah lebih 6 minggu kak. Baiknya gimana ya menghilangkan white&blackhead ini. FYI kadang aku juga pake lemon atau jeruk nipis buat membantu menghilangkan bekas2 jerawat.

      Delete
    3. Hi Firyal, agak susah untuk ngebayangin kondisi kulitmu, soalnya ga ada fotonya. tapi kalau merunut ceritamu, berarti sejak menggunakan bha toner baru keluar semua blackhead dan whitehead ya. ** kemungkinannya memang purging oleh BHA toner , karena kandungan BHA nya cukup tinggi. snail bee sebenernya ada EGF nya , bagus untuk memperbaiki luka di kulit sih. purging ga selalu 6 minggu Firyal. Dulu aku jerawatan parah , parah banget , sampe di mukaku ga ada space sama sekali yang kosong . aku purging 6 bulan . hahaha ...
      Firyal, saranku, jangan menggunakan lemon / jeruk nipis. lemon dan jeruk nipisnya diminum aja pagi siang sore pake air putih. kalau ke muka jangan menggunakan buah yang masih raw terutama yang asam. Kalau aku paling berani cuma aloe vera asli doank. yang lainnya takut. karena keasamannya bervariasi tiap buah. Kamu uda berapa lama stop BHA toner ? coba tunggu 2 minggu lagi sambil rajin minum air putih dan buah, dan minum vitamin c + zinc . Kalau uda terlanjur sedang proses purging sebenernya better di lanjutkan purgingnya sampe selesai. tapi untuk ini, kalau purgingnya agak parah, kamu perlu di guide oleh dokter .

      Delete
    4. Aku udah stop pake bha kira2 sebulan. Hasil googling katanya lemon bgus buat kulit. Makanya aku coba. Ternyata gak juga ya. Hehee
      Btw, makasih info dan sarannya ya kak. #dapetpencerahan

      Delete
    5. Aku udah stop pake bha kira2 sebulan. Hasil googling katanya lemon bgus buat kulit. Makanya aku coba. Ternyata gak juga ya. Hehee
      Btw, makasih info dan sarannya ya kak. #dapetpencerahan

      Delete
  36. Hai ka Adit. Kulitku kombinasi-kering dan termasuk banyak dry patches, ga jerawatan, palingan muncul 1-2 pas period aja. Aku udah dua bulanan ini pakai COSRX AHA/BHA clarifying treatment toner,ga paham perubahannya dimana tapi dry patches di pipi banyak berkurang, sisa di sekitar mulut aja, udah ga tau lagi mesti diapain, bahkan sampe pake Innisfree Green Tea Seed facial oil tapi tetep aja ada. Nah, karena udah hampir habis AHA/BHA toner ini, aku tergoda untuk coba Klairs Supple Preparation Facial Toner. Kira-kira efeknya sama ga ya? Atau untuk exfoliatornya aku coba yang COSRX AHA7 whitehead disambi si Supple Preparation Facial Toner ini?
    Terima kasih sebelumnya ya kak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Vanda, kalau kamu banyak dry patches, jangan menggunakan power liquid ( baik itu AHA maupun BHA power liquid ). Tonernya berarti uda cocok ya ? kandungan AHA/BHA di dalam toner itu kecil. Kandungan yang kecil biasanya berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan menghaluskan kulit. Sedangkan kandungan yang tinggi seperti pada AHA7 atau BHA power liquid, itu akan mengexfoliate kulit. Which is nanti kulit mu akan lebih merah2 dan kering.

      Kamu uda sempat coba COSRX snail essence / aloe vera gel ? aku termasuk yang sering ada dry patchesnya, bahkan sampai bentol dan gatel kalo lagi kering banget. waktu aku menggunakan cosrx snail dan aloevera gel, ( snail dulu , tunggu sebentar , timpa dengan aloe vera gel ) , kulitku lebih sehat. Klairs supple juga bagus, tapi kalau aku , aku nyasar benefit dari snail muscinnya yang ga ada di klairs toner.
      Sebagai tambahan, coba kamu cari di supermarket, Extra Virgin Olive Oil . Aku ga cocok sama coconut oil, tapi sama olive oil ini aku cocok banget. Biasanya , aku tambahkan 1 sendok makan olive oil ini di dalam makanan yang aku makan , misalnya : ketoprak, campur olive oil, sup masukkan olive oil. haha .. hasilnya , kulit sebadan-badan plus rambut jadi less dry. :)

      Delete
  37. Kakk kira2 FTE nya sk ii sm essence nya cosrx ini bagusan mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi mauludinajw :) ,
      dari segi first toner, lebih bagus FTE SK-II. :)

      Delete
  38. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  39. Gak merah seperti itu kk, merah dibagian pipi kanan. Emng sering mrah. Semuka kxk biang keringat gak kelihatan tp kalau di pegang kasar n kalau dikaca lebih dekat kelihatan ..... n kxkxk keluar putih2 kwecil2 gtu.... apa emng pengeluaran komedony jadi semukak ksar kxk biang keringat ya?

    ReplyDelete
  40. Hai Ka Adit, salam kenal ya.
    Tertarik buat nanya2 nih sama Kaka.

    Saya baru pertama kali (awam bgt)mau mencoba skincare. Selama ini sy pake cream wajah dari dokter karena wajah saya berjerawat. Saat ini kondisi wajah sy sudah tidak berjerawat (hanya pada saat M saja mucul kembali) tapi banyak bekas dan beruntusan dimana2. Setelah baca2 beauty blogger sy tertarik sekali dengan produk cosrx tapi bingung apa sj yg harus sy pakai utk kondisi kulit yg begini. Trs pengen nanya gimana sih urutan pemakaian skincare yang benar ka, karena ada banyak versi yg saya dapat.
    Karena sy benar2 awam jadi sy tanya Ka Adit. Oya Ka jenis kulit sy sangat berminyak. Terima kasih sebelumnya ya Ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Julio, beruntusannya itu white head ? black head ? atau alergi ? sebelum kita coba produk , sebaiknya clear dulu apakah itu alergi atau bukan. karena kalau alergi, kamu mungkin harus trace back, apa yang bikin alergi itu.

      kalau itu black head / white head , sebenernya , kamu akan purging dulu. nah ini dia, aku agak takut rekomendasikan produk , karena takutnya kamu ga siap dengan purgingnya. tapi kalau disuru milih, aku akan start dari bha a sol , karena kandungan BHA nya masih lebih rendah daripada BHA power liquid :)


      kalau urutan :

      1. apabila menggunakan sunblock, start with double cleansing ( cleansing oil dan pencuci wajah )
      2. toner
      3. first serum
      4. serum / essence
      5. cream ( untuk kulit super berminyak, kamu dapat skip ini )
      6. siang : sunblock, malam : overnight mask :)

      Delete
    2. Wah Ka Adit jawab pertanyaanku, Thank u kaka.
      Sepertinya ini white head and black head deh Ka.
      kalau bha a sol itu sebagai toner ya ka?
      minta rekomendasi utk first serum, serum/esence sama cream nya
      donk ka untuk kulit berminyak seperti aku..

      btw Namaku Juli Ka, bukan Julio hehhe

      Delete
    3. ka Adit.. Aku sudah baca2 blog nya ka Adit dan akhirnya semua pertanyaanku terjawab. Thank u ka, dapat banyak pencerahan dan ilmu merawat muka. Aku mau coba dari bha a sol dl biar ga kaget si kulit karena ganti skincare. Setelah 2bulanan baru boleh tambah produk ya ka. Thank u so much ka. Semoga kulit mukaku jadi lebih baik ya Ka. Semangattt

      Delete
    4. hahhaa Kirain Julio , abis namanya Julio3 haha :)
      siappp :) amin amin amin.. good luck ya Juli :)

      Delete
    5. Juli, untuk rekomendasi first serum, so far aku sedang menggunakan Missha , tapi banyak yang bilang benton first serum juga bagus. Sebelumnya aku penggemar berat SK-II FTE. tapi, untuk saat ini, better tunggu dulu sampe 2-4 minggu sebelum kamu nambah produk baru ya :)

      serum / essence so far aku suka banget dengan Red Serum dan Snail essence COSRX :)

      Delete
  41. Haiii dit..
    salam kenal yaa.. udh brp hari ini melototin blog km.. krn lg trtarik ama produk COSRX
    Cm aku bngun nii dit.. jdi kulit ku itu komed buanyaakk bgt, trutama hidung, dagu, Diantara Alis, sama pipi skitar idung.. aku skg masi pake produk skii dr mulai, facial wash yg gentle, pitera, serum cellumination, cream RNA.. tpi ttep aja ga ada hasil nya nii dit..
    aku bru beli COSRX BHA blakchead dan Cosrx AHA7 whitehead.. sangkin gemes nya main nyomot aja.. n trnyta itu smua serum..
    aku jd bngung bgt hrus pake yg mana dlu inii..
    need ur advice dit...
    thanks bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ade :)
      wah , makasih ud mampir2 ..

      komedonya bertambah gak De, misalnya setelah menggunakan SK-II jadi makin banyak , sebelumnya enggak.

      Aku coba RNA , tapi gak cocok, selalu buat clogged pores, setelah aku cek, dia ada shea butter, ada fatty alcohol, dll .. jadi aku memutuskan stop. dan semua clogged poresnya berkurang drastis.

      facial wash nya menurut ku aman. tapi kamu kurang 1, sebaiknya setelah facial wash, kamu gunakan clear lotion. karena clear lotion ini yang mengangkat sisa kotoran yang gak terangkat facial wash. kalau kamu menggunakan sunblock, berarti kamu sebaiknya menggunakan cleansing gel nya , atau cleansing oilnya :)
      jadi pembersih wajah nya 3 : cleansing gel - facial wash - clear lotion.

      baru setelah itu pitera, serum cellumination. kalau aku lanjutnya ke snail essence cosrx ( dicampur 2 tetes red serum skin&lab ~ lebih bagus hasilnya drpd SK-II essence ) .

      nah, untuk BHA dan AHA power liquid, kamu siap purgingnya ?
      saranku, coba kamu gunakan hanya di bagian hidung dulu. jangan semua. start dari BHA aja dulu, 3 hari sekali , kalau ga ada perubahan, baru naikkan jadi 2 hari sekali, kalau kamu tipe kulit yang kebal, mungkin bisa sehari sekali. tapi hanya malam saja.

      BHA itu dia larut lemak, jadi untuk case kita yang berkomedo, better BHA daripada AHA. Aha itu untuk spot , seperti freckles gitu .. :)

      siangnya selalu gunakan sunblock ya :)

      kalau kamu takut purging, gunakan hanya di daerah yang kamu yakin ada blackhead dan kamu ingin blackhead itu keluar. :)

      Delete
    2. Hii Dit... makasii bgt ud kasi pencerahan..
      iyaa komed ny ttep mncul, n aku wajib facial ampe 3mnggu skali, klo ga parah komedo ku ky bruntus2 gtu.. pori2 ku gede..

      Brrti mnrut km aku tinggal beli tmbhn clear lotion, cleansing gel n snail essence cosrx ya.. ga prlu toner clarifying nya cosrx yaa dit?
      Iyaa aku pake sunblock kok.. trus utk krim malem ato siang bgus nya pake apa yaa dit?
      Kmrn smpet kpkiran pake produk2 cosrx yg ini Summer pore minish serum, oil free ultra moisturizing lotion, Ultimate moisturizing honey overnight mask...

      Cm ga ngerti fungsi nya itu smuaa ����
      Need ur advise dit...

      Delete
    3. Hi Ade, :) sama sama :)
      hmm, kamu sempet menganalisa ga, kira2 komedo mu muncul pas kebetulan kamu lagi ngapain ? misalnya,

      1. minum multivitamin ( yang tinggi vitamin B dan E nya . vitamin E fungsinya memperbanyak ekstraksi minyak dari kelenjar minyak kulit. vitamin B meningkatkan metabolisme tubuh, waktu temperature naik, produksi sebum ningkat bisa 10 kali lipat . dulu dokter ku menyarankan untuk menghindari E dan B )
      2. kamu lagi menggunakan make - up , misalnya acara penting ,atau nikahan dll
      3. temperature tubuhmu naik ( kurang minum, agak panas udaranya, makan sambel, dll . T naik , sebum production naik juga )

      kalau kamu misalnya uda ketemu kira2 pas moment apa komedo mu bertambah banyak, coba kurangin aktifitas tersebut atau di stop ( misalnya , kalau km minum multivitamin, stop dulu multivitaminnya 2 minggu paling enggak . )

      toner clarifying isinya AHA/BHA, double nanti sama clear lotion, juga ada AHA nya :) kalau kamu mau clarifying, ga perlu clear lotion, dan sebaliknya :)

      cleansing gel lebih recommended karena isinya lebih suitable untuk kulit oily :)

      snail essence untuk menjaga kulit kita moist pada saat menggunakan AHA/BHA/vit C. kulit yang kering, akan memicu produksi minyak lebih lagi, so, menjaga kulit moist, sama dengan menjaga produksi sebum gak terlalu berlebihan :)

      kalo lagi beruntusan better skip cream Ade. :)
      cream rata rata mengandung dimethicone / fatty alcohol ( benzyl alcohol, steryl alcohol dll ) , kalo kulit kita acne prone kadang malah bikin clogged pores :)

      Nah, untuk malam sih , setelah essence, paling aman menggunakan honey overnight kalau aku sih :)
      pore minish isinya BHA juga, jadi kalau kamu sudah menggunakan produk yang ada BHA nya, saranku skip pore minish :) oil free aku belum pernah coba. tapi, banyak yang cocok sih dengan oil free ini. Kalau aku siang2 setelah essence ( kalau kulitku lagi gak sensitive dehidrasi ) , aku langsung sunblock Klairs, dan oleskan bb cream klairs tipis2 biar glowy :)

      Delete
  42. Haiii dit..
    salam kenal yaa.. udh brp hari ini melototin blog km.. krn lg trtarik ama produk COSRX
    Cm aku bngun nii dit.. jdi kulit ku itu komed buanyaakk bgt, trutama hidung, dagu, Diantara Alis, sama pipi skitar idung.. aku skg masi pake produk skii dr mulai, facial wash yg gentle, pitera, serum cellumination, cream RNA.. tpi ttep aja ga ada hasil nya nii dit..
    aku bru beli COSRX BHA blakchead dan Cosrx AHA7 whitehead.. sangkin gemes nya main nyomot aja.. n trnyta itu smua serum..
    aku jd bngung bgt hrus pake yg mana dlu inii..
    need ur advice dit...
    thanks bgt...

    ReplyDelete
  43. Halo ka Adit

    salam kenal,,, aku mau nyoba skincare COSRX ini (sblmnya gak pernah nyoba beginian) kira2 cocok yang yang mana ya ? muka ku terkadang kering (di ruang ber AC) tapi suka berminyak di bagian hidung, kusam, ada noda hitam dan komedo (whitehead)

    aku sich tertarik sama AHA/BHA toner dan Galactomyces.

    Tapi aku kmrn2 tanya sama olshop dia nyaranin BHA Blackhead Power Liquid sama Ultra Moistrurizing lotion

    Plis butuh sarannya , thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) salam kenal juga .. kamu sudah pernah menggunakan BHA / AHA konsentrasi tinggi ? kalau belum sih aku lebih saran kan kamu menggunakan BHA a sol, karena konsentrasi BHA nya ga se tinggi power liquid. Biar kulitmu ga kaget :)

      Delete
    2. Hallo ka thanks untuk responnya
      Salam kenal saya bunga

      Saya gak pernah coba acid ( ini baru mau nyoba) sblmnya sich pakai oil serum gitu tapi muka terkadang suka brutusan.

      Nach klo make BHA a sol ini fungsinya lebih ke apa ya ? :D

      Terus klo pakai ini masih perlu pakai AHA/BHA clarifying Treatment Toner gak ? dan Mouisturizer / pelembab gak ?

      Thanks before ^_^

      Delete
    3. hi Bunga...
      yes , aku juga kalau menggunakan oil serum , selalu beruntusan.
      bukan untuk jenis kulit kita kayaknya oil serum itu.

      hmm, BHA A sol ini mengandung propolis tinggi, sebagai anti bakteri jerawat. tapi dia juga mengandung BHA , dengan konsentrasi yang gak setinggi BHA power liquid. jadi untuk kulit yang belum pernah acid sebelumnya, gak kaget2 amat.

      namun, menggunakan BHA ini, kamu harus siap2 dengan purging.
      banyak yang stress dengan fase purging ini . :)

      toner wajib sih , karena toner itu berfungsi mengangkat sisa kotoran dan sisa sabun di wajah.
      pelembab , untuk kulit oily aku sarankan essence aja , jangan cream karena cream mengandung fatty alcohol, bisa bikin clogged pores untuk kulit oily :)

      Delete
  44. halo kak, aku kurang familiar sama brand ini tapi ngeliat banyak review bagus jadi pengen coba.
    sebelumnya ak pake cream the saem, tapi ga ngefek.
    kulit aku dry banget karena di ruangan AC terus, banyak ngelupas di deket hidung (kadang) terus perih juga kadang".
    kira" untuk kit cosrx aku pake apa aja ya yg bisa moisturize kulit aku yg sedih banget :') brand lain jg gpp sih, thanks before!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yolanda, problemmu hanya kering saja , tapi gak acne prone ? kalau kamu ga acne prone, aku sarankan kamu menggunakan snail essence, lanjut dengan aloe vera gel , kalau kamu bener2 ga acne prone, terakhir moisture lock dengan snail cream. :) aku kalau lagi bener2 kering ( sensitivenya lagi muncul ) biasanya itu step2nya. kalau lagi ga kering , snail creamnya aku skip :)

      untuk moisture sebenernya gak bisa cuma dari luar doang. kamu pernah coba minum olive oil ? sudah berapa lama ini, aku setiap sarapan, di sarapan ku aku tuang 1-3 sendok extra virgin olive oil. Rasanya agak strong, jadi kamu better coba dari 1 sendok dulu ya :) kalau sarapanmu bubur / yang kuah2 , 3 sendok gak terlalu strong rasaanya. ( kadang aku tuang di ketoprak / gado2 .. haha) surprisingly, gak bikin jerawatan di kulitku, tapi bikin rambut halus, kulit lebih halus, lebih moist tapi bukan berminyak. ketauannya, frekuensi iritasiku jauh berkurang :)

      * olive oil ini sebenernya konon katanya, rahasia kulit cantiknya Cleopatra . hahah * entah bener apa enggak. tapi so far so good di aku :)

      Delete
  45. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  46. Hi, aku penasaran banget pengen coba cosrx. Tapi bingung pake yang mana, secara ngerti skin care masih awam apalagi yg mengandung acid, paling pakai masker kefir yg katanya mengandung aha. Kondisi muka ku berminyak, pori besar,kusam dan acne prone. Tadinya aku gak banyak whitehead, tapi pas coba white drops nya tbs jadi banyak whitehead di pipi juga beruntusan di dahi. Terus kalo ada jerawat yg mau jadi aku pakein tto dari tbs, emang sih kempes dan gak jadi jerawat tapi malah jadi berbekas hitam dan juga melendung ada isinya, jadi kaya bentol keras gitu. Aku juga banyak bekas jerawat dan pori pori besar. Baik nya aku pake apa ya? Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      thanks uda mampir ke sini :)

      hmm, jujur aku ga terlalu paham dengan masker kefir dan white drops :)

      tapi, memang AHA itu sifatnya dia akan purging dulu, seperti BHA atau vit C konsentrasi tinggi. :)

      bentol keras ? berarti di dalemnya ada isinya dan gak keluar ya.
      kalau aku sebenernya kalau kondisinya seperti itu, aku lebih prefer matang dan keluar aja isinya . karena kalau gak keluar ga akan hilang bentolnya.

      kalau boleh share rutin dari sabun muka toner sampai essence mu ? biar aku ada gambaran kira2 seperti apa skincare rutin kamu

      Delete
    2. Aduh makasih banget udah di jawab haha. :)

      Jadi sebelumnya aku pernah sekali perawatan dokter tapi, karena males dan bikin perih di hidung akhirnya aku gak pake lagi. Lebih dari 3 bulan aku gak pake perawatan apapun, setelah itu aku coba yg natural pake sabun ocha the bath box sama i'll be perfect facial oil, pertama-tama oke bikin minyak dimuka berkurang, tapi gak keliatan sih ngaruh ke jerawat, soalnya masih tetep muncul. Terus setelah 4 bulanan pake muncul jeawat kecil yg gak ada isi dan beruntusan di dahi, aku berenti 2 bulan dan beruntusan hilang, aku coba lg dan beruntusan lg, akhirnya aku berhenti. Terus aku pakai sabun natural body talk yg charcoal, kefir sama scrub buat muka, ini ngaruh banget bikin jerawat jarang dtg, minyak berkurang, poripori jadi kaleman dikit dan bekes jerawat memudar. Tapi karena pengen cerah dan katanya white drops oke akhirnya aku pakai, udh 2 minggu malah banyak beruntus dan jerawat kecil didahi dan poripori malah makin gede dan kalau bangun tidur malah berminyak banget. Kalo toner aku pake air mawar dari bodytalk dan kalo pagi aku pake pelembab skinaqua spf30

      White drops itu mengandung vit C, apa aku gak cocok sama vit c ya?

      Iya, jadi jerawat yg mendem gitu, kempes engga mateng juga engga. Jadi mending dibiarin jadi mateng aja ya?

      Maaf banget ya panjang :)

      Delete
    3. hi Trila,
      jerawat kecil yang ga ada isinya itu , kalau aku, itu indikasi kulitku iritasi. kamu pernah baca postingan ku mengenai COSRX aloevera gel ? di posting tersebut aku upload foto beruntusan . apakah seperti itu ?


      kalau white drops itu isinya vitamin C, vitamin C bersifat exfoliating, tapi dia juga menyebabkan purging, jadi isi yang ada di dalam kulit keluar semua , dibersihkan. pertanyaannya : jadi jerawatnya di daerah yang sering jerawatan atau tidak. kalau di daerah yang sering berjerawat, kemungkinan besar kamu sedang purging. kalau jadinya di daerah yang gak pernah jerawatan sebelumnya, berarti kamu gak cocok.

      pori pori makin besar itu bisa karena 2 hal , pertama , kulitmu dehidrasi, karena menggunakan produk exfoliation terlalu sering. so frekuensinya dikurangi dulu, misalnya kalau km biasa menggunakan setiap hari, kurangi jadi 3 hari sekali misalnya. sambil dipantau, apakah pori2 nya mengecil lagi atau tidak.
      yang kedua, karena produk itu mengandung alkohol ( yang juga bersifat mengeringkan ) . aku kalau menggunakan produk yang tinggi alkoholnya, juga pori2 menganga.

      jerawat mendem, mendingan mateng aja :) jadi keluar pus nya. :)
      kalau mendem, kulit ga rata, tone nya juga biasanya ga rata. ganggu banget kan ya :)

      Delete
    4. Iya kak, kayanya ini emang purging dari vit c. Soalnya udh hampir sebulan berhenti pake vit c, udh gak jerawatan kecil lagi di dahi.

      Kak ada rekomen buat produk mencerahkah selain vit c kah? Kalo cosrx galactomyces gimana? Atau coba c20 pure serum ya? :)

      Delete
  47. Halo kak Adit. Aku masih newbie nih soal skin care. Jenis kulitku berminyak, berpori besar dan berjerawat. Sebelumnya aku cuek sama muka, hanya cuci dg facial wash 3x sehari. Aku memulai ritual skincare dengan produk wardah, yaitu acne cleansing gel, purifying cleanser, pore tightening toner, acne perfecting moisturizel gel dan terakhir acne powder. Tapi karena bedaknya bikin wajahku terlihat makin kusam aku hentikan pemakaiannya dan berganti ke marcks. Selama pemakaian tidak merasa ada perbaikan yg berarti. Lalu awal bulan november aku masukkan cosrx one step pimple clear pad dan aloe soothing sun cream. Jerawat jadi lebih kalem, minyak juga sedikit terkontrol (hanya sedikit bgt). Lalu aku belilah lagi cosrx a-sol dan AHA 7 whitehead power liquid. Produknya baru dateng dan belum aku coba juga. Yg ingin aku tanyakan gimana memasukkan 2 anggota baru itu kak? Apa a-sol harus aku pakai gantian dengan clear pad / bisa pakai barengan?

    Duh jadi panjang banget dah ah. Maaf ya kakdit, semoga ga bosen bacanya dan bersedia menjawab. Thank you ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ika, kamu sudah pernah menggunakan produk AHA konsentrasi tinggi sebelumnya ? kalau belum pernah , saran ku :

      1. gunakan produk baru satu per satu. misalnya dimulai dari BHA A sol dulu. gunakan sebulan, kalau aman, baru bulan berikutnya kamu nambah produk lainnya. jangan gunakan produk baru beberapa bersamaan . ( kalau gak cocok, bingung yang mana yang ga cocok )

      2. disarankan kalau kamu belum pernah menggunakan produk AHA / BHA konsentrasi tinggi, mulai dari BHA A sol aja dulu :) gunakannya malam, setelah toner. tunggu 15-30 menit, baru gunakan essence lainnya :)

      SEbenernya, clear pad dan BHA A sol sama sama mengandung bha , kamu cukup pilih salah satu. kelebihan BHA A sol, produk tsb mengandung propolis, antibakterial alami untuk memerangi bakteri penyebab jerawat
      :)

      Delete
    2. Sebelumnya belum pernah Kak, kayaknya produk pertama yg mengandung BHA yg aku gunakan ya one step pimple clear pad itu, baru sekitar sebulan dan ga ada masalah. Lalu mulai kalap beli produk cosrx yg lain karena reviewnya bagus2.. XD

      Kalo AHA 7 Whitehead itu sebenernya masuk di tahap exfoliation apa serum sih kak?

      Delete
    3. whitehead itu , secara konsistensi, dia lebih ke serum.
      tapi bukan untuk digunakan pagi malam. sifatnya berkala, misalnya 3 hari sekali. . :)

      saranku, kalau kamu cocok dengan pimple clear pad. stay dengan pimple clear pad dulu. :) jangan tambah AHA dulu :)

      Delete
    4. Oke, thank you kak Adit saran2nya :)

      Delete
  48. Halo Kak Adit,kebetulan saya sudah hampir sebulan menggunakan Cosrx Natural BHA Skin Returning A-SOL,awalnya jerawat timbul kecil - kecil di bagian dahi dikarenakan saya mencoba menggunakan masker alami menggunkan putih telur dan olive oil, namun entah mengapa setelah menggunakan produk tersebut sepertinya wajah saya mengalami purging yang cukup parah dan efek lainnya adalah wajah saya semakin kering. Menurut kak adit, apakah saya harus berhenti perawatan menggunakan produk ini dan mencoba produk lain atau mengurangi pemakaian yang biasanya seminggu 2x hanya 1x saja. Mohon sarannya kak, terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fitri,
      BHA A sol mengandung BHA , jadi kalau memang di dalam pori2 kamu uda adaa lemak putihnya, pasti keluar dulu :)

      coba gunakannya hanyadi daerah yang ada jerawat nya aja Fit :)
      jangan semuka muka :)

      biasanya purging itu 2 bulan paling enggak.

      tapi, kamu harus bedakan dulu purging dengan gak cocok.
      kalau purging, jerawatnya muncul di daerah yang memang sering berjerawat. kalau gak cocok jerawatnya muncul di tempat tempat yang ga jerawatan sebelumnya.
      nah,kamu jerawatnya muncul di mana ?

      kalau misalnya jerawatnya muncul di tempat yang ga pernah jerawatan sebelumnya, stop penggunaan produk. tapi kalau jerawatnya muncul di tempat yang berjerawat, seharusnya itu artinya kamu sedang purging :)

      Delete
  49. Hai kak Adit!
    Aku baru mau coba produk Cosrx nih. Ada saran kah produk yg bagus utk kulitku?
    Kulitku cenderung sensitif dan berjerawat. Bbrp bulan lalu kondisi kulitku kering banget sampe dokter bingung kok kulit kering bs berjerawat. Udah bertahun2 ke dokter, pernah balik mulus tapi pas dilepas obatnya malah makin parah dan bbrp jerawat meninggalkan acne scar :( aku udh pernah coba chemical peeling juga tp ga ngefek.

    Skrg kulitku kombinasi.Skincare yg aku pakai sk garnier matcha/grapefruit facial wash (ada salicylic acidnya), pelembab TBS vitamin E aqua booster, sama l'oreal white clinical essence (tp g ngefek ke bekas jerawat) sm kl ada jerawat aku pake benzolac.
    Skrg tinggal dikit jerawatnya, ada bruntusan, pori2 besar, dan banyak bekas jerawat.
    Lebih baik aku coba BHA a sol apa BHA blackhead power liquid kak? Essence nya lbh baik aku pakai galactomyces atau snail ?
    Mohon sarannya...
    Terima kasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ika, thanks uda mampir2 ..
      hmm, untuk kulit sensitif sebenernya ini tricky banget ka.
      seringkali, produk yang cocok di kulit orang lain, gak cocok di kulit kita.

      so, saranku, start dari yang paling lembut. kalau pun kamu mau menggunakan produk yang ada exfoliator nya, start dari yang konsentrasinya paling rendah.

      kulit kering memang sangat mungkin berjerawat karena beberapa faktor :

      1. pada saat kulit kita kering, biasanya pelindung kulit kita lemah, jadi kulit gampang infeksi. untuk mengatasinya, kamu harus minum vitamin yang berfungsi untuk membasmi bakteri di kulit, misalnya selenium dan zinc. jangan beli multivitamin, karena multivitamin mengandung vitamin E dan vitamin B dosis tinggi yang nanti malah memperparah jerawat. GNC menjual produk selenium aja. untuk zinc nya aku biasa menggunakan nutrimax C plus, isinya cuma vitamin C dan zinc .

      selain itu, pada saat kita kulitnya kering, kita cenderung menggunakan moisturizer agak tebal, misalnya. padahal , cream wajah mengandung fatty alcohol , yang mungkin mentrigger acne.
      so, pada saat kulit kita kering, instead of menggunakan cream , kamu coba : minum 1 gelas per jam. di makananmu, tambahkan Extra Virgin olive oil, setengah sendok makan 1 kali sehari. ( olive oil ini bikin kulit dan rambutmu lembut, tapi ga jadi berminyak ) . jangan banyak 2 ya. cukup stg sendok makan 1 kali sehari dicampur di makanan.

      kulit kering juga cenderung mudah luka, makanya acne scar susah hilang. healing process agak lambat untuk kulit kering.

      jangan chemical peeling kalau : masih ada jerawat aktif, masih ada beruntus2, atau scarnya masih warna pink / merah. tunggu sampai scarnya warna hitam. baru peeling.

      mengenai skincare yang kamu gunakan, aku blum pernah menggunakannya. saranku, untuk kulit sensitif, kamu jangan beli produk yang over the counter :) , better beli yang khusus untuk kulit sensitif. jangan ada salicylic nya juga untuk facial wash. , itu akan membuat kulit mu makin kering. aku saat ini lagi menggunakan Klairs Gentle foam. gak ada whitening nya sih. tapi khusus di formulasikan untuk kulit sensitif.

      TBS vitamin E nya di stop dulu. vitamin E fungsinya berbalikan dengan vitamin A. kalau vitamin A itu mengurangi produksi kelenjar minyak, vitamin E memperbanyak produksi minyak .

      untuk bekas jerawat , nanti dulu, better fokus ke beruntusan, dan jerawat aktif. kamu jerawatnya besar2 ? kalau ada jerawat aktif besar besar, aku lebih sarankan kamu ke dokter, karena, kalau mau cepat kempes harus minum antibiotik kulit. dan itu harus dibawah pengawasan dokter :) untuk beruntusan, pasti akan purging dulu sebelum bersih total. nah, ini yang perlu kesabaran. pasti stress, pada saat purging.

      nanti setelah beruntusannya jauh berkurang, dan jerawat aktifnya ga ada , baru kita fokus di bekas jerawat. di aku sih, bekas jerawat paling cepat dengan Whoo intensive.

      untuk jerawat aktif biasanya aku menggunakan mario badescu yang pink powder gitu. mirip dengan Enca. itu cepet banget keringnya.

      mengunakan BHA a sol maupun power liquid, kalau masih ada beruntusnya, pasti purging dulu. gpp ?
      antara 2 , aku lebih sarankan BHA a sol karena dia mengandung konsentrasi BHA yang lebih rendah daripada power liquid. :)
      jangan galactomyces dulu, dia untuk whitening soalnya.
      snail, untuk hydrating. tapi sementara ini, kalau masih ada bekas luka jerawatnya yang masih terbuka, aku sarankan aloevera gel aja :)

      Delete
  50. Hai kak adit aku mau tanya dong..
    Aku kan kulitnya oily dan mudah berjerawat, trus di dahi dan dagu agak beruntusan, di hidung dan pipi bagian dalam berminyak san pori2 besar jd banyak whiteheadnya juga.
    Nah.. Aku iseng beli cosrx AHA 7 Whitehead power liquid krn menurut keterangannya bisa mengatasi whitehead dan beruntusanku yg gak kunjung sirna..
    Aku pake baru 3x dan itu lgsg aku oles aja ky pakai serum tanpa kapas..
    Dan trrnyata.. Bruntusan ku malah makin parah dong ����
    Itu gimana yah kak adit solusinya? Apakah aku terusin pakai Aha 7 nya dgn cara yg berbeda atau gmn?? Krn sayang bgt aku beli isinya masih full.. Pdhl aku berharap bruntusan ku sirna eh kok ini malah makin panen raya *desperate banget..
    Mohon pencerahannya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Avila, thanks uda mampir.
      untuk kulit oily dan mudah berjerawat, lebih disarankan BHA daripada AHA :) AHA itu untuk skin discoloration. ( dokterku bilang demikian ), sedangkan BHA dia lebih untuk sebum production.

      kalau kamu beruntusan, menggunakan AHA maupun BHA pasti akan purging.( mungkin ini yang kamu sebut panen raya :) ) . dan ini memang stressful banget. tapi , beruntusnya ga hilang kalau ga keluar. nah, biasanya, kalau ke dokter, sebelum dokter menggunakan produk yang bisa bikin purging, dokternya kasi antibiotik dulu 10 hari sampai 2 minggu , biar bakterinya mati, jadi pada saat purging ga jadi jerawat gede2.

      memang cara kerja AHA maupun BHA dia akan 'mengeluarkan' whitehead tersebut. dulu aku di dokter juga sama, purging bahkan sampai 6 bulan. :( dan itu stressful banget. tapi memang begitu proses purging selesai ,kulit jadi bersih, dan beruntus jarang muncul, kecuali salah produk / treatment.

      so, kamu mau lanjutin proses purgingnya ? panennya jerawat besar2 atau keluar semua putih2nya ? japri di wa aja ya 081314991188. aku pingin liat fotonya. susah soalnya bayanginnya kalau ga ada fotonya. :)

      Delete
  51. Hayyy ka aditt mau tanya dong. Kalau hydarting toner yg bagus itu apa yaa?
    Trs mau tanya cosrx blackhead ini dipake kapan? Soalnya aku pake serum vit c... skrg lg coba2 skin care ala korean gtuu
    Cleansing oil, facial foam, wonder pore toner, secretkey ste, essence benton, serum vit c, sama sleeping mask honey dari cosrx..
    Nah, pake krim malem dulu sebelum sebelum sleeping pack itu perlu ga ya ka? Kalau iya merk apa yg bagus ? Mohon pencerahannya ka ^,^
    Btw tipe kulit aku oily dan gampang bgt jerawatan, komedo blackhead bnyak dihidung T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii :)
      hmmm, kamu uda pernah menggunakan bha / aha sebelumnya ?
      sebenernya fungsi bha/aha mirip dengan vit c. kalau kamu belum beli productnya, saran ku sih , stick aja dulu dengan serum vit c, karena ketiga produk tsb fungsinya utk exfoliator. :)
      aku coba koreksi urutannya ya :

      pertama, setelah cleansing oil, facial foam dan toner , diamkan sebentar ... lalu ste .. tunggu 15 menit sampai terserap sempurna, baru gunakan serum vit c . ( serum vit c harus diberi jeda 20-30 menit ) baru produk lainnya, misalnya essence benton-mu. alasannya, penggunaan vit c harus pada kulit 'as bare as possible'
      jadi jangan setelah produk lain, kecuali ste / fte yang memang berfungsi sebagai prep essence.

      hmm, sleeping mask honey itu sebenernya juga berfungsi sebagai cream koq :) kalau urutannya terlalu banyak, lapisan skincare terlalu tebal, beberapa orang malah jadi berjerawat :)

      kamu uda berapa lama menggunakan produk-produk ini ?
      kalau belum lama, tunggu paling tidak 2 bulan, sebelum tambah produk lain :)

      Delete
    2. Waaa ka aditt makasih ya udh direspon... ternyata aku terbalik pake benton duluan baru serumnya.. baiklah skrg aku udh tau. Utk skrg sih yg ngefek bgt di aku itu serum vit c nya , tapiiiiii.... bikin whitehead aku jd blackhead apa mungkin karna teroksidasi dari serum vit c nya kali yah ka ?
      Aku baru pake produk ini hampir 3-4 bulan kak

      Delete
    3. hai maya :)

      hmmm, itu karena whiteheadnya naik ke atas, jadi terpapar udara :)

      kamu uda pernah coba bha a sol ? kalau belum , untuk cepat mengeringkan komedo, aku biasa gunakan bha a sol. kalo kamu takut over exfoliating karena gunakan vit c dan bha a sol, kamu gunakan bha a solnya di titik2 komedonya aja :)
      test dulu ya 2-3 komedo,jangan skali jadi semua :)
      paling gak 2-5 hari. ( only night time )

      Delete
  52. Hi ka adit, aku juga mau coba produknya cosrx.
    Kulitku cenderung berminyak, dgn pori2 yg cukup besar, skrg lg jerawatan gara2 make up, jerawatnya kecil2 ada whiteheadnya gitu, dan bruntusan juga komedo yg kecil2. Sebaiknya aku pilih rangkaian produk cosrxnya apa aja ya? Msh bingung sm toner, essence dan sunblocknya apa karna 3 item itu penting bgt utk umurku yg udh 25th.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dessha, maaf baru balas, aku abis off dulu kemarin liburan :)

      aku coba jawab pertanyaan kamu ya

      kalo kamu berjerawat karena make up, kamu harus berani stop make up dulu sama sekali, jangan dituttupin bekas jerawatnya dengan make up lagi, nanti ga selesai2 :)

      jerawat yang ada whitehead gitu, dan komedo, kalau kamu mau bersih, biasanya purging dulu .. ( aku juga lagi purging lagi gara2 kemarin aku jalan2 ke kamboja, berdebu banget, jadi beruntusan)

      kamu pernah pake bha /aha sebelumnya ?
      kalau belum, untuk starter kamu mungkin dpt start dari BHA a sol. toner, most recommended mizon AHA/BHA, kmrn ada reader yang bilang, mizon aha/bha toner skarang uda gampang carinya . dulu aku cari susah banget. musti beli ke koreanya langsung.

      bha a sol hanya untuk night time, start dari 2 - 3 hari sekali dulu, baru setelah 1-2 minggu ga knapa2, mungkin bisa ditingkatkan ke 1-2 hari sekali.
      untuk essence, aku sebenernya lebih suka aloe vera gel. atau snail , tapi snail lebih ke hydrating, sedangkan aloe vera calming. :)

      sunblock aku gunakan klairs :)

      Delete
  53. Hi kak adit, ku suka bgt sm review2 ttg produk cosrx yg emg aku lg pgn bgt pake tp bingung sm produk mana aja yg harus dipakai.
    Kulitku tuh berminyak kak, pori2 gede langganan komedoan juga. Di jidat tuh skrg lg jerawatan kecil2 dan gatel yg makin hari makin byk. Tp di muka ku jerawatnya jarang kak paling klo lg pms gt baru jerawatan yg ada matanya. Sblmnya aku pake masker kefir kak stlh stop jd jerawatan di jidat gini, skrg ku rawatnya cuma kadang facial, pake toner green tea viva, obat jerawat yg ada kandungan sulfur plus salicylic acidnya, aloe gel nya wardah, sama sunblock skin aqua. Tp kdg ku juga pake laneige water sleeping mask.
    Karena lelah dg muka yg g berprogress apapun aku pgn nyoba cosrx kak. Mnrt kaka produk yg harus di stop dan ganti pake cosrx yg mana aja ya? Hope you'll notice me...please help me kaaaaakkk... Thx before :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuna,
      kamu jerawatannya hanya di jidat ?
      ada isinya ga ?kalau ga ada isinya mungkin itu biang keringat ga ? hmm, saranku sebenernya better kamu ke dokter, karena dia bisa cek apakah jerawat di jidat itu bener jerawat atau alergi, atau biang keringat.

      sementara ini kamu stop dulu laneige water sleeping mask.

      kalau kamu mau coba cosrx, aku sarankan bha a sol sih. tapi , itu kalau bener jerawat. kalau bukan jerawat nanti malah salah sasaran. dulu aku pernah mendadak beruntusan di jidat tapi pure alergi. aku gunakan aloe vera gel cosrx 3-5 hari sembuh. waktu itu aku ga gunakan apa apa dulu. bener bener cuma cleanser, dan aloe vera gel. beberapa kali sehari aku gunakan waktu aku kebetulan di rumah.

      aku agak susah comment produk yang kamu gunakan, karena aku blum sempat gunakan produc tsb. tapi in general, kalau kulit alergi dan sensitif, ga bagus kena sulfur / salicylic karena makin kering. toner, coba kamu cek di ingredient list viva tsb, ada alkoholnya atau enggak ( alcohol/ ethanol ) , kalau ada , kamu stop dulu juga. sunblock, so far aku paling cocok dengan klairs, karena dia ga mengandung alcohol dan ga bikin pore clogging. :)

      maaf baru balas, aku abis off dari tanggal 20 :) liburan dulu :)

      Delete
    2. Waaaah makasi kak udh dibales hehhe...
      Anw jerawat jidatnya kyk pori tersumbat gt kak dan gatel, kata mb terapis yg ngefacial itu jerawat batu. Trus kalo aku pencet isinya semacam komedo gt kak tuh jerawat di jidat, klo hbs facial dia ilang, tp sminggu kemudian dia ada lagi. Ku frustasi eh hbs dia kyk zombie gt hbs dimatiin tau2 idup lagi T.T
      Klo di toner viva 3 main ingredient nya aqua, propylene glycol, sm witch hazel extract dan ada methylparabennya kak. Trus klo tonernya hrus diganti mending pakai centella toner atau aha/bha toner nya cosrx kak?
      Somehow kulitku klo kupakein aloe gelnya wardah kadang jd panas gt juga si kak.
      Jd klo itu fix jerawat spot treatmentnya bha asol yah?
      Oiya kak klo purging itu kita boleh facial ga sih? Thx kak smoga dibantu lagi...

      Delete
    3. Oiya kak mau tanya dong, klo kulit tiba2 jd kasar trus gatel gt itu termasuk alergi kah? Kering atau semacam gatel biasa?
      Btw klo cosrx aloe gel nya susah dicari alternative lain yg recommended apa nih kak? Maap ya klo aku byk tanya kak...hehehheheheheehe :D

      Delete
    4. hi Yuna, klo jerawat batu, saranku sih jangan dipencet, nanti berbekas.

      kalau kamu mau ganti toner, sebenernya so far yang paling aku suka mizon aha/bha toner. :)

      untuk jerawat, kalau cosrx dia memang bha a sol untuk spot treatment. untuk jerawat yang gede, aku punya spot treatment lain, Mario Badescu. isinya mirip dengan Enca.

      pada saat purging, sebaiknya tidak di facial. walaupun kita gemes pingin facial, tapi sebaiknya jangan. karena nanti bekasnya susah hilang Yun :(


      kalau kulit kering, terus gatel, itu hampir semua kulit kering, jadi agak kasar dan gatel. :) jadi belum tentu alergi, biasanya alergi itu kalau mulai ada merahnya, atau swelling.

      aku kemarin coba Benton aloe vera, tapi menurut ku pribadi masih lebih bagus cosrx aloe gel. rencana habisin benton dulu, terus kayaknya mau coba cosrx aloe vera oil free cream. isinya mostly persis kayak aloe gel, cuma agak lebih kentel dikit. :)

      Delete
    5. Thx udh dijawab lagi kak adit hehhe...
      Btw skrg kondisi mukaku makin bikin stress kak, gatelnya skrg g cuma dijidat kak tp ke seluruh muka. Kulit jd kasar, hidung, rahang, dagu juga ikut beruntusan. Klo mo coba cosrx 1 per 1 kan kak? Nah jangka waktu dr 1 produk ke produk lainnya brp minggu?
      Kyknya ku mau coba asol plus bha emulsion yg share in dlu deh kak...ku sudah tak kuat liat ini muka😭

      Delete
    6. Yuna, kalau beruntusnya muncul skali jadi banyak, mungkin itu beruntus alergi / sensitif . karena kalau jerawat, normalnya jadi nya satu satu :)
      saranku, better kamu cek ke dokter, takutnya , kita kira jerawat taunya alergi, nanti salah sasaran :)
      atau kalau kamu mau coba cosrx dulu, better aloe vera product deh :)jangan bha dulu.
      kalau itu alergi, dia pake aloevera kempes. kalau pun dia jerawat, aloe vera ga bikin jerawat makin parah .

      nah, kalau pake bha, kalau dia jerawat , ngebantu kempes / matang. tapi kalau dia alergi, kulit alergi diaplikasikan bha, dia akan bikin kulit makin kering, dan reaksi alerginya makin adverse.

      tapi tetep, the best adalah, kamu ke dokter :)

      1 produk ke produk lain 4 mingguan jaraknya yun.

      Delete
  54. hai ka adit....
    aku baru masuk umur legal nih kak hehe...
    aku termasuk masih awam buat skincare2 routine secara malam hari aku cmn pake pembersih dan cleansing foam doang wkwk
    muka ku masuk tipe kombinasi. skrg kusam,berminyak di area t-zone dan ada noda bekas jerawat. aku jg punya komedo putih di hidung dan bawah bibir. niatnya mau nyerahin skintone jg. aku punya bbrp pertanyaan kak
    1. serum lebih cocok cosrx or klairs vit c?
    2. apa lotion/moisturizer perlu buat kulit kombinasi?
    3. ingridients apa aja sih yg concern buat masalah di muka ku?

    sebetulnya aku udh ngincer cosrx dr lama. tp masih takut2 buat nyoba. ketemu review kakak lgsg "sikattt" kepoin blog ini. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Camila, :)
      wah , masih muda belia ya :)
      berarti kurang lebih, setengah umurku. hahaha :)

      kalau kamu spot noda nya satu dua doank, saranku kamu gunakan spot treatment aja , jangan gunakan semuka. untuk noda yang sifatnya spot spot doank, aku biasa gunakan history of whoo white intensive. di nodanya. :)

      berminyak sih wajar, karena kan hormone kamu lagi on on nya skarang. asalkan ga jerawatan , jangan terlalu dipusingkan :) paling, rajin cuci muka aja, saranku double cleansing. jangan gunakan make up tebal2 , karena muka berminyak ditimpa make up, malah jadi pore clogging nanti. kalau komedo putih di hidung, semua orang ada :) bahkan yang kulitnya ga berminyak pun, biasanya di hidung tetep ada komedo. beberapa waktu yang lalu aku sempat posting, treatment komedo di hidung, aku gunakan laneige. hanya di hidung ( ide nya kurang lebih, seperti masker hidung) , yang lagi in skarang, ciracle. produk ini membantu mengangkat whitehead ke atas, jadi lebih mudah dikeluarkan tanpa perlu dipencet keras, jadi ga berbekas.

      di bawah bibir itu maksudnya di dagu ? kamu kalau sikat gigi busanya ke dagu2 ga ? dokterku dulu bilang, yang suka jerawatan atau komedoan di dagu biasanya karena sisa busa pasta gigi ga bersih :)


      kalau problemnya hanya ingin maintain kulit, dan mencerahkan, saranku kamu start dari klairs vit c, karena dia persen vit c nya ga terlalu tinggi, jadi kemungkinan purgingnya lebih kecil. ( tapi kalau kamu menggunakan serum vit c , aha, bha, kamu harus aware bahwa kemungkinan purging pasti ada )

      lotion / moisturizer menurutku jangan dulu, karena mengandung fatty alcohol, untuk kulit berminyak suka bikin jerawatan. coba essence / gel aja dulu :) atau overnight mask honey nya cosrx :) gelnya, coba aloe vera gel. dia oil free, dan sooting agent. kalau siang, kamu bisa gunakan aloe vera gel, tunggu bentar ( jangan sampai kering ) , lalu timpa dengan bb klairs. kulit langsung dewy sampe sore :)

      Delete
  55. Hai adit, salam kenal, blogny bermanfaat sekali, keren, hihi
    Akhirnya saya komen juga, mau tanya ttg cosrx juga nih

    Saya bukan pemakai skincare yg rutin si, nyesel usia uda 25th baru ngeh masalah kulit wajah
    Based kulit saya itu dulunya kering terutama di area dahi sampai kalau dipegang krasak2 gitu hikss hasilnya gampang sekalii kusam, gampang ada jrwat kecil2 gitu kayak titik2 kcil gitu brindil2, jrang ada jerawat gede. Nah 3 bln yg lalu saya abis facial dilarissa ntah abis itu,kulit kok bruntusan dan jerawat (yg parah 2-3) di area dahi atas mepet rambut, line pipi pinggir sama dagu, hanya tak obatin pake produk blemish sama facial washnya acne, redaan si hanya kok kalau nongol lagi selalu ditempat yg sama ya..yg rutin si di jidat kening atas dan line pipi sama dagu, akhirnya bekas hitamnya ketara banget di pipi line samping sama di jidat atas deket rambut.
    Kondisi skrg ada 1 jrwt yg nyut2 kalo dipegg di pipi pinggir dan di jidat atas masih kering dan krasak2 ada 1 jerawat juga dan jrwat kecil2 brindil2 tdi ditmpt sama pojok dahi atas, tapi kalau pipi si normal ga kering2 skli,area dagu sekitar bibir kering juga

    Kalau untuk produk cosrx ini kekira :
    1.rencana untk exfoliate toner nya ahabha clarifying toner dan hydrating tonernya pake hadalabo
    2. Nah baiknya saya pakai aha7 whitehead power liquid atau yg bha power liquid atau dua2nya ya..scra kulit kering tapi juga ada 2-3 jrwat dan skrg memang gmpg skli jerawat nongol ? Untuk pemakainnya dislgseling kn ya?
    --> sya hanya prnh pakai produk yg ada aha bha nya hanya hadalbo mild peeling saja,blum prnh yg lgsung harsh gitu aha bha nya
    --> mau coba yg A sol tapi kult wajah saya g cocok sama alcohol (lgusng nresepp dan keriingg) --> saya shift jaga di RS, jdi full AC dn sering stress juga karena overnight kdang
    3. Atau cukup hanya yg dg pimple clear pad aja untuk jrwatnya --> exfoliate agent juga kan ya si pimple pad inj?
    4. Bagaimana dg galactomyces power eseence scr ada niacinamidenya untuk bekas2 hitam jrwatnya?
    5. Rekomendasi serum sebaiknya yg apa dulu ya, srrum vitamin c - gantian ama yg ada antiagingnya trus dilanjut yg melembabkan gitu ?
    Atau misalkan ada saran dari aditnya,butuh sekali pertimbangan, udah bingung aja dg kering, bruntusan, kusam, bekas jerawatnyw

    Terimakasih.. mohon maaf paparanya panjang sekalii ^^

    Keep on writingnya ya..bermanfaat sekali hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Reny,

      maaf baru balas, aku abis liburan :)

      hmm, aku coba bantu jawab ya.

      hmm, jerawat kecil kecil, lalu difacial, jerawatnya bengkak ? itu biasanya karena pada saat di facial, puss nya ( isi yang putih2) , blum keluar semua, jadi akhirnya skarang lagi keluar nih sisanya. atau, pussnya belum siap keluar, uda dipencet, jadi iritasi.

      kamu gunakan conditioner ? dokterku dulu bilang, kalau jerawatan di dkt rambut , bisa karena ga cocok shampoo, atau kamu gunakan conditioner, yang notabene isinya high concentration of oil. aku juga skarang lagi ada 1 dkt telinga. karena kemarin aku cat rambut, warna silver. haha . jadi perlu treatment khusus, aku gunakan conditioner agak sering. jadi malah memicu jerawat.

      kalau spot nya 1-1 terpisah, biasanya sih aku gunakan whoo yang whitening intensive. :)

      Ren, kamu yakin yang berindil2 itu jerawat ? ada isinya ga ? atau cuma air dan darah aja ? soalnya kadang2 berindil2 itu bukan jerawat, tapi alergi / respons sensitive kulit.

      jangan dulu gunakan aha / bha. coba dulu gunakan aloe vera gel. paling tidak 3-5 hari . kalau kamu lagi ga kemana mana, coba apply beberapa kali sehari. jangan gunakan produk lain dulu.

      kulit kering mungkin berjerawat karena barrier pelindung kulitnya lebih lemah. saranku, sambil minum vitamin C dan zinc . untuk menjaga kulit lebih kuat. ( kalau kamu ke dokter pun, biasanya dikasi vitamin c dan zinc ).

      kamu perawat? nah, pola tidur yang ga teratur juga seringkali ngaruh ke jerawat. ini agak gampang2 susah sih :)

      selesaikan nya satu satu, mulai dari beruntusnya, nanti beruntusnya uda kelar, baru noda nya :)

      saranku :

      1. ganti pola makan kamu : makan sayur hijau dan buah sebanyak yang kamu bisa setiap hari. terutama buah2 yang mengandung air. minum air putih, infused dengan lemon. kurangin daging dulu. karena daging bikin temperature badan naik. naik temperature badan bikin sekresi sebum ningkat juga.

      2. aku sebenernya ingin sarankan kamu nambah vitamin intake , vitamin c, zinc, dan selenium. jangan makan vitamin yang ada vitamin E dan B.

      3. untuk keringnya, kamu uda pernah coba scrub ? biasanya aku gunakan klairs untuk scrub nya karena lembut. tapi nanti, setelah beruntusannya reda ya.

      4. untuk beruntusan, karena kamu di RS, mungkin kamu bisa ktm dokter di RS mu, nanya dulu paling tidak beruntusannya itu jerawat atau bukan. kalo kadang2 jerawat campur biang keringat, atau jerawat campur alergi. jadi ngeri2 kalau kita kasi obat jerawat, malah makin jadi beruntusnya. biasanya dengan cosrx aloevera gel, yang alergi reda dulu tuh. tinggal kesisa jerawatnya. baru setelah alerginya reda dan keliatan yang mana yang jerawat, kita teplok2 obat jerawat tepat di titik paling puncak jerawat tsb ( jangan oles semuka tebal2 , nanti kulitmu makin kering , karena fungsi obat jerawat kan mengeringkan jerawat ).

      kalau kusam, hmm, kurang tidur aja bisa bikin kusam. sementara beruntus nya masih ada, kusam dan nodanya tahanin aja dulu ya :) nanti begitu jerawat / beruntusnya kelar, baru kita proses kusam dan nodanya.

      kalau kulitmu kering , dikasi AHA BHA takutnya makin kering, so, untuk kusam dan noda, better treatment aja, microdermabrasi. :)

      ini saran dari aku lowh ya :) semoga membantu :)

      Delete
    2. Waaah,thank you so muchh adiitt, jawabnnya keren sekali, hihi
      1. Hehe yup saya perawat, kata dokter yg lagi skolah ppds disini katanya juga mungkin karena conditioner sama sls-nya shampoo, jdi ni coba cri yg no sls..susah carinyaa duh, kemarin nemu si andalou shampoo tpi liat harga shampoo non sls memang bikin agak -.-'
      2. Brindil brindil kecil di dahi itu ga ada isinya dit, cuman kayak keras gitu, dahi aku itu kan krasak2.kering gitu makanya brindil2 kcil itu di ga di semua dahinya hanya di spot atas kiri gitu..mungkin putih putih gitu kali isinya..okee..dicobain mikrodermabrasi dulu ya
      3. Buat scrub, belum pernah coba yg klairs, masi ada sisa kiehls yg exfoliator scrub? Lama mandeg ga pake lagi abis kjdian yg abis facial trus bruntusan itu, gpp ya ren pake seminggu skli gitu?
      4. Kalau vit c dan zinknya, kalo yg ditreatmentnya dokternya adit yg dosis oral kah/ minum?
      5.masih caricari dokter spkk nih, yang ngga dilabelin skin clinic, jadi ga kudu beli krim2.ya gitu, pure resep beliau praktek..haha belum nemu di sby ini πŸ˜…πŸ˜…

      Again..makaasii buaangeett uda dibaca dan dibalas yaa..maaf sekali ngeganggu istirahat kerjanya buat mbales pertanyaan disini, thankyou 😊😊

      Delete
    3. hi Reny :) hehe , sama skali gak ganggu koq :)

      hmm, micro nya nanti kalau uda kelar beruntusnya ya. kalau lagi beruntus jangan micro, jangan scrub dulu :)

      micro/scrub itu nanti, begitu uda ga beruntus, tinggal sisa noda sama kulit kering :)

      aku pake vit c zinc nya intake, diminum. biasa beli merknya Nutrimax , karena cuma merk itu yang ada vit c dan zinc, tapi ga ada vitamin lainnya. beberapa dokter kadang kasi vit c dan zinc nya yang suntik, IV. tapi kalau aku sih ribet, karena mesti bolak balik ke dokter untuk suntik. kalau kamu harusnya bisa suntik sendiri kan ya :) hehe

      scrubnya kiehls aku blum pernah coba, tapi coba kamu cek ingredientnya apa. kalau ingredientnya ada AHA/BHA konsentrasi tinggi, dia akan bikin purging di kulit dulu :)
      klairs aku gunakan 3 hari sekali. dengan catatan kulitku lagi ga merah2, lagi ga beruntus, lagi ga rewel. :) kalau lagi sensitif , merah, beruntus , rewel, skip dulu scrubnya :)

      keep in touch ya :)

      Delete
    4. Halo dit, thanks uda dijawab lagi
      1. Siapp..ngga microderma dlu kok, better diperbaikin jerawat dahi dulu ini 😊
      2. Uda pesan share bottle aloe vera gel cosrx jgk mbak fiki juga (mbaknya ketawa pas saya bilang direkomenin sama adit hihi)
      oh ya, ini gel pakenya abis hydration toner apa stlh serum yaa?
      3. Bismillah, nutrimaxnya sudah dibeli, semoga membaik ^^

      (Again) makasii ya pak guru saranny,semoga ada perbaikan aamiin

      Ditunggu update blognya juga hihi, sehat selalu ^^

      Delete
  56. Oh ya mohon maaf, yg unknown diatas,belum tulis nama, saya Renny salam kenal ^^ ditunggu balasannya

    ReplyDelete
  57. Halo kak adit. Aku tertarik banget nih sama cosrx tp masih bingung mau pakai yg mana.

    Fyi, jenis kulit kombinasi - oily, dan akhir2 ini lg suka muncul jerawat ( munculnya 1 1 kak, jadi misalnya ada jerawat di pipi, terus ilang, terus muncul lagi ditempat lain, terus ilang, gt terus kak), dan ditambah kulitku kusam juga, dan lg ada acne scar yg jd menggelap gitu kakk cuma 1 sih tp mengganggu grgr waktu ada jerawat hormonal terbilang besar lalu aku pecahin *kesalahan besar:(

    Aku masih terbilang awam untuk skincare, jd sekalian mau tanya jg ya kak. Sehari2 setelah cuci muka, pake innisfree the greentea seed serum, lalu benton aloe bha skin toner, lalu pake mamonde rose water toner, abis itu baru pake skinaqua uv mild milk untuk sunblocknya. Selama ini okeoke aja sih gak ada masalah dikulit. Tapi itu urutannya bener gak ya kak?haha

    Ohya, skrg aku tertarik sama cosrx yg bha a sol, snail mucin essense, sama galacomyses kak. Itu baiknya gimana ya? Bha a sol cosrx fungsinya sama kaya benton aloe bha toner gak ya kak? Harus diganti atau dilayer aja? Terus karna lg ada acne scar yg menggelap itu baiknya pakai apa ya kak? Snail essense bisa untuk memperbaikinya gak? Dan untuk kulit kusam bisa pakai galactomyses gak ka?

    Atau ada saran dr ka adit untuk masalah kulit aku? Maaf kepanjangan kak, ditunggu balesannya yaa. Thanks a lot!πŸ™‚πŸ™‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mega, :)
      kalau kamu uda cocok dengan produk yang kamu gunakan sekarang, jangan ganti ganti dulu :)

      aku coba bantu urutannya ya ,
      setelah cuci muka, toner dulu. baru serum. terakhir sunblock. :)

      bha a sol fungsinya mirip aloe bha skin toner Benton. jadi ga perlu .

      snail mucin untuk hydrating. galactomyces untuk whitening. coba nya satu2 aja dulu :)

      kalau kamu mau whitening dulu, berarti galactomyces. 1 produk baru. gunakan 1 bulan. kalau aman, baru nambah produk lain. jangan skali jadi bareng2 produk baru semua. nanti kalau ternyata iritasi, bingung yang mana yang bikin iritasi.

      kalau spotnya satu dua doank, aku sih biasa gunakan Whoo, whitening intensive. pas di spotnya aja. jangan semuka2 :)

      semoga membantu :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Wahh makasih ya ka adit, sangat membantu. Rencana mau coba yg galactomyces:D
      Aku mau coba whoo nya semoga ada yg mini size yaa:')

      Thank a lot kaa!

      Delete
    5. hi Mega, :)
      whoo ada koq yang sachet nya dia :) harganya IDR 8.000-13.000 an per saschet :)

      Delete
  58. Hai kak, aku mau tanya, kulitku oily banget, acne prone, jerawat sih ada terus tapi pindah2 aja tempatnya..
    Sekarang ini aku pakai skincare TBS yang seri tea tree, mulai dari clearing foam, toner, terus tea tree oil nya juga..tiap pagi aku juga pake aloe soothing gel nya Holika-holika..
    Sebenernya ga ada breakout atau apa sih, cuman ga ngerasa ngefek aja di kulit aku yg ttp jerawatan..bekas jerawat juga ga ilang2..
    1.menurut kakak produk cosrx apa yang bisa menjinakkan jerawat aku kak?
    2.aku dulu sempet pake fte nya SKII, tp berenti ga nahan sama purgingnya, kira2 galactomyces nya si cosrx ini bikin purging ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      kalau kulitmu berjerawat terus2an dan agak banyak, saranku sebenernya paling cepat ke dokter kulit dulu. :)
      karena , biasanya mereka memberi resep antibiotic, untuk membunuh bakteri jerawat di kulitmu :)

      galactomyces fungsinya untuk mencerahkan kulit, tapi ga akan ngefek sama sekali untuk mengatasi jerawat :)

      dulu selain menggunakan FTE SK2 kamu menggunakan apa dari SK2nya ? clear lotion misalnya ? karena di clear lotion ada AHA nya, yang berpotensi membuat purging dulu :)

      galactomyces cosrx di aku sih ga purging :)
      tapi karena kamu acne prone, mungkin berjerawatnya bukan karena factor purging / tidak, tapi karena memang banyak bakteri jerawat di kulit :)

      Delete
  59. Hi Adit,
    Salam kenal yaa, saya lanie umur hampir 40th :v
    Telat bgt yaaa saya hari gini baru engeh bahwa perawatan untuk muka itu sgt penting, karena parah bgt skg kondisi muka saya, kusam, beruntusan, jerawat kecil2 dan gatal, flek pula :(
    Tetapi bukanny blm prnh coba perawatan sih, jaman msh muda dlu hahahaa :v pernah coba pake produk yang byk di iklan in, sperti p*nd* , h*ze**e, g**ni*r, n byk deh
    Tapi 1pun ga pernah ada yg cocok, malah pernah smpe ke klinik muka yang terkenal er*a, proses nya lambat bgt, yang ada kelihatan sgt merah, berminyak, sperti kita kalo pake masker putih telor :o :v hahaaa, pokony waktu itu org kalo lihat saya itu jelas sekali saya terlihat seperti sdg melakukan perwatan muka, dan waktu nya tidak sebentar loch, smpe dlm hati "kapan neh cantikny??" kok bgini trs,,, smpe akhirnya saya stop perawatan nya, karena saya positif hamil,sehingga saya putuskan "stop" dlu deh perawatan mukanya :(
    Waktu itu sih dokternya bilang kalo jenus kulit aku itu, kering, berminyak, dan kusam,,,, hmmm aku sih smpat bingung kok "kering" kok "brminyak" juga,,, mksdny mang bisa yaa begtuu?? hehehee
    Nah sekarang mau mulai rutin care sm muka, dan kyknya mau pake produk cosrx aja daripd skII mahal :0 :(
    Minta advice nya dong, detail saya hrs beli produk cosrx yang apa aja?
    dan tata cara pemakaian yaa? :)
    Anyway many tks ya DitπŸ™, GbuπŸ˜‡

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Malanie, :)
      ga ada yang terlambat koq untuk maintenance :)

      setahuku, waktu kondisi kulit kita kering ( akibat penggunaan produk misalnya ), kondisi tersebut akan memicu kulit untuk memproduksi minyak lebih lagi.

      jerawat kecil2 dan gatalnya, ada isi putihnya Mal ?
      kalau ga ada isi putihnya, mungkin itu bukan jerawat lowh.
      aku kemarin beruntus gitu dan gatal, tapi waktu aku coba pencet 1 ( karena penasaran ) isinya cuma air bening. jadi ga ada isinya.

      kalau ngeliat problem kulit yang sedang kamu alami,
      better diselesaikan satu satu. dimulai dari beruntus dan jerawat.
      nanti beruntusnya hilang, jerawatnya hilang, baru ke kusam dan bekas jerawsat.
      kalau flek, agak susah, kecuali kita chemical peeling ke dokter atau ke beauty clinic. tapi paling enggak, kita bisa coba mengurangi kecepatan bertambahnya flek dengan rajin menggunakan sunblock :)

      kalau kamu mau coba cosrx,
      saranku sih dimulai dari aloe vera gel dulu, kalau kamu gak sibuk, lagi di rumah, coba aplikasikan aloe vera gel beberapa kali sehari ke wajah. dulu waktu aku beruntusan, dan ternyata alergi, aku aplikasikan aloe vera gel ke wajah, dan dalam waktu 3-5 hari, beruntusnya mereda. kalau berutusan kamu itu karena alergi, atau kulit sensitif, seharusnya dengan aloe vera ada perkembangan. ( walaupun respons tiap orang berbeda2, tapi , aloe vera memang berguna untuk menenangkan kulit yang iritasi / alergi ) .

      jerawat kecil2 , biasanya sih banyak yang cocok dengan bha a sol.
      tapi saranku, kamu jangan skali jadi beli aloe vera dan bha a sol.
      produk baru dicoba satu satu. misalnya aloe vera dulu, 2-4 minggu. baru setelah itu nambah produk baru lainnya :)

      kalau kita coba produk baru semua sekali jadi, skalinya kulit kita bereaksi aneh-aneh, kita jadi bingung, yang mana yang gak cocok dengan kulit kita :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Hai ka adit
    Aku baru mau coba nih produk dari cosrx, jenis kulitku termasuk kombinasi - oily
    Berminyak di daerah T-zone aja dan banyak bgt komedo yg stay di hidung jd bikin pori2 aku gede2 karena rutin aku keluarin komedonya dan whitehead di sekitar pinggir2 bibir dan dagu.
    Kulitku cenderung tidak mudah berjerawat atau hanya muncul saat siklus haid aja
    Kira2 yang cocok apa ya ka dari produk cosrx ini?
    Anyway makasih ya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Inda, thanks uda mampir k blog ku :)

      hmm, kalau problem nya hanya komedo di T zone, saranku, kamu gunakan treatment khusus untuk komedo di hidung aja :) misalnya ciracle . kalau aku gunakan Laneige. tapi habis Laneige ini aku rencananya mau gunakan ciracle juga :)

      yang lainnya, lebih ke maintenance aja ya berarti .
      kalau kamu ingin lebih ke hydrating, aku sih gunakan snail essence.
      night treatmentnya, aku gunakan honey overnight mask.
      siangnya, aku gunakan aloe vera gel ( skarg lagi gunakan Benton ) , lalu klairs bb cream / klairs sunblock :)

      problem yang disekitar bibir dan dagu, better gunakan spot treatment aja. misalnya bha a sol , tapi bener2 cuma di titik titik whitehead nya aja. jangan digunakan semuka kalau kamu problemnya hanya di beberapa spot tertentu. :)

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. ka adit kl pake cosrx aha bha toner, itukan exfo toner nah rekomendasi hydra tonernya apaya? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hana :) tapi kulitmu dehidrasi ga ? kalau kulitmu ga dehidrasi, untuk hydrating agentnya, better serum / essence aja :) ga perlu toner lagi :) di aku, snail essence so far menghidrasi kulit paling bagus. aku lagi test Benton first essence sih . nanti aku update ya 2 minggu an lagi :)

      Delete
  64. Hai ka adit!
    Seneng bgt liat postingan kaka tentang produk cosrx. Aku baru mau coba nih produk dari cosrx, jenis kulitku termasuk sensitive-acne prone. Kulitku mudah memerah, ada beberapa jerawat kecil, dan beberapa bekas jerawat yang masuk kedalam juga. Dihidung ku gapernah ada blackhead. Jadi concern aku pengen ngatasin kulit kemerahan aku dan bekas jerawat yang udah lama ada.

    Kira2 yang cocok apa ya ka dari produk cosrx ini?
    Terimakasih banyak yah kak, have a good day! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dwi :)
      aku juga kulitnya mudah merah :)
      untuk cosrx product , biasanya aku gunakan honey overnight mask tiap malem, di samping juga aloe vera ( skarang lagi gunakan benton , tapi the best nya sih aloe vera gel cosrx ) .

      bekas jerawatnya warna pink atau kehitaman dwi ? kalau warna pink, kita mesti tunggu sampai dia kehitaman. karena bekas yang pink artinya dia masih belum fully healed. nanti kalau sudah hitam, kalau spot nya satu satu ga semuka muka, aku sih biasa gunakan whoo intensive. hasilnya di aku lumayan cepat, 2 minggu - 4 minggu uda bersih.

      red serum juga bisa untuk bekas, tapi aku biasa campur 2 tetes red serum dengan snail essence. karena kalau red serum doank, agak sticky ( dia ga mengandung alkohol ,jadi lama kering nya di kulit :)

      Delete