Thursday, January 7, 2016

[Beauty Info] Skin Exfoliation Routine : AHA and BHA agent

Hi all,
hari ini Adit ingin share sedikit mengenai skin exfoliation. Jangan takut dulu, exfoliation di sini bukan pengelupasan ekstrim sampai kulit kamu memerah, melainkan pengelupasan halus, untuk mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di lapisan kulit paling atas.
Ada banyak kegunaan skin exfoliation routine antara lain :

  • mengangkat sel kulit mati, sehingga kulit kita tidak terlihat kusam 
  • dengan terangkatnya sel kulit mati tersebut, exfoliation membantu mengurangi frekuensi kemunculan komedo dan whitehead sehingga kulit kita terlihat lebih halus, dan pori-pori lebih kecil
  • dengan terangkatnya sel kulit mati itu juga, makan setiap krim kulit / essence yang kita aplikasikan ke kulit kita, akan lebih mudah terserap oleh kulit sehingga hasilnya akan terlihat lebih nyata. 
  • membantu pembentukan kolagen sehingga mengurangi frekuensi kemunculan fine line yang tentunya akan membuat kita terlihat lebih muda dan segar. 

Skin Exfoliation

Ada beberapa cara untuk melakukan skin exfoliation, kegiatan exfoliation yang bersifat fisik , atau kimiawi. Untuk kegiatan exfoliation yang bersifat fisik, misalnya microdermabrasi. Biasanya microdermabrasi dilakukan di beauty clinic, dengan frekuensi 1-2 kali per bulan. Untuk proses exfoliation yang bersifat kimia, ada yang dilakukan di beauty clinic, ada juga yang dapat kita lakukan sendiri di rumah. Perlu atau tidaknya kita melakukan exfoliation di beauty clinic biasanya dilihat dari persen keasaman zat yang kita gunakan. Untuk zat kimia yang keasamannya tinggi, disarankan untuk dilakukan oleh ahli kecantikan. Proses exfoliation yang kita lakukan sendiri di rumah biasanya memiliki persentase keasaman yang tidak terlalu tinggi.
Ada beberapa zat yang dapat digunakan untuk proses eksfoliasi yaitu : alpha hydroxy acid (AHA ) dan beta hydroxy acid ( BHA ). Kedua zat ini adalah zat yang paling lazim digunakan untuk proses eksfoliasi.
AHA biasanya digunakan untuk kita yang memiliki masalah white head, sedangkan BHA biasanya digunakan untuk kita yang memiliki masalah komedo (black head) .


Results so far ..

Aku belakangan ini rutin menggunakan AHA dan BHA sekitar kurang lebih 1-2 kali per minggu. So far, yang aku rasakan, komedo terangkat ke permukaan tanpa kita harus susah-susah memencet komdedo tersebut. Dengan terangkatnya komedo ke permukaan, kita dapat mengeluarkan komedo dengan relatif lebih mudah, sehingga mengurangi kemungkinan trauma kulit / lecet-lecet yang menyebabkan skin discoloration. Produk yang aku gunakan adalah AHA dan BHA power liquid dari COSRX. Untuk kamu yang ingin tahu lebih jauh mengenai COSRX , kamu dapat membaca di postingan sebelumnya, di link ini : welcoming COSRX to my skincare routine

Ada tiga product COSRX untuk exfoliation yang aku gunakan yaitu :

  1. AHA/BHA Toner 
  2. BHA Blackhead Power Liquid
  3. AHA 7 Whitehead Power Liquid 

COSRX AHA/BHA Clarifying treatment Toner

COSRX BHA Power Liquid

COSRX AHA 7 Power Liquid 
Yang harus diperhatikan saat menggunakan AHA/BHA :

  • Jangan menggunakannya bersamaan dengan exfoliation agent lainnya 
  • Jangan menggunakannya bersamaan dengan vitamin C serum dosis tinggi
  • Disarankan untuk menggunakan AHA/BHA pada malam hari 
  • gunakan moisturizer sebagai tahap akhir setelah mengaplikasikan AHA/BHA
  • Pada pagi hari / siang hari gunakan sun protector ( sunblock ) 
  • Jangan mengaplikasikan AHA/BHA secara berlapis-lapis. gunakan tipis-tipis saja. 
Nantikan postingan Adit lainnya hanya di Groom'it Like Adit !

157 comments:

  1. setelah pemakaian COSRX keadaan kulit dipagi hari seperi apa?
    untuk kulit2 dan komeda apakah terangkat dipagi hari?

    ditunggu yah review selajutnya tentang COSRX..
    i enjoy your skincare review

    ReplyDelete
  2. @kayla , maaf baru balas :)

    response kulit terhadap AHA/BHA berbeda2 setiap orang
    kalau kamu jenis kulitnya clogged pores, banyak komedo tersembunyi, misalnya, jangan kaget jika penggunaan AHA/BHA akan mengeluarkan semua komedo yang tersembunyi tersebut sedikit demi sedikit.
    kalau kamu jenis kulitnya normal, penggunaan AHA/BHA hanya mengangkat sel kulit mati saja.

    kalau yang aku alami, khusus di bagian hidung di mana banyak komedo di dalam pori2 hidungku, pemakaian hari kedua biasanya komedonya mulai seperti terdorong ke atas, kalau sudah seperti ini, biasanya pada malam hari , aku uap hidungku, lalu aku keluarkan komedonya, ( perlahan-lahan, tidak dipaksa agar kulit tidak lecet . kalau gak bisa keluar .. biarkan saja , biasanya 2-3 hari setelahnya akan lebih mudah keluar ) .
    setelah selesai keluarkan komedo, aku kompres dengan es batu .. lalu aku kompres dengan SK-2 FTE biarkan semalam besok pagi pori-pori sudah tertutup lagi tanpa merah-merah :)

    ReplyDelete
  3. aku masih kurang paham ni kak,urutan pemakaian nya bagaimana ya? mana yg di dahulukan ...
    kebetulan kulitku bruntusan + blackhead

    thx

    ReplyDelete
  4. kamu beruntusannya parah ? kalau beruntusannya parah, sebaiknya ke dokter . karena beruntusan bisa akibat reaksi alergi terhadap makanan , produk perawatan rambut, atau perawatan kulit.

    kalau beruntusannya masih termasuk normal, untuk langkah awal , gunakan AHA/BHA toner dulu selama seminggu pertama. jangan gunakan yang lain dulu. lihat reaksi kulitnya. kalau aman, lanjutkan 2 minggu berikutnya hanya AHA/BHA. lihat lagi respons kulitnya. kalau aman, baru coba gunakan BHA power liquid mulai dari 3 hari sekali , setelah 2 minggu, tambah frequensinya jadi 2 hari sekali. jangan gunakan AHA power liquid kalau kamu tipikal kulitnya berminyak beruntusan, nanti kamu akan kaget, karena keluar semua isi beruntusnya.

    hal yang terpenting adalah : jangan tergesa gesa. test kulit kamu dengan satu produk, selama paling tidak 3 minggu sebelum menambah produk lainnya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tanya dong ka, ini kan mukaku habis breakout karena aku lepas langsung dari cream dokter. trus aku lagi nyari rekomendasi facial wash hadalabo yg mild peeling nah untuk tonernya pake beton yg aha itu kan dua duanya ada kandungan aha dan bha.. gimana ka ? bisa dikombinasiin gak untuk kulit yg acne prone ?

      Delete
    2. hmm, kalau habis breakout, saranku jangan pake produk yang ada aha bha tinggi dulu wid. yang gentle gentle aja dulu. karena kulit perlu calm down setelah breakout tsb. breakoutnya masih berlangsung atau gimana ?

      Delete
  5. muka ku whitehead'y banyak bgt ka adit..gmn yah cara ngilangin'y

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Wening, di keluarga kamu jenis kulitnya sama semua ga ? kalau sama semua berarti most likely itu genetik.
      kamu menggunakan bedak atau make-up ? kalau iya sementara beruntusan jangan gunakan make up dulu :) white head itu indikasi kalau kulit kamu clogged pores , paling cepat memang ke dokter , ada yang menyarankan di facial, tapi kalau aku ga suka facial soalnya jadi merah2 di mukaku. dan beberapa orang malah jadi bopeng2.

      kalau kamu ke dokter biasanya dia akan memberi resep Roaccutane. untuk mengeluarkan whiteheadnya sampai bersih. tapi memang ada masa "ancur leburnya " 2-6 bulan tergantung tingkat permasalahan kulitmu.

      kalau kamu mau yang pendekatan sendiri , gunakan BHA liquid. prosesnya memang agak lama. tapi lama lama bersih sih.

      kalau aku biasanya kalau lagi ada whitehead gitu aku gunakan : BHA a sol nya COSRX , lalu dilanjutkan dengan OST vit c serum / BHA power liquid COSRX . hanya digunakan malam hari :) karena photo sensitive sifatnya.

      Delete
  6. adit...
    kulitku sensitive, cenderung berminyak di kening dan hidung, sementara di pipi aga kering.
    nah buat bruntusan, aku disaranin untuk pake AHA 7 power liquid.. tapi malah tambah bruntusan.. heuhuhu..
    apa itu karena efek pake AHA ya??
    trs bagusnya gimana? berhenti aja pake AHA 7 dan ganti BHA power liquid??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Poni, hmm, aku termasuk orang yang ga cocok dengan AHA , karena itu bikin beruntusan parah di aku. beberapa dokter memang bilang kalau kulit kita beruntusan , better pake yang BHA , karena sifatnya mendisolve sebum. aku mengalami sama persis kayak kamu, AHA bikin aku jadi beruntusan di tempat2 yang gak pernah beruntusan sebelumnya. ( ~ beruntusan di tempat yang ga pernah beruntusan ini artinya, kulit kita ga cocok dengan AHA . )

      saran ku berenti AHA . nanti ada masa adjustment . sekitar 5-10 hari setelah berenti AHA pun kadang kita masih beruntusan. Jangan langsung gunakan BHA dulu. tunggu sampai beruntusannya mereda . baru gunakan BHA, start dari 2 hari - 3 hari sekali. Biasanya memang nanti BHA juga akan purging. tapi bedanya : kalau purging, kita memang sudah tau di situ ada beruntus, dan itu dikeluarkan oleh BHA tsb. ( itu beda purging dan gak cocok Poni )

      Delete
  7. Hi adit..

    Km pake aha/bha toner utk pagi dan malam? Trs km pake bha blackhead power liquid dibarengin dgn pake aha/bha toner atau gmn?
    Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Gianina,
      aha/bha toner kalau aku yang mizon gunakanya pagi malam.
      tapi kalau yang cosrx aku gunakannya malam saja.
      cosrx agak too drying untukku ( maka dari itu akhirnya aku pindah ke mizon ) .

      gunakan bha liquidnya jangan tiap hari banget ya gianina.
      start dari 3 hari sekali dulu. sambil di cek ..
      setelah 2 minggu, kalau kamu rasa kulit kamu sudah adjust, atau mungkin ga ada perubahan, baru naik ke 2 hari sekali.

      aha/bha, tunggu 20 menit, baru power liquid tunggu 30 menit. baru yang lain
      kalau kulitmu tipe sensitif, setelah power liquid 30 menit, basuh muka mu dengan air , sebelum kamu gunakan produk lainnya.

      Delete
  8. Hai ka Adit, kebetulan aku lagi cari2 review tentang Cosrx BHA liquid karna wajahku oily dan banyak whitehead (di dagu, pinggir bibir, bawah mata, hidung, spt ada bulat-bulat kecil menonjol itu whitehead kan ya?) dan kebetulan belakangan ini lagi sering jerawatan di daerah dagu. sebaiknya aku pakai BHA atau AHA ya? Dan boleh nggak kalo dibarengin sama OST C20 serum karna reviewnya itu bagus utk bekas jerawat jg :D mohon pencerahannya yaa kak, thankyou :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Stefany, thanks uda mampir-mampir. :)
      aku menggunakan produk BHA dan juga OST C21.5. Tapi kalau aku gak dibarengi sekali jadi , selang seling tiap hari karena kulitku sensitif. Misalnya, senin BHA, selasa OST, rabu off, kamis BHA , jumat OST, sabtu minggu off. Alasannya, BHA AHA atau vitamin C serum merupakan exfoliating agent. Disaat kita menggunakannya dalam jumlah cukup, exfoliating agent ini sangat efektif mengangkat sel kulit mati, membantu kulit yang sehat naik ke atas, pembentukan collagen, membantu menjaga agar tidak terjadi clogged pores, mengurangi pembentukan sebum dll.
      Tapi kalau overexoliating, nanti kulitmu jadi tipis, terlalu sensitif, dll. Jadi gunakan secukupnya :)

      Kamu sudah / sedang menggunakan OST atau baru akan menggunakan OST dan BHA?

      Saranku :
      1. kalau kamu baru menggunakan OST , jangan tambah produk baru apapun selama 2 bulan. Baru setelah 2 bulan, kamu consider utk nambah produk lain.
      2. kalau kamu belum menggunakan baik OST maupun BHA, saranku, pilih salah satu produk untuk kamu gunakan terlebih dahulu. Gunakan produk tersebut 4 minggu - 2 bulan baru nambah produk baru.

      di bawah mata kalau ada yang menonjol belum tentu whitehead, coba cek mama/papa kamu ada gak bintik2 putih di bawah mata. Bisa jadi kalau di bawah mata itu namanya milia. Gak berbahaya, cuma itu bukan jerawat . Better kamu datang ke dokter. Kalau kamu ingat dulu film Si Doel, Maudy Koesnady sempet ada milia juga kan di bawah mata dia.

      Untuk whitehead di dagu, pinggir bibir dll .. coba kamu inget inget, kamu sikat gigi, busa pasta giginya ke dagu2 atau ke pinggir2 bibir ga ? dokter ku dulu bilang, sisa pasta gigi bisa bikin beruntusan di pinggir bibir atau dagu.

      Kalau hidung sih, normal. Semua orang pasti ada whitehead di hidung :)

      Mengenai BHA atau AHA .. dokterku dulu bilang, AHA sifatnya untuk mengangkat sel kulit mati, lapisan paling atas. JAdi bagusnya untuk skin discoloration. BHA , dia masuk lebih dalam dan mendisolve sebum, jadi BHA lebih bagus untuk yang kulitnya berminyak dan banyak sebumnya.
      Aku pribadi, lebih cocok dengan BHA drpd AHA ( untuk dosis tinggi, kalau dosis kecil seperti yang ada di SK-2 clear lotion, di aku aman aman aja ).

      BHA power liquid juga bisa untuk skin discoloration koq, dia ada whitening agentnya juga . Jadi menurut ku sih , kamu pilih dulu antara BHA atau vitamin C , jangan coba produk baru lebih dari 1 . Nanti kalau ternyata ga cocok, bingung, ga cocok sama produk yang mana :)

      Delete
  9. Cosrx BHA liquid ngaruh gak sih buat ngilangin bekas jerawat gitu? Soalnya muka aku jerawatan gt dan ninggalin bekas jerawat, terus sekrang ak pengen nyoba cosrx tapi bingung yang bagus yang mana buat ngilangin bekas jerawat. Fyi, kulit aku combination oily gt, trs kadang2 kayak ada dry patchnya meskipun udah pake pelembab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rynatta, hmm, BHA seperti halnya AHA atau vitamin c merupakan exfoliating agent. Dia memang berfungsi mengangkat sel kulit mati. Jadi menjawab pertanyaan mu sehubungan bekas jerawat, iya . Membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, seberapa cepat hilang nya itu variatif tiap orang. Tergantung, waktu dulu kamu jerawat , trauma kulitnya dalam atau tidak, kalau dalam, bekasnya agak lama hilang, tapi tetap bertahap kelihatan progressnya.

      kamu lagi pake obat minum ? biasanya dry patch itu mungkin muncul karena kamu makan roaccutane misalnya.

      skarang problemnya bekas jerawat aja atau jerawatnya masih suka muncul? bekas jerawat di sini maksudnya hitam, atau agak berbekas bolong gitu rynatta ?
      kalau hitam bisa pake BHA , kalau bolong, kamu better ke dokter kulit, di laser , atau di roller.

      Delete
    2. Hai dit, thanks banget udah jawab pertanyaan aku.
      Kalo sekarang sih jerawatnya gak muncul parah kayak sebelumnya, sekarang kalo mau period aja munculnya atau kalo lagi dikejar deadline kuliah haha
      Kl bekas jerawat lebih banyak yang menghitam gt sih, bukan yg bopeng2 gt.
      Btw, sekarang aku udah coba pake cosrx yang bha dan emang enak sih abis make itu paginya kerasanya kyk lebih halus dan enak aja dipegang2 hehe
      Oh iya, ak mau pake pure ost c20 vitamin serum itu loh, kalo misal dicampur bha ini pakenya gpapa kah? Atau ada tata cara pakenya?

      Delete
    3. Hi Rynatta, kamu menggunakan BHA nya uda berapa lama ? kalau baru sebentar, jangan nambah produk baru dulu. terutama vitamin c serum :) karena dua dua nya masuk kategori actives. :) tunggu dulu 1-2 bulan. Dan itu pun, di seling-seling. misalnya senin kamis BHA, selasa jumat : vit C serum, sisanya kulitmu istirahat :) biar ga over exfoliating :)

      Delete
    4. Hi, dit. Aku baru banget sih pake bha, masih sekitar semingguan ini pake. Oh gt, aku baru tau sih kalo dua2nya bahan actives. Untungnya nanya kamu dulu. Btw, makasih banget ya dit infonya.
      Btw, kl km sendiri pernah pake vit c serum gt gak sih?

      Delete
    5. Hi, dit. Aku baru banget sih pake bha, masih sekitar semingguan ini pake. Oh gt, aku baru tau sih kalo dua2nya bahan actives. Untungnya nanya kamu dulu. Btw, makasih banget ya dit infonya.
      Btw, kl km sendiri pernah pake vit c serum gt gak sih?

      Delete
    6. aku pake vit c serum :) tapi on off .. :)

      dulu aku pake OST. 20, sempet ga lanjut. terus coba yang klairs juice, sudah habis. sempet stop lagi skarang pake ost 21.5 tapi 3 hari skali aja :)

      kalau kamu masih baru, tunggu 102 bulanan deh Rynatta :)

      kalau dari suhu2 beauty blog mereka menyarankan jeda antara 1 produk baru dengan produk baru lainnya sekitar 1 bulan , biar ketauan apa kamu cocok tidak dengan produk tersebut :)

      Delete
  10. kak aku kulitnya sensitif (kalo salah produk jerawatnya bisa langsung heboh) trus gampang kering. di dahiku selalu ada bruntus dan pipi sekitar idung hilang timbul bruntusnya, aku kmrn2 abis jerawatan dan nyisain hampir semuka bekas jerawat (masih suka timbul 1 2 biji) mending nyoba apa dulu ya? mau beli salah satu dulu aja biar ngehemat hehe makasih kaak blognya informatif banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Afiany, :)
      thanks lowh uda mampir2 .. hehe :)
      kamu rajin pake conditioner rambut ga ? dulu dokterku bilang, kalau yang rajin pake conditioner rambut ( atau yang sering naik motor , tapi helmnya jarang dicuci ), biasanya jidatnya beruntusan.

      kamu mau ngobatin jerawatnya atau ngilangin bekas ?
      biasanya sih , start dari BHA A Sol :) dan AHA/BHA toner :)
      aku suka agak degdegan kalau ditanya rekomendasi produk. haha karena aku ga lihat kondisi mukamu , dan riwayat kulitmu sebelumnya.

      tapi kalau memang mau coba Cosrx, rata2 pada cocok BHA A Sol dan AHA/BHA toner dulu :)

      Delete
  11. Halo Adit, aku baru masukin cosrx bha liquid ke routine aku nih, tp masih bingung cara pakainya. Kamu pakai bha liquid itu langsung ke tangan terus ditepuk2in (atau oles?) atau pakai kapas? Oiya satu lagi, dikomen atas kamu mentioned ttg cosrx a-sol, itu kalau dipakai sbg spot treatment pakainya kapan ya? setelah toner kah?

    tengkyuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Kikit,
      kulitmu tipe sensitif kah ? kalau tipe sensitif, BHA a sol digunakan hanya di bagian yang sering muncul jerawat aja :) kalau ga sensitif , digunakan semuka tipis tipis.

      jadi setelah membersihkan wajah, toner, lalu bha a sol, diamkan 20 menit. baru BHA power liquid. Menggunakan BHA power liquid, selalu test dulu di belakang lengan / belakang telinga. Takutnya kamu tipe yang gak cocok dengan BHA. setelah test 2 hari aman, baru coba ke wajah. start dari 3 hari sekali. setelah jalan 2 minggu, kalau kulitmu ga menunjukkan reaksi negatif, maju ke 2 hari sekali. tunggu 2 minggu - 1 bulan. sebelum kamu memutuskan apakah akan setiap hari atau tidak. Kalau aku 2 hari - 3 hari sekali itu uda paling frequent :)
      Menggunakan BHA liquid, beberapa ada yang pake tangan. tapi kalau aku pake kapas, oles hanya sekali oles sewajah. jadi bukan berkali kali / berlapis lapis - ulang lagi dll. gak demikian. hanya sekali aja. dalam kondisi wajah yang kering. setelah menggunakan BHA. tunggu 2o menit lagi. baru kalau kamu menggunakan essence lain, setelah 20 menit itu :)

      Delete
  12. Hai kak Adit, maaf mau nanya, pake BHA Liquid ini tuh persis sehabis facial wash langsung pake BHA Liquid ini atau habis facial wash pake toner dulu (disini aku pake AHA/BHA Clarifying nya Cosrx) baru BHA Liquid nya ya? Beberapa blogger ada yang bilang sehabis facial wash persis gitu,tapi ada yang bilang juga toner nya buat nurunin pH kulit biar setara sama BHA Liquidnya waktu dipake ntar. Jadi yang penggunaan yang tepat dan optimal gimana ya kak? Terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nina, kalau kamu menggunakan AHA/BHA toner, gunakan toner dulu, tunggu 15 menit. baru gunakan BHA liquid :)
      kalau kamu ga pake toner, tunggu 30 menit, sampai pH kulitnya sesuai untuk diaplikasikan BHA liquid.
      jadi sebenernya, tanpa toner pun, lama lama pH kulit akan menyesuaikan. fungsi toner ini untuk mempercepat pH adjustmentnya jadi kamu ga perlu tunggu lama lama sebelum menggunakan BHA liquid

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Alo kak Adit, salam kenal aku lagi blogwalking tentang review corsx toner, boleh ikutan minta saran ya... kulitku normal, cuma masalah terbesar nya adalah pori pori yg lumayan terbuka dan komedo di hidung yg banyak. Aku sadar bersihin komedo ku harus berkala karena semakin lama, dia jadi semakin meluas.. di atas kan disebutkan kalau untuk komedo pakai yang mengandung BHA, jadi kalau aku beli corsx ini, harus beli yang BHA aja atau sama tonernya ya kira2 supaya efektif? Pertimbangan lainnya, aku kurang cocok sama produk yang bersifat asam, seperti mengandung ekstrak lemon, juga pernah pakai lotion&milk Hada labo yang mengandung AHA juga dan setelah itu purging, aku pikir itu keras di kulitku. Kalau pakai dua produk sekaligus yang mengandung acid gimana ya kira2? Thank you sebelumnya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Azzahra, thanks ud mampir2 ,
      kalau kamu menggunakan exfoliator , apapun itu jenisnya, apakah itu BHA, AHA, vitamin c dosis tinggi, tendensi untuk purging pasti ada . terutama kalau pori2 kita banyak sebum : whitehead, blackhead nya. proses purging ini memang yang banyak yang gak tahan :)

      kalau kamu takut purging, kalau aku, biasanya aku pakainya ga semuka, tapi di daerah yang aku yakin ada komedo dan aku ingin komedo itu keluar dengan mudah. misalnya hidung, aku hanya gunakan BHA di hidung aja. atau di pipi, satu titik, aku gunakan cotton bud, dan aku oleskan hanya di komedo tersebut.
      :)

      Delete
  15. Aku baru aja beli cosrc asol nya nih kak, tapi gak beli tonernya karena mahal hehe (maklum mahasiswa). Kira2 aman gak ya kak? Apa memang harus pake toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fathiya, hmm. problemnya jerawat kah ? atau beruntusan ? atau lainnya ?

      sabun wajahnya apa Fathiya ?

      toner fungsinya untuk mengangkat sisa kotoran yang ga keangkat oleh sabun, plus sabun yang mungkin masih menempel di kulit kamu. so, aku pribadi sih menilai, toner penting. di ol shop yang aku suka beli, dia jual ukuran share nya.

      sebelum menggunakan a sol, kamu uda pernah pake bha product sebelumnya ? ada kemungkinan purging dulu, kamu sudah aware ? :)

      kalau kamu tujuannya untuk probelm jerawat satu satu doank, kamu pake cotton bud, olesin a sol pas di puncak titik jerawatnya aja . malam hari. bha product ga recommend untuk digunakan siang hari .
      siangnya kamu musti pake sunblock, karena bha ini sifatnya bikin kulitmu agak photo sensitive :)

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Hi Adit, setelah baca beberapa review aq tertarik untuk nyobain cosrx aha/bha clarifying treatment toner dan cosrx advanced snail 96 mucin power essence kira2 tepat gak ya untuk menggunakan kombinasi kedua produk tersebut? Dan kira-kira bagaimana cara pemakaiannya yg benar ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Suri, kalau boleh tau, jenis kulitmu apa Suri ?
      aha /bha untuk bbrp orang, ada periode purgingnya dulu. :)

      setahuku, dua produk ini aman digunakan serangkai.

      setelah cuci muka, gunakan AHA/BHA toner .. tunggu sebentar sampai kering. lalu keluarkan essencenya ( 1 - 2 puff untuk sewajah dan leher )

      saranku, kalau siang, kamu gunakan sunblock juga setelah essence :)

      Delete
    2. Kulitku agak berminyak dan ada lumayan byk blackhead di sekitaran hidung dan kdg muncul jerawat di setiap siklus bulanan sih ya, pgn nyobain pke bha blackhead power liquid cmn takutnya purging parah krna mukaku jrg kena produk acid gini tapi pgn bgt ngehioangin blackhead sama bekas jerawat yg kdg muncul ini

      Delete
  18. ka adit, tiper kulit aku tu berminyak dan ada bekas jerawatnya..
    setiap pagi / beraktifitas di luar aku pakai Aqua skin, pelembab tea tree dr body shop, oil control cushion fae shop dan bedak innisfree hijau..
    dai daerah hidung dan dagu saya ada komede2 putih klo di lihat dari dekat jelek bgt putih2 gt..
    Buat ilanginya pake AHA/BHA toner, AHA 7 atau BHA skin returning A sol ya ka???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mei, kamu pernah menggunakan AHA BHA product sebelumnya ?

      kalau belum pernah coba, start dari AHA / BHA toner dulu.
      nanti naik ke BHA A Sol, tapi kalau kamu hanya problem di dagu dan hidung, gak perlu gunakan sewajah. cukup dagu dan hidungnya aja , kalau saranku sih :)

      Delete
  19. aku sebelumnya belum pernh menggunakan aha/bha ka..
    yahhhhh aku dh keburu beli aha 7 wkwkkwk..

    ka aku mw tny cara mengilangkn kulit keterlupas di area hidung pake apa ya?dikit si gk banyak tpi jelek klo pake cushion jd jiplak2 gt krn kulit kering / keterlupasnya..

    makasi ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau kamu mau bersihin kulit terkelupas, pake scrub Mei. klairs black sugar lumayan enak tuh. nanti aku bikin reviewnya ya :)

      Delete
  20. Kak, mau tanya.
    Mukaku kan bruntusan. Kalo ke dokter, bilangnya komedo, jd setiap ke dokter selalu diekstraksi (dikeluarin)
    Apa yg spt itu yg disebut whitehead? Cosrx yg mana yg cocok?
    Mukaku bruntusan, jerawat, oily tp gak parah.
    Ohya, kalo muka berminyak apa boleh sering cuci muka? Sehari 4x gt?
    Thanks sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Henny, hmm, komedo memang rata2 pasti harus keluar dulu baru bisa bersih. tapi memang ada yang di ekstraksi, ada yang menggunakan produk actives seperti AHA, BHA, vitamin C konsentrasi tinggi ( proses keluarnya dinamakan purging ) . hmm .. somehow, kalau kamu ga tau apa penyebab kulitmu berkomedo, komedo akan terus terbentuk .. which is nanti gak selesai selesai :) kamu harus tau dulu apa sih penyebab kamu berkomedo itu ( tiap orang beda2 , jadi kamu harus observasi diri kamu :) )

      hmm, saranku , kalau kamu sedang menggunakan treatment dokter, diselesaikan dulu. :)

      kalau kamu mau coba produk cosrx, coba mulai dari bha a sol. tapi tetep, nanti pasti ada proses purgingnya . :) siap ga? :)

      hmm, kulit berminyak ataupun kering, gak boleh terlalu sering cuci muka, karena nanti lapisan pelindung kulit kamu akan terangkat, walhasil, kulit jadi semakin berminyak. :)
      secukupnya aja, pagi dan malam :)

      Delete
  21. Hai kak, salam kenal..
    Kak mau tanya, kalo cosrx whitening power essence gimana tuh?
    Ak justru penasaran sama yang itu, tp ak blm pernh nyoba sgala macam seri cosrx, ak juga udah pake toner dari the face shop, jdi emg pgen cari cosrx yg seri essence, atau ad rekomen essence yg bagus tp gk mahal2 amat?
    Nb: kulit ak agak berminyak di T zone, ada bekas jerawat (yg lagi pengen banget diilangin) dan kusam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fidi.. whitening power essence isinya mirip SK2, fermentasi. kamu sudah pernah coba sebelumnya ? salah satu variannya cosrx utk mengatasi masalah kulit kusam memang. tapi bukan jenis yang jreng semalam langsung cerah ya :) . kamu harus rajin, dan sabar. paling enggak 2 bulan :)

      Delete
    2. Ak pernah coba kak yg SK II, tp harganya bikin mengundurkan diri πŸ˜”
      Terus kmaren coba secret key FTE edisi rose yang katanya mirip sama SK II, awal pemakaian sih biasa ya gak kerasa efeknya., lama2 malah bikin jerawat kecil2.. Gak tau kenapa ya kog gitu,. Jadi berpikir keras nyoba essence lain, dan pengen juga cosrx yg seri blackhead buat memberantas komedo yg kdang muncul, tp jadi bingung urutan makenya gimana.. Pengen semua kak.. πŸ˜‚

      Delete
    3. Berarti corsx whitening ini gak ngefek kah buat ngilangin bekas jerawat?

      Delete
    4. hmm Fidi, cosrx whitening bisa untuk ngilangin bekas jerawat. :) tapi memang proses ya :) jadi mesti disabarin :)

      Delete
    5. Oke kak.. Thanks banget lho djwab smua pertanyaanku..
      Pernah nyoba beauty water son&park gak kak? Banyak banget di olshop2 sekarang..

      Delete
    6. hahaha , nah . ini dia .. aku juga pingin coba .. tapi uda kebanyakan pake produk .. jadi nanti dulu deh kayaknya .. ngabisin yang ada dulu :)

      Delete
    7. Hehe.. Ak juga pengen coba, tapi ntar nunggu ada yang review smpe biking ngiler dulu ah.. Butuhnya lagi nyari essence sama serum yang cocok

      Delete
    8. hahaha .. gosip2nya son&park ini andalan banyak artis korea . haha :) memang sih bikin ngiler banget

      Delete
    9. Nah iya kak, yang bikin tertarik itu katanya son&park itu make up artis terkenal disana.. Hmm jdinya penasaran.. Tp beauty water itu sama gak sih sama toner kak?

      Delete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Hai kak mau minta saran dong...

    Aku selama ini pakai sabun kojie san dan cream malam kojie san.

    Sekarang baru beli cosrx yang power liquid BHA, benton snail essence dan cosrx overnight spa mask.

    Bagaimana urutan pakainya? Dan apakah tetap boleh memakai kojie san? Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rachmi.. selama kamu pake kojie san gimana responsnya ?
      aku sih belum pernah pake kojie san untuk wajah .. selama ini untuk badan .. karena dia kan acidic juga .. isinya kojic acid kan ya.

      seharusnya ga boleh dibarengi dengan BHA karena sama sama acidic. nanti kamu over exfoliate. :)

      urutan cosrx :
      1. liquid bha ( 2-3 hari sekali aja dulu )
      2. benton snail ..
      3. cosrx overnight mask.

      Delete
  24. Hai, ko. Nanya ya, sebelum exfoliasi itu harus ngapain dulu? Setelah exfoliasi pake itu perlu dibilas ngga ya? Dan kalau punya serum vit. c (OST C20) itu ngga boleh dipakai dulu ya? Kira-kira boleh dipakai lagi kapan? Serumnya... Besoknya boleh? Maklum belum pernah ngelakuin exfoliasi kaya gini jadi pingin nyoba T_T .. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lavenia, kamu belum pernah exfo sebelumnya ?
      kalau belum , aku sarankan, kamu lakukan test patch di belakang lengan, atau di belakang telinga kurang lebih 1-2 minggu . untuk memastikan kamu gak alergi dengan AHA atau BHA product yang akan kamu gunakan.

      Sebenernya fungsi OST 20 dengan AHA BHA product sama aja Lav. Kamu cocok dengan OST 20 ? kalau cocok, diterusin aja OST nya . Gak perlu coba AHA atau BHA lagi.

      kalau kamu mau coba AHA dan BHA dan selang seling dengan OST , saranku, untuk AHA/BHA coba 1 kali seminggu dulu. kalau aman, 2 kali seminggu. pada saat menggunakan AHA/BHA tidak perlu menggunakan vitamin c serum sama sekali. semua hanya digunakan malam hari saja. kalau setelah menggunakan AHA/BHA kulitmu agak memerah, skip 1 hari sebelum menggunakan vitamin c serum lagi.

      jadi ide utamanya adalah : kita benar2 menjaga , agar, jangan sampai kulit kita over exfoliate.

      tapi kembali lagi , bahwa sebenernya kalau kamu cocok dengan OST , kamu ga perlu menggunakan AHA atau BHA lagi.

      Delete
  25. hi Adit, mau nanya lagi nih :)

    aku kmrn ini sempet pake AHA 7 Whitehead Power Liquid sama BHA Blackhead Power Liquidnya COSRX malam hari, tp pas paginya kulit aku jadi berminyak banget di area dahi dan pipi kanan kiri, itu reaksi normal atau gmn ya? baru pertama kali pake juga sih.

    Sebelumnya aku juga sempet pake AHA/BHA Tonernya COSRX untuk malam hari.

    Mohon infonya ya, Dit. Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Wulan, power liquid itu ga bikin berminyak sih seharusnya :) karena dia bener2 acid aja isinya, ga ada mineral oil, etc.

      hmm, sebelum dan sesudah kamu menggunakan power liquid itu kamu mengggunakan apa ?
      biar aku coba kira2 apa yang bikin berminyaknya. :)

      Delete
    2. Sebelumnya cuma abis cuci muka aja sih, nggak pake apa2 dan sesudahnya juga nggak pake apa2. tp di hari sebelum2nya aku lagi rutin pake COSRX AHA/BHA Toner, Innisfree green tea seed serum & snail essencenya cosrx juga.

      terus sebenernya pake AHA dan BHA power liquid itu seluruh muka atau satu spot aja ya?

      Thank you :)

      Delete
    3. Hoo, gitu ..
      hm, memang sih , kadar minyak itu bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya : kopi , sugar / karbo , stress, hormon , selain produk2 yang kita pakai. jadi mungkin salah satu dari 4 faktor itu juga, bisa jadi. :)

      btw, power liquid, normalnya dipakai sewajah. tapi, konsekuensinya, kalau purging, jadi agak ekstrim, kalau kamu takut purging skali jadi, saranku, kamu gunakannya per spot2 dulu, misalnya, kalau banyak komedonya di hidung, hidung dulu.. setelah purging di hidung, lalu ke spot lainnya, misalnya di dahi , spt itu. dengan cara itu, memang proses purgingnya lebih lama, tapi paling tidak gak purging sekali jadi :)

      Delete
  26. Haii adit, salam kenal. Mnta saran dong, kulitku kombinasi niih dry skin tp oily di daerah T zone, kadang berubah2 juga kondisi kulitku, kdang dihidung terasa kering bgd smpe ada kulit yg ngelupas halus. Slma ini ak pke skin care korea yg berlayer2, ak lagi pake cosrx AHA whitehead seminggu 2x selama 1bln tapi ak blm ada hasil, whitehead msih ajeg didaerah hidung,no progress sma sekali,klo ak trlalu keras gosok hidung pke cosrx Aha kulit sekitar hidung jadi kering bgd. Skrg lagi ak naikin 3x seminggu, seminggu 2x ak exflo pke scrub skinfood black sugar buat pysical exfoliat. Klo ak mau nmbah pke cosrx bha kira2 ntr over exfoliat ga ya dit? Atau prlu dibarengin cosrx clarifying toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Renny :)

      hmm, whitehead di hidung memang semua orang pasti ada :) termasuk aku juga pasti ada :)

      saranku , ga perlu ditambah lagi :) takut over exfo ..
      hmm, coba aja rutinin dengan rutinitas kamu sekarang , sampe 2 -3 bulan lagi. kalau masih spt ini, berarti habit kamu ada yang mesti berubah : misalnya , suka minum kopi or sugar ga ?

      Delete
  27. Hii ka adit salam kenal,:)
    Aku mau nanya ka aku lagi nyari produk yg bagus buat blackhead aku tipe kulit aku kering ka aku lagi bingung2ny pilih CrosX atau Benton itu ka . Kalau buat kulit kering kaya aku CrosX bhanya bikin purging gk ka kira2 ? Selama ini produk yg aku pakai CrosX yang essence snail itu sama benton snail bee buat yg creamnya ka alhamdulillahnya gk ada purgin2 atau apapun ka malah ngeefecr di kulit wajah aku tapi ka waktu aku pakai yg toner AHA/BHA crosx itu malah kaya purging jerawat kecil gitu tapi belum jadi jerawat tapi udah kelihatan jadi aku berhentiin make nya ka . Kira2 kaka punya saran gk buat aku ka bagusnya make yg mana ? Makasih ka sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nuril, utk proses mengeluarkan blackhead atau whitehead memang biasanya purging dulu. :) aha atau bha produk dari brand mana pun prosesnya sama. :)

      Delete
  28. hai ka adit, seneng banget ketemu blog ini karena dari setiap komenanya selalu di bales. aku mau minta saran ka, aku pengen lepas dari obat dokter karena gak ada perubahannya di wajah ku. aku punya kulit muka sensitive banget, mudah timbul pimples gtu di dahi dan T zone, pori pori ku juga besar dan wajahku berminyak. aku lagi mulai mencoba untuk lepas dari produk dokter, bertahap si ka sekarang aku cuman pake cuci mukanya aja dan tertarik dengan produk cosrx ini. tapi aku binggung untuk tipikal kulitku aku harus beli yg mana ? saranya dong ka


    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Evi, kamu umur berapa ?
      kalau mukamu sensitif banget, kamu harus hati2 coba produk. bahkan utk cosrx pembersih wajahnya : low ph cleanser , mengandung tea tree oil, yang untuk bbrp orang yang kulitnya sensitif, malah bikin muka merah2. :)
      saranku, untuk pembersih wajah, kamu coba klairs gentle foam cleanser aja . dia memang bukan utk mencerahkan, bukan anti acne juga. tapi pure sebagai cleansing agent.

      kalau utk produk cosrx, kamu bisa start dari snails essence, dan aloe vera oil free cream. utk masknya, overnight mask. tonernya : centella toner.

      aku agak khawatir kalau mau rekomendasikan BHA atau AHA product karena kulitmu yang sensitif.

      Delete
  29. haiii ka aku mau nanya dong
    jenis uka aku tuh cenderung super oily,tapi jarang jerawatan paling kalau lg dtg bulan aja muncul 1 but muka ku banyak bangettt komedo putihnya dr mulai di dahi, hidung, pipi, dagu, bahkan disekitar bibir pun ada pdhl udah aku pencet pake alat buat komedo eh malah membekas kyk bekas jerawat nih pipiku (komedonya pun tetap balik). sampe aku tertarik sm produk cosrx lebih baik yg AHA 7 Whitehead, BHA Blackhead powerliquid, AHA/BHA toner, atau BHA asol yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Celine, kalau memang faktornya karena hormonal ( ex: datang bulan ), kamu menggunakan AHA atau BHA pun pasti akan sama sama aja :) . Jadi yang mesti di overcome adalah : gimana caranya agar pada saat datang bulan, hormon kamu ga terlalu bergejolak gitu kali ya ? i datnah, untuk masalah ini, aku ga terlalu paham. mungkin kamu mesti konsultasi ke ahli gizi ? atau dokter yang specilist nya di masalah hormon misalnya :) itu akan lebih efektif soalnya sudah clear bahwa penyebab jerawatnya lebih kepada aktifitas hormon

      Delete
  30. Hai dit, mau tanya, masalahku sekarang mau menghilangkan bekas jerawat yang menghitam. Aku bingung lebih baik coba ost vit c serum atau cosrx aha 7 whitehead ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Kiki, bekas jerawatnya aja ? sudah menghitam ? ga ada yang masih pink ? masih ada jerawat2 aktif ga ?

      kalau masih ada jerawat aktif , better fokus ke jerawatnya dulu.
      kalau tidak ada jerawat, tapi masih banyak yang pink2 .. jangan pake apa apa dulu karena kulitnya masih sensitif.

      kalau uda ga ada jerawat, tinggal bekas item, sebaiknya kamu beli spot treatment aja. atau kamu gunakan vit c serum, tapi hanya di bagian yang menghitamnya aja. karena kalau dipake semua semuka, takutnya purging.

      aha 7 tidak recommended untuk yang kulitnya tend to acne prone. better vit c serum aja sih kalau menurutku :)

      atau kamu bisa coba red serum. lebih gentle untuk kulit acne prone, dan bagus utk mengurangi bekas :)

      Delete
  31. Halo kak..tolong ksh tau tahapan pakai..soalnya q beli lengkap semua produk corsx nya...trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Citra .. kamu beli apa aja ? boleh share?
      aku bantu urutin .. :)

      Delete
  32. Haii kak, seneng bgt nemu blogmu.cz q awam bgt untuk mslh skincare kyk gni.
    Q lg mw nyoba korean skincare,tp masi bingung.
    Kondisi muka q berminyak parah dskitar Tzone,tp kl dpipi gak trlalu,tp dbawah mata kering (bingung kan?).trs pori2 besar bgt.beruntusan kecil2 kl lg kurang tidur j,n jerawatan kl mw dtg bulan.ada bekas jerawat n bopeng.kulitq bisa dblg sensitif gampang merah2.tiap pk produk yg ada whiteningna pasti merah2,perih n trklupas.makanya slama ini gak perna pk yg buat mutihin.cz takut.
    Skg q cm pk gentel skin cetaphil,moisturizer cetaphil.n malemnya cm pk aloe soothing gel holika.oia q jg gak bs pake yg ada alcoholnya.cz nimbulin bruntusan.
    So..tlg bantu gw produk apa aja yg perlu q pake.thanks b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Wahyuningtias, :)
      kamu uda pernah coba snail ?

      Delete
    2. Dulu bgt sktr 5th lalu perna nyoba produk yg ada snail na gt,lupak nama produkna apaan.cocok kok,mukaq jd kenyal.tp awal2 pk sempet bruntusan kecil2 tp stlh 2mnggu mukaq jd mulus gt kak :)

      Delete
    3. nah, sebenernya snail ini recommended banget koq Tias.
      coba lagi deh :)

      Delete
    4. Jd menurut kakak q bs mulai lg pk Cosrx yg Advanced snail 96 mucin power essence y?untuk toner gmn y kak??

      Delete
    5. iya :)
      tonernya km dapat coba galactomyces atau centella

      Delete
  33. HI adit salam kenal! kebetulan lagi nyari-nyari info lebih tentang cosrx aha/bha toner ini karena aku baru banget nyoba rangkaian skincare korea. Nah, 2 minggu lalu karena kebelet pengen nyoba, aku beli lah rangkaian skincare korea. Karena kulit aku tuh di oily/kombinasi jadi aku pilih cosrx aha/bha toner kemudian dilanjut sama cosrx summer pore minish serum (karena pori2 aku besar). Setelah 2 minggu pemakaian, muncul beruntusan dan jerawat kecil di pipi sebelah kiri, dan di jidat. ini termasuk purging apa gimana ya.. bingung juga ini bener emang purging apa breakout karena pemakaiannya aku mix pake benton snail lotion + mizon snail all in one repair cream.. atau seharusnya emang produk cosrx aha/bha ga cocok dikombinasiin sama produk benton dan mizon snail? thank you sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi DArista, kalau lihat history nya, kelihatannya memang kamu lagi purging. karena pore minish serum juga kan ada BHA nya. :)
      tapi, aku memang bleum pernah combine mizon snail dengan benton dan cosrx.
      walaupun, cosrx dan benton aku pernah , dan aman aman aja :)

      kalau kamu penasaran apakah purging atau bukan, coba aja kamu stop2-3 hari. kalau di stop kemudian beruntus nya mereda , berarti kelihatannya kamu breakout.

      Delete
  34. Halo, seneng banget baca blog kamu karena banyak membantu untuk mengatasi jerawat dan bekasnya. Tipe kulitku berminyak dan acne prone, termasuk sensitive jg (kalo ga cocok sm 1 produk, langsung jerawat keluar dimana-mana). Setelah gonta ganti skincare akhirnya aku nemu produk yg setidaknya ga bikin jerawatan. Skincare routine aku sekarang adalah cuci muka (sabun erha/oatmeal)-avene thermal spray-hadalabo gokujyun lotion-hadalabo gokujyun milk. Nah aku baru beli cosrx low ph good morning cleanser dan sample aha 7 power liquid sm bha power liquid (beli lgsg aha dan bha biar ga perlu beli lagi hehe).
    Nah sekarang aku bingung mending cobain aha atau bha dulu? dan urutan skincare routine aku gmn? aha/bha dulu baru toner?apa sebaliknya?

    ReplyDelete
  35. hi Nisrina, penggunakan produknya toner dulu baru produk selanjutnya.
    tapi kamu pake aha atau bha mungkin akan purging dulu lowh. gpp ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai adit, aku akhirnya kmrn nyobain cosrx aha sekitar 2 hari yang lalu. Sebelumnya emang udah wanti2 kalo akan purging karena aku emang banyak komedo dan jerawat yang mendem di dalem gitu. Dan emang bener, sekarang jerawat jd banyaak bgt padahal sblmnya kulit udh mendingan tinggal bekasnya aja. Aku baca-baca kalo emg jerawatnya di tmpt yang biasa jerawatan itu purging, bener kan ya? soalnya emang ini ada di tmpt yang aku jerawatan dan komedo, sekitar mulut dan pipi kanan. tipe jerawat yang keluar juga jerawaat yang ada mata/putih2 gitu. Sebaiknya aku lanjut pemakaian 1x seminggu apa bagaimana ya? dan itu aku nyobainnya aha, apa benar? atau harusnya aku coba bha untuk pemakaian selanjutnya? terimakasih!

      Delete
  36. Hallo ka Adit, aku untuk pertama kalinya mau nyobain skincare krn aku baru aja lulus SMA dan menurut aku sudah waktunya merawat kulit aku. Aku sempat review sana sini produk apa aja yg cocok dgn jenis kulit aku yh tipenya kombinasi dan aku sepertinya tertarik sama cosrx jd sebelum beli produknya aku pengen nanya soal urutan dan jadwal pemakaian skincare (apa aja yg boleh dipakai setiap hari dan apa aja yg ga boleh). Tadi aku juga sempat baca komen kakak di salah satu pertanyaan which is kalo senin kakak pke produk A, selasa produk B, rabunya off. Maksud kakak yg off itu apakah ga pake skincare sama sekali atau hanya pakai beberapa saja? Maaf ya kakak kalo kedengarannya norak, aku newbie dan sumpah confuse bgt soal urutan dan jadwal ini. Sebelumnya makasih ya kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tia,
      maksudnya, yang selang 2 hari sekali itu, kalau produknya mengandung exfo agent seperti AHA / BHA atau vit C . sisanya sih yang lain rutin pagi sore :)

      Delete
  37. Halo kak adit, aku baru beli share in jar cosrx aha/bha, aha7 sma snail essense. Ini urutan pkainya bagusnya gmn ya utk tonernya? Aku bru mau mulai pk exfoliate toner ni, kulit muka aku tipe oily

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ami, exfo toner mu apa ?
      toner aha/bha cosrx itu juga exfo toner soalnya.

      urutannya :
      toner, snail essence .

      aha 7 itu sebenernya occasionally pakenya 2-3 hari sekali . malam hari aja. setelah toner. tapi mungkin purging loh ? gpp ?

      Delete
  38. Kalo mlm make aha 7, apa msh hrs pake cosrx aha/bha kak? Aku baru mulai pk exfo toner kak, beli yg aha/bha dr cosrx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ami, sebelumnya kamu pake Aha 7 uda berapa lama ?

      aha/bha toner dia sebenernya kandungan aha/bha nya ga banyak . yang jadi fokus aku justru si aha 7 nya . kamu purging ga pake aha 7 ? aha 7 sebaiknya gak dipake tiap malem, 2-3 hari sekali aja cukup.

      kamu punya 2 toner ? sebaiknya, kalau kamu mau pake aha 7 dan kamu takut over exfo, tonernya kamu pake yang netral atau yang hydrating aja .

      Delete
    2. Bru aj jg kak pk aha7. Ini abis make aha 7 d hidung ada muncul brutusan, ga bnyk sih, wajar ya? Aku abis pke aha 7, abis tu pake lotionnya hadalabo buat hydrating, bnr aj kan kak?

      Delete
    3. hi Ami, aha7 memang bikin purging, tapi selama purgingnya di daerah yang memang sering berjerawat , seharusnya memang prosesnya seperti itu. :)

      hadalabo aku blum pernah coba. tapi memang urutannya exfo dulu, baru hydrating.

      Delete
    4. Halo kak mau review ni, pas pake aha 7 whitehead utk yg kedua kalinya, muncul brutusan d bagian yg ga prnh brutusan sblmnya. Itu breakout bukan?

      Delete
    5. iya ami .. kemungkinan besar itu breakout kalo muncul di daerah yang ga pernah bruntusan sebelumnnya. beruntusannya ada isinya ga ?

      Delete
  39. Mau tanya2 nih ..jenis kulit sy berminyak n berjerawat..bbrpa ini sy lg coba pake produk Sk II,tp rupanya jadi bruntusan di pipi dan dahi parah bgt.

    Sy sdh stop pake produk sk ii ,tp bruntusannya ga ilang2😒😒

    Jenis kulitku memang berminyak n gampang berjerawat..

    Sdh coba produk skincare dr jafra trs sk ii,dan terakhir memang jerawat2 gede2nya sdhbjarang muncul tp ko bruntusan komedo n whitehead tambah byk😒😒

    Minta saran kira2 produk skincare korea apa yg bisa mengatasinya

    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hi, kamu pake sk2 nya apa saja ? FTE nya aja atau gimana ?

      Delete
  40. Halo kak mau tanya.. Aku newbie nih di dunia skine care wkwk kulitku normal to dry.. Jarang bgt ada beruntusan/jerawat, tp aku ngerasa agak kusam aja gtu.. Nah pengen cobain exfo toner (sebelumnya aku belum pernah pake toner, plg make pelembab aja) kira2 exfo toner yg cocok buat aku apa ya? Apa hrus mulai dri yg plg mild dulu yaitu cosrx aha/bha clarifying toner? Sma merk hydration toner yg ramah kantong apa ya kak? Trus enaknya aku pake essence apa? Wkwk maap bnyak bgt pertanyaannya.. Makasih kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Aprilia.. hmm, maaf baru balas. aku di tapanuli kemarin seminggu.

      kamu mau exfo toner ? tapi kamu siap purging ga ? takutnya purging dan kamu kaget. kalau yang ramah di kantong, kamu bisa coba mizon. yang aha bha toner deh :)

      Delete
    2. Purging gimana kak? Keluar bruntusan? Kemarin akhir agt aku coba mini size nya aloe bha nya benton trus keluar bruntusan :( trus aku coba hada labo yg gokujyun ilang bruntusannya kak, trus aku masih penasaran sma benton itu aku coba lg bruntusan lagi, itu brarti aku ga cocok sma benton apa itu efek purging kak?

      Delete
    3. hi .. itu purging. karena aloe Benton ada bha nya. kemungkinan purgingnya besar . :)
      tapi kalau kamu takut purgingnya, jangan diteruskan. :)

      Delete
    4. Dan sekarang bruntusannya gabisa ilang kak.. Aku coba pake NR aloe Vera jg 3hr kok malah ada sensasi gatel dan perih ya pdhal bnyak yg blg dia Bagus buat ngilangin bruntusan jd saya penasaran kenapa ya kulit saya jd gini pdhal sebelum coba2 skin care malah baik2 saja :((

      Delete
    5. nr aloe vera dia agak gatel2 karena memang aloe vera agak gatel2 gitu kalau di pakai. jadi kalau kamu beli aloe vera asli di supermarket, kamu aplikasi kan ke wajah, itu memang agak stingy dikit gitu sebentar.

      itu reaksi normal koq.

      Delete
  41. kak mau tanya dong, ekfo toner yg bagus buat kulit berminyak dan sensitif itu yg seperti apa?
    Bagusan AHA/BHA Clarifying Treatment Toner atau BENTON - Aloe BHA Skin Toner

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi vivi, hmm, exfo kamu pernah coba sebelumnya ?
      kalau belum, kamu coba mizon aja dulu yang aha bha toner.

      Delete
  42. hi dit suka banget nih baca blog km ngebantu banget. mau tanya dong kalo aku ada produk mizon aha/bha toner, klairs toner sm cosrx a-sol urutannya gmn ya? itu dipake tiap hari atau brp kali aja dalam seminggu? thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. tipe kulitku oily acne-prone. aku baru lepas cream dokter dan lagi nyoba produk korea kurang lebih sebulan ini tp masih suka bingung urutan setelah cleansing dan make produknya yg bener gimana

      Delete
    2. hi dian .. thanks uda mampir2 .

      kamu gunakan aha / bha toner . malam hari aja.
      tunggu 10-15 menit . lanjut engan klairs toner.
      a solnya, kalau aku , aku pake cotton bud, aku titik kan ke puncak jerawat.
      gitu :)

      Delete
    3. makasih udh dijawab ya.. tp kalo pake aha/bha daily bisa dibarengin sm produk yg mengandung bha lagi atau serum vit c & serum whitening ga?

      Delete
    4. osebaiknya jangan digabung2 nanti over exfo :)
      better di seling harian :)

      Delete
  43. Hai adit. Thanks for your blog ya. Lumayan dapet pencerahan nih jadinya.
    Kulitku berminyak dan acne prone nih.
    Jadinya hiperpigmentasi gitu krn bekas jerawat nya. Hiks.
    Trs aku sekitar 3 bulanan ini nyoba sk II fte dan lumayan mudarin, tp jerawat nya masih suka nongol sih.. Sama banyak whitehead di dagu dan hidung.
    Skrg lg pesen WSCL dan RNA nya SK II juga, trs lg order share size dear klairs vit.c serum sm AHA power liquid (masih bs dibatalin). Ada saran ga urutan pakenya gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Siti :) hmm , kamu pernah menggunakan WSCL dan RNA sebelumnya ?
      karena RNA setahuku dia ada shea butternya ya ? aku pernah coba tapi malah jadi super oily dan jerawatan. akhirnya aku stop.

      AHA power liquid saranku jangan dulu. better coba pimple pad aja .
      persentase BHA nya lebih rendah jadi kulitmu gak kaget.
      malam hari aja pakenya.
      setelah itu tunggu 20 menit, baru kamu gunakan vit c serum.

      saranku, daripada kamu gunakan wscl dan RNA kamu coba aloe vera produ t atau honey overnight cosrx aja. karena ga ada aneh2nya. paling enggak , ga ada shea butter. shea butter itu utk kulit kering :)

      Delete
    2. Wah reply nya cepet. Thanks dit. :)

      Wscl td malem perdana aku coba, trs tambah FTE. Pagi ini yang aku rasain pas bangun tidur sih ga oily tp ga kering juga. Moga2 ga break out.
      Nah kalo RNA rencananya minggu depan baru mau aku tambahin ke skincare routine aku kalo yang wscl nya udah oke dan ga bermasalah d kulit.
      RNA nya aku beli sample size sih, 2.5gr gitu. Kalo ga cocok jadinya ga sayang kebuang. Hehehe

      Minggu lalu aku nyoba aloe vera mask sheet rorec sm aloe vera nya nature republic. Nah entah kenapa besokannya koq muncul jerawat 2 biji gitu. Bingung deh padahal aloe vera hrsnya bikin kalem jerawat bukannya yah.

      Mana aku beli yg full size 300gram, lg mikir2 mau nyoba lagi, tapi sayang banget kalo dianggurin secara banyak banget.
      Aloe vera bagusnya dipake setelah toner dan fte atau sebelum ya?

      Untuk dear klairs serum vit.c berarti masih oke ya dicoba? Pakenya stlh toner dan fte? Atau better ga dicampur? Jadi fte pagi, vit.c malam?
      AHA nanti aku cancel deh, ganti pimple pad.

      Thanks sarannya.

      Delete
    3. hi Siti, coba cek di aloe vera mask nya . :) takutnya ada zat tambahan seperti parfum misalnya ?
      menggunakan aloe vera di bagian akhir Siti.
      jadi setelah semuanya, sebelum cream.

      Delete
    4. Hai adit, sesuai saranmu aku nyoba share in jar COSRX one step pimple clear pad, dan aku sukaaaaa...skrg udah beli full size nya nih.

      sempet juga nyoba share-nya klairs freshly juice, lumayan ngebantu juga tapi gak yang wow banget yah, tp aku agak kurang sabaran, jd stlh habis, aku pengen nyoba yg persentase vit C nya lebih besar. :D

      cuma stlh aku pesen share size nya by wishtrend pure vitamin C 21.5 advanced serum, pas nyampe trnyata sudah agak menguning gitu, ga bisa kayaknya beli vit.c klo lokasiku masih jauh gini dr ibukota, kelamaan di jalan jadinya oxidize. hiks...

      untuk toner, udh pernah coba klairs supple preparation toner dan etude house wonder pore freshner, skrg lg coba Benton aloe BHA skin toner share size, tapi aku bingung sebenernya habis pake aloe BHA toner itu perlu hydrating toner lagi gak sih?
      kalo iya, ada rekomendasi hydrating toner gak?
      atau antara klairs supple preparation toner dan etude house wonder pore freshner, lebih bagus mana untuk hidrasinya?

      terus aku nyoba snail essence nya benton juga, so far so good, alhamdulillah aku cocok-cocok aja pake produk yang ada snail-nya. malah beberapa orang (tetangga dan rekan kantorku) bilang wajahku sudah jauh lebih baik dari beberapa bulan yang lalu.

      kalo setelah snail essence kutimpa lagi dengan benton snail bee high content skin lotion atau steam cream nya gimana dit?
      karena kupikir bakal lebih nampol kalo skalian aja aku pake 1 rangkaian dari benton semua...

      satu lagi ya..semoga kamu gak bingung krn aku banyak nanyanya. hehehe
      untuk exfo mingguan nih, aku takut purging, tp semalem aku baru notice kalo banyak blackhead di sekitar hidung dan bahkan di area cupid's bow. jadi skrg apakah aku sudah bisa pakai BHA liquid power untuk 2-3 kali seminggu?
      apakah pakainya daerah T-zone aja atau langsung seluruh wajah ya dit (setelah test patch)?

      kalo bisa,diselipinnya dimana di regime aku?

      skincare regime aku:
      AM : FW, Benton aloe BHA skin toner, hydrating toner (ini masih galau dan krn pas lagi kosong juga), Benton Snail bee essence, benton snail bee lotion (tapi kadang aku skip karena ngerasa jadi berminyak banget mukaku stlh beberapa jam), sunblock.

      PM : double cleansing, COSRX one step pimple clear pad, hydrating toner (tp lagi kosong skrg, gak kuisi dengan Aloe BHA skin toner lagi karena takut over exfo), benton essence, benton lotion/steam cream, NR aloe vera, sheet mask (kadang selang seling sama COSRX ultimate nourishing rice overnight spa mask, untungnya cocok aja di aku dan ga bikin berminyak di pagi hari).

      udah bener belum ya urutannya, dit?

      satu lagi dit (janji deh ini yg terakhir, hehehe), aku lagi nyari eye cream karena finelines sudah mulai terlihat di bawah mata aku, SK-II FTE Eye atau SK-II RNA power eye cream kah?

      thanks banget atas saran-sarannya ya.
      baca2 review dari blog ini racun banget, bikin pengen beli semuanya. :)

      Delete
    5. haiii Siti .. aduhh .. ahha aku coba balas satu satu ya :)
      sori nih,, aku skrang blogger di block dari kantor ..jadi slow response banget .. :(

      1. iya habis bha toner, better pake hydrating toner. kasi jeda 10-15 menit an paling enggak. aku prefer klairs :)
      2. Benton snail kamu jangan pakai yang cream. karena cream ada fatty alcoholnya, ga suitable untuk yang acne prone.
      saranku, stop sampe essencenya aja dulu :)
      3. kalau memang komedo nya spot2 .. better pakein di spot yang ada komedonya aja dulu siti.. jangan sewajah2 .. takutnya purging sewajah nanti pusing..
      4. yess .. lotion snail dan cream itu lengket banget. aku juga ga pakai. karena gak suitable untuk acne prone skin.
      5. urutannya uda bener. :)
      6. eye cream .. to be honest. ga ada yang bener2 bangus banget. jadi syg duit beli eye cream karena isinya samaa2 aja. kalau aku biasanya aku tamplokin aja essence snail agak tebel di bagian mata sebelum tidur. haha .. malah lebih nampol :)

      semoga membantuuu :)

      Delete
  44. Hai ka adit :) salam kenal ya

    Aku mau tanya2 seputar skin care rutin aku kira2 sudah benar blm ya menurut kaka karena aku punya tipe kulit cenderung berminyak apalagi daerah t zone trs jg acne prone apalagi di jidat bagian atas mungkin jrn aku pakai hijab daerah situ sering bgt berkeringat/berminyak ga ngerti jg aku tp sering disitu sampai bekas nya item2 ka bandel bgt ilangnya :(, dan banyak bruntusan putih yg kalau di pencet keluar kyk nasi tp bening kdg putih jg ka (ini whitehead ya kan ka?) di sekitar jidat antara alis, di pipi kiri kanan, menurut kk rekomendasi produk yg pas buat aku apa ya ka?

    Btw aku udah pakai cosrx bha a sol selama 2mingguan ka tp aku ngerasa yg tadinya mukaku alus jd muncul banyak bruntusan semacam whitehead yg td aku bilang itu.. apakah ini purging ya ka? Tp emg sih jd gampang bgt keluarnya cm bikin gapede kalo pake make up jd banyak yg nonjol kecil2 gitu bumps2 terutama di jidat dan pipi... apa yg salah ya ka??

    Mohon dikoreksi ya ka, ini aku share dikit skincare rutin aku :
    1. Facial wash tbs seaweed
    2. Cosrx natural bha a sol (dipakai pagi dan malam tipis menggunakan kapas)
    3. Tbs aloe toner (dipakai pagi malam setelah bha a sol)
    4. Serum innisfree green tea seed
    5. Essence benton snail high content
    5. Cosrx BHA blackhead power cream (dibagian yg beruntusan aja)

    Dan aku gak lupa kalau pagi sblm pakai makeup itu sunscreen skin aqua dahulu

    Menurut kk gimana? Mohon koreksi nya ka kl keliru :’)
    Karena aku galau ini harus aku terusin atau harus ada yg di eleminasi diantara mereka karena aku melihat kok muka ku gak ke arah positif :( aku galau ini purging, breakout atau aku alergi ya dr salah satu produk tsb?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      boleh aku koreksi ?
      kamu terlalu sering menggunakan bha asolnya .
      bha asol itu, hanya di gunakan 2-3 hari sekali.
      kalau mau tiap malemnya hanya di bagian yang ada jerawat.
      jadi jangan pagi malam :)
      nanti over exfo.

      coba kamu skarang menggunakan a solnya di kurangi dulu ya.
      malam hari kamu gunakan cotton bud, titikkan di daerah yang berjerawat atau beruntusan.
      2-3 hari sekali baru digunakan sewajah :)

      Delete
  45. Hai. Aku pake sabun kojie san, lotion hadalabo, ost c 20, whitening milk hadalabo, dan cream whitening hadalabo(tp ini jarang), nah skrg baru beli cosrx bha power liquid. Muka ku normal, tp disekitar hidung ada komedo makanya mau coba bha power liquid itu, tp bingung urutannya gmanaa.. pake ost c20 ini baru sekitar harian, sebelumnya 4bulanan pake probio c yg dosis vit c nya 10%

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi meitry, saraku kamu better jangan tambah lagi dengan power liquid.
      kamu uda kebanyakan acidnya. kojie san kan kojic acid, lalu ost 20 kan vit c ascorbic acid. sebenernya uda cukup loh. :)

      Delete
  46. Hai kak.. Wajah aku berminyak dan beruntusan di sekitar jidat dan pipi , komedo juga dan pori2 besar..aku mau coba corsx aha/bha tp bingung yg toner atau bha power liquid..nah 1 lg nih yg bikin bingung sesudah pakai toner urutannya pakai apa kak..thx sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, saranku kamu coba dari clear pad dulu , terutama kalau kamu belum pernah menggunakan exfo agent. :)
      karena clear pad persennya kecil. jadi kulitmu ga kaget. :)
      pemakaiannya setelah cuci muka, lalu clear pad. tunggu bentar 15 menitan, lalu toner hydrating gitu :)

      Delete
  47. Hai kak adit, aku udah pake cosrx aha/bha tiap malam terus aku pake hydrating toner dari viva tapi diwajah ku biasa aja sih kak. Cuma agak halus dikit. Wajah ku berminyak, berjerawat dan pori porinya besar. Dan rencana nya sih mau ganti benton aloe BHA skin toner mau aku pake pagi dan malam hari lalu langsung pake snail essence cosrx kalau gak innisfree green te a seed serum

    Menurut kakak gimana ? Kalau aku pakai benton aloe bha skin toner pagi dan malam hari tanpa pake hydrating toner lagi ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu pake hydrating toner viva nya yang mana ? sudah di cek di cosdna ? setahuku viva kandungan alkoholnya tinggi banget.

      sudah pake berapa lama febe ?
      aku ga pernah pake Benton bha skin toner, karena aku cocok dengan cosrx clear pad atau aha/bha .

      tapi in general, kalau kamu pake exfo toner, kamu wajib pake hydrating toner.

      Delete
  48. halo kak , kulit muka aku kadang kering kadang oily di bawah mata suka agak kering .dan pas kering jadi kyk ada garis halus gituuu :((( + agak kusam. tapi ga jerawatan sih .dan gak sensitif . aku mau coba pakai Cosrx
    Galactomyces 95 Whitening Power Essence . kira kira kalau pakai itu saja abis cuci muka bagus ga ya? atau aku harus pakai toner juga ? sekalian untuk komedo . cosrx toner mana yang cocok ya kak? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. sebaiknya memang harus menggunakan toner.
      karena toner fungsinya selain mengangkat sisa sabun, juga membantu mempersiapkan kulit untuk persiapan selanjutnya.

      toner ada 2 :
      hydrating toner dan exfo toner. jadi biasanya gunakan exfo toner dulu baru hydrating toner.


      yang biasa aku gunakan kalau untuk hydrating sih belakangan ini nuxe.
      tapi kalau untuk exfo nya aku gunakan clear pad :)

      Delete
  49. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  50. Hai kak adit, mohon sarannya ya kak. Dlu ak pake krim doktr, stelah lepas dr krim tsb muncul jrawat di seluruh wajah tp skrg sudah mulai berkurang, munculny saat mau period aja kak. Skrg ak rutin pake sabun muka tea tree facial wash the body shop dan pelembab olay intensif whitening aja. Tapi minyak wajahku ttap banyak dan mukaku kusam. Untuk pori2 msh membesar tp ga sebesar dulu kak mgkin krna tea tree fasial washnya. Saran donk kak, skincare korea yg cocok, rncanany mau coba cosrx ato benton tp bingung mau mencoba yg mana. terimakasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. sri.
      sewajahnya bener2 sewajah atau gimana?
      kaerna kalau bener2 sewajah, sebaiknya ke dokter. tapi cari dokter yang pas. jerawat sewajah kategorinya sedang ke agak parah. jadi gak akan efektif dengan skincare . harus sambil dengan obat minum. :)

      kalau kamu mau coba skincare sih, aku biasnya clear pad cosrx, Benton snail, snail cosrx , dan bha a sol nya cosrx untuk spot treatment

      Delete
    2. Jerawat yg sewajah itu dulu kak, skrg udah ga lagi, muncul cm bbrpa pas mau period aja.. skrg tinggal menghilangkan bekas, pori2 gede sm kulit kusamnya..
      Oke kak.. makasih bnyak ya kak.. 😁

      Delete
  51. Tadinya mampir krn mau baca review si benton fermentation, eh ada artikel ttg si Cosrx BHA liquid😊
    Aku sdg pakai si cosrx BHA liquid ini, lg masa purging nih kak, keluar bruntusan sampai jerawat di tempat2 yg memang langganan bgt keluar jerawat klo hormon lg gak bagus.
    Kak mau tanya donk, klo lg pakai BHA boleh dibarengi sm kandungan niacinamide gak sih kak? Krn kebetulan moisturizer yg aku pakai itu ada si niacin'nya. Trs toner aha/BHA harian yg ampuh untuk mencegah blackhead dan mengecilkan pori2 apa kak Kira2? Kulit aku kombinasi, pori2 besar, dan banyak blackhead.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lydia .. :)
      purgingnya gak parah kan tapi ? atau parah ?
      bha boleh . yang ga boleh itu vitamin c serum.

      pori2 besar itu ada banyak faktor, bisa karena pore clogging, oily skin type, dehidrasi bisa, saggy skin, atau genetik.
      nah, kamu penyebabnya apa. pori2 bisa mengecil dengan aha bha kalau kamu jenis kulitnya oily dan ada pore clogged.
      tapi kalau karena dehidrasi, bukan pake aha bha , melainkan menggunakan hyaluronic acid. kalau genetik yang susah . coba kamu perhatikan, papa mamamu porinya gimana.

      tapi paling tidak, toner aha bha membantu kulit kita untuk menyerap skincare yang kita gunakan, karena kulit mati terangkat. :)

      Delete
  52. Sebelumnya Mksh bgt ya kak utk jawaban dr pertanyaan aku..
    Aku dulu taunya ya cuma cuci muka + pelembap aja, kandungannya apa jg bodo amat, percaya dr klaim si produk aja.. Tapi skrg mau tau ttg skincare kak.. Eh pas bgt ketemu artikel2nya kak Adit, berasa kaya kuliah.. Hahaha
    krn biasanya review yg lain hanya sebatas review, tp kak Adit suka ksh informasi2 detail,. Jd sekarang klo ada niat mau beli skincare, pasti stalking ke alamat kak Adit sambil berharap kak Adit udah pakai dan review 😊
    Tp aku msh mau nanya2 lagi nih kak.. hehehe
    Bicara dehidrasi, ciri2 kulit dehidrasi tuh gimana sih kak?
    Aku tuh pori2 besar sejak pakai krim abal2 beberapa tahun silam krn rekomendasi temen, euh nyeselnya ampun2 deh..
    Dan si hyaluronic acid ini bisa didapatkan di brand produk apa kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi LYdia :)
      hahaha .. aduh .. makasih sudah mampir2 .. :)

      jadi malu aku haha .. aku memang tipe orangnya agak detail. haha .. kadang2 bikin capek orang sekitar ku. haha

      hmm, dehidrasi itu tergantung karena penyebabnya dulu.
      jadi , misalnya apakah itu karena kamu kurang cairan tubuh, jenis kulitnya kering, atau dehidrasi karna over exfo.

      kalau over exfo, biasanya kulitnya mengilap seperti ada lapisan plastik di wajah, kelihatan tipis, gampang memerah, dan kalau kepanasan dikit langsung mengeriput.

      kalau karena jenis kulitnya kering, biasanya agak kusam, seperti ada lapisan kulit matinya di wajah, sedikit mengelupas putih2 .

      kalau kurang cairan tubuh, biasanya pori2 nya nganga, :)

      nah, salah satu ciri dehidrasi memang pori2 nya besar bisa juga lyd.

      hmm, HA yang bagus : sebenernya cosrx bagus, cuma agak lengket kalau untuk pagi hari. hylamide bagus tapi agak pricey ( yang botol ungu, aku sedang pakai, review menyusul ), cosrx snail dia ada snail dan HA , menurut ku paling reasonable harganya , dan hasilnya ok :)
      ada lagi sk2 repair C serum, agak mahal dan cepet habis. haha :)

      so, so far sih cobain snail cosrx dulu aja.
      pernah coba ?

      Delete
  53. Hai kak adit. Seneng bgt nemu blog ini ��
    Kak aku mau nanya, aku kan pake toner klairs yg supple preparation toner dan aku pake beta salic. Beta salic itu kan bha ya kak. itu habis toner langsung pake beta salic tuh harus ada jeda dulu atau langsung pake? Soalnya aku jadi ada beruntusan da jerawat di daerah pipi. Dan gini kak jerawat di daerah pipi aku tuh gak ilang" kira" produk apa yg recommend buat aku? Kulitku oily acne prone kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi yolita ... :)
      makasih uda mampir.

      beta salic itu persen bha nya berapa yol ?
      di atas 1 persen cuma boleh digunakan selang sehari lowh. malam hari aja.

      menggunakan tonernya : start dari beta salic dulu, tunggu 30 menit , baru hydrating toner ( klairs ) .
      kalau beruntusan di pipi , kamu sebelumnya sering ada white head / jerawat di pipi kah ? kalau iya, mungkin kamu purging .. yang artinya diterusin pakai yang kamu gunakan sekarang juga nanti lama2 hilang.
      kamu pakai skincare routinenya apa aja?

      Delete
  54. Haii adit, sneng bgt pkokny bacain ripiuu2 kamu ehe.
    Dit muka aku kan banyak bekas jerawat yg merah2, itupun aku rasa krn bekas facial dlu. Waktu msh pake perawatan dokter.
    Skrg yg aku pake msh facial wash dokter bc blom nemu fw yg ccok, trs toner pake cosrx centella, lanjut ke benton snail bee high content essences. Trs aku pake lush mask magnaminty hampir tiap hari, kira2 itu bkin over exfo ga dit? Sjauh ini jerawat jd jrg kluar sih, tp bekas2 merah krn facial msh ada dan kek ngebikin seolah2 wajah jerawatan trs pdhl tinggal bekas merah2 doang, mnurut kamu aku pake produk apa buat ilangin bekas2 merah ny?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Sandra :)
      thanks uda mampir2 ..
      btw, untuk exfo agent , aku sarankan paling sering 2 hari sekali san. :)
      jangan tll sering.

      kalau merah2 .. itu sebenernya karena kulit nya masih baru , tapi belum completely healed, sudah exfoliated lagi. so, kalau kamu masih ada yangmerah2 gitu.. kurangi pemakaian skincare justru.

      hindari exfo cobain deh.. seminggu misalnya.
      sampai warnanya berubah jadi coklat atau hitam. baru di exfo.

      Delete
  55. Hiiii diit...seneng banget bisa nemuin blog INI, Banyak pelajaran Tp Aku punya masalah kulit sendiri, wajahku ga rata dit wajahku normal cenderung kering, bagusnya Aku pake apaa Yaa kl Mau exflo? Sebetulnya Aku Baru coba MisSha time revolution, cosrx whitening power essece, derma e moisturizer. Tp sejauh INI ga ada perubahan, sebaiknya gmn Yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lionika :)
      uda berapa lama menggunakan produk2 tsb ?

      hmm, kalau baru 1 - 2 bulan sih , lanjut aja dulu.
      soalnya perlu paling enggak 1 tube , buat lihat apakah produknya berhasil di kamu atau tidak. :)

      kalau kamu cenderung kering, mungkin kamu bias skalian coba tambah aloe vera gel :) atau produk yang mengandung hyaluronic acid :)

      Delete
  56. Halo ka adittt. Makasih banyak reviewnya. Kebetulan aku lagi pengen nyoba cosrx tapi emang bingung gitu mau nyoba yang mana. Kulitku normal tapi kadang kadang berminyak. Kalau aku aplikasiin cosrx tonwr dan liquid, terus setelah itu aku pake innisfree greentea essense atau lotion, atau langsung diaplikasikan sama sleeping mask itu oke ga ya kak? Makasihhhh ka πŸ’œ

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yan .. kamu normal berminyak ? kalau normal berminyak ga perlu pakai power liquid .

      kamu cukup gunakan cosrx clear pad aja untuk mengangkat sel kulit mati. itu sekaligus exfo toner juga :)

      tunggu sebentar .
      greentea essence aku ga pernah pakai.
      tapi seharusnya kalau kamu ga ada alergi dengan salah satu ingredientnya, semuanya aman ditumpuk, tapi beri jeda 20 menit.

      Delete
  57. Senengnya bisa nemu ini blok, pingin nanya ni ka, muka ku itu kusam, berminya dan berjerawat, dan aku masih pemula dalam masalah skin care gini, pingin coba cosrx sih ka, tapi aku agak ragu, itu kalo tonenya bisa di gunakan untuk pagi dan malam hari kah ka ? trus kalo yang lain.a gimna yah ka ? soal.a aku agak ragu jika menggunakan banyak produk di wajah ku ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Syarifa .. problem jerawatnya parah kah ?
      kalau aku boleh saran.. kamus tart dari clear pad aja dulu :)
      karena kendungan bha nya paling kecil.
      jadi relative aman untuk trial .. :)

      Delete
    2. hy ka,, lumayan sih ka jerawatnya,
      kalo aku pake yang seperti neogen gak apa" kah ka ?
      terimakasih banyak ka ^^

      Delete
    3. kalau banyak jerawatnya cobain cosrx aja yang clear pad. :)

      Delete
  58. Hai kak adit, kak minta sarannya dong, aku pengen pake produk cosrx soalnya dapat info itu katanya bagus untuk kulit yang berjerawat,, nah keluhan ku hampir sejidat sering muncul jerawat kecil" kayak bruntusan gitu kak terus di dagu juga sering muncul whiteheads, apalagi dihidung blackhead & whitehead nya banyak ..minta saran dong sebaiknya produk cosrx mana yang bagus untuk muka saya ini??

    ReplyDelete
  59. Kak adit, aku baru beli aha/bha clarifying. Cuma aku bingung urutin sc regimenya buat PM. Aku biasanya pakai hydrating toner hadalabo sama the ordinary alpha arbutin, lalu cosrx aha/bha nya aku taruh step mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Citra,
      toner pemakaiannya setelah cleanser. nah, karena aha bha toner itu exfo toner, pemakaiannya sebelum hydrating toner mu :)


      Delete
  60. Kak adit salam kenal aku mayang.
    Aku mau cerita dikit nih, kan aku coba pakai bha blackhead power liquid seminggu 1 kali, setelah pakai 1 kali bha blackhead power liquid ini langsung besoknya beruntusan seluruh wajah ☹
    Apa ini dinamakan ga cocok atau proses purging dulu baru nanti akan bersih mukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi , iya, itu purging, kalo keluar jerawatnya di daerah yang biasa berjerawat. :)
      kamu keluarnya di mana ?

      Delete
  61. Dit, galau nih. Mending beli benton aloe aha yg katanya bs buat exfo sm hydra toner, atau beli cosrx aha/bha toner ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Syl .. hmm, sori baru bales.
      kalo aku sih , lebih prefer COSRX tapi yang clear pad. :)
      km uda pernah coba ?

      Delete
  62. Hallo ka adit, sebelumnya seneng bgt bisa nemu blog yg informatif dan mau balesin komennya satu" :))
    Oiya aku mau tanya, aku ini tipe kulit acne prone dan lumayan sensitif. Aku dulu pake l*c dan sekarang jerawat di pipi itu jerawat yg tipe mendem dibawah kulit gitu. Aku udah pake cosrx yg bha power liquid. Tp lumayan ngaruh sih jadi cepet kempes gitu. Tp aku mau tanya menurut ka adit aku mending pake bha power liquid atau yg bha asol ya? Soalnya kmaren baru nyoba yg sachet power liquidnya bha. Oiya aku pake tonernya acnes. Itu di apply sesudah/sebelum bha power liquidnya yaa? Dan aku pake serum TO alpha arbutin+HA. Apa tidak apa2? Thanks beforeπŸ™πŸ™πŸ˜˜

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nur :)
      sori baru bales.
      kalo aku sih, lebih prefer, bha yang clear pad .
      karena persennya kecil.
      kamu pertama kali pake bha product sekarang2 atau sejak dulu sudah pernah pake ?

      hmm, untuk bha a sol, itu utk kompres pake kapas kecil, kalo ada jerawat aktif , karena dia ada proolisnya.

      klo kamu mau pake power liquid, setelah toner . :)
      gpp pake TO , tapi nanti jedain 20-30 menit ya. biar terserap dengan baik. :)

      Delete
  63. Kak tipe kulitku berminyak dan bruntusan di dahi dan pinggir pipi, yg nmanya cwek kn yaaa ituuu kayak jadi masalah dan ganggu ,didini aku mau nanya ini kan akuuu pingin lepas cream dokter jdinya sekarang 1 bulanan ini udah off pemakaian dari krim dokter ,dan ku ingin alih ke skincare trs aku lihat review COSRX itu positif dan bagus2 banget
    1.menurut kakak akuuu haruss awali pakek aap dulu klo mau nyoba beli COSRX
    2.trs aku juga rencana beli produk COSRX yang advanced snail 92 all in one cream menurut kakak giman ???
    3.urutan pemakaian skincarenya dari awalll apa ajaaa?????
    Soalnya lagi bruntusan lumayan parah di dahi
    Makasih kak maaaf pertanyaannya banyak banget ,mohn kasih sarannya kak terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) kamu start dari cosrx clear pad dulu :)
      hindari produk yang konsistensinya cream.

      jadi start adri clear pad ..
      lalu kamu beli essence Benton .
      untuk jerawat aktifnya, kamu bisa gunakan obat ttotol.
      tapi sarnku sebelum Benton, kamu gunakan niacinamide zinc the ordinary :)

      Delete