Sunday, March 6, 2016

[Tips] How to Erase the Post Inflammation Hyper-pigmentation faster ( "Bekas Jerawat ")

HI all,
udah lama juga nih aku nggak ngetik blog ..
Kerjaan di kantor numpuk puk puk .. bahkan aku cuma punya waktu kurang dari 5 jam tiap hari untuk tidur .. hiks T_T

Anyway,
ngomong-ngomong soal kerjaan sibuk, kurang tidur, dan peak stress, untuk sebagian besar dari kita, ketiga hal ini biasanya tightly related to our skin condition : Jerawat. Menyembuhkan jerawat, it's surely a thing , tapi ngilangin bekas jerawat .. itu yang bikin keseeell banget . Karena seringkali jerawatnya uda looonnggg gone .. tapi bekas jerawatnya anteng nongkrong di muka kita.

Nah, bekas kemerahan, kecoklatan, kehitaman, agak ungu, yang berupa noda di muka kita , itu namanya Post Inflammation Hyper-pigmentation. Biasanya selalu ada somehow, sebagai akibat dari proses inflamasi yang terjadi di kulit. Nah, karena PIH ini related dengan pigmen melanin, untuk kulit Asia yang relatif memiliki kulit yang lebih "berwarna", PIH ini baru benar benar hilang setelah 3-6 bulan. (lamaa banget yakkk T____T ) . Walhasil, kalau kamu memiliki tipe kulit yang acne-prone dengan frekwensi kemunculan jerawat yang cukup intense, kamu akan memiliki masalah dengan PIH yang lama , plus PIH yang baru. Ini yang aku alami beberapa bulan belakangan ini. So, aku bener-bener cari solusi untuk mengatasi problem ini, yang akan aku share di postingan ku kali ini  :) Check this out.


My General Skin Condition


Sebelum berbicara lebih jauh mengenai problem yang aku alami, aku akan share sedikit mengenai kondisi kulit ku.
In general kulitku sebenernya gak terlalu bermasalah ( kalau cukup tidur, proper cleansing, cukup minum air putih , gak stress, dan rajin olah raga ). Namun, kulitku cukup reaktif. This is very disturbing ... banget.
Reaktif di sini misalnya : salah menggunakan produk, reaktif terhadap fragrance di produk tersebut, telat cuci muka, kurang tidur ..stress naik.  kulit ku reaktif sekali , entah keluar jerawat atau, alergi yang gak jarang kemudian meninggalkan bekas.

Sampai beberapa waktu yang lalu aku rutin menggunakan SK-II, it's like my zupppeerr holy grail .. kulit cling , pori pori kecil, kencang .. dll dll .. sampai aku berada pada titik di mana SK-II ini koq mulai gak sebagus dulu di kulitku. Entah ada kandungannya yang diganti, atau memang kulit ku perlu yang lebih, terutama dalam hal fineline. Dari sinilah akhirnya petualanganku dimulai.

And the story begins ...

From Exfoliation to Spot Eraser Agent ... 

Dari sekian banyak produk yang menjanjikan kulit bersih tanpa noda, produk produk tersebut dapat digolongkan menjadi beberapa grup, yaitu :

  • exfoliating agent : AHA, BHA, 
  • serum : seperti misalnya vitamin C serum 
  • spot eraser ( brightening, whitening agent ) 
Believe me ,  i have tried all stuff .. from BHA to AHA , to Vitamin C to spot eraser.. Bahkan sempet akhirnya bukan bekas jerawat menghilang, yang ada adalah kulitku semakin iritasi karena kebanyakan menggunakan produk aktif. Sampai akhirnya, aku menemukan formulasi yang tepat untuk wajahku. Mau tau ?

AM versus PM 

Ngomong-ngomong soal perawatan wajah, kita harus tau , produk apa yang boleh digunakan pagi-malam ( AM-PM ), dan mana-mana saja produk yang hanya boleh digunakan malam saja  (PM). Produk yang hanya boleh digunakan malam biasanya disebabkan oleh sifat photo-sensitivity pada produk tersebut yang membuat kulit kita sensitif terhadap matahari . Dan, apabila kita menggunakan produk yang bersifat photosensitif pada malam hari, siang harinya kita harus menggunakan sun block. Ini penting banget. Apabila kita tidak menggunakan sunblock, semua treatment yang kita lakukan bisa dibilang sia sia saja. 

My AM Routines .. 

Berhubung pagi hari aku selalu berangkat jam 5 lewat, nasib masuk kantor jam 7 pagi, plus tinggal di daerah macet :(  ... , my AM routines selalu diusahakan sesingkat mungkin : 
  • Double cleansing 
  • Toner 
  • First Essence 
  • Essence / Serum 
  • Cream 
  • Sun block 

My PM Routines .. 


Kalau aku lagi ga lembur, my PM routines adalah :
  • Double cleansing 
  • Toner 
  • First Essence 
  • Vitamin C serum ( tunggu 15 menit ) 
  • BHA serum ( 2 -3 kali seminggu , tunggu 30 menit )
  • AHA serum ( 2 kali seminggu, tunggu 30 menit, tapi aku lagi berpikir untuk menghapus step ini karena aku agak sensitif dengan AHA ) 
  • Moisturizing essence 
  • Night Cream 
  • Sleeping mask 

My Weekly Routines.. 

Weekly routines disini adalah rutinitas mingguan, gak musti hari-hari tertentu, tapi cuma kalau aku lagi santai aja di rumah. Biasanya, aku maskeran menggunakan bahan-bahan alami , atau masker dari produk-produk yang ramah untuk kulit sensitif . 
Mask product yang sering aku gunakan antara lain :
  • Sum 37 Bubble Mask 
  • Laneige Yoghurt Mask 
  • Sulwhasoo Vitalizing Mask 
  • SK-II FTE Mask 
  • SkinFood Black Sugar Mask 
Untuk masker alami yang aku buat sendiri di rumah yaitu : 
  • Rebusan air antanan / pegagan ( baik untuk mempercepat healing process pada saat kulit kita sedang bermasalah ) 
  • Aloe Vera 

All in all, 
kesemua rutinitas yang aku lakukan biasanya menargetkan : spot treatment, acne treatment dan anti aging treatment. Tujuannya, agar mengurangi frekwensi timbulnya white-head / black-head, mengurangi frekwensi kemunculan jerawat, meminimalkan peradangan, mempercepat penyembuhan luka bekas jerawat, mempercepat hilangnya bekas jerawat, dan yang terakhir biar awet muda. haha .. 

Sedikit share aja, my holy grail untuk mempercepat hilangnya bekas jerawat adalah History of Whoo Whitening Intensive. Produk ini cepet banget hasilnya di aku. Kurang dari 3 minggu bekas jerawat significantly erased. Ini buktinya . 



What else can i say ? Picture says a thousand words .. dont you think ?
Nantikan tips lainnya hanya di Groom'it Like Adit !




12 comments:

  1. halloo kak adit.. seneng bgt liat semua post kak adit.. btw kulit aku oily skin + jerawat (skrg jerawat kecil2 aja di sekitar T zone). Dan sejauh ini aku udah gunain produk bioderma, klairs toner dan cosrx seperti bha liquid, snail essence,honey overnight mask utk mengatasinya. di post kakak yg ini di daily routine / night routine ada produk creamnya.
    soo.. aku mau nanya nih,, kira2 produk cream apa yah yang kakak recomm buat daily + night ??
    satu lagi sunblock produk apa yang kira2 aman utk jenis kulit aku kak??
    thanks before ya kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Sharas :)
      terimakasih sudah mampir2 lowh :)

      Kamu gunakan klairs toner , cosrx dan essence juga overnight mask, sudah berapa lama ? good progress ? :)

      kalau oily skin sebenerny menurut beberapa beauty blogger, cream dapat dilewat , karena toh kamu uda menggunakan overnight mask :) takutnya kalau terlalu banyak layer produknya, pori pori mu ketutup dan jadi oilnya terperangkap di pori-pori jadi clogged pores. :)

      tapi kalau aku, untuk creamnya , aku biasanya kalau malam, 3 hari sekali belakangn lagi coba I'm From Vitamin Tree ( blum bisa bilang apa apa , karena baru 2 minggu an ) hari hari lain, aku gunakan SK-II RNA cream ( ini oily banget, so aku pun cuma berani pake tipis banget . ceritanya ngejar stem cellnya. nanti aku review segera ya ) .

      mengenai sunblock untuk kulit oily,
      sebenernya rule of thumbsnya, kalau kamu gak panas panasan, better pake sunblock yang SPF nya rendah, karena semakin tinggi SPFnya semakin oily .
      sekarangini kan banyak bb cream yang mengandung spf, tp spfnya 25 ++ or 30++. Untuk BB cream aku gunakan Klairs juga :) dan cocok :)

      kalau aku lagi panas2an, karena kerjaanku kadang ke field, biasanya aku gunakan sun block yang spf nya di atas 30 dan ada cream consistency nya. Aku lagi coba Klair sun screen yang tubenya biru. Uda jalan 2 mingguan dan aku lumayan suka sih. gunakan tipis2. kalo ketebelan agak ada white cast ny gitu.
      tapi isinya kayak klairs soothing cream + midnight blue (+SPF ) jadi ga perlu pake cream lagi kalau uda pake sunblock ini. yang ini spfnya 40++ jd lebih melindungi kulit dari sinar matahari kalau kita kena direct exposure. Ga perlu pake cream lagi :)

      hmm, btw, yang cocok di kulitku belum tentu cocok di kulitmu lowh ya :)
      kalau kamu masih agak takut2 coba, kamu bisa beli di tokopedia ada satu seller yang jual klairs tapi dia versi sachetnya. Jadi coba ukuran sample dulu sebelum beli full size. nama tokonya yesxbeautyshop. Aku selalu beli klairs di Yesx ini. :)

      Delete
    2. udah 2 bulanan ini aku pakenya kak,, good progress bgt kak dan jerawat pun udah berkurang.

      ooh gt ya kak, tp akupun pake overnight mask nya dua / tiga kali sehari aja, gak tiap hari..
      jadinya aku pengen gt nambah list cream di pm routine kak.

      sejauh ini aku blm nemu sunblock yg cocok kak, makanya nanya ke kak adit produk apa yg recomm, maklum aku msh newbie bgt utk produk2 korea :D

      hmm..btw thanks a lot ya kak udah nyempatin balas comment aku...:D ditunggu review produk selanjutnya... :)

      Delete
    3. wahhh :) seneng dengernya kalau good progress gini :)
      hmm, iya overnight mask 2/3 hari sekali memang rata2 pakainya :)
      tips : kamu juga bisa sisih kan sedikit ke tube lalu masukkan ke kulkas. ( yang bawah bukan freezer ) untuk di oles di bawah mata setiap pagi. membantu mengatasi mata panda, mata lelah atau sembab .:)

      ada beberapa sunblock yang pernah aku pakai : IOPE, Klairs, SK-2, dan History off Whoo.

      Dari 4 itu, Sk-2 menurut aku ga tll recommended, karena thick. Jadi waktu kita pakai rasanya kayak pake topeng. Whoo enak - SPF nya 50 klo ga salah ingat, dia mengandung whitening essence plus tinted , jadi sebenernya lebih mirip bb cream. Biasa aku gunakan kalau aku benar2 perlu perlindungan extra.
      Nah, klairs ini yang aku selalu gunakan tiap hari.
      kalau aku ga panas panasan, aku pake bb klairs spf 25-30
      kalau lagi agak panas panasan, klairs yang spf 40.

      ga purging di aku, ga bikin jerawat, ga bikin beruntus sama sekali. :)

      Delete
    4. hahaha iya kak adit, makasi tipsnya.. sebenernya aku beli produk itu krn berawal dari ngikutin beauty blogger jg.. dan syukurnya cocok xixi ;D

      hmm barusan aku cek yg klairs illuminating supple blemish bb cream & klairs mid-day blue sun lotion sama2 spf 40 deh kak.. atau beda ya kak?

      Delete
    5. betul yang itu .. kalau kamu lagi ga panas panasan, pake yang supple blemish bb cream cukup. kalo lagi panas2an pake yang spf40 blue lotion. yang blue lotion itu dia pertama pakai kayak agak putih di wajah. tapi lama lama nyatu warnanya sama wajah. jangan pake kebanyakan ya :)

      Delete
    6. hehehe okay kak adit.. makasi bgt infonya :D :D

      Delete
  2. Hi Kak, kalo boleh tau kakak beli History of Whoo Whitening Intensive di mana? Thank you :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ika, history of whoo kamu bias beli di tokopedia :) banyak yang jual :)

      Delete
    2. Kalo yg recomended kak? Yang biasanya kakak beli dimana gitu :)

      Delete
    3. nama tokpedny Gwenhouse coba :)

      Delete
  3. Oke kak Adit, thank you yaah :)

    ReplyDelete