Saturday, March 26, 2016

[Tips] when acne comes ...

Hi all,
hari ini Adit mau share sedikit mengenai je - ra - wat .
haha .. problem jerawat ini memang kayak ga pernah berenti-berenti ya. Gak cuma kamu-kamu yang memang lagi masa puber, tapi juga untuk kita-kita yang tergolong 'dewasa' . haha ( ga rela nyebut diri tua ) .
Terlepas dari akar masalah penyebab jerawat yang berbeda-beda , entah karena hormone imbalance, kurangnya kebersihan kulit, reaksi kulit terhadap produk yang baru kamu gunakan, atau hal-hal lain, seperti misalnya bantal kotor , shampoo yang kandungan condisioner nya terlalu banyak, dan hal hal lainnya, Adit yakin kita semua pasti kesel banget ngeliat jerawat nongol di wajah kan ? Apalagi kalau kamu lagi menghadapi moment penting , seperti pernikahan, wisuda, atau mungkin sweet17th, dan event-event lainnya.

So,
kali ini Adit mau share , hal-hal apa yang Adit lakukan di saat jerawat datang. Yuk !

SK-2 FTE Men dan COSRX Acne Pimple Master Patch

Do's 

Saat jerawat datang , yang harus kita lakukan adalah :

  1. tetap tenang. haha .. ini beneran lowh. Kita kadang-kadang saking keselnya sampe stress cuma karena jerawat datang di saat yang gak pas banget. Padahal, stress berlebih justru akan menyebabkan jerawat. Konon katanya, saat kita stress, temperatur badan meningkat, produksi sebum semakin lebih banyak . So, tetap tenang really is a must ! 
  2. Minum air putih yang banyak . Ini juga penting, karena kurangnya kadar air ditubuh akan menyebabkan dehidrasi kulit. Padahal, untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit, kita perlu kulit kita tetap terhidrasi dengan baik. 
  3. Banyak makan buah dan sayuran hijau. 
  4. Setelah membersihkan kulit wajah, kalau Adit, biasanya aku kompres jerawat dengan SK-2 FTE, yang untuk pria ( yang warnanya hitam ). Kenapa ? Karena ada kandungan menthol nya, yang membantu meredakan radang / iritasi kulit. Kalau ga percaya, coba deh kamu tanya ke mbak-mbak SK-2, pasti dia jawabnya sama. Kamu gunting kapas kecil-kecil seukuran jerawat kamu, lalu kompres. Adit biasa melakukan ini, terutama kalau sehabis ekstraksi komedo. Kayak di foto berikut ini. 
  5. Sebelum tidur, gunakan pimple patch, tujuannya agar kulit yang sedang luka akibat jerawat tidak bergesekan dengan bantal / guling / kasur pada saat tidur. Disamping meredakan iritasi jerawat, Pimple patch juga membantu melindungi kulit kita dari kuman / bakteri yang menempel di bantal kita. Untuk pimple patch, yang biasa aku gunakan adalah CosRX Pimple Patch. 
  6. Oh iya, usahakan cuci rambut sebelum tidur ya. Terutama untuk kamu -kamu yang rajin menggunakan hair wax / gel / produk-produk rambut lainnya. Tujuannya, agar bantal kita tetap bersih. Jika tidak, produk rambut tersebut akan menempel di bantal, kemudian menempel di muka / pipi kita. 
  7. Makan vitamin c dan zinc. Kedua zat ini mempercepat keringnya jerawat dan bekas luka. 
Kompres-kompres SK-2 sehabis Ekstraksi Komedo 

Don't 


Nah, berikutnya adalah beberapa hal yang harus dihindari pada saat jerawat sedang panen :

  1. makan pedas-pedas, terlalu berkeringat, terpapar panas matahari . Karena pada saat temperatur tubuh naik, produksi sebum naik juga. Yang artinya, jerawat kita akan semakin panen. 
  2. jangan berusaha menutupi jerawat dengan make up yang tebal. Karena pori-pori kita akan tertutup, yang akhirnya jerawt kita akan semakin parah.
  3. Apabila kamu menggunakan obat jerawat, aplikasikan obat jerawat tersebut sesuai anjuran. Jangan berlebihan, karena takutnya penggunaan obat jerawat berlebihan malah akan membuat kulit jadi over sensitif , atau terlalu tipis. 
  4. Kurangi gula , kopi, teh. 
Nantikan tips lainnya hanya di Groom'it Like Adit . 

No comments:

Post a Comment