Wednesday, July 20, 2016

[Tips] Perawatan Rambut dengan Essential Oils

Hi semua,
i'm back !

Maaf belakangan ini Adit agak sibuk dengan beberapa pekerjaan lain, jadi baru sempat ngetik-ngetik lagi hari ini. :)

Hari ini Adit ingin share sedikit mengenai perawatan rambut. Yuph ! mungkin banyak di antara kamu yang mengalami beberapa problem dengan rambut kamu seperti misalnya : rambut rapuh, rontok, menipis, dan banyak hal lainnya. Perawatan rambut ini penting untuk dilakukan gak cuma untuk wanita, tapi juga terutama untuk pria. Seperti kita ketahui, pria cenderung lebih sering mengalami masalah rambut botak, atau rontok, karena memang related dengan genetik dan hormon. Walaupun demikian, masalah rambut rontok biasanya masih dapat di cegah atau dikurangi, apabila dirawat sedini mungkin, di saat akar rambutnya masih hidup .

Dari beberapa artikel yang Adit baca, sebagian besar orang biasanya agak malas merawat rambut sampai semuanya terlambat. Terlambat di sini artinya, akar rambutnya sudah mati, sehingga mau dirawat seperti apapun tetap gak berhasil. Sebelum akar rambut mati, biasanya akar rambut tersebut mengalami fasa dorman dulu. So, begitu kamu merasa rambut kamu mulai rontok, jangan diam saja ! Langsung action.

Beberapa Perawatan Rambut yang Harus Kamu Ketahui 

Ok, kita mulai dari sini.

Question : Ada berapa macam perawatan rambut yang kamu ketahui ? 

Sebagian besar orang merawat rambut hanya melalui shampoo, kadang-kadang conditioner. That's it. Apakah cukup ? jawabannya tidak. Terutama kalau kamu memang mengalami kasus khusus dimana rambut kamu rontok, ringan, apalagi parah.

So, apa saja yang harus kita lakukan ?

Langkah pertama : kamu harus menganalisa, apa yang memicu rambut rontok kamu ? Misalnya, kamu baru ganti shampoo / conditioner ? kamu terlalu sering menggunakan zat kimia ke kepala kamu ? apakah itu mungkin hair spray, etc ? Kamu habis sakit demam tinggi berkepanjangan ? atau mungkin papa kamu atau kakek kamu ada yang botak ? Untuk kasus terakhir, mungkin genetik yang memicu rontoknya rambut kamu.

Langkah kedua : setelah kita mengetahui hal yang mungkin memicu kerontokan tersebut, tes analisa tersebut. Misalnya : kalau kamu curiga yang memicu kerontokan tersebut adalah  produk yang baru kamu pakai, coba stop produk tersebut selama beberapa waktu , apakah rontoknya berkurang ? jika iya, coba kamu lihat ingredient list nya , dan kamu google , apakah ada zat di dalam produk tersebut yang terlalu keras atau mungkin memicu alergi ? jika ada, kamu harus ingat-ingat  zat tersebut dan lebih hati-hati dalam memilih produk ke depannya.
Atau mungkin kamu coba kurangi penggunaan zat kimia berlebih , seperti kurangi memakai hair spray dll . Alasannya simple, seperti bagian tubuh lainnya, rambut juga perlu kita sayangi. Dan, menggunakan produk kimia berlebih sama dengan menyiksa rambut kita.

Yang agak susah adalah kalau genetik. Untuk pria, daripada kita susah2 mencari obat anti kebotakan genetik, mungkin ada baiknya kita mencoba menggunduli rambut kita sekalian. Bald is the new sexy , katanya :) Tapi kalau memang kamu ga mau opsi tersebut, opsi lainnya adalah : datang ke ahlinya. Dokter rambut. Beberapa rekomendasi dokter rambut yang banyak review positifnya antara lain : ERHair ( ERHA) atau Dokter Wong ( Jakarta ) . ERHA lebih affordable, dokter Wong mahal :(

Nah, kalau pemicunya bukan genetik, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi dan mengurangi rambut rontok.

TIPS MENGURANGI RAMBUT RONTOK

  1. Analisa pemicu rambut rontok kamu
  2. kurangi penggunaan zat kimia berlebih 
  3. Jangan mandi menggunakan air terlalu panas 
  4. Rawat rambut kamu dengan shampoo , conditioner, hair mask, dan produk perawatan lainnya bila diperlukan. Dalam hal ini , kamu dapat menggunakan : minoxidil 2% untuk wanita , atau minoxidil 5% untuk pria. Rekomendasi nya adalah 2 hari sekali , setelah mandi dalam kondisi rambut kering. Kalau Adit, biasanya hanya menggunakan minoxil pagi hari saja. Sedangkan malam harinya, aku menggunakan essential oil. ( akan dibahas di subtopik selanjutnya) 
  5. Gunakan perawatan rambut berbasis herbal, untuk mengurangi kemungkinan kandungan zat kimia yang terlalu keras 
  6. Pastikan asupan gizi kamu cukup : zinc, vitamin B, protein , buah dan sayur untuk memastikan essential mineral harian kamu cukup .Sebagian besar wanita yang mengalami rambut rontok biasanya karena mereka sedang diet ketat. Diet boleh, tapi kalau terlalu ketat, tubuh kamu menjadi korban. Diet yang benar adalah, kurangi karbo, tapi protein buah dan sayur harus cukup. Kalau kamu sedang mengurangi daging, ganti protein harian kamu dengan susu kedelai. 
  7. Apabila diperlukan , minum multivitamin : zinc, dan vitamin B. Lalu minum susu high protein low fat. Asupan collagen juga dapat membantu mengurangi rambut rontok. Seperti kita ketahui, collagen baik untuk rambut, kuku dan kulit kita . 
  8. Minum air putih yang cukup setiap harinya. Dehidrasi dapat memicu naiknya temperatur badan kita yang kemudian memicu kerontokan rambut. 
  9. Adit juga suka melakukan hair mask menggunakan lidah buaya alami. Kamu cukup datang ke supermarket, beli lidah buaya asli. Lalu setiap malam gosok lidah buaya tersebut ke kulit kepala sambil di diamkan selama 1 jam. Kalau kamu kuat , bawa tidur aja. :) 
  10. Terakhir, sabar. Seperti halnya perawatan kulit, tidak ada yang instan. 

MERAWAT RAMBUT DENGAN ESSENTIAL OILS  

 Nah, ini dia intisari dari posting Adit hari ini. Beberapa waktu yang lalu, adit sempet ngerasa, koq jidat ku agak melebar ya . hahaha Normal ? Hmm, untuk pria sebenernya kalau jidatnya melebar memang itu merupakan salah satu proses pendewasaan. Jadi seiring dengan bertambahnya usiamu , dari remaja menjadi dewasa, hair line ( garis rambutmu) akan sedikit mundur sekitar 1-2 cm. Ini disebut mature hair line. Dengan pola yang agak menyudut ke kiri kanan. Ini normal. Yang tidak normal adalah, jika hair line kamu terus mundur ke belakang membentuk M shape, yang terkadang dibarengi dengan menipisnya crown hair kamu, membentuk O shape,  yang kemudian menyatu membentuk U shape.
For information, aku gak rontok, mild pun tidak, kadang hanya rontok sehari 1 -5 helai saja maksimal.  Tapi biar gimana pun, aku merasa perlu untuk mulai merawat rambut lebih lagi. Karena aku ga mau botak. haha . Kulit kenceng pun, kalau botak , pasti keliatannya tua. haha ..
Walhasil, aku hunting-hunting banyak artikel sehubungan dengan perawatan rambut Dan, ketemu-lah banyak review positif perawatan rambut menggunakan essential oil.

Beberapa essential oil yang banyak di rekomendasikan adalah :
  • cedar oil
  • lavender oil 
  • clary sage oil
  • rosemary oil 
Merknya ? apa aja. Yang penting 100% essential oil, bukan campuran. Yang banyak dijual belakangan ini adalah Young Living, tapi harganya agak mahal. Aku mencoba menggunakan produk lain : Natural Thinking dari UK. Hasilnya sama saja.


Nah, perawatan rambut ini sudah aku lakukan selama 1 minggu-an kurang lebih . Dan hasilnya, surprisingly, menarik ! haha .. Dalam waktu 1 minggu, tumbuh rambut2 halus agak banyak di sekitar hair line ku, dan akar-akar kecil mulai bermunculan dari pori-pori dekat hari line ku. ( see picture below )


Happy !!!!!
hahaha ..
Perawatan menggunakan essential oil ini ternyata , seperti yang digembor-gemborkan oleh banyak orang. Hasilnya cepat terlihat. Adit cukup mengoleskan ke-empat oil tersebut secukupnya, ke daerah akar rambut ( bukan ke rambut nya lowh ya ! ) , malam hari sebelum tidur. Pijat perlahan, agar oil tersebut menyerap .Penting untuk diingat, kalau kamu tertarik untuk menggunakan oil ini, test dulu di bagian belakangan lengan kamu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi dari kulitmu . ( tenang, kalau cuma test sekali , gak akan membuat lengan mu berbulu lebat koq . hahaha )

So, mungkin kamu mau coba ?

Nantikan rekomendasi lainnya hanya di Groom'it Like Adit !

Adit sign off !

No comments:

Post a Comment