Sunday, September 25, 2016

[Review] COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol

Pheeww .. aku bingung yak , kenapa produk Korea skarang namanya panjang-panjang ? Ngapalinnya aja susah :( .. haha , anyway. Hi everyone ! Hari ini Adit mau share sedikit mengenai salah satu produk COSRX , yang cukup banyak digunakan gak cuma di Korea tapi di Indonesia. Sebenernya Adit menggunakan BHA A sol ini sudah sejak bulan desember kemarin ( kurang lebih ), tapi aku baru review produknya hari ini, karena baru hari ini 1 tube nya hampir habis. Lama juga memang. So far berarti 1 botol cukup untuk hampir 9 bulan.  Untuk kamu yang ingin membaca postingan pertama Adit mengenai COSRX, linknya ada di sini : Welcoming COSRX Products to my Daily Routine

So, karena Adit sudah pernah membahas mengenai brand COSRX dan filosofinya, Adit gak akan bahas lagi mengenai brandnya, tapi akan langsung bahas mengenai BHA A-Sol .

COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol 


Ok , jujur aku ga terlalu paham apa maksud dari kata "Skin Returning". Apakah itu mengembalikan kondisi kulit kita seperti sedia kala, atau membuat kulit kita sehat , atau hal lainnya. Tapi yang pasti, produk ini mendapat rating cukup tinggi di banyak Korean online store di dunia. Sebagian besar orang yang menggunakan produk ini setuju bahwa BHA A-sol mampu mengontrol sebum dan juga mengangkat sel kulit mati, sehingga membantu mengontrol jerawat, whitehead, black head , dan mengontrol kadar minyak kulit kita. Hasilnya, kulit kita akan lebih bersih dan terawat.

COSRX memproduksi BHA A sol ini dengan 1 varian ukuran : volume 100 ml dengan pH 4.3. Kandungan utamanya adalah 60% propolis dengan sedikit AHA dan BHA. Aku termasuk orang yang ga cocok dengan AHA dosis tinggi, namun aku cocok dengan BHA A sol ini karena kandungan AHA nya ringan. Anyway, sedikit komentar lagi mengenai nama produk : entah kenapa , kandungan utamanya propolis, tapi namanya gak ada propolisnya sama sekali .

Untuk kamu yang gak tau propolis, propolis adalah salah satu produk dari lebah yang memiliki khasiat anti bakteri, anti virus, anti jamur, dan sangat baik untuk menenangkan kulit . ( So, kalau aku jadi producer COSRX, aku akan tulis nama produk ini : NATURAL PROPOLIS SKIN RETURNING or apaa gitu .. haha )

Selain propolis, seperti yang sudah adit sebutkan sebelumnya, produk ini juga mengandung AHA dan BHA dengan kadar yang ringan, namun cukup untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan clogged pores sehingga kulit kita hari demi hari akan menjadi lebih bersih. Catatan kecil dari adit, kalau kulitmu saat ini banyak beruntusnya, it gonna takes time to clear up, from few weeks up to months. Periode ini dinamakan purging, dimana pori-pori kita yang beruntusan akan "dibersihkan" . PEnting untuk diingat, bahwa purging hanya terjadi di tempat2 yang kita sudah tau ada white head / black head. Kalau beruntusan itu terjadi di tempat-tempat yang gak pernah beruntusan sebelumnya, kamu harus sigap. Karena ini artinya, mungkin kamu alergi / ga cocok dengan produk yang sedang kamu gunakan. Atau, exfoliating agent itu terlalu tinggi konsentrasinya, sehingga kulitmu overly exfoliated. Stop penggunaan produk tersebut sambil di pantau, kalau beruntusnya mereda, berarti memang kamu gak cocok dengan produk tersebut.

Hal lain yang "menyenangkan " dari produk ini adalah , seperti halnya produk korea lainya, BHA A-sol tidak mengandung paraben, pewarna buatan, pewangi buatan, dan zat-zat yang "less important" . Seperti kita ketahui COSRX merupakan salah satu produk korea yang membuat ingredient list nya sesingkat mungkin sehingga mengurangi kemungkinan alergi, atau iritasi di kulit kita. So, harap maklum kalau produk ini gak wangi or gimana ,karena memang gak menggunakan pewangi .

Cara Penggunaan 

In general , kalau kulit kamu oily namun gak sensitif, kamu dapat menggunakan produk ini pagi dan malam hari setelah toner di daerah daerah yang bermasalah. Kalau aku, karena kulitku sensitif, aku biasanya hanya menggunakan nya malam hari saja. Dulu awal awal aku menggunakan produk ini siang dan malam, tapi di kulit ku agak terlalu kering. Biasanya aku menggunakan BHA A sol ini sebelum zat aktif , jadi sebelum vit C serum ( nantikan reviewnya soon ) atau BHA Power Liquid. Tunggu 15-20 menit sebelum kamu mengaplikasikan zat aktif tersebut ya : )

Setelah menggunakan produk ini, kamu wajib menggunakan sunblock. Karena , produk ini mengandung exfoliating agent yang membuat kulit kamu cenderung photosensitif.

Review so far 


Pros :

  • dari segi harga, jelas produk ini cukup affordable dibandingkan dengan serum propolis sejenis seperti LJH misalnya juga dengan volume yang cukup banyak . Untuk penggunaan malam hari saja, aku bisa gunakan 1 botol untuk 9 bulan, which is gak bikin kantongku repot :) 
  • dari segi packaging , yang aku suka dari COSRX adalah botol plastiknya, dan puff. Botol plastik is a plus karena aku termasuk orang yang aktif, suka gym , tugas luar kota dll , sehingga dengan botol plastik ini aku gak takut pecah, dan gak terlalu berat.  Kenapa puff is a plus ? soalnya, puff membuat produk tersebut lebih higienis. 
  • Now, the most improtant thing dari segi result : this is a wow  ! beberapa waktu yang lalu aku agak malas menggunakan BHA A sol, karena kulitku lagi bersih-bersihnya.. sampai tiba tiba kulitku berjerawat lagi. iseng-iseng aku rajin lagi mengaplikasikan BHA A sol ini ke kulitku, dan hasilnya ? dalam 1 malam jerawatnya mengecil. Pengalaman tersebut bener-bener membuat aku ngeh, bahwa BHA A sol merupakan step yang gak boleh dilupakan setiap malam :)  ~ maaf aku ga foto . karena waktu itu belum ada planning untuk review BHA A sol
Cons :

  • Produk ini mengandung alkohol di urutan kedua dari ingredient list. So, untuk kamu yang mungkin agak hypersensitive dengan produk yang mengandung alkohol, kamu harus hati hati saat menggunakannya. Selalu test di belakang telinga kamu atau di bagian dalam lengan kamu, sebelum kamu mengaplikasikannya ke muka. 
  • Warna botol ini solid white. Mungkin akan lebih bagus lagi kalau warnanya bening. Jadi kita tau , ada berapa banyak produk yang tersisa di dalam botol tersebut.
  • Menjelang-menjelang habis ini, puff nya agak bermasalah. Mungkin karena keseringan di pencet-pencet lama lama jadi puff nya mulai rusak. :( 
So, itu review adit untuk produk COSRX Natural BHA Skin Returning A- Sol

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like ADit 
Bye ! 



220 comments:

  1. Hallo ka, ini bisa utk jerawat beruntusan kah? Terus aku kan baru mau coba produk dari cosrx, diantara a-sol, aha/bha toner atau bha blackhead power liquid mana dulu ya yang mesti dicobain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dini, berunutusannya yakin jerawat ? bukan alergi ? atau misalnya sensitif ?
      ketauannya , kalau jerawt ada isinya putih2 kan ya, kalau alergi atau sensitif ga ada isinya . atau kalau pun ada biasanya bening aja gitu.

      di aku sih A-Sol ngebantu banget ngurangi frekuensi munculnya jerawat baru

      Delete
    2. Kulitku oily sensitif sama big pores sih. Mungkin yang beruntusannya karena sensitif kali ya? 😁
      A-sol bisa ngebantu utk ngilangin bekas jerawat jg gak ya ka?

      Delete
    3. A sol dia kandungan utamanya propolis din. anti bacterial agent.
      tapi karena dia mengandung BHA yang fungsinya juga mengangkat sel kulit mati, kalo dirutinin, lama lama bekas jerawatknya akan makin menipis terus. :) tapi paling penting sih , jerawatnya dulu diatasi :)

      kalo beruntus kulit sensitif biasanya ga ada isinya, ga ada lemak2 putihnya. kalau ada lemak putinya , itu sebum :)

      Delete
    4. Sip ka. Kebetulan aku jerawat udh tinggal bekas-belasnya aja nih.
      Aku mau coba dulu ah si A-Sol ini hehe makasih banyak ya ka ilmunya. πŸ˜‰

      Delete
  2. kak kalo buat bekas jerawa bisa ilang juga enggk pakek produk ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, tinggal bekasnya aja ? masih ada jerawat aktif ? kalau aku sih kalau tinggal bekas jerawat , lebih cocok dengan Whoo intensive :)

      Delete
    2. ada yg tinggal bekas ada yg masih kak. sebenernya muka aku termasuk jarang jerawatan kalo jerawatan iti paling di T zone aja kak. oh iya kak, mau tanya aku kan ada whitehead di hidung dan blackhead di daerah deket idung. kira-kira kalo pakek cosrx a-sol ini bisa ilang ga kak? terus sama aku ada bekas kecokelatan gtu di hidung gara" efek dulu suka mencetin komedo (hehehe maklum dulu belom tau) bisa ilangnya pakek apa ya kak?

      Delete
    3. hi Putia, bisa menggunakan A-sol untuk memudarkan bekas kehitaman, karena mengandung BHA yang sifatnya exfoliating. tapi proses :)
      ekspekstasinya paling enggak 1 bulan ya :)

      dan whitehead / blackhead itu pasti akan ada terus, karena mereka ditrigger oleh sebum production , dan itu sifatnya hormon / genetik. tapi paling tidak, frekuensinya berkurang. :)

      pelan pelan aja :) kalau kamu mau menggunakan A-sol, start dari 3 hari sekali dlu ya :)

      Delete
  3. Wajah aku banyak komedonya dan jerawatan(klo lg datang) bekas jerawat juga ada lbh baik pake bha a sol ini atau bha power liquid ya? Dan umurku masih 16

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi , hmm, km belum pernah menggunakan produk bha sebelumnya? kalau belum pernah saranku sih, kalau kamu mau coba, start dari bha a sol, karena konsentrasinya lebih rendah. gunakannya 3 hari sekali dulu. :) pelan pelan sampai kulitmu adjust :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Hallo kak Adit..
    Salam kenal.. Senang sekali bisa menemukan blog ny kak adit.. isiny bnr2 bermnfaat..!!
    Sebelumny aku mau jelasin klo jenis kulit ku oily & acne prone.. kulit ku juga kusam.. sudah sebulan ini aku jerawatan didaerah dagu agak ke pipi.. sebagian mulai agak kempes tapi lmyan msh bnyk jg bruntusan dan beberapa jerawat batu.. bekas2 jrwatny mninggalkan noda yg mengganggu..
    Dan dari yg aq bca bnyk yg bilang produk COSRX ini bagus.. Rencanany aku pengen coba pke aha/bha toner sama bha a sol.. tp masih bngung bagusny cara pakainy gmna..sehari berapa kali untuk aha/bha toner dan bha a sol ny?? dan produk tambahan apa yg bgs stelah pemakaian bha a sol..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Gitan, thanks uda mampir2:)

      hmm,kamu pernah meenggunakan produk AHA/BHA sebelumnya?
      kalau belum pernah, startnya satu satu aja dulu, misalnya toner AHA/BHA, baru setelah 1 bulan, tambah bh a sol. jangan semua skali jadi :) karena kita ga tau respons kulitmu terhadap produk bha / aha akan seperti apa :)

      Delete
    2. Yess.. Seneng bgt akhirnya kak adit blz comment ku..!!hihihi..
      Kayakny sih aku blm pernah pake produk aha/bha.. sebelumnya cuma pake face wash tbs tea tree/Cetaphil gentle cleanser.. tonerny tbs tea tree jg.. pelembab dari acnes..
      Kebetulan sekarang Aq dah beli aha/bha toner, bha a sol, snail essence.. berarti selama 1 bulan ini aku simpan dlu bha a sol ny ya kak smpai aq tau reaksi kulitny seperti apa.. oh ya kak klo aha/bha toner baikny dipake pgi&malam atau cuma malam aja..?? terus soal snail essence dari comment kak adit yg pernah aku baca katanya kalo dipake siang suka bikin make up cakey..?? rencananya aq mau order lgi yg Aloe vera gel ny soalny review kak adit katany aloe vera gel bagus.. baikny kalo siang aku pakeny apa aja kak yg bisa tetap dipkein makeup.. apa selang seling pakeny kalo pgi aloe vera gel kalo mlm snail essence..??
      maaf bnyak nanya kak.. soalny butuh bgt pencerahan..hehehe.. dan sebenernya ngiri bgt sama kak adit yang walaupun cowok tapi punya kulit yg bgs..

      Delete
    3. hai Gitan :)

      rule of thumbs kalau kita coba produk baru, biasanya kalau aku memang satu satu. biar ketauan kalau ada reaksi negatif, itu dari produk mana :)

      aha/bha toner boleh pagi malem, karena aha/bha nya konsentrasinya kecil. tapi tetep, gunakan sunblock jangan lupa ya :)

      kamu siang gunakan makeup ? kalau kamu gunakan make up, coba kamu test dulu , misalnya pas kamu lagi ga ke mana mana, kamu gunakan snail essence, sunblock, lalu make up di rumah. snail essencenya cocok dengan makeup mu ga ? ada beberapa yang malah jadi cakey. kalau aku, karena ga pake make up, aku gunakan pagi malam :)

      aloe veranya bagus juga :) .. satu satu ya :)

      pagi aloe vera gel, malem snail essence :)
      kalau aku snail essence, timpa aloe vera gel :)

      waduh :) makasih :)
      keep me updated ya :)

      untuk bha asol, kalau km masih agak ngeri digunakan semua, kalau aku kadang2 aku gunakan sebagai spot treatment, misalnya di jerawat yang meradang, aku gunakan cotton bud, aku oles tepat di puncak jerawat / beruntus yang meradang, malam hari :) ngebantu cepet kempes :)

      Delete
    4. Oh gt kak.. mngkin aku jg bakal cba bha a solny sbg spot treatment dlu.. kebetulan msh ada beberapa jerawat yg masih meradang..
      Makasih bnyak ya kak buat infonya.. ditnggu review2 produk selanjutnya.. atau kak adit bikin video skincare routine diyoutube biar lbh seru.. hehehe

      Delete
    5. bahahah .. nah .. kalu bikin video youtube .. gw ga berani .. self conscious banget. bahaha .. malah yang ada gw ga konsen

      Delete
  6. Halo kak, aku mau tanya donk kak, dr produk laneige clear c sama BHA A-SOl kk lebih rekomen yg mana?
    aku dulu pakek produknya e*ha, aku coba lepas, ternyata langsung jerawatan banyak banget, jerawat beruntus gitu, udh coba pakek sebamed facial wash masih aja ga ilang-ilang sampe sekarang, malah jadi merah dan ada yang item-item :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tri,
      thanks uda mampir :)

      beda fungsi tri ..
      kalau clear c lebih ke toner , kalau bha a sol lebih ke actives.

      sebamed nya kamu gunakan yang variant apa ?
      kalau yang gentle cleanser memang bukan untuk jerawat :)

      hmm, kalau jerawatnya banyak banget sebenernya aku agak khawatir rekomendasikan produk. takutnya kulitmu saat ini sedang sangat reaktif terhadap appaun.
      kalau jerawtnya banyak, better di control dulu bakteri jerawatnya dengan obat minum dari dokter :)

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Hai kak salam kenal sebelumnya. AKu lagi tertarik banget nih pengen nyoba brand COSRX tapi bingung mau mulai pake yg mana dulu. Dari deskripsinya kyknya semua intinya membantu mengatasi jerawat dan komedo ya?
    Btw kulit aku acne prone, kombinasi, clogged pores juga dan lagi pakai krim dokter krn pernah breakout parah. Black dan whiteheads agak bandel di mukaku jadi pengen nyoba produk utk bersihin pori. Sebaiknya aku coba aha/bha toner atau bha power liquid yg lebih mantep ya? sebelumnya blm pernah pake bha sih. Tertarik jg sama a-sol dan one step pimple padnya. Pengen nyoba satu dulu, (selain faktor kantong mahasiswa juga takut malah jd breakout lg karena over exfoliate dll hehe) sebaiknya yg mana ya. Maaf yah kepanjangan hehe smoga dibalas ya hehe sukses kak aku suka tulisannya informatif bgt!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Desi, thanks ud mampir.
      salam kenal.

      hmm, sebelum kamu menggunakan aha / bha products, kamu sudah tau bahwa menggunakan aha / bha itu ada kemungkinan purging ? :) takutnya kamu kaget. soalnya biasanya cara aha / bha / vit c dosis tinggi untuk membersihkan pori adalah dengan mengeluarkan kotoran yang sudah terlanjur terbentuk :)

      kalau kamu takut, start di daerah tertentu dulu. misalnya hidung. jangan langsung sewajah :)

      hmm, aha / bha toner lebih bersifat prep toner. a sol, dia mengandung propolis yang berfungsi anti bacterial disamping BHA, sedangkan bha power liquid, konsentrasi bha nya paling tinggi dari semua.

      pimple pad, itu isinya natural BHA. konsentrasinya mirip2 sama bha a sol tapi tanpa propolis.

      kamu blackhead dan whiteheadnya ada sewajah wajah atau hanya di areal tertentu ?

      aku sih HG nya a sol :) tapi itu pun gak dipake tiap hari, hanya 2-3 hari sekali. atau aku gunakan cotton bud, di titikkan di puncak jerawat / whitehead yang membandel :)

      Delete
    2. Thanks jawabannya kak...
      Oiya aku udh make a sol ini hampir sebulan dan alhamdulillah ga ada keluhan aneh2 pdhl aku pake sehari 2x diseluruh muka, malah blm terlalu kerasa apa2 (msh butuh waktu kali ya atau krn muka badak wkwk) kalo misal mau pake serum vit.c juga kyk klairs juicy drop atau acid lain kyk bha power liquid sama galactomyces essencenya cosrx masih aman ga ya?
      Sekali lg makasih bwt jawabannya kk :)

      Delete
    3. hi Desi :) saranku kamu stick sama a sol ini dulu aja.
      tapi ada progress kah dengan a sol ini ?
      jangan di tambah dulu, coba kita lihat 1 bulan lagi ke depan :)

      Delete
  9. Hai Dit! Aku juga baru memulai pake bha a-sol ini nih. Di aku pertama kali agak merah dan gatal di bagian jerawat, tapi stlh 1 jam sudah ga merah atau gatal lagi. Mungkin km tau itu kenapa?
    Dan stlh pake bha a-sol ini, aku tumpuk dgn lotion oilfree cosrx nya dan hasilnya glowing bgt! Km udah coba lotion oilfree nya?

    Btw, kondisi kulit kita sama:) sensitif dan berminyak. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) nahhh .. aku juga kadang merah di bagian jerawatnya :) tapi itu kalau kulitku lagi sensitif. memang produk ini mengandung alkohol :) , salah satu dari very few product yang tetap aku gunakan walaupun mengandung alkohol. so, kelihatannya alkohol ini yang bikin kulit kita agak kemerahan :) . jadi aku bener bener skarang pake cotton bud pas dititik jerawat , kalau kulit ku lagi sensitif. biar tepat sasaran. :)

      hmm, kalau gatal, karena produk ini mengandung bha , yang sifatnya mengexfoliate kulit mati. rata-rata semua produk yang mengandung actives ( aha / bha atau vit c dosis tinggi ) agak tingling waktu kita aplikasikan ke wajah, karena pada saat itu, activesnya bereaksi dengan kulit . :)

      aku belum coba lotion oilfree cosrx nih.. wahhh !! temptedd !! bikin glowing banget ya? coba aku pelajari lebih jauh ya lotion inii !! :) thanks lowh for the info :)

      Delete
  10. hai, dit.
    nanya yah, kulitku kan oily banget dan pori2 nya besar, kalau pakai yang alkohol2 gitu makin oily.
    dan you know, makin baca produk, makin banyak juga produknya, makin pengen semua, jadi bingung harus mulai dari mana.
    fyi kulitku ini susah banget cerah, sensitif, oily di seluruh permukaan wajah (the worst di T zone sih), and big pores (sampe kalau pake foundie pun kadang masih keliatan).
    apa better dimulai dari toner? ato a-sol ini?
    i've tried so much toner for oily skin, such as clinique, inisfree, sampai wardah pun, kayaknya mukaku tetep ga bersih2, tiap aku apply toner selalu kayak ada kotoran wajah yang nempel di kapas.
    Help meeehh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Irene, thanks uda mampir2 :)

      hmm, logic sederhananya, kalau kita pake yg kandungan alkoholnya tinggi, dia akan bikin kulit agak kering, as response to that, hal itu akan memicu produksi oil yang lebih banyak lagi . :)

      hmm, kamu pake foundie dengan kulitmu yang oily, jadi komedo an atau jerawatan gitu ga rene ?

      hmm, sebenernya yang musti di treat duluan adalah oil productionnya itu . :) aku lagi belajar mengenai relasi antara vitamin dengan oil production. Beberapa reference yang aku baca bilang : utk yg kulitnya oily, hindari vitamin E dan vitamin B terutama vitamin B 12 karena akan meningkatkan produksi oil . di samping itu juga , kurangi gula dan karbo. selama ini kita mikir, kalau minyak yang terproduksi di kulit, itu karena kita makan yang minyak2 ya. ternyata tidak. karbo dan gula tightly related dengan IGF production, sejenis insulin. nah meningkatnya kadar IGF lah yang memicu produksi oil dan sebum. so, yang musti dikurangi adalah karbo dan gula. disamping itu juga , hormone imbalance, salah satunya tingginya DHT ( dihydrotestosterone ) yang berimbas pada overproduction sebum.

      kalau masalahmu lebih ke oily dan ga jerawatan, sebenernya ga perlu a -sol rene. better kita cari tau apa yang bikin super oily itu. apakah memang genetic, artinya adik kakak atau orangtua kita sama kondisi kulitnya. atau ada hal lain, seperti terlalu banyak karbo dan gula , atau tingginya produksi DHT.

      kulit oily, sebenernya gak bagus pake produk yang untuk kulit oily rene. karena produk2 itu cenderung bikin kulit kering , temporarily, terus malah akhirnya memicu kulit kita produksi oil makin banyak itu tadi.

      so, kulit oily paling pas , pake produk netral yang non-comedogenic.

      kalau aku boleh saran, kalau mau toner pun, pake yang netral aja, dan yang mungkin bersifat soothing, kayak aloe vera. jadi buat kulit lebih calm aja dulu. sambil kurangi karbo dan gula , 2 bulan misalnya. kita liat apa masih oily apa enggak.

      oh iya, kalau yang problemnya dari dalam, biasanya oily nya ga di wajah aja. tapi di kulit kepala, rambut juga oily. kamu seperti itu juga kah?

      Delete
  11. Diit mau nanya nih. Jadi kan aku alergi dairy products dan tipe kulit aku combi-acne prone, nah kemaren rada ceroboh nih, makanan yg aku makan ternyata pake susu gt.. Terus beberapa hari kemudian langsung muncul bumps gt di pipi dan gamau kempes :( kira kira si a-solnya cocok gak ya kalo buat jerawat alergi? Terus kalo mau dipake bareng advanced snail essence dan skincare lain urutannya gimana ya dit? Thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) hmmm, kalau bumpsnya sendiri, dia jerawat kah ? atau jangan jangan reaksi alergi ? kalau alergi, mungkin kamu makan anti-histamine hilang reaksi alerginya.

      kalau bumpsnya jerawat, pake a sol akan membantu. problemnya, kita yakin dulu itu jerawat atau bukan :)

      km pernah pake bha product sebelumnya ?

      kalau acne prone, dan blum pernah pake bha product, mungkin akan ada tahap purging dulu. dan purging ini yang akan bikin stress banget :)

      kalau takut purging, pake a - solnya lebih ke jerawat2 nya aja . pake cotton bud, dititikkan di puncak jerawatnya .

      tahapannya, cleanser - toner - first essence - a sol
      tunggu a sol 10-25 menit. baru timpa yang lain.
      rule of thumbs nya, mulai dari yang konsistensi nya watery sampe yang kental. :)

      btw, aku kalau alergi, biasanya bumps, tapi kalau aku pencet , isinya darah aja. ga ada nanahnya. nah, jerawat alergi kamu seperti itu atau bukan ?

      Delete
    2. Err kurang tau juga sih kak, soalnya mirip jerawat gt dan gapernah aku pencetin terus lamaa banget ilangnya bisa nyampe sebulanan gt baru kempes. Hmm kalo untuk puroduk pure bhanya sendiri belum pernah sih kak. Tapi kalo produk yg ada campuran bha udah pernah dan gak purging.

      Delete
    3. purging atau gak purgingnya juga memang related dengan konsentrasi BHA pada produk nya :) . untuk yang konsentrasi BHA nya rendah, biasanya ga purging, soalnya BHA dengan konsentrasi rendah hanya berfungsi untuk melembutkan kulit aja :) nah , kalau konsentrasi tinggi , dia bersifat mendisolve sebum, dan membersihkan pori :) .

      kalau kamu mau coba a sol , test dulu 2-3 biji di beruntusnya, pake cotton bud, :)

      Delete
    4. Iya juga ya.. Sip, nanti kalo a solnya dateng kupake di bagian jerawat aja. makasih banyaaak yaa:)

      Delete
  12. hallo kak, aku mau tanya untuk jerawat lebih baik bha a-sol atau bha power liquid ya? jerawatnya udh ga parah, yg matang hanya 1-2 tapi ada beberapa jerawat yg didalam, ga muncul keluar kulit. sm beberapa beruntusan jg di dahi. mohon sarannya.
    makasihh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Sassy , hmm .. kalau untuk jerawat lebih baik bha a sol . dia ada propolisnya soalnya, propolis merupakan anti bacterial agent alami , jadi dia ngebantu untuk memerangi bakteri penyebab jerawat. kalau jerawatnya hanya 1-2 aja, kamu nanti pake bha a solnya menggunakan cotton bud, tepat di puncak jerawatnya ya :)

      jangan gunakan semuka dulu, soalnya, ada kemungkinan purging, so , untuk saat ini treat di jerawat aktifnya aja dulu :)

      Delete
    2. terus penggunaan nya harus dibarengi sm sunscreen jg ga kak?

      Delete
    3. semua product yang mengandung exfolating agent harus digunakan malam hari Sass, dan siangnya harus menggunakan sunblock. :)

      Delete
  13. Halo kak aku mau tanya setelah pake bha a sol ini perlu pake booster lagi gak kayak Secret Key first essence ? Terus baru kita pake serum atau essence gitu ?

    Aku pernah baca juga bha a-sol ini digunain nya setelah toner, urutannya itu yg bener kayak gimana sih kak ?

    Maaf ya banyak nanya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Novi, problem kamu apa Nov ? jerawat ?
      kalau jerawat , aku sarankan kamu pake bha a sol nya per titik , kamu gunakan cotton bud , di puncak jerawatnya . tiap malem.

      first essence sebenernya digunakan setelah toner. karena dia seperti prep essence, fungsinya mempersiapkan kulit sebelum treatment yang lain.

      jadi kalau kamu pake first essence, better first essence dulu. kecuali kamu ga pake first essence, iya, setelah toner.

      setelah bha a sol, kamu tunggu sekitar 25 menit baru kamu gunakan essence yang lain. :)

      Delete
    2. Klo gak pake essence lagi tapi langsung moisturizer atau sleeping pack bisa gak kak ?

      Delete
  14. Hai kak
    Kondisi kulit aku berminyak sama pori2 nya agak gede gitu kak,nah aku liat review blogger kan katanya ini produk work banget,jadiaku pesen deh,aku punya jerawat di pipi sama bekas nya merah merah gitu,mau nanya kak,kk kemaren ada purging ga?parah ga?,sebaiknya kalau produk nya udh dtg nnti pemakaian awal nya brp kali ya kk?terus kita bagus nya olesin ke daerah merah karna jerawat sama bekas nya di pipi atau pake cutton b aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      kamu pernah pake produk AHA BHA atau high vitamin C sebelumnya? semua produk yang mengadung AHA BHA konsentrasi tinggi atau pun vitamin C serum pasti ada resiko purging.
      parah atau tidaknya, bergantung dari seberapa banyak kotoran ada di dalam pori-pori kamu. kalau kamu pori2 nya banyak isinya, purgingnya mungkin jadi 'heboh' . kalau pori-porinya gak banyak isinya, kalaupun purging biasanya beruntus gitu.

      kalau aku pake pemakaian awal biasaya start dari 3 hari sekali dulu. jangan digunakan di daerah yang masih pink / merah karena itu artinya kulitnya masih sensitive. gunakan hanya di daerah yang bekas jerawatnya sudah menghitam.

      kalau kamu takut purging, sementara ini, coba di titik kan aja dulu ke jerawat nya saja.

      tapi sebenernya , kalau mau bersih , harus berani purging. cuma memang purgingnya itu yang bikin stress

      Delete
  15. Halo kak, aku beli bha a sol ini dan udah aku pake 3 mingguan. Ini pertama kali aku pake produk yang mengandung bha. aku pake seminggu 3x. Setelah seminggu pemakaian muncul jerawat kecil kecil, jadi aku merasa itu karena purging. Kira kira bisa dikatakan purging atau mungkin emg ga cocok sm ingredient berapa lama ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Gendis, ketauannya purging itu, kalau memang keluar isi pori2 nya , di daerah yang memang sering jerawatan.
      misalnya , kalau kamu sering jerawatan di dagu, atau di jidat .. nah .. pada saat proses purging biasanya daerah itu akan keluar isi pori2 nya.

      ketauan ga cocok, kalau, kamu seringnya jerawatan di dagu .. ga pernah di pipi.. tiba2 jerawatan di pipi. atau di rahang misalnya . itu bias jadi indikasi kamu ga cocok dengan produk yang kamu gunakan :)

      mengenai berapa lama nya, tergantung dari banyak nya isi pori kamu saat ini. kalau gak banyak, cepat selesai purgingnya ( 1-2 bulan ). kalau aku dulu, lama , karena aku jerawatan parah .. ( sampe ga ada space kosong di wajah ) , jadi aku purging skitar 6 bulan.

      Delete
  16. halo kak adit, aku putri.
    kak kulit aku tuh banyak sel kulit mati, jadi kusam, dan banyak sebum (jerawat yg kecil-kecil yang ada nasinya itu loh kak..)
    menurut kak adit, aku pakai apa ya sebagai pemula..?
    perawatan yang aku gunain cuma facial aja kak di dokter.
    aku juga berkali kali pakai cream dokter sepert ERHA, dokter eva, tapi kok kayanya gak pengaruh ya..
    kalo aku mau coba produk cosrx ini aku mulai dari mana ya kak?
    terima kasih,

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Putri, kamu usia berapa put ?
      sebum itu penyebabnya banyak, bisa hormon, stress, genetik, gula , overheat, alergi .. dll :)

      jadi kamu wajib investigasi badan kamu, kira2 apa penyebab overproduction sebum untuk kamu. karena masing2 orang beda. :) selama kamu belum menghindari penyebabnya, produksi sebum ga akan berkurang.

      memang paling gampang di facial, dengan catatan , ga ada jerawat aktif. kalau ada jerawat aktif nanti meradang, dan mungkin bopeng.

      krim2 dokter hanya bersifat mengurangi produksi sebum, termasuk COSRX juga lowh. :) tapi tidak menghentikan. so balik lagi, kamu harus cari tau apa penyebab overproduction sebum tsb.

      kamu masih pake produk dokter ?

      kalau mau start, better start dari good morning low ph cleanser. coba tonernya yang galactomyces aja dulu.
      utk membuat kulit lebih plump kamu dapat coba snail, malamnya overnight honey mask. siangnya kamu ttp pake sunblock ya :)

      aku belum berani rekomendasikan produk bha atau aha karena kemungkinan besar kalau kamu banyak sebum, akan purging dulu :) kecuali kamu siap purging.

      Delete
  17. Halo ka adiitt baca dari review ka adit jadi mupeng... aku lg pengen nyobain brand cosrx tp msih maju mundur tmn2 bnyk yg rekomen bgus mmng cm hrs purging dulu aku blm prnh pake produk aha/bha
    Selama ini aku pake tonernya etude wonder pore, clear C laneige, innisfree soybean essence n peeling pake cure aqua gel, pelembab pake its skin hyaluronic acid tp krn krna krja hrs make up bnyk white head n bingung bgt mau pke produk apa pdhl udh double cleansing pke water cleansing sm FW

    Tipe kulit ku acne porne, sensi n kombinasi

    Krn tipe kulit ance porne jadi milih tkut jerawatan parah.

    Cosrx a sol ini kalo di barengin cure aqua gel bakalan over exfo gk ya?

    Fokusnya mau ilangin white head dulu yg di wajah.

    Makasih banyak ka πŸ˜€πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Wuri, thanks uda mampir2 .. :)

      hmm, iya wuri, hamper dapat dipastikan, untuk kita2 yang memang problemnya whitehead atau blackhead, pasti akan purging. karena somehow, isi di pori2 itu harus keluar kalau mau bersih. baru nanti setelahnya di maintain, agar ga terlalu cepat isi lagi porinya :)

      hmm, dari semua produk yang kamu gunakan, jujur aku baru pernah pakai clear C . dan aku suka. problemnya, dia ada alkoholnya, sedangkan aku sedang berusaha menghindari produk yang ada alkoholnya. so aku stop dulu. tapi memang aku suka dengan clear skin yang didapat.

      sabun wajah mu apa wurii ?

      kalau banyak banget whiteheadnya, kamu sebaiknya di pandu oleh dokter kulit. karena ,waktu proses purging , selama whitehead tersebut keluar, bias dalam bentuk jerawat. nah, dokter kulit biasanya kasi obat minum dulu, semingguan . biar mengurangi 'keekstriman' purging tsb.

      sebaiknya kalau kamu mau coba cosrx a sol, kamu gunakan di daerah tertentu dulu. misalnya hidung. malam hari. jadi jangan sewajah dulu. jadi nanti purgingnya per -area. ga sewajah2 sekali jadi :) .

      Delete
  18. kak adit, aku tertarik nih dg produk corsx, butuh panduan sebelum ngeborong corsx. tipe wajahku kombinasi acne prone kak.. bruntusan jg.. bingung udah segala macam produk drugstore dicoba ga ada yg cocok kyknya.. Tanya dong, kira2 wajahku ini butuh produk apa aja ya?? urutan yg bener dari awal utk produk corsx ini apa? dari cleanser, galatomyces toner sama bha a-sol? trs setelah pakai bha a-sol ini perlu pakai apa lg?
    perlu gak essense atau serum, kl perlu pake yg mana kak? secara jerawatku masih ada dan bruntusan. makasih bayak ya kak panduannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ayu, beruntusannya banyak banget ga ? kalau banyak, aku lebih sarankan ke dokter kulit dulu. karena purgingnya mungkin mesti dibarengi dengan obat minum.

      kalau gak parah, utk cosrx, sementara ini kamu coba nyasatu satu aja. mulai dari cleanser dan toner dan bha a sol dulu.
      siangnya pake sunblock. segitu aja dulu yu.
      jangan nambah produk baru dulu. kalau uda sebulan, dan cocok. baru nambah lagi :)

      Delete
    2. Bruntusannya ga byk kok kak, jg aku pake cleanser low ph dan bha a-sol dl ya? Kl aku selang seling sama centella toner gmn kak? Setelah itu pakai essence yg snail mucin kak?

      Delete
    3. hi Ayu , hmm, centella toner sih kamu pake setiap habis cuci muka juga gpp .. :) snail juga bisa pake pagi malem. :) utk bha a sol, kamu test dulu ya .. misalnya di hidung aja dulu. takutnya purging .. kalau kamu pake semuka .. nanti purging semua berbarengan kamu bisa stress :)

      Delete
  19. Oh ya kak 1 lg, abis pake bha a-sol itu perlu hydrating toner lg gak? Dan abis snail essence perlu pelembab lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ayu, satu satu dulu yu :) jangan semua sekali jreng dicoba .. nanti kalau kebetulan ada yang ga cocok, bingung yang ga cocok nya yang mana :)

      Delete
  20. halo kak adit, aku baru aja purchase produk ini setelah baca review kakak hehe. tapi aku baca2 di review blogger lain katanya ada yg breakout/purging parah abis pake ini semuka.. jadi ngeri juga. kondisi kulit aku normal dan berminyak sedikit di daerah hidung. ada beberapa beruntus2 kecil kayak jerawat gajadi di daerah pipi (baru2 muncul) dan jerawat berisi yang muncul ketika period.

    kira2 pakai a-sol ini segera setelah toner nya kah?
    oh ini urutan skincare yang aku pake tiap malem :
    1. hadalabo cleansing oil
    2. innisfre jejubija facial foam
    3. cosrx aha/bha clarifying treatment toner
    4. klairs freshly juiced vitamin drop
    5. the history of whoo whitening intensive (spot treatment)

    kira2 si a-sol ini selipin dimana ya kak?? hehehe makasih banyak kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Almira, .. iya :) memang kalau kulitmu di pori2 nya banyak isinya, ada kemungkinan purging. oleh karena itu, kamu coba nya sedikit2 dulu :) misalnya, di hidung dulu.. baru nanti area lain yang ada jerawat nya, misalnya pipi .. nanti dagu gitu .. biar kalau ternyata purging, ga semuka2 :) aku sih biasanya pake cotton bud di tetes di jerawat :) atau kalau mau sewajah ga tiap hari, misalnya 3 hari sekali. gitu :) jadi ga over exfoliating

      setelah vitamin drop, sebelum whoo. kamu whoo sewajah ? aku biasa pake whoo nya di bagian yang ada spotnya aja

      kalau kamu pake bha a sol di daerah beruntus, ada kemungkinan beruntusnya pada keluar dulu isinya . :) siapin hati ya :)

      Delete
  21. wah makasih sarannya kak adit :) tapi si a sol ini sebenernya jadi everyday routine atau weekly routine ya kak? iya pasti nya aku bakal coba di spot2 tertentu aja.
    oh whoo juga aku pakenya di bagian2 yang ada bekas jerawat item2 aja kok kak :)

    sebenernya bagusan a-sol/bha bpl/ aha wpl deh kak? sekarang masih bingung dan laper mata buat beli semua hahaha abis semua produk serasa perlu buat ngatasin masalah kulit aku >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) yang pasti jangan dipake semua :) karena nanti kulitmu over exfoliate. untuk a sol dia ada propolisnya, jadi sifatnya anti bacterial agent. bha sifatnya larut lemak, bagus untuk yang problemnya memang kulitnya oily. AHA bagus untuk flek. ( kata dokterku seperti itu :)

      Delete
  22. Kak, mau nanya dong. Kulit aku jerawar dan oily. Naha skrg aku lagi pake produk lazeta gitu. Dan ada satu produk yang mengandung aha untuk ngilangin belas jerawat. Tp setelah aku pake 3 bulan malah timbul jerwt kecil dan ada yang gede2 gitu. Setelah itu aku coba ga pake di daerah itu dan jrrwt ngempes. Apa itu disebut breakout? Trus kalo aku pake cosrx yang bha a sol ini kira kira cocok ga ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ..
      nah, sebelumnya aku minta maaf karena aku ga terlalu familiar dengan lazeta :) . timbulnya jerawat kecil2 itu, bisa karena memang purging AHA atau karena ada zat keras / zat active lain di produk tsb yang ditolak oleh kulitmu.
      kemungkinannya, kalau purging, ga mungkin nunggu 3 bulan baru purging. puring biasanya start 1-2 minggu setelah kamu menggunakan produk.

      kalau saranku, kamu jgn menggunakan produk yang mengandung AHA /BHA dulu, takutnya kulitmu sedang sensitif akibat penggunaan produk sebelumnya. neutralize saja dulu, dengan menggunakan produk yang hanya mengandung aloe vera :) paling enggak 2-4 minggu

      Delete
  23. Oh ya kak, cosrxbha a sol ini,kira2 fungsinya sma kaya sk ii fte ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Inanda. beda :)
      a sol ini lebih kepada anti bacterial plus exfoliating. sedangkan FTE SK2 kan isinya fermentation untuk anti aging dan skin repairment :)

      Delete
  24. Oh yaa kak,jerawatny skrg itu kecil kecil, tp gak ada matanya gitu, trus ad jrwat yg gede dab jg dalem kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga ada matanya, bisa karena kulitmu iritasi inanda :) . ada kemungkinan produk sebelumnya keras di kulit. :)

      Delete
  25. Hi kaa Adit,
    Ka aku mau tanya nih.. aku kan punya kulit wajah yg berminyak, berjerawat, komedo dan pori-pori besar juga.. aku juga memiliki wajah yg mudah memerah klau kena sinar matahari.. kira aku cocok ngga yaa kaa pakai skin care dari cosrx ? Jika iya aku harus memulai steep awal dari mana ? Jika tidak apa kaka bisa rekomendasii skin care yg ampuh mengatasi masalah kulit wajah ku ?
    Terima kasih sebelumnya kaa Adit_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Siti :)
      hmm, kamu usia berapa kalau boleh tau ? kalau kamu usia puber, kemungkinan faktor penyebab kulit berminyak , berjerawat, komedo dll itu adalah hormon. hmmm, kalau sudah hormon , agak susah mengatasinya, karena memang hormon tsb yang mentrigger jerawat dll. tapi kalau faktor lain, mungkin kita bisa cari tau faktor apa yang menyebabkan kamu berjerawat , lalu kamu hindari hal tsb , sambil kita gunakan produk untuk mengatasi dari luar.

      kalau wajahmu mudah memerah, itu artinya kulitmu sensitif jenisnya. seberapa sensitifnya , itu aku ga tau, tapi , untuk kulit sensitif , kamu harus ekstra hati2 menggunakan produk muka / rambut. ( tidak menggunakan conditioner, dll, karena akan memicu jerawat, terutama di jidat, dan di sekitar akar rambut, seperti di pelipis , dll ) .

      untuk kulit sensitif, jujur aku agak takut merekomendasi kan produk, karena aku gak tau, seberapa reaktif kulitmu terhadap produk tsb. jadi , kita coba step by step ya siti.

      untuk pencuci wajah, kamu start dengan klairs gentle foam aja dulu. produk ini untuk kulit sensitif. memang bukan untuk mengatasi jerawat, hanya untuk membersihkan saja. tapi pembersihnya aman untuk kulit yang reaktif.
      Untuk toner, kamu gunakan centela toner cosrx

      sementara ini jangan gunakan essence aja dulu. karena essence sifatnya concentrated. jadi takutnya kamu kaget kulitnya.
      kamu coba gunakan centella ampoule aja .

      malam hari kamu gunakan cosrx overnight mask , yang variant honey. karena mengandung propolis, anti bacterial agent, dan untuk meredam sensitivitas kulit .

      siang hari kamu gunakan sunblock, klairs blue , tidak mengandung alkohol, cocok untuk kulit sensitif.

      semua produk ini, tidak ada yang secara langsung mengatasi komedo dan jerawat. tapi sifatnya meningkatkan kekuatan kulit .
      untuk komedo dan jerawat, memang harus ada exfo nya seperti BHA tapi, aku takutnya kamu akan purging parah, di samping juga karena aku ga tau kamu se-banyak apa komedo dan jerawatnya :)

      so, kita coba segini dulu, kalau sebulan, kulitmu aman menggunakan produk ini, baru kita tambah :)

      Delete
  26. Hi kaa Adit,
    Ka aku mau tanya nih.. aku kan punya kulit wajah yg berminyak, berjerawat, komedo dan pori-pori besar juga.. aku juga memiliki wajah yg mudah memerah klau kena sinar matahari.. kira aku cocok ngga yaa kaa pakai skin care dari cosrx ? Jika iya aku harus memulai steep awal dari mana ? Jika tidak apa kaka bisa rekomendasii skin care yg ampuh mengatasi masalah kulit wajah ku ?
    Terima kasih sebelumnya kaa Adit_^

    ReplyDelete
  27. Ka mau tanya dong ada nga skin care yg buat ngecilin pori2 wajah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tinnezia, pori2 besar itu ada banyak faktor :
      1. kulitmu dehidrasi, karena menggunakan produk yang mengeringkan kulit ( alkohol dll .. )
      2. kulitmu mulai tidak elastis, kurang collagen, dll
      3. kulitmu secara genetik memang pori2nya besar. coba perhatikan orangtua mu ada yang pori2nya besar atau tidak.

      cara memngatasi pori2 besar ada beberapa hal :
      1. menghindari produk yang mengandung alkohol / mengeringkan wajah
      2. banyak minum
      3. makan collagen intake
      4. secara rutin mengexfoliasi wajah agar kulit mati terangkat, kulit yang lebih sehat naik ke atas permukaan ( misalnya untuk treatment, kamu dapat melakukan microdermabrasi, atau prp )
      5. menggunakan produk yang mengandung dimeticone. dimeticone tidak mengecilkan pori, Tin. Tapi secara visual membantu menyamarkan pori.

      Delete
  28. Hi Adit, aku baru reader baru di blog mu. Mau tanya, kulitmu jenisnya apa? Kebetulan aku combination cenderung oily. Nah sekarang lagi cari2 korean skincare, eh Nemu deh blog ini. Mau cari review sana sini biar ga salah beli, dan mau nyocokin juga jenis kulit Adit sama ga ky aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Bonita, :) thanks uda mampir2 ..
      kulitku combo oily - sensitive. :)

      kamu acne prone kah ?

      Delete
  29. Hai kak Adit,

    Aku baru aja nemu blog kakak gegara kepo produknya COSRX. Hehehe. Jadi kulitku super oily, acne prone, dan sensitif juga. Sedih banget, jerawat datang pergi mulu, jadi kulit nggak pernah bersih :'(

    Tapi yg bikin desperate banget itu komedo mendem. Jadi komedo itu nggak mau muncul di permukaan kulit kalo nggak meradang. Ini sampe 8 bulan lebih masih aja mendem, nggak bisa dipencet. Aku risih banget kalo pegang muka ada yg njendul gitu.

    Ada rekomen pake COSRX yg mana? Huhuhu

    Makasih banyak kaka Adit :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fikri, kalau memang ada yang mendem, sebaiknya memang menggunakan BHA. banyak gak yang mendemnya ? kalau banyak, sementara di titik di yang mendemnya aja. tapi, nanti pas lagi mau keangkat ke atas, pasti merah2 , gpp?

      Delete
  30. Hai kak. Aku rencana mau beli a-sol karena aku suka muncul jerawat tb tb dan bekasnya itu kadang lama hilangnya. Menurut kakak a sol itu diselipin dimana ya? Aku skincarenya urutannya sabun cuci muka, bodyshop tea tree toner sama cosrx summer minish serum. Apa a sol dipake setelah toner? Terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Viioo , hmm, a sol itu pemakaiannya bukan tiap hari lowh. hanya 2-3 hari sekali kalau mau sewajah. kalau di jerawat, hanya digunakan malam hari , gunakan cotton bud dititikkan ke puncak jerawatnya :)

      tapi kamu aware kan bahwa menggunakan bha ada kemungkinan purging dulu ?

      Delete
    2. hi viio, a sol ini digunakan 2-3 hari sekali kalau mau sewajah. utk jerawat hanya digunakna malam hari, pake cotton bud, dititikkan di puncak jerawatnya :)

      digunakan setelah toner :)

      kamu aware mengggunakan bha ada kemungkinan purging dulu kan ?

      Delete
  31. Hai kak. Aku rencana mau beli a-sol karena aku suka muncul jerawat tb tb dan bekasnya itu kadang lama hilangnya. Menurut kakak a sol itu diselipin dimana ya? Aku skincarenya urutannya sabun cuci muka, bodyshop tea tree toner sama cosrx summer minish serum. Apa a sol dipake setelah toner? Terimakasihh

    ReplyDelete
  32. Hay kak, aku mau nanya nih cara penggunaan di atas kapas kemudian di usap di wajah atau seperti pemakaian krim biasanya y? Makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rara, menggunakannya aku pake tangan aja langsung. kalau sewajah.
      kalau utk jerawat menggunakan cotton bud dititik gitu.
      untuk sewajah 2-3 hari sekali aja .. malam hari.

      Delete
  33. Hai kak, aku mau nanya dong. Wajah aku itu sifatnya normal, ga jerawatan, paling kalau jerawatan itu jarang bgt, paling muncul cuma satu dibagian T-zone.
    Aku bingung kak, akhir2 ini knp muka aku muncul kaya bintik2 putih kecil, didaerah pipi dan jidat. Aku rasa itu bukan jerawat :( aku gatau itu apa namanya kak. Aku pusing, tadinya mukaku halus, knp jd begini.itu apa namanya ya kak? Aku jd mau coba cosxr buat ngilangin bintik2 kecil ini tapi aku takut mukaku knp2 karena ada bha aha aku gangerti gitu2 ka. Huhuhu sedih :( mohon solusinya ya kak. Makasih :)

    ReplyDelete
  34. Kan kalau jerawat itu kan kalau di keletek itu kan keluar isinya ya kak, nah kalau bintik2 kecil yg aku alamin ini ga kaya gitu ka. Gabisa dikeletek pake kuku. Malah pernah karena penasaran aku kelupas paksa pake kuku, jadinya luka, dan bekasnya hitam😭 ahhh apa yg harus aku lakuin kaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm,hiEzra, pertama2 kamu harus tau dulu.. bintil2 nya apa. apakah itu memang jerawat, atau milia misalnya. dan itu treatmentnya beda.
      saranku sih, better kamu ke dokter kulit. karena kalau millia biasanya dokter sarankan untuk di laser.
      atau bisa jadi itu alergi, atau jerawat tapi dalem sourcenya. jadi memang ga bisa main pencet gitu.
      so, sebelum kamu beli produk ini itu, saranku, coba deh kamu ke dokter kulit. untuk memastikan bintik2 putih itu apa :)

      Delete
    2. Halo kak adit, makasih udah bales pertanyaan aku :) ternyata ini beruntusan ka :( gimana ya ka cara ngatasinnya? Apa bisa pakai produk cosrx?

      Delete
    3. beruntusannya ga ada isinya?kalau ga ada isinya dan itu karena iritasi, kamu bisa pake aloe vera gel sih. tapi kalau beruntusannya ada isinya, itu whitehead / blackhead yang dalam, bisa pake cosrx ( atau produk lain ) yang mengandung bha / aha. tapi pasti purging dulu . gmn?

      Delete
    4. Halooo ka adit, aku udah pake cosrx one step pimple clear pad nih udah mau 2 minggu ka, aku beraniin coba itu karena bhanya 1% buat percobaan awal dulu, dan senangnyaa aku cocok ka, dan kulitku back to normal mukaku juga jadi lebih cerah dan bersih yeayy~ makasih ya ka udah kasih saran.. you're so friendly :) ohiya ka btw, kalo nanti ini udah abis, bisa ga ya ka kalo aku coba bha power liquidnya cosrx?�� soalnya mau ilangin blackhead dihidung :(

      Delete
    5. hi Ezra :)
      yaayyy :)
      hmm, saranku, sebaiknya stick dengan one step pimple pad aja dulu Zra. memang pelan pelan, tapi kalau kita cocok dengan yang 1 persen, better jangan naik dulu persennya. karena aku pribadi pernah coba yang 4 persen, tapi so far malah lebih suka dengan pimple pad ini :) . selain lebih nyaman di kulit, juga ga bikin kulit over exfo :)

      Delete
  35. Hai..hai adit.
    Aku mau tanya nih..kulit aku oily, pori2nya gede, didagu ada clogged pore, jerawatnya muncul kadang2 aja. Selama ini aku hanya pakai produk pasaran, cuci mukanya Hadalabo biru, mosturizernya TBS yg seaweed. Aku cocoknya pakai yg mana ya?? Maju mundur cantik nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Manuasa :)
      jujur aku blum pernah coba hadalabo, TBS aku pake aloe vera dan aku suka, tapi yang seaweed blum pernah.

      mengenai clogged pores, karena clogged pores itu mau ga mau isinyah harus dikeluarkan, solusinya ada 2 : pertama kamu facial ( not recommended kalau aku sih, karena aku ga suka muka ku dipencet paksa , yang ada lecet2 merah2 , dan kadang irritated karena belum waktunya keluar uda dipaksa dipencet ) , yang kedua kamu menggunakan produk exfo seperti aha / bha, yang akan membantu kamu untuk mengeluarkan isi porimu , nah, proses ini namanya purging. beberapa orang gak tahan purging, karena stressful banget :) . kalau aku, biasanya pore yang cloggednya ganggu banget, aku titik2in aja pake aha/bha liquid / a sol nya cosrx. memang nanti naik tuh kotoran porinya, jadi gampang keluar. tapi ga semuka2 aku pakein, karena takut purging sekali jadi. haha.

      hmm, utk jenis oily, sebenernya in general, yang kamu perlu hindari adalah fatty alcohol yang biasanya ada di jenis cream / lotion, juga produk yang mengandung squalane. utk sun block, kamu gunakan yang spf nya ga terlalu tinggi2 amat, karena semakin tinggi spf semakin oily. lalu, kamu wajib cuci muka pagi malam, kalau bisa double cleansing lebih baik. terakhir, coba kamu cek postinganku tentang faktor penyebab jerawat, ada beberapa faktor yang perlu kamu hindari agar kulitmu tidak semakin berminyak :)

      utk brand, sebenernya utk oily / problematic skin banyak yang cocok dengan cosrx, klairs dan benton. lebih ke situ sih :) nah , kamu mau fokus di mana ? mencerahkan ? pilih produk yang mengandung galactomyces. maintain sekaligus hydrating , pilih yang mengandung snails. problematic , pilih yang mengandung propolis dan honey. yang terakhir, kalau kamu mau membersih kan pori, pilih yang mengandung aha / bha :)

      Delete
  36. Hai Dit.. U are really kind, answering all questions patiently ❤πŸ‘
    Jenis kulitku: combination tend to dry, acne prone, kadang sensitif.
    Facial wash: himalaya purifying neem
    Hydrating toner: hadalabo gokyujun
    Acid toner: Cosrx Natural BHA Skin Ret A Sol (SUDAH 3 MINGGUAN aku pakenya)
    Serum: The Ordinary Niacinamide
    Oil: Trilogy Rosehip Oil
    Moisturizer: Hadalabo merah
    Sunscreen: Skin Aqua

    Jadi gini Dit.. Aku dulu pake produk dr dokter. Berhenti pakenya sekitar bulan mei 2016. Stelah itu aku mulai coba2 pake produk yg dijual di pasaran kyk hadalabo dll. Bbrp bln stelah lepas produk dokter mukaku amburadul parah,dehidrasi, iritasi, jerawat dimana-mana, bnr2 dibikin stres. Tp stlh bbrp bln itu, aku mulai coba pake hadalabo gokyujun sm rosehip oil dan mukaku jd tenang gtu, sampe bbrp tmn notice mukaku katanya bersihan dibanding dulu. Nah stlh botol pertama rosehip oilku abis, aku beli yg trilogy roseship oil antioxidant (ingredientsnya klo ga salah terdiri dr bbrp oil, avocado oil, tomato, dll. Sedangkan trilogy rosehip oil yg kupake sebelumnya ingredientnya pure rosehip oil only), mukaku BREAKOUT krn rosehip oil antioxidant itu. Di situ pula aku jd bljr mengenali kulit breakout haha.. (sorry jd curhat) πŸ˜‚

    ➡ACID TONER.. Nah yg mau kutanyain nih. Aku bulan Maret 2017 kmaren coba utk pertama kalinya pake CUKA APEL sbg toner (kubikin 3:1, air 3:cuka 1). Bbrp hr stelahnya MUKA JERAWATAN PARAH.. Aku baca katanya mmg itu reaksi yg wajar krn cuka apel mengandung AHA. Jd kubiarin sebulanan, tp akhirnya aku nyerah, dgn pertimbangan jg kyknya lebih aman klo aku pake acid toner yg sdh resmi diproduksi gtu drpd bikin2 sendiri takut ga sesuai pH kulit ato ga aman. Nahh ketemulah COSRX BHA A Sol ini.. Aku pake mulai tgl 7 Mei 2017 (awal pake langsung semuka, seminggu 3-5 kali krn petunjuk penggunaannya malah daily kan). Semingguan pake ini mukaku langsung keluar jerawat banyak, trus bbrp jerawat dlm bbrp hari kering, eh muncul lg yg baru di daerah2 langganan jerawat sih mmg, di jidat sm pipi kiri kanan. Sampe skrg udah pake 3 minggu 2 hari, jerawatnya masih keluar banyaak) 😭😭 ini bnr2 namanya PURGING ya, Dit? Any suggest for me please? Aku terusin pake A Sol nya apa gmn ya? Aku jg lg pesen COSRX AHA Power Liquid sm Snail Essence. Nnt jgn kupake dulu biar mukanya sembuh dlu apa gmn yaa..
    SORRY ya panjang banget ngomongnya. Soalnya bnr2 stres gara2 jerawat purging ato apalah namanya ini 😒
    MAKASIH sebelumnya ya Dit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Meyla :)
      terimakasih uda mampir2 :)
      haha, gapapa panjang , malah aku jadi ngerti kondisinya secara detail. :)

      ada beberapa hal , pertama rosehips oil, dia memang bagus untuk kulit berjerawat, dia mengandung essentials yang diperlukan untuk menjaga kulit tetep hydrated, jadi produksi sebum berkurang. mengenai produk setelahnya yang kamu gunakan, kemungkinan karena dia terlalu thick, jadi nutup pori2, dan menyebabkan clogged pores, kalau kulit kita memang produksi sebumnya aktif. atau , dia memang oil substancenya terlalu tinggi, jadi gak dedicated utk kulit oily / acne prone.

      nah, cuka apel ini agak mengkhawatirkan Meyla. pernah sekali waktu aku gunakan cuka apel karena kulitku bentol kayak pulau gara2 alergi di paha. aku kompres dengan cuka apel yang aku larutkan . tau2 , kulitku makin merah dan mengelupas parah. so, saranku, sebaiknya hindari DIY , karena kita ga bener2 tau, apakah produk yang kita gunakan qualified gak utk digunakan di kulit.

      mengenai purging / tidak, jadinya memang di daerah yang selalu jerawatan kah ? kalau iya, seharusnya itu purging. problemnya, karena kamu gunakan sewajah sekali jadi, purgingnya jadi bersamaan semua.

      jangan gunakan AHA liquid dulu. AHA konsentrasi tinggi itu untuk skin discoloration , bukan untuk jerawat.

      snail essence boleh dipake. karena dia accelerate healing. tapi, saranku, kamu sambil minum vitamin C zinc ( aku biasa gunakan nutrimax C Plus, setelah makan, sehari 2-3 kali ) karena zinc mempercepat pengeringan luka dari dalam.

      sementara ini, kamu stop a solnya sewajah. kamu gunakan cotton bud, gunakan a sol di jerawat2nya aja dulu . di titikkin di puncak jerawatnya. tujuannya, biar yang uda terlanjur purging, kelar dulu semua. no make up dulu ya, kecuali sunblock. karena nanti makin irritated. :)

      kalau kamu gak sibuk, kamu gunakan aloe vera gel di rumah. aloe vera nya masukkin di kulkas. setelah cuci muka, gunakan toner. lalu gunakan aloe vera itu di wajah, beberapa kali sehari. itu ngebantu untuk calm down irritated dan inflamed skin. :)

      Delete
    2. Setelah yg udh terlanjut purging ini kelar, kulanjutin A Sol nya (semuka) apa gmn baiknya Dit?

      AHA-nya dipake klo jerawat udh bersih ya? Oh ya mau nanya Dit, ACNE PRONE SKIN aman ga sih sbnrnya klo pake CLEANSING OIL contoh hadalabo/emina cleansing oil? Aku ni coba pake kan, entah krn cleansing oilnya atau krn a sol bikin jidatku timbul kyk jerawat tp ga ada matanya, cuma kyk lemak tp kesumbat gtu kecil2 di jidat, itu namanya apa ya? Whiteheads, bruntusan atau apa haha ini istilah2 yg banyak orang masih salah artikan termasuk aku πŸ˜‚πŸ˜‚

      Makasih banyak respon dan sarannya Dit.. THANK YOU so soo much ❤

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Dit, kalo baru pertama kali pake produk acid bbrp orang akan mengalami yg namanya purging. Nah stelah purging selesai, bulan2 atau waktu berikutnya ketika pake acid lg (kayak aha/bha 2-3 kali/minggu) apa bakal purging lg atau udah ngga?

      Delete
    5. Hi Meyla.. Sori aku baru buka blog ni. Karena kmrn agak hectic semingguan. Hmm cleansing oil sebaiknya dihindari. Kalau km mau double cleansing.. Better pake sk2 cleansing gel aja. Dia gak nge trigger acne kalau utk aku.

      Kalau yg kayak jerawat ga ada matanya, merah? Sakit dipegang? Hmm itu agak rancu. Bisa alergi, bisa juga whitehead Mey. ketauannya kalau alergi dipencet ga ada isi.. Kalau whitehead dipencet ada putihnya.

      Purging itu in general proses mengeluarkan isi pori. Yang, kalaupun proses purging gelombang pertama selesai nih, selama pori kita produksi sebumnya ga kekontrol, pasti pori2 kita akan keisi sebum lg. Jadi memang harus dikontrol dgn routine exfo. Nah penggunaan AHA BHA secara rutin itu untuk meminimize penumpukan sebum Mey :)

      Delete
    6. Diitt, apa kbr? πŸ˜‚ aku mau nanya lg boleh ya..
      Jd stelah over exfo gara2 BHA A Sol kmaren, ak brhenti, jerawatnya jg brenti kluar. Jd krg kupake buat spot treatment doang A Sol-nya.

      12 Juni kmaren which is udh 2 minggu 4 hari aku pake Cosrx AHA Power Liquid.. Nahh aku pake AHA itu awalnya seminggu sekali, trus seminggu 2x sampe skrg ga lebih. Jerawat keluar lagi (di pipi & jidat memang tempat langganan jerawat). Udh 2 mingguan ini jerawatnya ga brenti kluar.. Malah muncul jerawat tp ga ada matanya dan ga merah, whiteheads namanya ya Dit? Kyk kesumbat gtu sampe rahang sm dkt hair line. Ga banyak sih.. Aku rasanya pengen nyerah aja, ngalamin jerawat gila ini berbulan-bulan, kmaren krn A Sol, aku stop pake jerawatnya jg stop, skrg lanjut sm AHA πŸ˜‚ Mnurutmu gmn ya Dit? Aku lanjutin dlu AHA-nya sampe genap sebulan apa gmn baiknya ya?
      MAKASIH Dit..

      Delete
    7. Oh ya Dit, cara ngatasin jerawat yg ga ada matanya, ga merah, kyk kesumbat porinya gtu gimana ya? Aku pake AHA ini kluar semua butiran kecil2 yg ga ada matanya itu (bahasaku butiran haha)

      Delete
  37. Halo Adit. Aku mau nanya dong. Konsultasi sih tepatnya hehehe.

    Wajahku tuh jarang banget jerawatan yang kayak timbul mata kuning-kuning gitu, tapi beberapa hari terakhir muncul satu, aku gak tau ini jerawat apa namanya, yang ngegelembung kecil gitu tapi gak ada matanya dan kalau aku ngusap pipi jerawat ini kerasa ngegerenjel huhuuhu. Biasanya jerawat kayak gini itu susahhhhh banget ilang di mukaku, makan waktu lama buat ilang. Kira-kira ini muncul karena apa ya? Bisa gak sih gegara aku coba pakai skin care baru?

    Oh ya aku baru aja cobain Red Serum sama Missha FTE karena recommend dan keracun kamu :P Makasih banget loh sarannya :D

    Btw, aku lagi mau coba pake acid toner buat daily karena udah gak tahan ama pori-pori yang selalu tersumbat ama sebum. Resiko kerja di lapangan. Gak ngefek cuman pake BHA Liquid-nya COSRX, sementara pake AHA-nya gak cocok :<

    Menurut kamu Dit, yang udah nyobain Natural BHA Skin Returning A-Sol, AHA/BHA Clarifying Treatment Toner, dan Mizon AHA/BHA Toner, di antara ketiga produk itu yang efeknya cepet dan paling yahud yang mana ya buat ngilangin whitehead? Hehehe

    Btw, kamu ada recommend hydrating toner gak? Kulit kita soalnya sama, gak ada angin gak ada apa suka sensi gitu. Oh ya kalau Beauty Water-nya Son&Park itu hydrating toner bukan sih? Review orang-orang bagus, jadi pengen coba huhuhu.

    Makasih Adit sebelumnya. Oh ya, kamu kayaknya suka skin care yang mengandung propolis ya? Maap kalo salah. Kemaren aku baca-baca review Propolis Sparkle Ampoule-nya Tosowoong katanya bagus. Kamu udah pernah coba itu belum? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Marshella,
      Aku coba jawab ya :
      1. Beruntus satu itu ada banyak kemungkinan, bisa milia, whitehead, calon jerawat yg dalam dll. So coba kamu diemin aja dulu. Kalau jerawat harusnya somehow pasti keluar. Jangan tll di pakein produk apa apa nanti malah kulitmu jd iritasi kebanyakan produk.
      2.dari ketiga produk, toner adalah oner, sedangkan a sol adalah medicated fluid. Jadi beda fungsi. Kalau aku utk jerawat aku lbh suka a sol karena mengandung propolis.
      3. Hydrating toner yang recommended klairs supple :) aku blun coba son n park tapi pas aku baca dia mengandung tll byk ingredient. Aku ga nyaman baca ingredientnya
      4. Propolis paling bagus utk ampoul Lee Jiham, utk night mask COSRX :)

      Delete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Waaaah makasih ka adittt, seneng sendiri kalau baca review kakak wkwk
    Oh iya kak nanya dong, aku kan pakai obat dokter nih tapi krna kmrin sibuk udh lama bangt gak kontrol sehingga agak berjerawat dan banyak komedo(dihidung dan sekitr mulut)
    Rencananya mau pakai skincare untuk ngehilangin bekas jerawat yang walaupun aku udh pakai obat dokter 3 tahun, bekasnya gak hilang2:(
    Aku masih 17 tahun, saran dong ka produk apa yg bagus untuk ngehilangin bekas jerawat tpi gak bikin jerawatan hehehe maaf curhat jdinya:"

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Billy,
      hmm, karena umurmu 17 tahun, sebenernya mungkin faktor yang bikin jerawatan adalah hormon yang memang lagi bergejolak2nya :)
      so , musti disabar2in.

      untuk bekas, sebenernya biasanya harus menggunakan exfo agent , utk kulit berjerawat disarankan BHA atau vit c serum. tapi karena dia exfo agent, mungkin akan purging dulu, which is, nanti akan keluar dulu semua jerawatnya . gmn ? ini yang bikin stress biasanya.

      bekas jerawatnya noda atau bopeng ? karena kamu bialng uda 3 taun bekasnya ga hilang2 ? apakah itu bopeng ? kalau noda ga akan selama itu harusnya.

      kalau bopeng agak susah, kamu harus ke dokter , biasanya ada tindakan khusus :)

      Delete
  40. Hi Adit, salam kenal yah... Baru mau coba2 sama produk cosrx, setelah googling2 jadi nyasar disini. Aku suka bgt sama blog km, very very informative dan bener lho km sabar banget buat jawab pertanyaan di komen kamu.

    Anyway aku mau ikutan konsultasi gratis gpp yah... Kulit muka aku oily and acne prone, aku jerawatan dr tahun 2002 dan itu on off, sempet ke dokter Kun dan minum Roaccutane, muka jd bersih dan bagus, tp krn mau nikah aku stop roaccutane. Setelah kurleb 6 bulan aku stop roaccutane jerawat aku muncul lagi, aku coba segala macem skin care dari SK II sampe Paula's Choice yang acne series, BHA, dan Serum Vit C, awalnya sih cocok yah tp jd tetep berjerawat mungkin over exfo kali yah, trus aku coba ke dokter lain disuruh minum antibiotik dan bahkan mereka kasih aku obat yang mengandung steroid utk meredakan inflmasi, dan setelah nyoba beberapa dokter, akhirnya mereka suggest aku utk minum roaccutane lagi. Setelah aku minum emang sih g ada jerawat, tp sejujurnya aku takut akan efek jangka panjangnya, jadi aku stop roaccutane, dan g tahan sama efek jangka pendeknya dari rambut rontok, kulit kering, sampe kulit aku alergi.

    Dan setelah stop roaccutane, minyaknya skr lebih banyak drpd yang dulu dari kepala sampe muka aku berminyak dan berjerawat, bikin stress dan sedih. Setelah baca2 review sana sini, nemulah brand Cosrx ini, aku sudah coba good morning cleasernya, emang lumayan enak sih at least g bikin muka aku kering kyak ketarik gt.

    Yang aku mau tanyain kira2 step2 yang recommended buat kulit aku apa yah? Apa aku bole pake cleansing oil kah? dan btw aku juga beli serum Zymogen houttuynia cordata ferment serum, apakah kira2 itu cocok di muka aku dan g bikin purging?

    Dan mending BHA Asol atau BHA Power Liquid yah buat muka aku? Sorry yah penjelasannya kepanjangan. Terima kasih banyak yah dah mau bantu aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Puspa :) thanks ud mampir2 :)

      hmm., memang sih, so far roaccutane masih the best. kalau kamu uda pernah coba roaccutane, kamu akan merasakan bahwa proudk lain ga ada yang sebagus roaccutane ya :)

      untuk rambut rontok sebenernya bisa diatasi dengan rutin masker rambutmu pake VCO ( virgin coconut oil ) , 2-3 kali seminggu, malam hari.

      untuk kulit kering dan cenderung gampang alergi, kamu bisa sambil minum extra virgin olive oil, satu sendok teh, dicampur ke makanan , ngebantu banget buat jaga kulit kita tetep elastis :)

      mengenai stop roaccutane dan lebih banyak minyak, sebenenrya mungkin itu karena faktor lain. misalnya, kamu stress. karena pada saat stress, hormon kita gak balance, memicu produksi sebum lebih pada kelencar minyak kita.

      kalau cw, faktor jerawat itu ada banyak, salah satunya periode mens yang bikin hormon mu gak balance , dan itu sifatnya monthly basis. jadi, yah .. pasti ada moment dimana kamu berjerawat dlam sebulan ya :)

      kamu boleh pake cleansing oil, tapi kamu musti cek, jangan yang mengandung fatty alcohol ( misalnya cetyl alcohol, cetaryl alcohol, dll ), atau vegetable oil, atau mineral oil. untuk cleansing oil, aku suka pake sk-II cleansing gel. relatif aman, tapi harganya agak-agak. atau garnier micelar water yang pink.

      sementara ini untuk pengenalan , tonernya kamu pake centella aja , memang ini bukan utk jerawat, tapi lebih ke calming the skin.
      houttuynia gak bikin purging sih so far . tapi dia ada alkoholnya. jadi pakenya sedikit. dan kalau bisa, start dari 2 hari skali dulu. kalau aman, baru sehari sekali malam aja. biasanya aku pakein di jerawat yang meradang, aku kompres pake kapas ( kapas aku gunting kecil, terus aku tempel di atas jerawat )

      kalau kamu uda pake houttuynia, kamu ga perlu a sol lagi. dua duanya sama sama obat jerawat, a.k.a spot treatment.

      jangan pake power liquid kalau kamu lagi banyak jerawatnya, karena itu akan membuat purging .

      sementara ini, combine dengan diet : no sugar, less carbo. banyak air putih, less daging merah, no diary products, banyak sayur dan buah. no coffee. rajin olah raga. karena, kalau kamu mau nikah, atau rencana punya baby, sebaiknya jangan tll mengekspose tubuhmu dengan antibiotik, atau steroid. :) mulai dari yang herbal / alami aja dulu :) kalau kamu sempat, setiap hari minum air rebusan pegagan ( antanan ). pegagan ini sebenernya yang kita sebut centella asiatica, yang banyak digunakan produk korea utk mempercepat sembuhnya luka di kulit. di sana mahal, di kita berlimpah. :) aku suka minum air rebusan pegagan ini, dan ini ngebantu banget mempercepat penyembuhan kulit kalau aku lagi alergi atau jerawatan :)

      Delete
  41. Dear Adit,

    Thank you so much for your suggestion, aku bakal jalanin satu2 yah, start from diet dan minum air rebusan pegagan itu, tp sampe skr aku belum nemu tanaman itu, but still searching... Setelah beberapa bulan off dr roaacutane sih, rambut dan kulit aku sdh mulai membaik seperti sediakala. Btw itu EVOO (extra virgin olive oil) tidak bikin kulit jd tambah berminyak atau malah jerawatan yah? Aku sih dulu hampir rutin konsumsi EVOO krn itu kan juga bagus utk penyakin maag aku. Tp krn rasanya yg agak2 aneh jd deh minumnya pun mesti ngumpulin niat.

    Anyway, you just like my skin care guru, krn blog km bener2 informatif banget mengenai produk yang km review. Jadinya yang km rekomendasiin di blog yang menurut aku berguna buat kulit muka aku pasti lgs aku beli, dr Centella toner COSRX, Overnight Honey mask COSRX, sampe2 aku dah beli Nutrimax Vitamin C+ Zinc itu, hehehehe...Setelah beberapa hari pake centela toner dan overnight honey mask itu yang aku rasain dr kulit aku jd lbh kenyal dan bernutrisi walaupun jerawat sih masih ada tp aku sabar2in deh yang penting menutrisi kulit aku dulu, juga aku pake yg lain kyak SK II FTE, COSRX Clear Pad, dan Zymogen houttuynia cordata ferment serum.
    Aku minta pendapat km yah mengenai skin care routine aku :
    Pagi : Low PH Cleanser, Centella Toner, SK II FTE, Overnight Honey mask as moisturizer, Sunscreen? (kira2 apa yg bisa km rekomendasikan? kira2 apa aku perlukah?)
    Malam : Shu Uemura Pore Finish Cleansing oil, Low Ph Cleanser, Centella Toner, One Step Pimple Clear Pad Cosrx (dipake 2 hari sekali), SK II FTE, Zymogen houttuynia cordata ferment serum (dipake 2 hari sekali gantian dengan Clear Pad Cosrx).
    Menurut km Dit, apa ada yg perlu dirubah dr skin care routine aku? Sama apa aku perlu night cream lagi? klo perlu rekomendasiin dong night cream buat kulit oily acne prone? Ok deh segini dulu pertanyaan2 aku semoga aku g bikin km gengges yah. Terima kasih banyak Adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Puspa ..

      aduuhh .. guruuu.. * aku maluu.. haha *

      hmm, mungkin lebih tepatnya teman sharing lah ya :)
      karena, kalau ingat , dulu aku jerawatan numpuk semuka2, sampe bisa ada jerawat 5 biji numpuk jadi satu, sampe ke kuping2 , ke kulit kepala dll .. makanya, aku bikin blog ini, untuk tempat sharing :)

      pegagan sekarang banyak yang jual keringannya Puspa. di tokopedia. jadi nanti kamu tinggal seduh kayak bikin teh aja. ( ambil sejumput, bisa kamu seduh dengan air panas, atau kamu godok sebentar biar sari2 nya lebih keluar. ).

      EVOO gak bikin jerawat, asalkan gak berlebihan, 1 sendok teh pada saat dibutuhkan. misalnya pas kulit lagi kering banget. dan dicampur sama sop, atau salad. biar tubuhmu mencernanya bersamaan dengan makanan tsb.

      untuk AM/PM routines mu, sebenernya menurutku uda cukup koq Pus.
      beberapa comments :
      1. low ph cleanser kamu pake pagi malam, kulitmu kering ga ? beberapa orang kering, agak memerah, karena ada tea tree dan bha. kalau aku so far menggunakan produk pembersih yang mengandung bha pagi malam ga kenapa2. kalau kulitmu agak kering memerah gitu, berarti gunakannya 1 kali sehari.

      sunscreen, wajib :) aku sih gunakan klairs karena gak mengandung alkohol. cosrx sunblocknya mengandung alkohol. kekurangan sunblock ini agak putih waktu digunakan di kulit. jadi nunggu beberapa lama baru warnanya jadi 'bener'.

      jangan night cream dulu pus. karena cream mengandung fatty alcohol agak tinggi, di samping juga beberapa ada yang mengandung squalane / shea butter.. kalau kamu ingin hydrating agent, aku sarankan snail essence aja atau aloe vera gel . :)

      gak gengges koq .. :) sama sekali enggakk ..

      Delete
  42. hi adit, salam kenal ya.
    aku mau minta sarannya, jadi muka aku skrg ini banyak jerawat whiteheads/bruntusan yg kalo dipencet keluar putih2nya disekitar dahi, dagu, sama pipi kanan kiri, tapi tidak dibagian hidung dan pipi kanan kiri samping hidung. nah untuk saat ini aku pake skincare dari klinik LBC, tapi aku ngerasa untuk jerawatnya tidak ada perkembangan selama 2 bulan ini, cuman emang wajahku ngga kusem lagi. nah aku baca2 blog km jadi pingin cobain corsx BHA A-sol ini. jd kira2 kalo aku pake corsx BHA A-sol nanti jerawat bruntusan aku itu bakalan keluar putih2nya gitu kah? atau bakalan nambah banyak bruntusannya gara2 purging? trus aku ada nature republic aloe vera gel baru beli, bagus nggak ya kalo dipake setelah corsx BHA A-Sol itu?
    makasih dit, ditunggu sarannya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lutfi.
      beberapa produk dari beauty klinik biasanya 2-6 bulan pertama purging dulu., mungkin produk LBC yang kamu gunakan itu sedang dalam tahap membersihkan isis pori2mu ?

      karena, menggunakan cosrx itu pun nanti akan purging juga. terutama kalau memang di dalam pori2 mu, masih banyak isinya.

      secara umum, menggunakan produk yang mengandung bha / aha / vit c kemungkinan besar akan purging dulu . jadi, kalau kamu mau pake bha a sol, kamu harus siap2 bahwa kulitmu mungkin akan mengalami periode purging.

      kalau kamu mau menggunakan aloe vera gel, gunakan aloe dulu, bha a solnya kemudian , menggunakaan cotton bud, dititikkan di puncak jerawat / beruntusnya :)

      Delete
  43. Hai kak, aku newest reader nih hehe salam kenal.
    Aku mau tanya seputar cosrx. Kmrn perdana, aku pakai cosrx AHA 7 dan br 1x hasilnya langsung oke, whitehead kecil muncul disekitaran hidung , mantap πŸ˜€πŸ‘Š. Btw karena read thread ttg cosrx sol-A jd tertarik beli karena skin type oily di tzone dan akhir2 ini, ada jerawat yg ga muncul di permukaan kulit wajah jd bikin bumps di dlm kulit (annoying bgt).
    Sblmnya juga, aku pk produk klinik rnh dmna salah satu tonernya contains AHA. Udh 2 bulan, aku lepas krim dokter tp masih rutin pakai tonernya. Jd selama proses lepas krim, bala jerawat di pipi dan bruntusan di dahi berdatangan. duuh, skrng balik concern ke jerawat lagi tp tdk mau balik ke krim dokter hiks.
    Kira2 pendapat kakak, perlu tdk ya produk cosrx lainnya seperti cosrx sol-A ini atau lainnya utk melengkapi penggunaan cosrx aha 7 yg udh aku punya? Kalo iya, recommendnya apa ya ?

    Concern : acne dan acne scars
    Skincare lainnya : Mizon snail cream dan ampoulenya
    Mudah2an ga kerepotan bacanya πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
    Thank you sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ismi .. :)

      thanks ud mampir2 ...

      untuk sol-A , dia sifatnya lebih ke spot treatment.
      kamu ada jerawat2 yang inflamed gitu ga ?
      kalau ga ada , mungkin a-sol jadi ga perlu2 amat.

      pake Aha-7 akan purging dulu gapapa ?
      problemnya lebih ke bumps dan whitehead ?

      ismi , kamu menggunakan mizon snail yang all in one ? karena aku lihat di cosdna, di dalam ingredientnya ada vegetable oil, yang memiliki skala 3 dari 5 berpotensi acne trigger. which is kalau aku sangat menghidari vegetable oil , karena bikin pore clogging dan jadi banyak muncul whitehead. :)

      kalau kamu suka dengan snail, sebenernya utk acne prone skin, better kita hindari cream, pilih yang essence aja :)

      Delete
  44. Iya kak, problemnya lebih ke jerawat baik yg terinflamasi maupun yg ga muncul ke permukaan kulit dan ga bs pecah (hard to explain πŸ˜‚πŸ˜‚)
    gapapa sih mudah2an purging gak parah2 bgt.. Kalo di kakak parah gak purgingnya pas pemakaian cosrx aha7 nya ?

    Aku br tau creamnya bs clogged pores karena kandungannya. Well, sebenernya di aku mizon snail gak menghasilkan sesuatu yg wow sih kak. Paling cm melembapkan dan bantu jerawat cepet mateng aja. Ga lebih dr itu sih.. Cuma kalo pakai kebanyakan memang sih pagi2 bikin kulit oily kayak kilang minyak.
    Contoh nya apa kak essence yg bagus buat acne prone?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ismi, maaf baru balas nih ...

      mengenai aha 7, aku kebetulan ga terlalu cocok dengan aha konsentrasi tinggi. aku lebih cocok dengan bha .
      di aku , aha purgingnya agak parah. :) tapi bha lebih terkontrol purgingnya.

      essence yang bagus buat acne prone : yang pasti yang bahan dasarnya snail dan aloe vera mi. tapi memang kedua ingredient tersebut bukan untuk combat acne ya :)
      kalau combat acne, kamu perlu anti bacterial agent, seperti propolis misalnya.

      Delete
  45. Iya kak, problemnya lebih ke jerawat baik yg terinflamasi maupun yg ga muncul ke permukaan kulit dan ga bs pecah (hard to explain πŸ˜‚πŸ˜‚)
    gapapa sih mudah2an purging gak parah2 bgt.. Kalo di kakak parah gak purgingnya pas pemakaian cosrx aha7 nya ?

    Aku br tau creamnya bs clogged pores karena kandungannya. Well, sebenernya di aku mizon snail gak menghasilkan sesuatu yg wow sih kak. Paling cm melembapkan dan bantu jerawat cepet mateng aja. Ga lebih dr itu sih.. Cuma kalo pakai kebanyakan memang sih pagi2 bikin kulit oily kayak kilang minyak.
    Contoh nya apa kak essence yg bagus buat acne prone?

    ReplyDelete
  46. Hi Adit, senang membaca blog kamu, nambah pengetahuan tentang penggunaan skin care. Mau tanya nih, aku juga penggunana OST C21.5 sekitar 2 bulan, blackhead dan whitehead masih lumayan mengganggu di bagian dahi dan hidung, apakah serum vit C sebagai exfoliation agent sudah cukup? Atau produk cosrx di atas bisa membantu masalah kulit aku? Mohon pencerahannya. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fatma, thanks uda mampir :)
      setelah kamu menggunakan c21.5 selama 2 bulan, progressnya gimana ?
      membaik atau tidak ?
      sebenernya kalau whitehead dan black head , kamu mesti sambil diet sugar, low carbs ( ganti nasi putih dengan nasi merah misalnya ) , kurangi minuman manis, makan vitamin c dan zinc , dan vitamin A.
      karena faktor utama pembentuk sebum adalah sugar , coffee dan karbo .

      kalau kamu mau nambah, saranku kamu start dari cosrx pimple pad aja dulu yang BHA nya paling rendah :) . di aku , pimple pad cukup koq buat exfo rutin :)

      Delete
    2. Thanks ya udah dibalas.. aku pakai c21.5 untuk hilangkan jerawat, progressnya bagus sih. Tapi ya itu dia, blackhead dan whitehead di hidung, dahi sama dagu, kalo sentuh kulit muka masih terasa kasar gitu. Kalo pimple pad persentase BHA nya berapa ya?

      Siip deh, terima kasih sarannya ya..

      Delete
    3. kalau progresnya uda bagus berarti sebenernya tinggal dilanjut aja Fatma :)

      hmm, untuk pimple pad bha nya 1 % :)

      Delete
    4. Oh gitu ya, makasih ya dit sarannya. Thanks udah dibalas ya, hehe. Aq udah baca blog kamu tentang pimple pad, aq lagi program hamil mungkin lebih aman ost serumnya dilanjutin aja.. sukses terus ya, setuju tuh sama komentar sebelumnya yang saranin adit buat channel youtube yang bahas skincare..hhehe

      Delete
    5. siappp :) hahahah .. aku ga pede liat mukaku sendiri di video .. hahaha lagi ngumpulin semangat dan keberanian ma :)

      Delete
    6. Hahhaha... ditunggu deh ;)
      Oh iya, review produk2 neogen dong dit, bio peelnya yang lagi hit banget. Makasih ya.

      Delete
    7. Nah, neogen ini aku uda pingin kemarin2 , tapi karena fungsinya sama2 kayak cosrx bha/aha gitu, jadi aku blum blum aja :) coba deh tak pikir2 dulu ya :)

      Delete
  47. hai adit, mau tanya nih. kira-kira kalau sdh memakai salicylic acid exfoliating cleansernya cosrx, trs kmd dilanjutkan dg produk a-sol ini, bakal over exfoliate gak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Patiya, kamu menggunakannya sewajah kah ?
      kalau aku gunakan a solnya lebih ke spot treatment pat. :)

      utk routine exfo aku pake pimple pad, tapi itu pun cuma malem hari 1 hari skali dan 1 kali usap.

      Delete
  48. Hi ka adit, aku mau nnya nih kulit aku oily banget, tpi ga ada jrwat sih, yg bkin aku ksel komedo yang susah bget di ilangin, paling aku bersihin pke double cleansing, tapi idung aku jdi item gtu, sma jidat aku jga , mgkin krna wajah aku berminyak di bagian T, mnrut aku sbgai pemula untuk memakai produk cosrx cocoknya pke yang mana ya aku msih bgung, thanks ka tulisan nya sngat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Aulia .. maksudnya jidat dan idung jadi item itu setelah double cleansing ? atau gimana ? agak bingung aku nangkep penjelasan kamu lia. :) hmm, kalau kulitmu oily, memang tendensi untuk terbentuk komedo cukup besar. :) so, yang harus kamu lakukan adalah: gunakan produk yang tidak terlalu bikin kering di kulit. karena kalau kulit kering, malah memicu kulit produksi oil lebih lagi.

      kamu umur berapa ?

      kalau masalhanya leibh ke oily, mungkin kamu bisa coba produk cosrx yang pore minish serum :)

      Delete
  49. Hai kak adit, seneng banget bisa nemu dan baca review2 dari blog kakak ^^

    Btw kan saya lagi pakai benton BHA aloe toner, sama snail essence + cream

    Kira2 cosrx BHA asol ini dipakai setelah pemakaian toner atau eseence? Terimakasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi NAvier, :)
      thanks ud mampir2 ..

      hmm, kamu pakai BHA toner dan snail essence dan cream gimana hasilnya ?

      kalau kamu mau pake bha a sol untuk dimasukkan ke routine kamu, kamu dapat gunakan malam hari, di-titik-an ke jerawat , atau whitehead dengan menggunakan cotton bud. jadi tidak perlu sewajah :)

      Delete
  50. Kak, mau tny donk
    Ini kan q baru mau nyoba bha a-sol.. itu pake nya hny di bagian jrwat/bruntusan atau seluruh wajah? Kebetulan jrwat ku lg byk2 nya nih habis salah pake krim, dbagian pipi, dagu kanan-kiri sama jidat πŸ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yoe .. sebelumnya pake krim apa ?
      kalau bruntusannya mungkin krena alergi, saranku lebih baik dipandu oleh dokter. takutnya kamu harus diberi salep pereda alergi tersebut terlebih dahulu

      Delete
  51. Kak, mau tny donk
    Ini kan q baru mau nyoba bha a-sol.. itu pake nya hny di bagian jrwat/bruntusan atau seluruh wajah? Kebetulan jrwat ku lg byk2 nya nih habis salah pake krim, dbagian pipi, dagu kanan-kiri sama jidat πŸ˜”

    ReplyDelete
  52. hi NAvier, :)
    thanks ud mampir2 ..

    hmm, kamu pakai BHA toner dan snail essence dan cream gimana hasilnya ?

    kalau kamu mau pake bha a sol untuk dimasukkan ke routine kamu, kamu dapat gunakan malam hari, di-titik-an ke jerawat , atau whitehead dengan menggunakan cotton bud. jadi tidak perlu sewajah :)

    *

    Saya pakai benton toner + essence + cream sudah 2 bulan kak ^^ over all break out saya mereda apalagi merah2 diwajah (akibat berhenti dari obat dokter), walaupun beberapa jerawat kerap kali muncul tapi ga sering (soalnya wajah saya berminyak+acne prone).

    BHA asol dari cosrx digunakan setelah pemakaian toner / essence, kak? Setelah itu baru saya timpa dengan cream benton.

    Kalau menurut kakak, lebih bagus serangkaian benton / cosrx bila kulit wajah sensitif + acne prone + berminyak pula?

    Thanks kak xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Navier, saranku, kalau kamu ada progress dengan benton toner essence dan cream, stick dengan itu aja dulu :) jangan ditambah produk lain, paling tidak, coba lihat 1-2 bulan ke depan. takutnya, di saat sekarang uda ada progress, tiba2 karena kamu perkenalkan kulitmu dengan produk lain lagi, nanti kulitmu gak balance lagi, adjust lagi dengan produk baru tsb :)

      Delete
    2. utk benton memang aku lebih pakenya yang snailnya aja. sisanya semua cosrx utk bha nya :) tapi tiap orang beda2 koq. mungkin kamu cocok dengan benton, jangan ganti cosrx dulu. tahan2in 1-2 bulan ke depan sambil dipantau progressnya :)

      Delete
  53. Hai kak adit, aku punya problem sama whitehead yg parah bgt di t-zone bahkan sampai bruntusan gitu karna risih jadi rutin aku pencetin dan malah makin banyak dan pori2 ku di hidung pipi dagu makin besar. Trs kondisi wajahku cuma berminyak di t-zone doang. Nah aku bingung buat milih produk apa aja yg cocok buat problemku. Minta rekomennya kak produk skincare apa aja yg bisa aku cobaa, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  54. Hai kak adit, aku punya problem sama whitehead yg parah bgt di t-zone bahkan sampai bruntusan gitu karna risih jadi rutin aku pencetin dan malah makin banyak dan pori2 ku di hidung pipi dagu makin besar. Trs kondisi wajahku cuma berminyak di t-zone doang. Nah aku bingung buat milih produk apa aja yg cocok buat problemku. Minta rekomennya kak produk skincare apa aja yg bisa aku cobaa, makasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, fira . jangan dipencetin. nanti takutnya kalau kamu punya bakat bopeng, jadi bopeng.

      hmm, kamu umur berapa ?
      kalau banyak banget, saranku sih sebenernya ke dokter dulu fi. karena mesti makan obat minum.
      kalau udah membaik baru di maintain dengan obat bebas.

      kamu uda baca postinganku tentang cara mengatasi jerawat dan whithead / blackhead ? ada beberapa hal yang mungkin mesti diubah sehubungan dengan gaya hidupmu.

      untuk skincare, sementara kamu coba dari aloe vera aja dulu. sebenernya utk whitehead kamu bisa pake bha. tapi aku takut kamu ga siap purgingnya

      Delete
    2. Umurku 19 thn kak, aku mau nyoba skincare karena ini udah 2thn aku perawatan dokter gitu tapi gaada perubahan. Problemku bener2 cuma whitehead doang dan udah bingung mesti nyoba produk apa karna ke dokter jg gaada hasil kak, kalo aku mau nyoba yg bha a sol itu sama skinmiso buat memperkecil pore kira2 gimana ya kak? Atau ada produk lain yg lebih bagus?

      Delete
    3. hi fira, aku cerita sedikit kenapa bias terbentuk whitehead ya.

      salah satu factor utamanya sebenernya cuma sebum.
      kalau kamu ga mau terlalu banyak whitehead, kamu harus mampu mengontrol sebum.

      sebum terbentuk salah satunya karena ada nya igf-1 yang memicu pembentukan sebum berlebih. igf-1 ini terbentuk kalau kamu makan : high sugar, high carbs ( salah satunya nasi putih , kamu bisa ganti dengan nasi merah , roti juga termasuk ) , kopi, permen, susu, vitamin b6, b12, dan beberapa lainnya. untuk detailnya kamu dpt baca di postingan ku beberapa waktu yang lalu :)

      nah, kamu harus ganti gaya hidupmu. karena, menggunakan produk ga akan bener2 bisa membuat whitehead ga terproduksi lagi.

      skinmiso banyak yang bilang ga ngaruh. aku sih belum coba sih. :)
      a sol juga bukan untuk mengecilkan pori. dulu sih, sk-2 stem power essence. tapi skarang uda ganti RNA, dan ada shea butter dan aku ga cocok.

      kamu pernah coba microdermabrasi ?
      micro atau prp lumayan bikin ilang pori sih .

      Delete
    4. Astaga banyak faktornya ya ternyata-_-
      Sekarang malah aku naksir sama bha a sol, cosrx aha bha toner sama tonernya klairs. Menurut kak adit gimana ya kalo mereka dipake bersamaan gitu? Makasih kak sebelumnya :p

      Delete
    5. Oiya kak adit nyaranin ke dokter buat obat minum, itu bakal ketergantungan gak sih kak?

      Delete
    6. bisa Fira. tapi bha a sol lebih utk spot treatment ya.

      obat minum ga ketergantungan, tapi itu balik lagi, factor pencetusmu apa. kalau kamu genetic, sebenernya berarti , kulitmu jenis yang akan terus ada jerawatnya.
      jadi stop obat , pasti balik lagi jerawatan.

      tp klo kulitmu secara genetic ga jerawatan, seharusnya ga ketergantungan

      Delete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Salam kenal kak adit....aq mo coba pakai a sol..kulitku skrg bruntusan dan jerawat. Skincare ku skrg avoskin day dan night cream. Menurut kk adit klo aq pake a-sol sebaiknya avoskinnya aq terusin aja atw gmana ? Makasih sbelumnya...

    ReplyDelete
  57. Salam kenal kak adit....aq mo coba pakai a sol..kulitku skrg bruntusan dan jerawat. Skincare ku skrg avoskin day dan night cream. Menurut kk adit klo aq pake a-sol sebaiknya avoskinnya aq terusin aja atw gmana ? Makasih sbelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi vika. kamu pake nya sewajah ? sebelumnya problemmu apa ? ada kemungkinan kamu purging dulu vik. avoskin aku bleum pernah coba . kamu umur brpa?

      Delete
  58. Hi ka adiittt, ka bisa bantu rekomendasiin toner yg kira kira cocok buat aku ga ka? Jenis kulit ku normal kombinasi, ga terlalu berjerawat tp suka muncul di daerah pipi sama dahi terutama saat periode. Aku tertarik buat coba skincare routine korea ka, jd sebulan kemarin aku mulai coba dr mask sheet nya dulu aja. Trus bulan ini aku mulai pake my signature C source (serum c2o). Kira kira toner apa ya ka yg cocok? Makasi ya ka sebelum nya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi zahirah.. saranku tunggu 1 bulan dulu ya baru kamu nambah produk. toner sih ada banyak jenisnya, kalau kamu mau yang hydrating, ada klairs. kalau kamu mau yang exfo ada mizon. tapi , kalau kamu pake toner yang ada aha bha , ada kemungkinan purging

      Delete
  59. Halomkak adit...kak bisa bantu penerahan step step scincare routine cosrx buat wajah kombinasi ngga? Q rencanya mau beli, tp bingung mau beli yg mana yg toner eksfoliasi, yg mana yg hydrating toneer, yg mana yg eccence, yg mana pelembab... please bantuin nentuin dong kak.

    ReplyDelete
  60. Hi kk! Kak, mau tanya wajah ku lg bermasalah
    1. Berjerawat (beberapa)
    2. Muka ku kering tp klo udh di luar rumah muka gampang berminyak
    3. Bekas jerawat
    Setelah baca beberapa review cosrx dari bloger2 aku jd tertarik mau coba. Tp sebelumny aku blm pernah pake skincare yg mengandung aha/bha. Ada saran gk kk kira2 baikny aku pake cosrx yang mana? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Naura. kulitmu sensitive ga ? kalau sensitive sebaiknya hati2 menggunakan produk aha/bha. kalau kamu mu coba, start dari pimple pad deh :) karena bha nya paling kecil konsentrasinya :)

      Delete
    2. Iy kk, muka ku sensitif bgt. Mukaku klo d outdoor gampang minyakan, akhirny aku coba pke innisfree no sebum powder tp kok malah kering banget gitu y kak di mukaku? Ada saran

      Delete
    3. Pimple padny d pakai ke seluruh muka/spot2 jerawat aja? Dan klo setelah pke pimple pad aku pke cosrx snail boleh/jangan dulu?

      Delete
    4. iniisfree no sebum powder banyak yang breakout lowh. coba deh kamu cek di google. kamu gapapa pakenya ?
      pimple pad sewajah . tunggu 10-15 menit. lalu kamu pake produk lainnya. boleh pake cosrx snail. kalau kulitmu sensitive, setelah pake pimple pad, basuh pake air dulu baru pake produk lain.

      Delete
    5. Oke kk, thanks ya saranny. Ditunggu postingan2 lainnya

      Delete
    6. Oiya kk, klo buat bekas jerawat pke apa ya? Klo dari cosrx sendiri untuk bekas jerawat bagus cantella atw advanced snail?

      Delete
    7. bekas sih aku biasanya pake snail tapi yang Benton, dan aloe vera :) snail Benton kalau bekasnya sudah menghitam. aloe vera kalau bekasnya masih pink .

      Delete
  61. Hi Ka Adit ^^ salam kenal, aku reza, cewe yaa wkwk ^^
    Ka, aku mau minta saran niih dr kaka soal masalah kulitku :' Jd sekarang aku udh lepas krim dokter 1 bulanan, dulu sih jerawat aku (yg tergolong paraaah) hilang krn obat dan krim dr dokter. Tp krn aku takut minum obat terus, aku stop. Muncul deh jerawat.. Aku minum obat lg, hilang jerawat, stop, muncul lg. Sumpah kyk ketergantungan bgt :( trus krim dokter juga, ga pake dikit lg jerawatan, kena debu dikit, lgs jerawatan. Aku ga tahan lg.. Kasian muka sm ginjal aku (setahun kaa aku minum obat walau ga rutin)
    Then, setelah lepas krim dokter dan obat, jerawat aku lgs muncul paraaah lg kyk dulu sebelum ke dokter. Tipe kulitku dulu sih oily bgt, acne prone, acne nya tuh meradang gtu ka tp cuma di pipi sampai dagu.. Bahkan bbrp ada d leher krn hormonal hehe :'
    Setelah baca blog ka adit, aku jd nyoba bbrp peoduk yg kaka suggestin:
    1. COSRX toner yg AHA/BHA
    2. COSRX yg A Sol
    3. Aloe vera gel yg nature republic
    4. COSRX yg Snail Mucin

    Trus skrng wajah aku masih berjerawat (maklum baru satu minggu wkwk) di tempat yg biasanya berjerawat, tp yg dulu jerawatnya gede2 dan letaknya di dalem ituloh ka..yg ga keluar2, skrng jadi jerawat kecil dan jerawat yg di dalem itu jd timbul atau hilang sekalian. Yg tadinya merah doang jd merah, yg udh merah jadi ada nanahnya gtu yg putih2.. Trus besok2nya pecah aja gtu.. Aku pake produk itu berurutan dan daily pagi dan malam ka.. Soalnya udh ga tahan jerawat aku terlalu banyak huhuhu liat org2 d kantor mulus2 :'(
    Tp walaupun berjerawat, ga sampe meradang gimana2 kyk dulu sebelum pake skincare ini.. Merah2 cuma d temoat yg ada jerawatnya, selain itu putih. Kulitku tuh putih bgt ka, jd klo ada jerawat waaaw jelas bgt :(
    Yg mau aku tanyain udh bener belum sih ka aku pakenya? Ada lagi ga yg harus aku tambahin kyk serum misha yg buat boosting itu (aku ga hapal namanya ampuun hahaha) Gpp deh aku purging dulu serentak udh ga peduli hahaha :' at least purgingnya masih batas wajar :'
    Oya ka, sunblock yg bagus apa ya ka? Thanks ka adit :) maaf kepanjangan ya :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Reza, thanks uda mampir2 :)
      hmm, kalau ngebaca ceritamu di atas, jadi sebenernya skarang sudah membaik ya ? :)
      saranku , terus aja seperti ini, jangan nambah dulu. dirutinin dulu yang di atas ya :)

      kalau jerawatmu lagi banyak banget, sebenernya daripada pake sunblock, better jangan pake dulu , hindari matahari aja. (memungkinkan tidak ? ) karena sunblock pasti ada sedikit fatty alcohol atau zinc oxide yang kadang2 malah bikin kulit radang. tapi kalau cuma beberapa doank sih gapapa pake sunblock.

      sunblock aku pake klairs , kamu bisa pilih sunblocknya atau bb creamnya. sama ada spftnya :)

      sebagai tambahan , coba kamu minum vitamin c, zinc, selenium dan vitamin D. semua vitamin itu membantu jerawat under control.

      Delete
    2. Ka adiit ^^ mbb kaa. Dr minggu kemaren aku d kalimantan ada klien di sana huhu (dan ga ada sinyal -__-)
      Aku pake sunblock ka jadinya tp tetep aja ga mempan sm panasnya kalimantan :' aku pake skin aqua sih kaa.. Tp pingin upgrade jadi klairs kyk kaka, tp takut jerawat euy gara2 tiap pake apapun yg ada ''white-cast''nya pasti aja jerawat.. Ga tau nih klo klairs.. Cara tau ''cocok-enggaknya'' gimana ya ka? Harus bgt kita apply in dulu seminggu gtu ke wajah kita? Klo jerawatan nambah baru dibilang ga cocok..gtu? Wkwk
      Bedewey setelah 2 minggu aku pake rutinitas itu, ajaib ka jerawat aku mereda wkwkwk skrng masih ada sih, tp ga sebanyak dulu.. Masih muncul d tempat baru.. Tp tempat lama ilaang. Huhuhu thanks kakaa :'' untung baca blog kaka huhuhu :'

      Delete
    3. hi reza,
      white cast itu karena mengandung zinc oxide.
      ada kemungkinan kamu ga cocok dengan zinc oxide.
      masalahnya, hampir semua sunblock mengandung zinc oxide.
      jadi agagk susah cari yang ga ada zinc oxidenya

      hmm, iya, cara satu2nya utk mengetahui apakah kamu cocok atau tidak adalah dengan mencobanya.

      kamu coba makan vitamin c dan zinc juga deh Reza
      ngebantu jerawat kering lebih cepet :)

      wahh, seneng banget ternyata mulai kelihatan hasilnya.
      semangat !

      Delete
  62. Hi, Dit. Salam kenal. Aku lina. 27y,o. Dari kemaren baca2 review kamu soal cosrx jadi pengen nyoba.
    Kemaren2 pake laneige yg white dew ada 2 bulanan (sepaket. Rencana buat ngilangin wajah kusam) eeehh... malah jerawat (kadang bernanah, kadang yg gada matanya, kalo di sentuh kayak benjolan tPi sakit) muncul dibagian TZone dan dagu padahal bukan masa period. (Memang daerah itu sering muncul jerawat 1 atau 2 kalau period dateng).
    Komedo juga bandel di daerah idung gamau ilang2.
    Untuk pemula dengan kondisi wajah seperti aku baiknya nyoba produk cosrx yg mana ya, dit?
    Aku kepikiran buat nyoba;
    Facial wash:the body shop tea tree facial wash
    Toner: mizon aha&bha toner
    Lanjut bha a sol
    Serum: vit c21, 5
    Kalau siang + sunblock

    Bener gak rangkaiannya?
    Bha a sol sama serum vit c bisa digukanan bareng?
    Atau ada produk yg harus diskip / ditambah?




    ReplyDelete
    Replies
    1. hi , Lina :)
      salam kenal juga.

      hmm, a sol bisa digunakan bareng,
      tapi kalau aku a sol lebih untuk spot treatment.

      menggunakan a sol dan vit c itu kemungkinan besar nya purging dulu loh, lin. gpp ?

      vit c nya start dari 3 hari sekali dulu ya. malam hari aja.
      jangan keseringan. biar kulitmu adjust dulu.

      sabun wajah nya sebenenrya aku lebih sreg dengan low ph cleanser cosrx. dia juga uda mengandung tea tree. tapi kamu pernah coba tea tree sebelumnya ? kalo yang kulitnya sensitive thd tea tree yang ada kadang malah merah2 .

      sebelumnya kamu pake sabun wajah apa ?

      iya, laneige kan parfum nya kenceng banget ya.
      beberapa gak cocok justru dengan parfumnya, jadi irritated ke kulit

      Delete
    2. Facial wash nya Pakai yg milky cleanser laneige white dew.
      Aku udah pake cosrx bha a sol sama klairs supple prep. Facial toner selama 3 hari. (Am-pm aku pake terus) Pemakaiannya facial wash-a sol-klairs toner.
      Aku pake a sol nya dengan cara di usap ke seluruh wajah pake kapas. Jeda 15 menit kemudian pake klairs toner. 😒
      Setelah itu muncul beruntusan kecil2 di dahi dan jerawat baru besar2 muncul di dagu. Tapi beberapa jerawat yang awalnya sudah ada malah kempes. Btw,dulu kalo di dahi jarang banget muncul beruntusan apalagi jerawat.kalo di dagu emang jerawat sering banget muncul disitu. Apa ini namanya purging, dit?
      Ini aku lagi pesen yg mizon toner sama red serum gara2 baca review kamu yang lainnya. Hahahaha. Gampang sekali teracuni.
      Kalo ke 2 barang tsb dateng, cara pemakainnya jadi gimana ya, dit?

      Delete
    3. hi lina.. maaf baru balas. kamu follow ig aku aja ya : @Joshua_adityaa . skrg di kantor ku yang baru, blogger di block. sedih . jadi aku terbatas banget buka bloggernya.

      hmm.. ok gini
      pertama , kita perbaiki cara kamu pakai bha a sol . sementara ini hanya gunakan di daerah yang jerawatan. pake cotton bud, di titikkan di puncak nya.

      jadi caranya gini :
      1. facial wash.
      2. toner mizon
      3. klairs supple prep toner
      4. malam . bha a sol
      5. red serum 2-3 hari sekali tiap malam. kalau terlalu kental, atau lengket , kamu campur dengan snail essence . pada saat menggunakan red serum, jangan pake bha a sol ya.
      6. harus gunakan sunblock pagi hari.

      bias jadi itu purging, tapi sebenernya, banyak yang salah kaprah menggunakan bha a sol, sewajah, pagi malam lagi. jadi over exfo. dia kan produk aktif. jadi kalau mau sewajah cuma boleh 2-3 hari sekali. selebihnya hanya dititikkan di puncak jerawat aja na.

      Delete
  63. Hi Adit! Glad to be your newest reader. It’s rare to see a blogger who cares deeply and consistently for others and you certainly are the one! Thumbs up :)

    Sorry, my Indonesian is not very fluent as I live overseas. But aku bakal coba ya. Dit, mau minta saran untuk my troubled skin. Hope you can help me with it yeah. :)

    Akhir akhir ini, due to work stress, mukaku mulai berjerawat kecil kecil di area pipi, jidat, dagu and pori pori pun membesar dikit. It was clear at the beginning of the year though :(

    And i find that it gets worse when I have more carbo in my diet, coffee/tea on top of my stress at work.

    And parahnya lagi, I can’t control myself that I squeezed my pimples and suka pegang pegang pimple nya juga. Jadinya sekarang, ada bekas hitam nya (ga bopeng untungnya), dan I feel if I were to use spot treatment, bakal cepet habis juga cream nya hahaha.

    I count myself lucky because most of my regimen is just with water and minimal cleanser. But I believe I truly need help for this one. And I find that COSRX products are having good reviews online so I really wish to give it a try. However, ga tau harus make yang mana untuk kondisi mukaku yang sekarang hahaha.

    So if possible, boleh ga minta sarannya Adit untuk recommend products for noda noda hitam yang ada di muka ku? Anyway, my face is considered to be combination skin, it tends to get oily di jidat dagu and pipi.

    Thanks ya Dit and I hope to hear from you soon! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Andi .. thanks for reading. :)

      it's not a problem Andi. I can speak in English too. :)

      so, the first thing that you should do is : reduce carbs, and sugar, and coffee since those tend to increase the IGF-1 level in your body , which leads to increase in sebum production.
      that's why, now I skip bread and white rice, and I eat brown / red / black rice instead.
      I switch white sugar to palm sugar also.
      coffee is a bit inevitable to me though. I'm a coffee maniac. luckily, if I balance the coffee with gym and enough sleep, the coffee does not cause me a lot of problem so far.

      so, after you change the diet, the next thing is, you need to sweat. Sweating reduces your stress level and keep it low which is important , since, high stress level also causes high IGF-1 level and, high sebum production.

      for the skincare, yes, I love cosrx due to their commitment on making a good product without additional preservatives, colorant, perfume , or other stuff that are not needed by our skin.

      I would recommend clear pad , as the first product that you might want to try. it contains 1 % BHA , which is relatively small compared to the other BHA products in the market. the BHA is an exfo agent, that is very helpful in reducing the spot , while also remove the dead skin .

      you can use the product max . 1 time a day , at night. and please consider in using sunblock for AM routine. :)

      based on my experience, the spots start to fade on day 14 .

      so, I hope this is what you're lookin for , Andi . :)

      keep me updated, will ya ?

      Delete
    2. oh , and one more thing Andi.
      please be aware of purging while using the exfo product.
      although 1% is considered as very low, it might still cause purging for some people. :)
      so, start with every 3 days at first,
      after 2 weeks, if you feel your skin adjust the product, you can make it more frequent : every other day , at night. me personally, I do it every other day since I don't want to over exfoliate my skin especially when my skin has no problem. however, when I have spots, I do it every night, until the spot's faded. :)

      Delete
  64. Halo kak , aku baru nemu blog kakak dan baca ttg Cosrx ini . Kebetulan aku mau cari produk utk suamiku , dia kulitnya sering berjerawat & big pores banget . Oily juga . Kira2 cocok ya kak pake Cosrx ini ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi citra, suami mu coba clear pad aja dulu.
      jangan pake yang lain2 .. :)

      Delete
  65. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  66. ai ka mau tanya aku awalnya mikir ini exfoliation digosok gitu supaya "runtuh" itu blachead/whitehead, nah kalau berbentuk toner seperti ini cara whitehead/blackheadnya itu hilang gimana ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rizki.. dia naik ke atas, jadi semacam ngeluarin isi pori gitu :)
      kamu pake apa skarang ? kalau yang digosok itu lebih untuk kulit mati dan flaky gitu ..

      Delete
  67. Halo kak, salam kenal sblmnya, aku Vio. Ini pake akun yg dibuat waktu jaman labil dulu, maafkan namanya hahaha. Makasih buat info2nya di blog ini sangat membantu buat aku yg baru mulai serius pake produk skincare melawan jerawat & kulit berminyak, haha.

    Lbh pingin konfirmasi rencana regimen skincare ke depan aja sih. Skrg aku sistemnya gini:

    Pagi:
    - facial wash punya secret key
    - toner: Benton BHA skin toner -> kepingin coba tambah cosrx bha a-sol utk spot treatment, setelah benton abis baru pake full sbg toner jg
    - first essence: secret key starting treatment essence -> kalo habis rencana stop
    - essence: secret key snail essence -> rencana ganti cosrx snail 96 mucin kalo habis
    - serum: wardah vit c serum
    - moisturizer: secret key gel cream -> rencana ganti kalo habis tapi belum memutuskan mau pake apa
    - sunblock: melanox spf 30 pa++

    malam:
    - makeup remover ristra
    - sisanya sama
    - sunblock ga pake -> rencana coba klairs midnight blue calming cream

    Aku udah pake BHA toner lebih dari 1 bulan, tapi kombinasi sama vit c 2x/hari baru kira2 2 mingguan. jerawat muncul di dahi & dagu (tempat biasa) dan relatif terkontrol, skrg pelan2 kempes lagi. pipi & hidung relatif aman, radang berkurang, walopun bekas jerawat masih kelihatan.

    kira2 dgn rencana begitu apa ada yg perlu diganti dulu? atau mgkn pas awal pake a-sol mulai 3x/minggu dulu baru pelan2 tambah sering? kemarin sempat bingung sama power liquid, tp sepertinya buat spot treatment dan mencegah jerawat ke depannya a-sol lebih cocok.

    Makasih sblmnya buat jawabannya ya kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      phio .. :) iya gpp ..

      hmm, secret keys aku gak pakai.
      tapi, kalau kamu masih banyak jerawat aktifnya, better jangan power liquid. nanti pusing, kalau purging skali jadi banyak. bha a sol sudah baik sih menurut aku. tapi , dia ada alkoholnya. pengggunaannya lebih aku sarankan untuk spot treatment aja :)

      kamu pakai vitc nya 2x sehari ?
      sebaiknya 2 hari sekali lowh bukan 2x sehari.
      nanti kamu over exfo kulit makin tipis, makin sering jerawatan. :)

      utk exfo toner aku sih cocok dengan clear pad cosrx :)
      bhanya gak tinggi, jadi ga over exfo :)

      first essencenya, missha ok :)
      yang lainnya ok koq :)

      Delete
    2. Halo kak, iya aku pake vit c 2x/hari udah lumayan lama sih. Kalo over exfo biasanya merah, kering, terbakar kyk iritasi gt kan ya? Selama ini aku ga ada respon begitu sih.. Bagian hidung malah msh agak berminyak setelah bbrp jam pemakaian. Apa mgkn aku yg salah pake karena makenya abis essence? Jadi bingung hehe.

      Makasih tips nya buat first essence. Aku ragu mau lanjut first essence atau nggak soalnya ga merasa ada perubahan banyak walopun kyknya bantu biar ga semerah biasanya. Dia lebih buat prep supaya skincare berikutnya lebih efektif gitu sih ya.

      Delete
    3. hi phio, biasanya over exfo itu : kulit kayak licin mengilap tapi keliatan tipis. kalau terbakar merah itu irritated.

      iya utk prep :)
      coba aja misalnya kamu trial. stop first essencenya. efeknya gimana ke kulit :)

      Delete
  68. Kak adit, very inspired banget blognya sampe betah bacain komennya dibanding nonton drama korea hehe..
    mau tanya kulit saya cenderung kering banget (kadang sampe ngelupas disekitar mulut) tapi jerawatan gede2 di dahi dan bruntusan juga semuka dan dagu bahkan gak jarang gatel dan merah2 gitu efek rasa panas cekit2..
    kira2 rekomend produk korea apa ya supaya ngemoist tapi ngecalm dan nuntasin jerawat? soalnya kebanyakan produk jerawat itu nahan minyak dan malahan bikin kulit kering :( so so help me kak..

    saya menggunakan produk ini:
    cosrx low ph morning cleanser,
    cosrx aha/bha toner (kadang gantian sama klairs supple preparation facial toner),
    skin food black sugar perfect first serum 2x,
    Benton snail bee high content skin,
    Benton snail bee essence,
    Benton snail bee high content lotion,
    Benton steam cream,
    klairs juiced vitamin drop (kadang2 banget makenya),
    Pixi glow toner (ini juga jarang banget makenya),
    sama obat jerawatnya TBS Tea tree oil.

    Tolong koreksi atau ada yg perlu ditambahkan untuk next skincare saya dengan tipe kulit saya tersebut dan penjelasannya serta rekomen obat jerawat meradang.
    Terimakasih kak adit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Riska. hhahahaha .. dibandinginnya sama drama koreaahh gokkeell.. :)

      hmm, kering, tapi jerawatan..

      kalau beruntusan semukanya, keluar nya cepet ?
      kalau cepet, dan ga ada isinya, berarti kulitmu sangat kering dan irritated.

      dari semu, saran paling pertama adalah menggunakan aloe vera.
      aku pake TBS aloe vera karena persen alkoholnya nol, dan kandungan aloe veranya tinggi.

      low ph morning cleanser , kamu aman ?
      karena dia ada bha nya , kayaknya gak untuk kulit kering. kalau pun mau pakai cukup 1 x sehari, sama 2 hari sekali.

      kamu perlu pembersih wajah yang gentle, walaupun ga ada anti acne agentnya gpp . misalnya : sulwhasoo gentle cleanser, atau sk-2 gentle. agak pricey memang, tapi kulitmu perlu yang super gentle kalau kering banget gitu.

      aha /bha toner , gunakannya jangan sering2 juga. cukup 1-2 hari sekali. malam hari.

      Benton high skin, ada alkoholnya kalau ga salah ingat.
      agak perih kan digunakan ?

      usahakan hindari produk yang ada alkoholnya biar ga makin kering.

      kemungkinannya gini :
      kulit mu kering , itu membuat barrier pelindung kulitmu tidak bekerja dengan baik, akhirnya kulitmu jadi mudah berjerawat.

      rajin rajin masker aloe vera kalo lagi di rumah.

      pixi glow dia mengandung aha juga.
      kamu terlalu banyak menggunakan exfo agent :
      low ph, aha/bha toner, black sugar, klairs, glow toner, itu semua ada exfo agentnya :)

      over exfo juga bias bikin kulitmu kering, merah, dan makin mengelupas.

      sepengalamanku, snail bee cukup pakai essence . ( dan cream kalau kamu kering sekali kulitnya. tapi malam hari aja karena sticky ) .

      siangnya wajib pake sunblock. kamu pakai sunblock apa ?

      utk jerawat yang meradang, harus sambil ganti diet mu.
      kurangi carbs and sugar, coffee juga. banyakin minum air putih.
      buah sayur. jangan makan jus yang diblender dijual bebas karena dia dicampur gula bibit. kurangi minuman manis2 yang lagi popular skarang2 ini.
      wajib olah raga, minum vitamin c + zinc ( dan selenium kalau kamu mau ) , kalau sangat banyak yang inflamed, minum omega 3 . dan kalau sangat sangat banyak, aku sarankan ke dokter. karena mungkin kamu perlu antibiotic utk memerangi bakteri jerawat dulu. baru setelah itu dikontrol dengan skincare :)

      Delete
    2. Gini kak mukaku setahun yang lalu itu berminyak dan acne jarang banget keluar bahkan kalo lagi oms aja cuma jerawat kecil banget satu.. Dari remaja gaknpernah banyak jerawat, nah gatau kenapa di usiaku 23 tahun akhir2 kuliah jadi tiba2 kering banget awalnya disekitar area mulut sampe ngelupas2 gitu terus muncul jerawat bruntusan semua di area sekitar mulut, lama2 merambat ke rahang, pipi, dan dahi. Bahkan awalnya jruntusan malah jadi ada isinya. Saya juga bingung siasatinnya gimana karena baru pertama kali banget begini, dan ini udah setahun berlalu begini2 aja gak ada perubahan..
      Saya paling gamau kedokter soalnya takut berkelanjutan apaapa kesana soalnya..
      Saya coba masker2 organik agak ngaruh ngecalmin jerawat radang ini..
      Saya tipe orang yang suka minum air putih dan makan sayur selalu setiap hari dari dulu, cuma kalo olahraga emang jarang banget dari awal kuliah..

      Mengenai produk:
      Low ph cleanser baru awal banget make jadi belum terlalu gimana2..
      Saya kadang oake cetaphil gentle kak cuma berasa gak sabunan pake itu kurang nampol..
      Kalo sebamed yg for sensitive skin gimana kakak udah pernah coba? Mau coba itu takut bikin kering..

      Soal aloe vera, saya pake Nature Republik Aloevera gel dan itu bikin kulit saya superrrrr kering banget, padahal reviewnya bagus2 di yg lain :(
      Dari situ saya beranggapan gak cocok sama ALOE.. (Apa ini salah?)

      Jadi semua produk itu exflo ya kak..
      Sebaiknya saya stop atau mengurangi?
      Nah kalau benton essence dan creamnya saya akui kalo saya sangat cocok pake itu jadinya nyoba semua produk benton deh..

      Sebelumnya saya oakai sunblok etude house yg sunprise tapi karena habis sekarang saya pakai sunblok biore uv spf 50 yg waterbase kak

      Delete
    3. Terus saya juga gak suka makan manis..

      Itu TBS aloe vera bentuknya apa kak? Rekomended?
      Kalo masker2 charcoal gitu bagus gak ya kak, kayak freeman?
      Btw rekomen vit c, zinc, selenium dan omega 3 itu produknya yg rekomended apaan kak?

      Kalo malam saya pakai cream cosrx yang centella blemish juga nih di mix sama tea tree oilnya tbs..
      Gimana kira2? Gak ada masalah sih selama ini

      Oya sama rekomen eyecream untuk garis halus apa ya kak? Masih muda tapi kok saya takut sama masalah2 penuaan kulit, apalagi kalo kering gini..

      Intinya sih ini jerawat bruntusan dan meradang aku udah setahun gak ilang2 :(

      Delete
    4. Udah pernah ulas tentang the ordinary kak?
      Kalo the ordinary salicylic acid dan niacinamide kira2 rekomen gak buat jenis kulitku sekarang?

      Delete
    5. hi riska..
      aku coba jawab satu satu ya..

      mengenai beruntusan.
      sejak kuliah ?
      stress level mu gimana ?

      haha ku sampe bingung balasnya mau yang mana dulu.

      aku simpulkan :
      kulitmu ada beruntus, tapi ada fine lines juga . gitu ?
      beruntus ga hilang2 .. bingung karena apa. padahal sudah jaga pola makan .
      ok, gini, coba stop nasi putih. ganti beras merah . 2 -3 bulan . membaik enggak.

      kalau untuk beruntus dan ada isinya, kalau mau bersih , kemungkinan purging dulu . siap ga ?
      kalau siap. start dari clear pad cosrx. 2 hari sekali dulu. kalau aman, sehari sekali malam hari aja.

      pagi malam, gunakan aloe vera, tbs bentuknya tube. non alkohol. aku suka sih so far.

      vitamin vit c zinc, nutrimax, omega 3 bebas, tapi cari yang ga mengandung d a tocopherol.
      eye cream aku udah lama ga pakai. karena aku gunakan snail dan aloe vera, dan oil the ordinary aku meraasa cukup.

      ordinary niacinamide aku pakai. sa aku ga pakai.
      aku sih so far cocok dengan ordinary. tapi, sebenenrya kita mesti resolve dulu apa yang bikin kamu beruntusan ?

      sikat gigi kamu pasta giginya gmn ?
      coba cari yang herbal dulu.
      ganti sarung bantal paling enggak 1 minggu sekali.
      jangan gunakan conditioner rambut dulu cobain. karena beberapa beruntusan terutama daerah pipi dan rahang, karena conditioner rambut.

      Delete
    6. Iya sejak keluar kuliah malah baru mulai jerawatan.. Padahal ibaratnya udah bukan masanya..
      Dulu pernah coba juga cosrx pad itu cuma gatel jadi saya stop kak.. Masih banyak padahal ini..

      Aloe vera tbs gak bikin kering?..
      Fungsi omega 3 nya apa kak? Kenapa gaboleh yg ada tocopherol?

      Kak adit pernah coba review produk sebamed?

      Kk pernah ke dokter? Ada rekomen dokter kulit?
      Tapi sebenernya gamau banget ke dokter karena setahun ini udah jauhin macem2 bahan kimia bahaya apalagi paraben..
      Soalnya setau saya kalo dokter kulit nanganin jerawat tahunan pasti dengan minum obat yang efeknya berkelanjutan..

      Btw kalo untuk masker/ sheet mask rekomen yg merk apa kak?

      Delete
    7. Minta saran obat jerawat rekomen dong kak, sama hydration toner yang ngelembabin tapi gak berbahan kimia

      Delete
    8. Oya kak cosrx PHA moisture renewal power cream itu bagus gak sih untuk ngelembabin dan berjerawat? Apakah itu produk exflo juga? Lebih ringan dan AHA BHA? Boleh dipakai pagi dan malam produk PHA itu?

      Delete
    9. aloe tbs gak bikin kering ris.

      omega 3 fungsinya anti inflamasi, ngebantu jerawat kempes lebih cepat .

      tocopherol itu vitamin E , dia fungsinya berkebalikan dengan vitamin A. apabila vitamin A berfungsi untuk mengurangi sekresi kelenjar minyak, vitamin E memperbanyak sekreski kelenjar minyak. jadi nanti mukamu makin oily.

      pernah , aku dulu ke dokter kun .
      kamu di jkt ?

      sementara kamu lagi bermasalah kulitnya, saranku jangan gunakan mask sheet dulu. tapi kalau aku, aku gunakan IOPE.

      obat jerawat minum ?
      better ke dokter kalau mau obat minum.
      karena akan ada 2 jenis : antibiotik dan turunan vitamin A biasanya.

      kalau obat totol sih : bha a sol, atau mario badescu yang mirip pink powder.

      PHA itu sejenis aha dan bha juga ris.
      in between, tapi aku juga blum pernah coba.
      semua produk acid cuma boleh digunakan malam hari, dan hanya 2 hari sekali :)

      Delete
  69. Helloww ka adit�� notif blog kaka aku aktifin jadi selalu muncul diemail�� ku seneng bgt bacain solusi dan saran2 kaka yang super detail tbh�� ka adit blogger favoritku��❤ ohiya ka aku mau nanya dong. Sebelumnya aku udah pernah nyobain cosrx yang pimple clear pad, terus efeknya biasa aja diaku, terus akhirnya aku naikin jadi pake cosrx bha blackhead power liquid. Aku pake setiap 2 hari sekali ka. Dan hasilnyaaaa bagus bangettt dia memperbaiki tekstur muka ku ka. Beruntusan ringan dijidat jadi ilang, muka jadi alusss suka bgt deh berkat saran kaka nih hehehe�� terus cosrx ini juga bikin ngeringin jerawat lemak aku ka.. jadinya ngeletek sendiri. Aku udah jalan 1bulan pake cosrx blackhead ini ka, kira2 kalau aku pake creamnya Natural pacific yang whitening niacin itu gakpapa gak ya ka? Sama serumnya natural pacific fresh herb ka. Kaka tau gak? Kutunggu balasannya ya ka�� thankyouu❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ezra .. wahhh .. seneng deh kalo ternyata review aku berguna untuk kamu :)

      btw. maaf ini .. aku jarang balas .. comment karena skarang di kantor blogger di block. V_V
      sedangkan aplikasi blogger android gak untuk balas comment.

      btw.. semoga kamu ga bete aku baru balas skarang ya ..

      hmm.. kalau whitening niacin sebenernya ga bentrok .
      selama kamu yakin ingredient lainnya juga aman.

      masalahnya, aku belum pernah coba natural rep yang varian tsb.
      jadi ga bs komentar banyak.

      saranku, kalau kamu mau coba , cobanya satu satu.
      jangan skali jadi 2 .
      lalu, kamu coba test patch
      di kulit bagian belakang telinga atau lengan dalam.
      selama 2 minggu .
      kalau gatal, merah, kering , iritasi, jangan digunakan di wajah.
      kalau aman. gunakan di wajah. tapi start dari 2-3 hari sekali dulu.
      jadi pelan pelan gitu.

      Delete
    2. It's oke ka, yg penting tetep dibales hehe. oke deh nanti ku coba saran dari kaka. Aku mau nanya lagi ka, essence sama serum itu manfaat dan hasilnya lebih nampol mana ya ka? Ku bingungπŸ˜… btw, Happy New Year ka adit!! :)

      Delete
    3. happy New Year Ezra :) hmm, essence sama serum sebenernya gak bisa dibilang lebih nampol mana. yang bikin lebih nampol itu biasanya kandungan di dalamnya. :) tapi biasanya, essence lebih cair , sedangkan serum lebih kental dan concentrated . Jadi in term of kemampuannya terserap kulit, essence lebih mudah diserap kulit, tapi karena serum lebih concentrated, biasanya serum lebih banyak kandungan yang kamu perlukan. :)
      problemnya, saat menggunakan serum, serumnya gak terlalu dapat diserap kulit karena kental dan lengket, so aku biasanya semprotkan avene setelah menggunakan serum, untuk membantu meratakan serum yang aku gunakan :)

      Delete
  70. Kak pake TBS yg aloenya yg mana ya? Aloe shoting gel atau multi gel? Yg tubenya warna apa? Berat isi berapa? Banyak soalnya variant aloe gel

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang besar . ada fotonya itu di blog aku :) tube gitu. soothing gel

      Delete
  71. halo kak, aku penasaran bgt sama cosrx yg one step pimple clear pad dan natural bha skin returning a-sol tp bingung mending beli yg mana dulu, boleh dipake bersamaan atau engga. atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih, Gbu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi B :)
      hmmm, clear pad aja dulu. bha nya lebih sedikit. jadi lebih aman utk first trial

      Delete
    2. terus si clear pad ini boleh dipakai setiap hari ga kak?

      Delete
  72. Halo ...
    Mau tanya lebih baik cosrx clear pad atau benton aloe bha toner ? Baru pertama kali oakai exfoliate toner, kondisi wajah dulu kering tapi sekarang setelah beraktifitas jadi oily, kusam, pori pori besar, dan banyak komedonya, dulu jerawatan 1atau 2 aja tp sekarang jadi banyak gitu, sudah kuliah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lista.. aku lebih bilih cosrx clear pad :)

      selain clear pad ini kamu pakai apa ? ini cuma boleh digunakan malam hari aja ya :)

      Delete
  73. halo kak adit! nama aku nabila kak, aku mau tanya kak sebelumnya kulit aku ini tipe yg berminyak berjerawat terutama saat mau dan psca period, trs ada visible pores dan sedikit blackhead juga acne scars kak. sejauh ini aku udh pake cosrx low ph good morning, pimple pad sama centella blemish cream..cocok sih kak di aku, cuma kalo jerawat gede gitu ngerasanya rada lama kempes aku gemes pgn cpt kempes dan juga aku gemes sama acne scars aku kak krn jujur aja aku jerawatan kyk gini saat umurku 19th, aku pgn nyobain produk2 cosrx tp takut ga cocok kak, aku pgn nyobain antara a-sol sm yg blackhead liquid kak menurut kakak lbh baik aku coba yg mana dulu? atau kakak ada saran produk lain kak, kutunggu balesannya ya kak adit hehe terimakasih banyak kak:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi berliannabila, coba deh kamu gunakan clear pad dulu sebelum ke power liquid :) karena persen bhanya lebih kecil. lebih aman di kulit :) a sol untuk spot treatment, jadi kalau ada jerawat besar baru kamu gunakan a sol pas di jerawatnya aja :)

      Delete