Wednesday, October 5, 2016

My Thought about Cetaphil : Produk yang Konon Katanya Baik untuk Kulit Sensitif

Hi semua,
hari ini adit ingin share sedikit mengenai Cetaphil.
untuk kamu yang mungkin gak familiar dengan produk ini, Cetaphil merupakan produk yang direkomendasikan oleh banyak dokter kulit untuk pasien-pasiennya yang memiliki jenis kulit super dry atau sensitif. Terutama , apabila kamu sedang makan obat minum dari dokter kulit untuk mengatasi jerawat kamu seperti : isotretionin, yang menyebabkan kulit kita ekstra sensitif , sehingga membutuhkan pembersih wajah yang "super gentle" sehingga tidak memicu iritasi yang tidak kita inginkan.

Beberapa waktu belakangan ini, entah mungkin karena aku sedang banyak kerjaan , over stressed, atau banyak pikiran , kulitku agak sering alergi.  Untuk kamu yang gak punya alergi, kamu harus bersyukur banget , karena untuk kita kita yang alergi , seperti aku misalnya, aku harus ekstra hati-hati memilih makanan, mencuci baju, memilih skincare, tidur musti cukup, stress musti terkontrol , dll. For example : kadang-kadang kulitku suka bentol, kalau , cuci baju sisa detergennya masih ada sedikit menempel di baju. sedih kan :( . Yang paling bikin kesal, kalau, bekasanya sampai luka jadi menimbulkan noda di kulit yang perlu waktu untuk hilang.

So, akhirnya, kemarin-kemarin , karena aku sedang alergi, aku sempat terpikir untuk mencoba salah satu produk yang direkomendasikan oleh dokter kulit , yaitu Cetaphil ini. Konon katanya, produk Cetaphil suppperr gentle, sehingga aman bahkan untuk kulit anak kecil sekalipun.



Akhirnya aku google deh , Cetaphil ini. Aku punya kebiasaan untuk mencari informasi sebanyak mungkin mengenai produk yang akan aku beli, sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Karena, dengan mencari info sebanyak mungkin mengenai produk tersebut, kita kemudian dapat menimbang-nimbang apakah benar produk ini yang kita cari, yang kita perlukan, dan benar-benar suitable untuk kondisi kulit kita. Selain googling, aku juga membaca ingredient list nya di COSDNA. Karena, COSDNA menjelaskan secara detail setiap ingredient yang ada di dalam suatu produk, apakah berpotensi memicu terjadinya jerawat, atau berpotensi memicu iritasi untuk kulit sensitif, dan apakah cukup aman untuk digunakan secara reguler oleh kita. Beberapa produk Cetaphil yang sedang aku pelajari antara lain the famous Cetaphil cleanser, lalu juga cream / lotionnya. untuk aku gunakan kalau kulitku lagi super kering ,atau sensitif.

COSDNA RESULTS

Namun, alangkah terkejutnya aku, waktu aku melihat hasil yang aku dapat dari COSDNA analysis tersebut.

COSDNA RESULTS FOR CETAPHIL GENTLE CLEANSER 



Seperti yang dapat kita lihat di atas, Cetaphil gentle cleanser, yang , walaupun didedikasikan untuk kulit sensitif, ternyata tetap mengandung alkohol ? Padahal, setahu aku, alkohol itu sangat reaktif untuk kulit sensitif, termasuk kulit ku. Aku sangat menghindari alkohol dalam ingredient list produk yang aku gunakan. Karena alkohol langsung buat kulit ku merah-merah, kadang ada dry patch nya. Kadang saking membuat kulit kering, akhirnya pori-pori ku menganga. Di samping alkohol , produk ini juga mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang memiliki rating 5 , dari segi kemungkinannya memicu jerawat. Wew ?!

COSDNA RESULTS FOR CETAPHIL MOISTURIZING CREAM 


Hal yang tidak kalah mengagetkan juga aku temui pada saat membaca COSDNA results untuk Cetaphil Moisturizing cream. Selain mengandung alkohol, produk ini juga mengandung beberapa zat lain yang memiliki rating safety kuning ( range 3-5 ). Wew ?!

COSDNA RESULTS FOR CETAPHIL MOISTURIZING LOTION 



Hal yang sama juga aku temukan pada Cetaphil Moisturizing lotion.

Kesimpulan Sementara 


Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, akhirnya aku mengurungkan niatku untuk mencoba produk Cetaphil ini. Aku jadi bertanya-tanya, sebenernya, produk tersebut benar-benar bagus untuk kulit sensitif, atau hanya hype saja ? atau COSDNA results nya yang tidak benar . Aku gak tau. Tapi, i'm not gonna take the risk. Untung saja, aku memutuskan untuk membaca COSDNA results dulu sebelum membeli dan mencoba produk ini.

Anyway, mungkin ada di antara kamu yang saat ini menggunakan Cetaphil , atau mungkin pernah menggunakan produk Cetaphil ? Kalau ada, boleh share share di comment :)

15 comments:

  1. Waduh.. aku baru mesan Cetaphil Gentle Cleanser buat cowok ku karena kulitnya sensitif kayak eksim gitu di daerah sekitar hidung dan pipi. Kadang bisa sampai merah2 banget dan kering kulitnya kayak bisa di kocekin (bahasa apaan sih (kocekin?) *plak) :D
    Ntar kalo udah di coba dan cocok, tak kabarin ya.. emg repot punya kulit sensitif mesti trial eror :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Linda :) iya memang kulit sensitif itu agak nyebelin :( . kita harus aware apa yang memicu iritasi di kulit kita, karena seringkali berbeda antara kulit kita dengan kulit teman :)

      maksudnya bisa di keloteki ? haha .. sama aku juga bingung ngomongnya kayak mana. mengelupas gitu kan maksudnya ?

      hmm, kalau nanti cowokmu sudah menggunakan 2-3 minggu, update ya :)
      thankss lowh Linda :)

      Delete
  2. hmmm aku pakai cetaphil yang spf 15 with moisturizer .... almost 2 minggu ini aku pake hasilnya lmyan bagus tidak menimbulkan break out even spf dokter yang diklaim buat sensitiv skin also make me break out ... tapi cetaphil menolong ...my skin type is oily and acne prone skin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Sachio , :)
      thanks untuk insight nya :)

      cetaphil spf 15 aman ya :)

      Delete
  3. Hai.. sorry telat update info nya nih, hehe.. tapi ini berarti hampir 2 bulan pemakaian cleanser nya cetaphil di kulit wajah cowok ku.. sampe saat ini aku lihat gk ada perubahan mas.. tp gk nambah parah jg.. krn cowok ku jg gk pake skincare apa2 lagi, jd cuma cleanser doang.. mgkn next mau nyobain cleanser yg lain.. ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Linda :)

      hmm, cetaphil memang ga ada : brightening agent, ga ada anti bacterial agentnya juga, ga ada actives , jadi memang tujuannya untuk membersihkan aja :)

      kalau memang kamu ingin combat acne, better cari yang ada anti bacterialnya, atau kalau ingin menghilangkan bekas noda, better cari yang ada brightening agentnya :)

      Delete
  4. Hai.. sorry telat update info nya nih, hehe.. tapi ini berarti hampir 2 bulan pemakaian cleanser nya cetaphil di kulit wajah cowok ku.. sampe saat ini aku lihat gk ada perubahan mas.. tp gk nambah parah jg.. krn cowok ku jg gk pake skincare apa2 lagi, jd cuma cleanser doang.. mgkn next mau nyobain cleanser yg lain.. ☺

    ReplyDelete
  5. setuju kak ! aku yang awalnya nggak teliti sudah terlanjur beli cetaphil gentle cleanser yg guede bgt botolnya cuma krna liat di review2 bagus, ternyata mengandung alkohol, pantesan wajahku panas dan makin kering dan makin iritasi huft apalag arti "gentle/for sensitive skin" tapi masih containing alcohol. btw alhirnya aku menemukan temen yg sama2 alergi detergen, makanan, fragrences, dll (semua2nya bikin aku alergi). thanks for sharing kak adit :)

    ReplyDelete
  6. Aku pakai cetaphil udah satu tahun, dan bagus aja sih di kulitku yang oily dan acne prone. Dia ga bikin kulit kering setelah dibilas. Kalau buat acne kayaknya ga begitu ngaruh. Kalau lagi jerawatan, kulitku ga makin jerawatan tapi juga ga cepet hilangnya jadi aku pakai produk lain juga. Review sedikit ya kak🙌🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp :) memang cetaphil ini hanya pembersih aja Nadya . ga ada zat aktif untuk melawan jerawat :)

      Delete
  7. Lagi hype banget cetaphil, teman teman aku pada pakai kata dia gak ada busanya, ya sudah aku coba beli karena aku punya kulit dehidrasi, eh waktu di coba ko rasanya ketarik gitu beberapa hari kemudian jadi ngelupas halus, aku liat di cosdna ya ampun slsnya rate 5

    ReplyDelete
  8. Waduuh aku baru beli untung ukuran cuma 59 ml, hype banget katanya cocok gentle cleanser ... aku coba kan beberapa kali rasanya laah kok perih di muka :( padahal sekelas dove aja ga perih , awal nya aku kira perasanku aja. Shock juga lihat nilai cosdna di atas yg gentle cleanser.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai :)
      iya .. aku juga agak kaget waktu aku baca detailnya.
      so, yang dikatakan gentle gak bener2 gentle juga ya ternyata :)

      Delete