Wednesday, October 26, 2016

[Beauty Info] Question : Penting Gak Sih First Essence Itu ?

Hi all ! Hari ini Adit ingin share sedikit mengenai .. hmm.. First Essence.
Seperti yang kita ketahui, seiring dengan suksesnya SK-II dalam mempromosikan miracle waternya, banyak brand-brand lain yang kemudian mencoba mengikuti kesuksesan SK-II tersebut. Mereka kemudian membuat first essence, yang (juga) isinya sebagian besar adalah fermentasi. Kalau ngeliat hal hal seperti ini, aku sebenernya agak-agak geli sendiri. Entah karena mereka malas bereksperimen dan takut gagal atau karena mereka malas mikir, mereka akhirnya membuat produk yang mampu menjadi alternatif dari SK-II FTE tersebut. Alternatif di sini , antara lain dari segi harga dan/atau juga dari segi ingredient pelengkap yang mereka tambahkan ke dalam produk tersebut.

Beberapa first essence yang pernah aku gunakan


Apakah "First Essence" itu ? 

Berdasarkan konsistensinya yang cenderung watery, banyak dari antara kita yang agak bingung membedakan toner dengan essence. Walaupun demikian, toner bertujuan untuk menyegarkan kulit dan mengangkat sisa pencuci wajah / cleanser yang mungkin masih berada di kulit kita, sebelum akhirnya kita mengaplikasikan produk selanjutnya. Sedangkan essence, didalamnya terkandung banyak zat-zat yang beneficial untuk kulit kita , seperti brightening agent, atau anti-aging agent . Tujuannya adalah, untuk membawa zat penting tersebut masuk lebih jauh ke dalam lapisan kulit kita. So, walaupun konsistensinya sama, tujuan penggunaan toner dan essence sangatlah berbeda.

Korean people menggangap first essence sebagai salah satu step yang paling penting yang tidak mungkin di lewatkan. Bahkan , di dalam salah satu acara di TvN , "Get It Beauty" , pembawa acara tersebut, Honey, mengatakan, ada beberapa teman sesama artis korea yang menggunakan 5 macam first essence setiap hari nya. haha . Konon katanya, karena konsistensi nya yang seperti air, mereka percaya , dengan konsistensi tersebut, zat zat aktif akan lebih mampu terserap oleh kulit kita, tanpa membuat pori-pori kita tertutup, dan tidak membuat kulit kita terasa tebal. Btw, tapi menurut adit sih , menggunakan 5 first essence itu, selain costly , juga agak over sih hahaha.

Lee Ha Nui ( Honey ) - from Get It Beauty ( Sekilas mirip Song He Kyo ) 

First Essence is Most Suitable for .. 

"First essence sebaiknya digunakan untuk ..? "
Pertanyaan ini menarik banget. Beberapa waktu yang lalu Adit sempet hunting-hunting , blog walking, to really find out , sebenernya first essence ini bagusnya untuk jenis kulit apa ? apakah bagus untuk semua jenis kulit ? apakah hanya untuk kulit kering ? Cocok gak untuk kulit berminyak ? Lalu bagaimana dengan kulit sensitif ?

Pertanyaan ini ter-trigger oleh pernyataan beberapa pemakai first essence di beberapa forum yang menyatakan mereka koq kayaknya gak cocok dengan salah satu brand dari first essence , karena menyebabkan beruntusan , misalnya. Ada juga yang bilang jadi terlalu berminyak .. Namun di satu sisi, banyak review yang sangat positif yang menyatakan bahwa mereka merasakan manfaat first essence tersebut , kulit menjadi jernih, crystal clear..

Kedua jenis statement yang saling bertolak belakang ini, harusnya somehow ada benang merahnya dong ? Misalnya, apakah yang kulitnya menjadi jernih tersebut rata-rata yang berjenis kulit kering ? Apakah yang kemudian menjadi beruntusan tersebut, jenis kulitnya sensitif ? Apakah semuanya menggunakan produk yang sama ?

Pertanyaan berikutnya adalah : apakah ada perbedaan antara first essence brand A dengan brand B?

Jawaban yang kemudian aku dapatkan sebagai hasil dari blog walking ini antara lain :

  • Walaupun ada banyak brand mengeluarkan first essence versi masing-masing brand tersebut, ingredient dari masing-masing first essence berbeda-beda. Seperti misalnya, ada brand tertentu yang sama sekali tidak menggunakan 'alkohol' di dalam kandungan first essence mereka, sehingga aman untuk kulit sensitif. Sedangkan ada beberapa brand lain yang menggunakan 'alkohol' di dalam kandungan first essence. Hal ini wajib kita ketahui untuk kita-kita yang berjenis kulit sensitif. 
  • Di samping kandungan utamanya yang rata-rata zat fermentasi, beberapa brand menggunakan ingredient tambahan, yang tujuannya untuk meningkatkan kinerja first essence. Beberapa zat tambahan tersebut antara lain :
    • Whitening agent , misalnya Niacinamide ( ex : Missha FTE ) 
    • Anti-inflammatory agent , misalnya centella asiatica extract ( ex : Missha FTE generasi pertama ) atau aloe-vera gel ( ex : Secret Keys FTE ) 
    • Anti - allergy agent, misalnya beta glucant ( ex : IOPE bio essence )
    • Zat emollient , misalnya dimethicone ( ex : Missha FTE Intensive ). Bisanya dimethicone ini bertujuan untuk mengurangi tampilan pori-pori. Tapi ada beberapa orang sensitif terhadap dimethicone. 
    • Moisturizer. Dari kesekian banyak first essence, kalau aku lihat di cosdna, Estee Lauder Micro essence paling banyak menggunakan moisturizer. Mungkin ini alasannya di kulitku, ELME ini agak bikin berminyak. (?? ) 
    • Ekstraks tumbuh-tumbuhan. Nah, yang ini memang agak rancu buatku. Disamping memang banyak dari nama ekstraks tersebut yang mengunakan nama latin ( dan agak membingungkan ), sebagian besar dari antara zat ekstraksi tersebut juga aku ga terlalu paham apa benefitnya untuk kulit kita. 

Tips dalam Memilih First Essence 

Karena saat ini ada banyak banget First Essence yang beredar di pasar , yuph, hampir semua brand mengeluarkan first essence, Adit coba membuat guidelines/panduan yang mungkin dapat membantu kamu dalam memilih first essence yang cocok untuk kulitmu.

  • Untuk kulit sensitif, pastikan tidak ada alkohol dalam ingredient list . Kamu dapat mengeceknya di cosdna.com sebelum memutuskan untuk membeli 
  • Selain itu, untuk kulit sensitif, mungkin akan lebih baik memilih produk yang mengandung anti-inflammatory agent / anti-allergy. 
  • Aku personally lebih suka dengan ingredient list yang singkat. Dengan ingredient list yang singkat tersebut, itu akan meminimalkan kemungkinan reaksi-reaksi yang tidak diinginkan akibat penggunaan produk. 
  • Kalau kulitmu jenis berminyak, hindari produk first essence yang terlalu mengandung banyak moisturizer agar kulitmu tidak semakin oily. Namun sebaliknya, untuk kulit yang kering, mungkin kamu perlu moisturizer tersebut. 
  • Adanya dimethicone dalam sebuah first essence menurut aku pribadi sih sebenernya penting ga penting. Kalau aku, aku akan kembali ke checklist awal yaitu ingredient list yang singkat. 
  • Kalau kulit mu jenis yang agak sensitif dan reaktif terhadap produk skincare, aku sarankan hindari ekstraks-ekstraks tumbuhan yang kamu gak bener-bener ngerti apa fungsi dan tujuannya di dalam first essence tersebut. Seringkali, kulit yang sensitif justru bereaksi buruk terhadap zat-zat tambahan dalam suatu produk. 
Ok! Semoga posting Adit kali ini dapat membantu kamu memilih first essence :) NAntikan posting lainnya hanya di Groom It Like Adit ! 





4 comments:

  1. Jadi, kalau jenis kulit kombinasi, essence apa yang cocok kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. first essence ?
      aku sih paling suka either Missha, atau IOPE , atau SKII :)

      Delete
  2. kak kalau first essence yang cocok untuk kulit oily apa ya ? mohon saran nya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      untuk first essence yang recommended ada 3 :
      - Missha
      - SK2
      - estee lauder :)

      Delete