Monday, October 10, 2016

[REVIEW] COSRX ALOE VERA OIL FREE SOOTHING GEL untuk Mengatasi Iritasi di Wajah

Hi all,
hari ini Adit ga sabar banget ingin share ke kamu pengalaman Adit mengatasi iritasi di wajah beberapa waktu yang lalu. ( kurang lebih 3-5 hari yang lalu ).
Jadi,
ceritanya beberapa waktu yang lalu aku iseng coba salah satu produk yang cukup populer di kalangan Korean skincare lovers. Berhubung banyak yang bilang bagus , ditambah lagi ingredientnya dari berbagai macam ramuan traditional korea, aku kebawa napsu pingin coba produk tersebut. Salahnya, karena kebawa napsu itu juga, akhirnya aku ga terlalu teliti melihat ingredient list dari produk tersebut. Aku langsung beli, dan langsung aku pakai. ( sementara ini, nama dan jenis produknya gak aku mention dulu di blog ku ya. Nanti setelah aku teliti lebih jauh, baru aku akan share ) .
Selang kurang lebih 1 minggu aku menggunakan produk tersebut, aku mulai ngerasa koq kulitku agak over sensitive ya. Mulai muncul merah-merah, spot spot agak bengkak dikit , kayak bentol , kulit perih semuka-muka, sampai akhirnya mukaku beruntusan alergi ( bukan beruntusan jerawat .. ). Kurang lebih seperti ini :

Day 0 : saat tiba2 mukaku iritasi parah dan gatal 
Seperti yang kamu lihat di foto ku di atas, di jidat ku semua nya kasar, perih, merah merah. Sayang memang kualitas fotonya gak terlalu menggambarkan kondisi aslinya. Kalau kamu lihat langsung , waktu itu mukaku bener-bener gak karuan. Beruntus, merah, di pipi, di leher, di bawah telinga, di garis batas rambut, di jidat di bawah mata, di bagian atas lipatan mata .. wah parah deh pokoknya.

Awalnya aku gak berpikir kalau itu karena produk skincare, tapi aku pikir aku salah makan makanan yang kemudian memicu alergi, atau kulitku memang lagi hypersensitive  ( maka dari itu aku sempat hunting Cetaphil dll ) . Tapi setelah dipikir-pikir lagi, koq aneh ya, bagian yang iritasi, gatal dan perih hanya di daerah muka dan leher , yaitu didaerah yang aku gunakan skincare product. Dari situ kemudian aku mengevaluasi semua produk yang aku gunakan, termasuk yang paling baru aku gunakan yaitu produk 'X' tersebut.

Setelah aku teliti, akhirnya aku memutuskan untuk stop semua produk dulu, kecuali : COSRX Snail Essence, SK-II Miracle Water dan SK-II gentle cleanser karena kulitku kering, dan perih, dan dehydrated, dan iritasi. Ketiga produk ini adalah produk yang mampu menjaga kulitku paling tidak , tetap bersih, dan menghidrasi kulit . Karena disaat kulit kita sedang iritasi, kalau gak dijaga kebersihannya, sangat mungkin memicu secondary problem, seperti infeksi bakteri, jerawat dll .. Di siang hari, aku tetap gunakan Klairs bb cream karena mengandung spf sehingga mampu mengurangi kemungkinan kulit teriritasi akibat paparan sinar matahari baik langsung maupun tidak langsung.

Saat itu, akhirnya aku langsung melakukan observasi, kira-kira produk apa yang dapat meredakan gejala iritasi yang 'aku kategorikan' cukup parah untukku. Dari kesekian banyak produk yang aku teliti, aku akhirnya kembali ke COSRX . Alasannya simple, COSRX adalah salah satu brand yang memang dibuat khusus untuk kulit problematic. Brand ini mengeliminasi zat-zat / ingredient yang 'less important' . Mereka membuat produk dengan ingredient list yang cukup singkat, hanya ingredient-ingredient yang beneficial untuk kulit kita. Produk COSRX yang aku pilih adalah : COSRX ALOE VERA OIL-FREE SOOTHING GEL


COSRX ALOE VERA OIL-FREE SOOTHING GEL


Ngomong-ngomong soal aloe vera, untuk kamu-kamu yang mengikuti blog Adit, mungkin kamu tahu, bahwa Adit memang sering membuat masker wajah dan rambut dari aloevera asli. Alasannya, karena di dalam aloevera ini terdapat anti bakteri, anti virus, anti jamur, anti peradangan, yang juga mampu mempercepat regenerasi sel. Sejak dahulu aloevera memang sudah banyak digunakan untuk produk-produk kecantikan dan kesehatan. Dulu, kalau kita habis terpapar sinar matahari, main di pantai misalnya, orang tua kita suka mengaplikasikan aloe vera ke wajah dan tubuh kita. Disamping memang rasanya yang dingin, aloe vera mampu meredam kerusakan yang timbul di kulit akibat paparan matahari tersebut.

Nah, berhubung aku lagi ga sempet cari lidah buaya asli, dan waktu itu aku mikirnya , ribet juga kalau aku harus potong lidah buaya asli padahal aku lagi banyak banget kerjaan di luar rumah. Jadi aku ga akan ada waktu untuk duduk manis sambil oles-oles lidah buaya . Akhirnya, aku memutuskan untuk mencari produk dengan kandungan lidah buaya tertinggi , se-murni mungkin. Pilihanku jatuh ke COSRX gel ini. Kali ini, aku gak mau 'kecolongan'. Aku buka cosdna.com dan aku telaah secara lebih detail apa-apa sajakah ingredient yang ada di dalam COSRX gel ini.
cosdna result for COSRX Aloe Vera Gel
Berdasarkan cosdna , hanya ada 10 macam ingredient di dalam produk tersebut, yang sebagian besar semua skala safety nya 1 ( paling aman ), dan hanya ada 1 yang skalanya  3 ( skala 3 dari 9, menurut aku masih aman ). Kandungan produk ini adalah aloevera itu sendiri,  juga sodium hyaluronate, zat anastatic, dan anti alergi / anti inflammatory.  Melihat cosdna result ini, buat aku ini adalah lampu hijau untuk ku membeli produk ini.

Setelah aku melihat cosdna result, yang berikutnya aku lakukan adalah blog walking. Aku search semua blog , dan aku baca semua rekomendasi dari blog-blog tersebut dan juga reddit forum. Nah ini dia yang menarik. Dari sekian banyak blog yang aku baca, sebagian besar bilang : produk ini 'so-so'. Menghidrasi kulit, iya. tapi gak bagus-bagus amat. Mengatasi alergi / iritasi , gak ada yang review. Beberapa blogger mereview produk ini sebagai after-sun atau after-tan lotion. Dan mereka bilang, produk ini cukup memberikan rasa dingin - tapi gitu doank. Bahkan ada satu blogger yang bilang bahwa entah kenapa mereka koq merasa perih pada saat mengaplikasikan produk ini ke kulit mereka.

Aku bingung kan. Setahuku aloevera itu powerful banget . Kenapa reviewnya gini doank . Beberapa kemungkinannya adalah : mereka sedang tidak mengalami masalah kulit seperti kulit iritasi misalnya. Mereka hanya perlu produk yang mampu menghidrasi kulit mereka / membuat kulit mereka moist . Dalam hal ini seharusnya mereka ambil snail essence. Atau mungkin saja, mereka panas-panasan di pantai, malemnya pake produk ini, besoknya panas-panasan lagi. Jadi, benefit dari produknya gak terlalu terlihat.  Statement yang bilang produk ini perih di kulit aku gak tau kenapa waktu itu. tapi aku juga jadi was-was, jangan jangan memang produk ini ga sebagus yang aku kira.

Setelah blog walking tersebut, akhirnya aku menghubungi supplier produk COSRX yang biasa aku beli. Namanya mbak Fiki. Selama ini setiap kali aku beli produk COSRX , aku selalu beli ke mbak Fiki. Disamping memang harganya yang lebih murah dari seller lainnya, mbak Fiki kalau ditanya macem-macem , gak pernah marah. hahaha Apalagi aku cerewet, dan detail kan ? Aku bisa bebas tanya macem-macem termasuk tanggal kadaluarsa produknya. Jadi sebelum beli biasanya aku tanya dulu tuh, tanggal kadaluarsanya masih lama gak.

Aku memutuskan untuk membeli beberapa produk , yaitu snail essence full size ( kebetulan punyaku sudah mau habis), dan aloe vera gel sharing size. Nah ini dia juga yang aku suka. Di mbak Fiki, kita bisa beli sharing size kalau kita ngerasa belum yakin dengan produk tersebut. Karena aku agak khawatir dengan 'perih di kulit' yang tadi aku ceritakan di atas, aku pikir, kalau beli full size dan ternyata ga cocok kan sayang juga. Akhirnya aku beli sharing sizenya dulu ke mbak Fiki.

Hari ini pesan, besoknya sampai, kebetulan hari sabtu dan aku free di rumah, langsung aku aplikasikan COSRX aloe vera gel ini di kulit ku agak tebal . Walaupun produk ini memiliki consistency seperti gel, produk ini langsung terserap di kulit ku dalam waktu yang singkat. Nah, begitu terserap, aku aplikasikan lagi .. terus, beberapa kali. Mau tau hasilnya di hari pertama ?

Day 1 : Satu hari pemakaian Cosrx Aloe Vera gel
Bisa kelihatan kan bedanya ? beruntusannya mereda, merah merah nya juga mereda, rasa perihnya juga jauh berkurang. Memang, pada saat aku mengaplikasikan produk ini ke wajahku, ada perasaan perih. Aku juga sempet khawatir, tapi aku pikir, ah kalo kita ada luka, terus kita gunakan betadine misalnya, kan perih juga. Perih itu lebih karena produk tersebut mengenai dengan daerah sensitif di kulit kita aja. Tapi toh lukanya kering dan sembuh. Akhirnya aku mantapkan hati, dan terus mengaplikasikan aloe vera gel ini ke kulitku.

Berikutnya, day 2 . Hari kedua setelah aku menggunakan aloevera gel.

Day 2 : menggunakan Cosrx Aloe Vera gel 
See !!! Coba kamu perhatikan jidat ku .. My forehead is soooo muchh clearerr .. beruntusannya jauh berkurang , uda gak perih-perih lagi . Love !

Hari ini hari selasa , dan kulitku sudah hampir kembali ke kondisi semula. Hanya dalam .. hmmm 4 hari saja . Yay !! Bener-bener seneng dan lega rasanya kulitku bisa jauh membaik. Memang ada sedikit spot here and there karena untuk daerah yang uda terlanjur luka dan mungkin waktu aku tidur, karena gatal aku garuk jadi agak sedikit luka, it gonna need times to heal .. tapi yahhh .. I'm happy by the result so far :) . Bener-bener gak nyangka kulit yang kacau balau iritasi dan alergi, bisa jauh membaik hanya dalam waktu 4 hari aja. Foto berikut aku ambil kemarin sore , selesai potong rambut. haha .. Jangan perhatiin rambut culunnya ya. Lagi ga pake wax rambut.
Day 3 :  haha .. please ignore poni lurus ku .. haha lagi ga pake wax. 

Kemarin sore akhirnya aku putuskan untuk membeli full size Cosrx Aloe Vera gel ini.

Dan, sebagai ucapan terimakasih ku kepada mbak Fiki , dan juga karena kemarin kemarin ada yang nanya rekomendasi seller untuk Cosrx product,  untuk kamu -kamu yang ingin membeli Cosrx product, kamu dapat mampir ke instagram : @parashoplover .

Thanks mbak Fiki ! Thanks juga semua sudah mampir di blog ku . Nantikan produk review lainnya hanya di Groom it like Adit.

36 comments:

  1. Hi kak,
    Cosrx ini bisa dipakai utk hydrating toner ga ya? Aku minta rekomen hydrating toner kak especially for the blemishes. Thank you before. Love your blog so much.

    Rere
    Xo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Resynta .. terimakasih uda mampir2 ke blog ku :)
      hmm, kalau kamu perlu nya toner , aku lebih recommend Klairs toner. nah, blemishes nya itu sendiri, karena alergi , iritasi, atau jerawat ? karena kebutuhannya berbeda untuk masing2 penyebab blemishnya kamu

      misalnya, kalau penyebab blemish kamu itu extreme dehydration, yang kemudian merah merah dan agak melendung , kamu perlu hydrating agent .. tapi gak bisa cuma toner, kalau toner tugasnya hanya mengangkat sisa pembersih wajah dan mempersiapkan kulitmu untuk step selanjutnya. toner aja ga akan cukup meng-hidrasi kulitmu.

      kalau penyebabnya alergi , atau iritasi kulit. . kamu bisa coba aloe vera gel ini, karena di aku cocok banget. cara penggunaannya aku detail-kan di posting aku kemarin :) dengan catatan .. kamu harus tau penyebab alergi / iritasi kamu , kemudian kamu 'stop'. misalnya kalau kamu alergi produk kulit yang baru kamu pakai, kamu harus stop produk tersebut agar proses penyembuhannya cepat.

      nah, yang gampang2 susah kalau penyebab blemishnya adalah jerawat. karena jerawat dapat di trigger oleh banyak faktor. mulai dari stress, hormonal, kurang tidur, kurang olahraga, kurang minum, kurang makan sayur, terlalu banyak mengaplikasikan makeup, baru ganti shampoo , kamu menggunakan conditioner rambut yang kemudian netes netes ke kulit wajah ( biasanya dibarengi dengan jerawat / beruntus di punggung ) , makanan, males cuci muka, cuci muka subuh ketemu cuci muka lagi malem. genetik. haha .. kamu perlu extra patient kalau masalah jerawat. biasanya kalau pingin progressnya cepat, banyak orang ke dokter kulit karena dokter akan memberi antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga mampu menahan / mengurangi terbentuknya jerawat baru :)

      kalau kamu memang problemnya jerawat, jerawatnya dulu diatasi, baru nanti setelahnya, kita treat bekas jerawatnya :)

      Delete
    2. oh iya, satu lagy Resynta , seringkali, jerawat juga di trigger oleh alergi . so, kamu harus menganalisa diri kamu sendiri, setiap habis ngapain, terus kemudian timbul jerawat. nah .. kemungkinan besar itu yang menjadi faktor. mungkin faktor pencetusnya ga cuma 1, tapi lebih . dulu aku waktu jerawatan parah jaman kuliah, aku sampai vegetarian 2 taun . :)

      Delete
    3. Hai kak Adit,

      So sorry karena super telat banget responnya, btw saat aku nanya itu akhirnya pilihanku jatuh ke benton bha skin toner :DD

      Dan sekarang mampir kesini lagi buat baca baca review buat moisturizer XD

      Btw thank you for the very very care replies.

      Xx

      Delete
  2. Hai kak ~
    Aku udah beli Cosrx aloe vera cream, ini rekomendasi nya kak adit, tapi mau tanya dipake nya tiap pagi atau before make up, dan malam hari setelah pake Bha power liquid bisa ?
    kalo malem aku ga banyak skin care nya kak, tapi kalo urutan nya gini boleh ?
    1. Toner tanpa BHA
    2. Cosrx Bha Power Liquid (tiap 2-3 hari sekali)
    3. Cosrx SNail Mucin Essence
    4. Cosrx Aloe vera Moisture Cream
    5. Laneige Sleeping mask (2-3 hari sekali)

    atau kalo misalnya aku pake sleeping mask, ga perlu pake aloe vera lg kak ? soalnya pagi aku pake lagi before make up.
    aku jg ga ngerti soal kandungan di dalem nya,apa yg boleh dan ga boleh hehe

    Thanks before kak, ditunggu pencerahan nya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. urutannya uda bener. :)

      tapi kamu sudah pernah pake laneige sleeping mask ? karena produk itu mengandung parfum. beberapa orang gak cocok

      setelah bha power liquid, kamu diamkan dulu 20 menit baru pake snail essence ya :) kalau kamu takut breakout parah, kamu bisa menggunakan bha power liquid nya seperti maskeran. jadi, 20 menit, cuci wajah dulu dengan air, baru gunakan snail mucin.

      kamu aware bahwa menggunakan bha power liquid mungkin purging dulu kan ? :) takut kamu kaget purging.

      Delete
  3. jadi pake aloe vera lanjut laneige sleeping mask bisa kak ?
    dulu pernah pake dr sample, tp aku ga tau cocok atau engga sm laneige, selama pake sih ga ada masalah. kulitku jg sebenernya ga terlalu sensitif sampe breakout gitu.
    Snail mucin nya aku pake setelah 20 menit BHA power liquid kak, dan aneh nya ga purging sama sekali loh dikulit aku, bulan kmrn aku pernah pake selama seminggu tiap hari, tp ga ada masalah purging. kenapa ya ? apa kulit ku memang ga normal kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nany, itu artinya kulitmu ga ada kotoran di pori2 nya. :)
      which is good. tapi tetep jangan terlalu sering ya. nanti tipis karena overexfoliating.

      btw, seharusnya bisa dari aloe ke sleeping mask. tapi, sleeping mask kan ada parfumnya. tetep test patch dulu ya. di belakang telinga.

      Delete
  4. Ok, thanks kak, ngebantu bgt penjelasan nya :)

    ReplyDelete
  5. Kak ini uda discontinue ya? Uda diganti dengan kemasan yang jar? Aku cari yg gini diolshop semua ga ada huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yani ,iya nih .. sedih ya.. dia discontinue.. skarang yang ada bukan gel lagi tapi versi creamnya.

      Delete
  6. hallo adit, kalo yang cream kamu udah pernah coba belum ya? aku mau pake itu buat pelembap sehari-hari kira-kira bisa ga ya? atau kamu punya rekomendasi pelembap untuk kulit berminyak? makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) Shintya, aku uda pernah coba. sama aja sih bagusnya. cuma, aku ga suka karena dia pake jar tempatnya. susah dibawa2 . akhirnya aku pindahin ke botol puff gitu. skarang lagi habisin yang body shop dan holika2 dulu. setelah ini semua habis rencananya baru mau mikirin beli lagi yang cosrx atau mau coba cari produk brand lain aloe veranya :)

      Delete
    2. jadi kalo aku pake sehari-hari aman kan ya buat jadi pelembap muka berminyak?

      Delete
    3. so far aman. tapi kamu harus pastikan ke-higienis-annya. karena bentuknya jar, jadi kita sering buka tutup buka tutup , colek pake tangan dll , gitu yang akhirnya nanti malah jadi terexpose oleh bakteri. :)
      kalau aku akhirnya aku beli botol yang bentuknya puff, botolnya aku cuci dengan cairan infus , aku pstikan kering benar, lalu aku pindahkan produk aloe nya ke botol tersebut. :)

      Delete
    4. ok deh adit, thank's banget ya udah bantu jawab pertanyaannya :) aku suka sama blog nya, kata-katanya enak banget buat dibaca, dan penjelansannya detail banget, sekali lagi thank's ya :D

      Delete
    5. siappp :) let me know progress mu ya :)

      Delete
  7. ka adit kulitku super duper sensitif ever �� dan aku lagi lepas krim dokter setelah 5th ketergantungan .. skg kondisi wajahku paraaahh, dipipi kasar beruntusan gatal merah terkelupas, dan di jidat beruntusan pake jerawat2 yang ga keluar white headnya.. sempet pake cosrx holymoly sheet mask dan periihhhh bgt tp kok cocok (ga menambah iritasi dan sedikit menghidrasi) ka adit punya rekomend produk utk aku gaa ?? krna aku sdh putus asa bgt beli ini itu ga ada yg cocok �� many thanks bfore ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuanita. saranku kamu coba produk yang bahan dasarnya aloe vera dulu yuanita :) . untuk beruntusan di jidat, mungkin kamu bisa coba pake BHA product, seperti pimple pad nya cosrx. tapi, mungkin akan purging dulu. gpp ?

      Delete
  8. Hiiii kak adit, thanks for ur reply :) kebetulan sekali aku memang baru beli cosrx pimple pad itu beberapa hari lalu dan pas ku coba iya betul jerawat dijidatnya jd benjol2 keluar ka .. (walaupun masih bnyk yang membandel ga muncul2) btw kl sudah benjol merah gini dibiarkan aja ? kmrn aku pake Leejiham cocok ky membantu mengeringkan jerawat juga, tp sudah habis samplenya. Product aloe yang bagus apa dong kak ? cosrx sdh discontinue, NR ada alkoholnya, benton ga ngefek apa2 perasaan di aku .. di pipiku sdh ga kelupas2 lagi semenjak pake masker holy moly dan benton snail essence .. tp beruntusannya masih huhu :( jd wajahku kusam bruntus gitu :( btw ka adit, semoga papanya lekas sehat yaaaaa :))) thanks for sharing ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuanita :) thanks untuk doanya :)

      kalau kamu cocok sama LJH, coba deh belinya dari en.koreadepart , sering diskon gede lumayan. produknya langsung dari korea :)

      aku pake aloe rescue gel nya body shop yang surprisingly bagus :) cepet banget ngebantu calming down the skin :_

      kalau beruntus memang harus disabarin yuanita. apalagi kalau misalnya pake bha spt pimple pad, memang nanti isi pori keluar, tapi itu adalah prosesnya biar bersih. kecuali kalau memang keluarnya di daerah yang ga pernah berjerawat sebelumnya :)
      beruntusnya di daerah yang sering jerawatan kan?

      Delete
  9. Kak mau tanya dong..lagi galau mau beli produk COSRX ini..liat review2 ada yang cocok ada yang ga juga ya..kulitku tipikal kombinasi dan memang ada sedikit whitehead di sekitar dagu dan hidung..pori2 ku agak besar juga dan kadang sensitif kemerahan..
    kira2 cocok ga ya beli produk COSRX AHA 7 Whitehead power liquid?
    Terus apakah abis pemakaian COSRX liquid harus pakai cream wajah lagi atau toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Linda, saranku jangan AHA 7 dulu. kamu coba clear pad aja dulu . :) karena bha nya gak terlalu besar percentagenya.
      :) lebih aman untuk start pertama

      Delete
    2. Thanks kak Adit sarannya..blog km sih top markotop dan utk ukuran cowo bener2 oke banget bisa tau details produk skincare..kamu cocok deh jadi dokter skincare untuk para cewe2 yg galau dan pusing milih2 skincare hahahaha..
      Anyway, sukses terus ya and keep posting new products :)

      Delete
    3. haha .. bias aja :)
      maaf lama balas. abis jalan2 :)

      Delete
  10. Kak mau minta saran, aku lagi jerawatan kurang lebih setahun di daerah pipi ama dahi. Kadang suka mecahin sendiri (padahal ga bagus kan) jadinya malah berbekas jerawatnya, ice pick scars gitu tapi belum parah2 banget. Penyebab jerawatnya dari stress kayaknya, maklum tuntutan hidup.
    Kalo pke cosrx aloe vera ini cocok ga ya kak buat meredam jerawatnya? Ada Saran ga kak buat ngilangin bekas jerawatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Adistira.. jerawat gak bias hilang dengan aloe vera. karena aloe vera bukan anti bakteri.
      tapi dia bias bikin kulit kamu lebih calm.

      kalau ice pick scars , sebaiknya, kamu ke dokter.
      karena dokter punya metode khusus untuk membantu mengatasi bekas jenis tersebut sebelum semakin parah.

      :)


      Delete
  11. Halo ka adit, mau nanya lagi. Hehe..
    Aku beli versi jar aloe creamnya itu cocok bgt bikin kalem. Aku pake untuk pelembab pagi sama malem. Aku pake jg dikit" untuk eksim di badanku. Beneran bikin adem, eksimku ga gatel" lagi. Nah aku pengen beli versi fullnya tp liat ada yg gel'a gini keliatannya lebih enak ya higienis. Tapi apa bedanya ya? Sama aja ga sih? Bisa untuk pelembab juga? Terus klo digabungin sm essence galactomyces bagus ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tania, yang jarnya cocok ya ? wahh.. aku jadi pingin .. haha ..

      sebenernya in term of ingredient mirip. cuma konsistensinya yang beda :)

      iya higienisnya sih yang agak jadi concern ya :)
      bias untuk pelembab juga, cuma kalau kulitmu kering, kurang biasanya. perlu yang agak oily.
      kalau kulitmu gak kering, cukup :)
      di gabung sama galactomyces bisa tapi essencenya dulu, baru aloenya belakangan :)
      karena urutannya : exfo - brightening - hydrating :)

      Delete
  12. Ka Adit, belinya dimana? Mba fiki ada olshopnya? jawab ya please heehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ada , para para di tokped :)
      kalo aloe vera gelnya sih sudah discontinue. tapi aloe vera oil free creamnya masih ada dan aku masih pake :)

      Delete
  13. Kak adit salam kenal,,
    Kak bisa rekomendasiin skincare tanpa butylene glycol nggak? Soalnya kulitku selalu beruntusan berjerawat pakek yang ada kandungan itu. Oh ya tipe kulitku kombinasi kadang berminyak banget kadang dehidrasi dan juga big pores...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi fitria,
      waduh, butylene glycol ya ? banyaknya sih produk yang beredar sekarang menggunakan butylene glycol sih ..

      kamu skarang lagi pake produk apa aja ?

      Delete
  14. Aku sekarang cuma cuci muka pakai sabun biasa sama toner cuka apel kalau sempet kadang buat masker diy dari oatmel,yoghurt, sama lemon. So far aku cuma pakai itu aja lumayan mendingan beruntusan dan jerawatku cuma kadang sering dehidrasi sama kadang berminyak banget karna kulitku nggak pakai pelembab dan sunblock sama sekali lagi. Please kak kasih rekomendasiin dong produk yg cocok buat kulit yang kayak aku :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi fitria, maaf, aku miss comment mu yang ini.
      gimana kabar kulitmu ? dengan DIY tersebut sudah jauh lebih baik ? kan sudah 2 bulan ya ?

      Delete