Thursday, October 27, 2016

[Review] Dr. Color Effect Red Serum by Skin&Lab

Hi all ...
ini dia salah satu review yang mungkin kamu tunggu-tunggu : Dr. Color Effect Red Serum by Skin&Lab. Serum ini, merupakan serum yang, konon katanya nih, the best serum so far with affordable price. Beberapa waktu yang lalu Adit sudah sempat membuat introductory posting mengenai serum ini di sini .

Untuk kamu-kamu yang belum terlalu familiar dengan Skin&Lab, brand ini adalah salah satu brand yang mengutamakan 'dermatological experience' mereka. Mereka lebih mengutamakan kombinasi vitamin-vitamin dengan komposisi yang tepat guna sehingga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit. Wishtrend.com bahkan mengatakan bahwa Skin&Lab merupakan salah satu produk yang paling dicintai. Well, terlepas dari unsur promosi yang dilakukan oleh Wishtrend, memang Skin&Lab ini merupakan produk yang digadang-gadang sebagai salah satu korean beauty product yang banyak disukai di sana.

Salah satu produk Skin&Lab yang paling populer adalah Dr.Color Effect Red Serum.


Hmm, jujur waktu Adit pertama melihat iklan Red Serum ini, Adit agak gak percaya dengan semua kata-kata manis yang ada di iklan tersebut. "Feel the difference in 5 days ?" Mas iya ada satu product yang bisa mengatasi problem kulit hanya dalam 5 hari sih ? Kalau bener bisa, zat aktif apa yang kemudian mampu melakukan 'magic' dalam waktu sesingkat itu ? Jangan-jangan berbahaya nih. Itu dia semua pertanyaan-pertanyaan yang ada di benak Adit. Sampai akhirnya, Adit coba telaah lebih jauh, lebih detail, lebih mendalam , apa sih sebenernya Red Serum ini. Surprisingly, tidak ada satu pun dari ingredient yang ada di red serum ini yang acne trigger potential atau irritant potential menurut Cosdna, juga dengan skala safety yang rata-rata 1 , hanya ada 2 yang skalanya 3 out of 9 , which is masih termasuk safe.

Red Serum Ingredient List berdasarkan Cosdna.com
Seperti yang kamu lihat di atas, ada beberapa ingredient penting yang terdapat di dalam Red Serum ini , yaitu :

  • Sodium Hyaluronate ~ fungsi dari ingredient ini adalah sebagai moisturizer lock. Kandungan yang sama terdapat dalam SK-II Repair C serum, Hera serum, Cosrx Snail essence, dan masih banyak essence lainnya. Tugas dari zat ini adalah menjaga kulit kita tetap lembab. 
  • Niacinamide ~ merupakan whitening / brightening agent. Ini adalah nama lain dari vitamin B3. Niacinamide banyak digunakan oleh korean skincare product sebagai brightening agent. 
  • Anti allergic/ Anti inflammatory agent ~ Seperti kita lihat di atas, ada beberapa zat yang berfungsi sebagai anti allergic / anti inflammatory agent seperti misalnya allantoin, dan lain lain. To have this anti-allergic / anti-inflammatory agents in a product to me really is a big plus. Ini menunjukkan bahwa produk ini mempertimbangkan kemungkinan penggunanya memiliki kulit sensitif. 
  • Plant extract ~ nah ini dia yang namanya aneh-aneh yang aku ga terlalu paham. Tapi kalau kita perhatikan, rata-rata merupakan ekstraksi dari buah-buahan yang memiliki fungsi anti-oxidant. Detailnya dapat kamu lihat di gambar berikut. 
  • No Alcohol ! ~ yay !! ini dia yang aku suka .. haha . bener-bener green light banget buat Adit. 
Seperti kita lihat di atas, semua extract yang ada di dalam Red serum merupakan zat anti oxidant yang bertujuan untuk memperbaiki elastisitas dan vitalitas kulit, tinggi vitamin, me-moisturize kulit kita, melepaskan stress kulit, melindungi dan menenangkan kulit. Di samping juga kandungan sweet almond dan witch hazel serta licoricenya yang menenangkan kulit dan mengontrol sebum. Pheeew... sounds too good to be true . 

Anyway, singkat kata , berdasarkan detail deskripsi di atas, sepertinya cukup satu serum ini untuk menjawab kebutuhan kulit kita betul ? Karena kandungannya yang lengkap , Red Serum seharusnya mampu : 
  • membuat kulit cerah, lebih elastis, lebih lembab, terlihat lebih muda 
  • menghilangkan noda ( karena mengandung vitamin c dan phyto red ) 
  • menenangkan kulit bermasalah serta mengurangi response kulit sensitif 
  • melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar matahari 
  • mengotrol sebum 
Berdasarkan beberapa hal tersebut, akhirnya Adit blog walking, baca juga di banyak forum, yang kemudian ternyata, surprisingly, banyak yang suka dengan produk ini dan hal ini makin membuat Adit penasaran... banget ... Dan akhirnya Adit beli. hahahaha ( memang kalau uda mupeng susah di tahan ) . Alasannya simple, karena pertama : Adit punya masalah dengan flek wajah yang sifatnya genetik dan sudah ada di wajahku sejak kelas 5 SD. Hampir semua product aku coba , mulai dari Erha dulu ikut-ikutan mama, sampai SK-II, gak ada yang bisa menghilangkan flek wajah tersebut. 
Kedua, kalau benar red serum ini sebagus apa yang dibilang oleh orang-orang, seharusnya , itu akan memangkas pengeluaranku untuk skincare product karena itu artinya, cukup satu serum ini untuk semua problem kulitku. hahaha .. tapi koq rasanya gak mungkin ya ? 

Results so far ...

So, beberapa waktu yang lalu Adit sempet cerita , Adit sudah start menggunakan produk ini.. hmm, so far 3-4 minggu lah .. gak terputus sama sekali. Memang ada beberapa hal yang menjadi concern Adit , salah satunya produk ini agak lengket dan perlu waktu untuk benar-benar terserap kulit. Salah satu kemungkinannya karena produk ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Biasanya alkohol di dalam satu produk memang bertujuan untuk mempercepat penguapan sehingga produk lebih cepat terserap kulit. Anyway, tapi hasilnya ? Kurang lebih seperti ini . 

Skin&Lab Red Serum : Before After Pictures
So, seperti yang kamu lihat , penggunaan rutin selama 3 minggu :
  • pori pori lebih mengecil ( aku rasa ini related dengan elastisitas kulit yang meningkat ? ) 
  • skin discoloration yang ada di pipi ku ( di daerah yang aku beri lingkaran biru ) terlihat jauh lebih memudar. Yah, gak hilang 100% sih, tapi bisa memudar se-significant ini buat aku 'sesuatu' banget. Sesuatu yang bahkan SK-II pun gak mampu. 
  • tone kulit lebih bagus. sebelumnya, kulitku cenderung agak pucat. Nah, somehow, entah gimana, setelah menggunakan red serum ini, warna kulitku agak lebih ga pucat. haha ini dia yang masih tanda tanya. koq bisa ya ? Apa perasaan aku doank, atau gimana. tapi kalau kita lihat di foto aku di atas, memang tone nya beda. Yang kiri, agak plain white, yang kanan agak warna kulit. hahaha . 
  • no breakout at all 
  • no purging 
  • no peeling ( tidak mengelupas sama sekali ) 
  • lebih glowy ( kamu dapat lihat di foto berikut , bare face. tidak menggunakan bb cream at all , hanya serum. Haha.. sori fotonya lagi pake kaos utk baju tidur aja. ) 

Awalnya aku pikir hilangnya noda ini karena aku combine dengan O.S.T 21.5. Tapi setelah dipikir-pikir lagi, aku menggunakan O.S.T 21.5 hanya 2-3 hari sekali .. itu pun 1 tetes dicampur dengan snail essence, sedangkan aku menggunakan red serum pagi malam setiap hari sepanjang minggu. So, to be fair, seharusnya, Red Serum lah yang membuat noda di kulitku memudar :).  To me, this red serum is really it! It works like wonder on my skin. Memang sih, gak 5 hari seperti yang di iklan, dan gak 100 persen hilang juga. Tapi dengan perbaikan kulit yang terlihat nyata dalam waktu 3 minggu , it's amazing ! 

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit ya ! :) 


182 comments:

  1. Love ur post actually adit!!
    Btw ini serum klo pk nya dicampur ama cosrx snaik essence bisa ga yah?? Soalnya ak punya bbrp serum n kdg ak bingung skin regime nya. Boleh kasih saran ga dit mengenai step nya, nih ak punya cosrx snail 96 essence, bha minish pore serum, innisfree whitening pore serum n benton aloe soothing gel, so step nya apa dl yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Niken ! :) thanks uda mampir mampir :)
      wahh seneng banget kamu suka postinganku :)

      beberapa produk yang kamu gunakan itu produk2 yang under my spotlight nih .. haha . Aku rencananya coba Benton aloe soothing setelah cosrx aloe ku habis . karena aku email Cosrx mengenai issue bahwa cosrx ga akan keluarin lagi aloe vera gel, dan mereka confirm tahun ini terakhir mengeluarkan aloe vera gelnya. pdhl aku suka banget. Benton ini kelihatan tempting banget :) apalagi benton ini mengandung propolis dan alcohol free ya ! :)

      anyway, menjawab pertanyaan kamu.. di wishtrend, ada beberapa video mereka juga yang mencampurkan essence dan serum.

      Sebenernya aku juga campur essence snailku dan red serum ini (terutama pagi-pagi) dengan komposisi : 3 puff snail, 2-3 tetes red serum. aku gunakan 3 puff snail karena aku pakenya sampe leher. kalau kamu mau coverage areanya muka aja, 2 puff cukup :) karena kalau pagi pagi aku ga punya waktu untuk apply satu satu dan jeda antara satu produknya takes time banget :) tapi aku campur so far aku suka suka aja dengan hasilnya :)

      bha minish pore serum aku belum pernah coba,karena aku menggunakan bha power liquid. kalau bha power liquid disarankan malam , setelah toner, didiamkan 30 menit sampai benar2 terserap. Nah, bha minish pore, produk ini mengandung zinc oxide, sifatnya mirip2 kayak sun protection jadi dia memang didesain untuk digunakan pagi hari( tapi kamu tetep musti pake sunblock juga ya). Menggunakan produk yang ada activesnya seperti AHA BHA atau vit c dosis tinggi disarankan pada 'bare skin' , jadi setelah toner. didiamkan 20-30 menit untuk memastikan produknya bekerja dan actives nya tidak tercampur produk lain. kamu gunakan tiap hari ? kalau kamu gunakan tiap hari dan cocok gapapa. kalau agak sensitif, disarankan 2 hari sekali ( cek kulitmu, ada dry patch, atau overly shinny gak. overly shinny itu artinya kulitmu menipis. jadi shinny yang gak wajar. aku baca di fiftyshadesofsnail ( blog fave ku ) , doi bilang overly shinny itu indikasi kita harus mengurangi frekuensi activesnya ) .

      setelah bha pore minish serum, didiamkan 20-30 menit, berikutnya kamu gunakan produk dengan kekentalan mulai dari yang paling encer ke yang paling kental. kalau aku , setelah snail essence plus red serum , aku gunakan aloe soothing gel. karena yang satu konsistensinya essence, sedangkan satunya lagi konsistensinya gel. nah . innisfree whitening pore serum ini aku belum pernah coba. tapi, kalau dia lebih encer daripada snail, berarti innisfree duluan. :)

      semoga membantu Niken :)

      Delete
  2. The best blogger i've ever met is u, detail n long explanation thats what we want actually, lol.
    Ak udh nyoba yg benton aloe soothing gel, n thats so comfort on my skin sorry i have bit oily n sensitive aka acne prone. But i guess it will be good combine between cosrx snail mucin essence with benton aloe soothing gel. Yup benton free alcohol n ramah lingkungan bgt, ak blm nyoba yg bha tonernya, sounds good n attempting bgt utk nyoba. Well thx for ur explanation n keep blogging because i love to read all of yours ;)

    ReplyDelete
  3. The best blogger i've ever met is u, detail n long explanation thats what we want actually, lol.
    Ak udh nyoba yg benton aloe soothing gel, n thats so comfort on my skin sorry i have bit oily n sensitive aka acne prone. But i guess it will be good combine between cosrx snail mucin essence with benton aloe soothing gel. Yup benton free alcohol n ramah lingkungan bgt, ak blm nyoba yg bha tonernya, sounds good n attempting bgt utk nyoba. Well thx for ur explanation n keep blogging because i love to read all of yours ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh .. makasih Niken :)
      aku jadi makin rajin pingin nulis :)

      Delete
    2. hi rama, yang pasti di atas 200 . kalau dibawah 200 itu aku ragu ragu.

      Delete
  4. makasiih Adit buat reviewnya..huaa jadi makin bulat tekad buat nyobain red serum ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Suryani :) thanks lowh uda mampir mampir ke sini :)
      serum ini cocok banget di aku, semoga cocok di kamu juga ya .. aminn :) Lastly, selalu coba produk baru either di belakang telinga atau di belakang lengan ya, untuk memastikan kamu tidak alergi :)

      Delete
    2. wah..makasih sarannya yaa, aku baru coba 2 serum sih Dit (hahaha..sumpah ini sok akrab bener..lol) aku coba Steampower essense SK II sama Kuramoto Komeyu Rice Sake Serum.. 2-2 nya enak, keliatan perubahan ke arah agak cerahnya di muka..tapii, itu dia untuk flek bekas jerawat susah banget..jadi marii kita coba, siapa tau berhasil juga di aku ^^

      Delete
    3. Kuramoto Komeyu enak Suryani ? haha, jadi pingin coba :)
      aminnnn.. semoga cocok ya :) Keep me updated progress mu ya :)

      Delete
  5. Adiiit aku mau nanya serum ini kamu beli dimana dan berapa harganya? Apa bisa digunakan untuk untuk yang baru lepas dari ketergantungan krim dokter? Jawab ya dit. Thx :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Sausan, thanks uda mampir ke sini :)

      aku beli di hellosora.com :) harga nya skitar IDR 350 an.

      hmm, mengenai pertanyaan kamu sehubungan dengan melepas ketergantungan obat dokter, aku agak takut jawabnya. :)

      so, aku share pengalaman pribadi aku aja ya :)

      dulu aku rutin ke dokter kulit, mulai dari dokter titi moertolo, lalu dokter kun dll dll .. tapi krim mereka di aku terlalu keras.
      disamping, aku juga ga terlalu nyaman menggunakan produk yang tidak ada ingredient list nya. KArena aku ga tau isinya apa aja.

      akhirnya aku memutuskan berhenti.

      setelah berhenti. pada waktu itu aku hanya menggunakan pembersih wajah untuk kulit sensitif, SK-II FTE , dan sunblock selama 2 bulan , untuk me-netral-kan kulitku. sebelum akhirnya aku mencoba produk lainnya. So far sih, sejak kurang lebih 5 -8 tahun yang lalu akhirnya aku gak pernah menggunakan krim dokter lagi , dan berhasil di aku. tapi aku ga berani rekomen apapun : terutama sehubungan dengan apakah kamu perlu melepas krim dokter atau tidak :)

      kamu menggunakan produk dokter untuk perawatan apa ? acne / anti aging ? alasannya berenti krim dokter karena apa ?

      Delete
  6. Hi Adit, selama ini jd silent reader blogmu :), tulisanmu detail dan asik aja bahasanya, jd seneng aja bacanya. Keep on nge-blog yaaa !!!

    Skalian mau nanya nih, update sekarang dan kedepannya, red serum bisa gentiin si ost 21,5 atau bakal tetep dicombine ? Krn Kyknya fungsi mereka berdua hampir mirip yaa :)
    Update jg dong tahapan skincare am pm nya produk yg dipake, pasti ada yg sudah tergantikan kan ? Hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii :) terimakasihhh banget lowh uda mampir2 :) * jadi makin semanget nulis :) hehe

      hmm, so far sih akhirnya aku lebih suka pake red serum, ost 21.5 nya semakin jarang dipake, karena ost agak ribet , harus masuk ke kulkas, jadi lebih sering lupa pake .

      untuk AM PM yang aku gunakan, menyusul ya :) thanks banget kamu kasi rekomendasi bahan tulisan :)

      segera ya :)

      Delete
    2. Ditunggu bangeet skincare rutinnya :) soalnya yg biasa km pake krg lbh yg lagi pengen kucoba , jd buat bahan pertimbangan...

      Telat baca blog km nih yg red serum, setelah cobain ost yg c20, kmrn pengen genti dan bingung antara red serum ini atau klairs yg freshly juice. Akhirnya place order si klairs dulu krn byk review positif jg.

      Mizon aha bha daily clean tonernya msh pake ga ? Soalnya kan itu aha bha , trs kynya missha fte ada aha jg ? Over exfo ga yah itu kl dipake barengan ? Soalnya sm nih br nyoba missha fte (masih yg sachet buat ngetest) sama mau beli mizon aha bha clean toner buat gentiin aha bha cosrx clarifying toner

      Delete
    3. siapp :) . aku pernah menggunakan klairs freshly juice. dia lebih praktis dibawa2, dibanding ost c20, karena gak musti masuk kulkas :) . nah, tapi agak lengket ya kalau freshly juice :) .

      mizon aku sudah gak gunakan, karena susah banget cari stocknya. Di qoo10 susah, di tokped juga susah, sekalinya ada mahal banget padahal di amazon / ebay cuma (kalo ga salah) 17$. Tapi so far mizon ini the best yang pernah aku gunakan sih. Missha FTE ada ada AHA, tapi sedikit banget persennya. Biasanya AHA jumlah kecil itu hanya untuk menghaluskan kulit aja, persen yang kecil gak mampu untuk mengexfolasi kulit sama sekali :) .


      Kamu dapet mizon toner di indo ? boleh share dapet di mana ? :)
      missha fte ada 3 variant, yyang original, intensive dan moist. So far , missha fte intensive ini memang lebih buat kulit clink daripada SK-II. WAlaupun gak bisa untuk kompres-kompres. haha .

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Malah buatku lebih lengket ost c20, jd cm dipake malem, yg klairs berani pake siang-malem. Menurutmu, lebih works klairs or red serum untuk flek dan bekas jerawat ?

    Mizon aha bha daily clean toner kyknya udh diproduksi lagi, liat di shopee sama instagram udah ada yg jual dan buka PO. Coba search di shopee, ada yg jual 180.000. Langsung blog walking rencana gentiin cosrx. Ayoo borong sebelum susah lagi !!! Haha ..
    eh btw, si aha bha mizon ini gmn konsentrasinya ? Kecil juga kah ? Soalnya ga pake exfoliating toner, or any recomendation ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. c20 iya lengket juga. :) makanya aku lebih suka c 21.5 :) lebih watery, dan lebih cepat terserap . tapi tetep harus masuk ke kulkas, makanya agak ribet yak :)

      hmm, woooooooowww langsung meluncur ke shopee dehh .. makasih lowh infonya. kemarin ini sempet desperate , susah amat cari produk itu.

      dia relatively low concentration AHA/BHA nya, memang sifatnya lebih ke prep toner, untuk mempersiapkan kulit kita , menyesuaikan pH kulit agar siap menerima produk selanjutnya :)

      sementara ini, kalau kamu lagi menggunakan vitamin c serum, stick dulu dengan vitamin c serum itu aja dulu Anisa:) jangan ditambah high concentration AHA or BHA dulu. karena in general sebenernya fungsinya sama. nanti kalau uda beberapa minggu aman, baru berpikir untuk add up :)

      Delete
    2. U'r welcome ..
      Justru emang nyari yg low, blm berani pake yg high dulu :)
      Lebih ke prep toner ya , waahh aku udah pake klairs untuk prep tonernya. Berarti ga perlu pake dong yaa si mizon krn jd double as hydrating toner jg ..
      Kl mizon ini exfoliating toner, rencana nya buat dipake pagi tadinya krn pagi sering atau skip klairs vit.c nya

      Ditunggu banget review i'm from vitamin water gel nya , mudah2an secepetnya . Belum nemu best moisturizer soalnya, mau place order dikit bgt yg review. Recomended kah ?? Or any suggest ? :)))))

      Delete
    3. Hi Anisa, untuk I'm from, singkat nya , not really recommended. haha .. tapi nanti aku buat posting detailnya ya :)

      moisturizer sebenernya kalau jenis kulitmu oily, cukup sampe ke essence aja. aku sih dengan snail essence dan aloe vera gel uda cukup banget :) karena cream itu dia mengandung fatty alcohol. untuk kulit berminyak, dia mungkin bikin clog pores :) jadi uda berapa lama ini aku menghindari cream :)

      Delete
  9. Oopss sayang bgt, pdhl dari harganya spertinya ckp menjanjikan dibanding gel gel lainnya :( ..
    Cream jd too rich ya dikulit kita yg oily ini. Okee kl gt, skip deh si cream pelembab ini, sementara stop sampe step snail ess + klairs vit.c nya aja , langsung timpa sunblock. Tengkyuu tengkyuu saran dan chit chat nya :) keep blogging !!

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk vit c serum, penggunaannya as bare as possible ya anisa. maksudnya, kalau kamu gunakan first essence, tepat setelah first essence, kalau gak pake first essence, setelah toner. baru setelahnya snail essence. :) siappp :)
      sering-sering mampir ya :)

      Delete
    2. Siyaaapppp, belum pake first ess nih jd pakenya tepat setelah si klairs prep toner baru si snail benton

      Ini udah mampir lagiii, tunggu review baru. Eeh sama sama baru kelar liburan :). Btw pernah denger atau coba essence dari skin&lab jg ga yg namanya bio activating essence ? Ktnya ckp oke

      Delete
    3. bio activating essence itu yang isinya ada glutationnya ya ? justru aku lagi cari2 , kemarin ada lihat di wishtrend, dan aku tertarik coba. cuma masalahnya , pasti kena di custom deh :(

      kamu tau seller yang jual di indo ?

      Delete
    4. Kemarin pas banget pesen di althea tapi akhirnya dapet e-mail daaan bilang ga kebagian barangnya. Coba cek di shopee, ada yang dijual .

      Penasaran krn katanya duetnya bagus dipake sama klairs vit.c , tapi si bio activating ess ini ada niacinamide nya juga, hrs dikasih jeda dulu deh nih duetnya .

      Delete
    5. iya, aku mupeng liat bio activating ini. karena cuma essence ini yang mengandung glutatione, yang lain belum ada so far :)

      haha ** mupeng = nguras kantong lagi .. hukz

      glutatione memang mother of anti oxidant Nis :)
      kalau orang Philippine, mereka kesengsemnya sama glutatione ini.

      iya harus dijedain, paling enggak, 15-20 menit :)
      atau skip , satu day treatment ,satu night treatment :)


      Delete
    6. Ohoho, semoga dapet brgnya, coba dan langsung review buat ngeracunin yang lain kyk si red serum ini.
      Glutatione ini sampe ada yg beauty drink itu kan yang kmrn2 booming bgt gt (sampe skrg jg ), yang ktnya bisa bikin kulit naik tone-nya alias cerah/putih'an.

      Hahaha, untung 'mupeng'nya beralasan, buat rotate dulu toner klairs yg udah mau empty bottle, jd budgetnya kesitu. Lagipula ini bisa jd toner bs jd first essence jg, nampaknya akan lebih hemat kl pake produk yg semacam all in one ini, ditambah harganya ga bikin nangis darah :) 1 harga untuk 2 macem

      Delete
    7. glutatione karena mother of antioxidant, di beberapa negara bahkan digunakan untuk supplement tambahan orang-orang yang ada problem antibody, seperti penderita HIV.

      Hehe, siappp :)
      keep me updated yaa Nis :)

      Delete
    8. Siappp juga :)
      Nungguin update'an skincare regime mu niih, haha.
      update-ku ... setelah place order si skin&lab , sekarang malah eyeing make p:rem ( labil banget emang, gampang banget terpengaruh kl soal toner :( )

      Delete
    9. ini komputer kantor skrg lagi rese , :( hampir semua web yang ga berhubungan dengan urusan kantor sementara ini diblock dulu nis. walhasil gw ga bisa ngetik blog pas jam maksi dll :(

      lagi cari ritme baru buat ngetik blog nih .. karena kalo sampe rumah baru tik, malem .. ujung2 nya lewat terus :(

      hmm, lagi mikirin konsep yang enak buat bahas skin regime :)
      menyusul ya:)

      haha .. satu satu :) walaupun mungkin dua items itu bagus kalau dipake terpisah, dipake bareng2 mungkin hasilnya malah ga terlalu bagus lowh nis :)
      jadi .. tarik napas dalem2 .. trus tenangkan diri biar ga keracunan produk baru hahaha

      Delete
    10. Dibikin link khusus, dan selalu diupdate kl udah bener-bener tergantikan (ribet dan byk mau-nya yaa )
      Sudah ditarik dalem2, dan sambil merem ga baca reviewnya dulu :(

      Delete
  10. Hello Adit, Suka banget sama tulisan dan reviewmu. Anyway,Aku mau tanya dong soal Rebd Serum ini. harus dimasukan kulkas juga kah ? seperti OST Serum? Pengen bgt coba cuma sedikit malas kalo harus bolek balik ke kulkas buat ambil serum. haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nadia :) thanks uda mampir mampir ..
      nah , ini dia juga yang aku suka dari red serum.. dia ga perlu masuk masuk kulkas Nad :) makanya aku suka banget :) justru aku punya ost 21.5, malah sering kelupaan karena kamar ku di atas, kulkas di bawah. hahaha . .akhirnya aku memutuskan untuk ga gunakan ost21.5 karena Red serum buat aku uda lebih dari cukup :)

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Tulisan yg bagus dan lengkap.... jadi pengin nyobain red serum...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Novi, thanks uda mampir2 :)
      kamu jadi coba red serum ? kalau jadi coba, keep me updated ya, gimana response kulitmu thd red serum ini :)

      Delete
    2. Udah aku cobain dua minggu ini barengan sama red cream nya, so far bagus di kulit aku, ngga bikin breakout, jerawat jadi kalem.... tapi belum bisa ngilangin bekas jerawat sih dan pori2 ku yg gede masih kelihatan. btw kamu punya rekomen serum yg bagus lagi ngga? hehehe...

      Delete
    3. hi nov, :)
      stay aja dulu dengan red serum ama red cream coba kita liat 2 minggu ke depan :) karena red serum kalau di aku sih ngebantu banget ngurangi spot :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. hi Joshua! suka banget kamu kalo jawab pertanyaan sangat detail, keep the great work yah =D
    aku baru setahun lepas cream dokter trs skrg lagi nyoba2 skincare nih. aku lagi pakai tonernya nightngale yang astrigent (krn di rewiew nya bisa untuk kulit berjerawat) ditambah essence nya secret key. 2 botol ini udah mau habis tapi belom efek apa2 ke kulitku :( palingan flek item rada berkurang tp ga jauh beda. sebelumnya nyoba etude wonder pore jg ga ngaruh apapun...
    skrg baru banget beli red serum, enaknya dicampur pake apa yah dengan kondisi kulitku yang t zone khususnya bagian jidat selalu timbul jerawat dan oily tapi bagian lainnya masih okelaah paling komedo2 dikit hehehe. pingin nyobain cosrx yang BHA blackhead power liquid tapi masih belum berani soalnya dari yang aku baca bahannya 'aktif' ya?
    skrg skincare yang ada dirumah tandanya si red serum ini, cosrx centella blemish cream (udah setengah botol jg masih ada jerawat), sama secret key snail repairing toner.
    mahap panjang banget ya nanya nya hehehe ;p

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rifka :) wahh :) thanks lowh uda mampir2 :)

      hmm, mengenai jerawat sebenernya lebih bagus lagi kalau kita tau apa factor pencetusnya, apakah itu habit, stress, dll :) karena dengan tau factor pencetus dan menghindari factor pencetus tsb, kulit kita akan lebih jarang berjerawat :)

      red serum kamu sudah pakai berapa lama ?
      kalau aku rule of thumbs nya, biasanya kalau coba produk baru, antara produk satu dengan produk yang berikut nya, kita jeda 2-4 minggu. jangan semua skali jadi :) so, kalau misalnya ada reaksi gak cocok, kita ada kisi2 , produk mana yang ga cocok di kulit kita. kalau semuanya baru , bingung nanti :)

      red serum, kalau aku aku mix dengan snail essence cosrx :) tapi memang bukan untuk jerawat.

      centella blemish cream, itu sebenernya lebih untuk meredakan kemerahan, tapi ga menyembuhkan jerawat. karena centella ( bahasa lainnya yang kita kenal : antanan ) , itu fungsinya untuk mempercepat proses healing. tapi dia ga ngebunuh bakteri. sedangkan jerawat timbul karena ada aktifitas bakteri di kulit :)
      kamu uda pernah coba produk propolis ?
      atau , yang saat ini lagi aku coba dan so far aku suka, Benton snail bee . :)

      BHA untuk awal pemakaian, dia mungkin akan purging dulu. takutnya kamu kaget nanti kalau blackhead ama isi pori2 pada keluar semua :)

      tapi btw, sebenernya , better coba dulu red serum paling gak sebulan, baru kalau ga ada respons aneh2, nambah produk lagi :)


      Delete
    2. Terimakasih banyak penjelasannya Joshua :) nice to know your blog bingiiiiit <3

      sepertinya aku bakal nyoba benton snail bee nih, semoga cocok juga yah dikulit ku hehehe

      Delete
  15. halo, adit. aku seneng banget baca review di blog kamu. reviewmu bener-bener informatif dan racun bangetsss hahaha. kalo lagi cari review skincare dan nemu blog kamu dijamin bikin otakku cerah. tapi sekarang sayangnya aku malah jadi tambah galau karena bingung mo beli serum yang mana hehehe. jadi aku mau nanya dan minta saran ya :D

    aku baru-baru ini abis jatuh dan ninggalin scar di dagu, jadi kepingin cari serum yang bisa ngilangin scar. wajahku kombinasi, jarang jerawatan, tapi kadang suka beruntusan gitu kalau komedo lagi numpuk dan lupa exfo, dan kalo lagi stress biasanya mukaku jadi kusam. kira-kira menurutmu aku lebih baik pakai serum apa ya buat ngilangin scar, gak bikin komedoan, dan nyerahin wajah? aku bingung antara mau beli benton high content essence, benton fermentation, ost vit c20/21.5, sama red serum. menurutmu sebaiknya aku beli yang mana? racunmu terlalu banyak tapi budgetku gak sanggup buat beli semuanya hahaha

    thanks in advance, dit.
    btw, ditunggu review benton fermentationnya ;))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Marshella :) hahah racuunn ya :)
      memang sih kalau ngobrolin skincare , pasti jadi mupeng kita .. haha :)

      hmm, sebelumnya, scarnya jenisnya : noda kah ? atau agak dalam ? panjang ? menebal ?

      hmm, karena scar agak beda2 jenisnya. kalau menebal, biasanya kamu perlu ke dokter untuk disuntik anti keloid. biasanya kenacord ( obat untuk jerawat besar yang tebal tapi ga ada matanya, bisa untuk keloid juga , tapi hasilnya lebih bagus kalau keloidnya baru akan jadi, atau masih baru ) .

      kalau agak dalam, ini susah. karena biasanya kamu perlu stimulan untuk collagen reproduction. jadi treatment untuk memacu kulit memproduksikan kolagen. yang lagi banyak pake adalah PRP . dan itu pun ga bisa sekali treatment , harus berkali kali .. jadi daerah yang cekungnya lama lama menaik ke atas karena pembentukan kolagen.

      kalau noda aja , hmm, di dagunya di daerah yang keliatan, atau agak ke dalam ? kalau kamu cuma concern scar sih , ebenernya kamu bisa pake salep kayak melanox . ( satu hal yang harus diperhatikan, melanox mengandung hydroquinone untuk zat aktifnya, jadi kamu pilih yang persennya kecil aja, memang progressnya lebih lambat , tapi lebih aman ).

      kalau kamu mau coba serum, aku kasi beberapa insight ya :

      1. vit c serum dosis tinggi : walaupun banyak yang sukses dengan vit c dosis tinggi spt OST , untuk beberapa orang , ada yang kulitnya gak mau terima vit c dosisi tinggi tsb. nah mungkin itu kamu ? kita ga tau. kalau cocok, kulitmu akan bagus, kalau ga cocok, beberapa akhirnya breakout dan beruntusan . Aku termasuk yang cocok, tapi makin kesini makin jarang , sampe akhirnya expired haha .. karena harus disimpan di kulkas dan sering lupa. ini dia kekurangannya, musti di simpen di kulkas dan gampang expired. so , so far, tiap beli 1 botol OST, ga pernah sampe habis, baru setengah botol habis sudah expired.

      2. red serum : i love this serum ! packed with all the anti aging ingredients, dan juga sukses mengurangi noda, tanpa bikin aku breakout. kekurangannya, sticky. jadi aku biasanya campur dengan snail essence COSRX, satu puff snail, 2 tetes red serum. di aku juga no breakout.

      3. benton snail : lebih banyak yang pake benton ini untuk kulit oily dan acne prone. kalau kamu kan enggak ya ..

      4. benton fermentation : walaupun kandungannya fermentation, aku ga melihat benefit dalam hal mencerahkan kulit Mar , tapi dia mengandung ceramide, yang sukses bikin kulitku lebih plump .. so, kayaknya kalau problemmu noda .. bukan benton fermentasi jawabannya..

      balik lagi, karena kulitmu non acne prone , sebenernya better coba red serum dulu. kalau ternyata terlalu lengket, saranku coba di mix dengan snail essence cosrx.

      tapi kalau untuk noda jatuh tok , better kamu consider melanox deh. hmm, kamu pernah denger whoo spot treatment ? kalau kamu mau, aku ada beberapa sachet whoo spot treatment. email aku alamatmu ya .. aku kirim ke alamatmu untuk kamu coba . kemarin ini aku beli untuk noda alergi. beli banyak, belum habis nodanya sudah hilang .hhaha .. jadi masih ada beberapa sachet lagi.

      Delete
    2. oh iya .. emailku : joshuaah1984@gmail.com ..

      Delete
  16. Aku mau tanya dong sebenernya kalau essence tuh sama serum kalau di pake keduanya gapapa? Aku mau cobain it's skin yang formula 10 vc effector sama essence skin & lab yang bio activating menurut kamu bagus ga sih? Kulit aku itu berminyak terus suka ada jerawat kecil2nya sama uneven skin tone gituu. Makasih yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Jannet.. aku belum pernah coba 2 product yang kamu mau coba . tapi memang bio activating sudah masuk radar ku. Bio activating ini sifatnya first essence. jadi dia kayak prep essence gitu. setelah toner, sebelum essence dan serum. tujuannya untuk mempersiapkan kulit menyerap essence dan serum berikutnya.

      utk yang it's skin aku ga berani bilang apa2 karena belum pernah coba. :)

      menjawab pertanyaan kamu, in general, essence dan serum dipake bareng2 ga apa-apa, selama : vit C ga bareng dengan niacinamide, karena pada saat dipake bersamaan, efeknya akan saling meniadakan.

      juga, kalau kamu oily to acne prone, disarankan untuk gak terlalu banyak layer nya, takut pore clog :) terutama untuk produk yang agak kental. :)

      Delete
  17. Hallo ko Adit, thanks penjelasan detailnya.. Ngeracun banget... Btw red serum ini boleh di timpa dengan sunblock yang mengandung glutatione?? Skrg gw masi make serum ost XD..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tifany.. Hahaha ngrracunn ya.. Hmmm.. So far sih glutationr ga ada pantangan apa apa seharusnya :( btw apa brand sunblockmu? Red serum cuma agak lengket kalo dipake siang karena dia ga ada alkoholnya. Aku sih biasa mix ama snail essence cosrx biar lbh cpt nyerep.

      Delete
    2. halo ka adit, sory baru balas hehe..gw pake sunblock dari cathy doll ( name product : whitening sunscreen L-Glutathione magic crem spf 50).. dan untuk red serumnya, sampe skrg masi ku pake kak.. dan hasilnya bagus di kulitku..dan memang bkin wjah brminyak klo di pake siang hari T.T.. tapi krn blm ktm serum yg bagus untuk siang hari, jd tetapku pake kak..

      Delete
    3. siapp :) keep me updated gimana progressnya ya :)

      Delete
  18. Hi Tifany.. Hahaha ngrracunn ya.. Hmmm.. So far sih glutationr ga ada pantangan apa apa seharusnya :( btw apa brand sunblockmu? Red serum cuma agak lengket kalo dipake siang karena dia ga ada alkoholnya. Aku sih biasa mix ama snail essence cosrx biar lbh cpt nyerep.

    ReplyDelete
  19. hai adit...seneng baca review nya..lengkap dn aq setuju dng ulasany,krena aq jg pngguna red serum dn mrasakn efek serupa.
    kira2 dengn list ingredient diatas, bahaya gak ya buat ibu hamil??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Noviani :) yay ! toss dulu ahh ! hehe :)
      iya sih , red serum ini gokill !! :)

      hmm, nah , soal untuk bumil .. ini kemaren sempet ngobrol juga dengan salah satu reader , dan aku ga berani komen nov. hehe :)
      soalnya, jujur, aku ga fokus ke situ , karena aku memang ga ada concern soal hamil :)

      kalau kita liat di ingredient list, semua nya sepertinya hanya ekstrak tumbuh2an ya :) hampir semuanya at least.
      tapi , kita ga tau juga . efeknya ke janin kalau ekstrak tersebut kita gunakan continuously setiap hari seperti apa :)
      so, saranku, kalau kamu lagi hamil, better jangan gunakan apa apa dulu, daripada nyesel :)

      kamu lagi isi kah skarang ?

      Delete
    2. iya ni..alhamdulillah...so.aq stop semua prwtn wajh,,tkt pngruh gtu sama jninya..
      klo dh lhirn nnti,,cus lg pake red serumny,sklian dkomplitin sama cream nya...

      Delete
    3. uhuuuyyy .. congrattzz .. semoga aman aman sampe lahiran nanti ya :) amin amin amin...

      Delete
  20. Hello.. So glad i found this blog. Very interesting. Aq nanya boleh yah? :)
    Sekarang aq lagi pake nih serum. Tapi ost 21 juga msh ada. Kalau pake secara bersamaan bisa ga yah? Kalau bisa caranya gimana?
    Trus rencana mau coba pake toner AHA/BHA mizon (karena baca postingan dirimu nih) kira kira bisa ga yah?
    Trus sepertinya ada yang janji mau post skincare routinenya nih hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Edis .. :) thanks ud mampir2 ..
      ost serum masih ada ? gunakan malam hari. red serum, gunakan siang hari . toner aha bha bisa digunakan setelah cuci wajah.
      jadi urutannya : cuci wajah, toner , serum .. kalau malam lanjut overnight mask .. kalau siang .. sunblock.

      haha .. aku lagi ngumpulin semangat nulis skincare routine .. haha banyak banget .. sampe malu mau nulisnya . hahah .. mungkin lebih2 dari cewe hahaha

      Delete
    2. Thank you feedbacknya :)
      Sepertinya sudah pasti lebih dari cewe sih kalau maw liat dan baca blog nya hehehe tp justru buat penasaran makanya yang maw baca juga semangat nunggunya hahaha..

      Delete
    3. hahaha :) siapp :) banyakkk banget dis . hahaha .. aku takut malah nanti yang baca orang kantor aku .. heboh nti sekantor . haha :)

      Delete
  21. Hai Adit :)
    This is my first time reading ur blog
    And I wanna ask something.
    Aku baru banget beli red serum ini. Nah aku uda hampir 3bln ini pake laneige white plus essence ex. Kalo ditambah red serum ini menurut kamu, dilanjut setelah essence itu atau dipake single use aja ga bareng si laneige essence?
    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Amitia , thanks ud mampir2 :)

      aku belum pernah pake red serum di gabung dengan laneige white plus. Saran ku, kamu buat AM / PM aja. misalnya laneige nya AM , red serumnya PM . :)

      karena memang red serum ini ga bisa dipake sambil buru2 .. waktu penyerapannya agak lama. Kalau kamu pagi agak buru2, better menggunakan red serum malem aja :)

      Delete
  22. Halo ka Adit, aku baru pertama kali baca review dari kakak dan lgsg ngerasa terhipnotis buat beli serum ini hahaha. Kulitku juga putih pucat kayak kulitnya ka Adit, dan discoloration di pipi sebelah kiriku agak mengganggu. Tp serum ini kira2 aman gak ya kak kalo aku barengin pemakaiannya sama cosrx galactomyces 95 whitening power essence? Aku blm pake cosrxnya sih ka krn baru beli, selama ini aku pake skii fte, tapi aku ngerasa gaada perubahan yg significant di kulitku. Fortunately, skii fte ini gak bikin kulitku break out.. Tp ya aku kan butuh sesuatu yg bisa memperbaiki tekstur kulit aku & bikin kulitku jd terlihat lebih sehat/gak kusam hehe.
    Sblmnya, tipe kulitku oily combination, acne prone sensitif. Kulitku gampang gatel, merah2, perih & terasa panas. Trs kulitku berminyaknya cm di bagian hidung dan pipi, keningku kering dan kulit di bagian dagu sering ngelupas ka :( kalo menurut aku, pemicu munculnya jerawat aku ini krn hormon dan stress, ditambah aku sering insomnia. Trs kalo makan yg berminyak gitu, biasanya lgsg muncul bbrp jerawat di pipi bagian bawah dkt rahang, jd aku mengurangi makan makanan yg berminyak dan jerawatku jg udah jarang muncul, paling cuma satu atau dua kalo lg insom aja.
    Selama ini aku pake produk dari dokter mulai dr sabun cuci muka, serum vit.c, sunblock, sampe krim pagi & krim malamnya ka. Sbnrnya aku kurang suka sih ka kalo pake obat2 dokter gini, tp krn kulitku kmrn ngalamin perubahan yg bikin produksi minyak berlebihan dan akhirnya malah kayak numbuh daging gitu, jd aku harus ngejalanin fractional laser treatment di dokter & pake obat2nya. Awal2 pake obat dari dokter ini cukup bagus sih ka, dulu jerawatku banyaaak bgt, pas pake obat dr dokter ini jerawatku berkurang walaupun msh sering muncul jg, tp ya munculnya gak separah dulu, dulu tuh aku parah bgt jerawatannya. Tp bbrp bulan terakhir ini pipiku sering ngalamin break out :( sering jg di jidat atau di pipi muncul jerawat batu gede bgt, tp cuma satu. Yg bikin keselnya tuh krn kempesnya mesti nunggu 2 minggu atau lebih :( sebulan yg lalu, aku pernah stop pake semuanya selama dua minggu gr2 sakit dbd dan cuma bersihin muka pake sabun cuci muka dari dokter tanpa pake apa2 lg, bahkan gapake krim pagi/malemnya. Jd bener2 setelah cuci muka itu aku diemin aja, gak pake pelembab atau apapun. Tp selama dua minggu itu kulitku bersihhhh banget ka, bekas jerawat menipis, gaada satu pun jerawat yg muncul which is really shocking for me. Kulit juga gak kusam, berminyak atau kering pun engga. Terlepas dari sakit dbdnya, selama dua minggu itu kulitku cerah ka. Trs pas udah sembuh dari sakit, aku mulai pake lagi serum & krimnya, tp jerawat kecil2nya malah muncul lagi ka :( sejujurnya aku lumayan suka sm krim malemnya sih ka krn dia cepet ngilangin bekas jerawat, tp dia jg nimbulin jerawat :( kan sedih :(
    Dan udah seminggu ini aku stop pake obat2an dokter itu ka, kecuali sabun cuci mukanya. Skrg aku pake toner cuka apel dicampur air mineral. Selama seminggu pake toner ini, kulit aku jd jauhhhh lebih baik. Pori2 mengecil, produksi minyak udah gak selebay dulu lg, blackhead berkurang, kulit jd glowing, jerawat udah jarang bgt muncul. Paling jerawat ada muncul satu atau dua kalo aku lg insom, kempesnya jg cepet ka, sehari lgsg kempes, lusanya ilang dan gak ninggalin bekas. Tp kalo masalah whitehead, msh ada lumayan banyak ka di pipi sebelah kanan. Trs baru dua hari ini aku ngakalin pelembabnya pake nature republic aloe vera gel, aku pake pagi sama malem pas mau tidur. Yg aku rasa skrg kulit aku jd lembut bgt, bekas jerawat agak menipis, jerawat makin cepet kempesnya.
    Tp kan aku jg pgn sesuatu yg bisa mencegah munculnya jerawat, ngebantu memudarkan bekas jerawat, menyeimbangkan skin tone dan mencerahkan kulit wajah. Nah menurut kakak, kalo skrg aku tambahin skin&lab red serum dan cosrx galactomyces 95 whitening power essence kira2 aman gak ya kak kalo dilihat dari segi bahan2nya? Karena aku takut kalo gak cocok trs malah break out lagi ahaha sedih :((( trs kakak ada rekomendasi pelembab yg kira2 cocok buat aku gak kaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh jadi panjang bgt gini kan ;_____; maaf banget kalo kepanjangan dan jatohnya malah jadi kayak curhat ya kak ;_______; niatnya aku jelasin panjang lebar gini biar ka Adit gak bingung sm kondisi kulitku dan mesti ngasih saran gimana hehe ;_____; makasih banyak sebelumnya kalo kakak mau jawab pertanyaan aku ini hehehe.
      Have a good day ka Adit! Keep writing & semoga blognya jd lebih rame pengunjungnya^^

      Delete
    2. hahaha .. hi Ezra :) seru banget baca komentar dari kamu :)

      hmm .. aku coba jawab satu satu ya :)

      1. kulit mu gampang merah, gampang perih. itu artinya kamu sensitive skin. hindari produk yang ada kandungan alkoholnya. :) dan kebetulan red serum ini tidak mengandung alcohol. namun, karena kulitmu sensitive, sangat mungkin kulitmu sensitive thd salah satu ingredient di produk ini. so, selalu test di satu aeral tertentu dulu ya. misalnya di belakang telinga, di leher . jangan langsung semuka. paling tidak 1 minggu, setelah itu, gunakan produk , mulai dari 3 hari sekali dulu. untuk memastikan kulitmu adjust dengan produk ini. kalau ternyata begitu kamu pakai sehari sekali kulitmu reaktif, itu artinya, kamu ga bias pakai sehari sekali. buat less frequent jadi 2 hari atau 3 hari sekali lagi :) apakah cocok dengan cosrx power essence .. kamu dapat gunakan AM / PM . misalnya, cosrx nya utk perawatan pagi, red serumnya malam :)

      2. kamu cocok dengan doktermu ? kalau kamu lumayan cocok, sebenernya saranku. kamu Tanya aja ke dia , isi krimnya apa. untuk memastikan produk yang dia berikan aman digunakan. kalau dia bilang : moisturizer , dan exfoliating agent. so far harusnya aman. kau Tanya aja : mengandung corticosteroid / hydroquinone ga dok. gitu. kalau dia bilang tidak . berarti good to go.

      3. kalau kamu pake krim malem, dia ngilangin bekas jerawat , tapi bikin jerawat .. most likely , krim mu itu sifatnya exfoliating. either ada AHA / BHA atau vitamin C . coba kurangi frekuensinya jadi 2 hari sekali. atau 3 hari sekali.

      4. nah , karena sekarang kamu sudah stop produk dokter dan lumayan membaik kulitnya. saranku . kamu stop dulu aja sampai 2 minggu - 3 minggu untuk meneutralize kulitmu . baru kamu start dengan red serum 3 hari sekali.

      proses yang baik itu adalah yang tidak terlalu cepat Ezra. jadi, kalau kamu menggunakan satu produk yang terlalu cepat hasilnya, kamu harus tanda Tanya, itu artinya, dia mengandung zat yang sangat aktif .

      untuk pelembab, hmm.. sebaiknya jangan dulu. kalau kamu mau, gunakan honey overnight cosrx aja :) lumayan menghydrate kulit.
      siangnya jangan lupa selalu gunakan sunblock ya :)

      Delete
    3. wah makasih banyakkk jawabannya kak hehe thank you for enlighten me <3
      iya kaa kulitku sensitif bgt, tp kulitku kebal juga huhu. tp sekalinya gak cocok, bakal break out parah>< dulu sblm perawatan di dokter aku yg skrg, aku udh nyobain beberapa produk tp gak ngaruh apa2, so far cm g*rnier & h*da l*bo yg bikin kulitku makin parah :" aku pernah nyobain clean & clear tp gak ngaruh apa2. aku sampe nyobain pasjel sm inspired yg ktnya bagus bgt.. tp ternyata gak ngaruh apa2 di aku kak krn kulitku kebal sm produk2 itu :(
      nah trs abis itu aku sempet pake snail white by namu kaa selama 4 atau 5 bulan gitu. pas baru lulus SMA jerawatku banyak bgt trs pas aku pake ini jerawat pd kabur. aku cocok bgt pake ini, trs yg aku inget dia ingridients-nya ada centella asiatica extract, snail secretion filtrate dan gaada alkohol sama sekali. tp harganya mahal bgt juga, jd ngerasa gak sanggup kalo mesti terus2an beli dan akhirnya stop dgn terpaksa :" selama kurang lebih dua tahun aku pake mizon, tp ternyata kulitku kebal jg sm mizon :" nah baru deh bbrp bulan kemudian aku diajak ke dokter kulit sm mamaku..
      awalnya iya kak aku ngerasa cocok bgt sm dokterku krn jerawatku berkurang banyak bgt, tp pas udh hampir setahun pake obat2 dari dokter aku malah ngerasa kulitku udah kebal sm obat2 dari dokterku ini ahaha trs jerawat mulai bandel lagi :" nanti pas check up lg, aku coba tanya ke dokternya ttg kandungan krimnya apa aja hehe.
      trs krim malemnya, kayanya ada ngandung vit.c sih kak, krn dia mencerahkan kulit wajah aku juga. atau mgkn sebaiknya aku pake krim malemnya di bagian yg ada bekas jerawatnya aja yah kak? ๐Ÿ˜ฌ soalnya aku msh ada dua jar, sayang kalo dibuang gitu aja ><
      hmm iya bener kak.. aku sejujurnya was2 bgt sm produk yg hasilnya instan >< nature republic aloe vera gel-nya ada kandungan alkoholnya kak, jd aku pake dua hari sekali aja di malem hari dan di pagi hari pake tipis2 bgt. kalo cuka apelnya, sejauh ini masih aman kak.. kalo untuk bekas jerawat yg agak meradang, emg blm keliatan perubahannya, tp bekas jerawat yg tipis2 gitu skrg udah agak makin ilang.
      once again makasih banyak ya kak buat saran2nya :D maafkan aku yg bawel ini ๐Ÿ˜‚ have a nice day ka Adit ^^

      Delete
    4. hi Ezra :)

      sebenernya, gak ada yang namanya kulit kita kebal sama satu produk, kecuali, antibiotik. :) kalau kita ngerasa produk A misalnya gak sebagus dulu, ada kemungkinan karena memang kualitasnya turun. Misalnya konsentrasi zat penting nya dikurangi, campuran airnya diperbanyak dll. jadi kualitasnya turun. :)

      boleh . dibagian yang ada bekas jerawatnya coba kamu oleskan tipis tipis , malam hari.

      selalu gunakan sun block pagi harinya ya :)

      utk cuka apel, jujur aku agak khawatir. karena dia kan acidic ya. tapi .. karena aku juga belum pernah menggunakan cuka apel, jadi gak bisa komentar. Saranku, tetap hati hati ya, karena yang sifatnya acid, mungkin dapat buat kulit tipis.

      Delete
    5. ah gitu ya kak ternyata.. aku kira kulitku semacam kebal gitu karena cobain produk ini itu gaada yg ngaruh, tp at least aku bersyukur kulitku gak bereaksi apa2 daripada harus break out gak karuan huhu><
      untuk sun block aku selalu pake kok kak hehe krn kulitku 'kurang bersahabat' sm sinar matahari jd wajib banget pake sunblock๐Ÿ˜
      hmm kalo gitu mungkin aku cari toner lain untuk dipake secara bergantian sm cuka apelnya kali ya kak? jd cuka apelnya dipake tiga hari sekali, selainnya pake toner lain.. buat jaga2 kulitnya biar gak semacam over exfoliate gitu hehe

      Delete
  23. Hi kak adit^^
    Tipe wajah aku normal to dry skin, skin tone, gak rata dan wajah aku kusam. Kira kira red serum cocok sama permasalahan aku atau kakak ada saran lain?
    Thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Desi, kelihatannya, kalau untuk kulit kering hampir ga ada masalah menggunakan red serum :) selamat mencoba :)

      Delete
  24. hai adit.
    aku pemula banget nih.
    kalau regime skincare aku begini kira2 cocok ga ya?

    face wash - mizon aha/bha toner - hydrating toner - lalu serum lagi galau antara mau red serum atau manyo factory.

    kira2 untuk wajah yg gabanyak masalah, jerawat jarang cuma agak kusam segitu udah cukup blm ya?
    ada rekomendasi cream wajah yg bagus ga? yg bisa nyerahin juga makasih
    :")

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dita :)
      cukup koq dit . jangan terlalu banyak dulu, apalagi kalau ga ada problem :) karena banyak belum tentu bagus juga :)
      untuk cream, kamu aktifitasnya seperti apa ? saranku sih, kalau kamu uda red serum, tinggal pake sunblock kalau siang hari, malamnya pake overnight mask :)

      Delete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  26. Maaf bisa kasih referensi untuk belinya dmn ?? Ada counternya ga ya d indonesia?? Kalo di liat2 kebnyakan via online .
    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wilda, Skin and Lab ini memang belum ada counternya di Indo. Kalau kamu mau, kamu bisa beli langsung ke online korean seller via Qoo10, atau, kalau kamu takut dengan proses bea cukai dll , di indo memang banyak yang dia beli partai besar dari korea, lalu reselling.. memang sedikit lebih mahal, tapi gak perlu khawatir dengan urusan bea cukai dan gak perlu nunggu lama. kalau kamu beli dari korea, biasanya mesti nunggu 2 minggu - 1 bulan baru sampai. kalau beli dari reseller indo, paling cuma 2-3 hari sudah sampai. di indo, kalau kamu beli, bisa via Hello Sora. kalau dari korea, selain via qoo10, kamu bisa beli via Wishtend juga.

      Delete
  27. kak wajah aku kan belang jadi skrg aku lagi nyari serum buat memutihkan sama meratakan warna kulit wajah, nah aku tertarik sama red serum ini menurut kakak gimna ? usiaku masih 21, serum ini kan juga anti aging apa boleh seusiaku make produk anti aging ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dina, belangnya gimana ? belang karena kena matahari atau belang karena memang bawaan lahir ?

      kalau belang karena matahari, mungkin bisa dengan red serum ini, walaupun sebenernya red serum lebih untuk flek. tapi kalau belang karena bawaan lahir, aku gak yakin.

      anti aging bisa dipakai sejak usia berapapun karena memang tujuan anti aging untuk memperlambat proses penuaan Din :)

      Delete
    2. Belang karena matahari kak, untuk cara penyimpanannya gak perlu dimasukin ke kulkas ya kak?

      Delete
    3. kalau karena matahari, biasanya harus melakukan treatment Din, spt peeling dengan dokter kulit, kalo pake serum, agak lama mungkin.

      gak perlu dimasukkan ke kulkas Din :)

      Delete
    4. Wah jadi harus treatmen dokter dulu ternyata,hehe. Tapi serum ini ttep bisa efektif mencerahkan kan kak? Soalnya lagi bingung beli yg vit C apa ya red serum, kalo red serum ini banyak fungsinya jadi lumayan tertarik

      Delete
    5. pake serum sebenernya bisa Din.. tapi lamaaa banget .. karena kalau belang gitu, paling enggak 5-6 bulan baru keliatan hasilnya. terutama kalau kamu memang secara genetik pigmen kulitnya banyak :) . kalau yang kulitnya putih, paling biasanya merah, lalu balik lagi putih. :)

      kalau ke dokter, nanti dia peeling , lebih cepet sih.. tapi pastikan kulitmu gak lagi bermasalah pada saat akan peeling ( gak sun burnt, gak lagi sensitif, gak lagi iritasi, atau super berjerawat :) .. untuk memastikan gak ada adverse after effect :)

      pada saat peeling, nanti kulitmu menghitam dulu, lalu mengelupas .. sehingga kulit yang baru , yang sehat yang ada di bawahnya, muncul ke atas. ini kurang lebih memakan waktu 2 mingguan .. jadi kalau mau peeling, better pada saat kamu lagi ga ada aktifitas ( gak ada kawinan, gak ada acara apapun ) . karena selama 2 minggu ini , kita jadi jelekkk banget . hahah :) tapi sudahnya bagus .

      vitamin C banyak yang harus disimpen di kulkas Din, agak ribet. dan dia cepet oksidized. jadi kalau misalnya kamu lupa masukin kulkas, dia bisa rusak. better red serum sih kalau aku. :)

      Delete
  28. Hello, aku seneng banget nih nemu blog skincare, yang authornyaa super detailss. My cases are:

    I have no dry patches, visible fine lines di dahi eventho im 20yo + super oily di T-zone kalo udh siang-siang. Acne scars sulit hilang, meskipun aku jarang bgt jerawatan. Dan kalo pake moisturizer berbentuk cream yg too rich, lgsg muncul jerawat pustules, jd skrg cm pake aloe vera gel.

    My questions are:

    1. Do I have oily but dehydrated skin?
    2. Buat fine lines, kira-kira pake serum retinoid such as: The Ordinary 2% Retinoid ngefek ga ya? Atay Red Serum ini cukup? + Kalo pake retinoid, is it too much to use Vit C as well??
    3. Tahapan skincare aku: Micellar Water - Cetaphil - Wonder Pore Toner - the Saem Harakeke Toner - Vit C - Aloe Vera gel. Ada yg salahkah? atau harus ditambah? Or do you have any recommendations?

    Thank You!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Brienna :) makasih uda mampir2 :)

      kalau aku baca di atas, berarti in general kulitmu : combo type , with sign of premature aging ?

      hmm, sebelumnya : life style mu seperti apa Brie ?
      misalnya, ( maaf ) smoking, drinking , a lot of coffee or regular coffee ? sugar ?

      ada beberapa hal yang bisa kita lakukan , pertama :
      1. eating habits : reduce ( if not eliminate ) coffee and sugar . these two combos are baaaddd guys for our skin. coffee makes our skin dehydrated but, it also triggers stress hormone that makes our oil glands of the skin to become more active. jadi nanti akhirnya kulit kita dehidrasi, tapi banyak whitehead, blackhead, jerawat, gitu. sugar , efeknya lebih ke produksi IGF-1, yang , juga meningkatkan sekresi kelenjar minyak.

      untuk fineline di dahi, sebenernya jangan pake retinoid dulu Brie. karena retinoid, dia mirip sama AHA/BHA, kamu akan purging banget. biasanya purging karena retinoid agak lebih parah daripada AHA/BHA. kecuali kulitmu tidak berjerawat, kalau berjerawat, pasti purging. kamu bisa coba hyaluronic serum. yang bagus ada 2 : SK-2 repair C, dan aku sih lagi coba COSRX hyaluronic. posting tentang ini menyusul segera ya :) lagi diketik :)

      oily but dehydrated itu keliatannya dari :
      1. kulitmu gak plumped.
      2. kalau habis cuci muka agak mengilap kayak ada lapisaan putih telur di wajah.
      3. terlihat tipis.

      nah, kurang lebih kulitmu seperti itu ? kalau tidak, sebenernya mungkin lebih ke , premature aging. masih oily, tapi sudah mulai muncul tanda2 agingnya. aku sih lebih sarankan kamu ganti eating habits, tidur cukup, banyak minum, coba kamu beli extra virgin oilve oil , lalu kamu tambahkan 1 sendok teh, EVOO itu ke makanan kamu 1 kali sehari. misalnya kalau lagi makan sup, kamu kasi sedikit aja . enak koq ke kulit. :) 1 sendok teh cukup.

      Red serum aku suka banget. dan, hasilnya akan lebih terlihat kalau kita ganti life habit kita juga :) jadi dari dalam dan dari luar Brie :)

      untuk tahapan skincare, aku belum pernah gunakan wonder pore dan the saem. Kamu pake Vit C nya tiap hari kah ? yang konsentrasinya berapa ? kalau iya, berarti mungkin ini yang bikin kulitmu oily but dehydrated. vitamin C serum, sebaiknya tidak digunakan tiap hari. apalagi yang konsentrasinya tinggi. normalnya , kulit akan regenerasi 2-3 hari sekali sampai dengan 28 hari totalnya setahuku. nah, vitamin c bertugas mengangkat sel kulit mati tsb ( seperti AHA dan BHA ). kalau kita terlalu sering , dia bikin kulit jadi tipis, dan terlalu acidic. makanya jadi nya agak seperti yang aku sebutkan di atas. coba kurangi vitamin c serumnya jadi selang sehari atau 3 hari sekali :) dan concernmu benar, tidak perlu gabung retinoid dengan vitamin c, karena akan memperekstrim proses eksfoliasinya. :)

      Delete
    2. Thank you so much for replying ka Adit!!

      Yes, aku ga ada tanda-tanda oily but dehydrated seperti yg disebutin sama ka Adit.

      And, Yes. My eating habit is so out of control, yes aku banyak konsumsi sodium sama sugarr hahahah dan susah banget buat tidur yang cukupp, aktivitas + kerjaan menunggu soalnya.

      Skincare, aku pake OST 20, dan aku pake setiap hari hohoho. Tapi pengen ganti nih ke RED Serum, sama berarti aku coba pake hyaluronic acid serum dulu yah?

      Aku waktu itu mupeng retinoid sama AHA/BHA COSRX, soalnya retinoid selain buat finelines ampuh banget buat white heads sama blackhead, tapi balik lagi, kayanya yg ka Adit bilang bener, aku mending cut out dulu sugar, sodium and coffee, karena mereka pemicu terbesar fine lines and all my white and blackhead problem.

      Thank youu :)

      Delete
    3. Hi Brie ( i like your name anyway , enak manggilnya :) )
      hmm, coba kurangi aja frekuensi ost nya ya :)

      keep me updated ya Brie :)

      Delete
  29. Halo kakk
    Seneng banget baca blog kakaa
    Dan.. Ternyata kaka dulu jg pasien dr. Kun ya..๐Ÿ˜€ diriku lg pengobatan di beliau.. Purging di pipi udah lewat kaa, tp di jidadddd beuuh beruntusan kecil2 (so pity๐Ÿ˜ข). Bingung bgt ga ilang2 ini beruntusan, aku udh jalan 2 bulan pengobatan beliau, dan bekas Purging kmrn jadi merah2 ๐Ÿ˜ฅ bingung menghilangkannya.. Mau coba combine dengan Red serum tapi worry malah breakout atau gmn2.. Saran kaka gimana ya kaaa sama Sharing pas lepas pengobatan dr. Kun dong kaaa, aku sih kyknya akan tetap minum obat roaccutane nya dan krim jerawat 3 nya Ituu, tp buat Bekas2 merah nya apa baiknya di combine dgn Red serum ya ka?
    Thanks kaa๐Ÿ˜†

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Pratiwi .. thanks uda mampir2
      untuk pengobatan dr kun .. saranku, paling tidak 6 bulan jangan putus :)
      aku dulu total dari jerawat penuh semuka-muka, sampe ke kulit kepalah, ke kuping bahkan.. bersih total.. 6 bulan .

      so, saranku, kalau baru 2 bulan sih .. itu masih proses :) tahan-tahanin aja dulu ya..
      jangan dicampur apa apa dulu.. rutinin aja dulu perawatan dokter kun. memang purging itu bertahap .. mulai dari yang paling besar2 yang pertama keluar, uda gitu .. yang besar besar selesai.. mulai yang kecil2 kayak beruntus .. nanti begitu uda beruntus nya selesai, baru proses pemulihan. yang merah2 nanti lama lama juga healed :)

      Delete
  30. hay ka joo aku mau tanya dong kulitku lagi pake cream dokter dan udh membaiksih gaada jerawat hanya bekas aja 1 2 pengen bngt cobain serum red kira2 boleh ga ya? campur ama cream dokterku? thanks ka:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Aulia, untuk pertanyaanmu ini, aku ga bisa jawabnya.
      karena, kita ga tau isi cream dokter mu apa :)
      kecuali kamu tau isi creamnya, kalau ga tau, better jangan dicampur :)
      takutnya ada zat aktif nya :)

      Delete
  31. Hai adit..aku mia
    aku bbrp kali baca blog kamu, suka banget sama review2 nya, pengen coba si red serum ini cuma masih banyak WPR laneige essense, saat ini skin care regime aku : cuci muka, muji toning water extra moisture, missha ste intensive moist, lancome genevique, mizon peptide 45 ampule aku campur sama wpr laneige. urutan skin regime aku uda bener belum ya, kulit aku sensitive banget, pernah nyoba SKII breakout, makanya agak takut pake skin care tp penasaran mau nyoba mizon aha bha dan mizon ste nya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Meeya .. lancome aku belum pernah coba, tapi seingatku lancome ini agak lengket kan ya ?
      mungkin sebaiknya mizon peptide dulu dan wpr baru lancome ?

      generic formulanya sih : yang paling kental / paling lengket belakangan. :)

      kalau sensitif, jangan terlalu banyak tumpuknya Mee, nanti takutnya malah jadi gak bisa napas kulitnya :)

      Delete
    2. iya kaya nya aku terlalu banyak tumpukan deh ini, aku mau lepasin satu2 deh, udah cobain mixon aha bha toner tapi kulit aku malah berasa kering, pori2 makin muncul perasaan, pengen banget nyobain si red serum ini tapi takut break out , btw thank you ya udah di reply :)

      Delete
  32. Hai adit kmu face wash nya pake produk apa, dr skin and lab juga, btw gak harus di simpen kulkas kan, soal nya lg nyoba red cream nya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yaya, kalau face wash paling aku suka : sk2 gentle cleanser, whoo gold, sulwhasoo gentle, dan cosrx low ph :) . Skin lab aku ga pernah coba face washnya :)

      Delete
  33. Duh makin galau ka, buat ngilangin bekas jerawat merah + coklat...pengen beli klairs juiced vit, novexpert booster vit c or skin&lab red srum ini...abis d wishtrend si klairs ini bintang nya lbh banyak, haha dan banyak review org yg make nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm klairs juice dia konsentrasinya lbh rendah. Jadi lebih aman utk kulit sensitif.

      Delete
  34. Suka banget mantengin blog nya ka adit, btw finally ak purchased klairs vit c serum buat kombi sm cosrx snail essence ak, jd abs cosrx aha bha toner urutannya vit c dlu ya baru essence nya ka? Tp msh penasaran jg sm si red serum....Cm mau cb treatment vit c dlu buat spot2 yg susah kalemnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe .. makasihhh :) semoga blog ini membantu kamu :)

      yes . jadi kamu pake toner dulu. btw, tapi kamu aman kan pake toner aha bha itu ? kalau kulitmu jenis yang agak sensitif, toner aha bha nya 1 kali sehari aja. misalnya malam. paginya pake toner yang tidak ada aha or bha nya.

      setelah toner. tunggu toner kering. baru put on vitamin c serumnya. satu tetes untuk sewajah, jangan banyak2 ya :)
      disarankan malam hari. tunggu 25 menit , baru aplikasikan produk lainnya. :)
      start dari 3 hari sekali dulu. kalau ga ada adverse reaction, baru naikkan ke 2 hari sekali. beberapa orang aman menggunakan itu sehari sekali. tapi kalau kamu khawatir, kamu bisa stop di 2 hari sekali. :)

      Delete
  35. Hallo adit :)
    Tulisan km ini salah satu yg bkin aku jadi mantep bgt nyobain red serum.
    Udah seminggu ini aku pake, dan yg paling kerasa tekstur kulit membaik. Lembab tapi gak berminyak.
    Untuk cerah dll nya si blm notice.
    Btw km masih pake red serum atau enggak? Oiya km pakai ini sbg single serum atau ada serum2 yg lain?
    Hehe thanks adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Caningtias :)
      thanks lowh uda mampir2 :)
      hmm, iya red serum ini bikin kulit jadi kenyal, plumped gitu ya :)
      aku pakenya dengan snail essence sih :) tapi gak wajib koq. kalau aku, aku memang suka aja dengan si snail essence ini :)

      kamu pake apa aja Tias ?

      Delete
  36. Ka kulit aku kusam banget sama warna kulitnya ga rata. Ada saran ga pake produk apa? Btw ini skincare routine aku:
    Hada labo shiroyjun facial wash - toner - lotion hada labo- essence skin&lab bio activating - essence shiroyjun - red serum - milk hada labo

    Btw milih hada labo karna dia whitening gtu kan, terus essence skin&lab bisa meratakan warna kulit katanya jadi milih itu. Menurut ka adit nih ya skincare routine aku terlalu too much atau kurang? Tapi kulitku masih kusam aja gituu. Harus diapain sih ka biar ga kusam:( oh iya kalau malem aku tambahin aha/bhanya hada labo. Makasih ka adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. sementara ini kamu cukup aja segitu dulu :)
      jangan nambah. kamu uda berapa lama menggunakan produk2 ini ?
      untuk menghilangkan kusam paling enggak kamu harus rutin 2-5 bulan :)

      Delete
    2. Hampir 2 bulan ka:) wah lama jugaa yaa kemarin aku sempet berhentu yang serum sama essence skin&labnya jadi aku fokus sama hada labonya dulu. Kalau facial facial gitu harus ga sih ka tiap bulannya?
      Makasih ya ka:)

      Delete
    3. saranku sih facial gak terlalu menolong utk kulit kusam Jannet. better ganti pola makan, diet dan istirahat yang cukup. pasti kulit segar, dalam waktu 2-3 bulan :)

      Delete
  37. Halo ka adit.. tulisan ini jd maksain aku nyobain red serum.. abis aku uda cape ka nyobain skincare dluaran sana buat jerawat aku yg merah2 ini yg ada makin muncul 1 n jd banyak.. tp skrg sih tgl bekas2nya gitu ka yg merah2.. kira2 nih menurut kaka aku combine red serum ama skicare aku yg skrg(ms glow acne series) or aku cobain red serum&cream nya.. ada saran ka buat facialwash yg bagus buat kulit sensitif ga n minyakan gtu ga ka? Btw.. thx b4

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Amaliyah,
      jujur aku ga terlalu familiar dengan ms glow acne series. :)
      saranku kamu gunakan red serum aja dulu. jangan sama creamnya, karena creamnya takutnya terlalu thick untuk kulit yang cenderung berjerawat.

      facial wash sih , so far yang aku pernah gunakan :

      1. sk2 gentle cleanser
      2. sulwhasoo gentle cleanser
      3. klairs gentle cleanser

      ( itu untuk yang relatively gentle )

      4. low ph good morning gel cosrx ( untuk cleanser yang mengandung actives ) .

      kurang lebih itu sih :)

      Delete
  38. Hai ka , klo pake serum ini bs combain sama produk benton. Aq pake benton yg skin bha, eseense dan steam. Ama produk black sugad juga. Klo dtambahin serum red. Urutan pake nya gimana ya?

    ReplyDelete
  39. Hai ka , klo pake serum ini bs combain sama produk benton. Aq pake benton yg skin bha, eseense dan steam. Ama produk black sugad juga. Klo dtambahin serum red. Urutan pake nya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Enok, kamu uda lama tapi pake bha , essence dan steam nya ? lalu untuk black sugarnya juga ?

      kalau belum lama, saranku, paling tidak kamu gunakan yang ada sebulan dulu sebelum nambah produk lainnya.
      kalau sudah lama dan kulitmu sudah adjust, berikut perkiraan urutannya :

      1. black sugar hanya weekly basis. misalnya 1 atau 2 kali seminggu. ( 3 hari sekali, kalau kulitmu kuat, 2 hari sekali paling sering. jangan terlalu sering, nanti over exfo karena black sugar ada bha nya. di samping juga kamu pake benton bha ) .

      2. urutan daily routine nya :
      a. cuci muka
      b. benton skin bha ( ini yang aloe ya ? ) saran ku gak tiap hari, mungkin per 2 hari selang seling dengan black sugar. setiap habis pake benton aloe bha toner, gunakan hydrating toner.
      c. essence ( ini snail essence kan maksudnya ya ? ) snail essence bolah di pake pagi malam.
      d. steam ( karena ini agak lengket, kamu gerah ga pake ini siang2 ? kalau gerah, kamu bisa skip, langsung ke sunblock )

      e. malam hari kamu gunakan red serum. setelah essence , sebelum steam cream. Start dari 3 hari sekali selama 2 minggu, kalau aman, 2 hari sekali selama 2 minggu, kalau kamu rasa cukup, kamu bisa stay di per 2 hari. kalau kamu rasa kulitmu tergolong yang bandel, kamu bisa 1 hari sekali pada malam hari. serum ini agak lengket, karena ga ada alkohol jadi nyerepnya lama. so aku sarankan malam aja pakenya, biar ga terburu2.

      pastikan kamu test patch dulu ya. di belakang telinga misalnya 3 hari - 1 minggu untuk memastikan kamu ga ada alergi dengan produk tersebut.

      Delete
  40. hai ka adit,aku lg pakai cosrx galactomyces toner sama essence nya,kalo di combine sama red serum ini boleh gak?makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anggit, setahuku, kalau lihat ingredientnya sih ga ada yang bentrok :) .
      aku juga dulu pernah dicombine , aman-aman aja. cuma problemnya, red serum ini agak lengket , dan karena dia gak gampang terserap kulit ( tidak mengandung alkohol, jadi agak lama terserapnya ), jadi saranku red serum ini malam hari digunakannya. kalau pagi takutnya kamu buru2 trus mesti nunggu red serum kering waktunya ga ada :) KAmu bisa gunakan dua produk ini AM/PM, misalnya AM nya galactomyces, PM nya red serum :)

      Delete
  41. halo ka adit, aku mau tanya utk red serum ini masa pakainya brp lama ya? soalnya kl ost c20 kan cuma bisa 3 bln, manyo factory 6 bln, kl red serum ini bisa buat setahun apa gimana? soalnya aku males pake serum yg masa pakenya tll bentar, ujung2nya ga abis dan dibuang T^T
    sama mau tanya juga, bbrp bulan ini aku mulai pk bbrp step skincare buat malem (ada yg udh dr awal tahun, ada jg yg baru 1-2 bln) : banila clean it zero - cosrx salicylic acid cleanser - cosrx aha/bha toner - cosrx bha power liquid - cosrx skin returning emulsion (baru pake) - cosrx honey overnight mask
    aku pingin nambah secret key first essence sama red serum ini. jenis kulit aku tuh combination, trs pgn ngilangin bekas2 jerawat di muka. muka aku tuh lmyn bnyk whitehead & blackhead (lmyn berkurang semenjak pake step2 skincare ini, ada rencana facial juga sih biar lebih bersih). trs mslh yg paling ganggu tuh aku selalu jerawatan kalo mau dtg bulan, tp slalu di pipi kanan ka gatau knp. bagian lain tuh ga prnh/jarang banget, jd kesannya pipi kanan aku ga pernah bersih, soalnya bekas yg lama belum ilang udh tumbuh jerawat baru lagi :( menurut ka adit gimana ya? kira2 cocok ga kalo aku nambah 2 produk itu? maaf panjang ya ka, thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Olivia,
      kurang lebih memang utk serum tahannya 6bulanan.
      kalau yang cuma 3 bulan biasanya yang mngandung vit c , itu pun harus di kulkas kan ya :)

      mengenai pipi kanan, kamu tidur ngadep ke mana ? pipi kanannya kena ke bantal ga ? coba rajin2 ganti sarung bantal liv.

      sebenernya kamu step skincarenya uda cukup banyak. kalau ditambah sama red serum, paling harus di selang seling antara pagi / malam.

      kalau first essence sih karena memang dia konsistensinya spt air, gak terlalu masalah ditambah.

      tapi so far kalau dari baca2 review, banyak yang bilang first essence secret key ga terlalu bagus.

      aku pribadi lebih pilih missha sih. tapi memang cocok2an :)

      Delete
    2. Wah jadi red serum jg cuma bs tahan 6 bln ya ka? Klo posisi tidur rasanya sih bolak balik tp mungkin gara2 sarung bantal ya? Emg aku agak jarang ganti sih dipikir2. Bagusnya ganti brp lama skali sih ka?
      Emg lmyn banyak sih ka ceritanya pgn ngikutin yg 10 steps ala korea gt ahaha. Skincare pagi aku biasa cuma toner - pelembab - sunblock ka soalnya aku gasuka kalo pake macem2 jadi lama trs mukanya jd lengket dan cpt minyakan.
      Oh ya sbnernya first essence aku masih bingung sih ka antara secret key atau coba yg skinlab bio activating, soalnya dgr2 itu bagus juga ya?

      Delete
    3. hi Oliv, sebenernya, menggunakan produk yang gak terlalu lama umur penggunaannya itu merupakan salah satu indikasi yang lumayan bagus liv. karena itu artinya, produk tersebut tidak menggunakan preservative ( pengawet ) yang ekstrim. :)
      6 bulan - 1 tahun menurutku wajar banget. apalagi mengingat botolnya juga ga besar. kecuali kalau memang botolnya besar. 6 bulan itu either uda habis atau mepet2 habis kalau kamu irit menggunakannya :)

      kalau kamu rajin pake serum rambut, conditioner rambut, atau pake hair spray , atau produk rambut apapun, disarankan sering2 ganti sarung bantal. karena produk rambut tsb kan nempel di bantal, uda gitu bantalnya nempel ke pipi. :) aku bahkan sering aku usahakan tidur ngadep ke atas. hahaha .. dan sering ga pake bantal :) selain ngebantu postur badan juga jadi muka ga kena bantal :)

      bio activating aku sempet mau cobain. tapi belum blum aja. memang si bio activating ini satu2nya first essence yang mengandung glutathione. pingin coba sih :)

      tapi kalau secret keys aku uda pernah coba , gak ngefek. akhirnya aku pakein ke tangan ama kaki aja daripada ga dipake.
      nah, aku pikir kulitku ga responsif thd secret keys ini. eh tapi waktu aku baca review2nya, secret key ternyata memang banyak yang bilang ga bagus .

      Delete
    4. Ic ic hehe aku soalnya kapok kaya waktu beli ost, masa pakainya bentar bgt trs aku cuma pake stgh dan keburu harus dibuang kan sayang :(
      Oke deh ka thanks a lot yaa udh mau jawabin panjang2 :D ditunggu review bio activatingnya hehehe. Keep writing ka i really love your blog!

      Delete
    5. siapp olivia :)
      sering2 mampir ya :)

      Delete
  42. Halo Kak Adit,

    Aku tertarik pake red serum ini setelah baca review kakak, tapi skg aku lagi pake serum vit C nya klairs, dan juga tertarik nyobain serum klairs yang soothing moisturizer. Minta sarannya kakak, apakah tiga produk itu bisa aku combine pake nya? Soal nya aku punya masalah kulit kering banget, pori besar, kusam, sensitif dan banyak merah2 gitu hehehe^^

    Untuk informasi aja saat ini step skincare aku, cetaphil gentle skincare - garnier micellar water - galactomyces essence cosrx - klairs serum vit C - all in one snail cream cosrx .
    Kalo malem aku suka tambahin laneige sleep mask :)

    Nah dari step itu kulitku masih kering dan merah2 huhu.
    Mohon pencerahannya kak. Terima kasih banyak sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya lupa kak, abis pake micellar water aku ada pake BHA toner nya benton sebelum pake essence. hehe. Makasih ^^

      Delete
    2. hi IRa .. kalau boleh di detailkan.. merah2 nya seperti apa ? apakah merah karena kering ? atau merah2 yang lain, misalnya agak bulat2 merahnya kayak spot spot gitu ? atau merah spt iritasi yang agak kasar dan perih kalau dipegang ?


      kalau kamu kulitnya super kering, sebenernya ada beberapa hal, yang pertama :
      1. hindari produk yang mengandung alkohol, karena ini akan bikin kulitmu makin kering.
      2. hindari produk yang mengandung fragrance / ingredient2 yang gak diperlukan kulit. karena dalam beberapa kasus, keringnya kulit itu adalah respons kulit kita ga cocok sama salah satu ingredient yang kita pakai. dalam hal ini aku concern dengan laneige sleeping mask , karena itu kan wangi banget ya.

      kalau saran aku, kamu coba : klairs supple toner juga . aku lebih sarankan toner ini daripada soothing moisturizer sih . karena walaupun namanya toner, tapi dia agak kentel dikit, dan bener2 bikin kulit nyaman, terutama pas lagi kering.

      jadi setelah membersihkan wajah, ( kamu menggunakan cetaphil, garnier ) , lalu gunakan klairs supple toner.

      setelah itu vitamin c klairs dulu. karena vitamin c sebaiknya digunakan setelah toner, tapi sebelum produk lainnya. dia mempunyai fungsi untuk membantu produk setelahnya lebih terserap dengan baik.
      lalu
      galacto essence , dan terakhir cream.

      nah, tapi untuk kulit kering sebenernya ada 2 produk cosrx yang recommended : snail essence dan hyaluronic essence, atau .. red serum.

      daily activity mu gimana ? sibuk bangett?
      kalau ga sibuk banget, coba deh, kamu beli aloe vera di supermarket. potongan, yang agak besar gitu. nah kamu potong2, lalu kamu gunakan sebagai masker kalau lagi di rumah. kalau bisa tiap hari itu bagus banget. misalnya habis mandi .. kamu gunakan itu . kalau bisa beberapa kali sehari itu lebih bagus lagi.
      memang agak ribet kalau pake yang alami , tapi benar2 pure dan tidak mengandung zat kimia sama sekali. efeknya lumayan cepet koq berasanya. :) kulit jadi lebih soothe, dan mengurangi kemerahan.

      Delete
  43. Hi Adit!!
    Aku juga senen buka review2mu, detail bgt. Aku sampe berulang2 kali baca reviewmu yg tentang skin&lab red serum ini saking pgn belinya. Kayaknya bagus bgt buat ngilangin bekas jerawat. Soalnya skrg masalahku ituu, mukaku kusam banget gara2 banyak bekas jerawat yg masih belom ilang. Kemaren sempet nyoba Manyo Factory Galactomyces Niacin Essense tapi udah pake 4 bulan belom keliatan efeknya. Gatau karena salah cara makenya atau ga cocok mungkin yaa.

    Nah menurut kamu kalo kusam gini produk skincare apa aja yg bagus buat mencerahkan sama ngilangin bekas jerawatnya gitu? Skin&lab red serum ini kan pgn ku beli buat serumnya, nah klo creamnya mending pake skin&lab yg red creamnya atau aku tetep pake creamku yg kupake sekarang Mizon all in one snail repair.
    Oh iya satu lagi hehe, kamu kalo ada jerawat muncul gitu diobatin pake apa? atau obat jerawat yg recommend supaya cepet kempes dan bikin bekas.
    Mahon pencerahannya juga hehe. Gomapseumnida :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Maksudnya gabikin bekas diit (hehe maap banyak typo) ^_^

      Delete
    3. hehe :) hi Ulfah .. thanks ud mampir 2..

      aku obat jerawat nya pake 3 :
      1. mario badescu pink powder
      2. zymogen houttuynia serum
      3. cosrx bha a sol

      jadi kalau yang jerawatnya besar dan ada matanya aku pakein mario badescu.
      kalau jerawatnya lebih kayak beruntus aku pakein houtuynia
      nah bha a sol kalau yang sifatnya agak komedo2 gitu :)

      utk kulit kusam sebenernya red serum ini bagus. tapi kalau kulit kusam, harus dibarengi dengan tidur cukup, makan cukup vitamin kulit , cukup sayur dan buah, banyak minum, dll :)
      dan cepet di sini paling enggak 3 bulan plus ya Fah :)
      jadi bukan proses semalam. :)
      oh manyo factory ga ngefek ya ? padahal aku lagi mikir2 pingin coba :)
      tapi bikin jerawat ga si manyo ini di kamu Fah ?

      Delete
    4. Waahhh ok deh nanti aku coba liat review2 3 obat jerawat itu. Oh iya klo bha a sol itu dipakenya setiap hari kah?

      Hehe ok okk, Semoga aja di aku cocok deh red serumnya ^.^
      Kalo diaku sih selama aku pake ga keliatan perubahannya, kayak bekas jerawat memudar gitu. Tapi klo bikin kulit lebih kenyel gitu iya sih sama bikin lebih lembab. Makanya mau coba red serum ini, bisa memudarkan bekas jerawat gitu gaaa. Alhamdulillah nya sih ga bikin break out. Kamu coba aja buat review perbandingan gitu, siapa tau di kamu cocok hehe. Aku liat di reviewnya female sih ratenya tinggi, banyak yg puas sama produknya. Makanya ku nyoba hehe

      Delete
    5. hahah .. pingin coba fah, masalahnya, aku uda kebanyakan step step annya. ini aja bisa ampe 1 jam sendiri sebelum tidur .. hahahaha

      coba nti nunggu yang ada abis dulu, baru ganti ke manyo :)

      a sol tiap hari kalau mau utk spot treatment. pake cotton bud ke jerawatnya :)

      Delete
  44. malam kak adit, utk penggunaan red serum ini bisakah dicombine dengan cosrx bha blackhead? mau beli red serum maju mundur krn takut gak bs combine dengan cosrxnya,,, sebelumnya makasih ya,,, ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) sebaiknya jangan cemara.
      soalnya bha blackhead kan persentase bha nya paling tinggi.
      kalau kamu mau dicombine, pakenya pimple pad aja .
      persentasenya lebih rendah.

      Delete
  45. Dear Adit,
    suka sekali baca blog mu, it's help me a lot!
    aku uda pake red serum ini barengan sama red cream, tp ga ngefek apa2 di aku. apa kulitku yg terlalu kebal yah? :(. ak pake red serum habis red cream, bener ga sih stepnya? haha ak takutnya kebalik..
    Aku pake Heimish all clean balm-Neogen Real Fresh Foam yg cereal-Klairs Toner-Misha FTE sensitive Moist-Red cream-Red Serum and sometimes terakhir ak pakein Aloe Gel. Bener ga sih urutannya? I have enlarge pores problem sama tekstur kulit yg ga rata, dan semua produk itu berasa useless :( can u recomend any products? please help :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lova , maaf aku baru balas :)
      hmm, red serum dulu baru red cream .. kamu uda pake brapa lama ?

      hmm, kalau pore besar sebenernya mesti cari dulu faktornya apa. bias dehidrasi, bisa karena clogged.

      yang pasti coba dulu red serum duluan baru red cream ya

      Delete
  46. Hi Adit, aku baca blog nya, informatif banget. Kulit aku kering, dan masalahnya freckles dan acne spot, jadi kalo luka atau kena matahari lasung jd spot2 item. Cuma masih bingung nih, mendingan Red serum ini atau KLAIRS Freshly Juiced Vitamin C Serum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi astrid, makasih ud mampir2 ..
      :)

      hmm, kamu pernah menggunakan vitamin c serum ?

      red serum ini agak lengket. jadi better malam hari aja.
      vitamin c serum juga sebaiknya digunakan malam.

      saranku sih, better red serum. karena vitamin c kadang suka purging. :)
      tapi selalu lakukan patch test dulu ya. takutnya kamu alergi dengan salah satu isi di red serum tsb, soalnya red serum ini kan ekstrak dari tumbuh2an. kadang2 kalau lagi apes, kamu pas alergi dengan ekstraks tsb.

      Delete
    2. Ok adit, aku coba deh yg red serum, makasih ya info nya ๐Ÿ™‚

      Delete
  47. Hi ka adit aku mau tanya produk yg cocok buat kulit berjerawat apa ya udh cobain produk yg alami pun gak ilang2 sampe pasrah..udh ke dokter kulit ilang tp aku stop krn takut ke tergantungan..setelah berehenti malah makin banyakk tolong pencerahannya ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu jenis acne nya spt apa ? apakah jerawat besar2 atau beruntus ?
      saran saya memang sebaiknya kalau jerawaatnya banyak banget, kamu dipandu oleh dokter. kamu di mana kotanya ?
      di jkt untuk dokter jerawat, banyak yang sukses dengan dokter kun ( termasuk saya :) )
      nanti setelah sembuh, baru di maintain dengan skincare.
      cara seperti itu lebih efektif . kecuali jerawatnya ga banyak2 amat. bias langsung dengan skincare

      Delete
  48. Hi kak Adit, serum ini bisa di barengi dengan cosrx one step pimple pads ga ?karna serum ini kan mengandung Niacinamide kak, aku pernah nonton wishtend tv di youtube katanya Niacinamide ga bisa dipake bersamaan dengan Aha/Bha.
    makasih sebelumnya kak :)

    ReplyDelete
  49. Hai Adit, salam kenal....
    Aku kebetulan banget lg cari review about serum-serum"an yg banyak fungsi'nya... Dan aku sebelumnya berkutat dengan cream dokter, dan lumayan lelahhh... Tp memang, harga dan hasil yg d dapatkan itu sesuai dgn hasil'nya.. Dan sekarang aku tekad bulat mao lepas cream dokter, karena lumayan ketergantungan.. Yaaahh, yg nama'nya perawatan kan memang harus terus menerus biar makin clinggg... ����
    Nah, sebenarnya aku udah tau soal Red Serum ini dr temen'ku sendiri. Dan hasil'nya, wowwww bangetttsss....... Dan sekarang setelah baca riview kamu, jadi makintekad mao coba si Red Serum ini.. Kebetulan muka aku tuh normal, kering dan agak kusam aja.. Menurut kamu okey gak yaa..?
    Lalu, kamu pakai si Red Serum yg Cream'nya gak..? Atay hanya si Serum'nya aja...? Dan apakah boleh d campur produk lain'nya, krn aku lg coba laneige jg sih'... Dan, utk pagi j
    hari biasa'nya kamu pakai skincare apa...? Dan utk urutan pemakaian Red serum ini ada saran gak sebaik'nya gimana...?

    Maaf yaaa banyak banget pertanyaan aku, krn jujur aku baru bbrp bulan ini mencoba skincare bgini...
    Terima kasih sebelum'nya adit, atas waktunya...

    ������

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Titis,
      saranku, kamu coba yang serumnya dulu. :)
      kamu jerawatan ga ? kalau jerawatan, hindari cream.
      cukup sampe serum atau essence :)

      kamu saat ini menggunakan skincare apa aja ?
      biar aku coba urut2in :)

      aku sih biasanya red serum aku campur dengan snail essence cosrx.
      hasilnya lebih ok :)

      Delete
    2. Jadi aku tuh kategori baru banegt ke skincare gini, aku udah cova si red serum'nya, skaligus cream'nya krn aku butuh cream jg buat pagi.. heheheee.... Sekarang itu aku pakai :
      1. Body shop cammimole
      2. Thayers Toner'nya
      3. Pixi Glow
      4. Cuka apel
      5. Red serum
      6. Serum white Dew Laneige
      7. Laneige Tone Up Cream utk pagi
      8. Cetaphil

      Nah ad masukan gak dari kamu..? Jd kondisi muka aku tuh lg ad jerawat kecil lumayan beberapa tapi masih tipis dan sudah mengering skrg.. Nah, type kulit'ku itu kering dan gelap.. Aku berharap sech dgn pindah ke skincare aku dapetin hasil seperti aku pakai Cream Dokter.. Ooohhh yaaa, kamu berapa lama terlihat ad hasil lebih bersih kulit wajah'nya waktu pakai Red Serum...? Krn di aku belum muncul perubahan, mkn kudu ekstraa sabar yg lebih yaaa....

      Bantu aku cari solusi yaa... Terima kasih udah mao membalas chat'nya...

      Delete
    3. kurang lebih 2 bulanan titis.

      btw, kamu pake cuka apel aman ?
      soalnya kamu uda pake pixi glow, yang mengandung aha kalo ga salah kan ya ? terus kamu pakein cuka apel, menurutku agak over exfo nanti.

      Delete
  50. Hai Adit, salam kenal ya...
    Baru beberapa bulan ini aku mulai cobain skin care korea krn concern kulit muka aku yg pori2nya besar2 dan punya oily face, terutama T zone.. Sekarang ini aku lg coba cosrx karena baca2 beberapa review katanya ok..
    Regime yg lg aku coba sekarang :
    Pagi : skii facial treatment cleansing oil - neogen fresh foam cleanser atau cosrx low ph good morning gel cleanser - toner bioderma sebium - cosrx aha 7 whitehead liquid - cosrx snail mucin essence - cosrx snail mucin cream - biore uv sunblock - selang 1 jam aku pakein april skin cushion.
    Kalo malam : skii facial treatment cleansing oil - neogen fresh foam cleanser atau cosrx low ph good morning gel cleanser - toner bioderma sebium - cosrx bha blackhead liquid - cosrx snail mucin essence - cosrx snail mucin cream - laneige water sleeping mask/cosrx ultimate honey mask..
    Trus kalo weekend aku pake neogen biopeel yg wine atau lemon, ganti2.. cuma aku pake 1-2x seminggu..
    Kebanyakan ga ya regime nya? Karena aku ngerasa agak time consuming kalo pagi.. apa ada yg bisa digabung yah kalo pagi?
    Trus kalo pagi itu beberapa hari ini aku cek dibagian pipi ada yg ngelupas, apa aku overexfoliate ya? Atau ga cocok AHA nya? Karena pas pake AHA berasa agak perih di kulit sih...
    Rencana pagi mau ganti ke red serum atau ost c20, trus aha nya dipake malam aja setelah bha, menurut adit gimana?
    Trus kalo ost c20 dan red serum, dr adit lebih prefer mana ya?
    Maaf yaa kalo nanyanya kepanjangan.. n thanks sebelumnya ����

    ReplyDelete
  51. Halo kak Adit, aku mau nanya lagi nih

    Untuk penggunaan red serum ini apakah tidak apa2 dibarengin dengan skincare Benton?
    Aloe bha toner, lotion, dan snail essence nya.

    Mohon pencerahannya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      maaf lama balas ..
      hm, red serum gapapa dipake dengan yang lain. tapi .. dia agak lengket . jadi kalau kamu mau, toner aloe dulu .. tunggu 15 menit .. lotionnya apa yang kamu pakai ?
      setelah toner .. baru snail essence.. setelah itu red serum. lotionnya paling belakang. semuanya dijeda2 ya .. 10-15 menit.
      kalau red serum terlalu lengket.. kamu campur 1-2 tetes red serum dengan snail essencenya 1 puff itu gpp. lebih gampang diratakan red serumnya. :)

      Delete
  52. Toner, essence Sama lotion aku pake Benton semua kak hehe.
    Sebenarnya kalo pake skincare di jeda 10 menit dengan yg langsung itu apakah ada efek berbeda kak? Kalo aku biasanya 1 menit aja soalnya keburu telat ngantor kak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha :)
      memang rata2 orang problemnya buru2 sih.. takutnya nanti belum nyerep ke kulit uda ke wipe out sama produk lainnya Laila :)

      Delete
  53. Hai Adit..

    Aku kayak baru menemukan harta karun ni baca blog kamu, thank you banget buat review nya... helps me a lot dan membuat aku jadi pengen ngerawat muka :)

    Mau tanya dong dari sisi kamu tentang red serum dan the ordinary niacinamide? Kulit ku mayan oily bgt, kusem dan area dagu bolak balik jerawatan lebay2 yg keknya cuma minyak doang isinya, whitehead nya kecilllll bener, apalagi menjelang mens, selama ini pake obat dokter E*** tp ya gitu, tiap abis obat nya, mulai lagi begitu... aku udah berhenti hampir 1 taon, udah 3 bulan ini diinfo untuk pake La Roche-Posay Effaclar Duo+ (france), mayan cocok sih, kulit agak halus dikitttttttt, skin tone mulai rata dikitttttt tp jerawat lebay di dagu masih doyan berkunjung, cuma aku tertarik pake serum ni...

    Menurut km better coba the ordinary dulu or red serum? tujuan ku sih biar si jerawat lebay itu ga sering2 berkunjung dan skin tone lebih rata, pori2 kecilan dan ga kusem.

    Thank you Adit.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      wahh makasih uda mampir2 :)

      nah, beda fungsi nya :)
      kalau red serum itu dia lebih ke anti aging.
      kalau niacinamide zinc lebih ke brightening dan zincnya utk mengurangi minyak di wajah.

      kamu bisa pake 2 nya, skip AM/PM.
      jadi pagi niacinamide zinc ( aku tambah 1 puff snail cosrx dicampur ) ,
      malam red serum. :)
      gitu :)

      Delete
  54. Halo kak..
    1. Red serum ini beli dmna ya?
    2. Benton fermentation bs dipakai bareng red serum kah? Kalau bs,urutannya gmn ya?

    Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ..
      red serum di tokped ada :)
      nama sellernya ostindonesia.

      bisa digunakan bareng dengan red serum. tapi essence duluan ya . baru red serum.

      Delete
  55. Hai adit

    Klo red serum ini dipakai bareng sm Trilogy Rosehip Oil, boleh ga sih?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi nia.. saranku better dipisah.. karena red serum agak kentel, oil juga kentel, jadi klo dipake bareng2 jadinya nanti malah gak nyerep di muka :)

      Delete
  56. Kmrn br baca di salah satu beauty blogger, tertulis trilogy rosehip oil itu mengandung vit.c sedangkan td baca diatas kt adit vit c dan niacimide jgn dipake bersamaan krn nnti fungsinya akan saling meniadakan, sedangkan red serum ini ada niacimidenya, sooo am I wrong if i use Trilogy roseship oil and red serum together

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah .. itu juga, niacinamide dan vitamin c ga bagus dipake bareng. kamu pake oil nya malam, pake red serumnya pagi aja nia :)

      Delete
  57. Halo adit, still remember me? Gilaa readermu sekarang banyak bgt, congrats ya, ga heran lah krn tulisanmu enak dibaca dan detill bgt, trs baik bgt mau balasin komen readermu satu2, ttp berkarya dan humble ya. Aku baru aja lulus dan py baby cowok 3,5 bln, sudah kerja lagi, aku tertarik bgt sm red serum, kulitku alhamdulillah much much better dit, smp temen2ku mendaulatku buat wa grup utk konsul soal skin care hihihi. Nah red serum ini dipakai campur sama snail essence cosrx bagus kah? Atau dipisah penggunaannya?terus kalau harganya 215 ribu itu menurutmu ori atau palsu? Aku jd takut salah beli. Btw aku jd pencinta snail bgt gara2 kamu, aku pakai essens dan cream nya, enak bgt lho dit, paginya lembut deh muka

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Renoo .. hahahah .. iya lahh inget ... :)
      wahhh .. gila yakk.. kita ngobrol berarti uda setaunan lalu ya :)

      red serum, sama snail essence sebenernya gak problem dipake bareng. tapi konsistensinya Ren.
      dua2nya agak kentel. kalo dipake ke muka nanti lengket .
      jadi better dipisah sih bagusnya :)

      215 ori . :)
      seriuuss ? hahah .. jadi pingin coba nihhh.

      Delete
    2. Thx balasanny dit, aku baru coba red serum ni, memang lbh enak dipisah pakainya, mudah2an works as they claim ya, dan sesukses dirimu hasilnya.
      Aku ga tahu over apa engga,tp aku pakai essens dan cream snail enak bgt, awalnya essens doang, tp stlh aku pakai cream snail jg rasanya tekstur makin halus, cerah dan glowy. Memang sih jd basah bgt muka, tp paginya jd halus. Mudah2an pakai red serum jd makin kinclong. Udah lama nyari serum kaya antioksidan krn ibaratnya obat utk semua masalah kulit.
      Iya ya hampir setahun ya hehe, aku udh cocok smp cosrx dan klairs kan, jd aku anteng aja fokus nyelesein disertasi aku, skrg aku penasaran lagi krn blm nemu serum yg cocok, maen lagi ke blog mu, biasanya yg cocok di kamu cocok di aku jg, thx for review ya, ttp rajin cobain produk2 ok utk referensi kita2

      Delete
    3. hahaha:)
      siapp ..
      gimana .. uda mulai keliatan hasilnay Ren ?
      merah2 / beruntus ga ?

      Delete
  58. Hi kak adit ,salam kenal ya...
    Aku silent reader setia sejak tahun lalu nih hahaha


    Aku baca-baca artikel ini dan comment sectionnya tapi masih belum nemu jawaban yg tepat/bikin aku yakin meskipun udaudah di mention berkali-kali soal zat eksfoliasi.

    Aku mau nanya, red serum ini boleh dipakai berbarengan sama BHA ga sih?
    Aku ada rencana mau pakai BHA 4% sebagai toner karena kondisi mukaku lagi ancur banget, tapi juga lagi cari serum 'all in one' macem red serum ini. Karena kulitku super duper oily jadi aku takut kalau kebanyakan layering skincare malah bikin kulitku berat/tambah oily (selama ini aku ngelimit produk yg kugunakan maksimal 3 aja, karena kalau lebih dari itu malah berat)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      red serum boleh berbarengan.
      tapi, kalua aku, biasanya aku selang seling, misal red serum senin rabu jumat, bha slasa kamis sabtu, minggu break.
      karena dua duanya kental.
      kalo dipake barengan , malah gak terserap dengan baik :)

      saranku, start dari clear pad aja yang bhanya kecil cuma 1 persen. jangan langsung ke 4 persen nanti kaget kulitmu, purging semua :)

      Delete
  59. Hai kak adit, bertanya...
    Klo menurut kakak, sk ii genoptics spot essence bagus mana sama red serum? Karena concern ku mmng mau hilangkan flek hitam di wajah kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Maria,
      kalau untuk flek dan fleknya dalem banget,
      agak susah.
      kita perlu special treatment seperti : laser, chemical peeling , dll

      tapi in general, membandingkan 2 produk tsb, aku prefer red serum.
      hasilnya lebih keliatan.
      aku pake spot essence gak terllau kelihatan hasilnya.
      tapi red serum ini agak lengket.
      jadi aku lebih sarankan kita pakenya malem aja :)

      Delete
    2. Oooo bgtu kak. Saat ini aku udah pke red serum sama red creamnya kak. Tpi masih ada bekas jerawat dan flek yg g hilang. Mngkn karena dalem itu ya, atau mmng krena btuh bbrpa wktu yg ckup lama? Sk ii berarti oke di ftenya ya kak?

      Delete
    3. hi Maria, maaf aku miss chat mu yang ini. gimana progressnya ? kamu jadi sudah berapa lama pakai red serum ? beberapa yang dalam memang takes time. tapi kamu juga mesti pake uv sunblock, biar menghambat pembentukan melaninnya ..

      Delete

    4. Iya, gpp kak. Aku pke red serum kurang lebih udah 1 tahun kak. Waktu pke mmng kulit jadi glowing dan dbilang sama org2 klo wajahnya lebih oke dari sebelumnya. Aku udah pke sunblock klairs + cushhion missha yg putih buat daily kak, cma krena cushion ku dah mau hbis dan sunblocknya tnggal dkit. Aku berencana mau beli bb cream klairs aja kak. Krena tkutnya cma kerja di ruang ber ac full day, ketnggian spfnya kak. Its oke kah kak jika casenya mmng bgtu ya? Untuk hilangkan bekas jerawat dgn cepat ada caranya kah kak? Hahaha

      Delete
    5. iya mar , gpp koq. hmm, bekas jerawat itu gampang2 susah memang. semakin dalam bekasnya semakin lama hilangnya. aku sih pake whitening intensivenya si history of whoo untuk spot treatment.

      Delete
  60. Hai kak.. red serum ini cocok untuk usia brp si kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Firdia,
      untuk anti aging , kita bisa start dari usia berapa pun :)

      Delete
  61. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  62. ka adit, boleh tanya ya? kan aq baru semingguan ini pake red serum dan red cream, belum terlalu nampak sih hasilx, masih tetep ajah, tp yang bingung kalo utk toner pake merk apa ya kak cocokx?kalo utk pagi aq baru aja beli sunblock free c lotion dr skin&lab juga, tp blum sempat dipake. aq sabunx pake sabun shooting aloe dr herbalife n cocok kak, tinggal tonernya aq bingung enakx pakai produk apa yg cocok. bs tolg rekomendasiin ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) sori baru balas … toner kalo mau yang netral sih , better hydrating toner aja . :) nuxe oke :)
      kalua kamu mau exfo, hmm, saran aku better jangan exfo dulu karena kan kamu baru coba produk baru ya :)

      Delete
  63. Hi kak. Kk combine ost 21.5 dengan serum ini gpp ya kak?? Soalnya kan produk ini mengandung niacinimide, yg katanya penggunaannya ga boleh digabung dengan vit c??

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh , tapi di swap AM PM del.
      missal red serum pagi, malemnya vit c serum

      Delete
  64. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  65. Light treatment in various structures has been around for a long time. Actually, the antiquated Greek specialist, Hippocrates, was known to guide patients on the advantages of light and prescribed that they open themselves to daylight so as to treat different medical issue red light therapy devices

    ReplyDelete