Thursday, October 20, 2016

[Review] O.S.T Vitamin C 21.5 Advanced Serum

Hi all,
mumpung hari ini Adit lagi off , Adit ingin share pengalaman Adit menggunakan O.S.T Vitamin C 21.5 Serum. Ngomong-ngomong soal serum O.S.T ini, Adit yakin banget, pasti kamu korean lovers pernah denger tentang serum yang satu ini. Karena, disamping memang banyak beauty blogger yang mengulas serum ini, berdasarkan beberapa online store korea, O.S.T serum selama beberapa tahun terakhir ini terus menerus menduduki peringkat no.1 sebagai brightening serum terbaik. Oleh karena itu, karena penasaran, akhirnya Adit ikut-ikutan mencoba produk O.S.T tersebut. haha ( judulnya mupeng .. Adit banget )



Sekilas mengenai O.S.T , serum 21.5 merupakan serum generasi kedua dari serum vitamin C keluaran O.S.T. Serum sebelumnya dinamakan C20 . Membandingkan kedua serum tersebut, ada beberapa perbedaan yang mendasar yaitu :

  • Perbedaan angka 20 dan 21.5 menggambarkan persentase kandungan konsentrasi vitamin C yang terkandung di dalam produk tersebut. 
  • Perbedaan lainnya dari 21.5 dan generasi terdahulunya C20 juga terletak pada konsistensinya. C21.5 memiliki konsistensi lebih watery, lebih cepat terserap ke dalam kulit , dan tidak se-lengket C20 yang memang juga lebih viscous. 
  • Pelarut di dalam C21.5 menggunakan ekstrak tanaman sea buckthorn, sedangkan C20 menggunakan water (air) saja. 
  • Tidak hanya itu, C21.5 juga telah mengeliminasi banyak ingredient-ingredient yang dinilai tidak terlalu diperlukan oleh kulit kita, sehingga ingredient listnya lebih pendek daripada C20. Kalau Adit hitung, dari sekitar 30 ingredients yang terkandung di dalam C20, ingredients tersebut kemudian diringkas menjadi hanya sekitar 10 ingredients saja di dalam C21.5 Berikut ingredient list untuk kedua produk tersebut, dan analisanya berdasarkan Cosdna.com 

Kandungan O.S.T Vitamin C20 Serum
Kandungan O.S.T Vitamin C 21.5 Advanced Serum
Melihat perbedaan di atas, sepertinya O.S.T Vitamin C 21.5 benar-benar merupakan upgraded version dari C20. Walaupun demikian, menurut Wishtrend, Vitamin C 21.5 lebih disarankan untuk pengguna C20 yang sudah berhasil mengurangi jerawat dan bekasnya, namun ingin terus memaintain kondisi kulit atau pengguna baru yang kondisi jerawatnya tidak parah. Sedangkan untuk pengguna baru yang kulitnya cenderung memiliki banyak jerawat, Wishtrend menyarankan untuk menggunakan Vitamin C20 terlebih dahulu sebelum akhirnya beralih ke C21.5 apabila kondisi kulitnya sudah membaik.

Ngomong-ngomong soal kemampuan vitamin C dalam mengatasi jerawat , vitamin C ini sebenernya termasuk salah satu exfoliating agent . Yuph! Serum tersebut mengangkat sel-sel kulit mati, sekaligus mengeluarkan kotoran yang ada di dalam pori-pori kita. So, jangan kaget kalau di awal-awal pemakaian , kita mengalami purging terlebih dahulu. "It gets worse before gettin' better". Dulu Adit ngalamin masa purging waktu menggunakan retinoid .. wahh .. sedih banget deh rasanya .. bener-bener semua komedo semuka-muka keluar semua sekali jadi. It felt worse than a nightmare! Sumpah ! Kamu jangan ngebayangin komedo imut kecil kecil kayak pasir , tapi ini komedo komedo yang jauh di dalam kulit yang bentuknya kayak vitamin rambut , keluar semua , sampai akhirnya muka aku kayak lautan acne. Tapi yah, memang setelah itu , di saat kotoran di dalam kulit kita sudah mulai bersih, proses purging nya lambat laun mulai mereda dan kulit menjadi bersih. Biasanya kalau kita sudah pernah purging sekali ( misalnya pada saat menggunakan retinoid, AHA atau BHA , atau vitamin C serum ), agak kecil kemungkinannya untuk purging parah lagi untuk yang kedua kali. So, setelah purging tersebut, frekuensi kemunculan jerawat di mukaku jauh berkurang.

Anyway, balik lagi ke vitamin c serum. Adit dulu pernah coba C20 ( sebelum C21.5 diproduksi), tapi gak lama-lama menggunakannya. Kalau ga salah ingat hanya sekitar 3 minggu . Alasannya, karena gak tahan dengan lengketnya itu padahal menurut saran dari banyak beauty blogger ( termasuk Wishtrend), serum vitamin C harus digunakan langsung pada kulit sebelum produk-produk lainnya. So, kadang-kadang, karena kulit kita lengket, either kita keburu males menggunakan produk lainnya, atau kita paksakan dan kulit jadi ngerasa gak nyaman. Akhirnya setelah 3 minggu pemakaian tersebut, vitamin C20 itu adem nongkrong di dalam kulkas , sampai akhirnya oxidized.

Oh, iya, satu lagi yang kamu harus tau : oksidasi. Kelemahan vitamin C serum produksi O.S.T ini, ( dan juga produk-produk yang mengandung vitamin C secara general, yang tidak menggunakan preservative), adalah , cepat teroksidasi. Oleh karena itu, vitamin C serum memerlukan perhatian khusus, yaitu : disimpan dalam botol kaca berwarna gelap, dan di simpan di dalam kulkas . Hal ini untuk memperlambat proses oksidasi.  Produk yang masih bagus biasanya warna serumnya bening 'agak' sedikit kekuningan. Sedangkan produk yang sudah teroksidasi warnanya 'kuning'. So .. Untuk kamu pengguna serum vitamin C, stop pemakaian di saat kamu melihat serum kamu sudah mulai berubah warna, karena itu artinya serum tersebut sudah mulai rusak. Karena kebutuhan akan 'perhatian khusus' ini, kita gak disarankan untuk membawa serum ini kemana-mana seperti untuk travelling, atau misalnya di simpan di tas gym. Next, Adit akan share hal-hal apa saja yang Adit rasakan dari produk ini ..

What I Feel About This Serum So Far .. 

Haha .. ini yang menarik..
Jadi, saking penasaran ingin tahu seefektif apakah produk ini buat Adit, Adit totally stop menggunakan produk-produk lainnya yang berfungsi untuk menghilangkan noda seperti History of Whoo Intensive Care yang sudah beberapa lama ini menjadi holly grail Adit untuk 'spot department' .( Sebelum Whoo, Adit sempet kepincut sama Laneige, yang sebenernya did amazing di kulitku. Tapi kemudian aku ketemu Whoo , yang jauh lebih efektif bekerja di kulitku :) Tapi kamu jangan ngikutin Adit ya, kalau kamu cocok dengan satu produk jangan ngampang mupeng dengan produk lain. haha  )

So. what i'm feeling about this O.S.T Vitamin C21.5 so far :

  • Penggunaan vitamin C21.5 setiap malam membuat kulitku terlalu kering setelah beberapa hari. Akhirnya aku kurangi jadi 2 hari sekali , masih terlalu kering, akhirnya aku kurangi jadi 3 hari sekali atau 2 hari sekali , tergantung kondisi kulitku. Untuk mengatasi kering-kering ini, akhirnya aku nyontek dari Wisthrend, yang memberi tips mencapur O.S.T serum dengan Klairs soothing serum untuk membuat kulit kering kita terasa moist dan tidak dehidrasi . Bedanya, aku mencampurnya dengan COSRX Snail Essence dengan perbandingan 2 puff snail essence 1 tetes atau 2 tetes O.S.T . Dan hasilnya memang berasa banget, kulit gak terlalu kering pada saat bangun tidur keesokan paginya. 
  • Tapi memang benar, dibandingkan pendahulunya, C21.5 serum lebih cepat terserap ke dalam kulitku. So, pada saat aku akan mengaplikasikan produk lainnya, tidak ada lagi perasaan lengket seperti yang aku alami pada saat menggunakan C20 dulu. 
  • Selang 2 minggu menggunakan C21.5 , komedo-komedo yang uda lama banget ada di mukaku mulai terangkat ke atas, kemudian keluar. Seperti yang kamu lihat di foto di bawah ini, ada beberapa spot di wajahku yang aku tandai dengan lingkaran warna biru muda, itu adalah lokasi dimana komedo-komedo yang sudah cukup lama ada di wajahku mulai terangkat ke atas. Ada juga satu spot lagi di jidat, ga aku foto jidatnya lupa. tapi aku sempat foto komedonya, warnanya agak kehijauan, itu artinya sudah lama banget ada di sana. ( Dan memang uda lama banget sih, ada kali ampir 9 bulan, setiap aku pegang ,ada bump kecil, yang ga hilang-hilang. Gak mempan dengan BHA maupun AHA busyeet keras kepala amat komedonya .. kayak aku .. haha ) Proses ekstraksinya / purgingnya gak ekstrim , cuma beberapa spot di wajah , di daerah yang aku tahu memang ada komedo yang gak hilang-hilang dan susah keluar. I'm happy with this ! 
Lingkaran biru : spot di wajah ku yang komedo nya terangkat ke atas. 


komedo yang terekstraksi setelah beberapa waktu menggunakan Vitamin C21.5 serum 

  • Dari segi brightening, hmm, entah karena kulit aku memang sudah putih, aku gak terlalu melihat efek yang significant dalam hal mencerahkan wajah. Tapi let's see dalam beberapa minggu ke depan . Tapi memang, vitamin C serum ini , membantu menyamarkan noda. Well, namun,  karena ada noda baru sehubungan dengan terekstraksinya komedo komedo ini, noda lama memudar, noda baru muncu. haha jadi keliatan masih bernoda aja mukaku .. . haha .. Akan aku update beberapa minggu lagi ya. 
  • Di samping proses ekstraksi , benefit lainnya yang aku rasakan dari vitamin C serum ini adalah pengecilan pori-pori. Hmm, kalau Adit ngomongin pengecilan pori-pori, kamu jangan ngebayangin pori-poriku bener-bener poreless kayak manekin ya.. Poreless itu gak manusiawi. Sudah lumrah hukumnya manusia itu kulitnya pasti berpori. So, pori-pori ku kalau dilihat , tetep kelihatan aja. Tapi memang aku melihat ada pore tightening effect, setelah beberapa lama ini aku menggunakan O.S.T serum Vitamin C21.5 
So, itulah yang aku rasakan setelah beberapa waktu ini menggunakan O.S.T Vitamin C21.5 Advanced Serum. Hanya di Groom it Like Adit, aku akan terus posting progress update pengalamanku menggunakan O.S.T C21.5 serum ini , hanya untuk kamu ! Bye ! 


55 comments:

  1. Nah produk ini sebenernya udah masuk di wishlist aku kak dari dulu,
    Tipe kulitku sensitif-acne prone, mau nyoba tapi maju-mundur terus sampe sekarang karena aku pernah baca kalo tipe muka sensitif tuh katanya nggak boleh pake vit C ya kak? Atau ada ketentuan lain gitu kah kak?
    Terimakasih sebelumnya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang untuk tipikal kulit sensitif, gak di sarankan menggunakan serum vitamin C dosis tinggi Nina. Tapi setahuku, Klairs , mengeluarkan vitamin C serum yang khusus diformulasikan untuk kulit sensitif. :) Aku juga rencananya sehabis O.S.T ini, mau menggunakan Klairs tersebut.
      Di aku O.S.T ini agak terlalu bikin kering. :(

      Delete
  2. Hmm jadi OST ini di kakak agak bikin kering ya, baiklah kalo gitu aku ambil Klairs aja deh kak hehe
    Makasi tanggapannya ya kak Adit, makin sukses yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. siapp, semoga cocok ya :) keep me updated ya, kira2 gimana respons kulitmu terhadap klairs ini :)

      Delete
  3. Halo Kak Adit, aku Fitri. Jadi ceritanya sekarang masih beginner dalam applying korean skincare dan masih banyak browsing2 tentang do and dont's dalam layering. Ada hal yang aku bingungin nih terutama dalam meng combine skin care. Kondisi kulitku oily, acne-prone, banyak bgt whitehead tapi jarang ada blackhead, dan agak sensitif, cukup banyak juga hyperpigmentation. sekitar sebulan lalu aku memutuskan pake hada labo lotion yang hyaluronic acid (tekstur cair kyk toner itu lho) dan pake klairs vit. c drop buat ngilangin acne scars dan hyperpigmentation, sekarang ada rencana mau pake cosrx aha/bha clarifying toner.

    yg mau aku tanya, apakah gapapa aku menyatukan pemakaian produk hyaluronic acid, vitamin c, dan aha-bha? takutnya ada produk yg malah jadi kurang maksimal bekerjanya akibat pemakaian produk lainnya. Jawaban dan saran Kak Adit akan sangat membantu hehe makasih kaaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fitri, thanks uda mampir2 .. hmm .. aku coba jawab pertanyaan kamu ya :

      hyaluronic acid aman digabung dengan apapun. kalau kamu cek, semua produk korea ada hyaluronic acidnya , baik pada vitamin c serum, maupun produk essence lain seperti snail dll. yang tidak baik digunakan bersamaan adalah AHA BHA konsentrasi tinggi , dengan vitamin C konsentrasi tinggi, karena ketiga produk itu sifatnya exfoliating. jadi kalau kamu pake semua bersamaan , nanti takutnya over exfoliating. kecuali untuk aha/bha toner cosrx yang memang konsentrasi aha bha nya gak tinggi. dan juga vitamin c klairs yang juga konsentrasi vit c nya ga tinggi :)

      Delete
  4. Kak, mau share pengalaman ya.. Aku lagi nyoba OST vitamin C serum yg versi 20. Baru sekitar 2 minggu sih.. Tapi kok gak kayak orang2 aku gak ngerasain sensasi cekit cekit gitu ya.. Katanya awal pemakaian ada tingling sensation. Tapi kok aku gak ngerasain ya? Cuma pas awal make agak anget gitu aja mukaku. FYI, tipe kulitku super oily n acne prone. Dan di kulitku juga gak bikin kering2 amat si serum ini.. Tapi emang jerawat jauh berkurang sih setelah pake OST.. Aku pakenya tiap malem abis cuci muka pake COSRX low Ph cleanser, terus lanjut COSRX aha/bha clarifying toner. Awalnya aku pake setelah toner, tp karena katanya vit C serum works best kalau dipake langsung setelah cleansing, ya aku coba dituker routinenya.. Dan sekarang aku tambahin COSRX snail mucin essence, sama sesekali COSRX ultimate honey overnight mask buat wash off mask.. Btw ada saran gak moisturizer buat kulit oily banget kayak aku gini kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hilga .. :)
      aku menggunakan ost vitamin c serum stingy juga sih .. tapi memang gak semua orang stingy .. mungkin kulitmu sangat tebal .. jadi sensasi stingy nya gak berasa.

      kalau boleh tau, kemu gimana cara menggunakan ost serumnya ?


      jadi, pertama : cosrx low ph cleanser , lalu toner nya. diamkan 10 menit .. lalu gunakan vitamin c serum .. diamkan 25 menit

      jangan gunakan vitamin c baru toner. karena memang stepnya harus cleansing process , baru serum. toner itu termasuk bagian dari cleansing process tsb :)

      untuk kulit oily sebenernya snail mucin dan honey overnight uda pas banget . karena dua produk ini menghydrate kulit :) tidak disarankan menggunakan lotion/ cream karena biasanya kedua produk ini mengandung fatty alcohol, dan kadang mentrigger jerawat :)

      Delete
  5. Hai ka, mau tanya dong, aku pake cosrx snail power essence, masih maju mundur mau tambahin serum vit c ke skincare regime aku, takut malah gak efektif kandungannya, kira2 bisa gak ya snail essence dikombi sm vit c, aku sih lg neglirik klairs vit drop nih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Faey, kulitmu jenis nya apa?
      vit c serum mungkin akan purging dulu tapi. gpp ?
      kalau kamu memang mau pake vit c, vit c nya malam, snailsnya pagi juga bisa. jadi di bikin AM PM.
      karena , vit c harus dijeda 25 menit sebelum rangkaian perawatan selanjutnya. kalau pagi2 takutnya ga ada waktunya.

      Delete
    2. Kulitku oily, klo acne sih gak terlalu over
      Oh lebih bagus bikin am pm aja ya ka? Soalnya aku udah coba klairs vit c sm snail essence cosrx ditumpuk nih, tp kukit kayak jd oily dehidrasi...hikss....

      Delete
    3. oily dehidrasi? kamu pake nya pagi dan malam jadi 2 kali sehari ?
      mungkin terlalu keseringan faey. coba kurangi 2 hari sekali dulu, sampai kulitmu ga dehidrasi lagi. setelah itu, kalau mau stick di 2 hari sekali gpp, kalau kamu mau coba 1 hari sekali pun, cuma malam hari aja . dan siangnya harus pake sunblock. :)

      Delete
  6. Halo kak, nanya dong, aku tuh punya wajah berminyak banget dan jerawatan meskipun gak banyak. Nah masalah nya aku tuh punya bekas jerawat item" di pipi kanan kiri. Setelah baca beberapa review aku pake serum c20 buat memudarkan bekas jerawat, aku pakenya di seluruh muka tiap malem doang , nah setelah sekitar dua mingguan pakai malah di dagu muncul jerawat kecil-kecil banyak, nah terus aku kombin sama Cosrx centella blemish, sempat ilang beberapa hari jerawat nya tapi muncul lagi di bagian dagu doang. Ada saran gak kak?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Doniko, pertama, pastikan c20 kamu belum teroksidasi . warnanya masih agak bening kan ? belum kuning ? kamu selalu masukkan ke kulkas kan ?

      kalau iya.

      yang kamu alami adalah purging, sebenernya di sarankan, menggunakan vitamin c serum itu mulai dari 3 hari sekali dulu. kalau aman, naik ke 2 hari sekali, aku biasanya stay di 2 hari sekali. karena kalau setiap hari, aku irritated dan purgingnya uncontrolled.

      di dagu jerawat kecilnya ada isinya ga ? atau hanya kayak titik2 gitu ?
      karena kalau kamu pake tiap hari lalu kemudian di kulitmu ada kecil2 kayak beruntus, bisa jadi itu irritated bukan jerawat. kecuali ada isi putihnya. gatel ? perih ga kulitnya ?

      saranku gini :

      1. kamu stop vitamin c serumnya dulu. paling enggak seminggu.
      2. kompres kulit mu dengan aloe vera gel. kalau kamu mau, kamu bisa masukkan aloe vera gelnya ke kulkas, jadi setiap dipakai ada rasa ademnya gitu. kamu kerja ? kuliah ? sering di rumah ga ?kalau lagi sering di rumah, gunakan aloe vera gelnya beberapa kali sehari

      3. setelah satu minggu, kamu coba lagi pake vitamin c serum. cara pakainya kamu sudah tau ? normalnya, setelah cuci muka dan toner, sebelum produk lainnya. kamu pake vit c serum, diamkan 20 menit lah kurang lebih . baru kamu pake produk lainnya. kalau kulitmu tergolong sensitif, kamu bisa pake hydrating essence dulu, baru vitamin c serum, untuk meredam kulit dari penyerapan vitamin c secara langsung. di samping itu, vitamin c serumnya juga bisa dicampur dengan hydrating essencenya untuk menurunkan konsentrasi vit cnya. misalnya 1 puff snail essence, 1 tetes vit c ost nya. kamu campur di telapak tangan baru kamu oles ke wajah.

      gunakan vitamin c serumnya mulai dari 3 hari sekali selama 2 minggu. setelah kulitmu adjust, baru naikkan jadi 2 hari sekali . aku biasa keep di sini, 2 hari sekali.

      jangan lupa gunakan sunblock. ( pilih sunblock yang aman untuk kulit sensitif ya. karena seringkali , disaat kita menggunakan aha/bha/vit c serum, lalu kita menggunakan sunblock, lalu jerawatan, kita menyalahkan exfo agent kita. padahal mungkin kita ga cocok dengan sunblock. ** kamu bisa google, banyak kasus orang breakout justru karena sunblock ** )

      kamu jerawatan di dagu ini karena memang sebelumnya rajin jerawatan di dagu apa enggak Don ? kalau memang rajin jerawatan di dagu, itu artinya memang kamu lagi purging proses, dan itu lumrah kalau kamu menggunakan vit C serum ( atau aha bha ) . some says : it gets worse before getting better :) so .. enjoy the process :) .. tapi kalau kamu ga tahan, stop dulu vit c nya , seperti yang tadi aku bilang di atas :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Kalau untuk C20 nya sih belum teroksidasi karna mulai dari pertama udah disimpan di kulkas selalu.
      Jerawat yang di dagu itu jerawat biasa untuk gatel atau perih sama sekali nggak, cuma tiap kali pake serum c20 itu selalu tingling rasanya apalagi kalau udah pakai cosrx centella blemish cream tingling nya makin kuat meskipun sekitar sepuluh menitan udah gak lagi.
      Untuk jerawat di dagu itu awalnya memang sering muncul tapi gak banyak satu-satu doang. Biasanya aku cuci muka, pake toner, c20, terus cosrx centella blemish cream udah gitu aja tiap malam. Kalau serum c20 nya diganti BHA asol untuk ngilangin jerawat nya, terus kalau udah agak baikan baru c20 nya dipakai lagi 2 hari sekali, itu gimana kak? Dan aku tiap hari kerja di dapur jadi minyak diwajah tuh banyak. Terima kasih sarannya kak. Aku Stop dulu pake serum c20 nya.

      Delete
    4. Hi Doniko,
      kalau kamu tiap hari kerja di dapur, kamu harus kurangi frekuensi pake produk, terutama kalau lagi masak. karena kan panas ya ? tendensinya buat akhirnya jadi berjerawat jadi besar kalau kamu pake produknya kebanyakan.

      saranku sih, setiap malam kamu pake aloe vera gel aja dulu. aloe vera gel kan sifatnya soothing . jadi kamu masukkin aloe vera nya ke kulkas. tiap malem kamu gunakan, terutama setelah masak untuk meredakan respons yang di rasakan kulitmu pada saat masak.

      kalau kamu menggunakan vitamin C serum / AHA /BHA, kulitmu akan lebih sensitif keesokannya. Aku rasa, dengan kamu masak, sebaiknya gak menggunakan AHA/BHA atau vitamin C serum untuk mengatasi jerawat. kamu uda pernah coba zymogen? bahan dasarnya fermentasi centella ( untuk krimnya ), dan hyottunia ( untuk serumnya) , karena sifat produk ini ga exfoliating, harusnya lebih aman untuk kamu yang jenis pekerjaannya terekspose panas terus menerus.

      Delete
    5. Hai kak, aku udah Stop pemakaian c20 nya dan jerawat di dagu udah pada ilang tinggal bekas merah" nya. Nah rencana mau kupakai lagi sesuai saran 3 hari sekali. Aku mau tanya lebih baik klairs freshly juiced vitamin drop atau ost 9 to 5 crema untuk mencerahkan soalnya muka ku kusam? Atau ada saran lain? Makasih

      Delete
    6. hi :)
      klairs freshly juiced isinya mirip kayak ost serum, hanya dengan konsentrasi yang lebih rendah . kalau kamu mau cream, antara 2 itu lebih ke ost g to 5 crema sih . tapi kalau aku boleh saran, aku lebih prefer snail benton untuk mencerahkan :)

      Delete
    7. Kak maaf nanya lagi, aku udah 2 minggu lebih Stop pakai serum c20, nah rencananya mau ku pakai lagi terus di kombin sama Cosrx centella blemish cream, ada masalah gak kak kira"? Makasih kak

      Delete
  7. Kakkkk pernah denger ngga ada yg mukanya kering kusam merah kaya orang lg demam/ abis panas2an gitu selama pemakaian c20? bukan yg c 21.5 tapi. Kulitku kaya gitu kaak aneh bgt sampe tmn2 nanya aku sakit apa gimana kok mukanya merah bgt, pdhl aku pake c20 malem doang single use, pagi2nya dicuci dan pake sunblock, kena matahari pun sebentar bgt pas dijalan aja itupun jam 8 pagi mataharinya blm terik. Aku udah coba kurangin pake 2 hari sekali udah coba 3 hari sekali juga. Jadi setiap pagi abis aku nggak pake c20, kulit aku balik normal lagi. Huhu kenapa yaa kak? Apa karna kandungan alkoholnya tinggi bgt ya di c20 ini? Sayaang bgt kan kaak huhu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Leli , kamu pakenya berapa banyak ?

      kemungkinan besar memang karena ethanol nya ( senyawa alkohol ) .
      coba gini . kamu ada essence apa lagi selain c20 ? ada essence snail cosrx ga ? kalau ada , kamu coba campur 1 puff snail cosrx dengan 1-2 tetes c20. tujuannya, untuk dapatkan benefit dari vit c serum, tapi dicampur hyaluronic acid dan snail mucus yang juga bikin kulit lebih kuat dan ga dehydrated.

      Delete
  8. hi dit..nanya dong serum c20 pemakaiannya dicampur sm benton snail essence boleh ga? harus ada jeda dulu apa lgs dicombined aja gpp? thanks b4 dit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi li yen, seharusnya boleh . karena Benton snail ga mengandung niacinamide :)
      tapi kalau dicampur nanti nurunin konsentrasi vitamin c nya . gpp ?

      Delete
    2. jadi sebaiknya cara pemakaiannya gimana dit? minta advicenya dong hehehehe... Thanks dit ^^

      Delete
  9. Hi ka mau tanya. Dulu aku pake perawatan dokter skrg gara2 aloe vera natur republik bikin aku lepas krim dokter. Jd pengguna baru perawatan korea. Hehe. Yg aku mau tanya ka kulit aku skrg berminyak,jerawat tinggal kecil2 dan dikit trus juga komedoan.rencany aku mau beli toner ka antara corsx aha bha clarifying treatment tonertoner / benton aloe vera toner. Menurut kaka aku beli yg mana ya toner untuk di mix sama vit c ini? Trus klo ost vit c ini untuk muka ku yg agak senstif dan komedoan yg c20/c21 ya ka? Aku beli innisfree serum greentea yg aku pake tiap hri boleh g abis pake serum innisfree pake vit c ini? Maaf ka sekali lg tanya klo aloe vera natur republik aku jdiin mousturizer habis pake serum ini boleh? Tolong dijawab ya ka bingung abisany. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi sisi . kamu uda pernah pake vit c serum sebelumnya ?
      soalnya, vitamin c serum cara kerjanya adalah purging dulu biasanya. kalau kamu belum pernah takutnya kamu nanti malah kaget . :)

      hmm, beberapa orang juga kaget dengan toner yang sifatnya exfo seperti aha /bha maupun Benton bha aloe, karena mereka pasti purging dulu.

      saranku, kalau kamu takut purging, coba in zymogen deh. yang houttuynia.

      :)

      vitamin c harus digunakan pada kulit yang belum pake apapun for better absorbed.

      contoh : sabun wajah, toner, first essence, lalu vit c. diemin 20 menit. baru yang lainnya.
      tapi hanya malam hari, dan start dari 3 hari sekali dulu. :)

      Delete
    2. kalau kamu mau pake yang lain lainnya, setelahnya :)

      dan kamu cek di skincare yang kamu gunakan, ada niacinamide ga. karena vit c ga boleh digabung dengan niacinamide. :)

      Delete
    3. This comment has been removed by the author.

      Delete
    4. Hi ka adit. Aku belom pernah pake serum vit c sebelumny ka.liat review di youtube pada saranin pake vit c20 ini untuk bekas jerawat soalny di pipi byk bekas jerawat yg item2 dan agak bolong2 jd pengen bgd ilanging bekasny T.T .
      Purgingny dalam bentuk jerawat keluar2 semua dan beruntusan ka? Brp lama purgingny ya kira2 ._. ? Aku lg pake cetaphil ka untuk facial foam dan tonerny ini ka yg bingung makeny apa untuk jenis muka aku yg sensitif ,oily, komedoan dan ada bekas jerawat. Katany cosrx bagus tp bingung yg mana ._. ..
      Kayany nature republik aloe gda kandungan niacinamide ka jd boleh kan ya dipake sebelum/sesudah vit c ? Soalny jatuh cinta bgd ama aloe verany yg bikin lepas krim dokter hehe.

      Delete
    5. hi Sisi, hmm .. kalau bolong2 ga bisa pake vit c serum sisi. kamu harus ke dokter, biasanya dokter melakukan tindakan. salah satunya dengan PRP . tapi itu pun harus rajin, dan sabar. agak susah memang :) .

      hmm, purging bisa dalam bentuk beruntus kecil atau jerawat.
      berapa lamanya tergantung dari seberapa banyak kotoran yang ada di dalam pori kamu. biasanya start dari beberapa minggu sampai setengah taunan kurang lebih.

      kalau ga ada niacinamide , aman. tapi kalau ada , kamu switch, vit c nya malam ,yang ada niacninamidnya pagi.

      tapi vit c pun jangan sering2 amat. start dari 3 hari sekali dulu ya :)

      Delete
  10. Haloo ka Adit, aku pemula nih soal skincare korea
    Nemu blog ka Adit dan langsung seluncuran baca review2nya hehe
    Keren kaa!!
    Btw sekalian mau tanya ya, kulit aku tuh oily avne prone. Selalu berjerawat setiap PMS, jadi banyak bekas jerawatnya karena doi lama bgt ilang.
    Nah aku mau tanya ka, serum/essence untuk ngilangin bekas jerawat yg cepet (dn bekerja jg buat jerawat aktif) selain C21 ini kaka rekomen apa ya?
    Soalnya aku gamau purging, dlu pernah purging dn sedih bgt akutu :(
    Hehe thanks ya kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi aida. thanks uda mampir2 .. :)
      kalau pakai aha/bha atau vitamin c , kemungkinan besarnya memang pasti purging dulu. terutama kalau kamu banayk kotoran di bawah kulitnya.

      kalau ga pingin purging, untuk menghilangkan bekas, biasanya di micro dermabrasi. :)
      tapi di micro ga boleh pada saat kulit kita sedang beruntusan ya. :)

      Delete
  11. Halo ka, makasih udah jawab.
    Aku sekarang lagi pake cosrx yg pimple pad, dan benarrr dagu aku langsung keluar whitehead2 gtu ga nyantaii haha
    Tapi ka, kalo udh purging dr produk BHA, nanti bakal purging lagi ngga pake produk lain?
    Rencananya aku mau pake red serum 1 bulan setelah ini utk ilangin bekas jerawatnyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi aida.. haha .. iya .. sabar2in ya.
      seharusnya seudah bersih , ga akan purging lagi pake produk lain. :)

      Delete
  12. Oyaaa kaaa 1 lagiii
    Mau nyoba minum vitamin juga, karena aku sadar makanku ngga cukup sehat
    kalo kk biasanya minum suplemen apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku minum nutrimax c plus ( ada vit c dan zinc ) , lalu vitamin D3 dari puritan, dan selenium dari GNC. :)

      Delete
  13. ka mau tanya, bedanya ost 20/21.5 sama c-source dari tiam apa? itu beda perusahaan atau emg bentuk barunya? makasih kaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiam itu apa ya al ?

      ost 20 dan 21.5 itu beda persennya, 21.5 persen vit c nya lbeih tinggi. dan lebih gak lengket .
      perusahaannya sama , cuma memang sekarang under wishtrend seingatku :)

      Delete
  14. Hai kak Adit..
    Seperti biasa sblm membeli skincare pasti mampir kesini dulu (kuliah skincare).. Hahaha
    Kak mau tanya donk, bagusan Vit. C mana sih klo utk efek mencerahkan? Trs dari Masing2 brand itu yg kak Adit rasakan apa utk nilai plus dan minus'nya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lydia :) maaciiyy.. maaf ni baru balas.

      hmm,aku sekarang lagi pakai klairs.
      so far kalau untuk mencerahkan , ada efeknya tapi karena persennya lebih kecil dari ost, jadi vitamin c effectnya ga terlalu strong.
      cuma plusnya, dia ga mesti dimasukkin ke kulkas, dan effek purgingnya lebih minimal.

      kalau ost serum, bagus, tapi purgingnya lebih aktif, dan harus masuk kulkas. jjadi kalau kamu tipenya mobile, agak ribet.

      kamu ada planning mau pakai yang mana ?

      Delete
  15. Halo kak Adit..
    Mau konsul sedikit boleh yah.. hehe
    Tipe kulitku berminyak dan acne prone..
    Aku skrg pakai klairs vitamin c.. untuk jerawat memang ampuh sekali di aku.. tapi untuk efek mencerahkannya sama sekali gak ada.. mukaku super kusam..
    Kak Adit ada rekomen night cream yg untuk mencerahkan kah yg bs dipakai setelah klairs ini?
    Thank you kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Selistia, kamu sudah berapa lama menggunakan klairs vit C ?sebenernya klairs vit C ini ada pasangannya, night mask vit E untuk glow booster . kamu sudah pernah coba ?


      Delete
    2. hi Kak Adit..sudah 4 bulanan kak Adit..
      aku pernah coba night masknya itu dan malah timbul beruntusan gitu kak, jadi aku stop..
      mungkin kakak ada rekomendasi lain?
      terima kasih

      Delete
    3. klo untuk glow lagi, sebenernya ada history of whoo yang seol . itu lumayan bagus sih. cuma, karena bahan dasarnya alam, jadi pelan2 prosesnya :)
      kamu sudah pernah coba ?

      Delete
    4. pernah baca" sih kak.. tapi belum coba..
      hemm.. bagus yaa..
      oke deh nanti aku coba.. siapa tau cocok..hehehe
      thanks a lot kak Adit :)

      Delete
  16. Kak produk ini boleh dipake barengan sama rosehip oil gak? Btw kulit aku normal

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      saranku better kamu selang seling. misalnya senin rabu jumat vit c, selasa kamis sabtu rosehip, minggu off :)
      gitu

      Delete
  17. Hai ka Adit!!
    Abis baca reviewnya dan kebantu banget si! Bahasanya ramah banget dan gampang dimengerti..
    Anywayy ka Adit, boleh minta saran gak?
    Jadii gini, kulit aku tuh tipe oily tapi kering gitu.. hehehe bingung ya?? Jadi maksudnya tuh muka aku berminyak tapi tuh kerasa kering gitu.. sama banyak banget blackhead di idung :( huhu bete banget pengen cepet" ilang.. aku juga pernah cobain si serum yg klairs itu, punya temenku pas ada jerawat hormon, and it works! Tapi ga ada pengaruh apa" buat komedo aku.. wich is my big concern hehe.. kalo boleh minta sarannya, lebih baik pilih c20 atau 21.5 yahh ka? Thanks before yahh!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Stephany :) makasih uda mampir2 ..

      hmm, komedo memang PR ..

      kalau antara c20 dan c21.5 , saranku, dari segi persentase, better start dari yang persennya kecil baru menaik.
      tapi kalau dari segi kekentalan dll, better c21.5

      kamu coba dari yang ada komedonya aja dulu ya :)

      Delete
  18. Hi kak adit. Kak mau nanya dong, aku kan baru lepas dr krim dokter beberapa bulan ini make alpa arbutin the ordinary tapi muka ku kusm bangat kak, trus tipe muka ku kering berjerawat kak. Menurut kk cocok pake serum apa kk buat mencerahkan tp ga buat kering? Makasi kak adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi.. kamu masih pake alpha arbutin ? aku malah cocok banget sama alpha arbutin. kamu pakenya gimana ?

      untuk mencerahkan , secara general pilih yang mengandung niacinamide, arbutine atau vit c. kamu pernah coba ordinary niacinamide ?

      Delete
  19. Kalo buat melasma oke ga ka ? Kalo engga ada saran engga untuk produk khusus buat melasma ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Clarissa.. melasma itu kulit yang ke-abu2an ?
      biasanya itu factor hormonal ya kalo ga salah ?
      aku ga berani jawab clarissa, better dipandu dokter :)

      Delete