Sunday, November 6, 2016

[Beauty Info] Korean Skincare Routines : What is What

Hi all :)
sebelumnya Adit mengucapkan terimakasih untuk kamu semua yang sudah mampir-mampir ke blog Adit. Adit seneng banget kalo blog ini ternyata bermanfaat untuk kamu :) Seneng juga dengan komentar dan pertanyaan dari kalian, semoga jawaban Adit bisa membantu kalian ya :) Ngomong-ngomong soal daily readers, beberapa hari yang lalu, i was surprised , karena yang baca mencapai lebih dari 1000 orang per hari :)

Anyway, beberapa waktu yang lalu, ada beberapa pertanyaan masuk ke comment , yang menanyakan mengenai urutan menggunakan skincare. Memang, urutan menggunakan skincare ini agak bikin bingung, terutama untuk kita-kita yang meng-adopt Korean skincare routines. Saat ini, ada banyak jenis skincare dari berbagai macam brand yang agak ambigu , mulai dari perbedaannya, manfaatnya, sampai penting tidaknya. haha . Kalau kita search di google , ada banyak jenis skincare mulai dari : cleansing oil, scrub, cleansing foam, bar soap, toner, first essence, essence, serum, ampule, gel, cream, eye cream, eye mask, sheet mask, clay mask, eye serum, booster, sun screen, bb cream, cc cream, concealer, dannnnnn masih banyak lagi.

Jujur, kadang-kadang aku agak curiga , mungkin gak ya nama-nama yang beda beda itu sebenernya cuma strategi penjualan aja, biar kita beli banyak ke mereka ? haha. It is possible , right ? .

Namun, sebelum Adit cerita lebih jauh, hal pertama yang ingin Adit share adalah beberapa essential korean skincare yang perlu kamu ketahui. Mungkin Adit gak jelaskan semua detailnya, karena Adit juga ga se-expert itu , tapi, apa yang Adit ketahui , akan aku share di postingan Adit kali ini :) Setelah kita tahu jenis dan kegunaan dari masing-masing skincare tersebut, Adit akan membahas mengenai urutan skincare di postingan yang lain.



What is What

Berdasarkan salah satu blog yang Adit baca, secara rata-rata, ada kurang lebih 4- 15 urutan skin care yang biasa digunakan oleh korean people. Beberapa orang bahkan mempunyai urutan skincare sebanyak 20 skincare ( yang menurut Adit ini wayyyy too much ~ very time consuming annnd too expensive .. kecuali kita gak kerja , tinggal ongkang-ongkang kaki duit dateng sendiri.  haha ).

Nah, skincare tersebut kurang lebih adalah :

  • Cleanser ~ seperti kita ketahui, korean people sebagian besar melakukan double cleansing. Dimana, ada 2 step yang dilakukan dalam membersikan wajah , dimulai dari cleansing oil / cleansing gel / cleansing cream, dilanjutkan dengan cleansing foam. Adit pernah membahas mengenai double cleansing tersebut dan manfaat double cleansing, beberapa waktu yang lalu di sini . Sehubungan dengan double cleansing ini, beberapa beauty blogger kemudian mengembangkan teknik double cleansing ini menjadi lebih advanced dengan cara mencampur cleansing oil dengan scrub wajah. Sehingga, pada saat membersihkan wajah dengan cleansing oil, dengan adanya scrub, sel kulit mati pun lebih terangkat. 
  • Toner ~ tujuan utama dari toner ini adalah untuk rebalance pH level setelah menggunakan pembersih wajah yang agak lebih alkaline untuk mengangkat minyak yang agak asam. Memang, kulit kita dapat me-rebalance pH dengan sendirinya, tapi untuk memastikan rebalancing tersebut terjadi setelah mencuci wajah , sebelum kita menggunakan serum, kita biasanya menggunakan toner ini. pH optimal yang disarankan adalah sekitar 4.5 - 5.5 , yang merupakan kondisi dimana bakteri ( jerawat ) tidak dapat tumbuh , dan juga merupakan kondisi dimana sel kulit meremajakan diri. Disamping itu, toner juga bertugas mengangkat sisa kotoran yang mungkin masih ada di wajah kita. 
  • Essence ~ dari beberapa blog yang aku baca, beberapa orang mengatakan bahwa step ini sebenarnya masih merupakan 'misteri'. Dengan konsistensinya yang agak 'watery' dibandingkan dengan serum maupun ampoules, essence dipercaya mampu masuk ke dalam kulit tanpa membuat kulit kita lengket. Kenapa misteri, karena beberapa berpikir, dengan konsistensinya yang sangat cair tersebut, hanya sedikit zat penting yang dapat dibawa oleh essence masuk ke dalam kulit. Oleh karena itu seringkali essence disebut 'light-weight' serum. Walaupun demikian, banyak beauty blogger percaya bahwa essence ini memang bukan bertugas menutrisi kulit, melainkan mempersiapkan kulit untuk 'more concentrated' fluid , dalam hal ini serum. Menggunakan essence sebelum serum akan membuat kulit kita mampu menyerap lebih banyak zat essential di dalam serum yang kemudian akan kita gunakan. 
  • Serum ~ merupakan skincare dengan kandungan yang diformulasikan untuk dapat mencapai lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga mampu : membuat kulit lebih firm, mengatasi kerutan, membuat wajah lebih bersinar, lebih moist. 
  • Ampoule ~ ampoule sebenarnya mirip dengan serum, namun dengan konsentrasi yang lebih tinggi. 
  • Face Oils ~ jujur aku gak terlalu suka dengan face oils ini, karena beberapa kali aku mencoba menggunakan face oils , dari berbagai macam brand, selalu menyebabkan breakout. Face oils ini berbeda dengan cleansing oil ya :) . Face oils adalah minyak natural ( natural lipids) yang memang diharapkan mampu masuk terserap ke dalam kulit dan menutrisi kulit kita. 
  • Eye cream ~ walaupun beberapa beauty blogger memandang eye cream ini sebagai salah satu 'taktik menjual barang lebih banyak' karena isinya yang sebenarnya sama saja dengan face cream, eye cream ini merupakan salah satu produk yang banyak terjual karena dipercaya mampu menghidrasi daerah sekitar mata , di samping juga mengatasi fine line, saggind dan tired circle. Konon, karena kulit seputar mata lebih tipis, daerah tersebut juga perlu perawatan yang berbeda daripada kulit wajah. 
  • Moisturizer/Lotions/Cream ~merupakan skincare yang bertugas mengunci semua zat penting yang sudah kita aplikasikan di wajah kita. Namun, untuk kulit berjerawat , dan super oily, kita harus extra hati hati dalam memilih moisturizer/lotion/cream ini. 
  • Exfoliator ~ merupakan skicare yang bertujuan untuk 'skin turnover'. In general produk-produk ini mengandung acids seperti AHA, BHA atau vitamin C. Fungsi dari exfoliator adalah untuk membersihkan kotoran di pori-pori kita, mengangkat sel kulit mati, sehingga semua produk yang kita gunakan dapat lebih terserap ke dalam kulit kita. 
  • Sunblocks ~ skincare yang digunakan di siang hari untuk menjaga kulit kita dari pengaruh buruk matahari
  • Extras ~ yang tergolong ke dalam extras di sini antara lain : overnight sleeping masks, peralatan kecantikan, steam facial, sheet mask, bb cream, booster, concealer etc. Dari kesekian banyak extras, yang paling sering digunakan oleh korean people adalah sheet mask. Alasannya, sheet mask berisikan serum dalam jumlah dan konsentrasi yang tinggi, sehingga pada saat menggunakan sheet mask, kulit kita seakan-akan dibanjiri oleh serum. 
Nah, kurang lebih, in general ada 11 jenis skincare yang kita gunakan : fungsinya, dan perbedaannya satu dengan yang lainnya. Kenapa ada orang yang melakukan 20 steps dalam skincare routine mereka? Jawabannya, karena seringkali mereka tidak hanya menggunakan 1 jenis essence , atau serum dan ampul, tapi kadang-kadang lebih. Adit sempat posting beberapa waktu yang lalu, bahwa korean artist menggunakan sampai 5 jenis essence yang berbeda setiap harinya karena mereka percaya bahwa essence yang bermacam-macam tersebut baik untuk kulit mereka. Bagaimana dengan kamu ? Well, kalau sampai 20 jenis setiap pagi atau malam, bisa bisa habis 2-3 jam sendiri hanya untuk skincare routine ya. :) 

Nantikan postingan lainnya hanya di Groom it Like Adit . 

No comments:

Post a Comment