Saturday, November 19, 2016

[Review] Sunscreen Battle : COSRX Aloe Soothing Sun vs Klairs Mid-day Blue Sun

Hi semua,
Adit seneng banget, karena belakangan ini sudah beberapa kali pembaca blog aku tembus 1300 pembaca dalam satu hari :) . Semoga postingan aku bermanfaat untuk semua orang yang membacanya :)

Anyway, beberapa waktu yang lalu ada pertanyaan sehubungan dengan sunblock di comment box. Oleh karena itu, hari ini, postingan Adit mengulas tentang sunblock, in particular, for sensitive skin :)

Mungkin beberapa dari kamu pernah membaca postingan ku, bahwa untuk daily sun protection , aku biasanya menggunakan Klairs BB, kalau aku tidak berencana panas-panasan. Nah, kalau aku berencana panas-panasan, biasanya aku menggunakan sunblock lagi.

Dari kesekian banyak sunblock yang masuk radarku dan pernah aku gunakan antara lain  IOPE, History of Whoo, SK-II , Klairs, COSRX, Sulwhasoo, Laneige, dan Hera. Dari kesekian brand tersebut, beberapa di antaranya mengandung whitening agent ( IOPE, SK-II dan WHOO), beberapa lainnya bersifat waterproof ( Laneige dan Hera sport ), dan beberapa sisanya, memiliki fungsi 'pure' sebagai sunscreen yang memiliki kandungan tambahan berupa 'soothing agent' yaitu : COSRX dan Klairs.

Memiliki sunblock yang mempunyai whitening agent memang untuk beberapa orang, dianggap lebih praktis. Karena itu artinya, kamu gak perlu menggunakan whitening essence, cukup sekali oles, produk yang kamu gunakan mampu melindungi kulitmu dari panas matahari dan juga sekaligus mencerahkan wajah. Kalau Adit, to be honest , aku agak meragukan fungsi whitening agent di dalam sunblock. Karena , sunblock kan digunakan di tahap paling akhir , sedangkan untuk whitening agent agar dapat mencerahkan wajah secara maksimal, whitening agent tersebut harus dioleskan di tahap paling awal, sebelum produk yang lain. Menurut Adit,  whitening agent dapat berfungsi maksimal di dalam sunblock, kalau kamu gak menggunakan apapun lagi setelah toner dan first essence. ( tapi kalau kamu pake toner, first essence, essence 1 , essence 2, cream , booster .. dll .. haha .. whitening agent nya gak akan mencapai kulitmu secara optimal , i guess ) .

Untuk waterproof sunscreen, apabila jenis pekerjaan kamu sering berada di tempat panas yang membuat kamu sering berkeringat, atamu misalnya kita sedang jalan jalan ke pantai, main air, kita memang perlu waterproof sunscreen. Namun demikian, waterproof suncreen agak susah dicuci. So, beberapa orang malah jadi breakout , karena pori-porinya tersumbat akibat cleansing process yang kurang bersih. So, waterproof sunscreen , buat aku pribadi, agak tricky. Oleh karena pertimbangan tersebut tadi, akhirnya aku lebih memilih sunscreen 'tok. Gak perlu ada whitening, dll. Pilihanku jatuh di antara dua product : COSRX Aloe Soothing Sun dan Klairs Mid-day Blue Sun.




COSRX Aloe Soothing Sun Cream SPF 50++ 

Sesuai dengan namanya, produk ini memang di desain dengan menggabungkan khasiat aloe vera dengan sun protection agent. Untuk setiap tubenya, produk ini mengandung 5,500 ppm aloe barbadensis leaf water. Ngomong-ngomong tentang aloe vera, mungkin kamu juga tahu bahwa aloe vera merupakan salah satu herbal ingredient yang paling disukai oleh Cleopatra ? Belakangan aku juga lagi jatuh cinta banget dengan Cosrx Aloe Vera Gel , setelah produk tersebut mampu mengatasi iritasi kulitku yang pada saat itu cukup parah hanya dalam waktu 3 hari saja. Detailnya dapat kamu baca di sini. Berdasarkan pengalaman tersebut, akhirnya aku dig deeper mengenai aloe vera ini, dan berencana untuk menggunakan aloe soothing sun cream as my daily sun protector terutama karena produk ini mengandung SPF 50, jumlah SPF yang perfect untuk outdoor activities. Namun demikian, sebelum aku melangkah lebih jauh, aku cek ingredient listnya di cosdna. Then, it breaks my heart.

Produk ini mengandung alkohol .  Entah apa yang COSRX pikirkan , menggunakan alkohol untuk produk yang didesain untuk kulit sensitif. Walaupun tidak berada di urutan 6 teratas, tapi kurang lebih berada di urutan 11 dari 35 ingredients. Detail COSDNA result dapat kamu lihat di sini. Adanya kandungan alkohol ini jujur membuat Adit ragu-ragu untuk memilih produk ini , karena, i always have a bad relationship with all product containing alcohol. ( kecuali BHA A sol, karena aku menggunakannya right to the spot , bukan sewajah-wajah).

Klairs Mid-day Blue Sun Lotion SPF40++ 

Sekilas kalau kita lihat dari kandungan SPFnya yang 'hanya' 40 , jumlah SPF nya lebih rendah daripada COSRX. Walaupun demikian, produk Klairs ini mengandung Guaiazulene, yang membantu kulit sensitif agar tidak gampang memerah. Selain itu, cosdna results menunjukan hasil yang lebih safe daripada cosrx sun . Detailnya dapat kamu lihat di sini .

Salah satu video yang membuat Adit mupeng dengan produk ini adalah video dari Wishtrend. Di dalam video tersebut, tidak hanya Klairs sun lotion ini mampu menahan panas, namun juga gak membuat wajah berminyak walaupun SPF nya tergolong tinggi. Ini dia videonya.


Products Comparison 

Well, you'll never know unless you try, right? Akhirnya, aku mencoba sample size dari kedua produk tersebut , sebelum memutuskan untuk membeli full sizenya. Dapat kamu lihat di bawah, memang Klairs memiliki shade agak kebiru-biruan dibandingkan dengan COSRX.

COSRX vs Klairs : the color
Apabila dioles, in general , kedua produk ini light-weighted, tidak lengket di kulit, tidak meninggalkan kesan 'tebal' maupun rasa tidak nyaman yang terkadang kita rasakan saat menggunakan sunblock. Walaupun demikian, kalau kita perhatikan, seperti yang juga kita lihat di video wishtrend tersebut, Klairs membuat tone wajah kita terlihat 1 step lebih cerah, sedangkan COSRX tidak. Well, memang mungkin pencahayaan pada saat aku foto juga gak benar-benar persis sama, tapi memang Klairs ini membuat satu tone lebih cerah.

COSRX vs Klairs : when applied
Hal terakhir yang aku rasakan sehubungan dengan sunblock battle antara Cosrx dan Klairs ini adalah, mengenai bagaimana respons kulit ku terhadap kedua produk ini saat kulitku sedang agak sensitif dan agak kemerahan. So, beberapa waktu yang lalu, aku bangun tidur dengan kulit yang agak kemerahan akibat terlalu semangat menggunakan O.S.T serum 21.5 . Akhirnya aku menggunakan COSRX , and it stings really bad! Alih-alih mengurangi kemerahan tersebut, yang ada kulitku makin merah. My guess is, alcohol. So i washed my face, and re-did the skincare application, then i applied Klairs mid-day blue sun. And it soothed my skin a lot.

My Last Note 

Untuk kamu yang kulitnya gak sensitif, menggunakan COSRX maupun Klairs sun sepertinya gak akan terlalu masalah. Dua-duanya juga gak membuat breakout. Namun demikian, sehubungan dengan sensitifnya kulitku, kalau Adit, Klairs is definitely the winner. Next month i'll be on vacation, and this sun protector surely is something that i have to bring. :)

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit ya :)


21 comments:

  1. hi adit, saya tertarik sama klairs sunnya, itu di applynya buat lotion atau bisa di apply di wajah? btw kalo mau beli dimana ya? harganya berapa? makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anne :) thanks sudah mampir2 :)
      hmm, klairs sun ini untuk wajah :)
      digunakan setelah morning routine . kalau cewe biasanya mereka gunakan ini sebagai alas bedak juga :)
      kalau aku gak pake bedak, jadi ini step terakhir. paling kadang2 aku timpa dengan bb cream klairs juga , biar tone ku ga tll pucet :) karena kulit ku agak putih pucet :)

      di IG banyak beauty skincare seller yang jual, tapi kalau aku belinya di tokopedia, karena ada customer protection, jadi kalau barang yang kita beli rusak, atau tidak sesuai, dalam kondisi gak utuh misalnya, kita bisa claim customer protection tsb :)
      seller yang biasa jadi langgananku untuk Klairs namanya : Yesxbeautyshop :)

      Delete
    2. oh iya harganya IDR 270 an, tapi kamu cukup gunakan itu sedikiit banget. Kalau Klairs, kita biasanya gunakan sedikit aja cukup. BB Klairs ku uda setaun ga abis2 , ini baru mau habis lagi sekarang :)

      Delete
  2. Hi Adit.. Aku seneng bgt baca blog km ini. Kebetulan lg cari2 info ttg Klairs dan Cosrx.. utk alternatif pengganti skincare sebelumnya dan aku termasuk org yg sangat selektif dan sangat2 detail dlm semua hal. So pastinya sebelumnya aku hrs tau detail produk, review serta rekomendasi yg sdh pakai.

    Btw sebelumnya aku mau sedikit cerita pengalamanku selama ini ya.. Aku selama ini udh setia pake 1 brand buatan USA selama 8 th an, terhitung mulai Agustus 2008 smp sekarang :) Kl di Asia pusatnya di Singapore, yg mana produk ini harganya lumayan nguras kantong.. huhu..
    Selama aku pake skincareku itu aku juga coba2 beralih ke bbrp produk lain dgn alasan 'pengen nyoba aja'. Dari yg perawatan dokter smp brand anti aging. Dan alhasil berasa ga nendang di mukaku dibanding sm produk andalanku itu, wlp ada bbrp yg oke juga di muka jd moist bgt. Akhirnya aku putuskan aku campur aja dgn skincare ku itu smp sekarang, krn facial wash dan sunscreen nya aku udh jatuh hati banget.
    Bersyukur selama aku coba ini itu wajahku termasuk friendly bgt dan ga pernah ada masalah apa2.

    Nah dari semua brand yg ada di blog km ini aku concern ke 2 brand yg aku sebutin tadi aja ya.. (agak kelamaan kl semua sih :))
    Tp kalo km mau ksh referensi brand lain sih welcome dgn senang hati.. :)
    Concern aku skrg lbh ke anti aging dan glowing, scr aku ga punya masalah apapun di wajah..
    Kyknya produk dr korea skrg jd incaranku..
    Syukur2 kl cocok aku akan beralih selamanya krn konsiderasi harga juga sih..

    Setelah baca bbrp riview kamu, aku jd semakin teracuni nih.. dan apalagi utk sunblock nya yg lumayan tinggi ya.. scr sunblock ku cm SPF 25.

    Btw aku mau tanya yg Adit pake skrg itu dicampur2 atau 1 brand only dr mulai facial wash smp sunblock kah ? Dr 2 brand ini Klairs dan Cosrx mana yg paling juara ya? Kl 2 brand ini dicampur2 oke kah atau cukup 1 brand aja?
    Dan kl kamu ga keberatan, aku butuh masukan juga dr mulai facial wash, toner, day cream, night cream, serum smp sunblock..hehe maklum aku termasuk cewe ribet yg seneng pake semuanya..

    Nah aku rasa segini dulu pertanyaanku, sorry kl terlalu detail ya..:)
    Selebihnya makasih banget2 kl kamu bisa ksh aku masukan :) ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Endara .. maaf baru balas . aku abis liburan :)

      aku campur - campur sih :) . dulu aku pure SK-2 dari sabun muka sampai sunblock. tapi sekarang aku campur2

      utk cosrx dan klairs, hmm bb cream / sunblock aku lebih suka klairs, tapi untuk toner dll, aku lebih suka cosrx :)

      rekomendasi ku :
      1. sabun wajah : klairs ( utk sensitive skin ) , lowph cosrx ( utk troubled skin ) , sk-2 ( normal )
      2. toner : SK-2 ( normal , kalau kamu menggunakan actives, better ambil toner yang gak tll banyak activenya ) , mizon ( AHA / BHA toner - untuk troubled skin )
      3. essence : snail cosrx ( hydrating ) , galactomyces ( brightening ) , Benton snail ( troubled skin ) .
      4. overnight mask : cosrx honey overnight
      5. day cream aku ga menggunakan , aku agak menghindari cream karena mengandung fatty alcohol yang mungkin bikin kulit jadi beruntusan
      6. sebelum bb cream, kamu mungkin bias coba aloe vera oil free cream nya cosrx ( walaupun judulunya cream, tapi ga ada fatty alcoholnya, aman untuk kulit oily ) . aloe vera ini bikin kulit glowy sebelum menggunakan bb cream
      7. bb cream nya klairs . :) kulitmu putih ? kalau putih, aku sarankan kamu campur bb creamnya dengan sun blue lotion klairs , aku sih persentasenya sekitar 40 bb cream, 60 sun blue lotion. karena bb cream ini dia cuma 1 shade. jadi kalau di kulitku agak terlalu coklat. :)
      jadi aku campur biar agak lebih putih dikit :)

      Delete
    2. oh iya, aku lupa, jenis kulitmu jadi apa endara ? yang pasti bukan troubled skin kan ?

      Delete
  3. Waw.. Adit thank you bgt rekomendasinya :)
    Bbrp aku baru coba dan msh campur sm yg lama.
    Next bakal tetep mix jg sih pastinya.
    Aku trmsk putih meskipun ga seputih Adit gt :)
    Kulitku normal kombinasi. Cuma ada sedikit spot flek dalam aja yg susah hilangnya.
    Kyknya mesti ngencengin di serum/essence nya.

    Thanks Adit.. Blog km oke bgt.
    Keep blogging ya spy aku bisa update trs :)

    -

    ReplyDelete
    Replies
    1. h iEndara :) makasihh .. :)
      makasih juga uda mampir2 ke blog ku :)

      aku juga ada spot, tapi memang aku flek dari kelas 5 SD , karena kakekku memang badannya satu badan flek semua, jadi flek ku turunan dari kecil .. :)
      tapi , aku gak terlalu pusing lah .. daripada dipusingin , nti malah stress jadi jerawatan haha :) ** lingkaran setan banget , pikiran versus kesehatan kulit **

      aminn :) keep me updated ya Endara :)

      Delete
  4. Makasih review yang kece banget inii, aku pake misha tapi jadi breakout gitu di area jidat huhu sedih makanya galau mau klairs apa cosrx karena emang klairs dia cuma 40 spf nya dan lebih mahal pula harganya. Tapiii dapet pencerahan habis baca review ini. Thankyousomuch :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Winny :) makasih uda mampir2 :) keep me updated ya apa yang kamu rasakan setelah menggunakan klairs :)

      Delete
  5. hai Adit..
    Aku baru banget nemu blog ini, and I love it.
    Mau cerita sedikit, aku sebelumnya ga pernah pake sunscreen, karna kulit ku sawo matang dan aku ga masalah dengan itu.
    Tapi setelah aku meracuni diri sendiri dengan kepoin yucuber macam Liah Yooo, Joan Kim, Rene, even Morgan, aku terjatuh dalam jurang korean skincare (but I love it <3 hehehe~)
    Sunscreen pertama dalam hidup ku, aku putuskan utk pake cosrx. Aku suka bangeettt sm cosrx, total aku punya 7 macam cosrx saking suka nya >.<
    Tapi ternyataaa.. aku breakout, dan bener-bener parah bruntusannya. Sediiih bangett, karna aku pengen bangeettt jadi salah satu fans nya cosrx sunscreen.
    Aneh nya kalo aku pake di leher, ga ada masalah. Karna aku tipe manusia yang ga tega mubadzir-in sesuatu karna udh dibeli (read: gamau rugi), yaudah aku pake utk protect leher aja, sementara utk wajah aku ganti innisfree yg triple care.
    Ntah apa yg dilakukan si innisfree utk wajah ku, tapi aku ga ngerasain apa-apa selama kurang lebih 2 bulan ini (karena emang fungsi nya cuma buat protect sih ya ^^'). Sampe akhirnya tube innisfree triple care ku yg cuma 15ml hampir abis, aku memutuskan utk beli Klairs, dan... belum gimana-gimana sih, soalnya saat aku nulis ini adalah hari pertama aku pake sunscreen Klairs nya. Hahahhahaaa *digetok*
    Setelah baca ini, aku berharap banget Klairs nya bisa bersahabat dengan kulit ku yg ntah kenapa sekarang jadi sensitif banget, padahal sebelum nya normal to oily yg tangguh :'(
    Btw.. sekali lagi thankyou review nya..
    Sukses terus adit.. ^^/

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Shinta, kamu breakout nya gimana ?
      setelah menggunakan produk apa?

      ok. untuk mempercepat perbaikan kulit, kamu bisa masker aloe vera shin. beli aloe vera di supermarket. trus diaplikasikan ke wajah 1-2 kali sehari

      Delete
    2. raw aloe yg dihalusin gitu ya..?
      oke, langsung meluncur ke jason buat beli aloe yg segede gambreng itu >.<
      karna aku punya sih aloe gel nya Nature republic, tapi ntah kenapa aku ngga ter-wow kayak di review2 para beauty blogger/yutuber, dan bruntusan ku masih belum ilang sampe sekarang (berarti kurang lebih sudah 3 bulan bruntusannya).
      Aku bruntusannya setelah pake sunscreen nya cosrx Dit, pastinya setelah aku pake buat senam di CFD an Sudirman. Pulang-pulang keringetan dan langsung disambut oleh bruntus se jidat, dagu dan pipi. Huhuhuhuuu.. :'(
      Bruntusannya kecil2 dan ada isinya, bahkan di beberapa titik jadi semacam jerawat gede tp ga ada mata nya tp terasa benjolannya (semacam ada isinya gitu).
      Apa aku over exfo?
      Aku pake cosrx pimple pads sehari sekali di malam hari (ga pernah bolong), dan cosrx BHA power liquid diselang seling sm skinfood rice mask wash off.
      Tolong dikasih pencerahannya ya Dit.. :')

      Delete
    3. hi Shinta. nah itu dia malesnya aku kalo olah raga outdoor.
      aku lebih suka pas lagi olah raga kulitku bersih . ga pake sunblock dll. karena sunblock, campur keringet, campur debu, sangat mungkin bikin pore clogging.

      so aku lebih prefer gym aja . :)
      uda pake aloe nya ?

      Delete
    4. Beluuuum dapet aloe nya yaa Tuhan.. :'(
      Di jason deket kantor ga ada, alfamidi deket kos an juga ga ada.. :(
      Bakal berusaha nyari di supermarket lain deh weekend ini.
      Nanti setelah dapet, dan aku udah cobain, langsung aku kabarin ya Dit.
      Wish me luck :')

      Delete
    5. coba di Foodhall, :) kamu di jkt ? aku sih biasa beli di foodhall :)

      Delete
    6. iyah, aku di jakarta (pendatang sih, baru 1 tahunan ini) ^^
      Dan akhirnya beberapa hari lalu jason restock lidah buaya.
      Karna gede, aku langsung kupasin itu lidah buaya nya, trus aku blender pake yg blender kecil (tanpa dikasih air).
      Habis itu aku masukin tupperware, ditutup rapat, taroh kulkas.
      3 hari ini aku make aloe mask nya jadi tinggal nyendok dari tupperware, ringkeeess >.<
      Ntah karna aku habis facial sabtu 5 agustus lalu, atau memang karna aloe mask nya ya.. bruntusan ku berangsur hilang.
      Alhamdulillah aku senaaaang.. :')
      Thanks buat sarannya yaa Dit.. ^.^/

      Delete
    7. hi Shinta :) wahhhh... congratulation ! :) iya sih, aloe vera ini memang juara banget. aku juga tiap hari masker pake aloe vera asli .. :) dan itu bikin kulit makin bagus hari demi hari , asal dirutinin ..

      tetep rajin pake aloe ya shin :)

      Delete
  6. apakah sunblock ini ada whitecast di kulit ? soalnya tone warna kulit saya agak gelap jadi susah banget cari sunblock yang pas, pake yang physical sunscreen rata2 whitecast di wajah dan jadi malu pakainya, pake yang chemical rata2 tidak whitecast tapi wajah jadi berminyak banget, untuk cosrx dan klairs ini gimana ya ? ada whitecastnya kah ?

    ReplyDelete
  7. Mainkan Game Judi Kartu Online Uang Asli Menguntungkan Hanya Di Janji99 !!!
    Chat Kami sekarang DISINI !!!

    ReplyDelete