Wednesday, November 16, 2016

[Review] Missha The First Treatment Essence - Intensive (Second Edition)

Hi semua, beberapa hari ni Adit absen buka blog, karena lagi agak ga enak badan. :(
Tapi kebetulan hari ini Adit agak senggang, aku ingin share sedikit mengenai salah satu product yang uda cukup lama masuk radar aku : Missha The First Treatment Essence.

Untuk kamu yang gak terlalu familiar dengan produk ini, Missha the First Treatment Essence (FTE), merupakan salah satu produk yang banyak digemari masyarakat pencinta first essence, karena , disamping harganya yang jauh lebih affordable, ada banyak beauty blogger di luar sana yang membandingkan Missha FTE ini dengan SK-II FTE, dan sebagian besar bilang bahwa Missha FTE does a lot better. Mengenai harganya yang jauh lebih affordable, Adit setuju. Karena harga Missha, untuk satu botol yang volumenya sama, hanya kurang lebih 30-40% dari harga SK-II. Jadi memang harganya jauh lebih murah. Walaupun demikian, pada saat kita membeli skincare, tentu gak cuma harganya doank yang kita lihat, tapi : mutu dan safety-nya juga harus kita perhatikan.  So, di postingan Adit kali ini, disamping review produk, Adit juga akan sedikit membahas lebih detail mengenai Missha ingredient , dan perkembangannya sampai hari ini before we jump to the conclusion.



Missha FTE Evolution 

Nah, lain halnya dengan SK-II yang cukup konsisten dari segi ingredientnya , Missha FTE yang paling akhir diluncurkan merupakan FTE 3rd generation : MOIST. Sedangkan Missha FTE generasi kedua dinamakan : INTENSIVE. ( yang generasi pertama hanya Missha FTE saja ) . Nah, apabila biasanya generasi generasi yang datang setelah generasi sebelumnya memiliki penambahan ingredient, untuk Missha FTE ini, mereka justru menghilangkan beberapa ingredient yang ada di generasi sebelumnya.

Berdasarkan salah satu beauty blog yang paling aku suka : Fifty Shades of Snails, Missha melakukan reformulasi , antara generasi pertama dengan generasi ke dua, dengan menghilangkan Licorice root extract dan juga mengubah proporsi dan kuantiti dari plants extract. ( info detailnya ada di Reddit Forum ). Padahal, Licorice ini merupakan zat pencerah yang efektif dalam menghilangkan pigmentasi seperti noda jerawat, dll.  Disamping licorice, juga produk second generation ini tidak mengandung chamomile, yang baik untuk meredakan alergi / inflamasi. So, dikarenakan pengurangan ingredient itulah,  pada saat itu akhirnya banyak beauty blogger yang meraguan efektifitas Missha FTE generasi 2 ( intensive ) . Walaupun demikian, ada beberap beauty blogger lain yang mencoba Missha Intensive dan kemudian  menulis review , bahwa generasi 2 ini , sama bagusnya dengan generasi 1 . Salah satunya, kamu dapat baca : di sini.

Namun, yang lucunya lagi, Missha kemudian mengeluarkan generasi ke-3, yang dinamakan MOIST, dengan menghilangkan banyak ingredient yang sebelumnya adai di generasi ke 2. Penghilangan ingredientnya dapat dikatakan cukup ekstreme . Salah satu forum di reddit ramai membicarakan betapa mungkin Missha salah langkah, karena telah menghilangkan : hyaluronic acid, trehalose, betaine, raffinoe, dan bahkan menghilangkan adenosine. Kemudian, Missha menaikan WATER sebagai ingredient yang ketiga terbanyak . ( sedih ) . Who gonna pay hundreds of thousands for 150 ml of WATER ? Mengenai hal ini, Adit pribadi sudah kirim email ke official missha email, menanyakan klarifikasi mereka mengenai berkurangnya ingredient di 3rd gen, tapi belum dapat balasan. Aku akan post update once balasan aku terima ya :)


Singkat kata, sepertinya , berdasarkan pertimbangan di atas, akhirnya Adit memiih untuk mencoba Missha FTE 2nd Generation (INTENSIVE), karena sepertinya MOIST is not an option anymore.

UNPACKAGING MY MISSHA FTE INTENSIVE 

After long battle in my mind , and my heart, of how i'm gonna live my life without SK-II FTE, last month, i finally decided to give this Missha FTE a chance. I've been using SK-II FTE for almost 8 years now, and never even in a day i live my life without. Tapi, setelah aku baca banyak blog, hampir semua Missha FTE lover , sebelumnya adalah SK-II FTE lover. Mereka semua berkata bahwa Missha jauh lebih efektif, baik dari segi mencerahkan, anti-aging, and moisturizing. Berhubung SK-II ku sudah habis, akhirnya aku menggunakan moment ini untuk mencoba menggunakan Missha FTE.

My Empty Bottle of SK-II FTE ~ Bye ( For Now ) SK-II
Seperti yang kamu lihat di foto di bawah ini, di samping box nya yang silvery dan berkesan mahal, Missha juga sepertinya memiliki komitmen untuk menjaga originalitas dan higienitas dari produk yang mereka produksikan. Dimulai dari :

  • sticker berlogo Missha yang ada di box 
  • tanggal manufaktur dan tanggal kadaluarsa di print baik di box maupun di botol 
  • cap dari botolnya juga sealed ( gambar di tengah ) 
  • cap tutup botolnya ga bisa dibuka sama sekali

Nah ini yang menarik, jadi biasanya kan Adit suka buka cap tutup botolnya, karena untuk first essence biasanya aku suka pindahkan ke botol 'mist' , menurut aku lebih praktis menggunakan first essence menggunakan botol mist, langsung semprot ke muka. Dengan demikian, gak ada first essence yang hilang terserap di telapak tangan. Tapi ternyata, cap tutup botolnya ga bisa dibuka sama sekali. Awalnya aku jengkel. Tapi setelah aku pikir-pikir, itu artinya, Missha ingin menjaga originalitas dari cairan di botol tersebut. Kalau cap botolnya bisa dibuka, tentu kalau ada pihak yang jahil, mereka bisa saja mengganti isi botol tersebut dengan isi yang lain. Dengan tidak dapat dibukanya cap tersebut, maka originalitas dari produk tersebut tetap terjaga.

Unpackaging my Missha FTE Intensive

Missha FTE Ingredients

Lain halnya dengan SK-II FTE ingredients yang hanya memiliki 1 ingredient utama yaitu Pitera, Missha FTE memiliki banyak essential ingredients di dalam 1 botolnya. Well, to be honest, basically i would prefer to use a product with a shorter list of ingredients. Itu juga salah satu alasannya kenapa aku gak berani move on dari SK-II  FTE.

COSDNA results for SK-II FTE
Namun, setelah banyak review yang sangat positif mengenai Missha , bahkan beberapa di antara mereka berani bersumpah bahwa Missha can do miracles in a single night , well agak lebai sih, tapi bener, mereka bilang beberapa problem kulit yang mereka alami seperti rosacea, dan kemerahan iritasi kulit, significantly reduce in a night, akhirnya aku memutuskan untuk mencoba Missha FTE . Berikut cosdna results untuk Missha FTE intensive.

COSDNA results for Missha FTE Intensive
Jujur aku akui, pertama kali Adit melihat ingredient list ini, aku sempat khawatir, karena banyak dari ingredient tersebut yang gak aku kenal sama sekali seperti misalnya : hydrolyzed corn starch, atau amaranthus caudatus seed extract, piper methysticum extract .. dll .. So, maju mundur maju mundur, takutnya, setelah beli ternyata gak cocok. Tapi, setelah aku pikir-pikir, karena di COSDNA semuanya skala 1 dari 9 untuk safety, dan no alarming ingredient untuk acne trigger potential maupun irritant, akhirnya aku memutuskan beli. Buka whatsapp, chat mbak Fiki dari IG : @Parashoplovers  , tada ... Missha ku sampai di rumah. Well, that's the point of me no turning back to SK-II, moving on to Missha FTE for now.

Results so far 

PROS 

Salah satu hal yang aku notice banget di awal-awal pemakaian Missha FTE Intensive ini adalah : kulitku terlihat lebih lembut, teksturnya lebih bagus. Well, agak susah memang kalau di foto karena aku hanya menggunakan kamera dari handphone , jadi gak dapat mengcapture perubahan kulit dari segi tekstur. Kalau aku lihat dari ingredient listnya, sepertinya main contributor dari segi menghaluskan  kulit adalah : small portion of acetic acid dan lactic acid. Keduanya adalah golongan AHA. Sejumlah besar konsentrasi AHA dalam satu produk biasanya berfungsi sebagai exfoliator, sedangkan sejumlah kecil AHA biasanya berfungsi untuk menghaluskan kulit. Seperti kamu lihat di atas, Acetic acid dan lactic acid berada di beberapa urutan yang agak ke bawah. itu artinya, konsentrasinya kecil sekali dibandingkan ingredient di atasnya.

Hal kedua yang aku rasakan , adalah moisturizing effect dari produk ini. Lain halnya dengan SK-II, pada saat aku mengaplikasikan Missha FTE ke kulit, ada instant moist effect yang aku rasakan. Mungkin untuk kamu yang juga menggunakan Missha FTE, kamu pun merasakan hal yang sama (?). Aku rasa main contributor untuk moisturizing ini adalah sodium hyaluronate ( yang sayangnya dihilangkan di Missha 3rd gen - MOIST ) . Membandingkan dengan SK-II, sodium hyaluronate untuk SK-II ada di produk terpisah yaitu : Repair C-serum. Yang artinya, kamu harus membeli dua produk SK-II untuk mendapatkan hasil seperti yang diberikan oleh satu produk Missha. Well, itung-itungan sempoaku , dari segi untung rugi, tentu lebih menguntungkan menggunakan Missha FTE.

Hal yang kemudian aku rasakan belakangan adalah, berkurangnya intensitas iritasi kulitku. Kalau dulu aku suka tiba tiba iritasi tanpa alasan yang jelas, kulit memerah, bengkak, atau kadang kering, setelah aku menggunakan Missha FTE ini, somehow it really calms my skin down. Ini aneh sih. Sampai minggu lalu aku hampir setiap hari minum air kelapa 2 batok. Dan sekarang, sudah hampir seminggu aku ga minum air kelapa hijau, dan kulitku masih adem adem aja. So, mengacu pada beberapa comment dari beauty blogger yang masalah rosacea / iritasi kulitnya teratasi oleh Missha FTE ini, i think it also happens on me .

Yang terakhir adalah dari segi mencerahkan. Kembali, karena kulitku dasarnya memang putih, agak susah juga kalau mau bilang kulitku makin putih / makin bright. So, untuk putih / bright ini memang bukan sesuatu yang aku kejar. Yang penting sehat. Dan aku gak terlalu notice sampai beberapa waktu yang lalu managerku bilang : " Dit, kulitmu koq jadi makin bersih?"

After 2 weeks of using Missha FTE Intensive

Cons 

Well, terlepas dari hal baik yang aku rasakan pada Missha FTE ini, ada satu hal yang masuk kategori cons. 3-4 hari yang lalu aku breakout parah, di pipi kiri dan kanan, dan di hidung. ( aku akan posting mengenai breakout , dan hal hal yang aku lakukan , tunggu postingan ku ya. :) ) . Nah, biasanya menggunakan SK-II, aku kompres daerah yang breakoutnya, lalu merah breakoutnya berangsur menghilang. Nah, dengan Missha ini, kelihatannya, kalau lukanya gak terbuka ( hanya bumps saja), Missha mampu mengurangi kemerahan tersebut. Tapi kalau lukanya sudah terbuka, malah makin merah. Lagi-lagi mungkin karena produk ini mengandung AHA. AHA tidak boleh digunakan pada luka terbuka. Analoginya mirip dengan mengompres cuka ke luka terbuka. Jadi, aku coba kompres, lukanya kecil, tapi merahnya melebar , seperti di gambar di bawah ini.


So, karena jerawatku sifatnya hanya occasional, sebenernya kompres mengompres ini memang gak sering sering amat. Walaupun demikian, sepertinya untuk mengompres luka, SK-II lebih pas, karena hanya mengandung Pitera saja, tanpa AHA.

Nantikan postingan adit mengenai breakout dalam minggu ini ya :) hanya di Groom it Like Adit.





6 comments:

  1. Hai kak Adit! Jadi kalo satu botol missha ini habis, kak adit bakal repurchase missha lagi atau balik ke SK II? ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Leli :)
      kalau dilihat dari segi harga, sebenernya lebih menarik Missha Lel :) 1 botol SK-2 sama dengan 2-3 botol Missha. :) so, aku akan lebih pilih missha. Tapi, missha ga terlalu bisa utk kompres kompres jerawat. jadi aku akan tetap punya SK-2 paling gak utk kompres jerawat nya :)

      Delete
    2. Hai salam kenal kak Adit. Maaf numpang lapak, aku kmrn beli Missha di althea 429.600, jika temen2 ada yang berminat bs kontak aku ya, soalnya sdh terlanjur beli yg lain. masih new in box. makasih sebelumnya Kak adit :)) ada facial wash missha juga sih. feel free to contact me yaaa.

      Delete
  2. Berarti lebih bagusan yg missha generasi pertama ya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hanna, banyak yang bilang demikian. yang kedua juga tapi masih bagus koq. yang terakhir ini , yang generasi ke 3 , yang menurutku sangat disayangkan, kenapa mereka koq menghilangkan banyak ingredient penting di dalam produk mereka. :)

      Delete
  3. Halo Adit apa kabar? Setelah sekian lama sibuk sendiri akhirnya aku blogwalking kesini, aku jg baru mau pakai missha FTE krn bbrp hari lalu keluar bbro cystic acne dan peer bgt bekasnya, trs aku telat baca blogmu, jd aku beli yg 3rd Moist 😭. Toner aku kan Klairs supple preparation toner, teksturnya lebih kental drpd Missha FTE, sebaiknya aku pakai Missha ini sebelum atau sesudah Klairs ya?

    ReplyDelete