Thursday, November 3, 2016

[Spotlight] SK-II Cleansing Department

Hi all :)
berhubung beberapa waktu yang lalu ada yang nanya produk apa sih yang aku gunakan sehubungan dengan cleansing department, akhirnya hari ini Adit posting : SK-II jawabannya. Hmm, walaupun saat ini aku lagi coba-coba produk lain, tapi paling tidak, sampai 2 minggu-an yang lalu, aku menggunakan SK-II.

Yuph, salah satu produk yang setia menemani Adit selama kurang lebih 9 tahun adalah SK-II. Walaupun, sudah beberapa tahun terakhir ini, Adit beralih ke Korean skincare untuk serum atau essencenya, atau sunblock dan cc creamnya , karena setelah aku telusuri lebih jauh, ternyata banyak korean product yang , disamping harganya lebih affordable, juga ternyata memberikan hasil yang sama atau bahkan lebih baik dari SK-II ini. Namun demikian, sehubungan dengan cleansing department, SK-II really got me :) .


Sehubungan dengan cleansing, SK-II mengeluarkan beberapa varian produk , yaitu :

  • Facial treatment cleansing oil
  • Facial treatment cleansing gel 
  • Facial treatment gentle cleanser
  • Facial treatment clear lotion
Walaupun ada 4 produk, sebenarnya kita gak harus menggunakan kesemua produk tersebut. Seperti misalnya, kalau kamu menganut double cleansing, cukup pilih salah satu antara cleansing oil atau cleansing gel. Aku pernah menggunakan cleansing oil, dan pernah posting mengenai cleansing oil tersebut di sini . Berdasarkan beberapa rekomendasi dari pakar-pakar SK-II, cleansing oil baik untuk kamu yang less likely to have acne, sedangkan gel untuk kita-kita yang relatively prone to acne / sensitive skin. Alasannya, karena SK-II cleansing oil mengandung isoprophyl palmitate , yang , berdasarkan cosdna memiliki rating 4 out of 5 untuk acne trigger potency ( cosdna review klik di sini ). Sedangkan SK-II cleansing gel, tidak memiliki ingredient yang berpotensi untuk menyebabkan acne ( cosnda review klik di sini ). Berdasarkan hal tersebut, akhirnya setelah satu botol cleansing oilku habis, aku pindah ke cleansing gel-nya, karena menurutku kenapa harus kita menggunakan produk yang mungkin menyebabkan jerawat. 

Kalau kamu tidak menganut double cleansing, kamu dapat skip cleansing oil / cleansing gel, dan menggunakan gentle cleanser untuk mencuci wajah. This product is one of my holly grail product so far. Somehow, aku pernah menggunakan enzyme facial wash ( Tosowoong dan Lee Ji Ham ~ Lee Ji Ham is the best , tapi susah carinya. Aku harus beli ke Korea langsung, effort banget .  Aku akan review menyusul ), juga facial wash yang lain seperti Shiseido, Sulwhasoo, Whoo, Bioderma, dan Erha, tapi somehow all these stuffs lead my way back to SK-II gentle cleanser ini. Sekarang aku sedang menggunakan Klairs gentle cleanser. We'll see apakah akhirnya Klairs yang menjadi 'the one' ( karena Klairs gentle cleanser saat ini konon katanya the best cleanser di Korea versi wishtrend ), atau aku balik lagi ke SK-II . Review menyusul ya :)  Mungkin nanti aku juga akan buat posting khusus mengenai facial wash, comparing all the product that i've tried so far. 

Setelah menggunakan gentle cleanser , step terakhir dari pembersihan wajah adalah toner. SK-II memiliki toner, yang dinamakan clear lotion. Kalau kamu rajin blog walking, kamu pasti ngeh bahwa produk ini bener-bener either you like it or you hate it  banget. Kalau kamu cocok dengan clear lotion ini, muka kamu akan jadi cerah, bersih , jerawat berkurang , dan banyak benefit lainnya . Sedangkan kalau kamu gak cocok, banyak yang akhirnya muka kusam, beruntusan, dll. Awalnya aku agak bingung kenapa bisa demikian. Karena kalau kita lihat di cosdna, tidak ada rating yang extreme baik dari segi acne trigger maupun irritability, ( kamu dapat lihat di sini ) Namun setelah aku telaah lebih jauh, di dalam clear lotion ini, terdapat 4 jenis acid : citric, lactic, malic dan salicylic acid. Salicylic acid adalah BHA, sedangkan citric, lactic, dan malic acid adalah jenis-jenis AHA. Beberapa beauty blogger berkata seharusnya SK-II tidak menggunakan lactic acid, karena lactic acid termasuk salah satu variant ingredient yang dihindari di dalam korean beauty product. Mungkin ini yang membuat beberapa orang tidak cocok ? Mungkin. 

Anyway, adanya ke-empat jenis acid di dalam clear lotion itu artinya, clear lotion juga merupaan AHA/BHA toner, namun dalam jumlah yang kecil, karena ditempatkan di urutan paling akhir dari list. Beberapa blogger membandingkannya dengan COSRX maupun MIZON dan mengatakan bahwa kandungan AHA dan BHA dalam SK-II sangatlah kecil sehingga, sama sekali tidak memberikan efek apapun pada kulit. Tapi, who knows, karena tingkat acceptance kulit seseorang terhadap jenis ingredient dan produk sangatlah variatif. Yang artinya, kandungan yang mungkin tidak memberikan efek significant ke kamu, belum tentu juga memberikan efek tidak significant ke orang lain. 

Why I Choose These Products over The Others 

Ok, kita masuk ke bagian yang menarik. Alasannya kenapa aku suka SK-II cleansing products sebenarnya sangat simple. Dari semua cleansing products yang available di pasar, setahuku, hanya SK-II yang saat ini mempunyai cleansing product yang mengandung fermented ingredients. ( nama populernya adalah Pitera ) Aku biasa beli di online shop, ukuran kecil-kecil 6-10 buah, karena praktis untuk dibawa-bawa. Satu aku simpan di kamar mandi, satu aku simpan di tas gym, satu aku simpan di tas kantor , jadi kalau lembur biasanya jam 5-6 gitu aku cuci muka dulu biar ga jerawatan . haha. 

Somehow, fermented ingredient work wells on my skin. Itu alasan pertama dan terutama. Tapi, yah, memang harganya itu yang membuat aku akhirnya coba sana coba sini, dalam rangka mencari produk yang lebih affordable, yang kualitasnya paling tidak sama bagusnya dengan SK-II cleansing products. Seperti saat ini misalnya, SK-II cleansing gel dan gentle cleanser-ku sudah habis. Kemarin akhirnya aku hunting-hunting, kira-kira mau coba produk apa untuk menggantikan cleansing gel, so far akhirnya aku coba Clean it Zero yang original variant, ada satu dan lain hal yang akhirnya membuatku memutuskan untuk mencoba Clean it Zero original ini. Review menyusul ya. 

My Fullsize Facial Treatment Clear Lotion

Facial Treatment Gentle Cleanser  ~ Sample size

Should You Use The Products ? 

Nah, ini juga menarik. Jujur aku ga berani merekomendasikan SK-II ke siapapun. Karena , SK-II ini kalau cocok, cocok banget, kalau gak cocok, ga cocok banget. Aku jadi ingat awal mulanya kenapa aku menggunakan SK-II. Dulu awalnya , mamaku yang pertama menggunakan SK-II. Tapi kemudian ga cocok sama sekali. Yang mamaku rasakan waktu itu adalah, kulitnya menjadi kusam, dan tidak ada efek meremajakan kulit sama sekali. Akhirnya mama ganti produk, menggunakan Etude moistfull. Eh, malah cocok. Waktu itu, SK-II nya sayang ga digunakan, akhirnya aku coba. Dan cocok. Beberapa review yang aku baca di banyak forum pun juga demikian. Ada yang malah beruntusan, ada yang jadi bagus banget. I'm not really certain of how it works like that . Tapi mungkin yah gara-gara lactic acid tadi. 

Di samping cocok-cocokannya ini, hal lainnya adalah harganya yang pricey. So, kalau misalkan kamu saat ini uda cocok dengan salah satu produk cleanser dengan harga yang gak terlalu mahal, saran aku, stick with that. Karena, tujuan penggunaan cleanser adalah membersihkan wajah, mengangkat kotoran sebelum akhirnya kita menggunakan essence, cream maupun produk lainnya. So, kalau ada budget lebih, better digunakan untuk membeli essence , atau serum misalnya.  

So, saat ini sehubungan dengan cleansing department, hanya tinggal SK-II clear lotion yang aku gunakan. Yang lainnya, sedang coba-coba produk lain. :). We'll see apakah aku akan kembali ke
SK-II atau tidak. Nantikan reviewnya hanya di Groom it Like Adit :) 

My Empty Jar of Facial Treatment Cleansing Gel



No comments:

Post a Comment