Wednesday, November 23, 2016

[Spotlight] Snail Essence Products Battle : COSRX Advanced Snail 96 vs Benton Snail Bee High Content

Hi All,
mungkin ada beberapa di antara kalian yang sempat membaca di beberapa postingan Adit sebelumnya bahwa i'm a fan of snail mucin :). It's been a year now since the first day that i start using snail essence . Previously i used the essence and cream, but lately i decided to use only the essence. :) Alasannya, karena essence lebih cepat menyerap dan aku ngerasa ga perlu menggunakan essence dan cream dengan bahan dasar yang sama karena benefitnya sama saja.

So, ngomong-ngomong soal snail essence, saat ini ada beberapa produk yang cukup populer di 'snail' department , yaitu : Mizon, Benton , Missha, dan Cosrx. terlempas dari harganya, yang menurut Adit sih relatif sama untuk keempat brand tersebut, ada 2 produk yang really caught my attention : Benton dan Cosrx. Kenapa gak Mizon, aku pernah menggunakan snail eye cream skitar hampir 2 tahun yang lalu, tapi gak efektif di aku. Kenapa gak Missha, karena dari sekian banyak beauty blogger, semua setuju, persentase konsentrasi snail mucin di dalam missa snail terlalu kecil. So, banyak yang menyangsikan keefektifan dari produk tersebut. So, akhirnya aku hanya fokus pada Benton dan Cosrx.



Untuk kamu yang mungkin gak familiar dengan Benton, sebenernya brand Benton sudah ada beberapa taun sebelum Cosrx muncul. Namun, popularitas Benton sempat turun drastis pada tahun 2014, karena pada saat itu ada produk Benton, in particular, snail productnya, terkontaminasi. Untuk lebih detailnya, kamu dapat google. So, pada saat itu, Benton menyerukan kepada semua pengguna produk tersebut, apabila ada produk yang mereka gunakan, yang terkontaminasi. Benton akan mengganti dengan produk yang baru, dengan uang ganti juga , kalau ga salah ingat 5 kali lipat. Namun demikian, masalah yang sebenarnya pada saat itu adalah, produk yang terkontaminasi tersebut menyebabkan pengguna produk mengalami jerawat besar-besar dan parah. Setelah mereka cek, di dalam botol yang mereka gunakan, ada cairan menggumpal berwarna coklat / hijau tua. Berdasarkan hal tersebut, Adit sempat menghindari produk Benton , dan baru sekarang-sekarang ini Adit mulai berpikir untuk mencoba produk tersebut. :)

Lain halnya dengan Benton, Cosrx merupakan salah satu brand yang tergolong 'cukup muda'. Namun demikian, brand Cosrx ini cukup populer sejak awal mula launching. Alasannya, karena dedikasi brand tersebut terhadap kulit bermasalah dan sensitif. Mereka mengeliminasi semua zat yang dianggap 'less important' dan membuat ingredient list yang singkat, sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi, alergi, yang mungkin disebabkan oleh zat yang tidak terlalu penting tersebut. Mungkin kamu juga tahu bahwa Adit juga termasuk salah seorang pengguna setia Cosrx. Ada banyak produk Cosrx yang sudah pernah aku gunakan, salah satunya adalah Snail Essence ini.

COSRX Advanced Snail 96 Essence 


To be honest, i really love the product. Given all the consistency that this product has, my skin actually absorbs the product in almost no time. Beberapa benefit yang aku rasakan adalah : hydration, skin texture maintenance, dan apabila digunakan secara teratur, produk ini mampu mengurangi tampilan fine lines. So it's actually a great product. Another thing to note is, this product does not have any negative effect on my skin : no breakout, no purging, no pore clogging, easy to wash, no irritation. Seperti yang dapat kamu lihat di gambar di bawah ini, Cosrx mengeliminasi : paraben, ethanol, surfactant, fragrance, colorance, and some other not-so important stuffs. Di samping juga kandungan snail mucinnya yang 96%, menjadikan produk ini sebagai produk dengan konsentrasi snail tertinggi yang beredar di pasaran.

Disamping beberapa benefit di atas, hal lain yang membuat aku merasa nyaman dan aman menggunakan Cosrx adalah Cosdna results, yang, totally safe, seperti yang terlihat di gambar di bawah ini. Dapat kamu lihat di bawah , Cosdna menunjukkan bahwa Cosrx Snail essence aman digunakan.


However, as i continuously do the blog walking, read all the reviews from the other beauty bloggers, .. banyak yang bilang bahwa mereka merasakan hasil yang jauh lebih significant pada saat menggunakan Benton Snail Bee High Content. So, walaupun aku cukup puas dengan Cosrx Advanced Snail 96 ini, akhirnya aku jadi penasaran dnegan Benton Snail Bee High content. Dari situ, akhirnya investigasi ku di mulai :)

Benton Snail Bee High Content 

Lain halnya dengan Cosrx Snail Essence, yang hanya mengandung Snail mucin sebagai komponen utamanya, Benton Snail Bee High Content memiliki komponen utama lain yaitu : bee venom. I'm not really sure how beneficial the bee venom is to our skin, however, since most of the bee products are beneficial in increasing the skin protection, i assume that this bee venom also has similar benefit with propolis / honey. Selain bee venom, ada beberapa kandungan tambahan lainnya , yang sebenarnya tidak dapat diabaikan seperti : EGF ( epidermal growth factor ) , adenosine dan arbutin. EGF merupakan salah satu zat yang berfungsi untuk mempercepat perbaikan sel kulit kita, sehingga bekas luka, bekas jerawat, bekas alergi, semua lebih cepat sembuh. Sedangkan Adenosine dan arbutine merupakan zat yang berfungsi sebagai anti-aging dan whitening agent.



So, apabila kita melihat deskripsi di atas, sepertinya this benton snail bee high content is very promising. Lalu bagaimana dengan Cosdna result untuk produk ini ?


So, dapat kamu lihat di atas, ingredient list dari produk Benton ini, jauh lebih panjang daripada Cosrx. Apabila kita melihat pada 10-15 urutan pertama, setelah Snail secretion, yang berada di urutan ke dua adalah Aloe vera extract. Selain itu, produk ini juga mengandung peptide, salah satu anti aging agent yang cukup banyak digunakan di pasaran. Apabila sekilas kita lihat dari safety, irritability and acne trigger potency, despite the longer ingredient list, sepertinya produk ini tetap relatively aman untuk digunakan.

Nah, namun demikian, ada hal yang agak aneh, yang Adit temukan pada saat aku membaca review pengguna produk Benton ini di forum Reddit. It's either your skin loves it, or hates it. So, beberapa di antaranya merasakan benefit yang significant, sedangkan beberapa lainnya malah menyebabkan purging dan breakout cukup parah. Awalnya aku pikir ini related dengan contaminated issue beberapa waktu yang lalu. Waktu itu Adit pikir, jangan-jangan, masih ada produk yang terkontaminasi yang beredar di pasaran. ( so, berdasarkan informasi yang aku dapat di forum, yang terkontaminasi 'seharusnya' hanya produk tahun 2014 , yang artinya kalau tanggal manufacture nya 2015 / 2016 , harusnya aman ) . Beberapa pengguna Benton snail bee yang kemudian mengalami break out akhirnya sementara ini menyimpulkan bahwa mereka mungkin tidak cocok dengan bee venomnya. Mungkin alergi dengan jenis madu / produk lebah tertentu yang akhirnya memicu jerawat yang sebenarnya adalah reaksi alergi.

Akhirnya, aku coba trace back ingredient yang ada di dalam Benton product tersebut , dan aku menemukan ada satu ekstraksi tumbuh-tubuhan  : Salic Alba Bark Extract ( nama lainnya Willow Bark Extract ). Ekstraksi tumbuh-tumbuhan ini mengandung natural salicylic acid ( BHA ). Walaupun BHA ini  (normalnya) menguntungkan untuk kulit kita, ada beberapa kondisi yang akhirnya malah membuat adverse effect pada kulit kita , antara lain :

  • kita alergi terhadap BHA. Berbicara mengenai alergi, sebenernya ga musti BHA saja, setiap zat yang ada di ingredient list, apabila kita gak cocok dan tubuh kita menolak zat tersebut, hal ini dapat menyebabkan reaksi alergi. Untuk mengetahuinya : coba kamu bandingkan ingredient list dari produk-produk yang pernah kamu gunakan, yang memicu iritasi / alergi / jerawat . Lalu kamu write down ingredient-ingredient yang sama. Itu artinya, mungkin ingredient tersebut yang menyebabkan adverse reaction tersebut. 
  • Kamu tidak menggunakan sunblock dengan kandungan SPF yang cukup. Mengekspose kulit kita kepada BHA / AHA ( atau vitamin c serum ) mengharuskan kita untuk menggunakan sunblock, karena kulit kita menjadi sensitif terhadap matahari. Kalau kita tidak menggunakan sunblock yang baik, pada saat kulit kita terpapar matahari, kulit kita akan memerah, dan (sangat mungkin) iritasi. 
  • Untuk beberapa orang, ( termasuk Adit ), frekuensi  penggunaan produk yang mengandung BHA atau AHA, adalah 2 hari, maksimum. Kalau kamu gak notice produk ini mengandung BHA, kamu mungkin akan menggunakan produk ini pagi-malam, setiap hari. Hal ini akan menyebabkan kulitmu overly exfoliated, sehingga kulit menjadi semakin tipis dan sensitif. 
  • Hal lain yang sangat mungkin terjadi adalah, kamu sudah menggunakan produk lain yang juga mengandung AHA/BHA, tapi kamu juga menggunakan produk ini, yang sama-sama mengandung BHA. Misalkan kamu menggunakan Benton Aloe BHA toner yang sudah mengandung BHA, lalu kamu menggunakan Cosrx AHA atau BHA power liquid, dengan pencuci wajah yang juga mengandung AHA atau BHA, sekarang kemudian kamu tambahkan Benton snail bee yang juga mengandung BHA. This can potentially be a disaster. Kamu melukai kulitmu dengan mengeksfoliasi kulit secara berlebihan. 
Berdasarkan hal tersebut di atas, sebenarnya, Adit jadi curiga, jangan-jangan, orang-orang yang gak cocok dengan Benton Snail Bee di forum Reddit, mereka gak aware bahwa produk ini mengandung BHA. 

Notes  

Berdasarkan semua pertimbangan di atas, bahwa saat ini Adit menggunakan beberapa produk toner / essence / serum yang mengandung AHA/BHA/vitamin C,   Adit memutuskan untuk tidak menggunakan Benton Snail Bee High Content, karena tidak ingin over exfoliating my skin. So i'll  stick with Cosrx Advanced Snail 96. 


Untuk kamu yang juga menggunakan produk yang mengandung AHA/BHA/ vitamin C serum, you might also need to consider in avoiding additional exfoliating agents. :) Selain itu, selalu rajin menggunakan sunblock. For our case, i think Cosrx Advanced Snail 96 is less risky.

Nah, apabila kamu tetap penasaran dengan produk Benton ini, ada baiknya mungkin either kamu coba sample size nya, atau kamu menggunakan Benton Snail Bee High Content Mask , yang isinya kurang lebih sama dengan essencenya :)

So, nantikan bahasan lainnya hanya di Groom it Like Adit.

227 comments:

  1. Awalnya aku ga yakin cosrx snail ini sebagus itu, aku pernah pakai snail gel dr brand lain, biasa aja hasilnya dit, aku jd bosen sendiri pakainya, kmrn aku dpt sampel cosrx snail, iseng aku coba pakai aja sebelum tidur, eh paginya kok kulitku spt lebih halus ya, lebih lembab dan segar, aku combine sm cosrx honey juga sih, tp ditambah snail jd lbh bagus lagi, i think you right adit, pantes kamu suka bgt sm essence ini, aku jd pgn tahu efek jangka waktu panjangnya, aku akan beli share in bottle nya dulu, thx for inspiring 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Reno :)
      nah, aku juga ngerasa seperti itu :) lebih moist , tapi bukan berminyak kan ya :)

      aku uda abis 2 botol pake snail essence ini :) dan aku suka. :)

      good luck reno :) semoga makin hari makin cocok aminnn

      Delete
  2. Aamiin...YRA... Thx dit, mudah2an beneran cocok, sdh lama cari produk anti aging yg bisa melembabkan tanpa bikin jerawatan, pakai cosrx enak bgt, aku ga purging, ga breakout, kulit muka semakin halus dan segar, tinggal ditelatenin 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn :) hehe .. iya nih aku juga jatuh cinta sama si snail ini :)

      Delete
  3. kak .. jd gini. wajah ku tu lg jerawatan dan pengen ngilangin komedo. awalnya aku pengen coba cosrx blackhead ama benton snail. tp aku takut purging pkek benton. kalo semisal cosrx blackhead digabung ama cosrx snail aman gag ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Aisyah, aku menggunakan benton snail, dan so far sama skali gak purging sih.

      malah, sebenernya yang mungkin bikin purging COSRX blackhead power liquid, karena mengandung konsentrasi BHA agak tinggi.

      kamu uda pakai cosrx blackhead ? atau baru akan pakai ?

      Delete
    2. Masih mau .. hhe. Jadi aku g usah pkek cosrx yg blackhead ya kak. Menurut kk adit enaknya pkek benton snail apa cosrx ya .. ??? pengen fokus ke ngilangin jerawat plus bekas nya..

      Delete
    3. hmm, Benton aja dulu :)

      dan bha a sol, tapi untuk bha a solnya, hanya kamu titik kan ke puncak jerawat aktif nya. malam hari aja. :)

      Delete
    4. hai kak adit, kalo pake cosrx power liquid malam hari trus pake cosrx snail mucin bisa ga ? aku tunggu sekitar 20 menit dulu sebelum pake snail. makasih kak ^^

      Delete
  4. halo adit...mau tanya nih cara baca tabel yg di cosdna itu gimana ya? soalnya kan dalam warna bulatannya ada kuning, hijau dan didalamnya juga ada angkanya. ada juga yg angka tp warna merah.

    would you like to teach us?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eva .. hijau artinya good to go .. skala safety nya aman. kalau kuning, moderate, kalau merah alarming. kuning, untuk sebagian orang mungkin gak cocok. hijau rata2 cocok ( kecuali yang alergi terhadap zat tersebut, which is sifatnya perorangan ). Merah, hmm.. hati2 banget. karena mungkin sebagian besar orang gak cocok.

      gitu :)

      Delete
  5. Kalo urutannya gmna ya? Aku baru pake Secret Key STE sama benton yg aloe skintoner sama benton essense.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anggi, kamu maksudnya pake aloe bha toner ya ?
      hmm.. kamu sambil di rasa2 ya, jerawatan ga pake aloe bha toner itu.

      hmm. caranya , ertama toner dulu, baru STE .. lalu terakhir benton essence :)

      Delete
  6. Hai kak adit,aku fans kakk loh hehehe. Aku suka banget baca skincare review dari kk. Jelasinny pake bahasa yg mudah aku ngerti, ga berbelit belit dan enak aja mnrut aku. Lanjut trus y kak ngeriview skincareny. Oh ya y kak btw aku mau nanya nih. Kulit aku itu oily trus dulu tu pernah jerwtn, nah skrg jrwatny paling muncul 2-3 menjelang pms. Trus ada bekas jerwat yg item gitu kak. Nah skrg aku lagi pake cosrx low ph cleanser, toner ny aku pke viva green ea (soalny udh cocok dr dulu kak. Heheh? Trus aku pake secret key ste. Nah rencananya aku mau skinlab red serum sama cosrx snail ini kak. Mnurut kak produk mana yg harus aku coba dulu? Atau kkak ada rekmendasi produk yg kira2 cocok buat kulit aku ga kak? Mksih kak sblumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Inanda :) wahhh .. makasihhh uda sering mampir2 :)

      hehe ..

      hmm.. untuk jenis kulitmu, kelihatannya jerawatnya sudah membaik ya :) ,

      red serum, dia punya fungsi memudarkan noda ..
      snail cosrx, lebih ke hydratingnya yang aku rasa..
      jadi tergantung kamu kebutuhannya lebih ke hydrating atau ke pigmentasi .. kalau pigmen, aku sarankan red serum. nah.. tapi red serum ini, dia agak lama nyerap ke kulitnya.. jadi kalau aku sih, aku campur red serum 1-2 tetes, cosrx snail 1 puff .. lebih enak ke kulit nya .. cosrx snail bikin red serumnya cepet terserap :)

      sementara ini aku rasa 2 produk tersebut cocok untuk kulit kamu..

      kabari aku kalau kamu jadi coba produk tsb ya.. keep me updated gimana hasilnya :)

      Delete
    2. Iy bakalan sering mampir kak. Smgat buat nulis trus ya kak :) mungkin aku bakalan cba 2 produk itu kak. Okee kak, nanti aku bakalan update gmn hasilny k aku. Love u kak adit ❤

      Delete
  7. Hai kak ! Aku masih bingung nih mau nyoba2 si produk benton snail bee ini. Wajah aku tuh kombinasi berminyak bagian T zone dan normal bahkan suka kering dibagian pipi juga bruntusan terutama bgt itu dijidat ganggu bgt :( apakah produk benton ini bisa ngurangin bruntusan ? Kalo bisa, aku pake produk benton yg mana aja yah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Bella, kalau boleh tau umur mu berapa ?
      jadi kalau aku simpulkan, kulitmu kombinasi ekstrim ? sebenernya kalau kulit kita beruntusan, itu bisa macem2. bisa karena alergi, karena memang itu whitehead, atau karena iritasi. biasanya kalau whitehead, dipencet keluar putih2 dan keluarnya sedikit2 lama2 banyak. kalau alergi / iritasi, biasanya dipencet ga keluar apa apa, kadang2 cuma bening gitu, dan sekali jadi banyak keluarnya.

      kalau whitehead, mau ga mau kita mesti dikeluarkan dengan cara : either facial, atau, menggunakan exfo-agent : aha, bha. misalnya. tapi yah, nanti purging dulu.
      kalau alergi / iritasi, biasanya kita pake salep steriod , atau aloe vera lama lama kempes sendiri.

      nah, untuk tahu apakah beruntusnya itu whitehead atau alergi / iritasi, sebaiknya kamu dipandu dokter. :)

      benton snail sifatnya lebih ke maintenance. kalau beruntusmu karena alergi / iritasi, dia bisa membantu soothe karena ada aloe vera , di samping juga memang snail dia accelerate healing. tapi kalau whitehead, gak bisa . kamu ttp perlu aha / bha agent utk mengeluarkan isi sebumnya.

      Delete
  8. Hai Aditx Suka banget sama review kamu.
    Aku mau tanya nih, Benton bisa menghilangkan milia di atas kelopak mata gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nazmi.. Thanks ud mampir2 :)
      Milia ga bs pake skin care Mi. Musti di laser biasanya

      Delete
  9. Hai Kak please kasih saran ...
    Mau tanya, kulitku sekarang ada beruntusan di kening dan hanya beberapa titik aja di bagian wajah. aku ga tau masalah nya dari mana, ini produk yg sebelumnya aku pake :
    1. The face shop Rice bright cleansing oil
    2. Etude house house baking powder pore cleansing foam
    3. Cosrx bha power liquid (2x seminggu)
    4. Cosrx Aha power liquid (2x seminggu)
    5. Corsx Snail Mucin essence
    6. Cosrx Aloe vera moisture cream
    7. Laneige Sleeping mask (3x seminggu)

    aku pikir gara2 Cosrx Aha power liquid jadi beruntusan, soalnya itu produk paling baru yang aku pake, sebelumnya ga ada masalah. kira2 pake apa ya buat hilangin beruntusan ?
    dan rencana nya aku mau pake toner mulai skrg, benton Aloe bha toner bagus ga kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. nany, untuk memastikan produk mana yang bikin alergi, kamu harus trial. misalnya : stop aha power liquid sama sekali, yang lainnya tetap . kalau tidak ada beruntus baru, berarti firm bahwa aha yang bikin beruntusannya.

      kamu uda pake bha power liquid, saranku , jangan pake bha product lain. nanti over exfo. utk tonernya, pilih yang hydrating atau calming aja, misalnya : centella toner.

      Delete
    2. Thanks kak udah jawab :)
      Aku udah stop aha dan bha skrg, dan beruntusan nya masih blm hilang. Kalo misalnya aku ga akan pake aha bha power liquid lagi, utk eksploitasi kulit nya cukup pake aha bha toner sehari 2x kah? Dan utk hilangin beruntusan pake ost c21.5 bagus ga ya kak?

      Delete
    3. beruntusannya gak hilang, tapi nambah gak ? kalau gak nambah, it is a good sign juga :)

      hmm, c21.5 itu juga pasti purging dulu lowh.
      memang kalau mau pori bersih, pasti kotoran dalam porinya dikeluarkan dulu. :)

      stop aha /bha gak serta merta langsung beruntusannya hilang. kamu mesti nunggu 2-4 minggu gak pake aha bha product, utk memastikan apakah kamu memang gak cocok dengan aha bha atau karena faktor lain. misalnya, gula, stress level, hormon dll..

      Delete
  10. kayanya ga nambah sih kak, tp ada beruntusan yg jadi jerawat:(
    ok berarti aku stop dan tunggu sampe sebulanan kali ya.
    purging gpp kak asal baikan aja beruntusan ku. hehe
    kalo misalnya memang gara2 Aha bha, kira2 utk expo kulit aku harus pake produk apa ya kak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya :)
      untuk exfo , sementara ini, kamu sbnrnya bisa ttp coba bha product tapi yang persentasenya lebih kecil Ny. ada beberapa orang memang yang ga kuat kulitnya dengan exfo konsentrasi tinggi :)

      Delete
    2. oh gitu yaa~
      ada saran produk aha bha dengan konsentrasi rendah utk expo kak ?

      Delete
    3. sebenernya produk aha bha yang konsentrasinya rendah adalah SK-2 gentle clear lotion. tapi ga semua cocok. aku sih cocok tapi

      Delete
    4. ok kak, makasih banyak saran nya dicoba deh kak :)

      Delete
  11. oh iya kak sebenernya aku pake Bha power liquid udh 3 bulan dan ga ada masalah, tp setelah aku pake Aha power liquid dan Etude house baking powder pore cleasing foam jadi beruntusan, apa mgkin gara2 cleansing foam ya kak ? yg ini udah aku stop, rekomen cleansing foam yg cocok buat aku apa ya ?

    makasih ~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, coba aja stop aha dan etude. stop juga bha power liquid. nanti setelah sebulan, pake lagi bha nya aja.

      cleansing : yang gentle : klairs gentle. utk exfo : low ph cosrx. tapi cukup 1 kali sehari kalau kamu sensitif kulitnya. bbrp bilang : body shop aloe juga bagus. aku ga pake cleansing nya, tapi aku pake gelnya enak. :)

      Delete
    2. ok deh kak, aku stop dulu :)
      dan aku mau coba yg klairs gentle kayanya kak, thanks recommend nya :)
      kalo OST C21.5 sifat nya expo ga ? soalnya aku udah terlanjur beli itu~
      kulitku oily combi kak , jadi utk toner nya kira2 lebih cocok yg mengandung aha bha atau yg calming hydrating ? tp aku ada pake Cosrx aloe vera gel yg dulu kak adit saranin.
      maaf kak banyak tanya, masih bingung jg hehe :)

      Delete
    3. ost 21.5 sifatnya exfo juga :)
      kalau uda terlanjur beli, kamu pakenya sebagai spot treatment aja dulu, di oles di puncak jerawat. gitu :)

      sementara ini fokus ke calming aja dulu. :)

      Delete
    4. kalo gitu yg beruntusan di biarin aja kak ?
      kalo jerawat cuma 1-2 sih..
      yg calming berarti centela toner itu kan yaa~~

      Delete
  12. Haii kak.. salam kenal
    Gak tau kenapa sampe kejebak di blog kak adit ini. Gara-gara cuman mau nyari review buat nyoba benton Snail Bee High Content, dan ketagihan baca semua yang ada di blog ini huahahaha... mantappp sekali banyak informasi yang aku dapet. Pokoknya gak nyesellah baca semuanya sampe komennya aku bacain wkwkwk...

    Sebenernya aku juga mau ikutan nanya nih kak. Sekaligus saran"anya. Aku udah make skincare sk-ii udah setahun lebih dan pengen nyoba skincare lain yang lebih hemat ahahhaha. Dan mau nyoba ke benton sekarang ini sih masih pake sk-ii dan nambah benton yang aloe bha. Nah, sempet ngalamin bruntus sih dikit gara" pake benton aloe bha ini tapi alhamdulillah udah membaik. Udah mau hampir sebulan jadi mau nambah yang benton yang snail bee high content. Karena berhubung sudah meracun (?) Sama kak adit dengan cosrx'a ahahha... jadi pengen sih beralih ke cosrx. Dan sekarang aku lagi bimbang nih kak mau beli benton snail bee high content apa cosrx Advanced Snail 96 TT,TT kira" saran dong kak.

    Oya kulit aku tipe oily skin...
    Duh maaf ya kak jadi curhat. Abis baca komenannya jadi pengen curhat juga dan kakak kayanya banyak sekali pengetahuan di ranah ini. Jadi apasalahnya yaakan nanya wkkwkw... makasih kak adit sebelumnya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lamiyah , :) makasih loh uda mampir2 .. :)

      nah, kegalauan kamu itu sama dengan kegalauan aku. walhasil, aku pake dua duanya sekarang . hahaha :)
      karena masing2 punya kelebihannya sendiri2 . aku ngerasa benton itu refreshing banget, ditambah bikin luka2 kulit soothe semua. sedangkan cosrx , bikin hydrate banget. jadi aku ga bisa milih, akhirnya aku pake aja dua2nya sekalian. hahaha

      hmmm, gapapa koq curhat :) jadi aku juga jelas kamu tipe kulitnya spt apa ..
      in general sebenernya snail product less likely menyebabkan purging. so, untuk oily skin, benton ataupun cosrx snail , dua2 nya aman. kalau kamu pingin hydrate, cosrx, kalau kamu pingin soothe, benton.

      benton bha aloe kamu purging karena memang mengandung bha nya jadi bikin semua isi pori keangkat keatas.

      tapi uda lewat purging dengan bha aloe nya ?

      kamu masih pake sk2 apanya ? FTE , gentle cleanser gitu ?

      tapi kamu pake sunblock kan ? pake bha toner itu wajib pake sunblock lowh.

      Delete
    2. Huaaaa... makasih kak,
      Jadi dua"a di pake gak papa ya kak... okeh dehh. Bakalan di coba benton sama cosrx'a.


      Purging aku lumayan udah redah sih kak tapi kadang masih suka timbul klo kelamaan di bawah sinar matahari, timbulnya gak banyak sih...
      Aku pake sunblock kok kak.

      Humm... sk-ii yang aku pake clear lotion, FTE, sama rna powder. Nahh... aku mau ganti sk-ii nih kak, walaupun agak gak rela gitu cuman gak ramah dikantong mahasiswi macem aku TT,TT dan pengen berpaling ke produk yang lain yang lebih ramah kantong dan hasilnya nampol wkwkwk... (kalo bisa direkomendasiin sih sama kak adit wkwkkw...) selama setahun aku make sk-ii gak ada perubahan yang wow banget sih, cuman mukaku lumayan lebih keurus sih wkwkwk dan yang bikin aku suka ngontrol minyak banget. Dan aku juga baru tau kalo yang bikin nyerahin muka aku tuh si clear lotionnya. Taunya pas baca" di blog kakak lho ahahaha...

      Oyaaa kak... sebenernya klo kita make double essence atau lebih boleh gak sih? Apa gimana sebaiknya??

      Dan juga masa aku mulai ngelirik si cosrx nih kak wkwkwk... kalo di liat harganya sih masih mampulah yaa... ahahha >,< tapi aku gak tau mau mulai dari yang mana si cosrx ini takut" salah beli... sarannya kak :))

      Makasih lho kak sebelumnya...

      Delete
    3. hi Lamiyah , kamu menggunakan RNA powder gpp tapi ?
      kalau yang tend to acne prone sebaiknya jgn sering2 pake powder .. :)

      kalau double essence boleh banget koq .. soalnya aku juga sama, aku pake hyaluronate dan snail. :)

      tapi pastikan essence yang kamu pake sesuai kondisi kulit, dan gak saling bertabrakan. contoh : yang mengandung niacinamide ga cocok di barengi vitamin c karena efeknya nanti saling meniadakan :)

      Delete
    4. Aku pake rna powder gak kenapa" kak... emangnya kenapa kak kalo keseringan...

      Oyaaa... aku bermasalah sama pori" yang besar nih kak... pake apa yahh buat ngecilin pori"

      Delete
    5. Beberapa orang pake RNA powder jerawatan :)
      tapi memang cocok2an. mungkin kamu tergolong yang cocok :)

      hmm, pori2 itu gampang2 susah. bisa karena dehidrasi juga .
      kamu uda pernah coba menggunakan hyaluronic acid serum ?

      Delete
  13. Halo kak Adit..

    Tipe kuli aku kombinasi tzone dan berjerawat menyebar jarang-jarang gitu di kulit. Kalo pms selalu muncul jerawat gede sama bruntus di pipi. Aku pernah ada riwayat pemakaian cream dokter yg lumayan terkenal. Setelah berenti kulit aku ga ada masalah, setelah itu aku nyoba produk jafra mudmask. Dan mulai saat itu kulit aku jd berjerawat tra ga berenti.
    Setelah itu aku stop, aku ga pake produk itu lg dan setiap hr gapake make up dan yg aku lakuin untuk meredakan jerawat pake bahan alami,
    Bkin masker sendiri sama pake benzolac. Dan lumayan skrg ga parah bgt tp bekas jerawat nya itu lho ganggu.. Hyperpigmentation di jidat sm pipi krna bekasnya. Dan saat ini jerawat tumbuh kalo pms,tp teteep ga pernah berenti jerawatnya.

    Nah utk mengobati dan sekaligus memperbaiki tekstur muka aku, saran dr kakak aku hrs pake benton snail atau cosrx ya? Aki bingung krna mukaku lbh ke berjerawat dan btuh perawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Pritta :)
      kalau kamu cocok dengan dokter tsb, saranku kenapa gak kembali lagi ke dokter itu PRit?

      kalau kamu mau progressnya agak cepet, sebenenrya kamu bisa datang ke dokter itu , sampe bersih lagi.. terus nanti tinggal di maintain sama cosrx atau benton. itu progressnya pasti lebih cepet :)

      Delete
  14. Halo Kak Adit^^
    Kak mau tanya, tipe kulitku oily acne prone, sekarang lagi coba serum OST 20 vitamin c, udah kurang lebih sebulan, tapi ga terlalu ngefek untuk jerawat, mau coba ditambah essense, mending pilih benton atau cosrx ya kak? kalo benton nanti purging?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)

      benton dan cosrx dua duanya ga bikin purging koq :)

      tapi memang utk masalah jerawat, kamu harus tau dulu kira2 yang menyebabkan jerawat di kulitmu apa . karena tiap orang faktor pencetus jerawatnya bisa beda2 :)

      Delete
  15. halo kak adittt!!!!
    suka banget sm blog kakak dan semuanya bener2 helpful
    tapi aku msh bingung nih kak jd aku udh beli berbagai macam skincare tp aku mah bingung urutannya, jd produk yg aku punya:
    1. cosrx galactomyces alcohol free toner
    2. the body shop tea tree moisturizer
    3. dear klair freshly juiced vitamin drop
    4. cosrx snail advanced all in one cream
    5. cosrx bha blackhead power liquid
    menurut kakak aku msh butuh essence nggak?
    makasih kaakk!!!😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Azizah :)
      thanks uda mampir2.

      ok. pertama membersihkan wajah.
      setelah itu.

      toner ( cosrx galactomyces )

      kalau pagi :

      setelah toner , klairs vitamin drop ( sebenernya ini harusnya digunakan malam, tapi gpp digunakan siang , asal kamu menggunakan sunblock ) .

      setelah itu snail cream, lalu sunblock.

      malam,
      setelah toner, tea tree moisturizer dan snail cream.

      bha power liquid digunakan malam hari 2-3 hari sekali. setelah toner. diamkan 20-30 menit sebelum produk lainnya.

      saranku, kalau kamu produknya baru semua. saranku , gunakan nya 1 per 1 , diberi jeda 2 minggu . jangan nambah produk baru lagi dulu :) untuk memastikan produk yang ada cocok dulu di kulitmu, baru nanti nambah lagi apabila semuanya sudah lolos trial :)

      Delete
  16. Kak...mau tanya aku sekarang tiba2 aja jerawatan, sepertinya karena hormon, ada yang besar2 ada jg yang kecil, Karena aku lagi ga ganti skincare apapun. Aku baru mau coba2 pake korean skincare dari cosrx, baiknya aku coba yang apa yaa?dari cosrx snail atau blemishnya?thnk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Shinae, kamu umur brapa kalau boleh tau ?
      jerawatannya skali keluar banyak ?
      kamu sekarang sedang menggunakan skincare apa ?

      kalau boleh aku nanya dulu ya :)
      biar aku ada gambaran mengenai kulitmu dan umurmu sebelum kita diskusi mengenai produk nya :)

      Delete
  17. Umur aku 26, kulit aku berminyak dan sensitif, jerawat biasany dtg saat sblm dan ssdah mens, jd belum sembuh bekas2 jerawat sesudah mens sudah muncul jerawat lagi menjelang mens. Jerawat aku itu kempes 1 muncul 1 kak...heee. jadi jerawatnya ga terlalu banyak, cuma karena masih ada bekas2 jerawat jadi wajah aku keliatan ga bersih. Aku pake hadalabo gokyujun kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Shinae,
      untuk bekas jerawat, memang gampang2 susah.

      kalau kamu mau agak cepat , memang harus dibarengi dengan vitamin intake seperti : minum vitamin c dan zinc misalnya. karena vitamin c merupakan bahan substantial pembentuk collagen, bantalan di bawah kulit, sedangkan zinc , mineral yang membantu mempercepat penyembuhan luka. nah itu dulu pertama :)

      yang kedua , jerawatnya kamu pencet ? kalau jerawatnya memang sampe mateng banget dan matanya uda keluar, dan kamu ingin ekstrasikan, kalau aku aku pake jarum akupuntur yang memang diameternya super kecil, untuk memberi jalan sedikit , jadi kalau pun mau kita ekstraksi, tidak perlu ditekan keras keras karena sudah diberi jalan . dengan cara ini, trauma yang dialami kulit pun jadi gak ekstrim sehingga bekas yang di tinggalkan lebih cepat hilang dan gak lebar2 amat.

      kalau kamu gak suka mencetin jerawat, itu lebih bagus.
      nah bekasnya biasanya aku kompres2 sama FTE nya sk2. aku gunting kapas persegi kecil, aku tempelin ke jerawat itu / ke bekas jerawat itu agak sering beberapa kali sehari. biar irit, satu guntingan kapas itu hanya 1-2 tetes sk2 aja. dengan kompresan sk2 ini jauh lebih cepet hilang bekasnya.

      untuk perawatan harian, kamu bisa sambil masker aloe vera malem sehabis mandi.

      skincarenya sih sebenernya kalau cuma jerawat menjelang mens gitu , gak perlu ganti, karena memang jerawatmu sifatnya kan hormonal ya ? dan kalau wanita, kan periode hormonal imbalance selalu datang tiap bulan. jadi memang gampang2 susah kalau triggernya hormon. yang pasti berarti ga ada yang salah dengan skincare kamu skarang.

      snail essence memang bagus, tapi gak akan bisa fight jerawat karena hormon. :)

      Delete
  18. Ooo gitu yaa kak...iyaa aku memang suka pencet jerawat kalo uda terlihat putih ditengah ka, jadi bekasnya agak susah hilang.
    Nah, apa produk snail itu bisa bikin muka terlihat glowing dan halus gt ga si kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. snail itu sifatnya maintenance. dia bikin struktur kulit mu lebih firm dan kuat. kalau untuk glowing dan halus bisa, tapi gak akan terjadi semalam. harus rutin, paling gak 6 bulan plus lah. :) dan bukan glowing kayak artis korea ya :) mereka bener2 glowing gitu karena mereka pake primer / foundation yang bikin glowy . :)

      Delete
    2. Terus klo untuk mulai pake skincare snail gt baiknya aku mulai dari apa. Aku tertarik dari brand cosrx. Kira2 apa aja yang harus aku beli sebagai 1step treatment aku yaa kak?

      Delete
    3. utk snail kamu dapat coba yang cosrx snail essencenya dulu :)
      aku sih combine dengan benton snail :)

      Delete
    4. Ooo yang essence dulu yaaa dibarengin sama benton gt gpp kak? Untuk pemakaiannya gimana kak? Terus bedanya sama yg cosrx snail all in one cream itu apa kak? Sory fo many questions kak, aku masih agak blunder sama skincare dari korea

      Delete
  19. Hallo kak Adit, aku mau tanya^^ Kening aku tuh beruntusan ngga banyak sih tapi mengganggu :( dan di pipi pun ada jerawat kecil2 gtu. Terus pas aku baca komentar2 kaka tentang beruntusan itu kan ada yg berupa whitehead atau alergi, sepertinya beruntusan aku ini whitehead karna aku pernah pencet dan ada isinya gitu (mungkin ga semua) jadi, Aku pengen pake si Benton Aloe BHA Toner buat ngeluarin isi nya itu terus nanti setelah pori2 nya bersih. Aku pengen lanjut pake Snail Bee High Content Essence. Nah menurut kaka gmna? Aku langsung pake essence nya itu atau pake toner nya dulu buat ngeluarin si whitehead baru pake essence nya?
    Umur ku 18 tahun, dan tipe kulit ku oily skin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Afifa, kalau kamu menggunakan bha product, atau aha product, mungkin kamu akan purging dulu. gpp ?

      memang kalau ada isinya sih paling bener di keluarkan dulu isinya. :) ( purging dulu. )

      kalau kamu siap dengan purgingnya, kamu dapat gunakan toner bha nya , dan snail essencenya. kalau kamu ga siap purgingnya, start dari snail essencenya aja dulu.

      Delete
    2. Tapi emang gpp kak langsung pake snail essencenya tanpa ngeluarin dulu isinya?

      Delete
  20. Oiyaa ka, aku juga bermasalah sm blackhead aku yg susah banget diilangin. Klo aku pake cosrx yg bha blackhead itu apa bisa bikin purging jg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. hi Shinae, kemungkinan besar purging lagi Shinae. kamu coba pake pimple pad aja dulu :) yang bha nya lebih kecil persentasenya

      Delete
  21. Lg cari review ttg cosrx trus nemu tulisan ini hehe
    Halo adit boleh minta saran kah?
    Aku 23 tahun dan jenis kulit aku berminyak bangeeet di area t-zone, selain t-zone jg berminyak tapi ga parah. Alhamdulillah jarang berjerawat.
    Nah aku penasaran bgt pengen coba cosrx atau benton. Aku gapunya permasalahan kulit yg serius sih, tapi lg nyari skincare untuk seserahan aja hehe
    Ada saran bagusnya coba apa dulu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anon, kamu coba benton snail aja dulu non. kalau kamu ga ada problem jerawat, dan hanya ingin maintain kulit, produk yang bahan dasarnya snail ok banget:)

      Delete
  22. Hi kak adit umurku 19 th, aku ada problem sama bekas jerawat merah karna dulu sering melakukan facial. Skincare sekarang yang aku pakai
    1 Facial wash+toner tea tree TBS
    2 Benton Snail bee essence
    3 Drops of youth concentrate TBS
    4 Klairs fresh juiced vitamin drop
    5 Nature Republic aleo vera 92%
    6 Masker sheetmask Innisfree
    Jerawat sudah gak ada, cuma bekasnya sampai sekarang belum hilang. Ada rekomendasi tambahan skincare gak kak? Untuk menghilangkan bekas jerawat merah, sebelumnya makasih kak klo di balas 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau bekas sebenernya lama2 juga hilang sih ka :) nah, kalau masih merah ga boleh di apa-apakan dulu karena itu artinya kulitmu masih sensitif. kecuali nanti kalau bekasnya sudah menghitam baru pake spot treatment :)

      Delete
    2. Wah kak adit ramah ya, makasih kak dibalas :)
      Gitu ya kak, maksud ga boleh di apa-apakan dulu itu stop skincare dlu atau gmn kak(minus facial wash+toner)? Sebenarnya sudah stock cosrx centella blemish cream untuk menghilangkan bekasnya cuma belum digunakan seperti kata kakak menunggu bekasnya menghitam.

      Delete
    3. Wah kak adit ramah ya, makasih kak dibalas :)
      Gitu ya kak, maksud ga boleh di apa-apakan dulu itu stop skincare dlu atau gmn kak(minus facial wash+toner)? Sebenarnya sudah stock cosrx centella blemish cream untuk menghilangkan bekasnya cuma belum digunakan seperti kata kakak menunggu bekasnya menghitam.

      Delete
    4. gak boleh diapa apakan itu maksudnya, jangan dikasi produk yang aneh2 dulu spt : penghilang noda misalnya :)
      karena pengilang noda biasanya mengangkat noda dengan cara exfoliating. jadi kalau kulitnya masih sensitif nanti jadi ga fully healed gitu :)
      pake centella bisa untuk mengatasi kemerahan koq ika :)

      Delete
    5. Terima kasih kak saran nya :) Semalam aku pakai centella bisa mengurangi kemerahan wajahku kak. Oh ya sekarang aku stop dlu pakai benton snail essence dan beralih ke cosrx advanced snail 96 karena lebih cocok, karena sebelumnya aku sempat purging di dahi. Dan serum aku juga beralih dari klairs freshly juiced ke DOL TBS karena wajahku jg sensitif. Untuk exfoliating dlu sebelum kuliah aku tomboi bnget kak, wajah kusam dan kucel sangat melekat sampai sampai aku exfoliating seminggu 2-3x pakai body scrub tiff body tapi setelah mendengar dari kakak jgn pakai produk yang aneh aneh apalagi itu burirannya kasar untuk wajahku yg kemerahan,aku beralih ke DOY liquid peel dan mengurangi cukup seminggu 1-2x saja. Hal yang sulit aku hilangkan seperti yang kak Adit bilang jgn suka pakai produk yang aneh-aneh karena aku pribadi orangnya penasaran sama suatu produk skincare dan suka mencoba-coba tp aku pribadi gak suka pakai makeup, lbh suka natural saat ke kampus walaupun wajah merah-merah bisa di atasi dgn sunscreen. Maaf kak jd curhat 😅😅😅

      Delete
    6. Terima kasih kak saran nya :) Semalam aku pakai centella bisa mengurangi kemerahan wajahku kak. Oh ya sekarang aku stop dlu pakai benton snail essence dan beralih ke cosrx advanced snail 96 karena lebih cocok, karena sebelumnya aku sempat purging di dahi. Dan serum aku juga beralih dari klairs freshly juiced ke DOL TBS karena wajahku jg sensitif. Untuk exfoliating dlu sebelum kuliah aku tomboi bnget kak, wajah kusam dan kucel sangat melekat sampai sampai aku exfoliating seminggu 2-3x pakai body scrub tiff body tapi setelah mendengar dari kakak jgn pakai produk yang aneh aneh apalagi itu burirannya kasar untuk wajahku yg kemerahan,aku beralih ke DOY liquid peel dan mengurangi cukup seminggu 1-2x saja. Hal yang sulit aku hilangkan seperti yang kak Adit bilang jgn suka pakai produk yang aneh-aneh karena aku pribadi orangnya penasaran sama suatu produk skincare dan suka mencoba-coba tp aku pribadi gak suka pakai makeup, lbh suka natural saat ke kampus walaupun wajah merah-merah bisa di atasi dgn sunscreen. Maaf kak jd curhat 😅😅😅

      Delete
    7. :)

      ditunggu updatenya ya ka :)
      kita liat 2 -3 minggu membaik apa tidak :)

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Hi dit, karena baca reviewmu aku jadi tertarik utk beli snail essencenya corsx. Hahaha
    Btw, adakah review atau rekomendasi untuk eye cream yg bisa buat mengatasi aging? Mulai muncul garis2 halus gtu di bawah mata aku T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Maria :) makasih uda mampir2 ke blog :)

      hmm, kalau untuk mata, sebenernya gampang2 susah. karena daerah sekitar mata paling aktif ototnya. begitu juga smiling line .

      untuk mata sih , aku lagi coba pake The ordinary, tapi untuk puffiness, kalau untuk aging, beberapa orang bilang borghese bagus, tapi aku blum pernah coba :)

      Delete
    2. Iya, sama2 :)

      Ooo gtu ya. Kalau utk benton fermentation eye cream, bagus g ya? Kayaknya aku pernah baca klo dlu pernah cobain yah eye creamnya? Bener g ya? Hehe

      Delete
    3. benton fermentation eye, lumayan bagus. :) tapi agak tebal , jadi lebih untuk pemakaian malam. aku ga tau kalau misalnya kamu gunakan fermentation eye siang hari under make up akan cakey atau tidak. :)

      Delete
    4. Oooo gtu. Oke dit, thank you ya buat infonya.
      Sering2 review utk produk2 yg lain ya, dtnggu reviewnya

      Delete
    5. siapp :) thanks uda mampir Maria. :)

      Delete
  25. hi kak! nama aku ziza. gini kak, aku ga sengaja beli natural BHA COSRX dan snail bee high content essence secara barengan. apa dua2 nya bisa dipakai sekaligus? di tunggu jawabannya ya kak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ziza,
      hmm, saranku, coba satu satu ya. kalau mau snail bee dulu , selama 2-4 minggu . setelah kamu coba aman, baru tambah bha .
      tapi bha ini cuma malam hari dan 2-3 hari sekali. gak untuk pemakaian sering2.

      bha mungkin purging lowh. kamu aware kan mengenai purging ini ?

      Delete
  26. hi kak adit! kulitku cenderung kering dan beruntusan, ada bekas jerawat merah2 di pipiku. aku rencananya mau pake cosrx snail essense ini sama cosrx aha/bha toner. menurut kaka gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi muthia, kalau melihat cerita mu di atas, berarti kulitmu ; kering, tapi beruntusan dan cenderung acne prone ?
      hmm, selama ini kamu menggunakan produk apa ?

      kalau saranku, first thing first dulu Mut.

      kamu pernah coba aha / bha product sebelumnya ?
      tau bahwa menggunakan aha /bha mungkin purging ?

      saranku, kalau kamu mau coba product baru, coba 1 per satu mut. beri jeda paling enggak 2-4 minggu sebelum kamu mencoba produk yang baru lagi.

      gini, pertama, untuk kering karena memang originally kulitmu kering, snail bagus. tapi sebelum mencoba produk itu ke wajah, lakukan test patch di belakan telinga, atau bawah lengan selama seminggu , untuk memastikan kamu tidak alergi snail , terutama apabila kamu belum pernah coba snail product sebelumnya.

      lalu, untuk beruntusan, aha / bha product memang bagus. tapi kamu ada kemungkinan purging dulu. so, pelajari terlebih dahulu, mengenai purging muth. biar kamu ga kaget.

      tapi, kalau di wajah mu ada bekas memerah , saranku jangan pake aha /bha dulu sampai bekasnya menghitam. bekas memerah itu artinya kulitmu masih sensitive. sebaiknya tidak menggunakan exfo agent sama sekali, sampai warnanya menghitam, baru gunakan exfo agent.. tujuannya agar tidak iritasi.

      Delete
  27. Hai ka adit, saya fina 20 thn. Saya mau nanya nih ka, jadi saya itu jerawat jarang muncul sih, tapi kalo bekasnya itu lama bgt ilangnya, jadi item" gitu kan.
    Jadi selama ini yg saya pake itu
    1.sensatiabotanica - acne
    2.cosrx aha/bha toner
    3.hadalabo gokyujun lotion
    4.benton snail essence
    5.the ordinary niacimide
    6. The saem aloe vera

    Menurut kaka gimana? Aman ga itu kalo dibarengin? Kulit saya biasa aja ga sensitif tapi ya oily bgt gitu di Tzone.
    Bisa ilang ga bekas" jerawatnya? Ini baru saya mau coba sih ka. Ato ada saran yg laen. Makasih kak sebelumnya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi tara, aku ga pernah coba no 1, 3, dan 6.
      tapi seharusnya niacinamide the ordinary bisa buat menghilangkan noda tara. kamu uda berapa lama menggunakannya?

      Delete
  28. Hai kak adit,
    Aku mau beli benton tadinya karna baca review bagus dan natural. Tapi setelah baca review ka adit jadi penasaran cosrx. Menurut kak buat ilangin bekas jerawat bagusan benton snail apa cosrx snail? Soalnya kulit mukaku gak cocok sama produk kimianya berat atau banyak, muka ku langsung jerawatan. Kalo ada rekomen dri kak boleh kok ☺️. Dan beli dimana yah kak? Makasih, soalnya aku baru pertama mau cobaik produk korea 😁😁.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, fidiya, untuk bekas jerawat , yang pasti bukan semalam ya. paling enggak 1-2 bulan. Benton dia mengandung pencerah wajah , sedangkan cosrx enggak. tapi cosrx lebih mengandung hydrating agent. so, kalau kamu perlu untuk pencerah dan hydrating, kamu pake dua duanya . hehe

      aku biasa beli di tokopedia , nama tokonya para-para atau para shops lover. coba kamu search deh. bilang aja dapet rekomendasi dari Joshua aditya. :)

      Delete
    2. Hello kak adit! Ternyata kak afit itu baik yah mau bales comment aku hihi ��.
      Aku mau cerita jerawat aku yg ilang pakai carier oil. Yaitu grapeseed oil and almond oil kak, jerawat aku ilang pakai itu. Tapii, bekas jerawatnya itu lo kak bikin jelek, masih merah" gtu. Walau jerawat muncul satu dua, tapi masih oke. Tapi bekas nya yg merah bikin gak banget. Pake carier oil udah aku pakai 3bulan lebih tapi gak ada efeknya. Menurut rekomendasi kak adit buat bekasnya bagusan pakai apa yah? Aku gak punya list harus pakai apa. Karna kulitku sensitif, jadi gak berani macem".
      Makasih kak, atas info diatas. Mohon bantuannya sekali lagi.����

      Delete
    3. hi Fidiya :) thanks uda mampir mampir.
      kalau bekas disabarin aja. :)
      aku sih biasanya pake aloe vera.
      kamu pernah pake aloe vera sebelumnya ?

      Delete
  29. Hai Kak Adit,,, super sekali review2nya. sukaaa....

    Mohon saran ni Kak.
    Umur aku 27 tahun, kondisi kulit berminyak di t-zone, normal di pipi, sering banget bruntusan di semua bagian wajah, mati satu muncul 2, begitu terus.
    Sempat coba Nature Republic Aloe Vera di dahi malah bruntusan parah.
    Lalu pakai innisfree serum yang green tea, bruntusan gak reda.
    Lalu pakai bioderma yang pink, bruntusan di dahi makin parah. Bahkan paling parah.

    Kalau seperti itu apakah tandanya saya gak cocok pakai aloe vera dan green tea?

    Sekarang saya sedang mencoba Klairs Vit C, ada perkembangan yang sangat signifikan, kulit jadi lembut, bruntusan langsung kering dan gampang banget keluar matanya yang udah mateng.

    Menurut Kakak, saya perlu tambahkan apa di skin care saya??
    Sementara ini saya pakai:
    Micellar Water Nivea
    Hadalabo Tamagohada Face Wash
    Hatomugi
    Klairs Vit C
    Skin Aqua SPF 50
    Bedak Marcks

    Terima kasih sebelumnya ya Kak Adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Metha, sebelum kita coba pakai produk itu, sebaiknya kita ngerti dulu factor apa yang bikin kamu beruntusan .

      beruntusannya ada isinya ?
      karena agak aneh juga, kenapa pakai aloe vera malah makin beruntusan. padahal di aloe vera ga ada factor yang mungkin memicu purging, kecuali produknya uda ga bagus atau gak ori .

      saranku, kamu sambil cek cek , apakah itu :
      alergi susu, atau makanan tertentu ?
      atau alergi produk dengan ingredient tertentu.

      atau memang hormone imbalance
      atau memang genetic.

      kalau beruntusannya banyak banget, saranku better ke dokter.
      di Jakarta sih , aku recommend dokter kun.
      kamu dimana posisinya ?

      Delete
    2. Iya Kak,,, bruntusan tapi lama2 bruntusannya jadi kayak ada mata gitu (tapi untuk menuju proses keluar mata itu bisa lamaaaa banget,,, bisa 1 bulan).


      Skrng ini sih bruntusannya ada 8 titik, yang 1 udah putih ada matanya.


      Hmm,,, brrti aku harus observasi dulu ni Kak, alergi makananKah, atau alergi produkKah, atau pengaruh hormon.

      Mksih ya Kak...

      Delete
  30. hai kak adit
    aku mau tanya sebelumnya saya udah pernah perawatan dokter sekitar 1 tahunan terus aku berhenti pake 2 bulanan dan muka langsung bruntusan lagi. dan aku mutusin buat perawatan dokter lagi hampir 1 bulanan, setelah itu aku tertarik banget sama skincare korea jadi aku putusin buat beli nature republic shooting gel.

    pertama pakai dimuka itu enak banget bikin kulit lembap dan kenyal-kenyal tapi entah kenapa akhir akhir ini mukaku kok tambah bruntusan dan muncul jerawat sih, aku pakai nature baru 1 minggu ini tapi menurutku kok tambah bruntusan,
    aku mau tanya apakah aku purging dengan produk nature republic shooting gelnya atau apakah breakout??

    terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Erika,
      hmm, pakai aloe vera gak mungkin beruntusan kalau produknya masih bagus atau produknya ori setahuku.
      ngerinya, kamu beli produk yang ternyata gak ori misalnya.

      atau memang kebetulan kamu lagi pake produk itu, kebetulan kamu ke-expose dengan factor pencetus lain , misalnya lagi cuci muka telat, lagi stress, kurang tidur , dll dll ..
      atau pas kebetulan mau period ga ?

      Delete
  31. halo kak..
    I love your blog sooo much! ada ya ternyata org macem kak adit yg baik dan sabar ngebalesin komen satu satu, beruntunglah aku nemuin blog ini hehe. btw aku mau minta saran kak
    sekitar 3 bln yg lalu aku lepas dri obat dokter dan efeknya parah bgt. mukaku jadi kusam, kering parah, dan gak bisa dikasih produk apapun pada saat itu. klo aku kasih bakal merah merah dan bengkak semacem ada bentol gtu yg merata diseluruh muka, rasanya perih dan gatel bgt. aku gak tau itu alergi, iritasi, bruntusan atau apalah yg jelas bukan jerawatan kak.
    sementara ini aku cuma pakai olive oil, aloevera gel dan sunscreen. skrg wajahku udah jauh membaik sih. tapi tetep kusam dan masih agak kasar.
    biar wajah jdi lebih smooth apa bisa dipakein snail essence kak? kalo memang bisa, lebih aman cosrx atau benton?
    mohon pencerahannya ya kak, thankyou....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dian .. thanks lowh sudah mampir ..
      :)

      maaf aku agak lama balas. skarang blogger di block di kantor. betteehhh .. jadi aku akses nya terbatas .
      kalau comment mu lama dibalas announce aku di IG aja ya . kamu follow aja ig ku :@Joshua_adityaa
      nanti aku balas comment mu .

      kamu ada problem jerawat atau kering aja dian ?

      ok, kurang lebih seperti ini :
      1. cek semua produk yang kamu pakai. jangan sampai ada alkoholnya. dia akan bikin kulitmu makin perih dan irritated.
      2. sabun wajah mu harus yang lembut. aku sih sarankan sk2 gentle untuk kasusmu. atau sulwhasoo gentle. tapi aku lebih suka sk2.
      3. gunakan hydrating toner. aku suka nuxe. tapi memang agak susah didapat. kamu di mana ? jkt ? kalau di jkt, di Sephora ada.
      4. untuk kusamnya, nanti dulu ya. yang penting, benerin kondisi kulitnya dulu aja.
      5. kalau lagi di rumah, kamu bias gunakan aloe vera gel berkali kali. misalnya setiap 2 jam sekali. kalau terasa tebal, kamu bias semprotkan avene.
      6. snail bias memperbaiki kondisi kulit. tapi semua perlu waktu . jangan berharap instan ya dian :) cosrx untuk bikin kulit lebih hydrated, Benton untuk mencerah kan wajah. kandungan pelengkapnya beda soalnya.
      7. hindari panas matahari.

      nah, coba dulu segitu ya :)

      Delete
  32. hai kak adit..

    aku mau tanya dong kak,, aku kan sebelumnya pernah perawatan dokter terus berhenti muka aku so far so good sih setelah berhenti, lalu aku mulai coba pakai benton aloe BHA skin toner ama benton snail essence selama pemakaian dua minggu muka aku baik2 aja malah aku ngerasa tambah cerah, halus, jerawat cepet hilang tapi setelahnya kenapa sekarang timbul jerawat bernanah di daerah dagu dan itu banyak banget, kering satu tumbuh dua, kering dua tumbuh lebih banyak dan terus kayak gitu,, yang aku mau tanyain apa aku lagi ngalamin yang namanya purging karena pergantian dari cream dokter ke skin care? atau apakah pengaruh dari benton aloe BHA tonernya yaa? mohon pencerahannya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, kamu gunakan aloe bha skin tonernya brapa kali sehari ? bha skin toner kan dia mengandung aktif, seharusnya paling sering pun hanya 1 kali sehari malam hari. aku sih biasanya 2 hari sekali. :)
      mungkin kamu over exfo. coba kamu stop dulu. 2-3 minggu trus kamu gunakan lagi, tapi 2 hari skali aja

      Delete
  33. Halo kak adit '-')/

    Aku punya bekas cacar air yg agak berlubang diwajah dan itu sejak 10th yg lalu.
    Sumpah itu ganggu banget kak, kira kira benton ini bisa memudarkan ga ya? Atau saran produk lain kak buat ilang scar/bopeng;((
    Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hanisa.
      bopengnya banyak ?
      kalau bopeng ga bias pake skincare. kamu mesti ke dokter. ada beberapa cara salah satunya PRP .
      atau micro ngebantu juga , tapi pelan2 memang.

      Delete
  34. Halo kak adit '-')/

    Aku punya bekas cacar air yg agak berlubang diwajah dan itu sejak 10th yg lalu.
    Sumpah itu ganggu banget kak, kira kira benton ini bisa memudarkan ga ya? Atau saran produk lain kak buat ilang scar/bopeng;((
    Makasih sebelumnya:)

    ReplyDelete
  35. Hi kak,, aku mau nanya. Wajah ku kombinasi kering tp berminyak juga.trus jerawatan, nah bekas dari jerawat2 ku selalu warna merah gak pernah hitam, jd bukan hyperpigmentasi tp PIE. Jadi bingung, kalo pake produk pencerah gak bisa krna gak ada lg yg mau dicerahin soalnya bekas jerawatnya merah,, pake benton atau cosrx bisa gak kak? Mohon bantuannya ya please..:") terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anna ,
      kalau bekas jerawat selalu meah dan gak menghitam , itu karena, dia waktu mau sembuh , teriritasi lagi dan lagi. jadi ga sembuh2.
      kamu pakai exfo agent kah ? atau vit c serum ?

      kalau bekas merah gitu, kamu harus off dulu semua yang ada exfo agent dan yang ada alkoholnya.
      aku sih biasanya aku rutinin pake aloe vera.

      Delete
    2. Aku pake serum ost c20 vit c kak,.apa itu penyebabnya?tp skrng enggak make lg, ak mau coba nature republic yg aloe vera.kalo pake produk yg mengandung snail kayak diblog ini bisa gak ya kak? Makasih kak uda bales komenan ku.. Btw, suka baca blog nya k adit :)

      Delete
  36. Baca blognya dan bacain komennya seru sampe akhirnya tertarik curhat masalah kulitku. Umur aku 23 tahun dan skin type aku oily acneprone. Aku sedikit2 mau mengurangi ketergantungan sama obat dokter karena masih jerawatan dan bruntusan di kening dan memutuskan untuk mau pake skincare korea. Tapi kmrn sempet pake produk aloe dr natrep face shop atau the saem ujung2nya jerawat segede gede gaban di mukaku. Facial wash dan toner ku tbs tea tree tp aku gak cocok sm mosturizer tea treenya. Aku tertarik bgt coba pake snail untuk recovery skin conditionku makanya jd nyasar ke blog ini hehe. Btw ada saran ga kak aku pake skincare apa aja untuk kulit ku ini. Makasih ya ka

    ReplyDelete
  37. Baca blognya dan bacain komennya seru sampe akhirnya tertarik curhat masalah kulitku. Umur aku 23 tahun dan skin type aku oily acneprone. Aku sedikit2 mau mengurangi ketergantungan sama obat dokter karena masih jerawatan dan bruntusan di kening dan memutuskan untuk mau pake skincare korea. Tapi kmrn sempet pake produk aloe dr natrep face shop atau the saem ujung2nya jerawat segede gede gaban di mukaku. Facial wash dan toner ku tbs tea tree tp aku gak cocok sm mosturizer tea treenya. Aku tertarik bgt coba pake snail untuk recovery skin conditionku makanya jd nyasar ke blog ini hehe. Btw ada saran ga kak aku pake skincare apa aja untuk kulit ku ini. Makasih ya ka

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  39. Hai, kak.. Aku lg tertarik liat review2 skincare dan makin tertaik liat review kakak hehe..
    Mau minta pendapat dong kak :)
    aku umur 18 tahun, kulit aku itu sensitif... Dan lg ada beberapa jerawat, bruntusan.. Tp yg paling bikin gemes tuh bekas jerawat yg merah gitu kak di pipi.. Kira2 aku pake benton atau apa ya kak? :) makasih kakk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hasna, kategori jerawat kamu kalau kamu nilai, spt apa ? sedang, ringan, atau parah?
      kalau parah , sebaiknya ke dokter. karena, kamu mungkin perlu obatminum.

      kalau ringan , masih bias pake skincare.

      kalau ada bekas jerawat, yang pasti kamu mesti sabar karena, bekas jerawat memang perlu waktu.

      Benton bisa :)

      Delete
    2. Hai kak, aku udah nyoba nih beli benton nya...
      Tapi, mungkin enggak ya bikin kayak bentol gitu di wajah??? :) soalnya ini muncul bentol agak besar gitu...
      Produk yang aku pake
      1. Cetaphil gentle cleanser
      2. Benton snail bee essance
      3. Benton aloe bha skin toner
      4. Nature republic aloe shooting gel
      5. Acnes uv tint

      Kira2 bentol nya harus diapain ya kak? Hehe..
      Makasih kak :))

      Delete
    3. hi Hasna , bentol gimana ? gatel, keras ? ada nanahnya ? atau kayak alergi ?

      hmm, kalau aku lihat urutan yang kamu pakai, so far kayaknya gak terlalu ada yang bikin alergi, kecuali kamu alergi snail, dan ga ada yang bikin purging juga .

      agak bingung dengan acnes uv tint . karena aku gak pernah pakai itu sebelumnya.
      coba kamu stop dulu semua , gunakan no 1, 2, dan 4 dulu .

      bentolnya , kalau alergi, kamu minum anti histamin.
      tapi better yakin dulu bahwa itu alergi.

      Delete
  40. Hai kak adit, aku punya masalah sama kulitku yang berminyak dan kusam. aku bingung banget harus pake produk apa, setelah baca dan nonton banyak skincare routine rata-rata pada ngerekomendasiin snail essence tapi aku bingung harus coba yang mana. boleh saran gak kak, sebaikknya aku pake essence dan serum yg mana? benton atau cosrx?
    benton aku belum pernah pake
    dan cosrx aku jujur agak trauma karna kemarin sempet beli cosrx aha/bha clarifying treatment toner dan itu malah bikin kulitku produce more sebum dan malah terlihat lebih kusam

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. :) aku bingung panggil nama kau apa . haha dewa?ayu? diah ? oka ? wiya ? haha ..

      hmm, cosrx aha /bha gak nyebabkan kamu produksi more sebum, tapi dia mengangkat isi pori mu ke atas. jadi memang semua produk aha bha gitu cara kerjanya. which is, beberapa bulan pertama seakan2 jadi keluar semua kotoran, itu lah yang dinamakan purging. :)

      snail aku suka dua duanya. Benton dia ada kandungan brightening agentnya, cosrx ada hydrating agentnya. dua duanya saling melengkapi :)

      tapi kalau kamu takut dengan cosrx, coba Benton dulu :)

      Delete
  41. haloo adiiit. aku sukak banget review-review kamu, detail dan mudah dimengerti. apalagi kamu ramah banget jawabin semua komen, kan aku juga jadi pengen nanya hahahaha

    aku lagi tekdung alias hamil, padahal pengen banget nyoba aha bha clarifying nya cosrx. jadi dihindari dulu deh ya.

    nah untuk preparation galactomyces, bagusnya pakai apa ya dit yang aman?

    ini yang aku ingin, mohon dikoreksi ya adit

    1. cetaphil
    2. hydrating toner (mungkin wardah)
    3. snail cosrx
    4. galactomyces

    2-3 kali seminggu pakai peel pad neogen. tipe kulit aku berminyak di bagian T, dan komedo putih di hidung. ada yang kurang atau perlu ditambahin kah dit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hii :)
      hahah ... aku pernah di posisi jerawatan semuka2 fulll sampe ga ada space mbak. jadi aku ngerti banget stress nya jerawatan .. oleh karena itu aku bales2in comment .. semoga bisa ngebantu. hehe

      hmm, kalo lagi tekdung .. saranku jangan pake skincare yang gimana2 dulu mbak .. rajinin aja pake master aloe vera. beli aloe vera yang gede banget di supermarket. potong2 kotak2 .. masukin ke toples , taruh di freezer. nah .. pagi malem atau kalau lagi di rumah, oles2 pake itu. lebih ampuh. hehe

      hmm,

      mbak jenis kulitnya gimana
      hanya komedo dan oily ?

      cetaphil ok,
      hydrating toner nya , wardah aku belum pernah, tapi aku pakai nuxe. dia bahan dasarnya air mawar . itu enak banget ke kulit.

      mungkin kalau mbak mau galactomyces, nanti cek dulu , dia lebih encer atau lebih kental daripada snail. kalau lebih encer digunakan duluan.
      saranku galactomycesnya pakai fte missha aja mbak .jadi abis toner, fte lalu snail.

      siangnya wajib pakai sunblock ya mbak :)

      Delete
  42. Halo kak adit

    Dulu aku itu pake face wash sama exfo rajin banget. Which is pake exfo 2 kali seminggu. Nah, waktu itu aku minim banget pengetahuan buat skincare. Waktu face wash aku abis, aku itu pake exfo buat bersihin muka aku sehari-hari, karena males belinya. Tenyata, exfo itu ga boleh sering-sering maksimal 3 kali seminggu, karena menyebabkan pori pori membesar dan menyebabkan jerawat. Jadinya aku itu bruntusan karena waktu itu juga aku kurang bersih bersihin makeup dan karena pake exfo berlebihan.

    Sejak itu, aku pake NR aloe vera gel dan aku ngerasa itu ga ngaruh banget buat bruntusan aku. Terus, aku rutin pake masker buat ngilangin bruntusan dan lama kelamaan bruntusanku hilang. Aku pernah tuh mencetin bruntusan aku, dan sekarang malah semua daerah muka aku bruntusan, ada bruntusan yang jadi jerawat dan aku nyimpulin bruntusan aku itu bruntusan komedo.

    Kulit aku itu normal cuman T-Zone aku itu oily. Dismping rutin pake masker, Aku pengen banget nyobain skincare buat ngilangin bruntusan aku. Rekomendasi skincare menurut ka adit itu apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Naila ..
      kalau aku dengar cerita kamu..
      beruntusan kamu karena over exfo jadi ngeluarin semua isi pori .
      sudah berapa lama beruntusannya ?

      kamu sudah pernah coba zymogen?
      normalnya aku menyarankan pakai bha a sol nya cosrx.
      tapi , karena kamu kasusnya over exfo .. kita hindari bha dan aha dulu sementara ini ya.
      saranku coba deh zymogen houttuynia dan centella creamnya.

      Delete
  43. Hai kak aku termasuk yg gak cocok benton snail ini huhuu . . mungkin krena kandungan bee venom nya. Aku pakai 2 bulanan dan yg terjadi muka aku beruntusan parah di pipi, pelipis, awal nya aku kira purging, tpi kok gak sembuh sembuh selama hampir 2 bulan pakai ( karena aku penasaran bgt makanya aku pake smp 2 bln )

    Dan akhir nya aku menyerah hahaa. Aku brenti pke dan hasilnya muka ku perlahan hilang bruntus nya, aku coba pke lagi dan bruntus lagi. Jdi aku yakin benton ini aku ga cocok huft.

    Aku juga pke cosrx snail dan cocok cocok aja, bersyukur 😄.

    Oh iya ka aku kan seling seling pke cosrx pad nya pas aku usap"muka aku yh terjadi muka aku gatal dan merah merah itu knpa ya kak adit. Akhirnya aku srtiap pke cuma 30 aja trus cuci muka lagi.
    Mohon pencerahan nya ka apa aku sensitif di bha ya . .
    Oh iya keadaan muka aku itu bermiyak dan berjerawat lebih bnyk di dagu.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Chici ..
      wah .. kamu satu dari beberapa kasus yang gak cocok sama bee venom kelihatannya. bukan snail ya, karena snail cosrx aman aman aja.

      hmmm,
      kamu cara pakainya gimana untuk cosrx pad nya chi ?

      kalau boleh tau, skincare routine mu apa saja
      takutnya ada yang kontradiktif dengan skincare lainnya.

      Delete
  44. Hai kak aku termasuk yg gak cocok benton snail ini huhuu . . mungkin krena kandungan bee venom nya. Aku pakai 2 bulanan dan yg terjadi muka aku beruntusan parah di pipi, pelipis, awal nya aku kira purging, tpi kok gak sembuh sembuh selama hampir 2 bulan pakai ( karena aku penasaran bgt makanya aku pake smp 2 bln )

    Dan akhir nya aku menyerah hahaa. Aku brenti pke dan hasilnya muka ku perlahan hilang bruntus nya, aku coba pke lagi dan bruntus lagi. Jdi aku yakin benton ini aku ga cocok huft.

    Aku juga pke cosrx snail dan cocok cocok aja, bersyukur 😄.

    Oh iya ka aku kan seling seling pke cosrx pad nya pas aku usap"muka aku yh terjadi muka aku gatal dan merah merah itu knpa ya kak adit. Akhirnya aku srtiap pke cuma 30 aja trus cuci muka lagi.
    Mohon pencerahan nya ka apa aku sensitif di bha ya . .
    Oh iya keadaan muka aku itu bermiyak dan berjerawat lebih bnyk di dagu.

    Terima kasih.

    ReplyDelete
  45. Halo kak adit.tipe kulitku oily combination, dibagian T nya aja,terus Kulitku lagi bermasalah, aku jerawatan dan bekasnya banyak banget. Menurut kk produk apa yg bagus aku pake, benton atau cosrx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Indrasari,
      kalau fokusnya ke bekas, aku lebih sarankan benton, kalau fokusnya ke hydrating, lebih ke cosrx :)

      Delete
  46. Hi diit..
    abis baca reviewmu kok aku jadi galau ya mau beli benton apa gak gak..
    kalo km pilih mana antara benton essence, cosrx sama secret ket, km pilih mana? fyi, kulitku mudah berjerawat.. tolong dong diit.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hamamah, hahaha :)
      galau kenapa ...
      kalau aku, Benton dean cosrx . fungsinya beda.
      Benton snail ada brightening agent
      cosrx snail ada hydrating agent :)

      Delete
  47. Kak mau nanya aku bingung mau beli mana benton atau corsx snail ini, aku bru pertama pakai ini sih kak
    Kulit aku kadang suka iritasi, kayak gatal sama bentol2 gatal gtu, sama kadang perih, trs berminyak di t zone trs kadang kering di area pipi
    Sama kadang bruntusan di area dahi sama pipi smping bawah
    Kira lebih better mana ya kak yg harus aku beli?
    Skincare ku dove, mamonde rose water, nature republic

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dimas .. kamu aman pake dove ? aku soalnya malah makin jerawatan dulu.

      beruntusan nya spt apa ?km umur berapa ?

      Delete
    2. Aku alhamdulillaj cocok kak pakai dove semua varian heheh aku umur 20 tahun kak sekarang
      Cuma beberapa aja dan merah2 gtu and gatel kak
      Bruntusan di bagian pipi bawah deket mulut sama samping dagu merah2 kak

      Delete
  48. Kak mau nanya aku bingung mau beli mana benton atau corsx snail ini, aku bru pertama pakai ini sih kak
    Kulit aku kadang suka iritasi, kayak gatal sama bentol2 gatal gtu, sama kadang perih, trs berminyak di t zone trs kadang kering di area pipi
    Sama kadang bruntusan di area dahi sama pipi smping bawah
    Kira lebih better mana ya kak yg harus aku beli?
    Skincare ku dove, mamonde rose water, nature republic

    ReplyDelete
  49. Sedikit info aja, based dari yg udah aku baca-baca, Salix Alba memang mengandung BHA tapi basically kalau dicantumkan di ingredients list as "Salix Alba/Willowbark", dia hanya berperan sbg soothing agent and not exfoliating. Anyway reviewnya sangat membantu.. Thanks

    ReplyDelete
  50. Hello kak adit :)
    seneng banget baca reviewnya yang sangat jelas. Nah kak emma mau tanya plus minta sarannya kak adit. Oke selama ini emma uda cukup lama pakek produknya larissa sesuai dengan tipe kulit emma yg berminyak jerawat plus komedo. Hasil nya sih jerawat hormonal, komedo dan bekas jerawat masih ada d muka cuma emang ga separah sebelm makek produk larissa ini.
    Berawal dr makek sheet mask innisfree dan seed grean tea serumnya jadi kepo sama produk2 korea dan akhirnya emma ganti cleansernya pakek cosrx low PH good morning dan sejauh ini masih aman. Trus brlanjut ke penggunaan serum vit c ost c20 plus cremnya. Nah entah gimna tiba2 muncul jrawat besar yg cukup bnyk d pipi, dagu dan hidung, pertama ngiranya jerawat hormonal tapi setelah 1 bulan pemakaian masih spt itu. Emma bingung ini sbnernya karna emma salah cara makainya (pakainya cuma di malam hari) atau emng tidak cocok?
    Dan satu lagi.. kira2 untuk kulit berminyak spt aku lebih cocok menggunakan essence, moisturaizer dan toner apa ya kk? Mohon direkomendasikan produk yg kira2 sesuai ya kak
    Makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Emma,
      thanks ud mampir2..
      hmm, kelihatannya, kamu purging .
      vitamin c serum , seperti halnya Aha dan Bha juga cara kerjanya adalah biasanya dengan purging dulu.

      hal ini yang jarang diketahui pengguna serum vitamin c.
      kalau di wishtrend, bahasa halusnya adalah : Stimulation.

      hmm, keluar jerawatnya di daerah yang dulu sering jerawatan ?

      cukup banyak itu kurang lebih seperti apa ma ?

      hmm, kalau memang itu purging, artinya memang prosesnya akan keluar dulu isi porinya sampai akhirnya bersih.
      biasanya purging memakan waktu 2 - 6 bulan.

      saranku, coba kamu kurangi dulu jadi 2-3 hari sekali.

      vit c ost nya kamu simpan di dalam kulkas kan ?

      kalau yang lainnya aman, sementara ini jangan ganti produk dulu, biar kita lihat , dengan berkurangnya penggunaan vitamin c serum , gimana respons kulit kamu

      Delete
    2. Hello kak adit ^^

      Kalo untuk jerwatnya sih di pipi sama dagu.. dan emang biasanya dsana sih... cuma dia kluarnya biasanya 1-2... nah ini sekarang 3-4 dan terus2an kak... vit c nya slalu tak simpen kok.. jadi masih bening dia.. sejujurnya sam0e skrng aku blm ada makai pelembab apapun kak.. kecuali cream pagi dr larissa... blm brani ganti semua sih... jadi kira2 tunggu reaksi ini setelah brp bulan kk?

      Delete
  51. haiii kak adit☺ essence cosrx snail mucin itu bisa buat umur 18 gak?

    ReplyDelete
  52. Hai!
    Aku lg liat review cosrx dan benton dan liat review kamu. Bisa tolong bantu aku? Mukaku berminyak, sedikit beruntusan didahi dan pori2 besar di pipi. Komedoku agak seidkit hilang dibagian hidung tp jd kaya bolong2 gitu. Utk komedo putih msh susah dihilangin apalagi didagu dan bawah mata.
    Dari beberapa referensi blg kalo produk ini bisa buat ngecilin pori2. Menurutmu aku pakai produk yg mana? Walaupun berminyak tp aku ingin ngebuat muka lebih bersinar dan glowing gitu.
    Btw, terimakasih sudah menjawab secara ramah. Sehat selalu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dinea .. Benton snail mengandung human oligopeptide .. ini merupakan growth factor yang berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka, dan membantu mengecilkan pori-pori :) tapi memang progressnya bukan semalam ya :)
      beberapa bulan .. baru kelihatan sedikit-sedikit .. :)

      kalau kamu mu coba .. coba dulu yang Benton snail :)
      maaf aku lama balas.
      kalau aku lagi lama balas .. chat aku di IG ya : @Joshua_Adityaa

      Delete
  53. Kak adiit, mau tanyaa.. :D curhat dulu, kemarin aku bingung mau pakai benton atau cosrx ini, surfing2 terdampar di sini dan sekarang bingung, mo tanya juga. kulitku dulu oily banget, mungkin karena dulu aku gak paham sama masalah overexfoliate, sekarang kulitku jadi sedikit kusam dan banyak (banget) bekas jerawat. Dulu jerawatnya bukan yang bruntusan,tp hanya di pipi aja. Udah sebulan ini aku cuma pakai cleanser dari cetaphil, stop pakai BB cream, jerawat keluar cuma satu-dua aja, dan sekarang aku lagi usaha ngembaliin kondisi kulitku biar ngga kusem sama mengurangi bekas jerawatnya. oya aku umur 23, dan kulitku antara oily tp kadang kering kusam, tapi juga berminyak.. nah kan ya bingung. :'D heheh
    makasih kaak udah mau bantu curhatanku ini m(_ _)m
    _Ana

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ana :)
      maaf baru balas nih ...
      blogger di block di kantor baru .. hukz ..
      aku jadi slow response banget ..

      biasanya bias bales jam maksi ini skarang jadi susah ..

      hmm, the good thing is .. skarang jerawatnya uda jarang keluar.
      bekasnya item item atau masih merah na ?
      kalau masih merah jangan diapa2 in dulu.
      kalau udah item, baru kita treat. ada banayk produk sih .
      red serum skin lab bagus, atau Benton snail ini juga bagus karena dia ada EGF nya .

      kamu skarang cuma pake cetaphil aja ?
      pake sunblock ga ?

      Delete
    2. makasih kaaak udah mau balas, yaaayyy☆
      iya kak, gapapa heheh aku jadi sering mampir ke sini buat baca2 sampe ke comment2nya, reviunya jelas semuaa

      iya kak, merah kecil2, untuk beberapa bekas jerawat baru juga merah, gede -,-
      warna kulit aku lumayan putih jadi keliatan banget,
      oya banyak bekas yang udah lama tapi ko masih merah ya kak? dan kecil2..

      cleanser, aku pake cetaphil dan sekarang udah seminggu lebih aku pakek cosrx snail essence, kusamnya udah mulai berkurang kak, tapi bekasnya masih
      aku engga pake sunblock ka ^^"

      Delete
    3. hi :)
      memang kalo merah agak lama na. tapi sabarin aja. sering2 pake aloe vera utk ngebantu mempercepat proses sembuhnya.

      nah, sunblock itu wajib sih .
      cuma memang agak tricky kalau utk yang acne prone. bingung banyak yang ga cocok sama sunblock.
      tapi harus pake sunblock.
      kamu bias coba cosrx sunblock, atau klairs . aku sih lebih suka klairs. cuma sunblock ini ada white castnya . jadi beli sachet nya aja dulu di tokped ya :)utk test

      Delete
  54. Hallo adit.. reviewnya oke bgt.. komplit dan mudah d mengerti. Oia btw aku pnh coba pake produk ini sama bbrp produk dr innisfree.. hasilny malah bikin muka aku too oily jadinya muncul bump2 jerewi baru haduh.... akhirnya aku gunain produk ini doang untuk skincare malam aku stlh cumuk. Btw, daerah T-zone aku stelah semlm pake essence ini kok oily bgt ya... apa emng begitu? Trs klo buat sunblocknya nih... kira2 yg cocok apa ya? Aku pengguna make up.. pengen pake essence ini d pagi hari sblm makeup tpi takut oily trs jadi nyumbat pori2 karena ketutup make up aku... huhhhhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eka :)
      kamu pakenya berapa puff ?
      memang ukurannya tiap orang beda2 .. ada yang 1 puff, ada yang lebih.
      kalau aku, aku pake 2 puff , aku campur sama the ordinary niacinamide zinc . bagus sih so far :)
      karena niacinamide utk brightening agent, zinc utk mengurangi minyak. :)

      sunblock, aku pake klairs bb .
      pakenya dikit.
      sebelum pake sunblock pake aloe vera dulu jadi hasilnya lebih glowy :)

      kalo pake essence ini sebelum make up takutnya nanti malah cakey gitu ga sih kira2 ka?
      kalau pake make up, better primer aja .
      essencenya malem:)

      Delete
  55. Hallo ka adit, mau nanya dong
    Kulit aku itu berminyak sama sensitif juga, aku mau ngilangin jerawat sama bruntusan di jidat gimana ya ka? Kalo jerawatnya ilang satu tumbuh satu gitu, dan aku ngerasa aku numbuh jerawat karena makan makanan tertentu gitu. Sekarang aku lagi mau nyoba benton essence, soalnya katanya bisa ngilangin jerawat sama bekasnya. Kira2 bebton bisa ga ka ngilangin bekas jerawat yang dalem, itu sangat ganggu soalnyaa;( atau ka adit ada rekomen produk yang bisa ngilangin bekas jerawat yang dalem? Mohon bantuanya ya ka:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Atika,
      nah , kalau kamu curiga tumbuhnya gara2 makanan. coba deh kamu stop dulu makanan yang kamu curigai.
      biasanya gula gulaan, karbo atau dairy product.

      Benton essence bagus :)
      tapi kamu jangan piker bekasnya hilang sekejap ya.
      paling enggak 3 minggu - 1 bulan baru kelihatan progressnya

      bekas jerawat dalem maksudnya agak cekung ?
      kalau agak cekung, kamu perlu treatment lanjutan di dokter . misalnya PRP :)

      Delete
    2. Kalo untuk umur 16 gapapa ka?
      Iya ka bekas jerawat yang bopeng gitu sama merah:(

      Delete
    3. gapapa :)
      cuma , kalau utk yang bopeng, harus treatment ke dokter Atika :)

      Delete
  56. hi kak adit! aku mau nanya dong, aku lagi nyari review2 ttg snail bee essence-nya benton dan nemu blognya kak adit. nah jd aku punya masalah jerawat, bekas jerawat, dan bruntusan di jidat yg pgn bgt aku ilangin:( dan setelah aku liat bbrp review di youtube katanya si benton ini bisa menghilangkannya. menurut kak adit utk pemula mending pake benton atau cosrx? dan btw aku nggak pake sunblock kak adit, dan aku mau tanya seperti yg disebutkan di atas kalo pake benton apakah harus pake sunblock? thankyou before, kak adit:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) untuk Benton dan cosrx , fungsinya beda. kalau kamu prefer ada additional benefit utk brightening, better Benton. kalau kamu pingin hydrating cosrx. :) tapi dua2 nya mengandung EGF untuk mempercepat perbaikan kulit :)

      harus pake sunblock donk :) pakai produk apapun, siang harus pake sunblock, untuk menangkal pengaruh buruk sinar matahari :)

      takutnya slow response, kamu follow ig aku aja ya : @Joshua_adityaa :)

      Delete
    2. thankyouu for answering, kak adit! i'll try it soon:))

      Delete
  57. halo kak adit. mau nanya, cosrx snail mucin ini bagus gak ya untuk mengatasi bekas bekas jerawat yg bentuknya bopeng gitu? atau kakak ada rekomendasi produk lain untuk masalah aku itu? soalnya aku sendiri gak gampang jerawatan sih kak cuma bopeng2 nya itu ganggu banget :(

    btw thanks in advance kak! suka banget sama rviewnya kak adit 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) kalau untuk bopeng, jujur kalau cuma skincare saja, agak susah.
      kamu harus treatment di dokter . salah satu treatment untuk bopeng misalnya : PRP . jadi dia accelerate pembentukan collagen, jadi bopengnya nutup:)

      makasiih :)
      follow ig aku @Joshua_Adityaa for faster response ya :)

      Delete
  58. Kalau untuk memperbaiki tekstur kulit sprti mnghilangkan bkas jrwt, lebih bagus yg benton atau yg cosrx ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      pakai dua2nya aja kalau mnrt ku sih.
      pertama pakai Benton,
      berikutnya pakai Cosrx.

      Delete
  59. Hi kak adit!

    Aku lagi cari cari review untuk toner.. kulitku oily banget, komedo dn pori” besar. Tapi ga jerawatan.. aku lagi mau coba cosrx bha blackhead power liquid.. aku bingung mau pakai toner apa. Sebelumnya ak gapernah pakai bha/aha skin care. Jd aku takut over kalo toner nya juga mengandung bha/aha. Menurut kakak toner apa yg cocok utk kulitku ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anastasia,
      kalau kulitmu oily , kamu harus cek dulu paling enggak tonernya jangan yang mengandung mineral oil.

      in general, toner yang sering dipakai ada 2 jenis,
      yang sifatnya exfo, dan hydrating.
      so .. biasanya orang pake yang exfo dulu, tunggu beberapa saat , lalu gunakan yang hydrating .. :)

      gitu ..
      utk yang exfo , ada Mizon aha/bha .. itu lumayan enak . tapi ada alkoholnya sih .
      kalau yang non alcohol, aha/bha nya cosrx.
      utk hydrating nya ada klairs dan nuxe :)

      Delete
  60. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  61. Kak kan udah beberapa minggu ini aku pake benton cuman nyobain yg travel size. Bagus sih hasilnya ga purging ga bruntusan. Pokoknyabaku ngerasa cocok, cuman aku pgn cobain benton. Kira2 bakalan breakout ga ya?😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fernada,
      kalau kamu ud nyobain bbrp minggu dan aman, harusnya pake full size pun aman2 aja :)

      Delete
  62. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  63. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  64. Hai kak aku baru mau coba essence tp bingung mau beli yg mana, aku pake aloe bha toner benton kira2 cocokan pake snail essence benton atau cosrx ya? Kulit aku oily, ga terlalu sering jerawatan, kalo lg tumbuh jerawat cuma sebentar ilang, tapi komedoku lumayan banyak kak 😂😂. Thanks!! 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Leila .. tergantung kebutuhan kamu.
      Benton dia lebih ke brightening,
      cosrx dia lebih ke hydrating :)
      kalau kamu mau sih , pakai dua duanya aja :)

      Delete
  65. Hai dit..kulit saya berjerawat besar dan bekas kehitaman..saya berobat di klinik erha sdh lama tp tdk membaik..kulit saya jd kering dan berjerawat.setelah googling saya berencana intuk menghunakan produk : sensatia acne (cleanser),benton aloe vera bha toner, cosrx snail (serum atau eseence? Saem aloe vera ( mouisturizer ) dan msh bingung untuk sunscreenua. Apaakh produk diatas ok intuk mengobati jerawat dan bekas jerawatnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rini,
      kalau kulitmu masih banyak jerawat aktif, memang lebih disarankan ke dokter.
      kamu di jkt ?
      kalau di Jakarta, saran saya better coba ke dokter kun.
      nanti setelah semua jerawatnya mereda, baru di treatment dengan skincare.

      in general, kita harus tau juga , penyebab jerawt kita apa.
      mungkin karena hormonal, misalnya, yang gak akan sembuh dengan skincare, tapi harus decouple dengan ahli gizi, untuk menyeimbangkan hormone kamu.
      atau misalnya karena pola makan dan pola hidup yang kurang baik, stress level tinggi, kurang tidur, makan banyak karbo dan gula dll .. kalau karena itu, kamu harus smbl mengganti pola hidup kamu , rajin olah raga dll , baru nanti obat jerawat yang kamu gunakan akan lebih berfungsi dengan maksimal.

      sehubungan denga nproduk di atas,
      sensatia acne aku blm pernah coba
      Benton bha toner , bagus , tapi purging dulu. kamu siap ga ?
      cosrx snail essence bagus juga , tapi ini bukan obat jerawat. snail mempercepat proses perbaikan kulit yang luka.
      aloe vera soothing agent.

      Benton aloe propolis membantu penyembuhan jerawat karena mengandung propolis, anti bacterial agent.

      kamu juga mungkin perlu minum vitamin C , zinc dan selenium.

      Delete
  66. hay adit..setelah liat review2nya, akhirnya aku bingung sendiri haha..
    kali ini aku ikutan nanya yah..
    kulitku uda mulai flek, blackhead lumayan sama whitehead banyak banget di T zone, kering tapi T zone siang berminyak...aku biasanya pake hadalabo gokyujun series..nah kan face washnya mild peeling yg ada aha/bha nya..itu hasilnya uda oke sih ka..cuma pengen banget lebih oke lagi..nah bingungnya
    1. untuk toner pake benton aloe bha atau cosrx aha/bha yah ka..soalnya face wash uda aha/bha..takutnya over..atau cukup hatomugi ya..?
    2. untuk cosrx aha/bha bolehkah dipakai setiap hari di pagi hari?
    3. untuk urutan yg bener itu gimana ka..
    - face wash
    - benton aloe bha toner / cosrx aha/bha toner
    - cosrx advanced snail 96 mucin essense
    - cosrx oil free ultra moisturizing lotion
    - biore uv aqua rich sunblock
    ini urutannya bener gak ka..atau over di salah satu produknya....tolong pencerahannya ya kaaaa :(( terimakasih yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Indah :)
      thanks uda mampir.

      iya indah.. better jangan terlalu banyak pakai produk aha bha.
      karena nanti di saat over exfo, yang ada malah kulitmu mengalami adverse reaction .. tipis, dll.

      kalau kamu uda pakai hatomugi itu ( aku belum pernah coba sih ) , dan produk itu ada exfo agent, better keep 1 aja.

      toner exfo better digunakan 1 x sehari. malam hari.
      kalau pagi kamu mau pakai toner, hydrating toner aja :)

      antara Benton aloe bha dan cosrx , aku lebih prefer cosrx.

      tapi untuk urutan, yang kamu list-kan di atas sudah bener :)
      untuk siang hari, tonernya pakai hydrating toner aja :)

      Delete
    2. ahhh..thankyou ya ka adit..sangat amat membantu sekali..jadi makin yakin ama step nya.. fix deh pilih cosrx aha/bha aja dibanding benton..makasi ya ka..update terus yah blog nya..banyak pencerahan hehe..

      Delete
  67. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  68. Halo Adit! Salam kenal ya, aku Ainun.
    Ini pertama kalinya aku liat review kamu beserta komen2nya yang sangat helpful. Jadi pengen ikutan nanya.. hehe.

    Aku bener-bener awam sama skincare, karena pada dasarnya cuek bgt, dan cuma ikut2an mamaku untuk ke dokter kulit. Berhubung mamaku agak mudah terpengaruh temen2nya, jadi tiap beberapa bulan sekali ganti dokter. Kulitku sih alhamdulillah gak sensitif jd bisa ngikut aja. Cuma lama-lama gerah sendiri karrna pada dasarnya aku ngerasa gak ada perubahan signifikan ke kulitku, cuma semakin memutihkan aja. Minyak dan pori2 yang besar ini masih sama, blackhead dan whitehead masih sama juga. Ditambah lagi, aku dulu pubertas di usia 11-12 tahun pas masih SD, dan itu jerawat gede2 suka numbuh dan pasti dipencetin, blm lagi pernah cacar dan dipencetin jg. Alhasil si muka ini teksturnya gak rata.

    Akhirnya sekitar 2 bulan yang lalu lepas krim dokter, karna mulai ngerasa terlalu putih dan gak nyaman sendiri. Awalnya cuma pake sabun muka biasa sama nature republic aloe vera pagi dan malam. Awal-awal enak, lama-lama kering bgt dan ngelupas, belum lagi makin kusam. Jadi sekarang lg bener-bener mau cari skincare yang yang cocok.

    Nah, sekarang itu skincare yang aku pake:
    1. Paula's Choice Skin Balancing Oil Reducing Cleanser (sehari 2-3 kali)
    2. Corsx BHA Blackhead Power Liquid (2 hari sekali, malam)
    3. St Ives Blackhead Clearing Greentea (setiap malam)
    4. St Ives Apricot (3 hari sekali, malam - kalo pake ini gak pake yg greentea)
    5. Mario Badescu Drying Lotion (untuk jerawat aja)
    6. Biore UV Aqua Rich (Sunblock tiap pagi)

    Nah aku sekarang lagi penasaran buat coba snail essence/cream dari Benton/Cosrx ini. Concern aku sekarang sih pengen bikin tekstur muka jadi lbh rata, ngecilin pores, sama ngilangin bekas2 jerawat, dan minimize jumlah minyak di wajah. Aku jg bukan orang yg suka pake make up untuk daily. literally cuma skincare, lipstick, dan alis.

    Menurut Adit, apa lagi skin care yang bisa aku pakai atau malah aku perlu hilangkan dari skincare routine aku? Kalo bisa sih yang 6 bulan ke depan udh lumayan hasilnya, karena aku mau nikah.

    Btw, kulitku super oily, large pores dengan blackhead dan whitehead, dengan tekstur yang gak rata dan ada beberapa bekas jerawat yang menghitam, usia aku 25.

    Maaf ya kepanjangan dan jadi cerita. Semoga ada pencerahan dari Adit :)

    Thanks before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ainun .. waduh .. 6 bulan lagi mu nikah ya..
      congratz ya .. semoga semua lancer aminnn..

      hmm, kalau akulihat di urutan skincare mu, sejujurnya banyak yang aku belum pernah coba ..

      yang aku sudah eprnah itu, power liquid. tapi itu bhanya 4 % , aku lebih prefer pakai clear pad karena persennya lebih kecil.
      kamu purging ga ?

      iya, aku lebih sarankan kamu nambah snails, dan aloe vera.
      karena snails ada EGF nya, epidermal growth factor, untuk mempercepat sembuh nya kulit kita kalau luka.

      aloe vera, soothing agent. I can't live without. :)

      tapi saranku, kamu sambil minum vitamin Nun.
      vit C, zinc, selenium. paling enggak 3 itu.
      dan probiotik : kefir , yoghurt ( ga boleh yang manis , karena gula meningkatkan sekresi kelenjar sebum ) .

      kurangi minum yang manis, kopi , vitamin B dan E , dan nasi putih. semua hal itu berkaitan dengan sekresi kelenjar sebum kamu :)

      coba lakukan itu dulu kurang lebih 2 mingguan ya.. lalu kamu kabari aku, kira2 gimana progressnya :)

      Delete
    2. Waaaah terima kasih Adit udh dibales :D
      Amiiinnn.. terima kasih doanya.

      Purging sih kadang, cuma gak parah dan gak semuka bgt, paling di beberapa titik aja di muka.

      Sip, makin yakin aku beli snails essence. Kayanya bakal beli Benton sama Cosrx jg nih. Btw kalo aku udh pake Snails, perlu pake Cosrx A-Sol jg gak ya?

      Untuk aloe vera, aku agak galau untuk pake lagi sih, karna aku sempet pake kok mukaku malah jd ngelupas-ngelupas dan kusam. Waktu itu emang gak pake skincare apa-apa sama sekali sih. Pure Nature Republic Aloe Vera sama sabun muka aja. Apa itu karna emang pas baru lepas skincare dokter ya?

      Anyway, kalo kontrol makanan manis dan nasi alhamdulilah aku udh jalan 2 minggu ini sih, sekalian diet soalnya :p

      Ohiya, berarti vitamin yg bagus itu apa yaaaa? Ku bingung, gak paham hehe. Maap banyak nanyanyaa.

      Makasih banyak, Adit!

      Delete
    3. hi ainun ..
      kelihatannya kalau mengelupas , mungkin memang itu karena proses lepas krim dokter.
      karena aloe vera ga ada zat yang bikin kulit mengelupas sepeti kalau kita menggunakan exfo agent ( AHA . BHA dosis tinggi , dll ) :)

      cosex a sol itu untuk obat jerawat. terutama untuk jerawat aktif. jadi kamu pakai cotton bud, titikkin di puncak jerawatnya gitu :)

      vitamin, aku minum nutrimax c plus , isinya vitamin c dan zinc. :)

      kabari aku update kamu ya :)

      Delete
    4. Halo Adit..
      Bisa jadi sih.. Nanti aku coba lg pake aloe vera nya deh.

      Oh jadi cuma untuk dititikin ya cosrx itu? Aku seminggu ini used it as toner padahal :" It works well so far sih. hehe

      Btw, sedikit update. Genap 1 minggu aku upgrading skincare, dengan urutan:
      AM:
      1. Paula's Choice Skin Balancing Oil Reducing Cleanser
      2. Cosrx Asol (sebagai toner)
      3. Cosrx Snail Essence
      4. Cosrx Snail Cream
      5. Biore UV Aqua Rich

      PM:
      1. Paula's Choice Cleanser
      2. Chenoa Skin Acne Treatment (Wash Off Mask, kalo Adit suka pake masker, this is truly my holy grail. Ini handmade dengan natural ingredients, kalo penasaran bisa cek Instagram @chenoa.skin hehe)
      3. Cosrx A-Sol
      4. Benton Snail Bee Essence
      5. Benton Snail Bee Lotion
      6. Benton Snail Bee Steam Cream

      Alhamdulillah 1 minggu ini mukaku gak ada purging, beruntusan, ngelupas atau yang sebagainya. Emang jadi hydrated bgt kulitku. Jerawat pada kering. Kebetulan seminggu ini jadwalku PMS, jadi calon jerawat bermunculan, tapi gak sampe bener2 gede udh kempes atau kering. Sama pori-poriku berasa agak lebih kecil dan jauuuh lebih bersih. Emang seminggu yang lalu sebelum memulai pake Snaily thingy ini aku pake alat pores suction gitu sih. Biasanya walaupun udh dikeluarin kaya apapun namanya pori2 besar kan pasti ada aja kotoran yg masuk satu-dua hari kemudian. Nah ini engga. Aku ngerasanya pori-pori aku bersih dan hidung juga gak jadi hidung landak lagi yey!

      Cuma yang masih aku rasain sih kayanya berminyaknya ini loh yang gak berkurang. Atau mungkin belum? Ada saran mengurangi minyak gak dit? hehe.

      Ohiya thankyou saran vitaminnya. Nanti pulang kantor kucoba.

      Yaampun panjang bgt ya.. maafkeunnn

      Cheers!

      Delete
    5. hi Ainun ..
      Yayy!! :) seneng deh kalo denger kabar baik gini .. hehe

      hmm. coba aku cek maskernya ya.. aku suka pake masker .. tapi lebih ke sheet mask, soalnya lebih praktis .. haha ..

      hmm, kalo oily, itu sebenernya banyak factor , umur , genetic dll.. tapi biasanya kalo kamu rajin minum jus wortel, atau minum vitamin C zinc, nanti sedikit banyak lebih terkontrol koq oil nya :)
      coba in deh :)

      Delete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. mBeumApril 6, 2018 at 6:36 AM
    Lagi iseng compare bbrpa produk k-beauty dan terdamparlah saya di blog mas Adit. Reviewnya bikin geleng geleng kepala...banyak beneeer mas yg udh di cobain hihihihi

    Need some advice dong mas..after baca buanyak review sy akhirnya pengen nyobain product Dr cosrx Dan secret key. Pengen cobain product k-beauty banget. Cuman sy mAh kudet soal skincare so selama ini cukup ngasal aja make skincare dan merasa cukup (facial wash, pelembab yg udh mengandung sunblock sekalian biar praktis). Duh sy list review mas Adit jadi berasa malu sendiri..berasa ga ngerawatin diri sendiri hihihi

    Hampir 3bulanan ini Sy baru nambahin cleanser, toner dan napca nuSkin, nuxe huile prodigiuse, eye cream ama peeling nuSkin (polishing peel)

    Jadi urutan ala saya:
    1. Cleanser (Viva Spirulina)
    2. Facial wash (ceraderm liquid soap)
    3. Toner (Viva Spirulina)
    4. Napca nuSkin (sifatnya bikin seger aja dan cepet meresap klo untuk sy)
    5. Eye cream (mizon)
    6. Nuxe
    7. Pelembab (Pond's age miracle wrinkle corrector day/night cream)
    8. Polishing peel nuSkin (1-2x dlm seminggu)

    Ngaco ga sey mas urutannya ? Hihihihi
    After pake 8 product diatasnya..yaa muka udh ga kering kerontang sey..udh kenyal dan moist..cuman ya Masi ada bekas jerawat, tone kulit blm merata..jd ya saya mau mencari product yg paling ga bs memenuhi harapan saya #halah

    Nah saya baru aja beli secret key snail+egf repairing facial foam ama SK prestige snail+egf repairing cream (bs digunakan untuk day/night cream)
    Saya berumur 35, jenis kulit kombinasi (normal-kering) sepertinya LBH ke arah kulit dehidrasi deh hehehe makanya kusem, berjerawat juga, tone kulit tidak merara dan kulit sensitif.

    Nah after curhatan saya yg panjang ini mas..ada saran ga product cosrx yg bs sesuai dgn kulit saya?

    Maaaf ya mas panjang bener curcolnya..makasi yaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mbeum .. haha
      iya nih .. sifat jelek, seneng coba produk baru . hahaha :)

      hmm, ada beberapa komen sehubungan dengan produk yang kamu gunakan , boleh ya ?

      1. kamu coba deh cek ingredientnya viva. soalnya, beberapa produk viva mengandung alkohol dan gak suitable untuk kulit problematik. alkohol itu bikin kulitu makin kering dan dehidrasi. aku ga tau yang spirulina ini ada alkoholnya apa enggak, ( belakangnya ada -ol nya biasanya . kamu bisa baca di ingredient listnya ) .
      2. kamu sudah ada ponds age miracle, nanti rencana menggunakan sk prestigenya gimana ? berarti age miraclenya siang? sk nya malam ? jujur sih aku belum pernah pake sk prestige ini. :)
      tapi dua cream yang kamu gunakan sifatnya anti aging. kalau kamu mau swap AM PM better yang satu sifatnya brigthening misalnya. jadi AM nya anti aging, PM nya brigtening. karena ini akan membantu kamu untuk mempercepat hilangnya spot di wajah:)

      3. kamu juga belum ada produk yang untuk jerawatnya. saranku,mungkin kamu dapat coba obat totolnya : mario badescu drying lotion. atau cosrx bha a sol tapi untuk di jerawatnya aja :)

      untuk Pond's , before afternya, kamu pernah merasa ada kecenderungan jerawat nambah dll gitu ga ?
      karena konsistensi yang sifatnya cream biasanya gak terlalu recommended utk acne prone :)
      gitu :)

      Delete
    2. Yeaaaaaaaay suhu skincare fast respond banget...thx anyway

      1. Soal toner..Sy mAh blank bgt akan produk skincare mas..baca review malah tambah bingung.menurut mas Adit, dgn kondisi wajah sy, cleanser ama toner yg bs cocok buat sy apa aja ya rekomen dr mas Adit?

      2. Niatan awal Pond's age miracle day cream emng mau dipake jadi am cream, SK prestige jadi pm cream. Untuk brightening cream rekomen mas Adit apa aja dgn mempertimbangkan kulit wajah sy yg kondisinya absurd bener hahahaha

      3. Produk jerawat sy ada vitacid..klo buat jerawat ditotol.cuman seringan males ya..dan apalagi vitacid bikin kering bgt untuk kulit yg dipakein. Dan LBH seringan males pake obat jerwt klo pas jerawatan..jadi.suka dibiarin GT aja hahaha #pemalasBanget

      4.pake Pond's so far sey ga ada keluhan jerawat..cuman ya hasilnya di sy St ya lmyn agak melembabkan aja. Pgn ganti sey day creamnya pake yg lain..sy sy jerawatan biasanya kalo pas mau periode/kena debu banget (muka lngs gatel dan bruntus jerawat muncul)..jerwt muncul juga klo pas nyobain priduk baru skincare (klo ga cocok).

      Mas urutan pake skincare buat kulit wajah sy..sebaiknya kek gimana dan apa aja..,plus beserta rekomen produknya nya ya hijihi..
      Thx a lot ya mas untuk share ilmunya..

      Delete
    3. hi mbeum .. sori aku lama balasnya yang ini..
      kemarin ada kerjaan 1 bulan ..

      yang pasti , kamu jangan pake toner yang ada alkoholnya.
      kalau aku boleh saran, kamu coba nuxe atau klairs aja.

      kalo kamu rencana pake produk yang kamu punya skarang. urutannya uda bener.

      cuma , kalau misalnya kamu mau ganti ,
      ganti tonernya sama klairs,

      sementara itu aja dulu :)

      Delete
  71. Hai adit. Aku baru mau pake centella blemish cream dari cosrx, nah sebelum pakai cream cocoknya pakai toner AHA/BHA atau benton snail bee ya? Soalnya mau ngilangin bruntusan, bekas jerawat nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi dian ..
      benton snail bee essence ?

      urutannya toner , lalu snail bee essence, dan centela cream.
      gitu :)

      Delete
  72. Halo adit, aku baru liat blog kamu & sangat tertarik dgn yg kamu bahas, sangat detail. Boleh kan aku tanya ttg produk lain disini? Kandungan utamanya ttp snail kok hehe. Boleh minta review ingredients nature republic snail booster? Aku udah liat di cosdna tp sama sekali ga paham saya kandungannya kecuali snail & alcohol �� aku tertarik bgt sm produk itu tapi msh ragu dgn kandungannya, apakah halal atau sebagainya. Ditunggu responsnya ya, makasih ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi eftinar .. thanks ud mampir2 ..
      hmm, kalau aku lihat listnya,
      alkohol masuk top 5 produk .. so , mnrt ku , agak risky pake produk itu.

      selain itu produk ini mengantung tocopherol. yang , di beberapa orang ,menyebabkan jerawat :)

      gitu :)
      sisanya sih yang lain kelihatannya aman2 aja

      Delete
  73. Halo kak adit, mau minta saran nih..
    Aku umur 24th dan kulit wajah tipe oily dan acne prone. Aku tuh mau ngecilin pori" dan mengurangi acne prone karena wajahku mau pms/tidak pasti selalu muncul jerawat. Perawatan yg ku pakai itu:
    1. Etude cleansing oil
    2. Innisfree bija cleansing foam
    3. St ives blemish apricot scrub 2x seminggu
    4. Freeman mint lemon mask 2x seminggu
    5. Innisfree bija toner
    6. Son park hydrating toner
    7. Innisfree green tea essence
    8. Innisfree green tea seed serum
    9. Innisfree bija lotion
    10. Innisfree sunscreen (siang)/laneige sleeping mask (malam)

    Kira-kira udh bagus ga sih kak utk tujuan ngatasi permasalahanku? Krn berhubung essence dan toner exfo ku mau habis, aku mau ganti ke benton aloe toner dan benton snail essence krn aku baca yg utk benton essence bisa memperkecil pori". Selain itu aku ganti karena aku pakai skincare toner dan essence skrg ngak ada hasil signifikan cuma aku cocok pakainya krn ngak bikin bruntusan dll. Kira" kakak nyaraninnya gimana ya? Tolong pencerahannya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      hmm, jujur aku ga terlalu pake banyak innisfree :)
      lebih ke Benton dan cosrx.
      jadi aku ga terlalu dpt kasi comment untuk item yang sedang kamu gunakan.

      tapi, kalau kamu mau ganti dengan Benton, saranku, coba start dari snail essence aja dulu,m jangan yang aloe toner . karena aloe toner ada BHA nya, jadi kemungkinan nya akan purging dulu. disamping, Son PArk juga dia ada exfo agentnya, jadi sebenenrya sama2 aja :)

      in general ,
      item yang kamu pake uda lengkap.
      mulai dari cleanser, scrub, toner , essence serum lotion dan UV .

      uda pake berapa lama ?

      Delete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  75. Hai ka adit, aku mau minta sarannya dari kaka,
    saat ini skincare aku:
    1. Nivea Makeup Micellar Water
    2. ST IVES Fresh Skin Apricot Face Scrub 2x seminggu
    3. Innisfree Jeju Volcanic Pore Clay Mask 2x seminggu
    4. Himalaya Herbals Purifying Neem Foaming Face Wash
    5. Natural Pasific Real Rose Floral Toner
    6. Natural Pasific Phyto Niacin Whitening Essence
    7. Benton Snail Essence
    8. COSRX Blackhead Power Liquid cuman aku pakainya ga sekaligus di barengin dengan benton snail essence aku pakenya COSRX Blackead Power Liquid hanya 3x dalam 1minggu.
    9. COSRX Aloe Soothing Sun Cream
    10. Nature Republic Aloe Vera Gel
    setelah pakai itu semua muka ku jadi bruntusan dan jerawatan ka aku juga gatau yang ga cocok di muka aku itu yang mana karna aku stop dan satu satu aku pakai tetep bruntusan nya ga ilang" aku juga udah nyoba pakai nature republic aloe vera gel yang katanya menghilangkan beruntusan tapi tetep aja bruntusannya ga ilang dan malah semakin banyak. karna aku ga pernah jerawatan terus sekarang jerawatan dan beruntusan aku jadi stress banget ka.mohon solusinya ya ka,
    ini urutan pemakaiannya ka,makasih ka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi isma .. aduhhh maaff bgt aku br bls .. aku lg sibuk bgt kmrn d lapangan ... hmm klo lihat dr produk yg km pakai .. klo lagi bruntusan , jgn scrub dulu .. jangan pake clay mask .. atau semua yg berbahan dsr clay .. nanti isi pori naik smua k atas .. dan mungkin drpdh bha power aku lbh prefer clear pad aja .. kelihatannya produk2 itu yg buat km purging

      Delete
  76. Halo kak adit please kasi aku saran donk mending pake benton paa cosrz. Tipe wajahku kombinasi dan jerawat kadang beruntusan kadang jerawat gede. Ak wktune sempet pake nacific serumny tp malah bikin tmbh oily wajahku.. krna ak pake cushion juga.. habis itu muka ku jdi suka bentol2.. g tau mana yg bikin bentol2. Krna ak pake cushion ini baru, jdi kadang pagi ak pakein toner, natrep trus cushion, masih kadang bentol. Trus ak pake nacific nih malemnya, paginya ak pake toner larisa, aloe sm cushion malah kadang siang itu muncul 1/2 bentol bentol. Skrg ak dh stop nacific tp masih pake natrep pagi sm malam. Nah ak tdi smpet baca essence yg rekomen utk tipe kulit aku muncul benton ini sm cosrxnya. Ak jd bngung mau yg mana. Plase saran kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ... hmmmm kamu mesti sambil stop nasi putih sama gula klo mau cpt berkurang jerawatnya. stop kopi juga klo km suka minum kopi. utk obat luar sbnrmya hanya sifatnya membantu aja. biasa sih aku pakai benton snail , aloe nya holika holika, toner clear pad cosrx , sama cosrx a sol utk obat totol nya atau mario badescu. gitu. km stop cushion juga

      Delete
  77. Halo kak adit. Aku tertarik dengan yang kakak bahas. Btw aku mau minta saran kak.
    Aku 20th, oily tapi ga bgt, selalu jerawatan tumbuh hilang tubuh hilang tapi ga parah, pori2 besar di daerah pipi dah hidung, dan blackhead dibagian hidung.
    Skincare yang aku pakai saat ini:
    1. Cosrx Good Morning gel cleanser (pagi)
    Senka whip (malam)
    2. Benton aloe bha toner
    3. Cosrx snail 96 mucin essence
    4. The ordinary Niaciamide
    5. Nature republic aloe vera
    6. Cosrx pimple patch (kalo lagi pengin ngempesin jerawat)
    Aku udah pakai hampir sebulan dan semua aku pakai pagi dan malam kecuali essence sm niaciamide aku pake pagi kalo sempet aja. Aku ngerasa muka aku sedikit membaik tapi sebel jerawat masih tetap datang mau itu pms ataupun tidak. Menurut kakak aku harus menambah skincare apa supaya jerawat aku ga gampang tumbuh lagi? Dan untuk pori2 hitam di hidung aku berencana beli Cosrx blachead powe liquid yg bakal aku pake cuma di hidung. Menurut kakak bagaimana? Ditunggu jawaban nya karena bisa sangat membantu aku. Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ... sori br balas ... aku kmrn sibuk bgt kerja d lapangan. hmmm km coba sambil minum obat minum : nutrimax c plus, puritan vitamin d3 , sama selenium di gnc. jangan makan vitamin e atau vitamin b kompleks karena dua vitamin itu memicu pembentukan sebum

      Delete
  78. hai kak adit. Mau nanya nih, aku awalnya pake missha essence dan aku ga notice adanya perubahan yang signifikan. nah, masalah kulit aku skrg teksturnya ga rata, warna kulit ga rata dan ada kayak jerawat tp ga sakit yang mungkin semacam beruntusan. aku rencana mau nyoba mandelic acidnya by wishtrend yang mana itu termasuk exfoliate daily yg ringan dan termasuk golongan aha. aku rencana mau mengganti essence ku dr missha ke Benton krn liat review Benton yang cukup baik dibandingkan missha. nah krn bahasan kakak Benton termasuk bha, apakah bisa dibarengin pemakaiannya dengan aha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      benton essence bhanya kecilll bgt
      bisa digabung aha .. asalkan golongan ringan spt mandelic :)

      Delete
  79. Haiii Adit, mnt saran donk aq skg br coba pke Cosrx snail96 essence br pakai 3hr dan emang bener kulit berasa kenyal2 bgt. Nah aq sih tergoda bgt pengen cb Bneton yg Essence jg. Sementara ini aq jg msh pakai the body shop yg tea tree untk tonernya. Tp aq br mau cb toner dr benton. Kulit aq cenderung berminyak dan aga jerawatan. Aq sih lg mau fokusin ke ngilangin bekas jerawat dan mencerahkan kulit muka ku.oohh iya aq jg br bgt cb sunsc
    reen dr cosrx yg aloe. Mohon pencerahannya y

    ReplyDelete