Tuesday, November 29, 2016

[Tips] Mengatasi Komedo di Hidung

Hi semua,
berhubung selama beberapa waktu terakhir ini banyak comment masuk mengenai bagaimana cara mengatasi komedo di hidung, pada postingan Adit kali ini, Adit ingin share sedikit mengenai hal-hal apa yang dapat kita lakukan untuk mengatasi komedo di hidung.

Well, ngomong-ngomong mengenai komedo, sebenernya, Adit yakin, hampir gak ada orang di dunia ini yang hidung nya tidak berkomedo sama sekali. Komedo terbentuk karena produksi minyak, yang kemudian menyumbat di pori-pori wajah. In general, komedo terbentuk di bagian tertentu di wajah kita seperti hidung, namun demikian, pada beberapa kasus, banyak yang memiliki komedo di lengan, atau di punggung, dan di dada. Karena komedo tidak mengalami inflamasi, biasanya komedo gak sakit apabila dipegang. Namun, aktifitas memegang dan 'memain-mainkan' komedo, sangat mungkin menyebabkan komedo tersebut menjadi meradang dan membesar.

Cara Mencegah Komedo 

Ada beberapa hal yang sangat mungkin kita lakukan untuk mencegah / mengurangi frekuensi terbentuknya komedo, seperti misalnya : 
  • Hal yang paling pertama yang harus kita perhatikan untuk mengurangi frekuensi terbentuknya komedo adalah : memperhatikan kebersihan kulit wajah. Beberapa hal yang harus kita perhatikan sehubungan dengan kebersihan kulit wajah adalah : 
    • Memilih pencuci wajah yang tepat, sesuai dengan kulit wajah kita. Untuk kulit wajah yang sensitif, hindari pencuci wajah yang terlalu keras . Adit pribadi lebih cenderung untuk memilih pencuci wajah untuk kulit sensitif. Karena, biasanya produk yang didedikasikan untuk kulit sensitif telah mengeliminasi zat-zat yang terlalu keras di kulit. Produk yang sedang Adit gunakan adalah : Klairs Gentle. I'm on the second bottle now, and i like it so far. :) ~ Review menyusul ya
    • Disamping mencuci wajah dengan sabun pencuci wajah, mungkin kamu perlu mempertimbangkan double cleansing. Hal ini juga selalu menjadi rutinitasku setiap pagi dan sore. Tujuan dari double cleaning ini adalah untuk mengangkat kotoran dan minyak, serta sisa-sisa produk yang susah diangkat oleh sabun wajah atau air. Produk yang aku gunakan saat ini : Clean it Zero . 
    • Setelah double cleansing, langkah terakhir dalam membersihkan wajah adalah : toner. Tujuan dari penggunaan toner ini di samping untuk menyegarkan, juga untuk mengangkat sisa sabun / kotoran yang mungkin terlewatkan oleh cleansing oil maupun pencuci wajah. Toner yang sedang aku gunakan : SK-II Clear Lotion. Sebelumnya aku menggunakan COSRX AHA/BHA toner, dan Mizon AHA/BHA. Ketiga toner ini sama bagusnya. Alasannya kenapa aku menggunakan SK-II Clear Lotion karena kandungan AHA dan BHA nya paling kecil diantara ketiga produk tersebut. Berhubung aku sudah menggunakan essence dengan kandungan exfoliator yang cukup tinggi persennya, aku memilih toner dengan kandungan AHA atau BHA paling rendah, agar tidak over exfoliate my skin :) 
  • Setelah cleansing department , hal berikutnya yang harus kita perhatikan adalah memilih produk yang non-comedogenic. Sebenarnya untuk korean skincare yang ada belakangan hampir semuanya sudah non-comedogenic. Walaupun demikian, untuk kamu yang mungkin membeli over the counter products, ada baiknya kamu memperhatikan faktor non-comedogenic ini sebelum membeli produk wajah . ( biasanya ada tertulis : non-comedogenic ) . 
  • Ada beberapa orang yang gak cocok dengan produk yang mengandung dimeticone, atau fatty alcohol , ada juga yang gak cocok dengan produk yang mengandung panthenol. Aku termasuk yang gak cocok menggunakan produk yang mengandung fatty alcohol terlalu sering. Biasanya kalau terlalu sering, mulai deh muncul whitehead / blackhead. So, untuk kulit yang clogged pores ada baiknya memperhatikan ketiga kandungan tersebut :) 
  • Hal lain yang harus diperhatikan adalah pemilihan shampoo . Tanpa kita sadari, kita seringkali terbujuk oleh iklan perawatan rambut : mengandung kondisioner tinggi, mengandung minyak ini itu, dan lain lain. Padahal, pada saat mencuci rambut, seringkali busa shampoo tersebut kena ke bagian wajah , punggung, pundak maupun dada kita , yang kemudian memicu terbentuknya komedo. Dulu dokterku selalu mengingatkan untuk tidak menggunakan produk yang terlalu high conditioner, dan selalu mencuci rambut dengan posisi kepala kebawah. Usahakan mencuci rambut terlebih dahulu, baru mencuci wajah, agar sisa shampoo yang mungkin ada di kulit wajah kita dapat ikut dibersihkan pada saat kita kemudian mencuci wajah kita. 
  • Hal terakhir yang mungkin dapat kamu lakukan adalah, menggunakan produk exfoliator secara rutin. Ada beberapa jenis exfoliator, yang sifatnya fisik / treatment , maupun yang sifatnya chemical. Untuk yang sifatnya treatment, antara lain microdermabrasi. Untuk yang sifatnya chemical antara lain AHA / BHA atau vitamin c dosis tinggi. Yang harus diperhatikan pada saat menggunakan exfoliating agent ini adalah : jangan over exfoliate. Frekuensi yang aku lakukan biasanya 2-3 hari sekali. Gak perlu semua digunakan. Cukup pilih salah satu , Kalau kamu bingung mau pilih yang mana , guidance nya antara lain : 
    • BHA ~ larut lemak, baik untuk problem clogged pores 
    • AHA ~ larut air, baik untuk problem discoloration seperti freckles dll 
    • vitamin C ~ untuk anti aging 
    • AHA / BHA dosis rendah, tidak bersifat exfoliating tapi lebih untuk menghaluskan
    • AHA / BHA dosis tinggi, bersifat exfoliating 
  • Untuk perawatan khusus di daerah hidung, saat ini ada banyak produk yang dapat kamu gunakan seperti misalnya : Ciracle , atau Laneige . Adit kebetulan menggunakan Laneige ini, namanya Laneige Blackhead Melting gel. Kenapa aku suka dengan produk Laneige ini, karena botolnya ada alat pemijat hidungnya. Haha. Rasanya enak banget pada saat mengaplikasikan gel sambil memijat-mijat. Seakan-akan ikut menstimulasikan komedo yang ada di dalam, jadi lebih mudah keluar :) 

  • Tujuannya untuk membantu membawa blackhead naik ke atas, sehingga lebih mudah diekstraksi. Penggunaannya simple : cukup dioleskan ke daerah hidung kita setelah kita mencuci wajah, lalu biarkan 10-15 menit. Setelah itu, Adit menggunakan blackhead extractor untuk mengangkat komedo.  Kalau kamu lihat di foto di bawah ini, pada extractor ada putih-putih, itu adalah isi komedo yang terangkat ke atas setelah aku menggunakan Laneige melting gel. :) 

Ok ! Semoga tips adit kali ini bermanfaat untuk kamu :) Nantikan tips dan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :) 

14 comments:

  1. Trimakasih review nya mas Adit^^ suka banget baca postingan2annya. Kulit wajah saya termasuk jenis yg sensian, manja dan gampang bgt ngambek alias breakout hehehe.. jd kbantu bgt dg info yg mas Adit tulis. Makasih makasiih makasiiih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Devi :) wahhhhh .. senenngg banget kamu mampir2 :)
      semakin bikin semangat nulis . hehe :) semoga terbantu ya :)

      Delete
  2. Kak, aku mau nanya, kulit aku oily on tzone dan acne prone di dagu sama kening dikit. Selama ini udah double cleansing, tapi toner cuma pake hidrating toner, yang hada labo. And somehow setelah baca baca reviewan kak adit jadi.kepikiran untuk exfoliation toner, dan bingung, should i go for benton aloe bha or cosrx asol, or do you have anything better? *mohon penceragan kakk^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hanum :) kalau acne pronenya dikit , better cosrx a sol aja :) . Jujur aku belum pernah menggunakan Hada Labo, jadi aku ga terlalu familiar dengan ingredientnya. Kalau boleh tau, nama lengkapnya si toner hada labo mu apa?biar aku coba cari tau lebih detail mengenai produk tersebut. beberapa produk yang sifatnya hydrating kadang2 ada kandungan oil nya, yang sebenernya ga cocok dengan jenis kulit kita yang tends to oily or acne prone

      balik lagi ke benton aloe bha atau cosrx asol, aku lebih prefer cosrx a sol , karena aku sudah pernah gunakan, dan cocok. :) walaupun aku menggunakannya lebih untuk spot treatment :) jadi hanya di daerah yang aku tau sering muncul komedo / jerawat. gak semuka2 , karena mengandung alkohol :)

      Delete
  3. Aku pakenya Hadalabo Gokujyun Ultimate Moisturizing Light Lotion kak.atau aku juga harus mempertimbangkan ganti hidration toner juga kak?
    Jerawatnya emang ga semuka sih kak, tapi datangnya gantian, begitu satu kering ada lagi yg baru. Tipe jerawatnyanya pun yang bumps dibawah kulit kak, nangkring lama bNget sebelum ilang :(

    Jadi, kalo aku pake a sol buat spot treatment, butuh toner lain gak yah kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Hanum, aku coba cek ingredientnya, untuk hydrating lotion, dia agak aneh. karena kandungan ketiga tertingginya adalah alkohol yang justru bikin kulit kering. kamu dapat cek di sini http://cosdna.com/eng/cosmetic_dc98257195.html ( copy paste linknya di browser )

      Walaupun kandungan lainnya ada hyaluronic acid , itu adalah moisture lock . banyak digunakan di hampir setiap cosrx product.
      alkohol sebenernya ga bikin jerawatan. tapi dia bikin kulit kering,yang, di saat kulit kering, kulit akan memproduksi lebih banyak 'minyak' , yang kemudian akan membuat produksi sebumnya meningkat. bha a sol pun ada alkoholnya, tapi aku gunakannya hanya malam hari , dan gak semuka. so, kalau kamu mau tetap menggunakan hadalabo, gak bisa pagi sore kayaknya menggunakan toner nya :)

      a sol bukan toner, kamu ttp perlu toner sih , untuk mengangkat sisa sabun dan sisa kotoran yang gak keangkat oleh sabun. :)

      Delete
  4. Ehh? Jadi meskipun dibilangnya moisturizing, tapi malah bikin kering yah kak?
    Jadi baiknya pakenya malam aja kak? Masih ada sisa sebotol, setelah ini abis mungkin akan ganti.

    So, any recommendation untuk toner penggantinya kak? I find it kindda confusing to lok for a toner :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Hanum, jadi kandungan alkohol itu sebenernya ada 2 jenis, aku pernah mengulasnya di blog beberapa waktu yang lalu :) ada yang non-fatty alcohol dan fatty alcohol. untuk yang non-fatty alcohol, dia fungsinya dalam suatu produk , dia membuat produknya cepat kering di muka. nah, problemnya, dia mengikis skin barrier apabila digunakan terus2an, dan untuk kulit sensitif memicu iritasi juga. fatty alcohol ( steryl , benzyl , dll ) , sering kamu temukan di kandungan cream . dia berfungsi untuk melumasi kulit. problemnya untuk kulit yang oily dan acne prone, ini malah mungkin memicu jerawat atau whitehead ( maka dari itu sudah berapa lama ini aku menghindari cream wajah ) .

      untuk toner pengganti, sebenernya aku lebih sarankan kamu coba mizon AHA BHA , tapi agak susah carinya. beberapa beauty blogger merekomendasikan son and park, tp aku belum pernah coba. AHA/BHA cosrx lumayan, tapi kalau dicompare dengan mizon masih lebih bagus mizon. SK-II clear lotion juga bagus, tapi pricey :)

      Delete
    2. Okey ka adit, nanti ku liat mana yg bisa ditemukan, hehehe. Makasih masukannya kaa, keep writing yaa, love to read all of your reviews

      Delete
    3. siapp :)
      good luck hanum ..

      sering2 mampir ya :)

      Delete
  5. ka adit .. kalo di lipetan yang di pinggir hidung nya beda warna sama warna kulit hidung .. pake apa ya ? aku kaya nya berasa lipetan hidung tersebut hitam gitu ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lisa...
      bahahaha .. pertanyaan mu bikin aku tersenyum di pagi hari :)
      hmm, kalau beda warna sebenernya semua orang pasti gitu. karena di lipatan ( in general , seperti ketiak, dll) , banyak berkumpul sel kulit mati.

      kalau kamu mau mengangkat sel kulit mati tersebut, bisa dengan vitamin C serum , misalnya. atau AHA BHA ( dosis rendah aja ) .
      atau yang paling simple, kamu menggunakan BB cream untuk meratakan tone wajah semuka :) . aku menggunakan Klair blemish, karena bikin muka lebih glowy dan gak bikin jerawat di kulitku :)

      Delete
  6. kak adit mau tanya nih...btw seneng banget yahh baca2 postingan kakak...kulit aqu acne prone and gak terlalu sensitif sih ya....sekedar info untuk regime pagi : facial wash the body shop tea tree, toner benton, fte skII, WSDB SK II terus ditimpa sunblock ice sun nature republic spf 50, finishing pake bedak tabur marcks. regime malam : bioderma, facial wash tbs tea tree, toner benton, FTE SK II, Essence fermentation benton, drop of light essence The Body Shop, Drop of Light serum brightening by The Body Shop, Serum RNA SK II, kadang2 pake serum vitamin C Mario Badescu, trus terakhir pake RNA Cream SK II. yang mau aq tanyakan adakah yang berlebihan dari regime aq pagi dan malam karena jerawat selalu muncul di dagu dan bagian yang itu2 saja>>>untuk result bagian wajah yang lain cerah, supple, dan pori@ masih besar dan belum rapat. makasihhh kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Almahyra, thanks ud mampir, maaf baru bales. di kantor ku skarang google di block, jadi aku ga bisa buka blog .. sedih ..
      hmm, mengenai concern mu, jerawat di dagu itu itu terus, biasanya kalau di dagu sih , setahuku, related dengan pasta gigi.

      kamu kalau sikat gigi, busanya suka kena dagu ga ? ** dokterku dulu bilang gitu, dulu aku juga ada lemak2 putih di dkt dagu, dokterku dulu bilang suru ganti pasta gigi jangan yang mengandung fluoride , eh, sejak itu berangsur menghilang jerawatnya

      Delete