Thursday, November 24, 2016

[Tips] OMG!!! I'm Breaking-out !!!!

Dorr ! Ini dia perasaan yang aku alami saat beberapa waktu yang lalu sempat tiba-tiba aku mengalami breakout di pipi, di hidung , gak banyak sih .. di pipi kiri 2 , di pipi kanan 1, di hidung 1 . But this is so not me banget .. sudah sejak beberapa bulan aku gak break out, so .. sedih aja rasanya, saat tone kulit kita sudah mulai bersih , ehhhh .. kotor lagi !! Hukz

Ok, sebelum aku cerita lebih jauh, berikut kurang lebih tampilan kulitku sebelum breakout terjadi. As you can see in the pictures, i had some minor discoloration from the purging extraction. However , other than that, my skin looked completely normal. gak kering sedikit, tapi that's fine.


Lalu kemudian, sehari setelahnya .. jreng-jreng ... muncul jerawat besar besar , dan merah di kulitku .. hanya selisih satu hari .. tiba-tiba semua nya bermunculan.


To be honest, walaupun aku menulis blog untuk skin care dan perawatan kulit, kalau lagi 'terserang' jerawat seperti ini, aku pun shocked ! Apalagi kalau dalam waktu dekat ada event penting, atau kerjaan yang mengharuskan aku ketemu banyak orang. Munculnya jerawat seperti ini membuatku panik, dan nervous somehow. Tapi , biasanya aku gak tinggal diam. Mau tau yang aku lakukan kemudian ?

What I Did Then ... 

Seringkali pada saat kita mengalami breakout, kita kaget , sedih, panik, kesel.. tapi ya sudah .. gitu doank. betul ? Nah, untuk Adit, aku biasanya ga bisa tinggal diam pada saat breakout. Ada beberapa hal yang aku lakukan yaitu :

  • mengecek produk apa yang baru aku gunakan dalam waktu 1-2 minggu terakhir 
  • membuat list makanan apa yang sebelumnya jarang aku makan 
  • membuat list aktifitas apa yang aku lakukan selama beberapa hari berturut-turut 
  • trace back, kira-kira bagaimana schedule tidurku, work load ku, stress level ku, aktifitas olahraga, intensitas minum air putih, intensitas makan sayur dan buah, frekuensi mencuci muka (pagi dan sore kah, atau pagi dan larut malamkah, misalnya) 
Ok, mungkin kamu bertanya-tanya kenapa aku harus melakukan keempat hal tersebut. Berikut penjelasan singkatnya.

Sehubungan dengan produk baru , se-detail apapun kita melakukan investigasi awal mengenai satu produk sebelum akhirnya memutuskan mencoba produk tersebut, kadang-kadang, ada satu dua hal yang luput dari perkiraan. Salah satunya alergi. Memang alergi ini tricky banget. Kita tidak dapat mengandalkan review orang lain, atau Cosdna , karena alergi ini reaksi yang sifatnya individual. Anggaplah dari  100 orang, mungkin 99 orangnya aman menggunakan produk A , tapi 1 orang , mungkin alergi terhadap zat spesifik yang terkandung di dalam produk tersebut. Apesnya, mungkin yang 1 orang itu adalah kita. Ciri-ciri alergi biasanya agak spesifik. Jerawat yang muncul karena kita ga cocok dengan satu zat didalam produk, biasanya muncul beberapa biji , pada waktu yang hampir bersamaan. Ini indikasi awal bahwa kita alergi. Gak musti dari produk sih, mungkin dari makanan . Oleh karena itu, point berikutnya adalah mengecek, makanan apa yang kita makan baru baru ini. 

Membuat list mengenai makanan apa yang baru kita makan memang sangat penting, terutama untuk kita yang punya tendensi alergi. Back in 2010, salah satu rumah sakit di Bandung mendeteksi, paling tidak, aku alergi terhadap 10-15 jenis alergen ( dari total 38 alergen yang dites ) . Pada kenyataannya, mungkin aku alergi terhadap lebih dari 15 jenis alergen cuma kebetulan ga ada sample nya di rumah sakit.  Oleh karena itu, dengan membuat list makanan yang baru aku makan, aku mempunyai hint kira-kira, aku alergi terhadap makanan apa saja. Untukku, kalau aku mau alergi biasanya aku merasa badanku agak panas dulu, kuping memerah, kulit tiba-tiba kering karena dehidrasi, barulah reaksi alergi yang sebenarnya muncul. 

Berikutnya, membuat list aktifitas yang sedang rutin aku lakukan. Misalnya, aku sedang rajin rajinnya yoga, setiap hari , menggunakan matras , ternyata daerah pipi yang mungkin menempel pada matras jadi jerawat. Ada kemungkinan, matrasnya kotor. ( misalnya ) . Atau, aku sedang rajin-rajinnya cardio, dan minum energy booster atau minuman energy drink lainnya, atau hal lainnya. Dengan membuat list aktifitas, kita juga mempunyai hint apa-apa saja yang mungkin menyebabkan timbulnya jerawat. 

Terakhir, aku mentrace back my daily routine selama 1-2 minggu terakhir. Misalnya, kalau aku sedang deadline, stress level naik, jarang cuci muka karena pulang malam terus, sering lupa minum, makan tidak teratur, waktu berolah raga kurang, plus waktu tidur kurang. Lengkap sudah. haha. 

Investigating My Self 


Berdasarkan point-point tersebut di atas, akhirnya aku melakukan investigasi terhadap diriku sendiri. Dan ini hasilnya :

Well, i need to confess, untuk kamu kamu yang sering membaca blogku, kamu pasti aware bahwa Adit sering merekomendasikan untuk memberi jeda pada saat memperkenalkan produk baru ke kulit kita kurang lebih 1 bulan. Nah, karena kemarin aku cukup yakin dengan analisa ku, akhirnya aku menambahkan beberapa produk baru dalam waktu yang hampir bersamaan . Produk itu adalah :

    • Klairs Rich Moist Foaming Cleanser 
    • Missha FTE Intensive 
    • Banila & co. Clean it Zero - Original 
Awalnya aku sangat yakin bahwa ketiga produk ini aman, sehingga aku menggunakan ketiga produk baru ini dalam waktu yang hampir bersamaan. Dan sekarang aku bingung, yang mana kira-kira yang 'mungkin' gak cocok dengan kulitku. Akhirnya, aku baca lagi semua beauty blogger, baca lagi cosdna results, baca lagi Reddit forum. Rata-rata untuk Missha FTE, gak ada comment negatif, begitu pun untuk Klairs Rich Moist Foaming Cleanser. Tapi, untuk Banila & co Clean it Zero, ternyata aku gak sengaja menemukan satu bahasan di Reddit , di forum Benton , ada yang mengeluh karena kulitnya gak pernah berhenti berjerawat sejak menggunakan Clean it Zero.


 Aku jadi curiga, apa jangan-jangan ada satu ingredient yang gak cocok di kulitku. Waktu aku cek di cosdna, memang salah satu ingredientnya adalah mineral oil, yang, selama ini kayaknya tidak membuat aku breakout. Apakah jenis mineral oilnya berbeda? Anyway, untuk sementara aku tampung dulu kecurigaan ini. So, dari 3 produk yang aku gunakan, Clean it Zero , mungkin salah satu produk yang membuat breakout. Next, makanan.

Nah, makanan ini juga agak-agak susah ditrace. Di kantorku baru ada Lawson, dan aku lagi kegilaan dengan 'oden' yang dijual di Lawson tersebut. Oden ini, mengandung : kepiting, udang, salmon, tuna, dll . Which is, sangat berpotensi untuk menyebabkan alergi. Tapi kalau diingat ingat, aku makan oden ini sudah hampir sebulan, dan so far aman-aman saja. Lalu aku ingat, bahwa tepat sehari sebelum aku breakout, aku minum kopi pagi-pagi, ditambah satu sendok VCO ( high concentration of virgin coconut oil). Ini dia nih, walaupun banyak review positif untuk VCO ini, karena ini adalah salah satu makanan yang tidak pernah aku makan sama sekali sebelumnya, aku mulai curiga jangan-jangan VCO ini yang kemudian membuat aku break out. Again, aku tampung juga kecurigaan ini. So far berarti ada 2 yang aku curigai. Next , aktifitas sehari-hari .

Berhubung bulan desember nanti aku mau jalan-jalan, belakangan ini aku lagi rajin-rajinnya cardio. Targetku adalah 600 kalori perday , 7 days a week. So , lumayan dalam waktu 2 bulan 2 minggu, aku sudah turun 7.5 kg. haha ( nanti aku buat posting khusus mengenai bagaimana cara menurunkan berat badan ya ) . Nah, untuk mendukung aktifitasku ini, aku minum energy booster. Normalnya, kalau aku minum energy booster 1 kali sehari, semua aman-aman saja. Tapi sudah beberapa hari ini aku minum 2 kali sehari. Padahal, energy booster mengandung kadar gula siap pakai yang cukup tinggi. Yang artinya, sangat mungkin meningkatkan produksi sebum, yang kemudian menyebabkan jerawat. Counter intuitive nya adalah, biasanya orang-orang yang berjerawat karena menggunakan energy booster, jerawatnya ga cuma di wajah, tapi kadang di punggung. aku cuma di wajah, so, it's not very clear whether i need to factor in the energy booster to the breakout or not.

Yang lainnya, ritme tidur, stress level, minum air putih dll, semua nya aman, karena aku baru close out untuk tahun ini. So, aku sedang santai-santainya.


Test The Suspicions 

Mengetes kecurigaan kita ini sebenernya ngeri-ngeri sedap. Di satu sisi, aku ingin tau, hal apa yang membuat aku jerawatan, sehingga kedepannya bisa aku hindari, di sisi lain, apabila ternyata pada saat melakukan test , kemudian muncul jerawat .. pasti bete banget ya kan ? But I really need to do it. Aku ingin semuanya clear.

Test no.1 : Clean it Zero 

Untuk test yang pertama ini, aku stop : VCO, dan energy booster,  tapi aku melanjutkan menggunakan Clean it Zero. No new acne at all. 
Berdasarkan hal ini, aku cukup yakin bahwa bukan Clean it Zero yang menyebabkan breakout di kulitku. Hal ini penting, karena , aku memilih Clean it Zero berdasarkan review di beauty blog lain dan cosdna. Pembuktian bahwa Clean it Zero tidak membuatku jerawatan, itu artinya review di beauty blog dan cosdna terbukti dapat dipercaya. 


Test no.2 : Energy Booster 

Setelah kurang lebih 3 hari aku menggunakan Clean it Zero dan gak ada jerawat baru, aku mulai minum lagi energi booster : 1 kali sehari. Selama 3 hari. So far aman. Lalu kemudian aku mulai menaikkan jadi 2 kali sehari. Gak ada jerawat, tapi aku notice whitehead di hidungku agak banyak. So, dari sini aku tau, mungkin limitasi penggunaan energy hooster itu maksimal 1 hari untukku. Lebih dari itu, produksi sebum meningkat drastis. 

Test no.3 : VCO 

Untuk VCO ini, karena aku yakin aku belum pernah minum VCO sebelumnya. Aku agak reluctant untuk mulai mencoba memasukkan VCO ini ke dalam tubuhku. Akhirnya aku search di google, dan hasilnya, ada memang beberapa orang yang gak bisa minum VCO atau extra virgin olive oil, karena itu akan meningkatkan produksi sebum secara significant , sehubungan dengan tingginya konsentrasi oil tersebut di dalam produk. So, aku memutuskan untuk sama sekali tidak menggunakan VCO lagi. Hasilnya, sampai saat ini, tidak ada jerawat baru muncul. Untuk mengetes apakah aku alergi atau tidak terhadap VCO, rencananya kapan kalau aku sempat, aku akan datang ke dokter alergi. 


Kalau kita lihat di foto 'Day 9', foto itu aku ambil sekitar 2-3 hari yang lalu. So far , bekasnya sudah mulai memudar, dan belum ada jerawat baru yang muncul. So kesimpulannya saat ini, dengan tetap menggunakan Clean it Zero, dan minum energy booster, namun tidak makan VCO, jerawatnya stop. So, the acne most likely came from the VCO. Ini adalah jenis kesimpulan yang aku perlukan, so i need to avoid the VCO. No VCO at all for me. Berikutnya, hal-hal apa saja yang aku lakukan selama 9 hari tersebut. 


When Acne Comes .. 

Walaupun aku sudah pernah posting mengenai tips seputar acne, khusus untuk postingan kali ini, Adit akan bahas hal apa saja yang aku lakukan mulai dari Day 1 to Day 9.

  • Minum air putih, infused dengan lemon ( kalau kamu sering lupa minum air putih, buat alarm di handphone sekitar 1 jam sekali, khusus untuk mengingatkanmu minum air putih ) 
  • Aku mengurangi makan daging, ganti dengan sayur dan buah . Well, sebenernya ini related dengan temperature badan. Karena naiknya temperature badan memiliki tendency untuk meningkatkan produksi sebum sampai 10 kali lipat lebih banyak, dan, makan daging akan menaikkan temperature badan, akan lebih baik untuk makan sayur dan buah :) 
  • Aku makan vitamin C + Zinc ( merk Nutrimax, namanya C plus ) , karena kombinasi antara vitamin C dan zinc akan mempercepat proses penyembuhan luka yang ada di kulit akibat jerawat , sehingga bekas jerawat lebih cepat kering . SElain itu, zinc juga membantu mengurangi sekresi sebum 
  • Kompres jerawat. Dulu , aku kompres jerawat dengan SK-II. Nah , karena sekarang aku sedang menggunakan Missha ( dan missha gak bisa digunakan untuk kompres-kompres karena mengandung AHA , untuk jelasnya kamu dapat klik di sini ) Missha cukup efektif untuk mengompres bagian yang memerah, yang tidak ada luka terbuka nya. ( tapi tidak untuk luka terbuka ) 
  • Tetap rajin olah raga, pastikan kulit terjaga kebersihannya, tidak terlalu sering melihat cermin ( karena kamu akan makin stress sendiri. ) 
  • Tidak terlalu panik, dan impulsively membeli produk secara tergesa-gesa . In fact, sebaiknya kamu tidak menambahkan produk baru dalam rutinitas harian kamu , tanpa investigasi yang detail. Karena takutnya, justru produk ini akan semakin memperparah kondisi kulitmu ) 
  • Aku juga gak berusaha menutupi daerah yang memerah dengan apapun, misalnya concealer, foundation, apapun. Seringkali pada saat berjerawat, seseorang cenderung berusaha menutupi jerawat tersebut dengan make up yang tebal, foundation, atau concealer. Hal ini malah akan memperparah kondisi kulitmu. So it's a No No ! 
  • Satu hal yang mungkin perlu aku tambahkan adalah, seringkali kita harus mampu menyadari , kapan saatnya kita sudah harus ke dokter kulit. MEngenai dokter kulit ini, pastikan kamu memilih dokter kulit karena kualitasnya, dan kredibilitasnya. Jangan asal pilih dokter kulit. :) 
Maaf hari ini postingannya panjang. Semoga membantu :) Tetap di Groom it Like Adit 

kompres kompres activity ( LoL ) 

16 comments:

  1. ditunggu postingan buat nurunin berat badannya kak :D
    oia, energy boosternya apa ya? biar tetep kuat secara keluarin 600kalori sehari bs bikin lemes tuh :D :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ade :) , aku uda posting mengenai berat badan . hehe :)
      semoga membantu :)

      haha, 600 kalori burnt itu campuran antara kopi asli + jahe merah + gula merah. setiap pagi. lalu .. minuman khusus booster. tapi ga berani share, takutnya kamu ga cocok :) beberapa orang minum itu jadi jerawat gede2 di punggung ( untung aku enggak .. fiuhhh )

      Delete
    2. kopi asli yang ditumbuk gitu ya ka adit? kalo kopi emang bener sebelum olahraga minum kopi langsung semangat dan ga cepet cape.
      wah aq kalo minum jahe langsung kumat maagnya hikhik, soalnya dulu pernah mau coba diet minum teh hijau sama jahe merah eh baru 1 hari udah kumat aja maagnya, alhasil jadi batal dehh.. ada saran yang lain gak kak buat energy burn? hehehe

      Delete
    3. kopi asli yang ditumbuk gitu ya ka adit? kalo kopi emang bener sebelum olahraga minum kopi langsung semangat dan ga cepet cape.
      wah aq kalo minum jahe langsung kumat maagnya hikhik, soalnya dulu pernah mau coba diet minum teh hijau sama jahe merah eh baru 1 hari udah kumat aja maagnya, alhasil jadi batal dehh.. ada saran yang lain gak kak buat energy burn? hehehe

      Delete
    4. hi Ade, yang bikin sakit maag kayaknya teh hijaunya deh :) teh hijau sensitif untuk yang punya maag , terutama kalau pekat. jahe seharusnya enggak sih :) coba deh :)

      energy burn , hmm, kalau dulu sih , aku makan coklat batang satu kotak doang . untuk energi siap jadi :)
      kopi plus susu coklat juga gitu boleh sih .. pada intinya untuk energi , paduan antara caffeine dengan gula . :)

      Delete
  2. Ka adit.. aku muncul lg baca2 postingan ka adit lg nih.
    Dan kebetulan mau cari pencerahan dgn break-out n snail products.
    Btw, 2 weeks ago, aku pake bha cosrx nih. Awalnya bagus2 aja, ga masalah, tp bbrp hr ini muncul lah jerawat sedang-gede, di dagu-leher, which is semenjak umur 20-an, daerah itu rutin jerawatan. Dan slama 3 bulan pake skincare routine nya cosrx, jarang bgt jerawat disitu. Jerawat dgn pus lumayan, dan aku pakein totol jerawat spy cepet mateng.
    Nah skrg sih, pus nya udah kluar, jerawatnya udah calm. Cmn as usual, bekasnya yg bikin sedih.
    Aku kebetulan, emg on my period, kurang tidur, kurang olahraga, dan kerjaan lg on pressure, kurang minum pula, sering panas2an (tp aku pake safeblock missha spf 50)
    So far aku masi lanjut pake BHA, muncul 1 lg jerawat di daerah yg sama, ga gede2 kyk yg sebelumnya.
    Jd gmn yah ka? Apa ga cocok pake bha? Aku salah jg sih, kmrn bha nya aku barengin sm aha. Skrg aku selang-seling. Hehe.. :)
    Dan soal snail products, bagus ga buat rehidrasi kulit, kan texturenya lumayan tacky, jd aku pikir bs ga buat hydrating, soalnya aku cmn pake honey overnight mask nya doang, which is sooo gooddd, sesuai bgt sm postingan ka adit sebelumnya.
    Dan gara2 postingan yg snail mucin cosrx vs benton, aku jd envy pengen beli..
    untuk skrg kulit aku udah membaik, bekas jerawat udah kering, ga ada yg merah2 (tp tetep bekas jerawat di leher ini bikin kesel),, ga cepet oily nya tetep sejak aku pake cosrx, 1 jerawat sisa di leher.. aku heran aja, kok smua jerawatnya di bawah dagu-leher, itu pun cmn di kanan dan kiri dkt telinga. Walaupun emg dr dulu sring jerawatan d situ.
    Thank you for your increadible posts ka adit. Waiting for your next sharing.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nanda :)

      wahh, lengkap comment nya :)
      seneng deh :)

      aku coba comment untuk AHA / BHA selang seling ya.. untuk kulit oily,sebenernya fokus di BHA aja Nanda :) AHA untuk skin discoloration.
      takutnya kamu selang seling malah jadi over exfoliated kulitnya.

      jerawat di daerah yang sama, itu artinya, memang purging. seringkali, pus yang ada di dalam kulit itu jauh di dalam, jadi timing dia keluar / muncul ke permukaan , agak lebih lama. however, daerah yang sama menunjukkan itu purging ( mungkin lebih tepatnya aku sebut delayed-purging) . indikasi ga cocok itu kalau kamu muncul jerawat nya di daerah yang gak pernah jerawatan sebelumnya. so saranku, tetap gunakan, mungkin sementara ini frekuensinya dikurangi aja. tapi jangan stop. kalau kamu stop terlalu lama, nanti pas kamu gunakan lagi produk tersebut, kamu akan purging lagi ( walaupun gak se ekstrim yang awal awal ) .

      snail essence bagus untuk hydration koq Nanda :) dan aku setuju, overnight mask ini HG banget sih !! :)

      mengenai jerawat di leher, ada beberapa comment :
      1. untuk di leher dekat ke rambut ( mungkin rahang tepatnya ) , kamu musti cek shampoo mu terlalu high conditioner gak ? takutnya, conditioner nya bikin kulit clogged.

      2. kalau kamu sering naik motor , ojek , gojek, gitu misalnya. daerah leher itu terekspose debu lumayan banget tuh. atau kalau sering jadi di pipi deket rambut, bisa jadi karena helm yang kamu gunakan kotor. busa nya isinya debu dan bakteri. so, kalau kamu naik ojek, walaupun ribet, better bawa helm sendiri.

      3. bekas jerawatnya yang di leher uda rata sama kulit atau masih ada benjolan ? kalau masih ada benjolan, berarti pus nya belum keluar semua. biasanya bekas jerawat susah hilang kalau pus nya masih ada yang tersisa di dalam. kalau uda ga ada benjolannya, coba kamu gunakan cotton bud, oleskan AHA, setitik. bener2 setitik, di tengah PIH tersebut. jangan melebar ke samping ya. start dari 3 hari sekali aja dulu. nanti kalau masih ada pus, dia akan keluar lagi, tapi kalau ga ada , AHA memang lebih efektif untuk mempercepat spot treatment.

      Delete
  3. hi Nanda :)

    wahh, lengkap comment nya :)
    seneng deh :)

    aku coba comment untuk AHA / BHA selang seling ya.. untuk kulit oily,sebenernya fokus di BHA aja Nanda :) AHA untuk skin discoloration.
    takutnya kamu selang seling malah jadi over exfoliated kulitnya.

    jerawat di daerah yang sama, itu artinya, memang purging. seringkali, pus yang ada di dalam kulit itu jauh di dalam, jadi timing dia keluar / muncul ke permukaan , agak lebih lama. however, daerah yang sama menunjukkan itu purging ( mungkin lebih tepatnya aku sebut delayed-purging) . indikasi ga cocok itu kalau kamu muncul jerawat nya di daerah yang gak pernah jerawatan sebelumnya. so saranku, tetap gunakan, mungkin sementara ini frekuensinya dikurangi aja. tapi jangan stop. kalau kamu stop terlalu lama, nanti pas kamu gunakan lagi produk tersebut, kamu akan purging lagi ( walaupun gak se ekstrim yang awal awal ) .

    snail essence bagus untuk hydration koq Nanda :) dan aku setuju, overnight mask ini HG banget sih !! :)

    mengenai jerawat di leher, ada beberapa comment :
    1. untuk di leher dekat ke rambut ( mungkin rahang tepatnya ) , kamu musti cek shampoo mu terlalu high conditioner gak ? takutnya, conditioner nya bikin kulit clogged.

    2. kalau kamu sering naik motor , ojek , gojek, gitu misalnya. daerah leher itu terekspose debu lumayan banget tuh. atau kalau sering jadi di pipi deket rambut, bisa jadi karena helm yang kamu gunakan kotor. busa nya isinya debu dan bakteri. so, kalau kamu naik ojek, walaupun ribet, better bawa helm sendiri.

    3. bekas jerawatnya yang di leher uda rata sama kulit atau masih ada benjolan ? kalau masih ada benjolan, berarti pus nya belum keluar semua. biasanya bekas jerawat susah hilang kalau pus nya masih ada yang tersisa di dalam. kalau uda ga ada benjolannya, coba kamu gunakan cotton bud, oleskan AHA, setitik. bener2 setitik, di tengah PIH tersebut. jangan melebar ke samping ya. start dari 3 hari sekali aja dulu. nanti kalau masih ada pus, dia akan keluar lagi, tapi kalau ga ada , AHA memang lebih efektif untuk mempercepat spot treatment.

    ReplyDelete
  4. Hallo, Kak Adit.

    Aku kan jerawatan (bisa dibilang parah), bekas yang lama belum hilang, eh udah datang lagi jerawat baru. Waktu aku SMK juga jerawatan, tapi bruntusan doang. Eh, pas kuliah malah makin parah. Bekasnya ngga enak dilihat, Kak. Belum pernah ke dokter kulit buat periksa, karna aku belum begitu pusingin soal muka. Hehehe. Anaknya polos banget. -_-

    Sekarang mau mulai pelan-pelan belajar ngerawat muka, Kak. Pengen muka bersih, ngga jerawatan, terus bekas jerawat memudar.

    Sekarang ini, aku ngga pake apa-apa karna takut memperparah jerawat. Jadi cuma cuci muka pake facial foam-nya Sari Ayu. Aku juga ngga pake bedak karna takut ngga cocok. Udah 3 bulan muka cuma kesentuh facial foam, ngga ada perubahan yang berarti. :(

    Tadi iseng-iseng ngeliat salah satu website yang jual make-up sama skincare, terus tertarik sama Natural BHA Skin Returning A-SOL. Baca beberapa review-nya, ada yang ngga cocok sampe bikin makin parah. Aku juga baca review-nya Kak Adit. Anw, glad to found your page!

    BHA Skin Returning A-SOL ini fungsinya buat mengontrol jerawat kan ya, itu dipakenya kapan ya, Kak? Malam atau siang. Nah, menurut Kak Adit, kalau aku tetap pake foam pencuci muka yang sekarang aku pake, terus pake Natural BHA Skin Returning A-SOL, bakal gimana ya? Muka aku belum pernah terjamah skincare soalnya, jadi aku belum ngerti.

    Thank you for reading this, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eva . thanks ud mampir :) hmm.. sabun muka yang sari ayu jujur aku belum pernah coba. kalau aku boleh rekomen sih, cosrx low ph cleansing gel :)
      untuk a sol , dia mengandung propolis dan bha. nah , karena ada bha nya, kamu mungkin akan mengalami purging. kondisi dimana, kulitmu akan keluar dulu semua isinya. ini yang seringkali bikin orang2 stress. :) kamu siap ga purging ?

      Delete
  5. Hi adit. Btw nama kamu sama dengan suami ku hehhe
    Aq baru bulan lalu beli missha fte yang moist, yang kamu bilang di post sebelumnya kalo dy generasi ke 3.
    Aq pakai malam hari sblm tidur dibawah skincare aq yg lain.
    Besok pagi muncul jerawat, satu, tetap aq pakai pagi hari, muncul jadi 3. Karna sedikit gatal dan meradang aq berhenti pakai missha.
    Setelah itu malah jadi banyak di jawline,dagu dan sedikit di pipi dan jidat.
    Aq panik banget dan aq bnykin pakai serum tea tree.
    Aq nyembuhinnya sekitar 2 mingguan lebih.
    Stlh baca postingan kamu, aq baru paham kalo ini purging, spot dl yg sempet jerawatan, muncul lagi karna produk baru. Dan aq ga siap kayanya.
    Menurut kamu nih dit, apa aq alergi dan berhenti pakai atau aq tetap teruskan?
    Btw, skincare aq skin clarifying tea tree the body shop, toner greentea viva, serum tea tree thebodyshop dan aloe vera gel nature republic (aq pakai tiap pagi dan malam). Aq pakai missha setelah toner.
    So far sebelum ada missha aq bener2 fine sama skincare yang ada.
    Soalnya aq bingung, mau diteruskan pakai atau ga. Dy nganggur diatas meja rias.
    Makasih dit, semoga cepat dijawab yaaa. Biar aq dapet pencerahan hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Riska :) wahh .. hahaha . iya sih .. nama Adit ini banyak banget . hahaha :)

      hmmm, kalau alergi, dia random banget tempat tumbuh jerawatnya ris. purging, cuma di daerah yang sering jerawatan. nah, kalau kamu jerawatanya normalnya bisa di mana aja di muka , ini yang pusing. karena kalau ternyata purging , berarti bisa di mana aja.

      gini, saran ku, kamu stop missha fte sama sekali paling enggak 1 bulan. sampai kulitmu calm lagi. sementara ini, coba kamu test patch, di belakang telinga, atau di bawah lengan. sambil di cek, ada reaksi gak kulitmu, apa gatal, atau kemerahan. kalau ternyata gatal atau kemerahan, bisa 2 hal : kamu alergi, atau , produk yang kamu beli pas gak bagus. ( tapi kalau produknya sealed, seharusnya masih bagus ) .

      kalau ternyata kulitmu gak kemerahan pada saat test patch, seharusnya kamu gak alergi , dan produknya masih bagus. nah, ada beberapa orang yang kulit wajahnya sensitif terhadap fermentation product. mungkin kamu salah satunya ? kalau kamu masih penasaran, di saat kulitmu sudah calm, kamu coba gunakan lagi, tapi kali ini, hanya 1 -2 tetes, untuk sewajah. ditepuk2 ringan start dari 3 hari sekali. kalau aman, jadi 2 hari sekali ( malam hari aja ) , masih aman, sehari sekali. jadi idenya adalah : memperkenalkan ingredient baru ke kulitmu, secara perlahan. jadi kulitmu sempat adjust. kalau ternyata baru dicoba 1 kali langsung efeknya ekstrim lagi. langsung stop. artinya, kamu memang kulit wajahnya ga terima fermentation product :)

      Delete
    2. Hi dit..
      Siap, akhirnya dapet juga pencerahan. Bakalan aq coba dari besok dehh tes patch nya. Berhasil ga berhasilnya fte di muka aq,aq pasti bakal ngabarin lagi.
      Thank youuu so muchh dit 😘

      Delete
  6. Suka bgt sama review nya tapi jg bingung mau pake skin care apa.. minta tlg dong sebaiknya pake skin care apa yg cocok buat aq biar kinclong kyk muka adit... Dulu aq sempet pake produk dokter memang bgs bgt setelah berhenti smua produk gagal memperbaiki muka selalu ada jerawat dan bopeng2.... Skrg lg make sulwhasoo lalu purging, saat ini sedang proses perbaikan... Mukaku tergolong sensitif, berminyak, dan bekas jerawat banyaj,masih ada timbunan jerawat (komedo)...setelah baca postingan adit Aq rencananya mau pake mizon toner aha/bha, cosrx snail essens, cantella cream atau sbaiknya benton snail, honey overnight mask, red serum.. kira2 gmn ya adit... Biar kincong2 gt.. hehehe.. makasih ya atas postingan2 semua skin carenya sangat membantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Riana,
      aduh .. kinclong .. hahaha :) makasihh ..

      hmm, kamu sulwhasoonya pake yang mana ?

      nah, timbunan komedo ini, kalau pingin bersih memang nanti purging dulu :) proses purging ini yang seringnya bikin stress ya Ri :)

      kamu uda pernah coba cosrx pimple pad ?

      red serumnya nanti aja dulu, kita fokusnya ke bersihin pori :)

      mizon toner , cosrx snail, benton snail, honey overnight, dan a sol ( utk spot treatment ) :)

      nanti kalau uda tinggal bekas, baru red serum :)

      Delete