Monday, December 19, 2016

[Tips] Yay ! Vacation Mode : On !

Uhuuyy !!
hai semua!

maaf , baru hari ini Adit ketik blog lagi. Jadi, sudah beberapa waktu ini, start dari tanggal 13-an, kantorku nge-block semua akses internet yang sifatnya non-working related di kantor. Walhasil, aku ga bisa curi curi ketik blog di sela sela jam makan siang deh V_V , termasuk balas komentar dari kalian :) So, postinganku jadi agak delay dari posting sebelumnya :) Maaf ya . :)

Anyway, berhubung akhir tahun tlah tiba dan mungkin banyak di antara kamu yang juga punya plan untuk jalan-jalan, Adit akan share beberapa tips yang mungkin perlu kamu perhatikan sebelum kamu jalan-jalan, baik sehubungan dengan skincare, maupun persiapan jalan-jalan tersebut :) Yuk!

Before the Vacation

  • Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum jalan-jalan : jangan menggunakan produk baru paling tidak 2-3 minggu sebelum kamu jalan-jalan. Ini wajib hukumnya. Alasannya simple. Kita belum tahu apakah produk tersebut cocok atau tidak dengan kulit kita. So, don't take the risk ( although there's a chance it will make your skin looks better during the vacation, but still, .. ) Kamu tentu gak mau pada saat vacation muka kamu berjerawat , beruntusan atau alergi akibat salah produk ya kan? Gunakan produk rutin kamu seperti biasa saja, yang kamu yakin kulitmu cocok dengan produk tersebut. 
  • Hal berikutnya yang kamu harus perhatikan, jangan melakukan treatment 1-2 minggu sebelum kamu jalan-jalan. Ini juga penting. Beberapa treatment membuat kulitmu sensitif terhadap cahaya matahari, atau sensitif terhadap udara lembab, dll. Jadi usahakan hindari treatment-treatment sebelum kamu jalan-jalan. Contoh : chemical peeling. Treatment ini akan membuat kulit kamu memerah , banget, kayak udang rebus. Setelah itu, mengelupas. kamu pasti gak mau kulitmu mengelupas pada saat jalan-jalan? apa kabar foto selfie ? hehe. Atau anggaplah kulitmu sudah selesai mengelupas, kulitmu extra sensitif terhadap matahari. So, nanti ujung-ujungnya, orang lain happy happy, kamu duduk cantik di pinggir karena kulit sensitif. :) 
  • Gunakan skincare dengan dosis sewajarnya. Beberapa orang, menggunakan skincare berkali kali lipat lebih tebal atau lebih sering sebelum liburan , karena mereka ingin kulit mereka terlihat lebih 'wow' lagi . Trust me , it doesn't work that way. Yang ada malah kulitmu nanti iritasi dan mengalami adverse reaction karena penggunaan produk yang tidak sesuai dengan anjuran pakai. Contoh : karena kamu akan jalan-jalan, kamu menggunakan produk BHA biasanya 3 hari sekali, jadi setiap hari, karena ingin beruntusannya cepat hilang , atau bekasnya cepat memudar. Hal yang mungkin terjadi adalah, kamu meng-over-exfoliate kulitmu, akhirnya malah kulitmu iritasi dan gak enak dilihat. 
  • Perbanyak makan sayur dan buah, minum air putih, dan tidur yang cukup. So, daripada kita meng-abuse penggunaan skincare kita, lebih baik kita ubah gaya hidup kita paling tidak 2-3 minggu sebelum jalan-jalan. Dengan mengubah pola hidup ini, tubuh dan pikiran kita lebih fresh dan siap untuk jalan-jalan :) Di samping itu, kulit juga akan lebih segar dan sehat. Selfie? siapa takut ? hehe 

Preps

Beberapa hal yang harus kamu perhatikan antara lain :
  • Kenali tempat tujuan kamu. Kalau tempat tujuan kamu :
    • udaranya panas , tapi gak terik : hindari produk yang terlalu lengket di kulit karena akan membuatmu sangat tidak nyaman, yang membuat kulitmu lengket dan cakey. Tone wajahmu nanti jadi aneh di foto :) 
    • udaranya panas, dan terik : selalu gunakan produk sun protection pada siang hari. (Gunakan sun protection dengan SPF paling tidak 40++), disamping itu juga, lakukan double cleansing untuk mengangkat skincare dan sunblock dengan sempurna agar pori-pori mu tidak tersumbat. :) 
    • udaranya dingin, tapi terik : gunakan moisturizer dengan konsistensi cream, karena membantu kulit untuk me-lock moisturizer alami kulit sehingga kulit gak mudah kering. Selalu gunakan sunblock setelahnya. Yang perlu diingat adalah, jangan menggunakan moisturizer yang kamu belum pernah gunakan sebelumnya. Pilih moisturizer yang kamu yakin kulitmu cocok dengan produk tersebut. 
    • Udaranya dingin, dan gak terlalu terik : tetap gunakan moisturizer dan sunblock. Untuk sunblocknya mungkin gak perlu yang terlalu tinggi SPFnya. 
    • Udaranya super dingin : selalu sedia vaseline petroleum gel. Biasanya untuk udara yang super dingin, kulit kita menjadi extremely dry. Seperti daerah kelopak mata bagian atas, dan bibir. Biasanya, aku gunakan vaseline sedikittt banget utk kelopak mata. ( daerah yang aku yakin ga akan berjerawat ) , dan juga bibir ( agak tebal ). Dibadingkan lip gloss atau produk sejenis, vaseline petroleum gel paling efektif untuk udara super dingin. 
  • Lalu, untuk mengindari berat luggage kamu yang terlalu berlebihan, mungkin kamu menghindari membawa semua produk skincare kamu along with you. haha. Dapat kamu bayangkan, kalau produknya semua berada dalam botol kaca, kamu bawa semua, tas kamu beratnya akan berkilo-kilo hanya karena berat botol tersebut. So, saran Adit, tuangkan secukupnya ke botol plastik, yang ukurannya lebih kecil , sehingga lebih ringkas dan gak menyebabkan luggage overweight. Namun demikin, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum memindahkan produk tersebut : 
    • pastikan botolnya bersih, cuci dengan air minum ( gak perlu panas ) , lap dengan alkohol swipe ( kamu dapat beli di century ) , diamkan semalam. 
    • setelah yakin bahwa semua alkoholnya sudah menguap, baru kamu tuangkan produk yang akan kamu bawa, secukupnya. 
    • untuk produk-produk yang sifatnya cair, di atara mulut botol dengan tutup botol, gunakan plastic wrap, untuk menghindari produk yang menetes membasahi seluruh isi tas kamu nantinya. Hal ini penting, karena kita gak pernah tahu apakah tas kita di lempar-lempar pada saat loading / unloading. 
    • Kalau botolnya lebih kecil dari 100 ml dan kamu malas menggunakan plastic wrap, kamu dapat membawa produk tersebut di dalam backpack kamu . 
  • Yang terakhir, kalau Adit, aku akan selalu membawa sheet mask kesayangan, jadi setelah lelah berjalan seharian, pada malam hari nya, aku menggunakan sheet mask di kamar hotel. Tujuannya, untuk mengurangi kelelahan kulit, dan mempersiapkan kulit kita untuk keesokan harinya :) 
Have a nice year end everyone! 
Adit off dulu blogging sampai tanggal 28 ya :) 
See you ! 

2 comments:

  1. Happy holiday ka adiiittt...
    ditunggu foto2 holidaynyaaaa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha , siapp Ade :)
      narsis deh pokoknya isi fotonya hahaha :)

      Delete