Tuesday, January 31, 2017

[Healthy Life] Essential Vitamins and Minerals for Anti-Acne

Hi semua,
hari ini Adit ingin share sedikit mengenai vitamin dan mineral, in particular, vitamin dan mineral yang dapat membantu kita untuk mengurangi masalah jerawat , dan sebum over production.

Seperti halnya protein, karbohidrat, lemak tak jenuh, untuk dapat berfungsi sebagaimana mestinya, vitamin dan mineral juga penting untuk tubuh (termasuk kulit ). So, beberapa waktu yang lalu, aku mencoba membaca lebih detail, jenis-jenis vitamin dan mineral yang mampu mengurangi masalah jerawat dan kulit berminyak. Surprisingly, ada jenis vitamin dan mineral yang sebelumnya gak masuk radarku, namun ternyata memiliki efek yang cukup significant dalam mengurangi masalah jerawat. Kalau vitamin A, C, E , Adit yakin pasti semua tahu benefitnya untuk kulit. Tapi bagaimana dengan vitamin D ? atau Omega-3 ? lalu zinc dan selenium ? Yuk, kita bahas lebih jauh. Berikut detailnya.  Hmm, postingan kali ini mungkin bahasannya sedikit susah dicerna, tapi , worth to read :) Aku juga melampirkan reference link di bagian akhir dari posting ini, untuk kamu yang ingin membaca secara lebih detail ( in English ) .

Anti Oxidant vs Inflammation

Berdasarkan beberapa website yang Adit baca, seseorang dengan masalah jerawat seringkali berada dalam kondisi 'high oxidative stress' , atau yang lebih awam disebut dengan kondisi level inflamasi yang tinggi.  Tingginya level inflamasi ini ditandai dengan tingginya produksi hydrogen peroxide ( inflammatory chemical ) pada penderita jerawat, dibandingkan dengan orang lain yang tidak mengalami masalah jerawat. Beberapa studi kemudian lebih jauh melihat adanya perbedaan level inflamasi dan anti-inflammatory agent antara pasien berjerawat ringan dan berjerawat parah. Untuk pasien yang berjerawat parah, tingkat inflamasinya jauh lebih tinggi berserta dengan antioxidant ( anti-inflammatory agent ) yang sangat rendah , dibandingkan dengan penderita jerawat ringan. Berikut penjelasan mengenai korelasi yang mungkin muncul.

Anti-oxidant berfungsi untuk 'menjaga' sebum, agar tidak teroksidasi. Berbicara mengenai sebum, komposisi sebum untuk penderita acne , somehow, agak berbeda dengan orang lain. Kita, memiliki lebih banyak squalene ( sejenis fatty acid ) pada sebum, yang gampang teroksidasi. Yang menjadi masalah adalah, di saat squalene teroksidasi ( squalene peroxide ) , it's highly comedogenic, yang kemudian, menimbulkan jerawat.

In general, anti-oxidant adalah agent yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari keruasakan akibat free radicals ( polusi, dll ) . In general ada beberapa jenis anti oxidant , yaitu :
  • Antioxidant Enzymes, yaitu enzim yang di-sintesa di dalam tubuh manusia , seperti : SOD (superoxide dismutase), glutathione peroxidase, glutathione reductase, dan catalases. Untuk dapat bekerja dengan optimum, enzim ini perlu co-factors seperti : zat besi, copper, selenium, magnesium dan zinc.
  • Antioxidant Vitamins. Yang disebut vitamins adalah zat zat yang penting untuk tubuh kita , tapi tidak diproduksikan secara natural di dalam tubuh kita. Kita memberi asupan vitamin melalui makanan yang kita makan dan melalui supplement . Yang termasuk antioxidant vitamins adalah, A-C-E, carotene, dan folic acid.
  • Antioxidant Phytochemicals , yaitu antioxidant yang secara alamiah diproduksikan oleh tumbuh-tumbuhan untuk melindungi tubuh mereka dari free radicals. Beberapa studi menunjukan, phytochemical ini juga memiliki manfaat penting untuk tubuh kita.


For Skin

Di samping anti oxidant , ada beberapa vitamin dan essential matters lain yang juga penting untuk kesehatan tubuh kita . Seperti misalnya :
  • CoQ10 ( Coenzyme Q10 )  : vitamin-like substance, yang diproduksikan oleh tubuh yang berfungsi untuk memperlambat proses penuaan.
  • Vitamin D . Apabila selama ini kita hanya tahu bahwa Vitamin D dibutuhkan untuk tulang, beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D juga ternyata penting untuk kulit kita. Penelitian di Korea menunjukkan, orang dengan kulit berjerawat memiliki kadar vitamin D yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit sehat. Penelitian tersebut menunjukkan kemungkinan kemampuan vitamin D untuk melindungi sel kulit dari bakteria yang menyebabkan iritasi jerawat, sehingga mampu mengurangi frekuensi kemunculan jerawat sebesar 35% . Di samping itu juga, vitamin D mampu mengurangi mTOR pada kulit ( mTOR adalah master of regulater of acne , protein yang mengatur pertumbuhan sel ) , disamping juga mengurangi produksi sebum dengan cara mengurangi produksi sebocytes sehinggal produksi minyak di kulit kita berkurang .
Source: Lim, S.-K. et al. Comparison of Vitamin D Levels in Patients with and without Acne: A Case-Control Study Combined with a Randomized Controlled Trial. Plos One 11, e0161162 (2016).
  • Zinc. Peneliti Turki melakukan studi pada 56 orang berkulit bersih, dan 94 orang dengan masalah jerawat. Hasilnya menunjukkan bahwa pada zinc blood level pada orang yang kulitnya bersih berada pada level yang cukup tinggi, orang dengan jerawat sedang, pada level menengah , sedangkan orang dengan jerawat parah memiliki zinc blood level pada tingkat yang paling rendah. Berdasarkan website tersebut, zinc memiliki fungsi untuk membunuh bakteri penyebab jerawat ( mirip dengan anti biotik ), walaupun demikian, zinc tidak menyebabkan bakteri tersebut semakin lama semakin kebal, sedangkan antibiotic memiliki tendensi untuk membuat bakteri lama lama menjadi kebal. Di samping itu, zinc juga mengurangi tingkat keaktifan keratinocyte, cell yang memproduksi keratin, tough protein yang mengikat skin cells. Sehingga dengan demikian, pori-pori kulit menjadi less clogged. Hal lainnya yang menjadi manfaat dari zinc adalah DHT blocker. DHT merupakan hormone yang menjadi biangkeladi produksi sebum yang berlebih. Dengan berkurangnya produksi DHT, sebum yang terproduksi pun ikut berkurang.
acneeinstein.com : Data from: Ozuguz et al. Evaluation of serum vitamins A and E and zinc levels according to the severity of acne vulgaris. Cutan Ocul Toxicol. 2013 Jul 5

  •  Mineral lain yang penting untuk mengurangi terbentuknya jerawat adalah chromium. Chromium meruupakan mineral yang penting untuk mengatur produksi insulin dan gula darah. Kadar gula yang tinggi biasanya berhubungan dengan meningkatnya produksi sebum. Dengan mengatur produksi insulin dan kadar gula, produksi sebum pun berkurang. Di samping regulasi sebum, chromium juga mampu mengurangi kemerahan pada kulit yang sedang bermasalah, sehingga kulit kita lebih calm.
So, apabila kamu sudah lelah dengan masalah jerawat yang gak selesai-selesai, ada baiknya kamu meninjau ulang asupan gizi kamu setiap harinya, dan mulai menambah makanan-makanan yang tinggi anti oxidant, zinc, dan chromium. Untuk vitamin D , beberapa studi merekomendasikan untuk terkena matahari paling tidak 15 menit setiap harinya, atau menggunakan supplement.


Jumlah yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah jerawat yaitu :
  • vitamin D ~ 5000 IU
  • selenium ~ 200 microgram
  • chromium ~ 200 microgram
  • zinc ~ 30 mg 

Additional note 

 Berdasarkan pengalaman pribadi Adit, merawat kulit memang tidak hanya sekedar memilih skincare mana yang cocok untuk kulit kita. Skincare akan membantu untuk merawat kulit dari luar. Namun demikian, hasilnya tidak akan maksimal apabila tidak dibarengi dengan nutrisi yang cukup dari dalam.

Oleh karena itu, akan lebih baik apabila kita juga memperhatikan nutrisi yang diperoleh dari makanan kita sehari hari , yang beneficial untuk kulit kita. Apabila kita merasa , nutrisi dari makanan sehari hari tersebut mungkin  'kurang' , mungkin kita perlu menambah vitamin / mineral dari suplemen.

Sebelum aku share postingan ini, ada beberapa supplement yang rutin aku makan tiap hari yaitu :
  • vitamin C + zinc ( brand Nutrimax C Plus )  : tujuannya disamping untuk daya tahan tubuh, vitamin c dan zinc juga mampu mempercepat penyembuhan luka ( luka jerawat, alergi, dll ) , sebagai anti bacterial agent, dan baik untuk kesehatan rambut dan kulit. Kalau kamu ketombean, dokter biasanya menambah suplemen zinc untuk mengurangi ketombe. 
  •  Selenium ( brand GNC ) : tujuannya untuk anti bacterial agent . Selenium works great untuk mengatasi bakteri buruk di kulit. tapi, jangan berlebihan, nanti bakteri baiknya mati. Kalau bakteri baiknya mati, jamur tumbuh subur ( so,by nature, jamur dan bakteri di kulit harus balance ) 
  • omega 3 fish oil ( no spesific brand ) , tujuannya , untuk mempercepat redanya inflamasi. So, dulu waktu aku jerawat besar besar, aku rajin minum omega 3 untuk mempercepat kempes jerawat tersebut . Sekarang, setelah jerawatnya hilang, aku masih rutin makan omega 3, karena baik untuk menjaga kulit tetap moist, baik juga untuk kesehatan otak, dan kalau ada jerawat pun biasanya lebih cepat kempes. 
  • Vitamin A ( occasionally ) : hanya aku makan apabila kulitku agak 'terlalu' berminyak daripada biasanya. Vitamin A berfungsi mengurangi sekresi kelenjar minyak . Kalau kamu takut overdose, kamu dapat pilih yang masih bersifat provitamin A , seperti betacaroten, yang, apabila berlebih akan dibuang melalui saluran pembuangan tubuh. 
Saat ini, aku mencoba menambah vitamin D dan chromium, untuk mengurangi pembentukan sebum. Normalnya, benefit dari vitamin yang kita makan baru akan terlihat setelah 2 bulan. So, dalam 2 bulan ke depan aku akan update hasil yang aku dapat dari chromium dan vitamin D :)

Untuk kamu yang ingin membaca review orang-orang yang sukses mengurangi jerawat dengan vitamin D , kamu dapat klik :
Kalau kamu ingin membaca mengenai benefit dari chromium, dr Axe mengulas secara detail di sini . 

Satu hal yang harus diperhatikan, kalau kamu minum suppelement, pastikan kamu minum air putih dengan cukup setiap harinya . :)
 
Semoga membantu :)
Nantikan bahasan lainnya hanya di Groom it like Adit !


References :
http://www.acneadviceformen.com/index.php/2015/11/30/chromium-for-acne/
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2577647/
http://www.tandfonline.com/doi/abs/10.3109/15569527.2013.808656
http://www.acneeinstein.com/zinc-for-acne/
http://www.acneeinstein.com/inflammation-antioxidants-acne/
http://www.nutrex-hawaii.com/types-of-antioxidants
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27560161

6 comments:

  1. kak aku mau tanya kalo mau minum vit2 diatas pas baru mau mulai mendingan satu2 dulu atau bisa sekaligus banyak cobainnya? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Firanti, kalau boleh tau saat ini problem kamu apa? Jerawat besar besar atau lainnya? Sebaiknya memang start dr vit c dan zinc, dan omega 3. Tapi pastikan kamu ga akergi dgn ikan.. Karena omega 3 kan bahan dasarnya fish oil.

      Delete
  2. Engga besar2 sih kak biasa aja cuma biasanya hilang tumbuh gtu jerawatnya. Iya nih aku udh mulai dari vit c dulu.

    ReplyDelete
  3. halo ka adit..
    kulitku tu acne prone iya, sensitif iya,mau nanya soal sunscreen atau bb cream & moisturizer yg kk rekomen apa ya? trus aku ingat pernah baca kalo ka adit juga alergi sama zat yg ada d pasta gigi. samaaaaa.....:(:(. thank you :)

    ReplyDelete