Thursday, January 26, 2017

[Review] Low pH Good Morning Gel Cleanser by COSRX

Hi semua ,

Beberapa waktu yang lalu, waktu aku sedang chatting dengan mbak Indri Kinawa mengenai produk pembersih wajah yang recommended sebagai substitute untuk SK-II cleanser dan Klairs Rich foam  ( Kinawa Shop's Owner ) , doi cerita bahwa sebenarnya ada 2 product pembersih wajah yang selama ini gak terlalu banyak yang tahu, padahal kualitasnya bagus , yaitu : Low pH Good Morning Gel Cleanser from COSRX for daily routine, dan Gentle Black Sugar Polish from Klairs for weekly routine.

Ngomong-ngomong mengenai Kinawa Shop, online store ini merupakan salah satu dari beberapa online store yang menjadi pilihan Adit, karena banyak menjual  recommended Korean beauty and skincare products yang sedang 'in' di Korea. Dan, apabila di beberapa online store lain aku harus PO untuk membeli suatu produk, di Kinawa Shop, produk tersebut kadang-kadang sudah ready stock. So, aku ga perlu nunggu lama-lama untuk mulai menggunakan produk tersebut.  Dari segi harga pun harganya cukup menarik . Well, untuk kita online shoppers, selisih beberapa puluh ribu kan lumayan ya untuk biaya same day shipping .. :)




Anyway, kembali ke COSRX dan Klairs...

Untuk kamu yang mengikuti blog Adit, walaupun gak semua produk COSRX dan Klairs aku gunakan, namun, memang sudah sejak lama aku jatuh cinta dengan COSRX dan Klairs. Alasannya, karena , selama ini susah banget cari produk yang nyaman di kantong namun aman untuk kulitku yang sensitif. Nah,  Klairs dan COSRX adalah dua brand korea yang memang didesain untuk kulit yang problematic dan sensitif. Dan so far , aku setuju, bahwa produk mereka ramah untuk kulit yang sangat reaktif.

Sensitif dan reaktif di sini gak cuma sekedar kering, atau memerah , tapi juga gampang alergi , kadang bahkan sampai bentol-bentol dan mengelupas kalau produk yang aku gunakan ga cocok. Banyak produk yang pernah aku coba tapi gak cocok, kecuali SK-II. Tapi aku koq merasa, kualitas SK-II gak sama seperti awal mula aku menggunakan produk ini beberapa tahun yang lalu. ( awalnya aku pikir hanya perasaanku saja, tapi waktu aku blog walking, banyak beauty blogger yang juga sependapat denganku. ) Hal ini akhirnya membuat aku mulai berpikir untuk mencoba produk skincare korea. Aku mulai bergerilya , mencari produk yang ujung-ujungnya membuat kecewa, sampai kemudian aku ketemu COSRX dan Klairs.Singkat kata , saat ini hampir semua produk skincare yang aku gunakan adalah Korean products, kecuali pembersih wajah. Somehow, untuk pembersih wajah, sampai saat ini, setelah aku coba ini itu, masih lebih bagus SK-II.

Walaupun demikian, sampai saat ini aku masih bergerilya untuk mencari produk pembersih wajah yang cocok dikulitku, dan ramah dikantong :) Ini dia awal mulanya kenapa aku memutuskan untuk mencoba dua produk yang direkomendasikan oleh mbak Indri. So, pada postingan adit kali ini, Adit akan coba mengupas agak detail satu persatu mengenai kedua produk pembersih wajah tersebut.

Karena bahasannya agak panjang, pada postingan hari ini , Adit akan bahas Low pH Good Morning Gel Cleanser terlebih dahulu. Untuk Klairs Gentle Black Sugar akan aku bahas di postingan berikutnya :)

Sebelum kita berbicara lebih jauh mengenai produk ini, Adit ingin share sedikit mengenai pH kulit.

pH Kulit 

Sedikit me-refresh , pH merupakan singkatan dari  potential hydrogen. Parameter ini digunakan untuk menjelaskan acid-alkaline ratio of a substance, dengan range dari 0 ( most acidic ) sampai 14 ( most alkaline ). Mengetahui apa itu pH sangat penting untuk kita, karena kesehatan tubuh , dan kulit, secara langsung berhubungan dengan bagaimana cara kita menjaga kesetimbangan asam-basa tersebut.

Nah, sehubungan dengan kulit, lapisan barier kulit ( a.k.a skin mantle ), yang bertugas untuk menjaga kelembaban kulit sementara mem-block bakteri, polusi, racun, kuman, dll, akan mampu bertugas dengan baik pada kondisi yang cenderung acidic. ( lower pH ).  Apabila kondisi pH kulit kita terlalu basa ( alkaline / higher pH ), kulit kita akan menjadi terlalu kering, sensitif, yang akan mungkin menimbulkan eksim, inflamasi, wrinkle, dan sagging.

Waktu aku sedang googling mengenai hubungan pH dengan kulit, aku membaca ada beberapa penelitian di US dan UK yang mengatakan bahwa penelitian selama beberapa tahun menunjukkan, wanita yang kondisi pH nya cenderung lebih tinggi, selama beberapa tahun tersebut , memiliki finelines dan crow's feet lebih banyak , daripada wanita yang kondisi pH nya cenderung acidic. Walaupun, untuk kulit yang terexpose acid terlalu banyak ( sehingga kulitnya overly acidic) , itu juga gak baik, karena akan menyebabkan 'angry breakout', bahkan pada kulit yang jarang berjerawat sebelumnya.

Cara sederhana untuk mengetahui apakah kulit kita memiliki pH yang sesuai atau tidak antara lain melalui kondisi kulit yang kita rasakan saat ini , yaitu :
  • kita tahu pH kulit kita sesuai apabila, kulit kita lembut dipegang. 
  • kita tahu pH kulit kita terlalu rendah, apabila kita merasakan kulit kita sangat oily, mudah breakout, dan sangat sensitif , cenderung mengilap seperti ada lapisan pastik yang gak wajar. Hal ini mungkin terjadi disaat kita meng-expose kulit kita terlalu banyak acid product ( terlalu banyak AHA/BHA product menyebabkan kulit kita 'acid overload')
  • kita tahu pH kulit kita terlalu tinggi, apabila kulit kita merasakan kekeringan ( untuk beberapa kasus, kering chronic ), banyak wrinkle, yang diakibatkan oleh tingginya basa pada kulit sehingga lapisan moisturizer kulit kita hilang. Akibat hilangnya lapisan pelindung kulit tersebut, kulit kita jadi mudah terserang bakteri, sinar matahari, dan zat berbahaya lainnya. Pada kondisi kulit seperti inilah , kita melihat orang yang kulitnya kering, tapi juga berjerawat. 
Singkat kata, kalau kita ingin kulit kita sehat, less prone to bacteria namun juga less prone to premature aging, kita wajib menjaga pH kulit kita sesuai ( slightly acidic ).

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser 

COSRX Low pH Good Morning Gel Cleanser merupakan salah satu produk pembersih wajah yang diproduksi oleh COSRX, dengan kandungan utama 'soft subacid' untuk menjaga keseimbangan Ph kulit kita. Produk ini mengandung sedikit natural BHA yang diformulasikan untuk kulit sensitif yang tidak cocok menggunakan produk acid konsentrasi tinggi. Produk ini mendapat rating 5/5 di Wishtrend. (Rating tersebut diberikan oleh member Wishtrend yang menggunakan produk tersebut. ) Di samping itu, seperti halnya Klairs Rich Moist Foaming Cleanser, pada tahun 2016 kemarin, COSRX Good Morning Gel merupakan salah satu dari the Best Cleanser versi Wishtrend.



Salah satu hal yang membuat aku tertarik untuk mencoba produk ini adalah nilai pHnya yang berkisar antara 5.0-6.0, which is slightly acidic , the thing that i'm looking for. Di samping juga kandungan natural herbs nya yang jarang kita dapatkan pada produk pencuci wajah.  Di tambah lagi, berdasarkan CosDNA result, skala safetynya berkisar antara 1-3 out of 9, which is relatively safe.


Hal lainnya yang membuat aku tertarik adalah kandungan fermentasi ( saccharomyces ferment ) yang terdapat pada produk ini. Well, pencuci wajah SK-II selama ini terkenal karena mengandung fermentasi ( nama populernya : Pitera ), sehingga membuat kulit kita glowy dan sehat. Nah, COSRX Good Morning pun ternyata mengandung fermentasi ! ( yay ! ) . Finger crossed. Mungkin ini dia produk yang selama ini aku cari . :)

Dari segi packaging, seperti produk korea lainnya, atau COSRX in particular, plastic wrap ditambah dengan sealing pada kemasan baru membuat aku cukup yakin akan keaslian dari produk tersebut. Kamu dapat lihat pada gambar berikut, terdapat aluminum seal pada leher tube untuk memastikan originalitas dari produk tersebut.


Pada saat penggunaan, aku menggunakan produk tersebut kurang lebih sebesar biji kedelai , lalu aku busakan dengan tangan , sebelum akhirnya aku aplikasikan pada kulit wajah yang sudah dibasahi. Ada sedikit wangi tea tree yang calming dan gak disturbing pada saat mencuci wajah.  Pada saat mencuci wajah, gak ada rasa perih, tidak kesat, setelah penggunaan, gak kering, gak ada merah-merah. So far .. i like the product ! Ditambah dengan tube nya yang cukup besar , 150 ml, aku rasa satu tube ini akan lama habisnya. Semoga. :)

My Thought 

Seperti halnya produk COSRX lainnya yang aku gunakan, so far , i love this cleanser. Karena, tidak hanya produk ini didesain untuk kulit sensitif dalam menjaga pH kulit pada kondisi yang sehat, produk ini juga mengandung fermentasi, yang menjadi keunggulan SK-II cleanser yang selama ini kugunakan, ditambah dengan herb extracts yang so far aman di kulit sensitif ku. So it;s like a combo of SK-II cleanser and Klairs Rich foam in a single tube ! I'll keep you updated soon as i finished the tube ya !

Oh iya, special thanks to mbak Indri from Kinawa Shop karena telah memberikan rekomendasi produk ini. :) Sebagai bentuk ucapan terimakasih ku, berikut aku share contact Kinawa Shop :
  •  IG dan Shopee : kinawa_shop 
  • contact number : 0821-906302740
Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :)

104 comments:

  1. Kok bisa sama ya dit, selama ini aku cuma cocok sm SKII cleanser, trs lama2 aku merasa hasilnya ga sebagus awal2 pakai, msh enak sih tp ga se wow dulu, aku cari2 lah cleanser lain, coba cleanser lain muncul 1-2 jrwt, akhirnya lmyn cocok di TBS aloe vera foam cleanser, ga bikin jrwtn, lembut dan bersih, klo udh habis aku mau coba si low ph ini ah, tyt mengandung saccharomyces ferment jg ya, bikin cerah ga di kamu dit?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Reno .. haha .. nah , kayaknya memang jenis kulit kita mirip Ren .. :)

      hmm, aku belum pernah coba TBS , enak ya ?

      si Low PH di aku malah lebih bikin cerah daripada SK2 . Iya, somehow, SK2 koq ga sebagus dulu ya ?

      low ph ini awalnya aku pake kesat di wajah. tapi ternyata pas aku coba setelah pake sabun muka, cuci mukanya di bawah shower agak lama ( air suam kuku ), udahnya ga kesat. jadi yang bikin kesat awalnya karena aku bersihin sisa sabun nya gak bersih.

      so far sih ga bikin jerawatan. :) penasaran sampe habis satu tube gimana rasanya :)

      si TBS itu habisnya lama Ren ?

      Delete
    2. Wah jadi makin mupeng tahu ada efek mencerahkan hehe, iya jenis kulit kita mirip bgt dit, thx God ada temen senasib, selama ini aku ngerasa kulit mukaku aneh bgt, berminyak, acne prone, sensitif, salah produk dikit merah2, perih bengkak atau gatal, ngeri kan, jaman dulu aku main hantam aja coba skincare, jd sering merah2 dsb,tp skrg udh mulai ngerti yg cocok spt apa, sdh semakin selektif alhamdulillah udh ga aneh2 lagi kulitnya, TBS aloe pelarian aku klo lg "ngamuk" kulitnya, tp efeknya cm aman dan menenangkan, pori2 aku ttp aja besar, ttp aja oily, ttp aja jrwtn hehe, jd aku trs mencari yg lebih baik lagi. TBS aloe foam aku rasa cpt habisnya, boros euy walo cm pakai 1 pump, 150 ml dipakai 1 bulan (2 x sehari) sudah habis separoh, lbh hemat yg model gel padat gitu deh kayanya, spt SKII cleanser sbnrnya hemat, tp berat beli cleanser doang 450 ribuan, klo beli sample size suka sedih liat kemasannya yg kecil bgt 😁. Sayang ya SKII semahal itu tp kualitasnya menurun, aku pikir kulit aku yg makin bebal, tp kok byk yg bilang hal yg sama, di satu sisi aku bersyukur jd makin manteb move on ke yg lbh affordable. Jadi pakai low pH harus lama ngebilasnya ya, thx tipsnya, aku begitu penasaran dgn semua produk COSRX, pengen coba semuanya, tp spt katamu hrs satu2 dan produk dgn fungsi yg sama hrs habisin yg lama dulu hehe.Nanti klo sudah habis satu tube update lagi ya

      Delete
    3. Ren, gw mulai jatuh cinta sama si Cosrx low ph ini. haha .. emang kali awal awal kayak agak kering dikit .. tapi makin ke sini makin enak .. dirimu kan pengguna SKII ya utk cleansernya.. dulu SKII kan kalau kita habis cumuk, mukanya cerah .. belakangan kan uda ga gitu kan ya ? kayak biasa aja gitu ..

      nah pake Cosrx ini kayak SKII versi dulu yang abis cumuk muka keliatan cerahan gitu .. senang hahaha ^_^

      Delete
    4. Asek... Klo gitu aku pakai banyak2 TBS nya biar cpt habis trs ganti cosrx low PH hehe

      Delete
  2. Finally kak adit rave gel cleanser nya cosrx. Thanks kak adit, jd makin mantep mo beli produk ini. Hehehe😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuna :) selamat mencoba .. semoga cocok ya :)

      Delete
  3. Halo kak adit, sebelumnya aku mau bilang makasih banget karena berkat kakak aku jadi berani buat nyoba produk dari cosrx.
    Dan kalo kakak nggak keberatan, aku mau minta saran kakak mengenai produk-produk cosrx yang lagi aku coba.
    Kulit aku itu oily banget, komedo di hidung udah kayak tambang mentega yg tiap kali dipencet pasti ada isinya, dan pori-pori di bagian hidung & pipiku membesar jelek bgt kalo diliat.
    Nah, bermodalkan hasi googling dan baca blog kakak mengenai cosrx ini, aku memutuskan untuk mencoba beberapa produknya dan urutan pemakaiannya seperti ini:

    1.Low ph Good Morning Gel Cleanser
    2.BHA Skin Rerning A sol
    3.Centella Toner
    4.Snail Muccin Essense
    5.Oil Free ultra Moisturizing Lotion (birch sap)

    Ke-5 langkah pemakaian skincare itu aku lakukan tiap malem (kecual BHA A Sol, aku pake tiap 2hari sekali aja). Yang mau aku tanyakan, apakah ke-5 produk cosrx yang aku pake itu udah sesuai untuk mencukupi kebutuhan kulit wajahku yang oily, berkomedo, pori-pori gede dan gampang jerawatan?atau aku perlu nambah produk cosrx yg lainnya kayak serum atau blackhead liquid gitu untuk mengatasi masalah komedo dan proi-pori gede di wajahku?
    Tolong banget kasih sarannya ya kak, makasih :)

    ReplyDelete
  4. hi Mailisa :)
    kamu pake semuanya sekali jadi ?

    hmm, sebenernya kalau kita coba produk baru, aku lebih sarankan untuk trialnya kasi jeda tiap produk baru itu paling gak 2-4 minggu .. :) jadi kalau ada yang gak cocok , ketauan yang mana yang gak cocoknya

    tapi so far ga ada efek negatifnya semuanya ? :)

    sementara segini aja dulu Lis, jangan nambah produk baru lagi dulu sampe 4 mingguan ke depan.

    urutannya abis cleanser , toner dulu, baru a sol , baru essence . terakhir lotion.

    siang kamu better pake sunblock :)

    problem komedo, oily, dan jerawat , serta pori pori bukan problem yang bisa kelar 2 bulan :) agak lama , jadi sabar2 in ya :)
    kamu baru dengan BHA product ?
    so far sementara ini uda cukup segitu dulu, jangan nambah power liquid dulu kalau kamu baru pakai BHA product :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, berarti aku salah urutan ya kak?hahaa, aku pikir yang duluan dipake itu BHA A Sol nya, baru toner :D
      Oiya, aku emang selalu pake sunblock tiap pagi kok :)
      Kondisi kulit wajahku udah berantakan banget sejak berhenti perawatan di dokter gitu. Tipe wajahku ini kan kombinasi, oily banget tapi kalo dipegang tekstur kulitnya kasar gitu. Setelah stop perawatan di dokter, kulitku jadi balik jerawatan lagi, kasar banget kalo dipegang, komedo malah makin banyak di bagian hidung & dagu bahkan udah sampe bikin pori-pori hidungku makin gede dari yang selama perawatan di dokter nggak pernah segede sekarang.
      Makanya aku modal niat nekat gitu langsung beli ke-5 produk COSRX nggak mikirin bakalan cocok apa enggak di kulitku.
      BHA A Sol nya aku pakein di area wajahku yg berjerawat, sama di bagian hidung juga aku pakein biar ngebersihin komedo di pori-pori ku yang udah terbuka lebar itu :(
      Snail muccin essense nya aku pake tiap hari, pagi sebelum pake lotion & sunblock, dan malam sebelum tidur. Kao lotion nya, cuma aku pake tiap pagi aja sebelum sunblock.
      Aku gatau sih kak, apa aku dulu pernah pake produk BHA atau ini yang pertama kali nyoba.  Tapi aku ngerasa cocok-cocok aja pake produk COSRX nya. Padahal baru 2 minggu pake ya, tapi aku udah ngerasa tekstur kulit wajahku sekarang udah nggak kasar. Kalo berminyak sih pasti masih, tapi udah nggak separah dulu sebelum pake COSRX. Cleanser low pH nya juga enak banget dipake, nggak bikin wajah kayak ketarik gitu tiap abis cuci muka. Snail essense nya juga juara banget deh, aku langsung jatuh cinta dari hari pertama pake udah langsung cocok banget di wajahku :D
      Kalo di permasalahan komedo emang belum ada efek apapun, makanya jadi sempat mikir mau nyoba  BHA liquid atau serum pore nya. Tapi kayaknya aku mau ngikutin saran kakak ajaeh, mau nyoba produk yang sekarang ada aja dulu sebulanan ini. Baru setelah itu mau nyoba BHA liquid nya buat ngatasi blackhead di idung sama dagu >_<
      Makasih sarannya ya kak, aku yang dari tahun lalu masih galau-galau gitu mau nyobain COSRX jadi terbantu banget terus mantepin niat berani nyoba abis baca review produk-produk COSRX yg kakak cobain:)

      Delete
    2. Hai Mailisa, :)

      iya, better setelah toner, tapi beri jeda 15 menitan deh misalnya, sampe tonernya benr2 terserap dulu.

      nanti habis pake bha, beri jeda lagi 20 menitan kurang lebih . ( kalau panduan dari beauty bloger di korea sih, jeda nya selama 'waktu cuci piring' haha.. jadi doi pake bha sebelum cuci piring, terus cuci piring dulu .. nah baru setelah itu pake produk lainnya :) )

      kalau problem komedo, whitehead, jerawat, oily, itu bukan problem yang bisa kelar 1 bulan .. months .. jadi memang harus sabar. dan kalau aku boleh sarankan, kamu dibarengi dengan diet sehat :) rajin minum air putih, kurangi sugar, banyakin buah dan sayur, rajin olah raga. perhatikan pada saat pake conditioner wajah dll .. aku sudah sempat buat postingannya beberapa waktu yang lalu :) semoga membantu :)

      yuph .. tahan2in ya .. jangan nambah produk baru dulu .. kita kadang2 memang suka impulsif, pingin nambah produk terus ( termasuk aku hahaha ) .. tapi memang better tahan2in dulu kalau lagi pake produk baru .. biar lebih termonitor :)

      keep me updated ya :)

      Delete
  5. Halo kak adit, aku udh 2bulanan pake produk ini, tapi kok masih suka kerasa kering ya kalo udh cuci muka...apa kalo kaya gitu kurang bersih ya ngebilasnya...
    Sekalian mau minta saran yaa hihi

    Oiya kak asalnya muka aku tuh oily banget dan gampang banget jerawatan, tapi setelah pakai serangkaian cosrx jadi menghilang tuh minyak, jadi lembut, tapi jadi suka kerasa kering gitu dan kulit disekitar mata jadi lumayan banyak kerutan..

    Ini urutan skin care aku sekarang, oil cleansing pakai olive atau vco, kadang buat ngilangin bekas jerawat yg hitam aku pake masker dia green tea bubuk + madu, cuci muka low ph good morning, toner aha/bha cosrx, 2 hari sekali pakai bha summer pore minis serum, seminggu 3 kali pake cosrx aha7 whitehead, 2 kali seminggu bha blackhead, terus di lanjut pake toner air mawar, cosrx email 96, terus tiap malem selang seling pake overnight mask yg honey sama yang rice, pagi pakai skin aqua yg 30++.

    Semua itu aku coba secara bertahap, dan cocok karena gak bikin break out atau perih, jarang ada jerawat yg muncul kecuali setelah pakai aha7 whitehead pada keluar dan mateng, komedo hitam juga jarang ada, pori pori aku yang asalnya gede gede sekitar pipi dan hidung sudah mulai merapat, bopeng bekas jerawat juga gak sedalam dulu...tapi aku jadi ngerasa kering ya...
    Tolong masukannya dong adakah yang harus di kurangi atau ditambah atau ada cara yang harus dirubah...
    Makasih kak adit πŸ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Trila, kamu menggunakan olive atau VCO ga jerawatan ? aku soalnya selalu berjerawat kalau menggunakan olive/ vco asli.

      hmm, kalau setelah cuci muka, kamu gunakan toner ga ?
      sebaiknya kamu menggunakan toner, karena toner fungsinya juga mengangkat sisa sabun yang mungkin masih ada di wajah. :) toner nya kalau boleh jangan AHA / BHA lagi. coba yang lebih soft :) misalnya galactomyces.

      kamu menggunakan cosrx apaaja ?

      kalau aku perhatikan, kamu mungkin terasa kering, karena terlalu banyak acid nya :) kalau kamu mau aha dan bha power liquid, cukup masing2 1 minggu sekali aja.

      Delete
    2. Kalau pakai vco aku sih aku perhatiin kayanya engga, tapi sekarang ini aku coba pakai olive yg pure jadi ada jerawat kecil2 gitu. Kalo jerawat gede pasti ada aja kalau pms. Rekomen pake apa ya yang gak bikin jerawatan?

      Paling aku pake toner air mawar organic. Untuk aku yang jerawatan lebih baik galamotyces atau Centella ya? Atau ada rekomen yang lain?

      Cosrx yang ada pakai:
      -sabun yang low ph good morning
      -toner aha/bha
      -bha summer pire minish
      -snail 96 mucin
      -aha power liquid/bha power liquid (selang seling)
      -overnight mask honey/rice

      Oke deh aku coba pakenya selang saling seminggu sekali. Makasih kak adit πŸ˜ƒ

      Delete
    3. hai Trila .. coba kamu stop dulu olive yang pure ke wajah. kalau kamu mau olive nya bias dimakan barengan lunch. misalnya kalau makan yang kuah2 , kamu tuang satu sendok the olive ke kuahnya. itu bagus buat menghaluskan kulit. tapi jangan langsung gunakan ke wajah. karena bias bikin pore clogging.

      kalau jerawatan, sebenernya better bha/aha toner , tapi aku concernya kamu terlalu over exfoliate , karena hamper semua produk yang kamu gunakan ada aha atau bhanya.
      centella untuk meredakan kulit yang sensitive dan accelerate healing.

      Delete
  6. Halo kak Adit,
    reviewnya lengkap banget jadi seneng bacanya :D

    aku mau nanya nih kak, kulitku kan oily banget, dan selama ini aku pake produk2 skincare kaya facial foam dll buat yg oily skin. tapi terus aku baca2 sebenernya produk2 yg buat oily skin itu malah bikin muka tambah oily krn dia efeknya drying ke muka jadi itu memicu muka buat produksi minyak yg lebih lg. bener gitu ga sih kak?

    sekarang mukaku lg bruntusan bgt dan skincare yg aku pake skrg cuma facial foam dan nature republic aloe vera. nah facial foamnya ini kan aku pake dari garnier, dan rencananya pengen ganti ke cosrx low ph gel cleanser ini kak. kira2 cosrx ini cocok ga ya buat kulit kaya aku yg oily bgt? takutnya dia ga cocok dan bikin mukaku malah makin berminyak. tolong sarannya ya kak..

    thank you in advance :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Anin .. makasi uda mampir2 :)
      hmm, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan kalau kulit kita oily , salah satunya memang memilih facial foam yang benar :) .

      aku oily, dan aku pake low ph cleanser. so far sih enak :)
      tapi , produk ini mengandung tea tree .. kamu gak sensitive terhadap tea tree kan ?

      Delete
    2. hi kak Adit..
      nah itu yg belum tau kak krn sebelumnya aku belum pernah pake produk yg mengandung tea tree jadi belum bisa pastiin kulitku sensitif sama tea tree atau engga. Mungkin nanti aku akan beli kemasan sample atau share nya dulu aja buat ngetes cocok atau engga nya :)

      btw, aku pengen pake produk cosrx yg lainnya jg kak karena katanya produknya bagus dan banyak yg rekomendasiin jg. cuma aku kan selama ini ga begitu pake banyak produk skin care, paling cuma facial foam, aloe vera gel, dan sunscreen aja. enaknya start dari mana ya kalo baru mau mulai gini kak?

      Delete
    3. iya Nin, kalau belum pernah coba produk yang ada tea tree nya , better beli sample size nya aja dulu :)

      hmm, untuk perkenalan dengan produk cosrx, aku sarankan kamu start dari snail essence nya aja dulu . fungsinya hydrating , tapi ga bikin kulit oily :) jadi cocok untuk kulit oily kita. kalau kamu mau coba overnight mask nya, yang varian honey . :) dia mengandung propolis dengan konsentrasi tinggi, jadi bagus untuk fight bakteria penyebab jerawat :)

      memang dari dua produk itu ga ada yang buat fight beruntusan, karena beruntusan itu penyebabnya banyak banget .. salah satunya ya memang hormon itu sendiri . kalo kamu bener2 lagi di peak usia produktif, hormon kamu lagi aktif2 nya, dan itu mempengaruhi produksi sebum, jadi .. kamu harus investigasi diri kamu . apa saja yang mungkin bikin overproduction sebum di kulitmu. atau bahkan mungkin genetik. kalau adik kakak atau orang tua kamu punya problem sama, most likely kamu genetik penyebabnya :)
      'tapi, 2 produk yang aku rekomendasikan tadi, enak banget buat mengurangi complexity kulit :)

      Delete
  7. Hi kak adit.
    Aku kan baru aja nyobain produk nya cosrx low ph gel cleanser hbis itu aha/bha clarifying toner sama snail 96 essence sama honey overnight mask nya. Tapi pipi aku tiba2 beruntusan banyak. Aku sudah pakai selama 1 minggu kak. Apakah produk itu semua g boleh dibarengi semua ya kak? Trs aku juga bingung apa yg menyebabkan aku beruntusan itu produk yg mana.. mohon pencerahanya kak apa itu termasuk purging atau breakout....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Farida .. kamu beruntusannya, di daerah yang memang rutin ada jerawatnya ? kalau di daerah yang rutin ada jerawatnya, berarti purging. kalau di daerah yang random, itu kamu gak cocok.

      low ph cleanser harusnya gak bikin purging, karena kandungan bha nya kecil, hanya untuk menghaluskan kulit. snail essence dan honey normalnya juga tidak , kecuali kamu alergi dengan snail mucin / honey. kamu pernah ada riwayat alergi makanan / produk ga sebelumnya ?

      untuk bha/aha, karena itu toner, seharusnya juga less likely buat bikin beruntusan, karena dia non alcohol, dan kandungan aha /bha nya gak tinggi. kecuali, kamu tipe yang kulitnya gak mau nerima AHA.

      so ada 2 kemungkinan :
      1. kamu alergi snail mucin / madu
      2. kamu kulitnya sangat reaktif thd AHA walaupun konsentrasinya ga tinggi.

      saranku, coba kamu stop semua dulu. pake cosrx low ph cleansernya aja. beruntusannya hilang ga ? beruntusannya ada isinya atau hanya grundul2 aja ? sambil menunggu beruntusnya hilang, coba kamu pake snail essence itu dikit, di belakang telinga kiri. dan honey overnight di belakang telinga kanan selama beberapa hari. kalau ada reaksi alergi / beruntus , berarti kamu ga cocok. kalau setelah beberapa hari , ternyata ga ada reaksi alergi, berarti tinggal AHA/BHA toner kemungkinan penyebabnya yang harus kamu hindari.

      Delete
  8. Hi kak , mau tanya niy.. Dari teori kulit ph yang kakak jelasin , kalo kulit cenderung oily berarti ph kulit kita rendah (acidic) .. Nah sedangkan cosrx low ph itu kan ph rendah.. Menurut kakak itu cocok ga buat kulit aku yg cenderung combi oily? Takutnya low ph ketemu low ph nanti malah makin oily :/? Thankyouu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Livi .. ciri2 nya kita tau ph rendah itu gak hanya dari oily nya saja , tapi sepaket : oily, mudah breakout, dan di lapisan kulit kita terlihat sangat mengilap seperti ada lapisan plastiknya. analoginya : kayak lagi maskeran pake putih telur.

      kalau kulit oily saja, itu gak serta merta artinya ph kulit kita rendah. karena kulit oily itu sangat mungkin disebabkan oleh faktor lain : seperti genetik , di mana orang yang secara genetik kulitnya oily , itu karena kelenjar minyak di bawah kulitnya lebih aktif daripada orang yang kulitnya normal :)

      aku oily, dan aku menggunakan cosrx low ph :) dengan kondisi ph yang sedikit lebih rendah, bakteri gak terlalu aktif di kulit kita :)

      kalau kamu takut menggunakan cleansing gel ini, kamu dapat start 1 x sehari pagi hari aja :) kalau kamu merasa cocok, 2 kali sehari , tapi jangan terlalu sering ya :)

      Delete
  9. Halo ka, mohon pencerahannya ya wkw
    Kulit aku oily acne prone, baru2 ini sadar buat nelatenin skincare, biasanya cuma pake lotion doang. Nah rencana rangkaian skincare ku pengen kaya gini:
    1. Cosrx low ph cleanser
    2. Bragg acv as exfoliating toner
    3. Hada labo hyaluronic acid as hydrating toner
    4. Benton high content essence
    5. Lotion dan sunscreen

    Pemakaiannya juga mau bertahap dulu liat reaksi kulit, tp secara kasat mata ini over exfoliating ga ya ka? Ph dari cuka apel sendiri menurut web nya itu 3.075

    Bingung, takut over exfoliate nantinya. Mohon penerangannya ka yaa. Thankyouuuu!��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yusra :)
      hmm , saran ku kamu jangan menggunakan lotion / cream , karena lotion / cream mengandung fatty alcohol ( cetyl alcohol, cetearyl alcohol dll .. ) untuk kulit oily acne prone , bisa memicu jerawat

      hmm, dari bbrp produk yang kamu tulis, aku gak familiar dengan produk no 2 dan 3.

      saranku, start satu satu waktu menggunakan produk baru di kulit. jadi, kalau ada yang gak cocok, ketauan yang mana yang gak cocoknya.

      misalnya kamu coba low ph 2 minggu . aman, baru nambah lagi ..

      no 1, dan 4 aku menggunakannya, dan so far aku suka dengan kedua produk ini.
      saranku , kalau kamu mau hydrating agent, coba cosrx snail aja. :)

      Delete
    2. Okayy makasi kaa!
      Waduhh, dari dulu pake nya lotion. Kalo ga keberatan ada saran mosturizer buat oily acne prone ga ka? Thankyouu

      Delete
    3. hi Yusra, sebenernya kalau kulitmu oily, moisturizer itu ga tll perlu saat ini. kecuali, kamu sedang menggunakan produk yang bikin kulit mengelupas / dehidrasi . kalau pun mau, fokusnya lebih ke hydrating aja dulu . seperti snail essence cosrx . dia ga mengandung fatty alcoholnya :) jadi relative aman untuk kulit oily

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Kak mau nanya . Bagusan low ph good morning atau COSRX Salicylic Acid ya? Aku bingung mau beli hihi makasih kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nanda, aku belum pernah coba yang salicylic acid, baru pake yang low ph aja. hmm, tapi kalau ga salah ingat, bedanya, yang low ph ada tea tree nya. kalau kamu alergi terhadap tea tree better tidak menggunakan low ph :)

      Delete
  12. Hai kak adit salam kenal. Pertama aku tau blog kak adit ini ga sengaja karena lagi cari review skincare dan ketika aku baca sangat informatif buat pemula dibidang skincare seperti aku ini. Setelah beberapa lama aku ikutin blog kak adit, baru sekarang aku beraniin diri buat tanya langsung soalnya aku uda ga ngerti lagi harus aku apain ini jerawat di muka. Sebenernya kulit wajahku ini termasuk jenis normal-berminyak, dari jaman aku smp sampe kuliah jarang banget jerawatan ataupun beruntusan tapi semenjak 2 tahun terakhir jerawat satu persatu muncul sampe di bagian pipi sekarang keliatan jelas ada kumpulan jerawat yg memerah, bekas jerawat dan beruntusan di area dahi. Sepertinya awal mula jerawat aku ini muncul karena aku ganti2 produk tapi setelah aku ngerasa ga cocok akhirnya aku balik ke produk awal tapi ternyata jerawat ini justru ga ilang2 kak. Ditambah juga faktor stres ngerjain skripsi akhirnya jerawat ini semakin tambah banyak dan aku rasa kulit wajahku jadi sensitif. Setelah aku tau dan banyak baca2 review tentang skincare korea, aku nyoba buat satu persatu ngeganti produk yg aku punya. Mungkin karena aku campur antara produk yg aku pake sebelumnya sama skincare korea kulit wajahku ini jadi beruntusan dibeberapa area yg sebelumnya bersih kak. Akhirnya karena uda ga tahan beberapa lama muka jadi sering beruntusan aku coba buat berhenti pakai produk yg biasa aku gunakan yaitu loreal white perfect extraordinary whip deep cleansing yg diantaranya mengandung sea salt dan bergamot extract. Ada beberapa skincare yg aku punya sekarang yaitu cosrx low ph cleanser, centella toner, benton snail essence dan lotionnya. Tapi dari produk yg aku punya ini ga semuanya aku pakai berbarengan kak, sebenernya snail essence itu ngaruh banget buat ngilangin bekas jerawat di wajahku kak, tp karena sekarang semakin banyak jerawat yg muncul untuk sekarang ini aku pakai cosrx low ph cleanser aja. Baru beberapa hari aku pakai cleanser ini aku rasa beruntusan di dahi memang masih ada tapi semakin mengecil kak, tapi belum begitu ngaruh ke jerawat. Menurut kak adit apa ada yg perlu aku pakai sekarang ini selain cosrx low ph cleanser kak? Terus apa ada yg perlu aku tambah selain dari skincare yg aku punya, yg bisa membantu untuk mengecilkan dan mengurangi jerawat di wajahku kak?
    Terimakasih sebelumnya kak, semoga kak adit ga bosen baca komenku yg terlalu panjang ini hehe. Ditunggu komentar dan sarannya yah kak :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eva, salam kenal juga :)

      hmm, memang sebaiknya kita ga terlalu sering ganti2 produk, tanpa kita observasi terlebih dahulu produk tersebut gimana reviewnya dari orang lain :)

      hmm, sebenernya apa yang kamu gunakan saat ini sudah benar,
      cleanser, snail essence itu uda ok banget.

      coba kamu tahan2in pake produk tsb dulu, jangan nambah lagi.
      kita lihat 2-3 bulan ke depan.
      sambil menunggu jerawatnya membaik, coba deh kamu baca postinganku terakhir tentang jerawat :) semoga membantu kamu untuk memilah2 kira2 apa sih faktor utama pemicu jerawatmu :)

      Delete
    2. Hmm jadi 2 produk itu dulu ya kak yg dipake, kadang krna takut muncul jerawat lagi yg aku pake cm cleansernya aja kak. Nah aku mau nanya lagi nih kak, sebelumnya kan aku pake krim pagi dan malem dari loreal juga nah aku berencana ngeganti krim pagiku ini dg klairs mid day blue sun lotion dan krim malemnya mau aku ganti cosrx honey overnight mask menurut kakak gmn? Soalnya ga mungkin kan kak pas aku lagi ada aktivitas di luar gitu aku biarin wajahku polosan kena matahari.
      Terus kira2 apa aku butuh nge exfoliate juga atau cukup cuci muka aja selama 2-3 bulan itu kak?
      Siap kak, pasti aku baca postingan yg tentang jerawat :)
      Maaf ya kak kalo masih nanya2 dan makasih sarannya kak adit :)

      Delete
    3. hi Eva, :) gapapa sama sekali koq :) aku malah seneng kalau ada sesi interaktif nya gini di blog ku :)

      hmm, sebenernya, aku ga terlalu rekomen si loreal ini, karena beberapa kali aku coba produk mereka, gak terlalu bagus . kecuali micellar waternya yang aku pake sekarang. ( review soon ya :) ) .
      utk siang memang kamu wajib pake sunblock. klairs mid day itu sun block, bukan krim pagi :) kamu memang wajib pake sunblock utk pagi :)
      malem overnight mask bagus. :) dan overnight mask ini bisa dipake pagi juga, sebelum sunblock. dia sama skali ga trigger acne kalau untukku :)

      no exfoliate dulu. karena nanti akan semakin purging, kecuali kamu tahan dengan purgingnya :) memang, kalau mau pori2 bersih, mau ga mau mesti purging sih sebenernya :)

      Delete
  13. Hi kak salam kenal.
    Kak mau tanya dong, aku pake cleanser ini batu seminggu terus kaya ada bruntusan kecil2 gitu dikening. Itu kenapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Oh ya Ka, sebelumnya aku untuk pembersih dan krim muka pakai dari dokter kulit. Nah ini sudah berhenti. Baru seminggu pakai produk cosrx yang ini.
      Balas yaa Kaaaa hehehe.
      Terima kasih :)

      Delete
    3. Hi Nurcita. Kamu pakenya sehari brapa kali? Utk kulit sensitidf, better sehari 1x.
      mengenai beruntus, karena kamusebelumnya baru aja brenti krim dokter, ada kemungkinan kulitmu 'nagih'krim dokter itu. Jadi gak serta merta dari produk baru. Kamu tau gak isi krim dokternya apa? Mungkin ada corticonya ga?

      Delete
    4. Aku pakai 2 atau 3 kali cuci muka Ka. Oh seharusnya cukup sekali aja ya Ka? Aku ga tau Ka, itu isi krim dokter nya apa aja. Cuma emang waktu masih ke dokter pun kalau salah satu krim habis muka aku langsung kerasa ga enak gitu.
      Ini jerawatnya muncul terus di daerah pipi kanan dan dagu yang emang suka muncul jerawat dari dulu, cuma kalau dikening itu emang baru Ka :(
      Oh ya Ka, lebih bagus low ph ini atau innisfree yang jeju ya untuk facial foam?
      Terima masih banyak Ka sebelumnya, maaf aku banyak tanya hehe

      Delete
    5. Aku pakai 2 atau 3 kali cuci muka Ka. Oh seharusnya cukup sekali aja ya Ka? Aku ga tau Ka, itu isi krim dokter nya apa aja. Cuma emang waktu masih ke dokter pun kalau salah satu krim habis muka aku langsung kerasa ga enak gitu.
      Ini jerawatnya muncul terus di daerah pipi kanan dan dagu yang emang suka muncul jerawat dari dulu, cuma kalau dikening itu emang baru Ka :(
      Oh ya Ka, lebih bagus low ph ini atau innisfree yang jeju ya untuk facial foam?
      Terima masih banyak Ka sebelumnya, maaf aku banyak tanya hehe

      Delete
    6. innisfree jeju aku belum pernah coba :) tapi saranku sih, jangan terlalu banyak produk dulu kalau kamu kulitnya lagi sensitif :)
      utamakan produk yang mengandung snail dan aloe vera tapi gak terlalu banyak mengandung aha dan bha Nur :)

      nah, soal jerawat, faktor lain pun ada banyak misalnya : alergi, stress, hormon, makanan dll .. :)
      kamu musti pastikan, faktor lain tersebut di minimal , agar proses pengobatan jerawatnya gak terganggu

      Delete
    7. This comment has been removed by the author.

      Delete
    8. Sebelumnya makasih banyaaaakkkkkkk loh Ka, udah balas pertanyaan2 aku :)

      Iya aku ga pakai produk banyak2 Ka. Ditambah nature republic aloe vera aja waktu malam hari.

      Kalau pemakaian skincare tapi kita tetap facial di dokter kulit, itu boleh atau jangan sih Ka? Hehehe

      Delete
    9. kalau facial sih gpp nur .. karena memang banyak yang lebih pilih facial utk mengeluarkan komedo dan whitehead ya :)

      Delete
    10. Okedeh, Makasih banyak ya Ka :)

      Delete
    11. Okedeh, Makasih banyak ya Ka :)

      Delete
  14. Kak adit,klo kita pake low ph ini di pagi hari better pake toner yg ph adjuster, exfo lalu hydrating, atau lgsg ke hydrating aja? Basicnya kulitku oily acne. Tp skrg acne nya agak2 kalem ga yg ngebumps byk gitu palingan 1 atau 2 biji. Klo malem aku pake ini lanjut ke pimple pads terus pake hydrating toner. Tp paginya aku masih bingung sih mo pake toner apa, kmrn hbs nyoba son n park bagus juga sih g bikin breakout juga. Tp pgn dpt alternative produk lain aja, hhe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuna, saranku kalau pagi, kamu langsung ke hydrating aja :) . karena kan mengggunakan exfo toner perlu didiemin dulu 10-20 menitan. kalau lagi buru-buru pagi-pagi, percuma juga pake exfo toner kalau mesti nunggu2. dan sebaiknya exfo toner maksimal 1 x sehari jangan keseringan nanti over exfo :)

      son n park bagus ya ? aku juga lagi lirik2 produk itu ,tapi ada alkoholnya euy . :) kulitku sensitif, jadi maju mundur mau coba :)

      Delete
    2. Oooh, gitu... Tp kak even pagi2 udh pake cosrx low ph trus lanjut son n park masih ada sisa2 kotoran juga lo di muka.
      Jd klo misal sblm pake low ph dibersihin pake micellar water dulu gitu gmn ya kak? Baru nti pake hydrating toner. Bisa potensi over exfo juga gk?

      Baaaagus kak sebenere, buat ke gym gt juga bagus biar ga cumuk terus. Dia bisa jd 3rd cleansing juga sih. Tp ya dia agak mahal, untung ada travel size nya juga tp cuma bs buat sebulanπŸ˜‚πŸ˜‚. Alkoholnya di aku ga bgtu bikin kulit yg panas2 apa gimana si kak, masih wajar ko hehehe, coba aja kak yg travel size nya...✌

      Delete
    3. hahaha .. nah ini dia nih ...
      aku juga uda lama ini pingin coba ... ada ya yang travel sizenya ?
      di mana yun belinya ? haha share2 donk olshop nya :)

      Delete
    4. Son & Park bagus banget sih, aku coba yg size kecilnya 60ml dan bener2 hydrating bgt (kulitku kering-kering kronis) i guess gara2 salah facial wash jd kering, eh pakein son&park lgsg lembut lg gada kering sama sekali, makanya aku lgsg beli yg 340ml deh hahaha anw krn FW aku keknya salah malah bikin kulit kek kering ketarik gt kalo senyum, aku mau cobain si low ph nih. tp low ph good morning ini gmn sih di kulit kering? aku baru coba 1x dan rada ketarik gt mukanya :( jd sedih huhu aku pengennya FW yg bikin kulit kenyel kalo abis cuci muka gt...makasi kak!

      Delete
    5. hi Yemima,
      kalo low ph kayaknya gak dedicated untuk dry skin type deh.
      soalnya itu lebih untuk acne oily type
      so , saranku kamu jangan pake low ph :)

      kalo pingin yang gentle sih so far aku cocoknya 3 :
      - klairs
      - sulhwasoo
      - sk2

      itu yang gak gimana2 ke kulit normal to dry :)

      Delete
  15. Halo kak adit ,kalo menurut kakak bagusan cosrx low ph atau neogen facial foam? Aku udah nyoba yg share bottle cosrx low ph dan cocok banget diaku,cuma ngeliat review orang orang jadi pengen cobain neogen juga, mohon sarannya ya kak,terimakasih 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eka. aku kebetulan belum pernah pake neogen nih :) tapi cosrx low ph sih lumayan bagus mnrtku, selama kamu ga ada masalah dengan tea tree oil .

      Delete
  16. Hai kak adit, senang banget bisa nemu blog nya kakak ��. Cara kakak nge review suatu produk detail banget aku jadi paham bacanya hahaha. Oh ya kak, kulit aku tipe oily-acne prone dan banyak bekas jerawat nya kayak dark spot dan acne scar gitu ☹. Aku udah coba coba pake skincare ini itu tapi hasilnya nihil , jerawat masih aja numbuh. Kulit aku kalau udah gak cocok sama suatu produk langsung muncul jerawatnya ��. Sampe bingung kalau mau nyoba skincare baru kalau ada jerawat nonggol, ini karena breakout apa karena purging. Dulu pernah pake krim dokter dari klinik kecantikan , hasilnya bagus sih kak tapi aku ngrasa kulit ku kayak perih dan kadang kadang terasa panas gitu. Akhirnya aku stop deh pake krim dari dokter. Nah sekarang aku lagi coba pake snail essence nya cosrx, aku gak pake pelembab lagi cuma pake itu aja kak soalnya gak pernah nemu yang cocok pelembab buat muka aku ��, rencana nya mau nyoba cosrx low ph cleanser sama centella blemish nya buat bekas jerawatnya aja . Menurut kak adit gimana ? Juga rekomen skincare yang bagus buat tipe kulit kayak aku.
    Makasih kak , jadi curhat ini ceritanya heheh�� udah gak tau mau diapain lagi ini muka ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi HanBell, thanks ud mampir2 :)
      mengenai jerawat .. problemnya agak kompleks memang . :)
      kamu harus tau dulu penyebab jerawat nya apa . karena tiap orang bisa beda2 faktor penyebab jerawatnya. untuk detailnya aku sempat posting beberapa waktu yang lalu mengenai faktor faktor penyebab jerawat. :)

      gimana pake snail essence nya ? ada perubahan ?
      low ph cleanser bagus asalkan kamu ga sensitif terhadap tea tree oil han .
      centella blemish lebih untuk meredam kemerahan, tapi bukan untuk bekas jerawat. kalau bekas jerawat sebenernya kamu perlu yang sifatnya sedikit exfo , spt bha atau vit c. tapi takutnya purging juga bersamaan dengan penggunaan produk tsb :)
      sementara ini saranku, fokus aja dulu di jerawatnya. nanti kalau ud clear, tinggal mengobati bekasnya aja :)

      Delete
    2. Aku juga pake facial wash nya hada labo mild peeling yang ada kandungan Aha dan Bha nya kak , tapi kandungan Ahanya cuma 1,01% aja . Dan tak pake cuma malam doang, kira kira aman gak ya kak kalau dipakai tiap malam? Kalau sekarang skincare ku cuma pake low ph cleanser di pagi hari , snail essence sama innisfree aloe vera dan kalau malam hada labo mild peeling face wash , snail essence sama cosrx centella. Oh ya kak , perlu gak sih pake sunblock kalau kegiatannya didalam rumah terus ? Rekomen dong kak sunblock buat tipe wajah yang kayak aku 😣, aku gak pernah pake sunblock soalnya.

      Btw , makasih udah jawab pertanyaan ku kemarin ya kak 😊

      Delete
    3. hi Febe,yang pasti jangan sampe nanti kamu over exfoliating ya :)

      frekuensi pemakain tiap orang beda2 , tergantung kulitnya. kalau aku , biasanya sih aku pake 2 hari sekali paling sering. jadi gak tiap hari. tapi ada yang tiap hari , bahkan sehari 2 kali, aman2 aja :)

      sunblock, aku sih biasanya pake klairs blue lotion.
      hmm, kalau di dalem rumah terus, ga perlu sunblock, kalau kamu deket jendela, nah, perlu :)

      Delete
    4. Problem ku skrg cuma bekas jerawat sama pori pori besar kak , tp kadang kadang masih timbul jerawat nya . Jerawatku tipe jerawat batu kak, yang kyk bentol merah dan sakit :(. Apa mungkin karena aku suka makanan pedas,jadinya jerawat ku gak sembuh sembuh ya kak ?

      Aku lihat review" di youtube sama di blogger, mereka rekomen serum ost itu buat memudarkan bekas jerawat. Aku agak tertarik nyoba sih kak , tapi katanya gampang teroksidasi serumnya. Dan lebih nyaranin buat disimpen di kulkas. Nah sedangkan aku anak kuliahan yang nge kos, jadi gak ada kulkas :(.

      Rencana nya sih kak, aku mau beli yang share in jar gitu. Biar cepet habis nya dan gak cepet teroksidasi.
      Menurut kak adit, urutan pemakaiannya yg bener seperti apa ya ?
      Skincare yg ku pake low ph cleanser , toner dari viva, cosrx snail essence ,centella blemish cream. Kalau facial wash hada labo yang ada kandungan AHA , BHA nya skrg aku pake seminggu 2 kali aja takut makin sensitif nanti kulit ku.


      Makasih ya kak adit, udah di respon setiap pertanyaan aku yang kayak cerpen hehehe :)
      Udah bingung mau diapain lagi ini wajah , udah dari SMP sampai Kuliah jerawat masih aja setia diwajah ku ×_×

      Delete
    5. Kulit wajah ku super berminyak tapi kulit ku juga kyk dehidrasi gitu kak.
      Berminyak tapi dehidrasi ._.

      Kalau lagi ngaca, kelihatan kyk kulit ku keriput keriput seperti kulit kering padahal kulit ku super berminyak dan lebih kelihata kusam. Kan jadinya wajah ku seperti kulit yg gak sehat . :(

      Delete
    6. hi Febe, kalau kamu banyak jerawat batu, saranku kamu better dipandu dokter deh Febe. kamu di mana stay nya ? jkt kah ? di jkt , dokter jerawat yang paling bagus adalah dokter kun. :)

      aku pernah buat posting mengenai faktor penyebab jerawat. coba deh kamu mampir2 ke postinganku itu. siapa tau ada faktor penyebab jerawat yang terlewat oleh kamu :)

      kamu coba cek, toner viva ada zat yang aneh2nya ga ? paling enggak, coba cek ada alkoholnya gak.

      kulitmu super kering2 padahal berminyak itu karena over exfo . kamu harus kurangi penggunaan AHA/BHA nya feb. :)

      Delete
    7. Aku tinggal nya di surabaya kak .

      Aku tadi juga sempet baca semua review nya kakak tentang produknya benton dan cosrx, ternyata aku baru tau kalau snail essence benton sama cosrx bisa dipakai bersamaan. Aku dulu pernah nyoba essence nya benton tp gara gara aku tertarik sama snail nya cosrx , akhirnya aku tinggal snail essence benton ku padahal selama pake itu muka ku agak cerahan. Tapi setelah aku baca review kakak tntg 2 essence ini , benton essence ku udah gak nganggur lagi hahah :D

      Makasih banget loh kak adit , suka banget mampir di blog ini dan semua post an kakak juga ngebantu banget dan sedikit racun buat coba produk baru lagi hehehe :)

      Delete
    8. hehehe racun yaa :) hahaa .. semoga ga bikin kantong kempes ya :)

      ditunggu update dari kamu ya Febe :)

      Delete
    9. Tp meskipun kantong kempes , semoga ada hasilnya πŸ˜€

      Ini jerawat juga mulai numbuh lagi , mungkin karena lagi datang bulan ._.

      Delete
    10. amin, semoga ada hasilnya :)
      hmm, nah, susahnya cewe ya gitu, ada masalah hormon bulanan

      Delete
    11. Hai kak adit , aku mau kasih review nih :)
      Setelah aku pakai cosrx low ph cleanser , cosrx snail essence , sama innisfree aloe vera puji tuhan wajah ku udah mulai membaik :D
      Tinggal bekas nya aja yg susah ilang nya , kalau ada jerawat pun tumbuh cuma satu atau dua gitu. Dan bruntusan ku juga udah mulai berkurang :D
      Rasanya gak sia sia ngeluarin uang buat skincare.

      Aku juga mulai pakai benton snail bee venom steam cream buat mencerahkan wajah sama ngilangin bekas jerawat tp aku juga pakai si centella blemish cream cuma aku totolin di bekas nya aja sih kak, kira kira boleh gak kak di combine sama snail essence nya cosrx dan centella cream?
      Takutnya ada kandungan yg gak cocok dipakai bersamaan.

      Makasih kak ^^

      Delete
    12. hi Febe :) ahhhayyy .. seneng !!!! :)
      cocok2 aja sih, tapi selalu lakukan test patch dulu ya. paling enggak 1 minggu di belakan gtelinga, takutnya ada ingredient yang kamu alergi.

      keep me updated yaaa

      Delete
  17. Hi kak adit, salam kenal!
    Lg nyari2 cleanser nih kak, eh ktemu blognya kak adit deh
    Soalnya cleanser dr dokterku wanginya jd beda gtu, cleanser yg sebelum2nya aku pake ada wangi tea tree oilnya dikit, tp yg terakhir ini wangi nya mirip busa sabun yg dijual abang2 ditaman yg warna warni itu loh, gk tau namanya apa ��
    Kira2 cleanser ini bikin kering bgt gk ya kak?
    Soalnya kulitku acne prone - dry, sensitif (perih2 klo trlalu kering)
    Pngen beli yg Klairs tp ada lauric acidnya soalnya aku gk cocok lauric acid, kira2 Cosrx cleanser ini cocok gk ya kak? Atau mungkin ada saran lain kak?

    Makasih sebelumnya ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Gama, selain kamu pake cleanser, kamu pake apa aja ? soalnya, kalau dry sensitif perih kalau kering, acne prone, itu semua indikasi kulitmu over exfo Gama :)

      Delete
    2. Baru pake cleanser sama sunblock kalo kluar rumah aja sih kak, baru mau coba gel lotion dr etude krn moisturizer yg skrng krng lembap
      Aku krng tau over exfo atau gk, soalnya blm berani coba acid2an

      Delete
    3. kalau kamu ga pernah acid acid-an, berarti memang kulitmu secara genetik super sensitif donk ? wah .. uda pernah cek ke dokter ?

      Delete
    4. Kalo cek buat tau kltku sensitif/ gak sih belom, wktu itu berobat jrawat di slh satu rs di jakarta, pas pakai krimnya kulitku langsung mrah trus perih, jd wktu itu pas kontrol lg gak di ksh krim mlm lg, dan d ganti sma obat totol jrwat yg ada merknya bkn racikan, jd smpe skrang cuman di ksh face wash, sunblock sama toner
      Bbrp bln ini facial washnya sih gk ganti msh dr spkk bntuknya jg sama, tp aku ngerasa kandungannya ada yg d gnti / d krngin gtu deh kak, mngkin aku gak cocok atau apa jdnya jrawatan, jd bingung mau lnjt pakai f/w dr spkk atau enggak

      Delete
    5. mungkin juga sih kandungannya diganti. atau , produknya dibuat dari farmasi yang berbeda. :) sementara ini kamu coba masker pake aloe vera aja gama . aku juga ampir tiap hari masker pake aloe vera :)

      Delete
    6. Oke kak, aku bakal coba tipsnya deh
      Makasih ya kak adit :)

      Delete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Hai kak adit, salam kenal yaa..
    Udah beberapa kali kepoin blog kak adit, baru kali ini memberanikan diri utk nanya hehe
    Aku lagi nyari cleanser yg cocok nih kak. Sebelumnya type kulit aku oily-acne prone. Dari SMA sampe awal kuliah muka aku jerawatan parah. Terus akhirnya nyoba pake produk kecantikan Lazeta(ngikutin artis" wkwk) alhamdulillah membaik. Yaa masih suka jerawatan sih, tp jerawatnya ke kontrol gitu kak, enggak separah yg dulu, tp msh nongol 123. Karena aku pikir udh agak membaik, pada saat itu aku ingin berenti tuh semua produk lazeta, karena aku pikir klo lama lama takut ketergantungan. Jadi Cleanser nya aku ganti pake produk drugstore. Wah alhasil jerawat gede"nya muncul lagi kak. Singkat cerita akhirnya aku pakai lg semua produk lazetanya(krim pagi, krim malem, serum, toner, dan cleansernya). Akhirnya muka aku kembali normal lg, walaupun masih suka jerawatan 123.
    Saat itu yg aku pikir, kalo berentiin semua produk lazeta nanti aku pasti breakout lg klo pake produk yg lain. Akhirnya aku pelan pelan ganti produknya satu satu kak. Liat liat di youtube skincare korea, dari blog blog orang juga, trmasuk kak adit(hehe) aku jadi keracunan. Akhirnya aku ganti pelan pelan skincare aku. Sekarang cleanser nya masih dari lazeta, terus aku pake toner viva face tonic lemon, essence nya dari benton yg snail(udah 3minggu pakai) trus pake Nature republic aloe vera gel buat sleeping masknya(udah 4bln pakainya) Seminggu 2x aku scrub pakai St.Ives yg blemish control(udh 2 bln pakainya). Alhamdulillah jerawat berkurang kak, paling muncul kalo lg dtng bln 1,2 doang. Bekas" nya jg memudar semenjak pake essence sama NR aloe vera. Nah skrng lg nambah 1 lg, aku pake water sleeping mask dari laneige(udah 1minggu) dipake setiap malem di tahap terakhir. Si NR nya aku pake di pagi hari jdnya sebelum pakai makeup. Wah it works di muka aku kak. Bekas" jerawatnya jd cepet memudar kak, dan skrng lg dtng bulan alhamdulillah gak nongol tuh jerawatπŸ˜„πŸ˜„
    Ya'Allah maafin ya kak jd cerita panjang lebar giniπŸ˜‚
    So, aku mau coba ganti cleansernya nih kak, krna cleanser yg aku pakai skrng ada SLS nya, dan masih dr lazeta jg. Walaupun ada yg blg msh aman utk muka yg berminyak, tp pengen ganti aja gitu, selagi masih ada kandungan yg lebih aman knp gak di ganti kan kak?
    Pas baca review" org ttg low ph ini aku jd kepincut deh, aplg baca review kak adit. Soalnya aku agak susah nyari cleanser yg cocok kak, sempet ganti ganti cleanser di cerita yg sebelumnya di atas, aku selalu breakout. Emang sih cleansernya dari drugstore semua yg aku cobain.
    Nah skrng pengen nyobain dari COSRX ini, brand korea keliatannya solusi terbaik utk muka aku. Menurut kak adit gimana? Ph low cleanser ini Less breakout gak kira kira? Soalnya msh takut bgt ganti cleanser.
    Makasih yaa kak sebelumnya, semoga kak adit berkenan membaca cerita panjang aku ini dan bersedia membalasnya hehe :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dela :)
      thanks uda mampir2 ..

      kalau dari cerita kamu, jerawat kamu terkontrol karena Lazeta. Ada bagusnya kamu cari tau, active ingredient apa di dalam Lazeta tsb yang membantu kamu dalam mengontrol jerawat ?
      Dengan mengetahui active ingredient tsb, kita jadi punya sense untuk mencari produk yang punya ingredient nya seperti Lazeta, atau, cara kerjanya seperti lazeta.

      Memang jerawat ini gampang2 susah, tapi, saranku, lebih baik kalau sudah cocok dengan satu product, jangan ganti dulu. :)

      Low ph cleanser memang aku suka. Tapi dia mengandung tea tree oil. dan ga semua orang cocok dengan tea tree oil. Jadi, kalau kamu ganti ke low ph cleanser, kamu tetap ada resiko mungkin kamu salah satu yang gak cocok dengan tea tree oil ini :)

      Kita memang ga pernah tau, kecuali kamu pernah coba produk yang mengandung tea tree oil dan aman aman. :)
      kamu pernah pake produk tea tree oil ga ?

      Delete
    2. So far aku pernahnya pake sheet mask yg tea tree oil dari berbagai brand sih kak. Gak ada reaksi negatif dari kulit aku. Apa itu bisa jadi acuan juga buat aku kak?

      Delete
    3. hmm, seharusnya kalau kamu ernah coba menggunakan produk tea tree , aman aman ajasih :)
      tapi coba start dari 1 kali sehari pagi hari dulu ya :) jangan langsung 2 x sehari

      Delete
    4. Oh gitu yaa kak, Okee deh. Mau beli sample size nya dulu kalo gitu hehe.. semoga sih cocok:D
      Makasih kak adit atas info dan sarannya :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Halo kak Adit,
    seneng banget baca reviewnya kakak. Ngebantu aku banget pas milih skincare.

    Anyway, aku make COSRX low pH Good Morning cleanser ini kurang lebih setahunan, thanks to reviewnya kak Adit!
    Untuk beberapa bulan di awal, cleanser ini sangat banget ampuh buat kulit aku yang berjerawat. Aku ngerasa kulit aku bener-bener bersih dan ngga oily sama sekali.

    Tapi udah 3 bulan terakhir, aku ngerasa kulit aku yang awalnya oily banget (beneran kaya kilang minyak, dan kusem) jadi kering banget T_T saudara aku juga make, dan katanya bikin kulit dia kering banget. Kadang sampe ngelupas dan kasar kalo dipegang.

    Apa karena kombinasi skincare aku yang lain ya kak?
    Di waktu yang bersamaan aku make
    - Viva Milk cleanser Green Tea : aku liat ingredients nya di cosdna, dan, wow, ternyata ada label merah di safetynya. Tapi sejauh ini aku ngerasa lebih bersih (?) makenya, jadi aku udah make 3 botol. Kalo lagi jerawatan banget berasa perih di muka, tapi kalo lagi kalem ya ngga ada masalah.
    - Viva Face Tonic Green Tea : beda jauh sama milk cleansernya, produk ini di cosdna malah sangat aman, dan aku selalu repurchase, sejauh ini cocok di aku.
    - COSRX Natural BHA Skin Returning A-Sol : Aku make produk ini juga karena review kakak. Kalo di kemasannya termasuk ke toner, tapi karna kakak bilang ini Active, jadi aku pake setelah toner, dan jerawatku jadi sangat amat kalem dibanding sebelum pemakaian.

    Aku mau minta saran kakak lagi nih. Apa ada produk yang harus dihentikan? Atau kakak punya solusi lain buat kulit aku yang dari oily parah jadi kering ngelupas? (sampe aku make loose powder jadi kering banget T_T)

    Sekali lagi, terimakasih buat semua reviewnya kak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Annisa,
      wahhh senangnya kalau membaik :)

      hmm, mengenai kulit keringnya.
      sebenenrya ada beberapa hal :

      1. rutinitas kamu berubah ga? sering kena ac ? kurang minum ? kurang tidur ? lagi panas dalam ga ? sering minum kopi ? kurang makan sayur buah ? banyak makan daging ?
      2. kering atau oily memang biasanya ada factor hormone juga. hormone ga stabil, ngaruh ke sekresi sebum.
      3. coba kamu kurangi penggunaan A - sol nya. sekarang kan uda membaik kan ? kamu gunakannya brapa kali ? pagi malem ? saranku coba kamu kurangi jadi malam saja, atau 2 hari sekali pada malam hari. sambal kita lihat, masih kering atau tidak :) Soalnya, a sol kan ada alkoholnya. mungkin ini yang akhirnya bikin kulitmu jadi agak kering kalau dipake terlalu sering. kita harus cari tau frekuensi yang pas di kulitmu :) buat orang lain mungkin 1-2 hari sekali, tapi aku biasanya 3 hari sekali cukup :)

      Delete
  22. hai kak.. boleh sharing dan minta pendapatnya? kebetulan aku baca postingan ini, . trus liat yg tentang ph itu.. curhat kondisi kulit aku boleh ya kak? dari kecil ampe sma kulit aku normal, fine-fine aja walau skincare cuma cleanser sma plembab. pake sunlock, tapi kalo lagi perlu aja sih.. masih fine.. aku rutinitas kerja, cape, polusi dll masih fine jg. cm waktu itu cleanser aku yg nivea abis, di store kosong, aku lgi perlu bgt jadi ganti produk, kbetulan beli clean n clear.. ehh jadi bnyak brungtusan gt, bnyak.. kluar air. trus stop dan ganti pake cetahil tapi masalahnya ga slesai ampe lbih dri sthun.. brustusan udh ngga, krna aku gregetan jadi suka pencet". pikirnya yg penting kulit datar. bekas bisa ilang ntaran. tapi bekasnya lammmmaaa bgt ilang.. udh gt tekstur kulit aku jadi normal ke kering. jerawat sih ngga. tapi kulit ada jendul" gt.. pas dipencet, keluar yg putih" gt. apa itu yg namanya whitehead? aku jadi rajin browsing skincare korea. skrg yg lagi aku pake masih cleanser cetaphil. tapi tambah cosrx yg clarifying toner aha/bha + snail essencenya.. serum aku lagi pesen yg ost c21,5.. scrubnya aku pake yg skinfood black sugar. kira" rangkaian produk aku itu ada yg salah ga ya? cocok ga ya buat ngatasi problem aku kak? atau aku ganti pake cleanser ini? jadi kulit aku kering tapi yaa gitu.. komedoan trus.. makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      hmm, iya itu whitehead ..

      hmm, ost 21.5 kamu cuma gunakan malam hari kan ?
      2 hari sekali ?
      blacksugar mingguan kan ?

      jangan tll sering, nanti malah over exfo.

      komedo itu hamper tiap orang selalu ada koq.
      aku juga ada. :)

      tapi dengan rutin exfo, hilang lama lama :)

      hmm... kamu harus pake sunblock juga tiap pagi. untuk memproteksi kulitmu :)

      so far sih aku lihat produk yang kamu pakai sudah benar.
      paling kalau kamu mau nambah produk yang ada hyaluronic acidnya aja

      Delete
  23. Halo ka, aku frustasi nyari" review ga nemu yg memusakan. Akhirnta ktemu blog kk. Makasih ya jelas bgt dan aku jd suka liatin cosdna berhubung kulitku kombinasi dan sensitif. Kering tp minyak d T-zone.

    Sekarang aku lg bruntusan kecil" d dahi gara" didandanin jd pager ayu di nikahan sodara, terus sejak pake laneige white dew (sebelum tau cosdna) niat nyerahin eh aku malah jd kusem dan bruntusanku kayanya makin jadi. Kesel. T_T

    Aku mau tanya ka, aku emang mau coba cleanser ini katanya bgus untuk sensitif ya tp tonernya apa ya? Aku takut salah make. Aku niat mau coba cosrx galactomyces alcohol free toner atau benton skin toner, terus pake moisturizer cosrx hyaluronicnya. Bagus ga? Aku cek sih semua aman untuk kering dan sensitif. Aku minta saran apa yg harus aku pake kaa..

    Aku jg gamau yg ribet" takut makin berat mukaku. Mohon bantuannya ya ka πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi
      iya bagus tania :)
      dengan catatan kamu ga sensitive thd tea tree .
      ada beberapa yang sensitive thd tea tree , dia active ingredient di produk ini.

      dan ph cleanser ini cuma 1 x sehari pakainnya
      jadi better punya produk lain juga untuk tandeman

      toner sih, kamu uda pernah denger nuxe ?
      kalau untuk hydrating , nuxe bagus koq :)

      Delete
    2. Oh gitu, aku baru beli share'a aja sih takut ga cocok. Hehe.. terus kalo oembersih muka untuk sensitif yg bisa dipake 2x sehari apa ya? Pengen yg simple gitu.

      Oh nuxe belum pernah coba. Nuxe itu toner exfoliate atau hydrating?
      Eh ka, aku akhirnya coba toner dr klairs baru share'a juga. Itu bagus ga? Baru 2x pake sih menurutku enak gada tanda" aku iritasi rasanya enak d wajahku. Ga kaya laneige dew dulu aku pake itu 3hr doang udh kaya kusaaaam bgt terus malah jerawatan πŸ˜₯ pas aku tau ada cosdna itu ternyata emang masih mengandung alkohol yg ga baik untukku juga.

      Oya ka, sekalian nanya krim pelembab untuk siang malem apa ya yg cocok untukku? Rasanya ga enak gitu klo keluar ga pake pelembab, maaf ya banyak tanya T_T

      Delete
    3. kalau kamu mau yang gentle, sulwhasoo gentle , klairs gentle, atau sk2 gentle :)

      nuxe hydrating Tania :)

      iya, klairs enak . :) dia pure hydrating ya :)

      kalau utk jerawat , yang pasti kamu jangan pake yang bentuknya cream stop di essence / lotion.
      essence snail sudah pernah coba ?

      Delete
    4. Oooh, iya aku udh coba pake cosrx sm klairsnya baru beberapa hari sih. Bruntusanku pelan" berubah jd jerawat yg mau pecah cm 2 biji sih terus kemaren akhirnya pecah ^^ Sekarang udh tinggal sisanya aja masih berasa grunjelannya klo dipegang. Sementara aku rajin maskeran aja.

      Hmm, jd harus gel ya? Klo kombinasi gimana?
      Yg snail gitu belum pernah aku udh cek" sih tp ragu mau nyobanya udh takut dluan. Haha.. tp kk ga masalah ya klo kulitnya sensitif?? ._.

      Delete
    5. jadi gini Tan,
      waktu isi pori terangkat ke atas, biasanya bentuknya menyerupai jerawat, agak memerah, tapi terus keluar isi porinya. itu purging namanya :)

      snail sih aku suka banget. :) bener2 lebih ngefek daripada SK2 essence :)
      gak masalah, kecuali kamu salah satu yang alergi terhadap snail . so, selalu lakukan test patch dulu ya :)

      Delete
    6. Ooooh itu purging ._.
      Berarti aku ga ccok pake cosrx? Emang sih abis itu jd berasa keliatan bgt semua bruntusannya tp lama" ga keliatan lg jd aku bingung. Aku sorenya ttep pake cleanser yg biasa aku pake sih, dia ga ngaruh apa" tp ga bikin masalah jg cm bikin berasa bersih aja.

      Oke okee nt aku coba deh, makasih ya ka ^^

      Delete
    7. siapp .. berkabar ya TAn .. kalau ada yang urgent ..add IG aku aja .. @Joshua_adityaa.
      :)

      Delete
  24. hai kak adit, ku butuh pencerahanmu nih...
    kulitku oily and acne prone, ada bruntusan di dahi dan pipi, ada bekas jerawat tp ga begitu hitam sih.
    skincare yg lg ku pakai:
    day (borges grapeseed oil, cetaphil gentle cleanser, himalaya purifying astringent toner, skin aqua moist gel spf 30) night + laneige sleeping mask.
    selama ini pakai itu kulitku begitu2 aja flat.... bruntusan kosong ga hilang2, kusam, tetep oily, dan acne scar tetep ada)
    aku pgn bgt bikin kulitku sehat, seengganya lebih kenyal, cerah, dan bruntusan kosongku itu hilang.
    selama ini aku tidur selalu jam 10malam paling malam jam 11. aku ga ngerokok, ga minum yg manis2 or apapun kecuali just air putih to.
    makanan jg jarang bgt makan pedas, cuma ini kok bruntusan ku tak kunjung pergi ya :(
    fyi, bruntusanku bermula setahun lalu waktu aku coba pake skincare dari wardah yg lightening series.
    nah akhir2 ini aku lg rajin bgt hunting Korean skincare, akhirnya aku beli bbrp produk (tp blm aku pake sih):
    - cosrx one step pimple pad
    - secret key start treatment essence galactomyces
    - corine de farme gentle rose water (hydrating toner from france)

    kira2 ada rekomendasi yg lain ga? atau malah ada yg salah aku beli ga ya?
    oh terus, aku udh lama pgn ganti cleanser ku si cetaphil itu, krn dia mengandung sls dan itu bikin hidungku komedoan blackhead gitu. enaknya pake cleanser water based apa ya?
    thanks b4 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada yg kelupaan hehehe, aku jg udh beli produk:
      - ost c20 vitamin c serum
      - ost 9 to 5 vitamin sleep
      tapi itu semua blm aku pake sih

      yg baru aku pake cuma secret key ste+corine de farme gentel rose water dan rasanya selama 2minggu pake itu kulitku sama aja sih blm ada perubahan gimana2 tp yg penting ga bikin purging or breakout, nah kira2 aman ga ya si cosrx pimple pad itu dipake bareng sama ost c20 nya?

      Delete
    2. hii.. aduuhh .. aku bener2 ga enak banget .. banyak komen yang blum aku balas uda jalan 2 mingguan.. sori yaa ...

      blogger di block dari kantor ku.. aku jadi slow response banget. btw
      kalau ada yan urgent add ig ku aja @Joshua_Adityaa ..

      hmm,

      jujur banyak produk yang kamu pakai yang aku bleum pernah pakai, seperti Himalaya dan borgesse ..

      kamu sudah pakai si clear pad nya ?harusnya lama-lama pakai clear pad itu hilang nanti bruntusnya..
      boleh liat beruntusannya spt apa ?

      utk cleanser sebenenrnya pilih yang gentle aja.
      ada sk2 gentle, atau sulwhasoo. aku lagi coba Benton honest nanti aku review ya.
      ada juga low ph cleanser itu mnrt ku bagus. tapi kalau kamu ga cocok dengan tea tree nanti kulitnya merah2. karena ada teatree nya.

      hmm, ost c20 ada resiko purging dan pakenya cuma 2 kali seminggu .

      gimana udpatenya ?
      sudah mulai dipakai ?

      kabari aku ya :)
      ke IG jg gpp :)

      Delete
  25. Halo kak :)
    Salam kenal yaa..
    Mau tanya ni kak, awalnya muka saya oily dan gampang berjerawat lalu pakai e*ha kulit uda bagus sekali lepas breakout. Dan akhirnya kembali lagi ke dokter tapi bukan e*ha lagi.ke tempat lain tapi setelah pakai creamnya muka aku jadi kering dan perih akhirnya stop pakai creamnya dan sekarang muka aku kering dan ada dry patch gitu di deket bibir hidung sama alis :(. Kira2 pakai low ph ini cocok gak ya? Dan kira2 produk apa lagi yang bisa di pakai? Kare a muka masi ada jerawat dan bekas jerawatnya. Thank you ya kak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Indrawati .. saranku jangan pake low ph. karena nanti malah jadi kering dry patch nya. kamu gunakan yang super gentle aja. misalnay sulwhasoo gentle .. :)

      kalau ada jerawat dan bekas jerawat, tapi ada dry patch .. agak kompleks. saranku utk jerawatnya kamu pake yang sifatnya spot treatment aja. misalnya a-sol tapi dititik ke jerawatnya aja :)

      Delete
  26. Halo kak :)
    Salam kenal yaa..
    Mau tanya ni kak, awalnya muka saya oily dan gampang berjerawat lalu pakai e*ha kulit uda bagus sekali lepas breakout. Dan akhirnya kembali lagi ke dokter tapi bukan e*ha lagi.ke tempat lain tapi setelah pakai creamnya muka aku jadi kering dan perih akhirnya stop pakai creamnya dan sekarang muka aku kering dan ada dry patch gitu di deket bibir hidung sama alis :(. Kira2 pakai low ph ini cocok gak ya? Dan kira2 produk apa lagi yang bisa di pakai? Kare a muka masi ada jerawat dan bekas jerawatnya. Thank you ya kak ;)

    ReplyDelete
  27. Halo kak... Salam kenal yah...
    Aku mau sedikit cerita, muka aku ini lagi jerawatan gitu, tapi jerawatan aku tuh bukan yg merah2 mateng2 gitu, lebih ke jerawat kecil2 bruntusam trus jadi ninggalin bekas noda hitam di wajah, sebelumnya aku ngga pernah begini, lalu aku lagi rutinin pake tooner, cleanser, dan facial wash dari nava green trus tiap pagi dan malem aku rutin kasih bio oil berharap supaya bekas hitamnya bisa hilang selama 2 minggu full dan efek di akunya sih ngga nimbulin jerawat baru aja sih. Terus suatu waktu aku dikasih morning gelnya cosrx ini dari temen ku, tris aku ganti facial wash aku yg sebelumnya pake navagreen jadi pake cosrx selama seminggu terakhir. Tapi, kok aku merasa malah jadi muncul jerawat baru yang gede2 plus merah dan sekali muncul tuh bisa 2 atau 3 gitu, dan aku ngerasa after pake gel cleansernya ini muka ku jadi kering gitu dan buat muka aku jadi ngga halus karena ngga rata dari jerawatnya... Nah skrg aku lagi dalam tahap bimbang apakah cosrx ini emang nimbulin efek purging dulu atau emang seharusnya aku stop aja ya? Plisss kasih aku saran... Aku udah bingung bgt karena masalah jerawat aku yg makin menjadi 😭😭 dan yang aku bingung harus berenti atau ngganya karena aku baru pake seminggu... Please somebody help me 😭😭

    ReplyDelete
  28. Hai kak adit, kebetulan ketemu blogger yang lg bahas cosrx low ph, mau nanya dong kak?. Kulit aku sekarang lagi beruntung parah di daerah jidat dan kedua pipi. Aku udh coba coba buat berhentiin satu per satu skin care ,aku rasa dari cleanser yang aku pake, kebetulan aku pakai cetaphil gentle cleanser, itu sebenarnya purging atau breakout ya kak. Aku mau coba cosrx low ph, kira kira bisa gak kak , untuk nenangin kulit aku lagi supaya tidak bruntusan?. Terimakasih sebelumnya kak, semoga di baca dan di balas😁

    ReplyDelete
  29. Hai kak adit, aku mau nanya aku udah make cosrx low ph tapi di jidat itu keluar bruntusan kadang hilang terus beberapa hari kemudian balik lagi dan ketika aku ngeraba pipk kaya kasar gitu (kasarnya kaya jerawat kecil2) tpi pas aku lagi ngaca gak kelihatan jeerawat kecil2 di pipi.. aku bingung kak itu kenapa purging atau breakout, aku pake cleansing oil nya nivea yg ungu, cosrx low ph, snail mucin dari cosrx.. mohon pencerahannya kak

    ReplyDelete