Monday, January 23, 2017

[Spotlight] Welcoming Benton to My Daily Routines

Hi semua ! :)

Akhirnya, setelah observasi yang cukup panjang mengenai Benton skincare, sejak beberapa waktu yang lalu aku memutuskan untuk menambah Benton product ke dalam skincare routineku. Beberapa produk Benton yang aku gunakan adalah :
  • Benton Snail Bee Skin
  • Benton Snail Bee Essence
  • Benton Fermentation Essence , dan
  • Benton Fermentation Eye Cream



Beberapa waktu yang lalu aku sempat menggunakan Benton Aloe Propolis Gel, sebagai subtitusi dari COSRX Aloe Vera Gel yang discontinued.
Memang , berbicara mengenai skincare product, walaupun produk yang kita gunakan sama, hasilnya bervariasi untuk setiap orang. Hal ini masih menjadi teka teki untuk Adit . Apakah karena secara genetic, kemampuan kulit masing-masing orang untuk menyerap skincare berbeda-beda ? Atau karena factor hormone ? Atau mungkin karena daily habit, stress level, exercise , dan jumlah waktu istirahat yang berbeda beda ? Mungkin juga kombinasi dari semuanya itu. I cannot completely understand.
 So, apabila banyak di antara kamu yang sukses dengan Benton Aloe Propolis, di aku,  setelah habis satu tube, aku ngerasa gak terlalu puas dengan Benton Aloe Propolis, karena dibandingkan dengan COSRX Aloe Vera Gel, hasilnya masih lebih bagus COSRX. ( Review detailnya dapat kamu lihat di sini ) . Khusus untuk Aloe Vera, aku saat ini sedang mencoba COSRX aloe vera oil-free cream. Minggu lalu aku coba Holika Holika, tapi lengket banget. So aku stop. Aku posting reviewnya terpisah ya :)

Ok, balik lagi ke Benton Snail Bee dan Fermentation.

Khusus untuk Fermentation, sebenarnya aku sudah mulai menggunakan produk ini sejak 1 bulan yang lalu. So far aku suka , karena produk ini tidak hanya mengandung fermentation ingredient , tapi juga beberapa ingredient lain yang aku cari-cari, seperti ceramide. Nah, berhubung aku sudah menggunakan produk ini selama satu bulan, I think it is the right time to make a review about this product. So, produk ini gak akan aku bahas detail di sini, tapi akan aku buat dalam postingan terpisah :)

Next, Benton Snail Bee products.

Benton Snail Bee Skin and Benton Snail Bee Essence


Berbicara mengenai Benton Snail Bee, produk ini memang cukup kontroversial. Mulai dari boomingnya sejak beberapa waktu yang lalu, sampai kasus kontaminasi  nya sekitar tahun 2014 an kalau gak salah, dan hasil yang variatif yang didapat dari banyak pengguna. So this product is like " either your skin loves it or hates it " banget. Mirip-mirip dengan SK-II. If your skin loves it, you'll see a dramatic result soon as you start using the product, however, if your skin hates it, it will make your skin condition to get worse than before. Beberapa bahkan ada yang sampai keluar jerawat besar-besar. Awalnya aku pikir jerawat besar-besar itu karena ada kandungan BHA di dalam produk tersebut yang menyebabkan beberapa pengguna mengalami purging dulu. Tapi, setelah aku email Benton, mereka mengklarifikasi bahwa kandungan BHA yang ada di dalam produk tsb sangat kecil <  0.0004%.  Kandungan sekecil itu hampir tidak mungkin menyebabkan purging, biasanya kandungan BHA yang kecil yang ada dalam satu produk hanya bertujuan untuk melembutkan kulit. So, sampai saat ini, masih belum clear, hal apa yang menyebabkan breakout pada beberapa orang, apakah reaksi alergi terhadap bee venom atau salah satu plant extract ? atau hal lainnya ?

Nah, dikarenakan hasil yang variatif from best to worst tersebut, aku maju mundur untuk mencoba produk Benton ini. I need more information before deciding to use the product. Oleh karena itu, sebelum aku memutuskan untuk mencoba produk ini, di samping observasi, aku juga membuat give away quiz , untuk membantuku memantapkan hati mencoba produk ini. ( untuk lebih detailnya , kamu dapat klik (quiz) : di sini , dan (winner's review) : di sini  )

Setelah observasi, dan mendengar testimony positif dari banyak pengguna Benton Snail Bee yang ikut quiz , akhirnya aku memutuskan untuk mulai menggunakan produk tsb. Ada dua varian yang aku gunakan : Benton Snail Bee Skin dan Benton Snail Bee Essence.


Benton Snail Bee Skin

Untuk kamu yang masih baru dalam menggunakan Korean skincare, mungkin kamu agak dibuat bingung dengan istilah-istilah yang ada seperti : toner, lotion, essence, serum, cream, skin, mask, overnight mask, dan masih banyak lagi. Terutama apabila kita mendengar kata 'skin' yang dalam bahasa Indonesia artinya 'kulit' . what is that ?!

Well, untuk mudahnya, 'skin' mirip-mirip dengan toner, terutama dari segi konsistensinya yang memang sangat watery. Dan memang , untuk varian Snail Bee, Benton tidak mengeluarkan toner. Jadi setelah pencuci wajah, step berikutnya adalah skin, seperti yang kamu lihat di gambar berikut ini.


Nah, namun, kalau Adit, aku menggunakan skin sebagai tahapan setelah toner, atau setelah first essence. Karena , menurutku , toner merupakan step yang gak dapat dilewatkan. Fungsi toner adalah sebagai tahapan terakhir dari proses membersihkan wajah, untuk memastikan tidak ada sisa residu sabun di wajah kita di samping juga untuk mempersiapkan kulit dalam menyerap first essence dan essence  :) So, I treat this 'skin' as one of the first essence that I regularly use. Next , kita telaah lebih jauh , apa saja ingredient dari Benton Snail bee high content skin ini ( pheww, namanya panjang yee V_V )

Seperti yang dapat kamu lihat pada table di bawah ini, Benton snail bee skin memiliki banyak ingredient penting , yang keseluruhannya mendapat rating '1' menurut COSDNA review, yang artinya all good to go.


Beberapa ingredient penting tersebut antara lain :
  • Snail mucus
  • Niacinamide , nama lain dari vitamin B3, berfungsi sebagai pencerah kulit
  • Human oligo peptide , sejenis protein yang essensial untuk kulit kita , terutama berfungsi sebagai anti aging
  • Aloe Barbadensis , yaitu aloe vera, yang berfungsi sebagai soothing agent , dan menghydrate kulit kita.
  • Adenosine , anti aging, anti wrinkle, untuk membuat wajah kita tampak lebih muda
  • Allantoin , merupakan zat essential yang  berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka
  • Beta-glucan, sebagai zat anti alergi
  • Azelaic Acid , whitening agent
  • Plant extract, termasuk di dalamnya Salix Alba Bark extract, yaitu natural BHA . 
  • Untuk bee venom itu sendiri, aku sudah coba blog walking cari tau apa sebenarnya manfaat bee venom untuk kulit kita. namun somehow, hampir ga ada yang menjelaskan apa manfaat bee venom untuk kulit. So, aku tarik secara generalnya, bahwa seperti halnya semua produk lebah yang bersifat anti bakteri, bee venom juga mungkin memiliki khasiat serupa dengan propolis dan madu.
Well, walaupun aku bukan penggemar produk yang memiliki banyak ingredient di dalam ingredient listnya, namun karena produk ini banyak mendapat review positif, akhirnya aku tempted untuk mencoba. So far aku sudah mencoba hampir satu minggu, dan selama satu minggu ini gak ada breakout. By the least , that's a good start. :) Next, the famous essence.


Benton Snail Bee Essence

Nah, ini dia essence yang banyak digandrungi oleh korean skincare lovers. Dari banyak beauty blogs yang aku baca, hampir semua menyatakan bahwa untuk snail essence, Benton ( dan Cosrx ) merupakan juaranya , yang masing-masing memiliki kekuatan tersendiri. Apabila Benton memiliki kemampuan untuk meredam beruntus, jerawat, dan memperbaiki luka bekas jerawat namun kurang menghidrasi kulit, COSRX hadir dengan snail essence yang sangat powerful dalam menghidrasi kulit. I've been using the COSRX snail essence since almost 1.5 years ago, yet, I'm still loving it by far :) .


Tabel di atas, adalah ingredient list untuk Benton snail bee essence, beserta COSDNA reviewnya. Seperti kita lihat, all green, yang artinya menurut COSDNA, produk ini hampir dapat dipastikan aman untuk kita gunakan.

Kandungan yang ada di dalam produk ini juga hampir sama dengan 'skin', hanya urutannya saja yang berbeda, namun dengan jumlah plant extract yang lebih banyak. Untuk ingredient list, semakin atas posisi nya pada list tersebut , artinya , presentasenya semakin besar. So, apabila kita melihat list di atas, kandungan terbesar yang terdapat dalam essence ini adalah snail secretion dan aloe vera juice. Jadi seharusnya namanya Snail Aloe Essence , karena Bee Venom sendiri berada di urutan ke 6.  :)

Anyway, so far aku sudah menggunakan produk ini sekitar 3-4 hari, dan, no breakout . Still too early to make a review, tapi paling tidak, tidak breakout adalah indikasi awal yang baik to keep going :)


Well, mungkin ada di antara kamu yang bertanya kenapa aku menggunakan skin dan essence, gak skin saja, atau essence saja. Alasannya sebenarnya simple. Sehubungan dengan skincare, aku suka yang konsistensinya agak watery, seperti first essence, termasuk juga skin ini. Konsistensi yang watery lebih mudah diserap oleh kulit dalam waktu yang relative lebih cepat. Beberapa artis korea bahkan menggunakan 5 jenis first essence setiap harinya :) . Di samping juga , snail bee skin mengandung niacinamide , sedangkan essence nya tidak.

Walaupun demikian, salah satu kekurangan skincarea dengan konsistensi yang watery adalah tidak mampu menahan kelembaban kulit. Untuk moisture lock, kita memang perlu konsistensi yang lebih pekat. 

Alasannya kenapa kemudian aku pilih essence, adalah karena essence mengandung lebih banyak plant extract, dan lebih popular. So, apabila aku ingin membuktikan kualitas dari snail bee variant, I really need to try and use the essence.

Alright then,
Aku akan update hasil dari Snail bee variant dan mereview hasilnya dalam 3-4 minggu ke depan. :)
Keep reading , dan nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :)

66 comments:

  1. Jadi, si skin ini menurutmu bisa gentiin supple prep tonernya klairs ?? *eh masih pake itu ga yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anisa, hmm.. aku uda ga pake prep toner klairs , kebanyakan .. bahaha .. gw sampe bingung , pake produk stiap hari berapa step sampe lama banget .. haha .. hmm..

      klairs gw akui enak sih, dari segi hydrating nya. tapi dia memang agak kental kan ya.. skin ini watery banget. gw sih lebih menggunakan skin ini seperti first essence . jadi habis toner, gw pakein skin 2-3 puff , first essence, baru essence.. gitu .. yang gw rasain sih, kulit lebih sehat :) dirimu Benton snail pake apa aja ?

      Delete
    2. Trs skrg pake toner apaan dong tuuh ? Bosen nunggu yes kl semua pake wait time..
      Si skin ini lbh cocok ke yg agak oily kyknya yaa, kl yg kering agak krg nendang krn watery bgt ?
      Eh ini oot, dirimu pernah dgr,baca atau iseng e-mail (hahaha) si cosrx ini aman buat bumil dan busui kecuali yg mengandung BHA

      Benton yg dipake cuma yg snail essence sama steam creamnya doang. Tapi yg steam cream cm malem dan ga tiap hari krn dia rich banget dan agak pliket gitu, keliatan muka jadi kilap banget padahal perasaan udah dikit bgt pakenya.

      Delete
    3. hahhaha iya Nis :)
      apalagi kalo gw abis gym kan .. depan kaca .. semua orang bolak balik bolak balik .. bingung kali kenapa gw depan kaca lama amat .hahaha ..

      kalau kita jenis yang sibuk, better banyakin yang watery, tapi pake paling enggak 1 yang konsistensinya agak viscous di paling akhir, untuk nge seal .. karena yang watery ini cepet diserep kulit.

      so far gw pake 3 first essence , dan skin Benton .. dan gw suka sih .. karena plek plek nyerep plek plek nyerep .. haha .. baru setelah itu essence .. yang lebih kental :)

      hmm, wah gw belum pernah baca sih soal aman untuk busui atau bumil .. dan belum pernah nanya juga . tapi .. saranku sih, better lepas dulu semua nya . banyakin minum jus, buah , sayur , susu kedelai gitu aja dulu ... karena .. apapun yang kita pakaikan ke kulit, kan terserap, daripada kenapa kenapa terus nyesel ya ?

      nah, gw agak ragu pake steam cream ama lotion nya si snail. karena yang steam cream ada fatty alcohol nya dan 3 jenis oil. takut breakout di gw .. V_V .. sedangkan lotionnya ada juga sama, plus ada squalene.

      jadi gw pernah baca, orang yang cenderung berjerawat, somehow, komposisi sebumnya lebih banyak squalene. dan squalene ini merupakan zat yang paling mudah teroksidasi, oxidized sebum ini lah yang kemudian jadi whitehead dan blackhead. so , gw agak agak ngeri pake semua produk yang mengandung squalene . V_V walaupun, mungkin ada perbedaan antara produk yang kita aplikasikan ke wajah dengan squalene yang kita produksikan.

      Delete
    4. dirimu breakout ga pake steam cream ?

      Delete
    5. Naah itu dia, kl lepas semua bisa kacauu. Krn pengaruh hormon bisa jd kering bgt bisa yg berjerawat bgt katanya dan bisa aneh aneh deh.. hrs ttp pake yg hidrasi hidrasi gt. Makanya moist sama sunblock mah tetep wajib mesti kudu dipake.
      Sebenernya kyk vit.c gitu masih boleh dipake bumil, yang harus dihindari itu derivat vit.A (retinol,retinoid,retin-A,dll ), yg whitening sama yg obat obat jerawat gitu dan jg yang mengandung soy ataupun BHA diatas 2%.
      Yg jd masalah, mskpn liat ingredient-nya, tapi ga ngerti ada yg derivatnya atau engga. Hehhe...*dodol

      Si lotion ga tertarik entah kenapa, si steam cream jg cuma punya yg kemasan mini gitu paling cuma 5ml (travel size) , dan alhamdulillah ga breakout sih. Dipake cuma malem stelah essence-nya itu. Kalo emg penasaran coba aja dulu yg mini-nya itu. Kayaknya tahan tuh buat sekitar seminggu. Besoknya kulit kyk kenyal gitu tapi agak kilat sih karna emang rich banget :)

      Delete
    6. bener, cuma agak ngeri kalau lagi hamil, takutnya kalau pake produk, kalau pas kebetulan ada apa apa ama baby kita nyesel lowh V__V

      hmm, iya, kalau retinoid harus di hindari paling gak 6 bulan sebelum planning hamil setahuku. AHA / BHA juga tapi gak musti 6 bulan banget, paling gak 40 hari lah ..

      aku pingin coba sih, tapi lagi coba pake cosrx low ph dulu :) baru setelahnya nti coba aku kumpulin keberanian dulu hehe :)

      rich nya itu yang agak mengkhawatirkan ya Nis :)

      Delete
    7. Amit amit jabang bayi iih kl ada apa2. ..

      Mengkhawatirkannya itu kl diaku ya bikin krg nyamannya itu krn udah ketauan cocok dan ga bikin breakout, tapi kalo baca baca review sih kl kl essence nya cocok, steam cream nya ini cocok juga dan untuk dipake di pm, kl di pake am krg cocok dengan si teksturnya itu.

      Low ph cleansernya itu mengandung BHA jg sih ya, kl yg cocok BHA enak, nah yg ga cocok BHA hrs hati-hati :)

      Delete
    8. stuju :)

      km lagi planning hamil kah ?

      jujur .. mengenai hamil deparment .. itu bukan area aku .. bahahahah .. jadi aku ga berani komentar terlalu banyak .. hahaha ..

      hmm, aku selalu problem ama fatty alcohol .. semua produk, semua brand, yang ada fatty alcoholnya bikin whitehead .. selalu. V_V jadi aku takut ..

      hmm, iya .. nah , memang si low ph ini ada BHA nya .. yang ga cocok memang musti menghindari .. thanks uda nambahin. mungkin aku musti bikin subtopic tambahan di tiap postinganku , "tidak cocok untuk .." gitu kali ya .

      Delete
    9. Kyknya lagi ngisi muda nih :)

      Kl beneran parno,mending di skip aja deh drpd ntar jd PR lagi kl ga cocok. Suka males banget kan ngeberesinnya kl lagi kumat. Untung kamu cowo, jd ga akan kumat kalo lagi period kyk cewe :(

      Nah, iya boleh tuh rekomendasi kyk gitu biar lebih lengkap dan super informatif, biasanya suka pada nanya kan cocok ga untuk kulit gini untuk kulit gitu.. lebih mantep lagi kl lagi ngimel ke CS/PR suatu produk buat bahan postingan selipin pertanyaan juga aman/boleh dipake buat bumil/busui juga . Googling blog yg nyantumin itu masih jarang banget, pdhl ibu2 sekarang tetep pengen kinclong meskipun lagi ngisi, jd pada nyari2 skinker alternatif buat dipake selama hamil+menyusui itu.

      Delete
    10. yayyy !!! :) congratz!!!

      semoga lancer sampai melahirkan aminnn .. :)

      haha iya sih, untung aku ga ada period .. kalau ada period pusingg haha .. uda bersih.. jerawat lagi .. baru bersih .. jerawat period lagi hahah .. :)

      siappp :) coba aku konsep kan saranmu ya :)

      Delete
    11. Yaay, thx doanya.
      Lagi jerawatan dimana mana iniii, muka gradakan kyk komedo semua. hiikkssss...

      Asiikkk, bakal makin banyak nih yang mampir terus blognya :)

      Delete
  2. Hi adit
    Aku baru nemuin blog kamu nih gara2 lg browsing benton snail sama cosrx snail mucin. Kamu rekomendasiin yang mana ya? Kulitku kombinasi, acne prone dan agak semacam dehidrasi krn retinoid. Sempet kepikiran mau beli benton tp kalo baca2 review tiba2 pgn beli cosrx. Please help dong kasih masukan krn kamu udah cobain dua2nya.. thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi IRma, kamu masih menggunakan retinoidnya ?
      retinoid salep atau retinoid yang diminum ( isotret dll ) ?

      kalaau kamu masih siklus retinoid ( retinoid harus digunakan sampai purgingnya benar2 selesai , itu aku sebut satu siklus ) , sebaiknya diselesaikan dulu retinoidnya. :)

      tapi memang kalau menggunakan retinoid kulit jadi kering , kalau dokterku dulu menyarankan paling tidak :
      1. minum 2 liter per hari , jadi dulu aku bikin alarm di hp , setiap 1 jam minum 1-2 gelas
      2. makan sayur dan buah yang banyak air nya
      3. ganti sabun muka, hanya dengan produk yang paling lembut. biasanya dokter menyarankan sabun baby , atau sabun seperti sebamed / cetaphyl. kalau aku dulu selama treatment retinoid menggunakan sabun dari dokter nya.
      4. selalu menggunakan sunblock.

      nah, kalau kamu sudah selesai siklus retinoidnya, dan kamu ingin coba snail, si benton ini sebenernya bagus, tapi dia kurang hydrating. kalau hydrating aku lebih suka cosrx snails. salah satu faktor yang membedakan mungkin karena persen snails mucus concentrationnya lebih tinggi :) tapi benton lebih cepat memperbaiki kulit yang troubled , karena dia ada zat zat tambahan selain mucus itu sendiri .

      kalau kamu concernya lebih ke hydrating, aku sarankan kamu gunakan yang cosrx, karena utk mengatasi jerawatnya kan lebih ke tretinoidnya ya :)

      Delete
    2. Aku pake retin-a. Sebenernya dulu udah sempet lewat masa purgingnya dan kulit udah ok banget. Tapi aku stop dan ini baru mulai lagi (2 bulanan) karena aku jerawatan dan bruntusan gara2 sering pake foundation. Sebenernya aku butuh moisturizer tapi kulitku easily clogged. Kalo pake yg rich malah timbul whiteheads, kalo pake yg buat oily skin agak kurang nampol hahaha. Ada rekomendasi moist yg ngga clogged pores?

      Aku kepikiran pake snails, konon katanya ok untuk redain kulit bermasalah. Kalo cosrx itu lengket ngga sih? Aku agak males kalo yg lengket dan lama nyerap. Soalnya kalo pagi2 pgnnya yg cepet2 aja biar cepet beres dan bisa langsung ngantor hehehe

      Delete
    3. ok gini Ma,
      saranku. kalau kamu lagi jerawatan dan beruntusan lagi, berarti, kamu fokus di retin - A dulu.
      sementara pake retin - A , kamu gunakan aloe vera dan sunblock aja . sebenernya aloe vera paling bagus yang aku pernah coba cosrx yang gel version. tapi uda discontinue, mereka skarang hanya keluarkan aloe vera yang cream tapi oil free , gak mengandung fatty alcohol dll.

      kalau kulitmu easily clogged, kamu harus menghindari produk cream yang mengandung fatty alcohol ( jadi di ingredientnya kamu nanti liat ada cetyl alcohol, cetaryl alcohol dll ..nah ini harus dihindari ) , lalu shea butter juga harus dihindari ( SK-II RNA cream ada shea butter nya ). termasuk di sini, adalah snail cream cosrx . tapi snail essence nya aman. :)

      daripada pake foundation, aku sarankan nanti kalau jerawat dan bruntusnya uda reda, kamu pake klairs bb cream aja . dari semua bb cream yang pernah aku coba,k so far klairs yang ga bikin beruntus sama skali. :) sebelum pake klairs bb cream, kamu pake aloe vera cosrx dulu, nah sebelum aloe vera nya bener2 kering, kamu langsung timpa sama klairs bb cream ini. hasilnya kulit glowy kayak korean look gitu. :)

      untuk kulit yang easily clogged, rule paling utama adalah menghindari tumpukan produk yang terlalu banyak di kulit : less is more. :) kalau aku liat di get it beauty , mereka rata2 fokus di bb cream aja, lalu sedikit main kan di riasan mata , dan bibir. prinsipnya , nude make up gitu :)

      kalau make up terlalu tebal, prinsip gravitasi, hal tsb akan memberikan beban terlalu banyak di kulit, jadi kulit ketarik ke bawah dan bikin cpt tua :) oleh karena itu, orang korea ga mau banyak2 make up tebal, biar awet muda . mereka lebih ke memperbaiki kualitas kulit, daripada menutupi . :)

      ** sori jadi cerewet hahaha **

      hmm, balik lagi ke snail, iya , bagus untuk kulit bermasalah, tapi memang kalau jerawat dan beruntus, kita musti tau dulu , yang mentrigger jerawat di kulit kita apa. karena tiap orang beda2 :) . kemarin aku lagi belajar hubungan vitamin deficiency dengan jerawat. ternyata, ada beberapa orang yang zinc def, atau vitamin D def, itu yang menjadi penyebab jerawat mereka.

      snails, dia memperbaiki kulit, karena memang snails mucus, berfungsi melapisi kulit snail , secara snail berjalan dengan perutnya, jadi otomatis kulitnya mengalami luka gesekan terus menerus. snail mucus ini fungsinya melapisi dan mempercepat penyembuhan luka di daerah yang mengalami gesekan tsb.

      walaupun demikian , kalau kita ga cari tau penyebab jerawat kita, jerawat lama sembuh, jerawat baru datang Ma. :)

      snails ga lama nyerap kalau kita pakenya ga terlalu banyak. misalnya 1 puff aja cukup :)
      cuma, kalau snail before make up aku ga tau, bbrp orang bilang sih, agak bikin riasan ga rata sempurna :)

      Delete
    4. hi kak adit.

      maaf klo saya ikut nimbrung disini. soalnya saya juga lagi pakai tretinoin untuk masalah jerawat saya. tapi sekarang jerawat saya sudah berkurang. rencananya saya memperbaiki tekstur kulit sama bekasnya. lah apa bisa pakai snail essence ini bareng tretinoin? trims

      Delete
  3. wah thank you so much adit for replying. gpp aku malah seneng kamu cerewet, jadi dikasih byk info hehehe

    aku baru tau tentang fatty alcohol. aku ngga tau sih apa yg nyebab-in kulitku bruntusan. kalo jerawat sih aku ngga terlalu parah paling hormonal, cuma bruntusannya itu. ini udah seminggu coba ngga pake foundation, agak mendingan sih. aku curiga kayaknya yang bikin jerawat itu dari pake foundation kelamaan. aku sempet kepikiran mau nyari bb cream sih.. aku pgn nyobain klairs tp kok shadenya cuma 1 dan putih gitu ya? aku kan ngga seputih kamu, Dit. kayaknya bakal kayak hantu deh kalo aku aku pake klairs. ada rekomendasi bb cream lain for sensitive, acne prone?

    kalo snail kayaknya aku pakenya malem deh. kalo pagi tuh aku paling pake vit c aja sama sunblock sama makeup. tapi ini lg nyobain ngga pake foundation. pengen liat apakah bruntusannya membaik. aku juga lagi ngurangin skincare yg lapis2. malem cuma toner, serum ANR estee lauder sama oil aja. mendingan sih ini..

    jadi kamu lebih recommend snail atau benton fermentation? hahaha ganti lagi pertanyaannya. oh ya aloe vera cosrx hyrating kan? aku mau coba beli deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. :)
      kalau untuk bb cream so far sih paling cocok aku Klairs ini, uda jalan 2 taun ga ganti ganti lagi :)

      jadi aku ga ada rekomendasi yang lain :)

      btw, kamu pake oil Ma ?
      oil apa ? apa mungkin oil itu yang bikin clogged pores ?

      antara snail dan Benton fermentation ? fungsinya beda. kalau snail lebih ke hydrating, kalau Benton fermentation lebih ke anti agingnya :)

      aloe vera cosrx hydrating dan soothing agent. :) utk calming the skin :)

      Delete
  4. Hi adit. Saya dina. Mau tanya dong semua produk benton dari skin, essence, lotion sampe yang steam cream ini bisa dipagi pagi dan malam hari kah ?? Makasih.

    ReplyDelete
  5. Hi adit. Saya dina. Mau tanya dong semua produk benton dari skin, essence, lotion sampe yang steam cream ini bisa dipagi pagi dan malam hari kah ?? Makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dina .. :) thanks ud mampir2. .
      benton , aku hanya menggunakan skin dan essencenya. karena lotion dan steam creamnya dari beberapa review , khususnya untuk yang steam cream, agak terlalu thick. so aku hanya menggunakan skin dan essence.

      dari kedua produk itu, skin jujur, gak terlalu berarti. hanya essencenya yang kelihatan hasilnya :)

      aku menggunakan essence dan skin ini pagi malam. essence sudah repurchase. kalau skin, rencananya habis botol ini gak akan aku beli lagi karena kelihatannya menggunakan essence nya saja sudah cukup untuk mendapatkan benefit dari benton snail line :)

      kalau kamu ingin menggunakan lotion dan steam cream, saranku malam hari aja. karena banyak yang bilang lengket itu tadi :) kalau siang hari, takutnya kamu menggunakan make up dll, malah jadi cakey. atau kamu beli yang sample size nya dulu :) untuk trial :)

      Delete
  6. Mau tanya nih kulitku berminyak parah di t-zone sisanya normal, ga berjerawat paling cuma pas period aja, dan yg sering jd masalah KOMEDOAN:(. kira2 skincare ini bagus ga sih buat kulit minyak komedoan gitu? Thanks:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo komedoan agak banyak kemungkinannya :) salah satunya adalah produk yang kamu gunakan tidak non-komedogenik. oleh karena itu, saranku, kamu telusuri lebih dulu, produk yang saat ini kamu gunakan ada yang komedogenik ga :)

      untuk mengatasi komedo, selama kita gak mengurangi exposure dengan produk yang menyebabkan komedo, agak susah hilangnya. so, pertama tama, stop dulu produk yang sifatnya komedogenik tsb.

      hal lain yang mungkin bikin komedo adalah :
      penumpukan sel kulit mati. so kamu harus menyempatkan diri untuk melakukan weekly treatment untuk mengangkat sel kulit mati tsb :) spt scrubbing misalnya.

      kemudian misalnya, hormone, lalu stress, kurang tidur dll.. itu juga mempengaruhi sekresi kelenjar minyak.

      hal terakhir, genetik :)
      kalau kamu memang secara genentik sangat berminyak kulitnya, ada kemungkinan memang dari dasarnya sudah oily dan cenderung berkomedo :) kalau yang ini, harus lebih disabarin :) karena memang hampir tidak mungkin melawan genetik

      Delete
  7. Kirr" mnurut km, Essence nya boleh d pake saat sdg berjerawat gak k?

    ReplyDelete
  8. Fermentation essence nya itu termasuk halal ngga klo boleh tau?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Arta , aku gak terlalu paham soal itu. halal di sini apakah ada bahan dasar dari babi atau tidak gitu maksudnya ? seharusnya sih ga ada ya. karena aku alergi babi. jadi kalau ada makanan yang ada babinya / ada skincare yang mengandung babi, pasti aku bentol2.

      Delete
  9. Hai Adit, aku benar2 pemula dalam hal ini..
    mukaku sepertinya sejenis kombinasi
    byk jerawat2 kecil , sama ada kerutan2 halus (akibat dari stres dan kecapean).. ada bopeng juga..
    menurutmu produk benton cocok ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nathalie,

      hmm, kita coba bahas satu-satu ya.

      pertama, untuk bopeng. tidak ada skincare yang bisa treat bopeng setahuku Nat. kamu mesti treatment , tindakan di dokter.
      kalau bopengnya tipis, bisa terbantu dengan microdermabrasi, kalau bopeng nya agak dalam kamu harus PRP , atau injeksi filler.

      untuk kerutan halus, kamu umur brp kalau boleh tau ?
      paling cepat sih katanya pake botox. tapi botox bikin muka jadi ga natural. untuk kerutan halus, kamu mesti meningkatkan kadar hidrasi kulit kamu. gunakan essence yang sifatnya hydrating, dan non alkohol. benton mengandung hyaluronic acid, tapi gak banyak . cosrx yang mengeluarkan serum khusus hyaluronic .

      utk jerawat kecil2, kamu sebaiknya gunakan exfo toner. seperti pimple clear pad, untuk mengangkat sel kulit mati dan penumpukan kotoran di pori kulit sehingga kulit lebih sehat dan bersih. benton essence bisa digunakan setelah toner, karena snail mempunyai capability utk accelerate skin repairment. :)

      Delete
    2. umur 27
      O_O jangan botox.. aku pernah liat org pake botox. 1 x pake.. seterusnya harus pake.. klo ga pake.. muka jdi kek chucky (boneka horror)

      benton bersifat hydrating ga ya?

      Delete
    3. hahahah chucky .. haha ngeri amat ...

      hmm, ada hydrating nya, tapi lebih berasa si cosrx sih :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. halo ka adit. untuk skincare sehari-hari aku pakai benton yang aloe bha toner itu buat exfoliating tonernya dan hadalabo buat hydrating, dilanjut pakai votre peau serum vit c , sekarang jadi tertarik buat nyoba essence dari benton ini. berhubung essemcenya spt yg dikatakan ka adit mengandung bha nya, bisa gak dipake sama tonernya which is ada kandungan bha nya juga. makasih kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Raera, aku uda sempat nanya via email ke Benton.
      dan benton representativenya menjawab concernku mengenai kandungan BHA di dalam produk Benton essence ini. Menurut penuturan mereka, kandungan BHA di dalam produk ini sangat sangat sangat kecil .. < 0.004% yang ditujukan hanya untuk menghaluskan kulit. jadi sangat aman digunakan dengan bha product lainnya :)
      itulah alasannya aku menggunakan Benton snail. :) dan so far sangat aman :)
      aman juga digunakan untuk bha toner nya.

      Delete
  13. Haloo ka, kalo boleh tau kaka pake toner apa yaaa? Kalo aku mau skip hydrating toner setelah pake exfoliating toner (cuka apel) tp di akhir pake cosrx snail apa itu cukup ka? Aku jg pake essence nya benton. Ato kaka ada rekomen hydrating toner buat oily acne prone? Maap ka banyak nanya hhe, makasi kaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yusra :)
      kebetulan banget, aku lagi siapkan posting terbaru utk hydrating toner. aku pake NUXE. :) so far aku suka dengan NUXE ini. :)

      Delete
  14. Hai adit,

    mohon dibantu donk please,, :(

    gak ngerti lagi neh gimana handle muka aq, sbelumnya aq make all product skin care merk ERHA, awalnya baik baik saja mulus sampe kalo nyamuk hinggap bisa kepleset, tp smenjak nikah suamiku complaint krn cream ERHA bau kimia keras,, akhirnya uda setahun ini aq ga pake lagi. cuma masalah kulit jd muncul, jerawat, kusam, bruntusan pori pori besar dan cpet bgt komedo. akhrinya aq pake rangkaian seaweed body shop cuma smpe skrg gak berpengaruh. kira kira klo pakai benton snai essence dan cosrx, yg mna ya lbh cocok buat aq?

    please please reply ya, i need your reference :)

    thanks a lot

    ReplyDelete
  15. Halo adit, aku lagi maju mundur mau beli essence benton or cosrx yang snail. Kira" cocok yang mana?
    Sejauh ini saya blm pernah makai snail product, dan mukaku itu oily bgt. Jadi kamu recomendasi yg mana?. Txh before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, kalau kulitmu super oily, saranku kamu coba yang Benton aja dulu. karena yang cosrx agak slimmy gitu.

      Delete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Hallo kak adit, baru nemu blognya kakak gara" lagi cari review" benton kak ��
    Jadi yang mengandung niacinamide itu cuman yang skin yaa kak, yang essens enggak?
    Jadi kalo yang essens itu dibareng i pake serum vitamin c boleh dong kak? soale aku pernah baca kalo niacinamide pemakaiannya ndak boleh bareng vitamin c.
    Btw aku lagi make essens nya benton sama serum vitamin c nya wardah kak, tapi masih ragu kalo mau dipake barengan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, Widya :)
      jangan digabung niacinamide dengan vit c. kamu switch am pm aja.
      misalnya satu am, satu pm. biasanya yang pm itu vitamin c.
      siangnya jangan lyupa pake sunblock ya :)

      iya :)

      Delete
  18. Hi Adit.. Udah ada 6 bulan aku pakai Benton Snail essence.. So far si baik-baik aja dan kulit kayaknya lebih jarang berjerawat. Aku masih agak kurang paham soal tahapan dalam rutinitas skin care ini. Bolehkah aku minta saran soal produk yg saat ini aku pakai?

    Dulu aku pakai Erha, asli ada cream yg mereka punya klo aku pakai di hidung komedo langsung hilanh n mulus gt. Tp mukaku perih dan kantong ga kuat jg klo pakai Erha terus. Hehehehe

    Kondisi mukaku itu normal + combinasi di sekitar jidat, hidung pipi dan dagu. Jadi jerawat adanya di situ2 aja. Tp Aku ada komedo yg item2 kecil itu di hidung. Jadi produk yg aku gunakan:

    Cuci muka: Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Foaming
    Toner: Benton BHA Aloe skin Toner
    Essence: Benton Snail Bee high content Essence
    BHA: Cosrx BHA Blackhead Power Liquid (dipakai area hidung & kalau ada jerawat)
    Shoothing: Benton Aloe propolis Soothing Gel
    Lotion: Benton Snail Lotion (dipakai kalau muka berasa kering)
    Sunscreen: Sebamed 50 spf++ (mau ganti krn klo kena mata perih abis)
    Make up: ga pakai (mau pakai bb cushion / bb tp binggung mau merk apa)

    Nah selama 6 bulan pakai itu asli muka kayaknya ga kusam dan cocok pula di pakai ke muka suami yg berminyak + sensitif. jerawat dia langsung kempes dalam 3 hari.

    Apakah menurut km step dan pemilihan bahan dr produk tsb sudah benar dan baik untuk wajahku? Kok aky merasa ada yg missing ya?

    Oh ya aku memilih benton dan cosrx krn sesuai dengan budget Aku. Mohon pencerahannya ya. Terima kasih Adit. XoXo

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Pokpoku,
      hmm.. kalau kamu cocok dengan produk yang kamu gunakan sekarang, misalnya : ga ada bad reaction, ga tll gampang jerawatan, that's a good sign sih .. :) memang , bedanya dengan krim dokter, skincare yang beredar di market lebih bertahap prosesnya. gak sekali jadi, karena memang mereka ga pake zat aktif yang tll ekstrim. jadi butuuh waktu.

      kalau aku liat , kamu mungkin perlu tambah first essence.
      nah, masalahnya first essence ini cocok2an, ada yang jadi beruntusan.. ada yang kulitnya bagus banget.
      di aku aku cocok dengan SK2, missha FTE , dan Benton fermentation. kalau kamu mau coba pake first essence, cobanya dikit2 dulu .. misalnya 2 tetes. tiap malem.. nanti kalau cocok.. pagi malem.. gitu :)

      sunscreen dan bb aku pake klairs. so far sih cocok :)
      nah, bb klairs uda ada spf nya . kalau tone nya cocok dengan kulitmu, ga perlu tambah apa apa lagi. kalau terlalu gelap, nanti tinggal campur sedikit dengan sunblock nya .. jadi biar warnanya lebih pas di kulit :)

      Delete
  19. Ohh, jadi meskipun essens nya benton ini nggak ada niacinamide nya tetep ndak boleh ya kak dipakek bareng vitamin c?

    terimakasih kak, sudah menjawab pertanyaan dan keraguanku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ga ada niacinamide, boleh. yang ga boleh itu niacinamide pake vitamin c. :)

      Delete
  20. Hallo kak. Aku newbie banget nih soal skincare trs lagi cari2 essence sama vit C yang ampuh untuk mencerahkan karna kuliku gampang kusam. Aku rencananya mau nyoba C20 buat vit nya. Trs bingung essence snail dr benton atau dr corsx. Soalnya C20 bilang klo produknya gak bs dipake bareng produk yg mengandung tinggi AHA sm BHA. Mohon bantuannya kak agar aku gak salah jalan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nurani, caranya : kamu bikin 2 hari sekali . jadi misalnnya hari ini c20 malam, besok AHA/BHA, besoknya lagi istirahat, hari ke 4 balik lagi C20 gitu. :) jangan digabung, takut over exfo

      Delete
  21. hai kak adit kulitku baru aja ngalamin purging gr gr vit c sampe jadi kering banget sampe ketarik dan nimbulin garis halus di bawah mata dan tektur kulitku jd jelek grgr saking keringnya padahal type kulitku combinasi berminyak di T zone, sensitif dan acnepround skng sudah kembali membaik masih ada bruntusan sm bekas jerawat tp sudah rumayan membaik, aku mulai berbaikin kulit aku pake skincare korea yg aku pake cuci muka NR, toner alovera NR, essence benton, lenage watersleping dan pake pelembab NR alovera shoting gel (yg skrng ngk aku pake karena ada alkohol krn aku alergi dgn alkhol) mau ganti yg the saem, menurut kakak udh bener ngk aku pake itu trus? aku mau direkomendasiin exfoliating toner mending cosrx aha bha atau benton alovera bha ya kak? dan aku mau di rekomendasikan lg buat masalah kulit yg tektuskulitnya jelek grgr garis halus, pori pori agak gede di T zone dan acne sm bekasnya kak, terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Diko , kamu pake vit c nya brapa kali seminggu ?
      vit c paling sering 3 kali seminggu.

      sementara ini sebenernya yang kamu gunakan sudah bagus. kalau untuk cosrx, aku sarankan clear pad aja dulu.karena persentase bhanya gak tll tinggi jadi ga over exfo.

      kalau tekstur, bekas acne sih, nanti lama lama juga membaik. memang ga instant, tapi kalau instant justru ngeri . berarti ada zat yang terlalu kerass

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. hai kak adit mukaku udh membaik bangett skrng, aku tambahin skincare routine aku sama benton alovera bha dan udh beli the ordinary niacinamade tapi blom aku pake, tapi kenapa ya kak bruntusan ngk ilang ilang? sumpah ganggu banget diseluruh pipi sampe rahang jdi ngk pede T.T yang paling ngk membaik itu bruntusannya kak dari awal gitu gitu aja masalah yang lain udh super membaik cuma bruntusan itu ngegrombrol kecil kecil tapi ngk bisa di keluarin kenapa ngk ilang ilang ya kak? padahal udh pake shoting gel juga kak

      Delete
    4. hi diko. ngobrol di ig ya. ig ku @Joshua_adityaa. aku pingin liat beruntusannya kayak mana.
      karena beruntusan itu bisa alergi, bisa ada isinya tapi dalem, bisa hal lainnya kayak milia dll..

      tapi anyway.. seneng banget sudah membaik.
      utk beruntus, kalau bukan alergi, tapi ada isinya cuma ga bsia keluar, saranku better di laser ke dokter.
      biar selesai.
      :)

      Delete
    5. Aki jg pgn sharing nih, aku pake toner benton bha, dan benton essence, cosrx snail, aku pake salang seling ... sebulan pemakaian sih aman* aja, tp ko kesini sini malah sering beruntusan, tp kadang ilang jg. Bingung sbnrnya ini beruntusan purging apa gmn ?

      Delete
  22. Hai adit, aku Lala. So happy to find your page krn penjelasnnya lengkap bgt. Aku minta saran dong.. First, kondisi kulit muka aku ini tadinya jerawatan parah sampe akhirnya utk jerawat sendiri skr udh sembuh. Beberapa msh muncul krn hormonal aja pas mau period. Skr lg pake krim dokter tp udh mau habis dan aku pikir mau pindah gak pake krim dokter lg krn terlalu kimiawi dan takut pas nanti aku nikah dan hamil gak boleh pake krim dokter trs jerawatan parah balik lg. Well, I'm not ready for that one jd skr mulai mundur perlahan. Aku cuma pake krim pagi dan sabun nya aja. Utk malem aku gak pake apa2 cuma toner cuka apel aja sama kadang maskeran pake aloe vera nature republic. Nah, concern aku skr itu utk ngilangin bekas jerawat yg hitam2 nya ini.. And I've read in some blogs katanya snail mucus efektif utk scars even bopeng2 bisa better gt.. Kondisi kulit skr ini normal to oily especially di T zone..

    Wish you can give me some suggestions. Thank you so much Adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lala .. :) terimakasih udah mampir.
      jadi sekarang jerawatmu sudah berkurang jauh, hanya lebih ke bekasnya gitu ya ?
      hmm,
      kalau bopeng, biasanya susah dengan skincare la.
      treatmentnya lebih ke treatment di klinik kecantikan, seperti PRP misalnya.
      itu bisa mengangkat bopengnya. karena dia stimulate kulit baru dan pembentukan collagen.

      tapi kalau hitam hitam bisa .
      nah snail bisa untuk memperbaiki kondisi kulit yang trauma tsb.
      soalnya, dia mengandung EGF , epidermal growth factor, untuk mempercepat perbaikan kulit .
      :)

      kamu pake cuka apel dan aloe vera aman tapi?

      Delete
  23. Kak bisa ga pake benton essense ini setelah pake retinoid? Maksudnya, aku berhenti pake retinoid karna ga tahaaan sama perihnya, trus jerawat2 kecil pada nongol (ga ada matanya) gradakan aja pas dipegang. Bisa gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi amor .. kamu uda pake retinoid berapa lama ?
      vitacid ? yang berapa persen ?

      vitacid dia sifatnya keluarin dulu semua isi pori.. jadi kalau masih geradakan.. kelihatannya, kamu baru ya pake vitacid nya ?
      memang itu harus keluar dulu semua ..
      itu yang gak enaknya memang kalau purging.

      hmm, pake Benton essence gak akan bikin geradakannya hilang karena geradakan itu sebenernya isi pori yang mesti keluar dulu baru bersih.

      karena uda tanggung separuh jalan, saranku kamu gunakan exfo agent aja . bha . start yang persennya kecil spt : clear pad.
      tapi nanti ttp purging lowh. gpp?

      Delete
    2. Kak. Sktr 3 tahun lalu sy pernah sukses pake vitacid. Pokoknya aluuuuusss banget wajahku, ga ada jerawat pokoknya dan sisa bekas jerawatnya aja itupun ga byk. Nah aku perlahan mengurangi frekuensi vitacid utk lepas. Pas lepas aku fokus buat ngilangin jerawat. Tp sethn kemudian muncul bruntusan dijidat, aku brinisiatif lg pake vitacid. Tapi? Malah nambah. Cuman tetap lanjut karna aku pikir ini purging (pas pemakaian prtama ga ada purging cuman ngelupas dan kering aja) tp ini nambah byk bruntusannya ga enak banget pas diraba😥 tp kak skrg wajahku udah baikan kok entah kenapa gradakannya udah berkurang (mgkn karna dicuekin😁)

      Delete
    3. *fokua ngilangin bekasnya
      Oh iya kak. Aku pengen coba sih clear padnya cosrx, cuman takut sama kandungannya. Soalnya mukaku gampang banget merah, sensitif banget. Rencana sih mau nyoba bio peelnya neogen yg green tea.produk itu pernah kk coba gak? Maaf byk nanya kak😊

      Delete
    4. hi Amor, kalau kamu lepas vitacid terus pake lagi memang nanti ada proses purging lagi. itu biasa :)
      dan nanti berangsur menghilang. :)

      nah, cuma konsekuensinya memang nanti akan sensitive, karena kan isi vitacid itu retinoid yang bikin kulit agak sensitive. :)

      jangan coba produk exfo lagi :) kalau kamu uda pake vitacid. stick di vitacid aja :)

      Delete
  24. Hai kak adit. Aku masih new banget di skincare dan mau mencoba benton. Aku mau nanya ini sih kak. Boleh ngga ya, aku pakai benton aloe bha toner(sebagai exfo toner) setelah pakai itu, aku pakai benton snail bee high content skin (sebagai hydrating toner)? Ada masalah kalau aku pakai barengan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi , kamu sudah pernah pakai produk aha bha sebelumnya michelle ? kalau belum, kamu harus aware bahwa mungkin akan purging.
      dipake barengan sih sebenernya gpp. tapi kamu kurang essence yang ngasih tambahan hydrasinya. misalnya aloe vera utk soothing, atau snail bee nya yang essencenya juga :)

      Delete