Tuesday, February 14, 2017

[Review] COSRX Centella Blemish Cream

Hi semua,
pada postingan Adit kali ini, aku akan mereview salah satu product COSRX , yaitu Centela Blemish Cream. Adit yakin , ada beberapa di antara kamu yang saat ini sedang 'mengincar' produk ini, Karena, produk ini digadang-gadang mampu membantu mengurangi radang yang terjadi akibat jerawat . Apakah benar atau tidaknya, dan seberapa ampuh khasiat dari produk ini, itulah yang akan aku bahas kali ini. Namun sebelum kita bahas lebih jauh mengenai produk ini, Adit akan cerita sedikit mengenai Centella.


Centella Asiatica 

Centella Asiatica cukup terkenal di Indonesia. Hanya saja, kita mengenalnya dengan nama antanan, atau pegagan. Tanaman ini tergolong tanaman liar yang banyak tumbuh di pinggir sawah, bahkan di tepi jalan. Orang tua kita sering menyebut tanaman ini dengan nama daun kaki kuda.

Sejak dahulu, tanaman antanan ini memang sudah terkenal memiliki banyak khasiat. Beberapa di antaranya : untuk obat kulit dalam mengatasi keloid, juga untuk melancarkan peredaran darah, dan memperkuat daya ingat. Khasiatnya seperti ginko biloba, salah satu tanaman yang terkenal berkhasiat dalam meningkatkan daya ingat kita.

Kandungan utama dari tanaman ini adalah garam mineral, tanin, dan beberapa zat lain, yang salah satu di antaranya, asiaticoside, merupakan anti lepra yang ampuh.

Ada banyak manfaat tanaman antanan , seperti misalnya :

  • bersifat mendinginkan, sehingga mempunyai fungsi antipiretik ( penurun panas ) 
  • menghentikan pendarahan
  • meningkatkan memori 
  • tonik
  • anti inflamasi dan anti bakteri
  • anti alergi
  • stimulan
  • saponin yang ada juga mampu menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan ( menghambat terjadinya keloid ) dan mempercepat penyembuhan luka. 
  • menurunkan gejala stress dan depresi, 
  • dan masih banyak lagi. 
Nah, sehubungan dengan jerawat, Centella asiatica bermanfaat dalam hal mengurangi inflamasi yang terjadi di kulit kita, dan menghambat aktifitas bakteri, di samping juga mempercepat penyembuhan luka kulit. 

Setelah kita tahu apa itu Centella Asiatica, selanjutnya, kita akan bahas mengenai COSRX Centella Blemish Cream . 


COSRX Centella Blemish Cream 


Sesuai dengan namanya, COSRX Centella Blemish Cream merupakan produk dengan kandungan utama Centella Asiatica. Produk ini memang didesain untuk kulit yang sedang inflamed, sensitif kemerahan, dan luka ( jerawat pun dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk luka, terutama jerawat yang sudah pecah ). Dengan kandungan utama Centella tersebut, harapannya, luka yang ada di kulit kita lebih cepat sembuh, kulit yang kemerahan pun lebih cepat sembuh, daerah yang inflamed lebih cepat reda inflamasinya. 

Berdasarkan analisa COSDNA, dari smua ingredient list yang ada di dalam produk tersebut, hampir semuanya mendapat warna hijau untuk kategori safety dan hanya 2 yang mendapat warna kuning ( 3 out of 9 , masih aman )  yaitu zinc oxide dan zinc pca. Untuk detailnya, kamu dapat lihat di gambar berikut.  ( klik gambar untuk memperbesar ) 



Applying the Products

Beberapa waktu yang lalu, aku mencoba menggunakan produk ini. Sasaran utamanya adalah warna kemerahan yang sering muncul pada kulitku karena alergi. Alergi , to be honest, sebenarnya lebih menyebalkan daripada jerawat. Alasannya karena alergi seringkali muncul tiba-tiba, dan banyak. Yang, setelah alerginya reda, meninggalkan bekas kemerahan, atau kehitaman, yang lama hilang. Oleh karena itu, akhirnya aku tertarik menggunakan produk ini untuk membantu mempercepat luka yang terjadi dikulitku akibat alergi tersebut .

Karena alergiku sifatnya spot - spot, walaupun COSRX merekomendasikan untuk menggunakan produk ini se-muka, pagi dan malam, aku hanya menggunakan produk ini tepat di area yang aku mau , menggunakan cotton bud, pada saat aku sedang di rumah, atau malam hari sebelum tidur, sebagai tahap terakhir setelah semua produk lainnya aku aplikasikan ke wajahku.


Nah, kurang lebih tampilannya seperti ini setelah aku mengoleskan Centella Blemish Cream . Maafkan fotoku , lagi males cukuran , dan baru mandi . hahaa , jadi rambut basah, dan kurang oke di foto. haha . Anyway, singkat kata, muka kita jadi totol-totol putih putih. Pada saat aku mengaplikasikan ke wajah, ada sedikit rasa dingin di area tersebut.


My Thought about This Product 


Terlepas dari centella asiatica yang terkandung pada produk ini,  to be honest, proses healing yang terjadi, tidak secepat yang aku bayangkan. Apakah mungkin karena aku hanya menggunakannya malam hari ? Mungkin.  Tapi memang aku gak terlalu berani mengaplikasikan produk ini full sewajah, karena salah satu kandungannya yaitu cetearyl alcohol, sejenis fatty alcohol yang kadang-kadang memicu jerawat di wajahku. Memang gak semua orang sensitif dengan fatty alcohol, tapi untukku, fatty alcohol merupakan salah satu jenis ingredient yang aku hindari. Sudah beberapa lama ini aku menghindari produk yang mengandung fatty alcohol, dan hasilnya frekuensi kemunculan whitehead dan jerawat di wajahku jauh berkurang.

Untuk kamu yang memiliki riwayat tidak sensitif terhadap fatty alcohol, mungkin kamu dapat mengaplikasikan produk ini 'full' sewajah, pagi dan malam. Dan sangat mungkin hasilnya akan lebih significant dari yang aku rasakan :)

Di samping itu, aku juga agak concern dengan beberapa jenis oil yang ada di dalam ingredient list. Karena untukku, hampir semua produk yang banyak mengandung oil-oil, membuat kulitku agak clogged :) .

To substitute the product, aku merasa luka alergi / kemerahan pada kulitku cukup terbantu dengan snail essence, karena , as we know, snail essence mengandung EGF yang juga berfungsi untuk mempercepat penyembuhan luka. I love snail essence, and my skin loves it sooo much :) . Untuk jerawat kecil, aku menggunakan bha a sol, sedangkan untuk jerawat yang agak besar aku menggunakan garamycin, salep antibiotik. Dan, so far these things really work :)

Anyway, whether i'm gonna repurchase the product or not, sadly no :)

Thanks for reading :) Semoga postinganku membantu kamu semua :) nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :)

11 comments:

  1. Hi Kak Adit. Minta rekomendasi produk apa yg bagus untuk ngilangin bekas2 hitam jerawat dong kak, of course yg harganya masih masuk akal. Thank you before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ika :) utk bekas jerawat yang semuka, atau hanya satu dia aja di wajah ? kalau satu dua, aku sih biasanya menggunakan whoo whitening intensive sama spot treatment :)

      Delete
  2. hai kak. mau tanya, apa cream ini dipakai setelah moisturizer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) normalnya cream di pake paling terakhir :) sebelum sunblock :)
      tapi kalau boleh tau, kenapa kamu menggunakan moisturizer ? konsistensi moisturizernya lotion kah ?

      Delete
  3. hai kak adit, aku mau nanya nih. aku lg ada jerawat sedikit2 dah ada beberaapa bekas jerawat. kulitku oily. searching sana sini akhirnya uku memutuskan beli Laneige clear c advanced effector, cosrx bha a-sol, cosrx centella blemish, cosrx snail mucin essence. sama toner aku beli son&park. nahhh aku mau concern buat ngeratain warna kulit, mencerahkan, menghilangkan bekas jerawat dan ngempesin jerawat yang kecil2. dari semua yg aku veli itu kandungannya cocok gak ya kira2 kalau di pke bersamaan? dan aku masi bingung cara pake urutannya gimanaaaa :"( soalnya aku newbieeee hehehehe. boleh gak kak adit kira2 kasi tau urutan pemakaian sekua yg td aku sebut? thanks kak adit. Gbu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Sasha :)
      hmm, yang pasti sebenernya urutan in generalnya :
      pertama pencuci wajah, lalu toner.
      selanjutnya, mulai dari yang paling encer ke yang paling kental.
      terakhir, spot treatment.

      so, kalau lihat dari yang kamu beli
      pertama : pencuci wajah , lalu toner nya kamu ada 2 nih : son and park dan laneige clear C sebenernya fungsinya dua2 nya bisa sebagai toner. kalau kamu mau, pake 1 pagi hari, 1 malam hari. ga perlu bareng2.

      setelah itu, snail mucin essence, terakhir centella blemish. ( ini bisa sewajah, atau di jerawatnya aja ) .

      utk bha a sol, sementara ini gunakan cotton bud, kamu titik kan tepat di puncak jerawat atau komedo . jangan sewajah dulu. nanti kamu kaget kalau purging semua :)

      Delete
  4. thanks kak adit infonya. oiya aku lupa sebut, moisturizerku itu aku pake nature republic 92% aloe vera gel. antara cosrx centella blemish sama nature republic aloe vera gel kalo malem
    urutannya antara kedua itu pake yang mana dulu yah kak? thank u

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu menggunakan cosrx centella nya sebagai spot treatment atau sewajah ? kalau sewajah, aloe vera dulu kamu aplikasikan tipis, baru cosrx. kalau sebagai spot treatment, kamu dapat mengaplikasikan aloe vera agak tebal dikit, tunggu terserap, lalu gunakan cotton bud titikkan ke jerawatmu :)

      Delete
  5. Hai kak. Aku udah pakai ini sekitar 2 mingguan. Yang aku rasain sih beberapa bekas jerawat jadi memudar tapiii aku kaget karna muncul bruntusan/whiteheads gitu di dagu sama pipi:( btw aku jadiin ini moisturizer, karena jerawatku hampir di seluruh muka (dominan pipi sebenernya) ada kemungkinan ga cocok sama fatty alkoholnya gak ya? Aku masi belum tau sampe sekarang aku gacocok ingridients apa T.T btw dia emang agak berat yes teksturnya. Agak thick gitu. Bisa bantu jelaskan gak kak? Thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rena, kamu pernah coba produk yang ada fatty alcoholnya sebelumnya ? kalau kamu pernah coba , dan ga ada masalah, seharusnya bukan karena fatty alcoholnya. Centella cream sebenernya hampir tidak mungkin menyebabkan beruntusan, karena tidak ada exfo agentnya. mungkin kamu sedang coba produk lain ? atau, misalnya kamu sedang stress levelnya tinggi, minum2an manis, atau kopi, kurang tidur ? stress level , high sugar, dan kurang tidur bikin whitehead ku banyak banget. ( dan minum gym supplement yang high vitamin B ).

      Delete
  6. Halo kak Adit. Mukaku kan sekarang lagi tumbuh jerawat (atau alergi ya?) Yang gede2 dan merah gitu. Engga sampe ada mata putih gitu sih, dan pas radang sakit banget. Beberapa sih sudah kempes dan tinggal bekasnya. Aku sempat kepikiran mau pakai centella ini, atau pakai snail mucin ya? Sekarang sih sehari2 pakai bha asol aja buat spot treatmentnya. Kalo ada matanya dikasih pimple patch.
    Makasih sebelumnya kak....

    ReplyDelete