Wednesday, February 8, 2017

[Review] I'M FROM Vitamin Tree Water Gel

Hi semua :)

Today I want to give my review about one of a hype product : I'M From Vitamin Tree Water Gel. Produk ini merupakan salah satu produk dari I'M From, yang digadang-gadang menjawab semua kebutuhan kulit kita, dan aman untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitive, oily and acne prone. It comes in a jar, dengan tampilan seperti pada gambar berikut.


Memang , apabila dilihat dari ingredient list nya, produk ini memiliki banyak ingredient yang penting untuk kulit seperti :
  • niacinamide ~ whitening agent
  • panthenol ~ vitamin B 5
  • witch hazel leaf extract ~ anti bacterial, anti inflammatory agent
  • Arginine ~ moisturizer dan anti aging
  • Allantoin ~ anti inflammatory dan anti alergi
  • aloe barbadensis leaf water ~ aloe vera , soothing agent
  • Bambusa vulgaris wate ~ to enhance skin radiance
  • Nelumbo Nucifera Flower Water ~ lotus water , as a whitening and anti-wrinkle agent
  • Anthemis nobilis flower extract ~ chamomile water, sebagai anti oxidant, skin soothing agent
  • plant and flower extract
Meninjau skala safety pada COSDNA, website ini menilai hampir semua hijau untuk semua ingredient pada Water gel ini, kecuali cyclopentasiloxane , yang mendapat skala kuning ( 3 out of 9 ) , which  still considered as relatively safe. Untuk detailnya kamu dapat klik di sini

When applied

Berdasarkan konsistensi fluidnya, produk ini memiliki konsistensi sedikit lebih kental dari air, tapi cukup mudah diserap kulit. Warnanya agak bening susu. Wanginya, agak mengganggu, tapi masih tolerable.

Berdasarkan beberapa blog yang aku baca, produk ini dapat digunakan untuk AM/PM, tapi aku lebih gunakan ini pada malam hari, karena bentuknya jar, dan aku setiap pagi gym, jadi  agak ribet kalau bawa produk yang bentuknya jar seperti itu ke mana-mana. Aku menggunakan produk ini di tahap paling terakhir dari PM routine ku.

Results

Well, given all the potential ingredient in such a jar, when I first decided to try in using the product, I really do hope that this product is the 'it' ! Karena produk ini mengandung semua ingredient alami yang aku perlukan kan ? So, Adit rasa , wajar banget kalau aku berharap this product gonna be my last.

So, I used the product few months ago , yet, it took me a while before I start writing the review. The reason is, despite all the hype about this product, somehow , I feel disappointed.

Setelah hampir 2 minggu aku menggunakan produk ini, aku notice bahwa di wajahku ada banyak whitehead, bahkan di daerah daerah yang jarang timbul whitehead di wajahku. Awalnya aku pikir karena aku kurang tidur , atau agak banyak kerjaan sehingga stress naik yang kemudian berpengaruh pada produksi sebum di kulitku. Tapi kemudian , setelah aku ingat-ingat, whitehead mulai bermunculan kurang lebih setelah 1 minggu pertama aku menggunakan produk ini.


Akhirnya, aku coba telusuri, satu per satu nama dari ingredient yang ada di dalam ingredient list produk ini.

Eng-ing-eng .... .
Barulah aku notice bahwa , ingredient utama dari produk ini adalah : hippophae Rhamnoides Extract atau yang memiliki nama lain : Sea Buck thorn, yang merupakan natural AHA.

Dengan kata lain, kandungan utama dari produk ini sebenarnya adalah AHA, exfoliating agent kuat yang memang bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati, dan mengurangi kompleksitas kulit. Walaupun AHA mempunyai benefit untuk kulit, produk yang mengandung AHA tidak baik digunakan terlalu sering karena akan menyebabkan over exfoliation, yang akan membuat kulit kita menipis, dan memicu kulit untuk memproduksi sebum lebih banyak lagi.

Salah satu hal yang membuat aku kecewa adalah, tidak ada satu blogger pun yang membahas AHA ingredient pada produk ini, termasuk wishtrend.com. Bahkan , Wishtrend merekomendasikan untuk menggunakan siang dan malam hari. padahal, AHA sebaiknya digunakan pada malam hari saja, karena membuat kulit relatively lebih photosensitive. Di samping itu, pada waktu itu aku juga menggunakan Vitamin C , 3 hari sekali, dan BHA power liquid 3 hari sekali. Kalau kemudian ditambah dengan Vitamin Tree WAter Gel setiap malam, tanpa aku sadari, aku meng-abuse kulitku dengan exfoliating agent.

Akan lebih baik jika pada saat meng-advertise produk ini, I'M FROM menjelaskan bahwa Vitamin Tree Gel merupakan AHA product . Karena, tidak semua orang cocok dengan AHA. Ada beberapa orang yang kulitnya sangat reaktif terhadap AHA, termasuk kulitku. Aku lebih cocok dengan produk yang mengandung BHA daripada AHA konsentrasi tinggi. ( kalau konsentrasinya rendah, kulitku tidak reaktif ) . Di samping itu, pada saat aku mencari tahu lebih jauh 'honest' review dari real customer yang menggunakan produk ini, aku menemukan ada beberapa comment di amazon.com, yang mengatakan bahwa mereka mengalami breakout pada saat menggunakan produk ini. Sangat mungkin , mereka merupakan salah satu dari beberapa orang yang tidak cocok dengan AHA. Dan sangat mungkin juga, mereka bahkan gak aware kalau produk ini sebenarnya adalah AHA product.
Hal lain yang agak buat jengkel adalah, ingredient list yang dibuat oleh I'M From semuanya menggunakan nama latin . Entahlah, somehow aku koq jadi berpikir , I'M From ingin terlihat scientific ? padahal kalau kita search di google, dari nama latin tersebut , sebenarnya adalah lotus water, chamomile water, aloe vera gel, dll . For the sake of customer-friendly, akan lebih baik apabila ingredient list berisikan nama nama yang lebih mudah dipahami oleh customer. Karena, tidak semua customer akan menelaaah satu per satu ingredient tersebut dan melakukan google search untuk mencari tahu apa nama lain dari nama latin tersebut.

Final Thought

My final thought about this product is,
given all the beneficial ingredients, product ini mungkin memiliki benefit apabila kamu cocok dengan AHA, tapi tidak untuk orang-orang yang kulitnya sensitive terhadap AHA product.
Product ini tidak diperlukan apabila kamu sedang menggunakan exfoliating agent lain seperti produk yang mengandung AHA , BHA atau vitamin c serum dosis tinggi seperti O.S.T .
Terlepas dari rekomendasi wishtrend untuk menggunakan produk ini AM/PM for daily use, aku pribadi menyarankan, apabila kamu ingin mencoba produk ini,  sebaiknya jangan menggunakan produk ini pada siang hari. Kalaupun akan digunakan malam hari, mungkin produk ini tidak untuk digunakan setiap malam. PAda siang hari , jangan lupa gunakan sunblock untuk menjaga kulitmu dari paparan sinar matahari.



Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :)

16 comments:

  1. Penjelasan yang cukup significant. I like it. Thankyouu

    ReplyDelete
  2. Hi Adit, thank you banget penjelasannya :) Btw aku baru cobain Vitamin Tree Water Gel ini udah 5 hari, 2 hari pertama aku pake siang dan malam, dan 3 hari nya aku pake malem aja dan aku notice ada bruntus kecil yg matanya putih (white head kali ya), mungkin sama kaya yg kamu deskripsiin di atas. tp krn aku belinya kemasan share 10gr, jadi masih akan kucoba abisin dulu. aku pakenya sih sbb:
    1. cosrx low ph good morning cleanser
    2. cosrx BHA blackhead power liquid (3kali sehari)
    3. klairs supple preparation toner 2 sampe 3 layer
    4. si vitamin tree water gel dr i'm from ini

    misal nih ya.. ternyata si whitehead ini sempet muncul, kamu sembuhinnya pake apa biar whitehead nya pergi?

    terus jg boleh reco moisturizer utk kulit acneprone oily skin kaya aku kah? makasih banyak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      aku boleh komentar ?

      kamu agak terlalu sering menggunakan bHA power liquid nya.
      paling maximal 1 hari sekali. bahkan kalau aku 3 hari sekali :)
      kalau terlalu sering nanti kamu over exfoliating lowh :)

      hmmm,

      kalau aku biasanya kalau whitehead nya uda terlanjur muncul, aku facial, tapi benar2 yang diekstraksi hanya yang bisa keluar aja. jadi ga dipaksa dibikin babak belur semuka :)
      kalau yang memang uda siap keluar, biasanya gak akan meninggalkan bekas waktu diekstraksi :) kalau yang belum siap keluar, dan dipaksa , itu yang jadi hitam-hitam :)

      sebenernya , untuk oily skin, aku baca di banyak blog, kita gak perlu sampe ke tahap cream. cukup pake hydrating essence. kalau mau , kita bisa gunakan overnight mask aja cukup :) cream / lotion mengandung fatty alcohol , jadi suka memicu jerawat di kulit oily acne prone :) kamu uda pernah coba overnight honey nya cosrx ? itu juga enak :) dan dia boleh dipake siang malem. kalau siang tipis, kalau malem boleh agak tebal :)

      Delete
    2. wah aku salah tulis, maksud aku, aku pake BHA power liquid nya 3 hari sekali di malam hari 😂 thank you saran nya ya!

      oiya aku jg lupa tulis kl aku sebenernya pake cosrx yang advance 96 snail mucin essence, jadi tahapan skincare ku adalah sbb:

      pagi
      1. cosrx low ph good morning cleanser
      2. klairs supple preparation toner 2 sampe 3 layer
      3. cosrx aloe soothing sun cream

      malam:
      1. cosrx low ph good morning cleanser
      2. cosrx BHA blackhead power liquid (3hari sekali)
      3. klairs supple preparation toner 2 sampe 3 layer
      4. cosrx advance 96 snail mucin essence
      5. si vitamin tree water gel dr i'm from ini


      karena aku mulai kesal krn mulai banyak jerawat baru semenjak aku pakai Vitamin Tree Water Gel, skrg lg aku stop sih, berhenti di Snail Essence nya si COSRX.. belum terlihat hasil nya gimana..

      kl dr tahapan skincare ku itu apakah masih ada yg salah? jadi better si Vitamin Tree Water Gel nya aku ganti COSRX hiney overnight mask, atau berhenti di snail essence aja?

      makasih banyak Adit 😊

      Delete
    3. hi :)

      kalau aku sih, aku sarankan lebih baik coba honey overnight :) bangun tidur glowy gitu jadinya kalau di aku :)

      Delete
  3. I was just thinking of buying the I'm tree vitamin tree when I stumbled on your blog (akhirnya memutuskan ga jd beli..). Anyway, thanks for the review ya. I read a few of your writings and I love how you took your time talking about the ingredients too :) and since klairs sheet mask is on your wishlist, It's a must try!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Marianette , :) thanks lowh uda mampir2 :)

      i don't know whether it's a bless or a curse , that i can't hold my self from trying new products and apply it on my skin . lol ...

      i've tried the klairs mask and i loveeeee it . it gives our skin the hydration right when we need it the most , don't you think ? :)

      Delete
  4. Sudah masuk d wishlist padahal.. untung kak adit review. Thankyou yaa kakak..

    ReplyDelete
  5. thank you for your review! i was tempted to buy this product since the effect is so promising, which includes soothing and brightening skin. however, before i came to your blog i didnt know that this product contains AHA, which is unnecessary for me since i already incorporated vitamin c into my routine. thank you again for such helpful information!

    ReplyDelete
  6. halo...namaku angel.
    kak Adit, mau tanya dong. bagusan i'm from tea tree water gel apa klairs freshly juice vitamin E mask. i'm currently using cosrx one step clear pimple pad, cosrx natural BHA skin returning A-Sol, cosrx galactomyces 95 whitening power essence, klairs freshly juice vitamin C drop, mizon snail repair intensive ampoule,terakhir klairs freshly juice vitamin E mask di malam hr. tp kayanya kulit aku masih kurang kenyal & akhir2 ini agak kering. kulit aku acne-prone, oily-combination. cuma sekarang berasa kering & lg kusam bngt. please sarannya, thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Angel, nama mu bagus banget. :)
      hmm, aku sekarang lagi pakai vitamin E klairs . ini lagi siapin postingannya.
      to be honest, aku lebih suka vitamin E klairs ini :)

      kamu uda berapa lama pakai tea tree water gel ?
      ada improvement kah ?

      Delete
  7. Aku baru pake yg Vitamin E Klairs sih. Belum pernah pake tea tree water gel. Makanya penasaran,soalnya d wishtrend rekomendasinya vitamin C klairs dicombine sama I'm from tea tree water gel. Trus ada yg bilang tea tree water gel bisa dipake buat siang jg & lbh cocok utk oily skin sedangkan klo vitamin E klairs lbh cocok dipake utk malam.Aku jg lg nyri moisturizer buat siang yg ga oily sih. Hehe
    Sip deh.. aku ditunggu review vitamin E Klairsnya ya, kak. Thank you:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. menyusul yaa .. sori lama .. kemarin sebulan ada kerjaan

      Delete
  8. Hi ,kalau yg I'm from mugwort essence itu hydrating essence atau juga mengandung exploiting agent ya?

    ReplyDelete