Thursday, March 16, 2017

[Beauty Info] Facial Oils, Yay or Nay ?

Hi semua,
beberapa waktu yang lalu, aku gak sengaja ketemu temenku yang uda lama ga ketemu. Kalau ga salah ingat, terakhir ketemu sekitar 3-4 tahun yang lalu. Terakhir aku ketemu dulu, wajahnya penuh jerawat. Bener bener penuh jerawat, padahal doi cantik. Nah, setelah 3-4 tahun ga ketemu, aku surprise banget karena ternyata sekarang muka dia bersiiihh banget! Seakan-akan gak pernah jerawatan sama sekali. Gak cuma itu, bahkan bekas jerawat ga ada, pori-pori kecil, no wrinkles or finelines padahal umurnya uda 30 an.
Akhirnya aku tanya, doi ke dokter mana ? Dan .. tebak ! Doi bilang ga ke dokter sama sekali. Doi cuma pake salah satu DIY product indonesia, yang punya ngaran The Bath Box. Ada beberapa produk the Bath Box yang doi gunakan, salah satu nya adalah facial oil. So, kali ini Adit ingin bahas sedikit mengenai facial oil ini. Untuk bahasan mengenai the Bath Box akan aku bahas terpisah ya :) Soalnya, aku juga beli akhirnya. haha , dan aku sudah gunakan kurang lebih 1 minggu :) review menyusul 2-3 minggu lagi .


Facial Oils : Myths 

Hal pertama yang terlintas di pikiran aku pada saat aku mendengar doi menggunakan facial oil adalah : "What ?! Bukannya itu malah bikin jerawatan ya ?? " .. Well, mungkin kamu juga berpikiran sama ? Somehow aku berpikir, koq bisa, kulit muka oily, malah dipakein lagi face oil ? Bukannya nanti malah bisa bikin clogged pores ? apa ini kebetulan aja ? atau memang selama ini pemahaman aku yang salah ? Hal ini kemudian memicu aku untuk mencari tahu lebih jauh mengenai facial oil, salah satunya adalah mitos-mitos seputar facial oil yang selama ini beredar.

1. Menggunakan facial oil membuat kulit berjerawat 
Banyak dari antara kita , termasuk aku, yang tidak tahu, bahwa , facial oil banyak digunakan sejak jaman dahulu untuk merawat kesehatan kulit, termasuk mengobati jerawat. Memang, tidak semua facial oil kemudian berguna untuk menyembuhkan jerawat. Tapi ada facial oil tertentu seperti : tea tree oil, argan oil, yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit, karena mengandung anti inflamasi yang justru meredakan jerawat

2. Menggunakan facial oil membuat wajah kita semakin berminyak 
Nope! Menggunakan facial oil tidak akan membuat kulit wajah kita semakin berminyak atau membuat kulit kita clogged, selama produknya tidak mengandung campuran-campuran yang aneh-aneh. seringkali, campuran pada produk facial oil lah yang membuat pore clogging. Facial oil yang terbuat dari bahan dasar alami dan original biasanya tidak menyebabkan pore clogging.

3. Facial oil  membuat make up menjadi cakey 
Well, depends. Kamu menggunakan facial oil berapa banyak ? Dosis yang direkomendasikan untuk menggunakan facial oil adalah 2 tetes . Pada malam hari, kamu dapat menggunakannya 3-5 tetes. Lebih daripada itu, mahal ! hahaha

4. Facial oil tidak baik digunakan di saat kulit kita sedang sensitif, iritasi, atau sun burn
Tidak benar :) Banyak facial oil yang justru digunakan untuk meredakan kulit yang teriritasi dan inflamed :) You just need to pick the right facial oil. Jangan asal pilih :)

What can Facial Oil Do for You ?

Jadi , apa saja keuntungan kita menggunakan facial oil ? Apa hanya sekedar 'fancy-fancy ' ?
Hmm, tentu saja tidak. Banyak artis Korea yang 'addicted' dengan facial oil. Karena menurut mereka, facial oil, selain praktis, juga mengandung material yang jauh lebih 'murni' daripada essence atau pun serum. Oleh karena itu, facial oil memiliki efektifitas yang jauh lebih tinggi daripada essence atau serum sekalipun untuk mengatasi :
  • Wrinkles ~ Dalam hal ini , mengurangi wrinkles , dan prevent further aging . Facial oil yang dapat digunakan untuk mengatasi wrinkles antara lain : Argan oil, atau grape seed oil 
  • Skin balance ~ Yang artinya, baik untuk kulit oily, sekaligus untuk kulit yang super dry. Salah satu jenis facial oil yang direkomendasikan adalah : almond oil 
  • Skin protector ~ Well, skin protector di sini artinya, menjaga agar moisturizer alami kulit tidak hilang. Kalau kamu ingin facial oil yang mempunyai fungsi skin protector, kamu dapat menggunakan rosehip seed oil 
  • Perfect for make up primer ~ Say Hi to the glow! :) 
  • Shrink your pores ~ Masuk akal sih. Karena kulit yang kering membuat pori-pori kita menganga. kita perlu sesuatu yang membuat kulit kita lebih moist. :) Konon katanya, camelia oil baik untuk mengatasi pori-pori besar. 
  • Rashes calmer ~ No doubt ! Anti inflamatory agent yang ada di dalam oil sangat baik untuk mengatasi kulit yang kemerahan akibat over exfoliation, atau kulit super sensitif. Argan oil is one of the best on this department. 
  • Banishing zits ~ Tadaaaa ! No comment. Tapi so far aku sudah menggunakan seminggu, dan aku jatuuh cinta ! 
Ok ! Sebelum aku mengakhiri postingan aku kali ini, aku akan share sedikit video yang aku temukan pada saat aku sedang mencari tahu tentang facial oil. Nantikan postingan Adit mengenai update facial oil yang aku gunakan, dan juga postingan lainnya hanya di Groom it Like Adit !



4 comments:

  1. asiiikk skincare baru lagi nih ka adit :D :D
    ditunggu review nya yaaa,,
    share skincare buat hilangin bekas jerawat temen nya kk itu doonk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe :) menyusul ya :)

      hmm, dia dirutinin pake produk the bath box lama lama ilang sendiri .

      Delete
  2. Kak adit, review produk The Ordinary dong, ada rosehip sm argan oil nya dia, harganya lebih murah tp katanya bagus loh kak *kata orang2* hehe😀✌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Yuna, thanks masukannya, coba aku liat liat produknya ya :)

      Delete