Friday, March 31, 2017

[Review] The Bath Box ID ~ Such A Wonderful Experience

Hi semua :)
setelah beberapa waktu belakangan ini aku jarang nulis di blog karena banyak unexpected problems , hari ini aku seneng banget bisa mulai ngetik lagi. So, kemarin ini, mamaku masuk UGD, lalu papa ikutan stress akhirnya kena herpes ular dll .. But thanks God satu persatu masalah selesai juga :)
So, hari ini Adit ingin share sedikit mengenai salah satu produk DIY Indonesia yang punya ngaran The Bath Box. Tulisannya agak panjang, gapapa ya. karena rencananya 3 product akan aku ulas dalam satu postingan ini. 
Untuk kamu-kamu yang selama ini ngikutin blog aku, mungkin kamu agak kaget, koq tiba-tiba aku menggunakan produk DIY, padahal selama ini aku Korean minded banget. :) Well, semua bermula dari 'kekagetan' aku waktu aku ketemu temen ku yang dulu nih, 4 tahun yang lalu, kulitnya jerawatan banget padahal cantik. eh, tiba-tiba, sekarang koq jadi cantik dan kulitnya bersih banget. akhirnya aku tanya deh, doi pake apa. dia bilang , dia menggunakan produk The Bath Box.



Karena penasaran akhirnya aku search deh , ketemu instagramnya, aku telusuri masing-masing postingnya. Dan aku surprised banget. The Bath Box ini ternyata popular banget. produk mereka sering sold out hanya dalam hitungan hari.. Walhasil, aku iseng-iseng coba beli produk yang temenku gunakan. Ada 3 produk , yaitu : Sugar ( pencuci wajah ) , lalu tonernya Replenish Toner, dan I'll be Perfect facial oil. Sebelum kita lebih jauh berbicara mengenai produknya, ada baiknya kita kenalan dulu yuk dengan brand ini.


The Bath Box

The Bath Box merupakan salah satu brand DIY Indonesia yang didirikan pada tahun 2013, yang memfokuskan diri pada treatment kulit dan rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami dan handmade. Semua berawal dari salah satu founder dari brand ini yang terus menerus mengalami eksim (eczema) sejak sekolah, yang tidak kunjung sembuh walaupun sudah di treat dengan berbagai macam treatment dari dokter, sampai akhirnya dia menemukan resep yang terbuat dari bahan alami, dan bebeas kimia  yang terbuat dari susu kambing ( produk sabun susu kambing ini saat ini dijual dengan nama : Goats Don't Lie Liquid Soap ). 
Surprisingly, ternyata banyak costumer mereka yang mengalami psoriasis, eczema, sensitive skin dan acne , yang memberikan feedback positif setelah mereka menggunakan sabun susu kambing ini, yang memang bebas pengawet, bebas 'sabun' , tidak mengandung silikon dan sulfat. Atas dasar itulah, kemudian , mereka bertekad untuk membuat brand yang terdiri dari bahan alami yang memberikan manfaat untuk setiap pemakainya.
Saat ini The Bath Box membunya berbagai macam rangkaian product, yang terdiri dari produk untuk tubuh, untuk wajah, untuk bibir, dan untuk rambut, mulai dari pembersih, toner, serum, oil, lotion, dan masih banyak lagi. Mereka juga membuat beberapa collection yang menggabungkan serangkaian produk tersebut , sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Products that I Use 

Ok, sekarang kita lanjut ngobrol tentang beberapa produk the Bath Box yang aku gunakan. Ada 3 produk dan semuanya adalah produk untuk kulit wajah yaitu :
  • Face Cleanser : Sugar 
  • Toner : Replenish Toner 
  • dan Facial Oil : I'll Be Perfect 

Face Cleanser : Sugar

Sugar Face Cleanser merupakan salah satu produk pembersih yang mengandung kaolin clay dan essential oil. Seperti kita ketahui, clay sangat efektif untuk mengangkat minyak berlebih dikulit kita, termasuk juga kotoran di wajah, namun gak bikin kulit kita kering. Sedangkan essential oil secara efektif akan menutrisi kulit kita sehingga kulit kita tetap sehat dan segar. Essential oil yang terkandung dalam Sugar ini dalah tea tree, rosemary dan lavender untuk mengurangi frekuensi kemunculan jerawat, dan juga safflower untuk menjaga kulit tetap lembut. Sebagai tambahan, produk ini ada butiran gula, yang berfungsi sebagai scrub alami. Warna hijaunya berasal dari teh hijau yang sangat kaya anti oksidan, sehingga produk ini juga memiliki khasiat anti - aging nya :)
Cara menggunakan Sugar ini sangat mudah. Berdasarkan panduan di website, aku cukup mengoleskan Sugar ke wajahku, lalu diamkan selama 2 menit, sebelum aku pijat lembut kulitku, dan aku basuh dengan air suam kuku.

Results so Far 

Hal pertama yang aku rasakan saat aku menggunakan produk ini adalah : rasa hangat nya . Well, to be honest aku agak surprised dengan rasa hangat tersebut, sempet khawatir juga, takutnya malah merusak kulit. Tapi ternyata setelah aku menggunakan produk ini, ketakutanku tidak terbukti. Malah sebaliknya, i can't stop!! I love the way this product does to my skin. Kulit ku glowy setelah setiap aku habis cuci muka. Dan wanginya, OMG , serasa habis spa setiap hari! Mungkin ini terdengar lebay, but it's true. Mungkin kandungan essential oilnya yang memang memberikan sensasi tersendiri. Wangi, dan gak mau berhenti. hahaha ..
Hal lain yang aku alami adalah, karena suka ada sisa Sugar di telapak tanganku, iseng-iseng aku oleskan ke punggungku, karena suka ada beruntus kecil-kecil ( kalau orang Sunda bilang : keringet buntet ) . Oala ! Beruntus di punggungku sekarang jauh lebih sedikit dari pada sebelumnya .
So, so far aku suka banget dengan produk ini. Memang , produk ini 'agak' diluar pakem rutinitas harianku yang selama ini Korean minded banget. But honestly, i'm actually opened to any good products. :) Dari semua yang aku rasakan mengenai produk ini, semuanya menyenangkan, walaupun ada beberapa hal yang harus aku note , yaitu :
  • Produk ini bukan untuk membersikan wajah yang sifatnya berat, seperti make up atau sunblock. So, aku biasanya membersikan dulu dengan double cleansing, baru aku gunakan produk ini sebagai step terakhir dari cleansing activity ku. 
  • Hampir tidak mungkin untuk mengecek ingredient safety level di COSDNA :) karena memang produk ini tidak diulas di COSDNA. So, again, ini sifatnya test. Waktu aku pertama memutuskan untuk mencoba produk ini, it was purely a gut, berdasarkan testimony dari temanku tsb.  
  • Karena produk ini tidak mengandung pengawet, produk ini hanya bertahan kurang lebih 2 bulan. Artinya, kalau 2 bulan belum habis. kita harus beli lagi yang baru. Tapi jujur, buat aku , it's a plus. Karena seringkali pengawet dalam produk itu lah yang bikin kulit kita bermasalah. 
  • Ada beberapa orang yang alergi dengan tea tree oil. So, untuk kamu yang memang kulitnya sangat reaktif terhadap tea tree oil, sebaiknya hati-hati saat mencoba produk ini. :)  

Replenish Toner 


Ok to the point aja, aku juga jatuh cinta dengan toner ini. hahaha. Kenapa ? Alasannya , karena kandungan utamanya : aloe vera, blueberry, dan teh hijau , yang tidak hanya memiliki khasiat untuk meng-hydrate kulit, tapi juga mengandung anti-inflamasi dan kaya akan anti oksidan, yang artinya juga mampu memperlambat proses aging serta mampu menenangkan kulit.
Waktu aku baca-baca di websitenya, warna keunguan pada toner ini berasal dari blueberry asli. Oleh karena itu, warna ungunya gak selalu sama, kadang agak gelap , kadang agak terang. Yang artinya, no artificial color. ** LOVE ** .

Results so Far

Saat ini toner ku tinggal setengah botol, dan pastinya, aku akan beli lagi. Ada beberapa hal yang aku suka dari toner ini yaitu :
  • yang pertama tadi adalah kandungan utama toner ini
  • lalu juga konsistensinya yang watery, tapi memang aku merasakan efek hidrasinya. So, selama ini kalau kita lihat produk hydrating toner di pasaran, rata-rata mereka agak lebih kental. Jujur aku ga terlalu suka toner yang kental, karena itu akan menghambat produk yang aku gunakan setelahnya untuk dapat terserap dengan baik ke kulit. Aku lebih suka toner yang watery, karena setelah toner , aku masih akan menggunakan essence, serum dll . Dengan konsistensi toner yang watery, essence dan serum yang aku gunakan setelahnya dapat terserap di kulitku . 
  • no artificial color 
  • calming scent ~ Kamu wajib coba. Mungkin kamu akan merasakan seperti yang aku rasakan, bahwa, setelah menggunakan toner ini, somehow , ada perasaan refreshed. 
  • no breakout
  • no perih-perih ( no adverse response on my skin so far ) 
  • aku juga kadang menggunakan toner ini sebagai mist, di saat kulit ku perlu 'disegarkan' 
So, so far beberapa hal di atas adalah yang aku rasakan mengenai toner ini. Namun seperti halnya Sugar tadi di atas, ada beberapa hal yang penting untuk kita note yaitu :
  • since there is no COSDNA review, you need to test the product, whether it's suitable for you or not. It is suitable for my skin for sure, but we don't know whether you are allergic to one of the ingredients, especially for you who has a long history with food allergy or skin sensitivity. 
  • hal kedua yang perlu aku note adalah : cepet habis. hahaha .. entah karena aku terlalu semangat menggunakan toner ini, atau hal lainnya. Tapi, aku rasa, satu tube hanya cukup untuk maksimal 6 minggu saja . :( 
  • This is not a medicated toner for extra dry skin. Jadi untuk kamu yang memang kulitnya sangat kering, mungkin kamu memang perlu toner yang jauh lebih kental, yang memang berfungsi sebagai moisture lock. 

 Facial Oil : I'll Be Perfect 

Ok, kata kunci dari facial oil ini adalah : re-balance.
Kenapa rebalance ? Karena facial oil ini memang mengandung ingredient yang sifatnya 'ballance correction' on our skin. Well, to be honest, perlu waktu lama untuk aku akhirnya 'teryakinkan' untuk mencoba produk facial oil ini. Seperti pada postingan Adit sebelumnya, sampai beberapa bulan yang lalu, i always said no to facial oil, karena memang aku pikir, kulitku yang acne prone ini gak 'match' dengan facial oil. Dulu aku pikir facial oil hanya akan membuat kulit ku berantakan. Sampai akhirnya aku ketemu temanku yang memang dulunya sangat berjerawat dan sekarang 'cling'. That's my turn over point.
Pada saat itu akhirnya aku seach google, baca banyak tentang facial oil, lihat banyak video youtube mengenai facial oil for sensitive acne prone skine, lihat banyak postingan dari beauty blogger, bagaimana artis-artis korea menjaga kulit mereka tetap sehat dan muda dengan aktifitas yang seabregan, dll, yang akhirnya membantu aku untuk memutuskan mencoba facial oil ini. ( untuk kamu yang ingin baca postinganku tentang facial oil, kamu dapat klik di sini )
Berdasarkan informasi yang aku dapat di website the Bath Box, produk ini menggunakan oil yang sifatnya non-comedogenic, dan tidak menyumbat pori-pori, bahkan sebaliknya, akan membantu kulit kita untuk mengurangi produksi minyak berlebih di kulit kita. Beberapa essential oil yang terkandung di dalam facial oil ini adalah :
  • pumpkin seed oil , karanja seed oil dan evening primrose oil yang berfungsi untuk melembabkan kulit, tanpa menyumbat pori, di samping juga membalance produksi minyak di kulit kita. 
  • asam linoleat dan argan oil yang membantu mengurangi bekas luka ( bekas jerawat , bekas alergi ) , dan juga mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Well, i bet y'all know how great the argan oil is, right ? 
  • jojoba seed extract, untuk mempercepat regenerasi kulit 
  • rosemary, geranium, tea tree dan peppermint oil , untuk membantu kita yang punya problem sebum dan jerawat serta pori-pori besar. 

Results so Far 

Ini dia yang amazing, Untuk kamu kamu yang mengikuti blog aku, kamu pasti ngeh bahwa Adit sering cerita , kulitku sangat kompleks. gak cuma super sensitif dan jerawat atau whitehead, tapi juga alergi, di samping yang juga faktor umur, jadi mulai ada fineline dll.
Sejak aku menggunakan facial oil ini, i was amazed by the result. Coba deh kamu cek foto before-after aku di bawah ini.


Left : Before , Right : After 2-3 weeks
So, kalau kamu zoom in fotoku di atas, nampak jelas bahwa di foto sebelah kiri, sudah mulai nampak forehead line ( lingkaran merah ), dan juga ada bekas bekas alergi di jidat ( lingkaran hijau ). Setelah penggunaan selama kurang lebih 2-3 minggu, kedalaman forehead line ku jauh berkurang. Di samping juga, bekas alerginya jauh memudar. One picture says a thousand word i guess ?
Jadi selama 3 minggu ini, aku rutin menggunakan facial oil, pagi dan malam hari, hanya 2 tetes, aku campur ke snail essence cosrx. Berdasarkan panduan yang aku dapat, facial oils akan works better apabila diteteskan ke dalam essence yang kita gunakan, karena , di samping akan boosting up kinerja essencenya, facial oil nya juga akan terserap lebih baik ke dalam kulit kita. :)
Well, what else can i say ? I definitely will repurchase the product , simply by the result that i've got. Sebagai tambahan, produk ini juga :
  • no purging 
  • no breakout
  • no redness
  • no stickyness ( if mixed with essence ) 
Namun demikian, tidak lupa aku ingatkan, karena tidak ada COSDNA review mengenai produk ini, kita harus aware dengan kemungkinan alergi atau ketidakcocokan yang mungkin muncul yang sifatnya individual. Artinya, produk ini mungkin tidak cocok digunakan oleh kamu yang mungkin alergi terhadap salah satu dari essential oil di dalam produk ini. Juga untuk kamu yang memiliki riwayat alergi yang panjang, dan kulit yang super sensitif. Aku sarankan untuk tetap berhati-hati saat menggunakan produk (apapun). Kalau kamu ingin tahu lebih jauh mengenai produk ini, kamu dapat mengunjungi website resmi mereka yaitu : thebathbox.co.id

That's all from me. Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit. Adit sign off :) Have a nice weekend.

6 comments:

  1. hemm racun baru nihh ka adit hehehe..

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Masih pke TBB nya ga, Dit?
    Gimana hasilnya sekarang?
    Klo pakenya digabung sama toner, serum + cream (Rich Moist Soothing-Klairs), urutannya yang benar gimana ya?
    Apakah : Cleanser - Sugar - Toner - Serum - Cream - I'll be Perfect ?
    atau kebalik ya? hehe....

    Makasih sebelumnya buat jawabannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) iden, aku lagi coba oilnya the ordinary , jadi yang the bath box aku stop dulu.

      oil paling akhir den.
      eh , btw, kamu pake tbb yang mana ?

      kemarin sempet stop karena tbb kan dia ada problem yah sama perijinan. sekarang memang tbb udah bikin produk lagi, cuma aku nanggung abisin yang ada dulu. :)


      yes ,urutannya seperti yang kamu tulis di atas.

      gimana pake tbb ? sudah berapa lama ?

      Delete
  4. You know your projects stand out of the herd. There is something special about them. It seems to me all of them are really brilliant! Custom Packaging Boxes

    ReplyDelete