Wednesday, March 1, 2017

[Review] Benton Fermentation Essence

Hi semua,
maaf aku kemarin sekitar 10 hari agak off , jarang buka blog .. karena kemarin aku mendadak liburan .. ^____^ " .. So, baru kemarin aku aktif lagi buka blog .. Kemarin aku kaget .. begitu buka blog .. ada banyak banget comment .. tapi aku sudah balas satu per satu.. semoga ga ada yang terlewat ya :) Terimakasih untuk semua reader yang rajin datang dan baca blogku :) Seneng banget rasanya kalau apa yang aku tulis di blogku ini kemudian menjadi manfaat untuk semua yang membacanya :)

anyway,
hari ini aku ingin share sedikit mengenai salah satu produk yang sudah aku gunakan selama hampir 4 bulan : Benton Fermentation Essence. Produk ini merupakan salah satu varian terbaru yang dikeluarkan oleh brand yang cukup populer di kalangan korean skincare lovers , terutama untuk kita-kita yang kulitnya sensitif dan bermasalah. Bersamaan dengan fermentation essence ini, Benton juga mengeluarkan versi eye creamnya. Adit juga saat ini sedang menggunakannya. Untuk review eye creamnya, akan Adit review terpisah ya :) .

Ngomong-ngomong mengenai Benton Fermentation Essence ini, beberapa waktu yang lalu, pada saat aku sedang mencari-cari produk aloe vera yang recommended dan Benton ( di samping juga Cosrx ) memang salah satu brand yang under my radar saat itu, gak sengaja aku membaca beberapa review positif mengenai fermentation essence. Walaupun produk ini tergolong baru, ternyata banyak pengguna Benton di luar sana yang begitu antusias mencoba , dan mereka memberikan review postitif, terutama dari segi anti-aging dan hydrating. Adit sendiri saat itu sudah menggunakan beberapa first essence : Missha FTE, lalu SK-II ( untuk kompres-kompres kalau lagi berjerawat / merah-merah kulitnya ), dan juga Hera ( karena aku tertarik dengan stem cells yang ada di dalam first essence ini, walaupun ada kandungan alkoholnya ~ review menyusul ya ) . Well, agak banyak memang first essence yang aku gunakan. Alasannya, karena beberapa waktu yang lalu aku membaca bahwa banyak artis korea yang menggunakan first essence sampai 5 jenis first essence yang berbeda, karena konsistensinya yang watery, jadi walaupun menggunakan 5 first essence, semuanya dapat diserap dengan baik oleh kulit kita , tanpa membuat kita merasa tebal di wajah.


Untuk kamu yang gak familiar dengan Benton , brand ini merupakan salah satu brand yang cukup populer untuk orang-orang yang kulitnya bermasalah. Seperti halnya COSRX dan Klairs, setiap produk yang dikeluarkan oleh Benton memang di desain untuk troubled skin. Benton , juga Mizon , merupakan kedua brand yang lebih dulu populer , dibandingkan dengan COSRX dan Klairs yang memang baru hype sekitar 2 tahunan terakhir. Kalau kamu rajin membaca review produk di beauty blog, atau di forum seperti reddit, kamu akan menemukan bahwa Benton seringkali di bandingkan dengan COSRX , karena memang kedua brand ini mempunyai cult sendiri-sendiri .

Dulu, waktu aku rajin-rajinnya menggunakan SK-II full set dari pencuci wajah sampai sunblock, aku gak terlalu memperhatikan brand korea sama sekali, karena aku merasa SK-II ( dulu ) adalah the best of the best. Sampai akhirnya aku merasakan ada (somehow ) penurunan kualitas yang aku rasakan dari SK-II ini. Di titik itulah aku mulai mencoba banyak produk korea, dan aku amazed dengan dedikasi brand-brand korea tersebut untuk membuat produk yang ramah lingkungan, ramah di kulit, ramah di kantong , namun tetap memberikan efek yang significant . Memang aku masih menggunakan beberapa produk SK-II seperti sabun wajahnya, atau clear lotionnya, atau FTE nya for particular reason . Namun demikian, untuk treatment yang intensive seperti serum, essence dll, aku menggunakan korean skincare , termasuk diantaranya Benton ini.

Benton Fermentation Essence

Benton Fermentation Essence merupakan produk teranyar Benton yang didedikasikan untuk anti-aging, terutama untuk wrinkle improvement dan skin-hydrating essence. Kandungan utama dari produk ini adalah :

  • high concentration of fermented ingredients ~ fungsi utama dari fermented ingredient ini adalah me-moisturize kulit, sehingga kulit lebih elastis dan lebih kencang. Khusus untuk produk ini, Benton menggabungkan 2 jenis ferment , yaitu galactomyces ferment filtrate ( yang sudah sering digunakan banyak brand seperti COSRX, dll ) , dan juga bifida ferment lysate. Kombinasi kedua ferment ini konon yang menjadi duet combo pada produk ini. 
  • ceramide ~ merupakan componen utama yang ada di dalam lapisan epidermis kulit. Kandungan ceramide ini berkurang seiring dengan proses penuaan yang terjadi pada kulit kita. So, memiliki produk yang mensupply ceramide ke kulit sangat penting untuk menunda aging process.  
  • EGF ~ epidermal growth factor ,  merupakan growth factor yang menstimulasikan ( mempercepat ) pertumbuhan sel kulit, salah satu faktor penting sehubungan dengan regenerasi kulit , penyembuhan luka jerawat , atau pun luka lainnya. 
  • hyaluronic acid ~ hydrating agent. Berfungsi untuk menghidrasi kulit kita , sehingga kulit kita tetap moist. 
Dari keempat main ingredients di atas, ceramide dan EGF merupakan dua hal yang membuat Adit tertarik. Karena, selama ini, hampir tidak pernah aku menemukan ada produk first essence yang mengandung ceramide. Sedangkan EGF sendiri, biasanya ada di dalam essence / serum, tapi bukan dalam bentuk first essence dengan konsistensi yang watery seperti Benton Fermentation Essence ini. 

Di samping keempat main ingredients di atas, ada beberapa kelebihan produk ini yang semakin membuat Adit tertarik yaitu :
  • no - alcohol ( yes !! ) ~ buat adit , ini lampu hijau banget 
  • mengandung rh-oligopeptid-1 ~ apabila banyak brand lain yang membuat peptide serum terpisah, di dalam produk ini, kita juga sudah mendapatkan peptide yang beneficial untuk anti aging
  • aloe barbadensis extract ~ ekstrak lidah buaya 
  • allantoin, betaine, arginine, xathan gum ~ kesemua produk ini bersifat sebagai anti aging , dengan anti allergic addition. 
  • Last, but not least, COSDNA report shows all green


Results 

Setelah aku menggunakan hampir 4 bulan, hampir habis satu tube ( mungkin masih sekitar 2-4 minggu lagi baru habis ) , the results that i feel so far are :
  • No breakout
  • I can feel that the product really suits my appetites of hydration, without any sticky feeling. It is absorbed by the skin pretty fast, without making it gross 
  • Selama hampir 4 bulan ini, aku juga melihat improvement dari segi fine-lines. Well , untuk seumuran aku, sebaik apapun kita menjaga kulit, pasti fineline sudah mulai muncul. seperti di forehead, atau di dekat mata. This product makes a visible improvement on that particular problem that i have. Kulit lebih plump. terlihat properly hydrated . ( bukan oily loowh yah :) ) 
  • dulu aku kadang-kadang punya dry patch di bawah mata. nah , sejak rutin menggunakan produk ini , tidak ada lagi dry patch di bawah mataku . yay !! 
  • terlepas dari semua hal baik yang aku lihat pada produk ini, ada beberapa catatan tersendiri yang perlu aku tulis yaitu : produk ini bukan pencerah kulit. So, aku tidak merasakan ada brightening improvement selama menggunakan produk ini. Selain itu juga, produk ini bukan produk yang didedikasikan untuk spot. So, aku tidak melihat ada reduction in the spot color while using the product. 
So, melihat dari khasiat yang aku dapatkan di atas, kesimpulannya adalah, bahwa produk ini recommended untuk kamu-kamu yang memiliki concern ingin anti aging product, hydrating agent product, anti wrinkle product / fineline product. Tapi bukan untuk brightening, maupun spot treatment. 

Well, apakah aku akan continue menggunakan produk ini ? Jawabannya, YUPH! 

** note : maaf aku ga posting before after, karena agak susah menunjukkan hydrating improvement lewat foto :) 

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit ! 

41 comments:

  1. Wah ini benton untuk apalagi? Hahaha. Aku tuh baru sama skincare korea. Baru mau coba2. Makanya awal2 pgn cobain snailsnya krn jarang kan skincare us/french yang ada kandungan snails. Eh iyaaa bikin skincare routines dong dan list produknya..
    Thanks for replying :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Irma :) hahaha .. nah .. kemarin ada reader juga yang minta aku bikin AM PM .. tapi aku malluuuuu hahaha .. panjang banget list AM PM nya .. hahaha :) padahal aku cowo.. nanti kalau aku uda siap malu .. aku buka list AM PM ku ya:) heheheh

      hmm, ini si BEnton ini, untuk anti aging ma , kalau kamu kenal DR.JART product ? dia salah satu kandungan utamanya adalah ceramide, juga Mario Badescu .. ceramide juga mainnya. salah satu komponen anti aging yang penting. nah, problemnya, semua produk mereka terlalu tebal di muka, dan gak bisa dipake untuk kulit oily dan acne prone, karena mengandung banyak oil, fatty alcohol dll. Benton, dia bikin produk yang mengandung ceramide, tapi di desain untuk kulit problematic. jadi dia menghilangkan faktor2 yang mungkin gak cocok untuk kulit problematic. :) walhasil, kita bisa menikmati benefit ceramide tanpa takut jerawatan :)

      Delete
  2. Adit.. km beli benton in di mana? Pengen nyoba.
    Pakenya step nya gmn kl campur2 sm essence lain?
    Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Endara .. aku beli Benton di mbak Fiki para Shop . ada di tokopedia , search toko : @parashoplover , atau ignya.
      :)

      rule of thumb nya : urutkan serangkaian produk yang kamu gunakan mulai dari yang paling encer ke yang paling kental. beri jeda beberapa waktu sampai produk yang kamu gunakan terserap sebelum produk selanjutnya.

      kamu rencana pake Benton yang mana ? yang fermentation essence ini ? kalau yang ini , gunakan setelah toner sebelum essence yang lain

      Delete
    2. Iya rencana pengen coba yg fermentation essence ini..
      Ok thank you ya :)

      Delete
    3. sippp :) keep me updated ya :)

      Delete
  3. kak adit, im new for korean skincare hehe, dan emmbaca review benton yang ini buat aku tertarik, tp aku masih ragu mau gunakan, apakah benton fermentation ini mengandung BHA juga? karna aku lebih sering di luar dan terpapar sinar matahari dan belum nemu sunblock yang tidak terasa berat dan tebal dimuka kak

    lalu, cara penggunaan essence yang baik dan benar gmna ya? hehehe
    glad if you want to answer this long question,
    have a nice day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Julistha, thanks uda mampir2 :)

      hmm, benton fermentation tidak mengandung AHA maupun BHA :)
      dia sifatnya watery, jadi lebih seperti first essence :)
      kamu gunakan setelah toner , sebelum serum atau essence yang lebih kental. :)

      nanti setelah essence dan serum kamu gunakan sunblock. menggunakan sunblock itu wajib, apakah kita akan panas2an atau tidak, apakah kita menggunakan aha bha atau tidak. :) kalau aku boleh sarankan, coba deh kamu test klairs midday / blemishnya. spf 40. gak berat di wajah :)

      Delete
    2. wah terimakasih banyak kak adit untuk jawaban dan saran nya, sehat dan sukses terus! heheh

      Delete
    3. siapp :) keep me updated ya :)

      Delete
  4. mau nanya dong,benton boleh dipakai untuk usia 20 ga?

    ReplyDelete
  5. omg disini ternyata udah di review. thx ya ka adit

    ReplyDelete
  6. hallo kak adit, aku mau nanya-nanya dong sama kak adit. beberapa bulan terakhir ini aku lagi pakai Mizon AHA/BHA daily toner sama Skin&Lab Red Serum (semuanya karena tergiur reviewnya kak Adit wkwk), tapi nggak ada improvement berarti di kulitku. Aku justru jadi lebih sering jerawatan di dagu sejak pakai red serum ketimbang waktu pakai ost c21.5 serum. Sekarang aku lagi pengen coba Benton Fermentation Essence ini sama Benton Snail Bee Essence, itu kalau pakainya digabung sama Mizon AHA/BHA toner nggak apa-apa kah?
    Kulitku oily, acne prone. Aku lagi cari essence buat calming jerawat dan ngilangin bekas-bekasnya. Thanks Kak Adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ria ,thanks uda mampir2 :)
      kamu menggunakan AHA/BHA dan skinlab red serumnya uda brapa lama Ri ?

      memang problem jerawat ini banyak faktor, mulai dari stress, sampe makanan.

      red serum ini ga ada ingredient yang bikin purging, jadi harusnya bukan red serum nih yang bikin purging di dagu. :)

      selain itu AHA/BHA di mizon juga konsentrasinya kecil. hanya untuk menghaluskan kulit dan mempercepat hilangnya bekas .

      selain menggunakan 2 item ini kamu ada menggunakan apa ?

      gimana dengan aktifitas kamu sehari2 ? frekuensi istirahat ? makanan ? dll ...

      benton fermentation dan snail bee aman dengan mizon.
      tapi sebenernya red serum ini justru untuk bikin kulit plumped dan hilang bekas :)

      utk calming jerawat , cara satu2 nya adalah, kamu mesti tau dulu faktor apa yang memicu jerawat utk kamu. apakah itu hormon ? genetik ? makanan ? stress ? kurang tidur ? lagi sibuk, trus panas2an ? lagi sering naik motor misalnya ? faktor pemicu jerawat berbeda2 tiap orang. dan, cara satu2 nya utk mengurangi kemunculan jerawat adalah dengan mengenal faktor apa yang bikin kamu jerawatan ,lalu kamu hindari faktor tersebut.

      dibandingkan ost serum yang konsentrasi vit c nya tinggi, ost harusnya lebih bikin purging Ri. :)

      Delete
    2. udah sekitar 4 bulanan ini sih kak, udah hampir habis juga red serumnya.
      harusnya iya ya kak, tapi waktu pakai ost kulitku lebih bagus malah, lebih cerah dan jarang bgt jerawatan bahkan waktu period sekalipun. trus semenjak pakai red serum bekas jerawatnya memudar banget sih, tapi ya itu dagunya malah sering jerawatan lagi.
      akhir-akhir ini breakout parah, dagunya muncul jerawat gede-gede yang sakit bgt tapi nggak ada matanya itu lho huhu
      aku curiganya sih antara karena waktu lebaran dan bbrp hari setelahnya aku makan telur beberapa hari berturut-turut sama aku barusan pakai Skin&Lab Gently Vita Exfoliator dan ganti facial foam pakai Innisfree Green Tea Cleansing Foam.

      oiya kulit aku itu juga berminyak tapi dia dehidrasi gitu lho kak. ada saran nggak kak pakai produk apa yang bagus?

      Delete
    3. hoo , mungkin banget . karena telur kan high protein ya. dan beberapa orang ,termasuk aku, agak sensitif dengan telur ayam negri.

      skinlab vita exfoliator mengandung exfoliating agent, tapi kalau aku lihat di cosdna, indikatornya lumayan aman.
      justru innisfree green tea cleansing foam yang alert . dia mengandung lauric acid yang memiliki potensi acne trigger skala 4 dari 5, which is sangat berpotensi untuk menyebabkan jerawat.

      utk detailnya kamu bisa liat di sini :
      http://www.cosdna.com/eng/cosmetic_c154203976.html

      kalau kamu cocok dengan red serum utk memudarkan bekas, dan ost utk maintain acne-free condition. kamu bisa gunakan 2 serum ini AM/PM, misalnya pagi red serum, malam nya ost . kamu gapapa pake ost tiap hari ? aku sih paling sering cuma bisa 2-3 hari sekali.

      Delete
  7. Halo kak adit.. suka banget sama review kakak. Mau nanya nih kak, kan sekarang aku pake Aloe BHA toner punya Benton sama Benton Snail essense. nah rencana pengen nambah AHA/BHA tonernya mizon sama fermentation essense benton, urutan yg bener gimana sih kak? terus AHA/BHA toner mizon boleh dipake tiap hari kah atau 2-3 hari sekali?
    bikin review cleansing step kakak dong hehheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ika :) saranku kamu jangan nambah toner mizon dulu. karena , fungsinya sama dengan tonernya benton :)
      utk fermentation essence sih gpp.

      fermentation essence digunakan setelah toner, lalu dilanjutkan dengan snail :)

      Delete
  8. Hai adit, kmrn ak ada tanya2 di thread cosrx snail mucin, lanjut disini yaa 😊

    - cosrx low ph good morning cleanser
    - mizon aha & bha toner
    - klairs supple preparation facial toner
    - missha fte
    - benton fermentation essence
    - skin&lab red serum
    - cosrx snail mucin

    U/ exfo treatmentnya ak pake cosrx aha 7 whitehead liquid

    Yang mo ditanyain..
    Itu udh bener blm yaa urutan pemakaiannya?
    Ada yg berfungsi doubel ga?

    Oya, concernku itu kulitku dehidrasi, BIG pores & fine lines
    Apa ada yg kurang?

    Thank you soooooo much before 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ak br up, ternyata benton fermentation ini fte yaa, hmmmm.. Klo gt sm misha fte better mana nih?

      Delete
    2. Lanjut lg biar nnti sekalian di jawabnya 😜

      Produk2 skincare yh ku sebutkan td diatas itu bs u/digunakan am-pm kan ya?

      Delete
    3. hi Nia .. beberapa hal ni .. pertama :
      kamu menggunakan aha power liquid , berapa kali seminggu ? maksimal seminggu 3 kali . amannya seminggu 2 kali.
      dehidrasi bisa dikarenakan over exfo juga lowh. jadi better jangan terlalu sering.

      Benton aku suka karena ada ceramidenya untuk anti aging.
      missha ga ada . :)
      tapi kalau kulit mu bisa double2 .. gapapa koq pake double first essence. atau switch am/pm.

      kamu pake sunblock kan ?
      karena kalau pake aha or bha kamu wajib pake sunblock.
      di samping itu, aha dan bha product cuma boleh digunakan malam hari aja :)

      Delete
  9. Mau tanya dong, kalo dibandingin sm cosrx yg galactomyces essence bagus mana? Karena sama-sama ada galactomycesnya kan. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Maudia, iya sama sama ada galactomycesnya. tapi kalau Benton dia ada ceramide. kalau untuk pemakaian pagi hari, lebih enak Benton juga karena lebih encer. jadi ga tebal di muka. galactomycess cosrx lebih kental . mnurutku lebih cocok malam hari :)

      Delete
  10. Racuuuun.. Racuuuun.. Awalnya maju mundur mau beli ini, eh review kak Adit jd gak maju mundu lagi kayaknya.. Soalnya memang lg cari essence yg concern utk aging..
    Btw suka bgt sm tulisan2 kak Adit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha .. siap.. thanks uda mampir2 lydia.
      skalian add ig ku ya @joshua_adityaa

      Delete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Bang Josh mo nanya, ini buat kulit combi oke nggk? Taulah bang, susahnya punya kulit combi. kalo skin carenya berhasil buat lemabapin daerah yang kering, Tzone jadi kilang. Kalo pelembab berhasil bikin Tzone nyantai, daerah yang kering ganti nggk santai. Oh iya selain itu kulit aku kusam, wrinkel kasusnya kayak abang pokoknya terus pori-pori segede kawah. aku nggk ada masalah rednes, jerawat, atau alergi propolis. Sebelumnya aku pake redserum, jadi di kira" pake line bee atau fermentasi ini ya? di tunggu jawabannya and happy new year! ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Prati,
      kalau kamu jenis combi, kamu gunakan 2 essence yang berbeda untuk kedua daerah tersebut. misal : di tzone kamu gunakan yang mengurangi pembentukan oil, sedangkan di daerah sisanya kamu gunakan hydrating.

      tidak ada essence yang suitable untuk semua jenis kulit secara menyeluruh :)

      fermentated ini sih enak banget. mirip sk2 fte , atau missha lah kurang lebih :)
      di aku aman2 aja :)
      coba aja cari di tokped yang share nya dulu kalau ragu beli yang full size :)

      Happy new year juga :)

      Delete
    2. ah jadi gitu, aku juga sempet kepikiran pake dua produk penanganan berbeda. keburu tergiur ama produk berembel" for combination skin 😂 rasanyakan ringkes kl cuma satu. I will try, dua kondisi di wajahku bnr" nggk bisa saling berbagi skincare.

      siap bang! your answer so help me, thanks :D

      Delete
  13. Halo kak adit..
    Mau nanya dong..
    Benton ini bs dipake barengan natural pasific fresh herb serum ngga? Kalau bs, urutannya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tisa, nahh... fesh herb ini aku ga pernah coba. jadi aku ga bias comment .
      tapi kalau melihat konsistensinya, yang pertama digunakan fermentation essence baru setelahnya herb serum itu

      Delete
  14. aku uda pakai benton snail bee high content essence, dan cocok..nah skrg emang lagi pikir mau ganti yg lebih mengarah ada anti-agingnya.
    apakah ini bisa jg di pakai utk kulit yg oily ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi loni, saranku jangan di ganti, tambah aja
      jadi pertama kamu pakai Benton fermentation essence ini. tunggu bentar .. baru setelahnya kamu pakai snail bee high content. :)
      bias untuk kulit oily :)

      Delete
  15. Hallo, slaam kenal, thanks sharingnya, dan tau ngak kalo produk ini aman untuk ibu hamil? Udah search juga sih tentang kandungan apa aja yg aman dan tidak untuk hamil. Pas aku cocokin sama yg adit share diatas, alhamdulillah sih ngak ada ( kayaknya) tapi ya karna kandungannya mengunakan nama kimia semua, dan ngak ngerti iyu aman apa nggak. Jadi boleh pencerahannya kalo benton ini ama untuk ibu hamil?
    Thankyou. Semoga berkenna menjawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Iam, :)
      kalo aku boleh saran, sementara kamu lagi hamil , better hindari produk yang ga perlu .
      mungkin kamu bisa rajin2 pake aloe asli .. dioles di wajah.
      itu juga hasilnya bagus koq. :
      aku takut mau bilang boleh, takut kenapa2:)

      Delete
  16. Hai..pernah ngebandingin benton sama corsx galactomyces essence? kalo ada bisa share reviewnya..thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) aku lebih suka benton karena ada ceramidenya :)

      Delete