Monday, March 27, 2017

[Treatment] My Review on Platelet-Rich Plasma Treatment (PRP)

Hi semua, hari ini Adit ingin share sedikit mengenai pengalamanku treatment PRP.  Untuk kamu yang ingin tahu apa itu PRP, berikut penjelasannya.

Platelet-Rich Plasma (PRP) 

PRP treatment sudah banyak dikenal oleh berbagai kalangan di dunia kedokteran sebagai treatment yang ampuh untuk mengatasi injuries , terutama untuk para athletes. Tiger Woords dan Rafael Nadal merupakan salah satu dari sekian banyak athletes di dunia ini yang melakukan treatment PRP untuk mengatasi berbagai macam injuries yang mereka alami seperti sprained knees, atau cedera otot. Melalui treatment PRP ini, cedera yang mereka alami , jauh lebih cepat pulih.

So, apa itu PRP ? PRP adalah plasma yang mengandung  jauh lebih banyak platelets, yang ada di darah kita. Di dalam platelets tersebut terkandung ratusan protein yang dinamakan growth factors, yang sangat penting untuk healing process. Dengan adanya kandungan platelets dalam jumlah banyak tersebut, maka jumlah growth factor dalam PRP dapat mencapai 5-10 kali lebih banyak dari biasanya. Hal inilah yang kemudian membuat treatment PRP menjadi jauh lebih ampuh daripada treatment lainnya.

Hal lain yang menjadi kelebihan dari treatment PRP ini adalah, bahwa, kita menggunakan darah kita sendiri, oleh karena itu hampir dapat dipastikan, tidak akan ada efek alergi yang mungkin muncul sebagai akibat dari treatment yang digunakan.

Treatment PRP untuk wajah menjadi booming beberapa tahun yang lalu sejak Kim K mengupload foto wajahnya yang berlumuran darah. Well, bukan Kim K namanya kalau gak bikin heboh. :) Akhirnya treatment PRP menjadi populer dengan nama Vampire Facelift, karena growth factor yang ada di dalam PRP tersebut kemudian mampu membuat wajah menjadi muda kembali dengan cara memperbaiki sel sel kulit yang rusak, dan mempercepat pembentukan collagen wajah.Selain untuk wajah, PRP juga kemudian populer untuk orang-orang yang ingin rambutnya tetap sehat, yang mengalami penipisan rambut, tapi belum terlalu fatal sehingga akar-akar rambutnya masih ada di kulit kepala. PRP mendorong akar-akar rambut tersebut untuk tumbuh kembali , sehingga di daerah yang mengalami penipisan, rambutnya akan kembali menebal.

My Journey on PRP

Well, to be honest , sudah beberapa waktu belakangan ini aku concern dengan rambutku. Karena somehow, koq aku merasa jidatku semakin lapang. Walaupun aku paham bahwa untuk pria , ada yang namanya 'mature hairline',  yaitu kondisi saat hairline kita akan mundur sedikit, dibandingkan dengan pada saat kita kecil. Sedikit di sini sekitar 1-3 cm, yang artinya bukan membotak. Tapi tetap saja aku kesel kalau liat jidatku agak lapang gitu. Akhirnya, setelah observasi mengenai treatment apa yang mungkin berhasil untuk mengembalikan rambut di sekitar hairline tersebut, aku kemudian mencoba PRP ini. Keputusan untuk melakukan PRP hair aku ambil setelah aku melihat banyak video di youtube yang merekam proses PRP termasuk di antaranya cerita dari mereka yang sukses dengan treatment tersebut. Salah satunya adalah video di bawah ini :


Setelah aku memutuskan untuk mencoba PRP , yang berikutnya aku lakukan adalah , search , di Indonesia , kira-kira di mana sih, aku dapat melakukan treatment PRP ini.  Awalnya aku sempat drop, karena treatment PRP ini sangatt mahal ternyata. V_V . Sampai akhirnya aku ketemu satu dokter namanya dokter Ade yang harganya relative lebih affordable dibandingkan dengan dokter lainnya. Aku memutuskan untuk diskusi , via Whatsapp. Surprisingly, lewat diskusi tersebut somehow aku merasa nyaman dengan dokter ini. My heart says yes to continue with the treatment. Singkat kata, akhirnya aku memutuskan untuk treatment pada bulan Januari 2017 kemarin. Selain treatment di sekitar akar rambut, dokter Ade juga menyarankan untuk 'sekalian saja' treatment wajah, karena sisa plasma nya masih banyak , sayang kalau dibuang. So, beginilah penampakanku saat treatment.
Kalau kamu lihat di foto berikut, di sekitar rambutku ada titik titik bekas disuntik PRP. Untuk wajah, wajah kita diolesi krim anastesi terlebih dahulu sebelum akhirnya di treatment PRP menggunakan derma roller.


Results so far .. 

Nah, ini yang menarik. Seharusnya treatment PRP ini dilakukan berkala, kurang lebih 1 kali sebulan selama beberapa bulan pertama. Karena , rambut kita tumbuh dalam periode 21 hari sekali. Dan pada periode awal ini, sangat mungkin rambut yang tumbuh tersebut kembali dorman, oleh karena itu, kita wajib melakukan treatment PRP di awal agak banyak, sampai rambutnya cukup kuat , baru dilakukan treatment berkala per beberapa bulan sekali untuk maintenance.
Tapi, karena aku agak sibuk dari januari ke maret kemarin, mulai dari jalan-jalan ke Thailand, pulang-pulang mama sakit masuk UGD, bersamaan mama sakit, papaku kena herpes ular di wajah .. dan masalah lainnya yang datang bertubi-tubi, akhirnya aku gak sempat datang lagi ke dokter Ade, walaupun dokter Ade sudah mengingatkan bahwa sudah waktunya aku treatment lagi. Aku benar-benar lupa dengan kondisi rambutku . Well, mama papa sakit, boro-boro ngaca mikirin rambut. Aku juga agak jarang buka blog kemarin-kemarin. Sampai, beberapa hari yang lalu, aku tersadar, bahwa ada perbedaan yang significant pada kondisi rambut di jidatku.



See the difference ? This is AMAZING !!!!! I swear that i was very surprised by the result in only one treatment. Gila banget sih ini. Aku sudah coba banyak treatment, termasuk laser, obat obatan, shampoo, serum rambut dari berbagai macam produk . You name it Kerazt*se, dll dll.. gak ada yang bisa memberikan hasil se significant ini hanya dalam satu kali treatment. Now i can say that this treatment works like magic ! Aku bener-bener ga sabar ingin melakukan treatment berikutnya, dan melihat seperti apa hasilnya setelah treatment ke dua.

Well, seperti biasa , sebagai bentuk rasa terimakasihku untuk dokter Ade , the 'magician' yang membuat perubahan besar on my forehead , atas persetujuan dokter Ade, aku melampirkan contact number dokter di blog ku. Untuk kamu yang ingin menghubungi dokter Ade, kamu dapat menghubungi dokter di nomor :  081210566720 . Dokter Ade berlokasi di Jakarta Selatan di bilangan Cilandak.

Last but not least, this is not an advertisement ya teman. :) Sesuai tujuan awal aku buat blog ini yaitu untuk share pengalamanku seputar perawatan wajah, kulit, rambut dan tubuh, sehingga semoga dengan share yang aku lakukan ini, kamu mendapat jawaban atas permasalahan yang sedang kamu alami. :)

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit !

10 comments:

  1. kak adit treatment PRP kisaran brp? thx yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Erna, problem mu apa kalau boleh tau ?
      PRP ada berbagai macam harga , tergantung dari peruntukannya. Kalau untuk filler setahuku lebih mahal daripada untuk vampire facial, atau hair treatment.

      Rata-rata PRP treatment berkisar antara 1.5 jt sampai dengan 5-6 jutaan per sekali treatment :)

      Delete
  2. Habis prp rambutnya ada rontok gak ? Soalnya di forum2 sebelah ada cewe yg testi rambutnya rontok parah habis di prp. Klo tambah botak mah rugi bayar jutaan buat sekali prp.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      aku ga ada rontok setelah prp.

      yang setelah prp rontok itu bisa beberapa faktor, bisa karena teknik pemisahan plasma nya yang ga bener, dari dokternya, atau hal lain. misalnya, stress level dia ningkat yang secara gak langsung bikin rontoknya makin parah, pas kebetulan dia abis prp .
      we'll never know.
      kecuali kamu pake produk yang mengandung minoxidil , biasanya minoxidil dia rontok dulu, baru tumbuh rambut baru. gitu.

      Delete
  3. Nama kliniknya apa ya?
    Thanks before

    ReplyDelete
  4. Adit thanks for your review....it relief me...please share the clinic yaaaa....want to try it. N hows to DM you...sorry....gaptek tingkat dewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi :) . Dokter ade baru ngelahirin. Dia skrg lagi gak terikat klinik dulu . Aku juga treatmentnya di rumahnya karena dia punya alatnya sendiri d rumah. Km coba tlp dokternya ya :) no nya 081210566720

      Delete
  5. Mas bro itu numbuhnya berapa lama sejak pertama kali treatment. Tks

    ReplyDelete
  6. This is very useful and determinate article about Hair loss treatment thank you so much to bring this post. Now it’s the time to forget your all worries related to hair loss problem just visit Avista Clinics.

    ReplyDelete