Saturday, April 22, 2017

[Review] Hati-hati dengan Holika Aloe Vera Gel Palsu!

Hi Semua, :) hari ini Adit ingin share sedikit mengenai pengalaman Adit menggunakan Holika Aloe Vera Gel , sekaligus juga Adit ingin share mengenai beberapa hal sehubungan dengan beredarnya Holika Aloe Vera Gel palsu di pasaran.

Hiiiiyyyy ... serem juga ya , kalau ternyata banyak beredar produk palsu di pasaran ini. Dengan maraknya penjualan online saat ini, kita sebagai pembeli, harus pintar-pintar membaca peredaran produk palsu di pasaran saat ini. Kapan-kapan aku akan posting mengenai tips seputar belanja skincare online :) tapi saat ini, aku akan fokus pada Holika Aloe Vera product : fake and real :)
Beberapa materi sehubungan dengan cara membedakan Holika Aloe Vera yang asli dengan yang palsu Adit kumpulkan dari beberapa website , semoga dapat benar-benar membantu kamu dalam memilih produk pada saat membeli nantinya :)



Holika Holika Aloe Vera 99% Soothing Gel 

Mengutip dari website Holika Indonesia ( http://www.holikaholika.co.id/index) , brand Holika Holika merupakan korean brand yang dibentuk pada tahun 2010, oleh Enprani Co.Ltd yang merupakan satu perusahaan dengan Samsung & CJ group. Ciri has dari Holika product adalah bentuk packagingnya yang eye catching, sehingga tidak hanya membuat para customernya jatuh cinta dengan isi dari produknya, Holika juga ingin membuat para customernya addicted dengan bentuk packagingnya yang menarik :) Well, secara strategi marketing, aku akui memang packaging yang menarik is really a thing. :)
Seperti halnya produk soothing gel ini, yang bentuk tube nya menyerupai daun lidah buaya :) Di samping kandungan aloe nya yang digadang-gadang mencapai 99% , sangat tinggi dibandingkan produk sejenis dari brand lain, bentuk tubenya juga menarik perhatian Adit. Walaupun, dengan bentuk tube seperti ini, agak gak praktis ya kalau dibawa ke mana-mana, tapi somehow, bentuk tubenya memang mesti Adit akui , gemesin.
Beberapa waktu yang lalu produk Aloe Vera Gel ini, digadang-gadang memiliki kualitas lebih baik daripada produk aloe vera yang lain, terbukti dari penjualan produk aloe vera gel ini yang meningkat over the years. Beberapa hal yang menarik seputar produk ini antara lain :
  • kandungan aloe vera nya yang hampir 100% ( 99% , almost none can beat it) 
  • Produk ini no tipu-tipu. Terbukti dari list ingredientnya,  yang, pada urutan pertama adalah : aloe barbadensis leaf juice ( aloe vera ) . Pada beberapa brand lain, seringkali aku temukan, walaupun dibilangnya aloe vera product , ingredient aloe vera nya sendiri terletak jauh di bawah . ( produk seperti ini aku sebut produk tipu-tipu .hahaha ) 
  • No Alcohol ( ada beberapa produk aloe yang mengandung alkohol , menurut aku silly , karena yang menggunakan peroduk aloe vera biasanya yang kulitnya sensitif. Adanya kandungan alkohol pada produk tersebut tentu bikin kita mikir 1000 kali ya kan ? ) 
  • Di samping aloe vera, ingredient lainnya juga gak kalah menarik seperti : 
    • nelumbo nucifera a.k.a : lotus flower extract , yang kaya akan anti oksidan, mampu menjaga elastisitas kulit, menjaga kulit tetap hydrated di samping juga menjaga agar sekresi minyak kulit tetap balance sehingga mengurangi kemunculan acne dan pimple. 
    • centella asiatica extract a.k.a pegagan : yang merupakan salah satu ingredient yang hype banget untuk korean lovers karena mampu mempercepat healing process, terutama untuk kulit sensitif dan acne prone. 
    • bambusa vulgaris extract a.k.a bamboo : yang merupakan anti inflammatory and soothing agent, yang juga widely popular di kalangan korean skincare lovers. 
    • cucumis sativus fruit extract a.k.a cucumber / timun : i guess we all know that cucumber is very beneficial for our skin. It contains a lot of water, amino acids, protein, lipids and minerals. 
    • zea mays leaf extract : skin conditioning agent 
    • Brassica Oleracea Capitata Leaf Extract a.k.a Kale Leaf Extract : digunakan untuk mengatasi kekeringan kulit, eczema ( eksim ) dan beberapa skin disorder lainnya seperti wrinkle, dry patch, etc. 
    • Citrullus Lanatus Fruit Extract a.k.a watermelon/semangka : merupakan ekstrak yang kaya anti oksidan termasuk diantaranya adalah lycopene
  • Di samping itu, Cosdna menilai, 8 ingredient teratas merupakan ingredient yang sangat aman ke kulit. Hanya 3 ingredient terbawah yang mempunyai nilai kurang baik yaitu : ph adjuster, fragrance dan preservative. ( well to be honest, terlepas dari khasiat yang ditawarkan produk ini, aku juga gak terlalu suka dengan artificial fragrance yang ada pada produk ini ) 


 So, hal-hal tersebut itulah yang kemudian membuat produk ini menjadi produk yang banyak di minati oleh korean skincare lovers. Namun demikian, seperti halnya prinsip supply and demand, karena banyak yang suka produk ini, akhirnya ada orang-orang yang tidak bertanggung jawab yang kemudian membuat produk palsu Holika Aloe Vera Gel .

Holika Holika Aloe Vera Gel : the Real One versus the Fake

Well, kalau kita mau benar-benar yakin bahwa produk yang kita gunakan adalah produk yang asli, memang yang paling bener kita beli di official store. Walaupun demikian, saat ini Holika baru ada di Jakart, Palembang , Riau, Manado, Medan, Cirebon, Solo, Surabaya, dan Semarang. Detailnya kamu dapat lihat di sini ) Nah, lalu bagaimana dengan kamu-kamu yang tidak tinggal di kota-kota tersebut ? Mau gak mau, kalau kita ga mau ribet, kita mengandalkan beli online donk ?
Adit sendiri kemarin beli di Century Apotik, karena waktu itu aku ga sengaja lagi jalan-jalan di Grand Indonesia, eh lihat produk ini duduk cantik di Century Apotik. Kebetulan produk ini memang sudah under my radar, akhirnya aku memutuskan untuk membelinya. Terutama, setelah aku melihat ada beberapa hal yang mendukung keaslian produk ini yaitu :
  • hologram Holika-holika di bagian depan 
  • ada keterangan tanggal produksi dan tanggal expired 
  • ada translasi bahasa indonesia 
  • ada keterangan notifikasi dan distributor resmi produk ini 


Walaupun demikian, ternyata ada beberapa beauty blogger yang sangat teliti dalam melihat produk yang asli dan palsu, karena kebetulan doi merupakan pengguna setia produk ini, dan punya produk asli dan palsu, sehingga doi bisa memberi informasi ke kita , perbedaan produk asli dan palsu tersebut, dimulai dari :
  1. bentuk botol dan sticker bentuk aloe vera leaf di belakang ( botol yang palsu lebih bulky, stickernya lebih lebar ) 
  2. Tulisan ALOE di bagian depan ( yang palsu lebih tebal ) 
  3. liquid fragrance, consistency dan absorption ( yang palsu agak lengket, dan susah menyerap ke kulit cenderung menyerupai konyaku gel ) 
Wow ! What a detail !

holika aloe vera
picture credit : iprobablyahisper.blogspot.co.id


holika aloe vera
picture credit : iprobablyahisper.blogspot.co.id
Di samping itu, hal yang mungkin harus kamu perhatikan adalah harga. Saat ini banyak beredar produk-produk yang harganya gak masuk akal. Gak masuk akal di sini , bukan karena harganya yang super mahal, justru super murah.
Kita , sebagai online buyer, cenderung untuk melakukan sorting : harga termurah. benar ? Nah, nampaknya, penjual barang palsu mengunakan habit kita ini untuk menipu kita. Biasanya yang Adit lakukan : Adit cari tau dulu di Korea produk yang aku mau harganya berapa ( konversi ke rupiah ) . Dari situ, aku tahu, kira2 kalau mau dijual di Indonesia harganya berapa. Kalau misalnya harga whole sale ( karena beli partai banyak, beberapa brand memberikan diskon , sehingga reseller di indonesia bisa menjual dengan harga yang masuk akal , tidak terlalu mahal ) , whole sale itu anggaplah diskon 10-30 persen. Pertimbangan tersebut kemudian yang membantu aku memilah-milah, harga yang masuk akal pada range berapa.

Contoh : harga normal di korea sekitar IDR 150.000 ,- . Apabila reseller indonesia beli dengan harga whole sale dan dapat diskon IDR 50.000 ( ~ 30% nya ) , maka harga terendah yang paling mungkin, reseller di indonesia jual IDR 125.000 ( harga tertinggi bisa variatif ) .  So, kalau kemudian kamu ketemu barang yang sama dijual dengan harga IDR 75.000 ,-  Ini aneh ! Ya kan ? ( lengkapnya aku akan buat postingan khusus tips cara membeli skincare secara online dengan bijak .. menyusul ya : ) )

Results So Far 

Sebelum aku cerita pros dari product ini, aku akan cerita consnya dulu : i don't really like the smell. I can obviously smell an artifical fragrance in it . Menurut aku sayang banget, kenapa Holika Holika harus menambah pewangi pada produk yang didedikasikan untuk kulit sensitif. Tapi, ya memang hanya itu saja kekurangan produk ini. Hal ini juga yang akhirnya membuat aku mengambil keputusan untuk mencoba The Body Shop Aloe Gel. ( no fragrance at all )
Yang menjadi kelebihannya adalah seperti yang aku sebutkan di atas, ditambah dengan botolnya yang besar, dan , kandungan utamanya yang 99% persen mengandung aloe vera plus non alcohol. Saat ini beredar produk aloe vera yang meng-claim mengandung 100% aloe vera : 3WC Aloe vera Gel. yang menurut aku konyol. Karena, untuk mengandung 100% aloe vera, produk ini artinya hanya mengandung ingredient aloe vera saja, yang pada kenyataannya mengandung banyak ingredient tambahan, plus alkohol. V_V .
All in all, i recommend this produk, untuk kamu yang ingin mendapatkan manfaat aloe vera , dan gak terlalu masalah dengan artificial fragrance pada produk ini. I love aloe vera product. Menggunakan aloe vera gel really calm my skin .


Alright then ! nantikan postingan Adit lainnya hanya di Groom it Like Adit :)

17 comments:

  1. Kak, lalu aloe vera gel yg recommend apa ya?
    Karena aq jg suka pake aloe vera gel tp bingung merk yg bagus yg mana

    Kalo etude house 99% aloe vera soothing gel ato yg innisfree bagus gak kak?

    Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Henny,
      aku sekarang lagi pake The Body Shop .. beberapa waktu yang lalu juga sempet coba holika holika.

      sebenernya yang paling bagus COSRX gel ,tapi uda discontinue.

      hmm, etude dan innisfree belum pernah coba. tapi , ada reader blogku yang rekomend innisfree, katanya bagus :)

      so far sih, untuk healing process aku suka dengan The Body Shop ( ada reviewnya di postingan ku sebelumnya )

      Delete
  2. Halo kak adit. Minta saran dong untuk acne-prone oily skin kira-kira lebih cocok holika-holika atau benton aloe vera gel ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari yang ngga greasy buat dipake seharian (ngampus dll) tp tetep moisturizing buat pengganti moisturizer aku. Dan yg paling penting ngga bikin clogged pores hehe. Makasih sebelumnyaa

      Delete
    2. kalau aku sih benton masih lebih better Nadine :)

      Delete
    3. #bantujawab
      kulitku sama kaya kamu mba nadine , aku pagi sampe siang pake sebamed face care yang acne-pore kalo malem aku masih bingung pake apa tp sementara masih dari krim dokter .rekom buat krim malam yang malam non alkohol.
      kalo yang aloe vera aku cari review2nya ada yang bisa buat sleeping mask ada yang engga masih galau.
      recommed donk

      Delete
    4. kamu coba deh tbs aloe vera. non alkohol . so far aku pakai uda beberapa lama ini enak.

      Delete
  3. Hai Ka Adit, sebagai orang yang belajar kimia (Kimia Analisis) menurut saya, untuk komposisi tambahan dari Aloe Vera itu wajar... sangat wajar...

    Preservative itu sejenis pengawet, seperti yang kita semua ketahui, semua bahan organik itu sangat mudah sekali rusak. Oleh karena itu digunakanlah Preservative...

    Dan untuk pH adjuster itu menurutku juga wajar. Sekali lagi, bahan-bahan organik yang punya bahan aktif kayak Aloe vera ini, wajar dia punya pH adjuster. Karena pH mereka mudah sekali berubah. Mungkin di adjust sehingga cocok untuk kulit sensitif.

    Semua bahan aktif organik selalu butuh pH yang sesuai. Contohnya kayak, senyawa organik yang mencegah kulit kita menghasilkan pigmen warna (anggap aja, senyawa organik pemutih) bekerja optimum pada pH sekitar 6,50.

    Enzim pengobat diabetes bekerja optimum pada pH 7,00?

    Sama hal nya dengan mereka, pH adjuster yang terdapat di produk ini juga bertujuan untuk menciptakan pH optimum sehingga bahan aktif organik yang terdapat pada ekstrak lidah buaya nya bekerja maksimal...

    Makasih sebelumnya ya ka Adit, dan juga kayak nya stiker dibelakang yang keliatan gede itu kurang bisa dijadikan acuan, punya saya sangat lebar sehingga dari depan terligat seperti gendut, saya pikir palsu...

    Setelah bertanya, ternyata yang saya ini asli :)

    Saya cuma mau berbagi saja, makasih ya kak review nya. Saya juga pengguna setia Holika Holika...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Syarah..
      Thanks infonya.

      Saya mengerti memang pasti ada pengawet. Pertanyaannya hanya pada pemilihan pengawetnya, ada yang aman ada yang mungkin kurang aman.
      Pengawet tersebut mungkin juga ada yang gak terlalu cocok utk kulit super sensitif.

      Begitu pula dgn ph adjuster. Karena aku anak itb s1 s2, aku mengerti pH dan konsep pH adjuster. Kembali yang dipermasalahkan adalah apakah bahan tsb aman utk kulit sensitif atau acne prone.

      Utk holika uang aku permasalahkan adalah fragrance nya. Mungkin km agree bahwa fragrancenya tercium sangat artificial?
      aku menyayangkan kenapa utk produk kulit sensitif kita perlu menambah fragrance yang notabene gak ngasi kontribusi apapun bagi kulit.

      mengenai perbedaan brntuk botol, atau sticker. Ini yang agak membingungkan. Logikanya, produk yabg sama yang dibuat oleh perusahaan yang sama.. Harusnya prosedur cetak sticker, bentuk botol, ukuran, konsistensi fluidnya default. Seragam. Nah jadi kalau misalnya ada yang beda beda, koq bisa? Gitu aja :)

      Anyway, thanks for sharing

      Delete
  4. Aku suka innisfree...cocok dkulit aku,,


    Tiap orang punya jenis kulit yang berbeda2,,
    Utk first essence aq make holika, trus masuk ke serum aq pke innisfree,,

    Aq termasuk yg suka gonta ganti produk, sblumnya kulit q berminyak parah, krn suka Diy sndiri jg, jd mncoba2 make madu + bubuk kayu manis, hasilnya smp sekarang kulit jd kering, tp hati2 dosisnya klo muka kebakar,, utk pemutih aq suka pke air dari bengkoang, bengkoangnya aq parut airnya diambil,

    Utk kulit berminya etude moistfull water jelly cream bagus mnurut aq, prnah make baru 2 hari lgsg kering ni muka..

    Balik lg trus ke holika n serum innisfree,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thanks uda sharing, tia. :)
      iya, mesti hati2 kalau DIY memang :)

      Delete
  5. Kak kalo beli produk yang asli dimana ya? yang olshop kak, mohon infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo arsy, aku udah sering beli aloe vera gel ini di line shoppingnya Holika Holika ID @holikaholika_id. hehe. Disana asli kok produknya. ��

      Delete
    2. Halo arsy, aku udah sering beli aloe vera gel ini di line shoppingnya Holika Holika ID @holikaholika_id. hehe. Disana asli kok produknya. ��

      Delete
    3. hi Arsy, mungkin kamu dpt beli spt info Fenny di atas.

      aku sih biasa beli di Century Apotik aja :)

      Delete
  6. Kk wdyt tentang Phenoxyethanol yg ada dalam produk ini? Katanya itu kontroversi bngt kk, ada yg bilang bisa menyebabkan kanker, dan katanya another paraben, gimana menurut kk?

    Oiyaa, menurut kk aku bagusnya pake aloenya holika, innisfree atau the saem kk? Lebih bimbang milih innisfree sama holika sih, soalnya innisfree ga ada fragrance

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi alexar , aku skarang pakenya aloe vera body shop :)

      Delete