Saturday, April 15, 2017

[Tips] Cara Menggunakan AHA/BHA Products for Newbie

Hi semua, berhubung banyak pertanyaan mengenai cara menggunakan produk AHA dan BHA untuk pemula, kali ini Adit akan share sedikit mengenai bagaimana cara memilih, dan menggunakan produk AHA BHA untuk pemula ya :) Semoga postingan kali ini dapat membantu kamu sehubungan dengan exfoliating routine kamu nantinya :)

Maaf belakangan ini aku gak terlalu sering posting. Soalnya, tiap kali buka blog, ada banyak comment .. akhirnya balas-balas comment dan ternyata balas comment tsb bisa 1-2 jam sendiri :) hehe .. tapi aku akan usahakan, posting paling tidak 1-2 kali seminggu ya :)


Exfoliation : Alasan Mengapa Kita Harus Exfoliating 

Seperti halnya sel lain di tubuh kita yang memiliki life span tertentu, sel kulit juga ada kalanya akan mati dikarenakan banyak hal, salah satunya adalah exposure terhadap UV . Sel kulit mati tersebut kemudian menumpuk di lapisan paling atas kulit, yang, apabila tidak diangkat, akan menyebabkan kulitkita menjadi kusam, kering, flaky, clogged, pori-pori membesar, jadi jerawat / bumps, whitehead, blackhead, warna kulit tidak merata, dll. Menggunakan exfoliating agent secara rutin, akan membantu mengangkat lapisan kulit mati tersebut, sehingga semua problem yang mungkin muncul, menjadi less frequent. Jadi, exfoliating penting untuk kita lakukan, terlepas dari jenis kulit kita. Apakah kulit kita kering, atau berminyak, atau berjerawat, atau aging.

AHA dan BHA 

AHA ( Alpha Hydroxy Acid ) dan BHA ( Beta Hydroxy Acid ) merupakan salah satu actives , yang memiliki fungsi mengexfoliasi kulit mati. Di saat sel kulit mati terangkat, sel kulit kita yang masih sehat, yang berada di bawahnya kemudian naik ke atas permukaan , sehingga, kulit kita halus, lebih cerah, tidak kusam, lebih lembut dan sehat . Memang, tidak hanya AHA dan BHA saja yang mampu mengangkat sel kulit mati, ada beberapa produk lain seperti vitamin C konsentrasi tinggi , yang juga mampu mengangkat sel kulit mati di kulit kita. Walaupun demikian, saat ini dunia skincare lebih menggunakan AHA dan BHA sebagai salah satu active ingredient untuk exfoliating agent dibandingkan vitamin C karena vitamin C tidak tahan lama ( cepat teroksidasi ) .

Menggunakan produk AHA dan BHA dapat dilakukan di rumah, maupun dengan bantuan dokter kulit di klinik kecantikan. Biasanya untuk kandungan AHA / BHA konsentrasi tinggi, kita harus dipandu oleh dokter kulit ( 20% ke atas ) , namun demikian, saat ini , banyak beredar produk AHA / BHA di pasaran, yang memiliki konsetrasi di bawah 8% , yang dapat kita gunakan sendiri di rumah.

Produk AHA dan BHA 

Berdasarkan jenisnya , ada beberapa produk AHA dan BHA yang dapat kamu temukan , mulai dari : pencuci wajah, toner, serum, ampoule, scrub, sampai dengan cream. Masing-masing produk ini memiliki konsentrasi AHA dan BHA yang berbeda-beda tergantung dari tujuan penggunaan produk. Sebagai contoh , untuk produk pencuci wajah, biasanya konsentrasi AHA dan BHA nya sangat rendah, karena memang tujuan dari penggunaan produk tersebut hanya untuk mengangkat kotoran, bukan mengexfoliasi sel kulit mati . Begitu pula untuk scrub, dimana aktifitas pengangkatan sel kulit matinya dibantu oleh butiran scrub, sehingga produk scrub tidak perlu AHA atau BHA tinggi lagi. Toner biasanya memiliki konsentrasi AHA BHA yang lebih tinggi dari pencuci wajah, tapi masih lebih rendah daripada serum. Tujuan toner ini adalah sebagai daily routine, di tahap akhir dari cleansing process , yang mempersiapkan kulit kita untuk process selanjutnya.
Selanjutnya, adalah serum. Serum AHA dan BHA biasanya memiliki persentase acid yang lebih tinggi ( ada yang mencapai 8% ) . Tujuan dari konsentrasi yang lebih tinggi ini adalah untuk exfoliating process yang lebih baik. Walaupun demikian, disarankan, untuk tidak menggunakan serum AHA BHA setiap hari. Aku biasanya menggunakan AHA BHA lebih sebagai weekly routine (  seminggu 1 kali sampai 2 kali ) . Penggunaan serum AHA BHA terlalu sering akan mengakibatkan kulit kita over exfoliating.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sehubungan dengan menggunakan AHA/BHA serum , yaitu :

  • digunakan tidak setiap hari, hanya pada malam hari, pada kulit yang kondisinya sedang baik. Baik di sini artinya : tidak habis panas-panasan ( tidak burned / sun exposed ) , tidak sedang kemerahan iritasi / sensitif , tidak sedang ada luka terbuka
  • penggunakan produk AHA /BHA serum tidak digabung dengan produk dokter yang mengandung isotretinoid ( vitacid cream , dll ) , maupun hydroquinone ( melanox , dll ) . 
  • digunakan setelah menggunakan toner, sebelum produk lainnya , untuk menjaga efektifitas serum dalam mengangkat sel kulit mati 
  • pada pagi hari , selalu menggunakan sun block karena kulit baru yang terangkat , membuat kulit kita lebih sensitif terhadap sinar matahari 
  • penting untuk diingat bahwa : persentase AHA/BHA yang tinggi, belum tentu lebih baik untuk kamu. You know best apakah kulit kamu sensitif, highly irritated, ataukah kulit kamu jenis kebal, dll. 
  • So, Selalu start dengan AHA/BHA product dengan konsentrasi yang paling rendah dulu ( mulai dari 2% ) baru menaik, jika kamu rasa kulit kamu adapt dengan produk tsb. 
  • Apabila produk yang kamu gunakan , kamu rasa agak terlalu tinggi konsentrasinya, kalau Adit, biasanya aku gabung dengan hydrating essence untuk menurunkan konsentrasi AHA / BHA yang ada. Misalnya COSRX power liquid 1 puff , COSRX snail essence 2 puff , dicampur di telapak tangan, baru diaplikasikan ke wajah. Trik ini direkomendasikan oleh wishtrend, dan cukup efektif untuk mengakali exfoliating untuk kulit sensitif. 

Purging versus Breakout 


Menggunakan produk AHA BHA mungkin akan menyebabkan purging untuk sebagian besar dari kita yang menggunakannya. Purging di sini artinya : semua kotoran yang ada di dalam pori-pori kita akan terangkat ke atas , sebagai bagian dari cleaning process oleh AHA BHA tsb. Beberapa orang mengalami process purging yang cukup 'berat' , disebabkan oleh banyaknya kotoran di dalam kulit orang tersebut. Sedangkan beberapa orang lainnya, mengalami process purging yang sangat ringan, bahkan ada yang tidak purging sama sekali, karena memang pori-porinya bersih. Untuk kita yang memiliki kulit dengan problem blackhead, whitehead, super oily dan acne prone, biasanya proses purgingnya akan lebih berat daripada mereka-mereka yang kulitnya memang sudah bersih dan hanya memiliki problem dry skin saja, misalnya.
Proses purging ini biasanya memakan waktu sekitar 2 bulan sampai dengan 6 bulan. Kalau kamu ke dokter kulit pun, cara dokter kulit untuk menyembuhkan kulit berjerawat adalah melalui process purging ini. Beberapa dari mereka menggunakan obat minum yang mengandung isotretionin, disamping juga krim-krim yang mengandung AHA/BHA atau tretinoid tersebut. So, kalau kamu pergi ke dokter dan ternyata jerawatmu seakan-akan menjadi lebih parah, kemungkinan bersar kamu sedang mengalami proses purging tersebut.
Nah, sayangnya, beberapa orang menganggap 'menjadi parah'-nya tersebut sebagai 'tidak cocok produk dokter', atau tidak cocok produk AHA/BHA yang mereka gunakan. Mereka stress dengan proses purging tersebut dan memutuskan untuk stop produk dokter atau AHA BHA produk yang mereka gunakan dengan anggapan, : " bukan lebih baik, malah lebih rusak " . Which is , ini tidak benar. Maybe you've heard someone said : "it'll get worse before getting better " ? That's exactly the process. Kecuali, kalau kita kemudian jadi berjerawat di daerah yang sama sekali gak pernah jerawatan sebelumnya . Hal ini di namakan breakout. Breakout biasanya menandakan kalau kita memang gak cocok dengan produk yang sedang digunakan. Itulah yang membedakan antara proses purging dan breakout.

Mana yang Lebih Baik : AHA atau BHA ? 

Walaupun kedua produk ini berguna untuk exfoliating process, ada beberapa hal yang membedakan AHA dan BHA sesuai dengan kebutuhan kulit dan problem yang dihadapi.

AHA lebih baik digunakan untuk kulit yang : kasar , flaky, kering, loss of firmness, sedikit atau tidak berjerawat , dan bukan clogged pores. Hal ini dikarenakan oleh desain awal dari AHA yang memang dia larut air , bukan larut minyak.

BHA lebih baik digunakan untuk orang-orang yang kulitnya clogged pores, banyak blackhead, pori membesar, dengan secondary problem aging. Hal ini dikarenakan sifat dasar BHA yang larut minyak.

So, kamu dapat memilih apakah kamu lebih perlu AHA atau BHA, tergantung dari problem yang kamu hadapi sekarang :) Aku pribadi lebih suka menggunakan produk BHA , karena memang sesuai dengan problem kulit ku :)

Rekomendasi Produk AHA dan BHA 

Jujur, aku bukan tipe yang terlalu suka merekomendasikan produk A, B, C , D ... tanpa aku tahu jenis kulit kamu. :) . Karena, produk yang cocok di kulit ku belum tentu cocok di kulit kamu, apabila jenis kulit kita berbeda. :) Bahkan , untuk jenis kulit yang sama pun, masih mungkin hasilnya berbeda, karena kita gak tau apakah mungkin kamu ada alergi dengan salah satu ingredient pada produk tersebut, atau tidak.

Tapi, kalau aku ditanya produk AHA dan BHA yang aku gunakan, untuk jenis kulit ku yang sensitif, mudah kemerahan, alergic, oily, tends to clogged pores, aku menggunakan :

  • Facial wash : Low Ph Gel by COSRX ( kalau kulitku normal, 2 kali sehari, kalau sedang agak sensitif hanya pagi hari, kalau sedang sangat sensitif , aku stop dulu. aku punya 2 pencuci wajah , satunya lagi adalah Klairs Gentle Foam ) 
  • Scrub : Klairs Black Sugar Scrub ( weekly routine ) 
  • Toner : MIZON AHA/BHA toner atau COSRX AHA/BHA toner , atau SK-II clear lotion . ( kandungan AHA / BHA SK-II paling rendah diantara semuanya. Jadi kalau kulitku lagi agak sensitif, aku mengunakan SK-II ini ) 
  • BHA A Sol by COSRX 
  • BHA Power Liquid ( not use it anymore , karena aku lebih suka dengan BHA A Sol ) 



So, that's all from me . :) Semoga postingan kali ini dapat membantu kamu untuk tahu lebih jauh mengenai apa itu BHA dan AHA , dan bagaimana cara menggunakannya.

165 comments:

  1. Kak, mukaku oily dan acne prone berjerawat di bagian pipi dan bawah dagu, td aku baru iseng2 liat ingredients toner, moisturizing dan facial foam ku, ternyata banyak bahan gabaik, padahal mahal:( sekarang aku pusing banget pilih facial foam, moisturize, dan toner. Kakak bisa saranin? Toner aku bingung pilih vosrx bha powerliquid, bha a sol atau innisfree greentea fresh skin. Oiya kak cosrx low ph gel facial wash bagus buat oily acne prone skin ga kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Alexar, power liquid maupun bha a sol bukan toner :) itu actives . jadi menggunakan 2 produk tersebut maksimal hanya 2-3 hari sekali, malam hari. kalau toner, beberapa orang cocok dengan aha/bha toner , atau kalau kau yang lebih aman untuk kulit sensitif : centella toner atau galactomyces toner aja , kalau km memang rencana mau menggunakan produk yang mengandung actives.

      low ph sih aku cocok untuk kulitku : oily, ada jerawat juga :) tapi low ph mengandung tea tree oil. kulitmu sensitif ga sama tea tree oil ?

      Delete
    2. Ga sensitif kok kak hehehe, oiya kak actives itu apa? Trus bedanya yg centella dan galactomyces toner apa ya kak?

      Delete
    3. actives itu , produk yang mengandung exfoliant xar. :) sepeti AHA / BHA gitu :)

      centella dia lebih untuk accelerate healing, sedangkan galactomyces dia lebih untuk brightening :) tergantung kebutuhannya :) kalau kulitmu kusam, berarti kamu perlu galacto, kalau kulitmu banyak luka bekas jerawat, lebih ke centella

      Delete
  2. Aku lagi program hamil anak ketiga dit, aku baca bahan AHA dan BHA ga boleh ya utk bumil, walopun belum hamil sebaiknya aku jgn pakai dulu ya? Sedih nih ga bisa pakai toner AHA/BHA, BHA power liquid, smp aku ga berani pakai low pH good morning cleanser krn mengandung AHA Atau BHA walau dosis rendah. Padahal pengen bgt pakai cleanser ituh. Menurut kamu klo msh program (belum positif) boleh ga sih pakai produk BHA atau AHA? Dilema hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Reno :) . hmm.. aduh sebaiknya jangan dulu No :) karena kita ga tau side effect apa yang mungkin timbul. memang selama lagi hamil gitu, setahuku kita mesti selektif banget milih produk. sementara ini mungkin kamu bisa subtitute dengan vitamin C serum, tapi yang dosisnya rendah aja . Klairs dia ada vitamin C juice, sama2 exfoliant, tapi lebih aman. Tapi, saranku, konsult dengan dokter mu dulu ya , untuk memastikan vitamin c serum boleh kamu gunakan :)

      Delete
    2. Oh gitu ya... Iya sih jangan ambil risiko, thanx bgt ya, dirimu telah menguatkanku, hidup mmg harus memilih hehehe, rasa ada yg kurang ga pakai exfoliant berhari2. Boleh jg tuh klairs vit C juice, aku catet dulu deh, nanti dikonsultasikan, mudah2an aman, thx a lot dit, suksess terus utk semuanya 😊

      Delete
  3. Kak,all cosrx product suitable ga for teenager? Yaa around 16 gitu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu masih umur 16 ? suitable aja sih, menggunakan produk skincare itu lebih di trigger oleh kebutuhan kulit, bukan oleh umur :)

      Delete
  4. Hi Adit, setelah baca-baca blog ini aku jd tertarik utk coba produk cosrx krn good reviews. Kulitku sensitive, oily, dan banyak blackheads mostly on my cheeks and forehead. My skin is really reactive with any skincare product. Sebelumnya aku coba Cosrx Pimple Pad for 2 months and my skin is getting better.Nah skrg aku lg bingung memilih rangkaian produk cosrx yg bisa aku pakai for my daily skincare routine, and I need your advice😊 Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Husnun :) thanks uda mampir2 :)

      hmm, kalau memang progressnya sudah mulai kelihatan menggunakan cosrx pimple pads, saranku kamu rutinin aja dulu pimple padsnya.

      atau kalau mau nambah e, yang kandungan bha nya minimal to none. misalnya :

      1. pencuci wajah : low ph gel ( hati2 ada tea tree oil , takutnya kamu tipe yang alergi dengan tea tree )
      2. toner : centella
      3. overnight mask : honey
      4. sunblock ( ini wajib. tapi aku ga menyarankan cosrx, karena ada alcoholnya, kamu kulitnya kan sensitif ya :) aku sih pakenya klairs utk sunblock )

      sementara ini aja dulu husnun. nanti kalau progressnya udh makin jelas, nah .. kita coba tambah yang lain :)

      oh iya, tapi coba produknya satu satu ya, jangan skali jadi semua . biar kelihatan, kalau ga cocok, yang mana produk yang ga cocoknya :) beri jeda 2 minggu sampai 1 bulan antara produk satu dengan yang lain

      Delete
    2. Noted ;)
      Dan ini aku udh mulai pake low ph cleanser nya, i hope it'll works well on meπŸ˜„. Oh ya untuk bha power liquid, do you recommend it?
      Satu lg yg pgn aku tanyain nih. Walaupun aku rasa wajahku skrg better than before setelah pemakaian pimple pads karena blackheads udh sgt berkurang, tp kt org2 kulitku kelihatan kusam dan gak fresh. Honestly, I thought it's okay bcs basically my skintone is darker than average jd mungkin mereka mikirnya aku ini "gak putih" atau dekil hehe. Tapi I got greedy dan pengen punya kulit yg glowing (hehe who doesn't), kira2 bisa kasih tips atau recommend produk yg bisa bikin kulitku kelihatan sehat dan fresh? Because your skin looks fresh & glowing. Thank youu :)

      Delete
    3. aminn :) semoga cocok ya :)

      bha power liquid dia kandungan bha nya paling tinggi.. i personally would rather to pick a relatively low bha concentration, karena kalau ketinggian, takutnya malah over exfo atau purgingnya uncontrolled. tapi , aku pernah menggunakan bha power liquid , kurang lebih habis 1 botol. menggunakannya hanya 3 hari sekali. :)

      kembali, bahwa kamu cocok dengan pimple pad, saranku, keep using the pimple pad for now aja dulu :) itu artinya, persentase bha yang ada di dalam pimple pad itu cocok 'kadar'nya dengan kebutuhan kulitmu :) 'slow progress but still progressing'is a good thing anyway :)

      :) makasih :)
      untuk glowing skin, step2 nya :
      1. kita beresin dulu purgingnya, nanti di saat kotoran di dalam porinya sudah lumayan keluar semua, dan purgingnya sudah mulai jauh berkurang, baru next stepnya adalah :
      2. menghilangkan spot2 yang tersisa . di sini , nanti kita akan lebih fokus dengan menghilangkan spot jerawat . kalau aku biasanya, aku gunakan whoo whitening intensive di spot hitam yang agak besar ( bukan spot yang pink ya:) spot yang pink artinya kulitmu belum completely healed ) .
      3. kalau bekas jerawat sudah mulai memudar, untuk buat kulit glowy sebenernya ada beberapa cara : microdermabrasi ( hati2, ada yang beruntusan dengan prosedur ini , kalau bekas diamond nya ga bersih diangkat oleh terapis nya. ) . yang berikutnya menggunakan bb cream untuk kulit sensitif , aku gunakan klairs . so far itu bikin kulit ku glowy :) apalagi kalau sebelum menggunakan klairs tsb, kita menggunakan aloe vera gel . jadi aloe vera gelnya di aplikasikan ke kulit , jangan tunggu sampe kering banget, langsung ditimpa oleh bb cream klairs :) jadi deh :)

      Delete
  5. hi adit seneng bgt nemu blog ini! aku udah comment di salah satu section yg lagi bahas a-sol tapi gatau masuk atau engga trus kucoba repost disini.
    aku udah semingguan pake cosrx pimple pad dan sekarang ada beruntusan di jidat. terus buat jerawat gede yg ada intinya juga belom begitu nampol khasiat si pimple pad ini. apa karena masih baru semingguan aja?
    aku pake sekali sehari aja tiap malem gt dit

    kira2 kalo buat jerawat better pimple pad atau a-sol?

    terus moisturizer sama facial wash yg recommend buat kulit acne prone dan oily banget apa ya?

    thankssss a bunch

    ReplyDelete
  6. Hi dian :)

    kalau ga salah commentmu di A-sol aku sudah balas. tapi aku ingat2 lupa :)
    ngobrol di sini aja ya :)

    hmm, jidatmu memang biasa ada jerawat kah ?
    kalau kita mengacu pada postinganku di atas, menggunakan BHA atau AHA memang sangat mungkin purging dulu Dian. :)
    Yang artinya, daerah di mana kamu memang banyak blackhead, whitehead, sering berjerawat, pasti pada keluar dulu semua isi pori nya :)
    Purging rata2 memakan waktu mulai dari 1 bulan sampai dengan 6 bulan. tergantung dari berapa parah tingkat clogging pada pori2 masing2 orang.

    kecuali kalau memang kamu jadi jerawatnya d idaerah yang gak pernah jerawatan sebelumnya. nah, ini baru indikasi kamu gak cocok dengan produk bha :)

    perbedaan pimple pad dan a-sol adalah pada kandungan propolis dalam a-sol, yang merupakan anti bakterial agent. which is, menguntungkan , untuk jerawat yang inflamed ( errupted,iritasi, bengkak ). Namun, kalau problemnya adalah whitehead atau blackhead, ada atau tidak ada propolis, tidak terlalu memberikan efek yang significant :)

    untuk moisturizer, sebenernya kalau kulitmu sangat oily, better di skip aja. tahapannya sampai essence aja :) karena moisturizer banyaknya mengandung fatty alcohol, yang dapat memicu jerawat untuk kulit oily acne prone. facial wash, aku sih pake 2 : low ph gel nya cosrx ( kalau kulitku sedang gak normal ) , dan klairs gentle foam ( kalau kulitku lagi sensitif dehidrasi ) :) .kedua product ini so far di kulit ku ga memicu acne :) kamu sekarang menggunakan facial wash apa ?

    ReplyDelete
  7. hi dit, jidat biasanya memang suka beruntusan cuma setelah pake pimple pad ini jadi lebih visible gt kayanya tiap ngaca. hopefully ini beneran purging ya :(

    a-sol semacam spot treatment gt ya jadinya? kalo sama centella cream better yg mana nih buat spot treatment? jerawat aku tipe yg meradang dan cepet matengnya gt trus kalo udah gede bgt dan berinti pokoknya nggak bgt deh, jadi perlu rekomendasi spot treatment yg ampuh

    facial wash yg kupake skrg sebamed celar face facial foam. kerasa enak sih nggak bikin ketarik tapi makin kesini kaya engga manimbulkan efek apa2 selain ngebersihun aja. pengen coba low ph good morning tapi dia bikin purging juga ngga ya?

    oiya dit kalo mau cut moisturizer dan pake essence aja kira2 rekomendasi apanih tepat? :)

    thankssss a bunch

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Diani, hmm, so far memang kalau keluar di daerah yang sering jerawatan itu purging. purging memang bikin stress, apalagi kalau ga kelar2 . dulu aku purging 6 bulanan. awalnya kulitku bener2 super berjerawat. sampai ga ada space lagi di muka. bahkan di satu area bisa 5 jerawat numpuk2 .. geli banget. tapi memang kalau mau bersih pori2nya kita mesti melewati fasa purging. jangan sering2 ngaca dulu kalau lagi purging Di , bikin makin stress banget soalnya ..

      hmm.. a sol iya , spot treatment, centella toner lebih ke accelerate healing. jadi beda fungsi. obat jerawat yang aku suka sih sebenernya : Mario Badescu . yang dalemnya pink. tapi kalau jerawatmu tipe meradang, berarti kamu harus ganti pola makan juga Di. rajin makan buah yang mengandung anti oksidant, lalu makan propolis , untuk anti bakterial agent dari dalam, dan kurangin sugar dan karbo. kalau dijelasin di sini agak panjang :) tapi pada intinya, over production sebum itu dipengaruhi oleh sugar dan karbo, bukan lemak dan makanan berminyak seperti yang selama ini kita pikirkan.

      sementara ini facial washnya kalau kamu cocok dengan sebamed, sebamed aja dulu. biar gak ada surprise2 .. soalnya low ph good morning dia mengandung tea tree oil, dan ga semua cocok. beberapa yang gak cocok malah merah2 mukanya . kamu pernah menggunakan produk yang ada tea tree nya ga ? kalau pernah dan aman, mungkin kamu cocok dengan good morning low ph.

      essence, saranku benton snail atau cosrx snail aja dulu. karena snail mucus mengandung EGF , epidermal growth factor, yang mempercepat proses penyembuhan luka.

      ( tapi kalau jerawat mu meradang, itu artinya ada infeksi, so saranku sebenernya, lebih baik di pandu dokter Di. karena mungkin perlu makan antibiotik kulit. )

      Delete
    2. hi dit, seneng bgt selalu fast response :) okay deh dit overall aku paham sama penjelasannya, sama mungkin emg perlu ngatur intake karbo dan gula ya. akhir akhir ini memang lagi agak kurang buah jadi bisa aja berpengaruh ke wajah :(

      kalo tea tree kebetulan belom pernah coba dan takut juga kalo nggak cocok. kalo essence yg mengandung snail mucin gt cocok cocokan juga engga dit?

      Delete
    3. :) hmmm, iya .. nanti aku bikin posting deh khusus mengenai makanan yang harus dihindair oleh kita yang kulitnya acne prone. :)

      hmm, essence snail juga (sayangnya) cocok2an. Walaupun, kalau aku lihat di ingredient list, baik benton maupun cosrx , tidak mengandung kandungan yang harmful / acne trigger , tapi ada beberapa orang yang kulitnya alergi terhadap snail mucus itu sendiri. dan ini sifatnya individual Di. Kamu sendiri tipe kulit yang gampang alergi ga ? kalau kulitmu gak pernah ada riwayat alergi, seharusnya lebih aman, daripada yang kulitnya gampang alergi :)

      Delete
  8. Hi, kak Adit!
    Aku butuh pencerahan nih kak(?)
    Pencerahan seputar pengetahuan kak Adit akan skincare, which is masih sangat awam buat aku..

    Jdi, sebelumnya aku ga pernah jerawatan banyak banget, gede2 pula, sampai setahun atau dua tahun yang lalu aku pindah ke Jakarta.. Entah karena faktor air disini yg kurang cocok atau emang karena masalah hormonku..

    Ga lama setelah itu, sekitar setahun yang lalu, mama pun ajak aku ke e*ha.. Awal pakeny, aku yang ga tau apa-apa, terasa seperti kulitku jadi kering banget, keriput2 gtu, sering mengelupas bahkan sampai sekarang, kalau keluar rumah mukaku udh kyk kepiting rebus(?) aku pernah nanya kenapa bs merah2 gtu dan dijawabnya emg begitu reaksi obatnya dan ktanya di dalam obatnya udh mengandung sunscreen(?)

    Aku dikasih resep ada facial washnya yang mengandung scrub, salicylic, dan SLS, aku jadi kyk mikir2 mau pakeny karena aku sempat baca katanya SLS itu membuat kulit kita exfoliating terus jadinya kulit kita akan terlihat kering, ada toner yang kyknya mengandung alcohol, trus juga dikasih moisturizer, yang sepertinya oil free karena warnanya bening, setelah itu ada acne foundation yang aku ga tau itu sunscreen atau apa, bau yang kata orang2 bau sulfur atau berelang menyengat banget apalagi kalo udh paling tinggi levelnya. Dari obat itu semua, aku udh sering ganti-ganti levelnya, dari rendah sampai tinggi, kdg cocok kdg nggak, dan aku masih pake obat2nya sampai sekarang.

    Walaupun muka ku udh mendingan banget, tinggal blackhead, jerawat2 kecil, dan bekas2ny, aku semakin khawatir dengan muka ku seiring dgn aku sering baca2 di google klo obatnya bikin ketergantungan, ada yang udh make lama tpi bekas2nya masih ada aja. Sampai aku belakangan ini sering browsing, nonton2 video youtubers, dan akhirnya aku temu Korean skincare routine yang ribet banget step2nya, hehe tpi ada sisi baiknya yaitu Korean products yang lebih menggunakan bahan-bahan yang ringan, juga aku yakin klo rajin pasti ada hasilnya(?)

    Di samping itu, alasan aku pengen berhenti dan coba Korean skincare itu karena aku ga tau aku harus sampai berapa lama pakai obat dokter yang menurut aku keras banget seperti di exfoliating tiap hari yang pastinya ga baik kalau over exfoliating, trus sulfur yang ga baik kalo digunakan dalam jangka waktu lama, juga kandungan alcohol di tonernya.. Selain itu aku juga sering di suruh treatment, seperti blue light yang katanya aman dan emang aman2 aja kak, trus aku udh sekali facial dan disuruh sering-sering facial, rasanya sakit komedonya kyk dipaksa keluar dan ternyata ada menimbulkan beberapa lubang-lubang gtu :(( trus kak, biaya tebusan konsul, obat, dan treatmentnya pricey bgt, bikin dompet nangis, aku udh habisin kira2 6jt setahun ini pake uang jajanku TT

    Jdi kak aku mau tanya beberapa hal dan semoga kak adit bisa bantu jelasin ke aku.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berapa kali yang tepat buat kita cleansing dalam sehari, apakah bangun tidur kemudian double cleansing, kemudian pada saat sore setelah pulang dengan berkeringat peluh dari sekolah juga double cleanse, dan sebelum tidur juga harus menjaga kebersihan dengan double cleanse?? Aku juga sempat nonton video Eunice dri wishtrend channel kak, mengenai pas kita cleansing apakah perlu untuk membasahkan muka dengan lukewarm water sebelum mencucinya dengan facial wash, dan kemudian dibasuh dengan air biasa?? Gmn cleansing routine yg benar kak? :”D Trus kak penggunaan skincare product digunakan pas AM sebelum beraktivitas, trus apakah kita juga mengapply skincare setelah cleansing sore hari atau hanya dilakukan lagi pada malam hari sebelum tidur? Kalau kita akan beraktivitas pada sore hingga malam di luar, apakah hrus mengaplikasikan skincare product sebanyak yang kita lakukan seperti pada AM?

      Soal kondisi kulitku skarang yang tipis dan sensitif seperti terkelupas setiap harinya yang kadang bikin perih dan gatel, masih berjerawat kdg bernanah tpi akhir2 ini lagi byk bruntusan kecil2 merah-merah gitu, selain itu bekas jerawat yang klo aku pke obat dokter sering keliatan merah2 dan jelas banget. Menurut kak adit, bgusan pke AHA atau BHA, karna kulit aku juga byk blackhead muncul bhkan setelah facial jg muncul lgi, pori2 juga lagi gede2nya.. Kalau misalnya aku pakai Low pH good morning gel cleanser dri cosrx yg mengandung sdikit BHA, cosrx one step pimple clear pad yg juga mengandung bha, dan galatomyces essence, boleh ga aku selingi chemical exfoliation beberapa kali seminggu dengan menggunakan antara AHA atau BHA liquid? Kira-kira akan over exfoliating ga kak? Atau aku hentiin pke one step pimple clear pad klo pas lgi pke AHA/BHA? Bagaimana kalau penggunaan vit C dan niacinamide yang katanya tidak boleh dipakai bersamaan dengan BHA, kalau aku pake bareng cleanser cosrx boleh ga >,< , trus seberapa sering disarankan pemakaiannya.

      Trus kak, kalau dgn kondisi mukaku skrg, step penyembuhannya lebih baik dimulai dan difokuskan darimana dulu y.. Recommend product yang bgus dan sesuai kantong dong kak, hehe

      Setelah baca advice kak adit di atas tentang moisturizer, kira2 aku lebih baik pakai moisturizer atau ga y kak? Soalnya kulit aku oily bgt, yang katanya pke produk oil free malah bikin tambah oily, oilynya sampe kalau aku pake blotting paper, kertasnya full minyak.. kalo pke moisturizer yang harus aku pilih, yang punya banyak benefits atau yang hanya sekedar moisturing karna aku udh pke essense2 yang dpt membantu?

      Tambahan satu lgi kak, mengenai bagaimana kita bisa membedakan kalau suatu produk itu cocok buat kita seperti apa looksnya kalau cocok dan seperti apa kalau ga, apakah menimbulkan breakout ato ada ciri-ciri lain? Bagaimana dengan purging?

      Sebelum mengganti produk baru perlu proses menetralkan wajah ga kak? Dilepas satu-satu dulu atau dilepas semuanya langsung kak obat dokter aku ini, hehe

      Sori banget kak byk pertanyaan yang aku tanyain, soalnya aku nemu blog kak adit which is quite helpful dan aku ga tau mau nanya ke siapa tentang masalah kulitku ini yang udh setahun ini ga sembuh2, seakan2 kulit aku yang paling bermasalah di sekolah, tmen2 aku keluarga aku jrg banget jerawatan, sekali jerawatan langsung sembuh ga berlarut2, kalau aku dengan skin tone yang lumayan cerah jadi keliatan banget jerawatan2nya. Trus ditambah lgi kak adit yang sering bales komenan org2, jdi aku berharap kak adit bisa bantu kasih aku advice karna aku ga mau jerawatan selamanya(?) :((

      Oh y kak, kalau kurang tidur, konsumsi telur, gorengan, kacang-kacangan, dan nasi putih bikin tambah jerawatan secara spesifik ga? Thanks y kak adit udh baca curhatan dari kulitku(?), di balas lama jg gpp kak yg penting smoga jgn lupa di balas :”D

      Btw, aku bru umur 16 kak..

      Delete
    2. hi Angie :)
      Thanks ud mampir2 ke blog ku :)

      memang, pindah tempat tinggal mungkin juga bisa memicu jerawat. beberapa teori sehubungan dengan itu misalnya : kamu gak cocok dengan polusi udaranya, kamu gak cocok dengan air nya, kamu mungkin juga ga cocok dengan temperature / humidity nya. karena memang temperature berpengaruh terhadap sekresi sebum, sedangkan polusi udara dan kebersihan air berpengaruh terhadap kebersihan kulit secara langsung maupun tidak langsung :)

      aku termasuk yang beruntung, pindah dari bandung ke jakarta malah kulitku jadi bersih :)

      setahuku memang produk E*ha memiliki karakteristik 'mengelupas'. karena mamaku dulu pake itu. Aku juga dulu waktu di bandung pake itu. Salicylic acid : itu adalah nama lain dari BHA ( beta hydroxy acid ) , ingredient yang juga digunakan di dalam banyak produk korea untuk mengatasi komedo, dan jerawat. Namun, persentasenya yang kelihatannya berbeda. Produk korea tidak menyebabkan pengelupasan parah karena sebagai produk yang beredar bebas di pasar, mereka tidak mengantung BHA yang terlalu tinggi konsentrasinya. SEdangkan E*ha mungkin agak tinggi, karena produk2 mereka dalam pengawasan dokter.

      Kenapa memerah / pinky, karena waktu kulit paling atas dikelupaskan, kulit yang muncul keatas adalah kulit yang baru, yang sehat namun masih sensitif. Jadi kamu harus menggunakan sunblock.

      biasanya E*rha memberi beberapa item :
      1. pencuci wajah
      2. toner
      3. cream malam / siang ( yang malam ada persentase2 nya ? )
      4. sunscreen
      5. obat jerawat topikal ( khusus dijerawatnya )
      6. ada obat minumnya juga kalau ga salah 2 macam, yang pertama hanya di awal2 pemakaian, yang kedua lebih lama disuru makannya .

      nah, untuk toner, mungkin kamu dapat check ingredient listnya, ada tulisannya : ethanol, atau alcohol / alcoholo denat ga ? atau kamu cium baunya, kalau ada agak menyengat kayak alcohol , berarti dia mengandung alcohol.

      untuk cream, sebenernya kita gak bisa bilang dia mengandung oil / tidak hanya dari warnanya bening atau tidak. tapi, seharusnya, logikanya, kalau cream itu dibuat untuk kulit berjerawat, seharusnya oil free :)

      komentarku mengenai krim dokter apakah ketergantungan atau tidak :

      seperti hal nya kita makan, memberi nutrisi untuk badan, di saat kita kemudian stop makan, tubuh kita akan memberi respons negatif seperti : lemas, lemot, gak bertenaga, drop daya tahan tubuh, dll . karena, nutrisi lah yang kemudian membuat tubuh kita dapat berfungsi seperti semestinya.
      Begitu pula kulit, saat kulit kita yang biasanya kita berikan nutrisi lewat krim / lotion / essence, kemudian kita stop. Karena supply nutrisi yang dibutuhkan kulit kemudian hilang, kulit kita jadi kurang nutrisi. akhirnya, masalah2 kulit menjadi timbul kembali. :) termasuk : aging, jerawat , dll.

      So, bukan krim dokter menyebabkan ketergantungan, tapi karena kita stop memberikan nutrisi ke kulit kita, di saat kita stop menggunakan krim tsb.

      namun demikian, dulu pun aku menggunakan krim dokter, tapi aku kemudian stop menggunakannya, karena : aku gak tau apa aja ingredient di dalam krim dokter tersebut, oleh karena itu aku gak 'secure'. Mungkin produk dokter mengandung ingredient yang 'biasa' , yang gak harmful, mungkin juga tidak , kita gak tau. Sedangkan produk yang beredar di market, telah melewati banyak proses audit, sehingga aku merasa lebih 'secure' aja :)

      Delete
    3. nah, yang aku gak setuju adalah mencetin komedo nya itu Angie. Karena menurutku, seharusnya komedo itu keluar sendiri . Di samping juga kita ganti life style sehingga komedo kita lebih jarang terbentuk : kurangi sugar, no coffee, kurangi karbo, dll ..

      Tapi memang juga umur kamu masih 16 tahun, so , most likely, faktor pencetus komedo / jerawat bukan serta merta karena pindah kota, melainkan karena aktifitas hormon kamu yang memang sedang aktif2 nya, paling tidak sampai 4 tahun ke depan. Komedo yang dipaksakan dipencet2, mungkin akan membuat scar. So, kalau kamu datang treatment, kamu bilang ke mbak nya : mbak , yang belum mau keluar jangan dipencetin. gitu :)

      Lelu mengenai double cleanse : aku sih double cleanse pagi malam. apakah kamu akan luke warm water dulu, atau tidak , yang pasti, kamu gak boleh langsung siram wajah di saat kulit kita masih panas / masih berkeringat. setelah double cleanse, siram dengan air dingin, untuk menutup pori2 kembali.

      kalau dari deskripsi kamu, saat ini kelihatannya kulit kamu sedang sensitif . saranku :

      1. kalau kamu mau, datang ke dokter E*ha, tanya : kenapa kulit saya mengelupas terus. most likely, dokternya akan mengurangi frekuensi penggunakan cream malamnya. jadi 2 hari sekali misalnya.

      2. setelah itu, kamu beli produk aloe vera gel , dan kamu gunakan setiap saat kamu sedang di rumah, pada saat kamu sedang tidak menggunakan produk apapun. Tujuan aloe vera ini, untuk soothing kulit mu yang sensitif.

      3. apabila ternyata toner mu mengandung alcohol, coba tanya ke dokternya, ata toner yang gak mengandung alcohol ga

      4. aku memang tidak menyarankan kamu untuk strickly stop produk dokter tersebut. karena, it's actually your call to do it :) . if you want to stop the doctor med, then , you need to know that there might be some consequences related to what you decide. :) sebaiknya, tetap datang ke dokter , dan konsultasikan apa keluhan kamu sehubungan dengan reaksi dari produk yang dia rekomendasikan. biasanya, ada 'alternative product'.

      5. kalau kamu ingin menggunakan produk yang dijual bebas di luar, tanpa kamu tau apa saja penyebab jerawat dan komedo di kulitmu, most likely, kamu akan kembali berjerawat. contoh, kamu harus tau apakah : sugar, karbo, dairy products, nuts, gluten products, dan coffee menyebabkan jerawat kamu ? lalu bagaimana dengan stress , karena stress menyebabkan naiknya stress hormon yang kemudian meningkatkan produksi sebum, lalu bagaimana dengan hormon, karena kamu sedang ada di peak hormone activity saat ini. JAdi, walaupun kamu sudah menghindari semua makanan dan aktifitas yang mungkin membuat jerawat, tetap , apabila faktor hormon penyebabnya, jerawat akan muncul kembali.

      pertanyaan kamu seputar aha/bha mana yang lebih baik, atau, beda purging dan breakout , ada di postingan aku di atas ya Angie :)

      jadi , singkatnya : aku sebenernya gak rekomen kamu stop produk dokter sekali jadi, langsung ganti ke korean skin care, karena meemang kelihatan nya faktor jerawatnya lebih ke hormonal mengingat usia kamu yang baru 16 tahun. So, sebaiknya, datanng ke dokkter kulitmu, konsultasikan keluhanmu. Nanti dokter mungkin akan mengganti beberapa produk dengann produk yang lebih 'santai'. Saranku, coba kamu dattang ke E*ha yang cabang kemanggisan. aaku lupa dokternya nammanya siapa, cuma yang di kemanggisan itu, dia dokkter senior. beberapa temenku yang jerawatan parah, sama dokter tersebut membaik banget kondisi kulitnya :)




      Delete
    4. kondisi kulit berjerawat karena faaktor hormonal, sebaiknya dipandu oleh dokter :) . karena sifatnya kompleks. mungkin nanti kamu akan diguide ke dokter gizi untuk membantu kamu perihal makan2an apa yang harus kamu makan untuk menjaga hormonmu tetap balanced.

      oh iya, terakhir : beli produk non dokter itu juga bisa bikin kantongmu stress banget . kadang2 bahkan bisa 2-3 juga per bulan loh. :) jadi, pikirkan baik2 sebelum mengambil keputusan ya :)

      semoga membantu :)

      Delete
    5. This comment has been removed by the author.

      Delete
    6. Hi kak! Makasih buat repliesnya yang ga diduga secepat ini dibalas :"D

      Aku konsul di e*ha kemanggisan jg kak, hehe dengan dokter d*an. yang katanya byk yg cocok konsul ke dia..
      Selama ini, aku cuma di kasih routine pagi, siang, malam dengan obat2 yg sama dari facial wash, kemudian lanjut toner, moisturizer, acne foundation, bru ke obat totolny kak. Aku ga dikasih sunscreen, karna aku sempat nanya ke resepsionisnya itu..

      Dan barusan aku searching kak tentang kandungan tonernya, di botolnya sih cuma ada tulisan AT 0.5 kak, hasil searching ktanya itu artinya kandungan alkoholnya 0.5 dan itu kandungan yang paling rendah, semakin tinggi berarti kondisi muka kita lebih parah. Aku pernah pake yang AT 1, tapi perih banget dan disuruh berhenti sama dokternya, hehe

      Tpi kak aku merasa ga secure make produknya terus menerus, emang sih aku merasakan perubahan pesat setelah makenya. Tpi, aku merasa ga nyaman, kulit aku jdi aneh gitu kak, sperti ada banyak pores mukaku jdi kyk bintik2 gitu, trus kusam mungkin karena kulitnya yang akan mengelupas, kering banget kyk dehydrated jdinya mukaku keriput2 kyk nenek2 gtu kalau senyum(?), yang terakhir aku merasa kalau mukaku jdi tumbuh rambut2 gitu dikit sih tpi ini mungkin karena byk pores atau cuma perasaanku aja, huhu

      Trus kandungannya itu kak, ada SLS dan sulfur yang katanya pke terus menerus ga baik.. oh y kak, maksud double cleanse pas malam hari itu sebelum tidurkah sebelum lanjut pmakaian products lain? Aku kurang ngerti, hehe maksud aku, apakah setelah beraktivitas pas sore hari kita cleansing kmudian pke products, hbis itu pas udh mau tidur cleansing lgi dan pke products lgi??

      6jt setahun ini udh nguras banget buat aku kak TT, mahalnya di blakangan ini sih, aku disuruh blue light sma facial yang hrganya untuk blue light 200k skali dan facial 400an, aku di suruh sering2 ama dokternya ikut treatment.. Emg aku lihat ada perubahan signifikan kak sejak aku mulai treatment blue light, jerawat aku jdi kyk di prevent keluar yang ada cuma jerawat kecil2.. Buat obatnya, bisa abis dalam sebulan dan itu totalnya bisa kira2 300-500k, belum konsulnya kak 200k..

      Advice kakak membantu banget, tpi aku jdi dilema(?)
      Sehubungan obat aku udh mau habis pakainya, dan aku bingung mau lanjut atau ganti kak..

      Oh y kak, aku sempat email dokternya nanya henti obatnya gimana, dan dibalas untuk disarankan kalau mau berhenti, berhenti semua at once, ktanya kalau dicampur produk lain bisa jdi ga stabil efeknya..

      Oh y kak, aku kemarin2 sempat ke toko2 skincare, dan aku minta rekomendasi moisturizer dan aku di rekomendasiin sama banyak toko emulsion, dimana aku awalnya kira mouisturizer itu berbentuk cream??

      Sori aku ribet kak btw.. :((
      Thanks kak >,<

      Delete
    7. hi :)
      hmm, aku ga nangkep , hubungan kadar alkohol dengan tingkat keparahan jerawat. karena, alkohol itu biasanya hanya sebagai pelarut, yang juga berfungsi untuk mempercepat penguapan produk, jadi produknya cepet terserap :)

      kalau di pipi mu jadi banyak bulu, kemungkinan, salepmu ada cortico nya.

      kamu ke erha total sudah 1 taun ?

      saranku, kamu datang ke dokternya lagi dulu :)
      konsultasikan :
      1. kulit kering, dehydrated
      2. mengelupas terus menerus
      3. mudah memerah
      4. beruntusan
      5. timbul bulu2 halus di pipi
      6. jerawat kecil2

      6 itu kan ya yang jadi concern kamu ?
      sebaiknya apa yang harus kamu lakukan. gitu dulu Angie .
      jangan langsung coba2 produk luar. karena, kalau feeling aku bener, penyebab utamanya hormon kamu yang masi umur 16

      Delete
    8. Hi kak, makasih lgi :))
      ini ada sourcenya tentang tonernya kak http://biovionio.blogspot.co.id/2015/02/erha-clinic.html

      Aku udah pake e*rha dari Maret tahun lalu, jdi udh setahun lebih kak, hehe

      Aku kiranya tumbuh bulu itu karena pori kita besar? Jdi bukan karena pori kita yang membesar kak? hehe

      Iya, kurang lebih itu keluhanku..
      Ok kak, aku coba konsul dulu deh ke dokternya kak..

      Oh y kak, kalo untuk kurangin makanan carbo, tpi aku tiap hrinya dimasakin nasi putih.. Bisa pilih alternatif apa ya? Beras gandum/cokelat, beras merah, atau beras hitam gitu? yang kadar karbonya lbih sdikit dari nasi putih..

      Oh y kak, aku mau tanya dong SLS sama sulfur bahaya ga kalau dipake dlm jangka waktu yang lama.. Bkn bahaya sih, lebih ke baik ga buat kulit?

      Delete
    9. hi Angie, tumbuh bulu biasanya most likely karena kandungan creamnya ada cortico . memang cortico itu sifatnya anti iritasi, tapi tidak untuk digunakan continuously.

      hmm, untuk beras, aku tiap hari makan beras merah :)
      dan aku kurangi gula , apakah itu minuman manis, atau yang lainnya :)

      SLS aku gak tll familiar, tapi kalau sulfur seharusnya tidak. paling kulit kita agak kering aja :)

      Delete
    10. This comment has been removed by the author.

      Delete
    11. oke kak, thanks, helpful bgt, huhu
      Untuk beras merah, kalo dimakan dalam jangka waktu yang lama bgus ga kak.. Aku bingung source mana yang lebih akurat, ada yang bilang ga bagus ada yang bilang bagus, hehe

      Klo udh setahun pke obat dri dokter tpi msih begini2 aja, normal ga sih kak.. Biasa yang perawatan ke dokter, berapa lama sembuh totalny..

      Oh y kak, aku berpikiran buat henti nih..
      Bukannya aku ga pikirin baik2 kak, hehe tpi aku kyk ragu buat lanjut pkainya.. Melihat saat aku ngaca kemarin, aku takut bulunya mkin tumbuh banyak klo aku masih lanjut pake which mungkin resepnya tetep sama itu2 aja TT

      Klo menurut kak Adit?? Bsok aku konsul kak klo jdi..

      ty again kak :))

      Delete
    12. hi Angie, beras merah bagus banget. bahkan untuk diet, untuk jaga bentuk badan, untuk otak, karena natural vitamin b rich.

      nah itu dia, kamu harus tau penyebab jerawatmu apa. mau pake apapun, kalau kamu gak tau penyebab jerawatmu, dan gak menghindari penyebab tersebut, nanti sifatnya hanya mengobati secara temporary, tapi nanti muncul lagi muncul lagi.

      coba kamu tanya ke dokter : dok, ini di pipiku tumbuh bulu, krimnya ada cortico ga sih ? gitu

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  11. Halo Kak Adit, salam kenal. Aku suka banget baca blog kakak. Tiap kali mau liat review produk, yang paling pertama mesti ke blog groomitlikeadit.com πŸ˜…

    Aku mo nanya dong kak. Skrg kan aku lg pake retin-a, krn lagi bruntusan parahhh akibat keseringan pake foundation, bruntusannya di pipi dan di jidat. Kalo dipegang tuh rasanya kasar :( apalagi klo pke bedak, kelihatan bgt ada yg 'menonjol' gt, ga bagus bgt deh pokoknya. Makanya aku mutusin pake retin-a ini, trus krn aku liat dri temen aku dia jg bru 'selesai' menggunakan retin-a, dan jerawat2nya ilangg mukanya jadi mulus. Aku pakenya malem aja setelah cleansing, dan ga pake apa2 lg, cuma retin-a thok.
    Paginya setelah cleansing aku pke :
    - cosrx one step pimple clear pad
    - hadalabo gokujyun ultimate moisturizing light lotion
    - cosrx advanced snail 96 mucin power essence
    - cosrx oil free ultra moisturizing lotion
    - sunblock

    Tapi, aku ngerasa bagian pipi aku (pas di bawah mata) kering bgt dan di sekitar dagu terkelupas, krn pengaruh retin-a itu tadi. So, aku lg stop pake cosrx one step pimple pad, krn takut over exfo. Nah, yg mau aku tanyain, aku lg punya vit c nya klairs, pernah pake tp karena muncul jerawat terus jd aku stop. Skrg pengen dipake lg klairsnya, buat ngilangin bekas jerawat. Soalnya lagi buanyakkk buangetttttt bekas jerawat aku 😭😭😭 dan takut dia oksidasi. Menurut kk gimana? Kira2 msh bisa ga aku tambahin vit c?

    Ket:
    - kulit aku kombinasi, oily to acne prone
    - aku slalu double cleansing
    - aku pake skincare korea baru sebulanan lebih hmpir 2 bulan, so far aku ngerasa cocok, kecuali si vit c klairs itu, wktu aku pake tiap hari muncul jerewi
    - sebelumnya aku pake skincare dari he*tutu, oleh apoteker gitu, skrg yg masih aku pke produknya cuman facial wash sama sunblock.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) wahhh .. makasih sudah sering mampir2 ke blog aku :)

      mengenai retin-a, memang proses pengelupasan dan proses purgingnya akan lebih ekstrim daripada AHA dan BHA :) tapi nanti hasilnya juga lebih cepat terlihat . Dokter-dokter kulit seperti dokter kun juga krimnya sejenis retin-a ( retinoid cream ) .

      Yang kamu lakukan sudah benar, selama menggunakan retin-A, sebaiknya tidak menggunakan exfoliating agent lain, hanya pembersih wajah super gentle ( kalau kamu baca di blog2 luar, mereka yang menggunakan retin A hanya menggunakan sabun Cetaphyl saja ), lotion dan sunblock. Lotionnya juga harus diperhatikan gak boleh mengandung AHA/BHA sama sekali. :) Termasuk didalamnya, adalah Vitamin C serum, karena vit C serum memiliki cara kerja yang sama dengan ketiga jenis exfo tsb. :)

      KAlau kamu rutinin dengan retin A nanti juga bekasnya hilang koq :) kan dia mengangkat sel kulit mati ,jadi spot nya nanti lama lama memudar :)

      So, saranku, sementara ini, daripada oksidasi, coba aja simpan vitamin C nya di kulkas. :) ( atau dijual ke temen kamu yang lain , :) ) yang pasti, selama menggunakan retin A, jangan diintervensi dengan produk AHA/BHA atau vitamin C dulu ya :)

      yang facial washnya dari apoteker itu, kamu tau isinya apa ? yakin ga ada aha nya ga ? karena facial wash biasanya ada AHA nya . :) bahkan di ponds aja ada AHA nya :)

      Delete
    2. Oooh gitu kak. Aku pake cetaphil sih, tapi sebagai first cleanser. Nah itu dia kak, aku ga tau kandungan dari facial wash apoteker itu, jadi aku baru mau order facial washnya neogen yg green tea. Klo aku pake cetaphil sbg first and second cleanser aman ga kak?

      Delete
    3. aku belum pernah pake neogen, hanya saja, kalau aku cek di ingredient list nya, neogen ini mengandung artificial fragrance, yang harusnya kita hindari kalau kita sedang menggunakan Retin-A. :)

      cetaphil memang banyak direkomendasikan oleh dokter kulit yang sedang dalam regime isotret , roaccutane atau retin-A . :)

      Delete
    4. Baiklah kak. Aku pake cetaphil saja untuk sekarang inj :")

      Oh iya kak, klo aku tambahin laderma (tau ga kak? Yg buat ngilangjn bekas lyka, herawat, dll), aman ga? Soalnya aku lg purging nih. Jerewi lg keluar semuaaa 😭😭😭 dan bekasnya aku ga nahan huhuhu. Aku mau pake laderma buat ngilangin itu. Setelah aku baca2 reviewnya, ktanya bagus buat ngilangin bekas luka. Aman ga ya kak klo dipake barengan sama retin-a?

      Delete
    5. La derma aku ga pernah pake Ka :) ga terlalu familiar juga ..
      saranku jangan dicampur2 kalau pake Retin - A , kalau ternyata gak cocok bikin scar lowh :)

      Delete
    6. Oooh gitu 😭😭😭 tapi wajar kan kalo purging gini? Aku ga sanggup luatnya, herawat meradang bgt dmuka aku, satu belum ilang udah muncul yg baru, huhuhu. Munculnya ditmpat2 itu ajaaa jd makin keliatan merah2 dan bekas2nya 😭😭😭

      Delete
  12. hai kak adit!
    kak aku dulunya pernah pake obat dokter gtu. trus kok lama2 setelah pake obat dokter, kulit aku jd lebih sensitif gtu kak. jd gampang merah2, mudah jerawatan, kulit muka aku jd keliatan kaya ada urat2nya gtu apa kulitku menipis? ._.
    karena aku liat2 obat dokternya mungkin terlalu keras buat aku. jd aku berhenti pake obat dokter. awal berenti emang kerasa bgt gatel2 nya begitu aku lepas obat dokternya. tp aku coba2 pake skincare biasa aja.
    sekarang aku pake:
    - COSRX Low pH Cleanser (agak kering buat aku)
    - Secret Key Starting Treatment Essence
    - Benton Snail Bee High Content Essence
    - Benton Aloe Propolis Shooting Gel
    kondisi kulit aku awalnya combination-oily-acne prone kak. tp setelah lepas obat dokter kulit aku jd combination-cenderung kering terutama di bagaian pipi-acne prone dan sensitive. tp aku ga tau bgt sih kak apa kulit aku dehidrasi atau kering hehe cuma rasanya ga enak bgt aja.
    menurut kak adit produk yg aku pake uda bener blm urutannya?
    oh ya kak, ada rekomendasi moisturizer buat kondisi kulit kaya aku ga? soalnya semenjak kulit aku jd kering (atau mungkin dehidrasi), aku nyoba cream moisturizer tp muka aku malah breakout kaya iritasi merah2 dan keluar jerawat kecil2 gtu. terus sampe sekarang kulit muka aku khususnya dibagian pinggir hidung dan pipi jd kerasa kaya ketarik gtu, padahal aku ga habis cuci muka kak.
    kak adit tolong kasi rekomendasi skincare yg bsa bantuin kulit aku lebih calm ya?
    makasi banyak kak :)
    sukses terus buat blognya kaaaaaak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Bilqis, :)

      hmm, kulit kamu sensitif, gampang merah, kelihatan tipis, kayak ada urat2nya, berarti krim doktermu (kelihatannya) mengandung cortico steroid. yang, kalau dipakai terus menerus, memiliki side efect seperti penipisan, dan juga salah satunya : ada beberapa yang pipinya jadi ada rambut2 halusnya.

      yang kamu gunakan sudah benar urutannya, cuma saranku, sebelum FTE, sebaiknya ada toner dulu, untuk mengangkat sisa kotoran di wajah yang mungkin gak terangkat oleh sabun wajah. dan , kalau siang hari selalu gunakan sunblock :)

      kamu cocok dengan SK-STE? di aku soalnya gak terlalu ngasi efek yang significant, aku lebih suka dengan Missha FTE.

      untuk kulit acne prone, jangan gunakan cream Bilqis, karena mengandung fatty alcohol, seringnya, fatty alcohol itu biki jerawatan di wajah :)

      untuk lebih calm, sebenernya yang kamu gunakan sudah benar, snail dan aloe vera. tapi memang proses. kalau kamu mau, malam harinya, coba tambahkan dengan honey overnight mask. coba aja beli yang sample size. jadi setelah aloe gel, kamu apply honey overnight nya agak tebal. kalau aku, biasanya honey overnight atau aloe gel suka aku simpan di kulkas, jadi pas aku gunakan ke wajah ada sensasi dinginnya :) itu ngebantu banget kalau kulitku lagi kemerahan dan sensitif.

      Delete
    2. iya kak bener bgt kayanya dikasi cortico steroid deh soalnya jg ada rambut halusnya gtu. untung aja aku uda berenti pake itu.
      kira2 buat ngatasi efek dr pemakaian cortico steroid, bsa pake apa ya kak?
      kalo kak adit pake toner apa kak? ada rekomendasi buat kondisi kulit kaya aku?
      kalo SK-STE aku sebenernya baru make sih kak, jd blm terlalu liat efeknya gmn di aku. Missha FTE bagus ga kak? efeknya gmn di kak adit?
      aku rencana nya emang mau beli honey overnight jg kak, jd tambah yakin mau beli abis di rekomendasiin sama kak adit hehe
      oh ya kak, kalo menurut kak adit buat komedo gtu lebih bagus BHA Power Liquid atau BHA A Sol?
      maaf bgt nih kak sebelumnya banyak pertanyaan hehe
      makasiiiiiiih kak :)

      Delete
    3. kalau efek cortico agak lama .. paling bener, kita stop .. nanti lama lama recover koq kulitnya :) jangan dipakein produk yang keras dulu sementara ini, termasuk diantaranya : yang high AHA /BHA atau vit C sih sebaiknya :) paling enggak 2 bulan dulu , biar recover kulitnya dari cortico :)

      hmm, missha diantara semua dupe SK-II menurut ku paling bagus, tapi yang missha generasi 2 : FTE intensive :)
      bikin glow, hydrated, dan terlihat sehat :)

      untuk komedo, memang kamu perlu bha, tapi karena kamu habis menggunakan cortico, saranku, jangan dulu :) nanti aja 2 bulanan lagi. dan, karena kamu habis cortico, sebaiknya jangan bha a sol, karena ada alcoholnya. bha a sol kalau kamu mau pake, untuk jerawat aktif yang merah merah. :) di titik kan di puncak jerawatnya :)

      Delete
  13. Hi Kak Adit! thank you so much, penjelasannya bener2 mencerahkan :)
    Mau cerita nih kak, jadi udah dari lama aku consider untuk pake exfoliating agent buat bantu minimalisir komedo dan jerawat hormonal, tapi bingung pakai apa. Akhirnya aku mutusin buat pake benton aloe bha toner, karna selama ini aku pake snail essence dan steam cream nya cocok. Tp ternyata stlh sekitar 3 minggu pake toner itu, aku notice tumbuh jerawat kecil2 di sekitar pipi dan diantara alis padahal biasanya ga pernah ada jerawat disitu. Itu breakout kan ya berarti? :(

    Nah gara2 pengalaman ini aku jadi takut pake produk yg mengandung BHA nya. Yg mau aku tanyain, mungkin ka adit lebih tau bnyk ttg kandungan di produknya, apakah si breakout ini gara2 BHA atau bahan lain di tonernya ya? Kalau bukan karna BHA aku rencananya bakal pindah ke cosrx yg mungkin lebih aman. Terus 1 lagi, kalo aha/bha toner sama one step pimple clear pad,lebih efektif mana ya?
    and btw, kulitku cenderung oily, acne prone, dan agak sensitif.

    Thanks a lottt kak adiit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fitri ..
      beberapa orang menggunakan bha toner benton mereka purging dulu.
      ketauannya itu breakout atau bukan adalah : coba kamu stop 2-3 minggu kalau menghilang, berarti breakout. :)

      antara bha/aha toner dan pimple clear pad ? beda fungsi. kalau toner , hanya untuk mengangkat sisa kotoran yang gak keangkat oleh pencuci wajah. clear pad, konsentrasi bha nya lebih tinggi .. tapi pasti akan ada purging dulu.

      so saranku, sebelum beli produk lain, coba aja stop dulu aloe tonernya.. siapa tau karena gak cocok produk aja :)

      Delete
    2. ooh gitu ya.. jadi dicoba stop aja dulu kali ya kak siapa tau itu purging bukan breakout. udah panik aja gara-gara muncul jerawat di tempat yang biasanya ga pernah ada jerawat soalnya hehe, okee deh kak.
      Thanks kak adit, semoga acne yang muncul2 ini cepet ilang dan bisa nemuin chemical exfoliant yang tepat buat kulitku amiinn
      By the way kak, udah pernah coba The Ordinary? bikin reviewnya dong kak, many people said it has a great product with affordable price. Tertarik juga sama The Ordinary tapi bingung mau pake produk yang mana haha

      Thanks kak adit sukses selalu sama blognyaa

      Delete
    3. Iya Fit.. coba setelah di stop 2-3 minggu, keep me updated ya gimana response kulitmu..

      hmm, the ordinary aku uda pernah liat2 .. haha .. tapi berhubung skincare yang aku gunakan masih banyak banget .. belum ada yang habis . jadi tahan2in dulu :)
      botolnya sih bagus ya .. clean .. gak neko2 .. kayak produk medikal .. :)

      Delete
  14. Halo adit,, kalo kulitku biasanya berminyak ada pori2 d samping hidung jg, sekarang d tmptQ musim angin jd agak kering kulitQ nah q pgn nyoba acid exfoliant gt,, q dah beli mizon aha bha toner, mizon vita lemon (katanya sih bs bwt hydrating toner), klairs freshly juiced vitamin drop, scinic honey all in one ampoule, snail bee high content essence + cream,, trs ini step2nya gmn karna q liat d grup sm google g sama jd tmbh puyeng, tolong masukan nya, oy q g prnh jerawat kcuali dl pas purging udah prnh awal pake laneige klo skrg cm pas mw dapet aja br jerawatan satu dua

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yussa,
      hmmm... genericnya gini :

      1. exfo toner,
      2. hydrating toner
      3. vitamin c drop ( 20 menit diamkan )
      4. kamu cek, ampul ama essence lebih kental mana, yang lebih kental belakangan.
      5. cream

      gitu kurang lebih :)

      Delete
  15. Halo kaa mau nanya hhe
    Kaan aku pake toner cuka apel tp bbrapa hari ini aku pake masker kefir. Katanya kefir kan ada aha nya tuh. Aku bingung kalo combine aha sama cuka apel itu too much ga ya ka? Selama ini aku ga berani barengin soalnya. Oya ka sebenernya toner itu dipake sebelum apa sesudah masker ya? Makasi kaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yusra, kamu menggunakan cuka apel ga iritasi / gosong ?
      aku pake cuka apel langsung kayak luka bakar waktu dulu. akhirnya aku ga berani sama sekali menggunakan cuka apel.

      aku ga berani jawab pertanyaan kamu Yus, karena baik kefir maupun cuka apel, karena itu DIY, tingkat keberhasilannya sangat bergantung pada bagaimana proses pengolahan cuka apelnya, sampai dengan bagaimana proses pembuatan kefirnya. apakah higienis, dll ..

      tapi saranku, kalau kamu mau menggunakan DIY , pelan2 aja. misalnya cuka apel 2 hari sekali, masker kefir 1 kali seminggu. kalau aman, baru naikkan, cuka apel 2 hari sekali, masker kefir 2 x seminggu. gitu Yus.
      pelan pelan, sambil dipelajari gimana respons kulitmu thd masker kefir dan cuka apel itu.

      karena, DIY kan ga ada ingredient yang tertulis nya. so, bener2 pure coba coba.

      Delete
  16. Hi ka adit, akhir-akhir ini aku sering bgt baca blognya kaka karena bener2 nambah wawasan aku tentang dunia perskincarean. Ka adit boleh tanya? kok aku pake produk aha dan bha kulitku pasti jadi gosong yah ka. ini kenapa yah ka? apa aku gak cocok? tp begitu aku berhentikan pemakaiannya pasti langsung hilang gosongnya. oiyah ka sebelumnya kondisi kulit aku combination to oily plus sensitif. makasih ya ka. semoga kaka berkenan menjawab hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rindang, gimana cara pake nya Rin ?
      seminggu berapa kali ? pagi apa malam ?
      siangnya pake sunblock ga ?

      Delete
  17. Hi kak. Mau tanya... hehe
    Kalau malam aku pakai cleanser nya yg mengandung AHA&BHA trus aku jg suka pake serum vit c, trus klo aku pakai lagi aloe vera boleh ga sih? Makasih kak sebelumnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Reza. boleh :) tapi kamu jeda ya.
      setelah serum vit c , tunggu 20-30 menit. baru gunakan produk lainnya

      Delete
  18. halloo kaa..
    aku baru sebulan nih mengenal product skincare korea. panjang cerita aku tuh pengen ngurangin penggunaan krim dokter aku. dia emang bikin kulit glowing sehat kinclong bak putri salju (laaah), tapi kadang muak ku nih merah gtu, kaya hari ini. dan bruntusan di jidat juga ga ilang, berkurang tapi tdk hilang padahal sudah 2 tahun pake krim dokter ini, aku lepas [rlahan si ka. dan yang belum aku lepas itu si krim malemnya.
    Lanjut ke kisah skin care korea product, aku udh beli beberapa produk dari benton seperti essence snailnya, cosrx aha power liquid, aloe bha toner dari benton, aloe vera gel nya nture republic, tapiiiii untuk pemakaian pertama si aha cosrx itu ada muncul jerawat kecil di deket mulut sama bawah mata (dibawah kantung mata tepatnya). itu tandanya ga cocok ya kak?
    trus kalo aku combine tuh skin care routine aku dgn krim malem ini gimana?
    untuk ngilangin bruntus dijidat juga sebaiknya pake apa? aku putus asaaaaaa T___T.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Arsy, kamu sebelumnya pernah coba produk aha / bha ?
      kalau belum, bias karena kamu purging atau ga cocok.
      sebaiknya kamu gak start dari aha power liquid . tapi start dari pimple pad . karena aha power liquid dia konsentrasi acidnya tinggi.
      :)

      Delete
  19. Haloo kak, namaku Lea.
    Sebelumnya aku belum pernah pakai produk Cosrx.. dan karena liat review org"bahwa produk cosrx ini bagus, aku tertarik mau coba..

    Kulitku termasuk oily, beruntusan, kusam dan banyak komedonya :( jerawat jg ada, tapi muncul kadang".. lebih ke komedoan.
    Kalo sekali facial, proses keluarin komedonya paling lama karena banyak x_x
    Sebelumnya aku pake etude house AC Clean up cleanser, dan efeknya biasa aja..

    tadi aku baru pesen 2 produk dlu, yaitu cosrx acid daily cleanser dan cosrx aloe soothing sunscreen di online shop. Nnti sisanya beli bsk hehe.
    Rencananya rangkaian yg mau aku pakai stelah cuci muka :
    1. Cosrx AHA/BHA toner
    2. Cosrx BHA Liquid powder
    3. Cosrx Oil Free ultra moisturizing lotion : pelembab
    4. Cosrx aloe soothing sunscreen

    *Aku biasanya kalo pake skincare langsung 1 merek yg sama semua hehe

    Menurut kakak klo urutan rangkaian diatas udh ok blm??

    Btw klo liat komen"diatas yg pada purging, jadi takut :( duluuuu bangett aku pernah pake murad yg acne, baru pakai 2x, gk tahan jerawat gk kekontrol dan muka bener"berminyak parah kyk habis disirem minyak goreng :(

    Mohon pencerahannya masterrr..
    Makasih kakk sebelumnyaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya kak, mau tanya juga..
      Menurut kakak bagusan bha a-sol atau bha liquid?

      Aku bingung dgn produk cosrx x_x banyak bgt pilihannya, dan fungsinya tuh kyk sama semua..
      buat moisture aja produknya bnyk bgt..

      Sama mau tanya untuk penggunaannya..
      Seperti aha/bha toner dipakai setiap hari pagi-malam kah?
      Dan misalnya untuk bha a-sol, dipakai lgsg satu wajah?

      Pori"wajahku lumayan gede", dan komedo hampir ada di semua bagian wajah :(

      Mohon maaf ya kakk banyak tanyaa.. Terimakasihh kakakkk ^^

      Delete
    2. Oiyaaa kakakk, satu lgii ajaa..
      Kalo bha power cream itu untuk apa??
      Apa perbedaan cosrx bha a-sol, bha liquid, dan bha cream?
      Knapa variannya banyak bangett.. pucinkkk πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚
      Wkwkwkwk maaaff bangeett kakk tanya terus, karena ini produk baru buat aku hehe.. makaciiiii

      Delete
    3. hi :)
      maaf baru balas.

      hmm, saranku kamu coba produk baru nya satu satu :)
      takutnya nanti kalau ada yang ga cocok kamu kaget.

      untuk kulit yang berkomedo, white head, jerawat, ppurging itu memang hamper tidak bisa dihindari.

      so, highly likely , menggunakan produk cosrx ini kamu pun akan purging dulu.

      saranku. start dari : cosrx pimple pad aja dulu. karena kadar bha nya rendah. yang lainnya kamu gunakan produk yang kamu gunakan sekarang dulu. setelah cocok 2minggu-1bulan, baru kamu tambah produk lainnya.

      bha a sol bagus, tapi ada alkoholnya. penggunaannya untuk daerah yang ada jerawat aktifnya aja. aku biasanya gunakannya pake cotton bud, aku titik2 ke puncak jerawatnya :)

      jangan pake cosrx yang lain dulu ya, start dari pimple pad.

      Delete
  20. hai kak, terimakasih buat infonya really bermanfaat. :)
    saya mau tanya nih, saya punya typical skin super oily dan gampang jerawatan. trs sekarang saya lagi pakek skincare ( toner & serum ) dari Laneige yang seri Fresh Claming. so far di kulit aku lumayan cocok. trs saya tergoda buat nyobain COSRX mela 14 white ampule.Karna buat ngilangin flek hitam bekas jerawat. Boleh ga sih setelah saya pakai serum dari Laneige yang fresh claming saya campur atau lanjutkan dengan pemakaian ampule dr COSRX tersebut ? terimakasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) kalau kamu cocok, sebenernya tahan tahanin dulu. jgan coba produk lain dulu paling enggak 2-3 bulan . :)

      Delete
  21. Ih keren banget info di blognya. Apalagi baca baca comment di sini. Aku baru sadar hloh kalo ternyata aku punya bulu di muka itu krn efek cream dokter. OMG. Selama ini kupikir ini wajar, tergantung jenis kulit n hormon masing2 org. Thx a lot infonya.
    Dan aku jg emang lagi stop beberapa minggu cream dari klinik kecantikan gitu gara2 breakout parah 3minbngguan gak sembuh2. Tiap konsul ke klinik cuma disaranin buat facial. Oh no. Makanya aku lanjut ganti cosrx yg snail essence sama cream all in one snail juga. Dan aku gak sangka bisa cocok luar biasa. Padahal baru pake 3harian, tapi di muka udah gak merah2 lagi kalo siang hari. Trus udah gak sekusem dulu. Jerawat juga kalem sendiri dan gak bikin bekas. Lagi mikir nih, mau ganti facial wash krn produk sebelumnya mengandung SLS, paraben, alkohol, sama fragrance. Dan aku baru sadar kalo kandungannya bahaya di kulit. And i think, aku jg gak cocok pake kandubgan tea tree. Soalnya bkin jerawat meradang. Ada saran nggak kak Adit? Sama kalo sunscreen, buat kulit oily acne prone cocoknya pake apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Eni, wahh senangnya bisa membantu kamu :)
      hmm, untuk facial wash, karena kamu gak cocok dengan yang mengandung tea tree, saranku kamu coba dengan sk2 gentle cleanser atau sulwhasoo gentle juga. karena kedua produk ini agak lebih aman untuk kulit yang sensitive.
      aku kebetulan ga masalah dengan tea tree jadi aku bisa menggunakan low ph cleanser :)

      utk sunscreen aku gunakan klairs, tapi yang bb nya. ada juga versi sunscreennya . tapi untuk beberapa orang yang shadenya agak lebih dark, di kulit agak ada whitecast nya :)

      Delete
    2. wah, fast response. seneng banget. btw aku penasaran, kak Adit tahu banyak ttg skin care dan ingredients-nya gmn tuh? belajar sendiri?
      Aku soalnya ngiri liat fotonya kak Adit, mulus gitu. Padahal baca comment sebelumnya, kak Adit pernah jerawatan parah.

      kalo selain sk II sama sulwhasoo gak ada ya? he.
      sama kalo produk tp di COSDNA nggak ada di list, cara kita cek aman enggaknya gimana dong?

      Delete
    3. btw kalo sulwhasoo ada rekomendasi olshop yg jual nggak kak?

      Delete
    4. Aku excited banget rasanya pengen banyak sharing ama kakak. Hehe. Btw untuk di cosdna.com, cara baca bagian acne and irritant itu gmn sih? Kalo disitu ada angka 1-4 artinya nggak aman, menimbulkan alergi, atau gimana kak??

      Delete
    5. hi Eni, memang so far sih, aku mengandalkan cosdna. kalau ga ada di cosdna, either we take the risk, atau ga sama sekali. :)
      hmm, sulwhasoo ada di tokped, biasanya aku beli di Para Para. :)

      hmm, untuk acne itu artinya acne tendency, mungkin menyebabkan acne. skala 1-2 aman, 3 medium , di atas 3 highly likely.

      begitu juga dengan irritant. terutama untuk yang kulitna sensitive, kita wajib lihat irritant tendency nya

      Delete
    6. Ok. Noted.
      Btw aku juga jadi lebih aware sama ingredients produk berkat kak adit. He.

      Kalo untuk sunscreen atau sunblock, kak adit kan nyarani pake klairs kan. Itu spf 50. Setauku sih, spf 50 gak baik kl dipake tiap hari kecuali kl kegiatannya dan emang panas panasan mulu. Nah, itu baiknya gimana dong kalo kayak aku, kegiatannya lebih banyak di ruangan dan jarang banget kena panas. Tp sekalinya kena panas langsung muka merah n jerawatan? Mending tiap hari pake sunscreen tp spf rendah atau kalo nggak pakai masih aman nggak buat kulit?

      Delete
    7. Sama satu lagi, kalo pake chemical sunscreen utk kulit sensitif, oily acne prone, boleh gak sih?
      Maaf ya kak, aku banyak nanya. 😁

      Delete
    8. hi eni , klairs spf 40 :)
      dan memang , aku kerjanya sering ke lapangan.. tapi so far aku pakai tiap hari ga ada problem Ni .. :)
      dan aku sudah pakai klairs 2 tahun lebih ..
      hmm.. saranku , spf harus selalu pakai, baik itu di dalam maupun di luar ruangan, kecuali kalau tempatmu sama sekali ga ada jendela. karena pengaruh buruk uv itu bisa kena ke kulit kita lewat pantulan .

      hmm, kalau kamu kena panas langsung jerawatan, itu agak aneh. harus tahu penyebabnya. misalnya. kamu kena panas, terus kulitmu langsung produksi banyak sebum. nah, sebum itu yang bikin jerawat. misalnya demikian.

      yang pasti spf mesti pakai. tapi kamu pilih yang ga ada mineral oil nya.

      Delete
    9. hampir semua sunscreen itu chemical ni. tapi , gak semua chemical itu berbahaya. contoh : ada spf yang mengandung PABA , para amino benzoic acid. nah ini biasanya bikin jerawat. tapi so far kayak zinc oxide , relative aman. walaupun ada beberapa orang yang sensitive.

      Delete
    10. wah, suka banget sama penjelasannya kak adit. Detail dan gampang dimengerti banget. thx kak. Ditunggu update an selanjutnya yak. :)

      Delete
  22. Hai, Kak Adit. I came across this blog and I found this really helpful especially buat skin care newbie kayak aku. Akhir-akhir ini aku lagi tertarik sama produk exfoliating seperti AHA/BHA products karena emang kulit aku yg acne-prone dan gampang bgt beruntusan tp tp belum tau banyak mengenai exfoliating. At some parts, kulit wajahku jg gampang kering, jadi aku bingung mesti pake produk yg seperti apa. Aku berencana ingin nyoba Cosrx AHA/BHA Toner, kira kira produknya aman ga kalo dipake tiap hari? Kalau emg ga pas utk pemakaian tiap hari, boleh minta rekomendasi daily toner yg aman dipakai tiap hari tp ga bikin kulit kering? Thank you beforehand, Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi maretha. kamu mau toner yang acid toner kan ya berarti ?
      aku lebih skua mizon sih daripada cosrx aha bha. karena mizon ada banyak hydrating agentnya walaupun dia ada alkoholnya. :)

      Delete
  23. Untuk pemakaian tiap hari acid toner tuh aman ga sih Kak? Atau perlu diimbangi sama hydrating toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung konsentrasi acidnya maretha.
      kalau konsentrasinya diatas 1 persen, ga bagus tiap hari.
      klo 1 persen atau lower, boleh tiap hari.

      bener, sebaiknya diimbangi dengan hydrating toner :)

      Delete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. HAI ADIT ,
    Saya Nur dari Malaysia. Harap kamu dapat memahami bahasa saya. Saya bersyukur sangat menjumpai blog kamu yang sangat penuh bermaklumat. Secara umum ,saya jelaskan keadaan saya dahulu.
    Jenis kulit saya ialah oily dan ance prone. Jerawat sering aktif tumbuh di sekitar pipi kiri dan kanan,dagu . Keadaan jerawat nya besar2 dan kalau dipicit keluar keputihan dan darah. Jerawat halus jugak ada sekitar rahang kiri dan kanan . Bila dipicit ,keluar keputihan saja. Sekitar muka, banyak parut bekas jerawat dari kawasan pipi, dagu. Bila pakai foundation atau tidak, boleh rasa berminyak di sekitar t zone,kelopak mata,dagu dan pipi.
    Sekarang saya baru sangat mngunakan product COSRX iaitu Good Morning Low Ph Cleanser dan Salicyic acid exfoliating cleanser... Alhamdulliah, Salicyic acid exfoliating cleanser membuatkan acne saya kecut dan kering.

    Saya ada sedikit pertanyaan
    1. apa product seterusnya harus saya guna untuk membuat jerawat tidak terjadi lagi?
    2.pada bacaan saya dalam blog Adit ada membicarakan tentang purging. saya rasa wajah saya ada blackhead.dan saya mau membuang blackhead. product apa harus diguna untuk buat purging?
    2. product apa yang saya harus guna untuk memudarkan parut jerawat baru dan lama?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nur Fazillah, :)
      terimakasih sudah dating ke blog saya :)

      agar jerawat tidak terjadi lagi, kita harus paham acne triggering factor kulit kita.
      apakah : coklat, sugar, sweet, carbs, coffee, milk, protein, vitamin B and E , stress, hormone, or genetic.

      kamu sudah pernah mencoba COSRX Clear pad ?
      sementara ini, saya menyarankan clear pad.
      :) memang kandungan bha dalam produk ini tidak besar, 1 % saja. tapi baik untuk memperkenalkan produk bha pada kulit kita :)
      lama lama blackhead terangkat juga.

      untuk memudarkan parut jerawat baru atau lama, sebaiknya treatment di klinik perawatan wajah.
      ada beberapa treatment yang dapat digunakan yaitu : microdermabrasion, atau PRP . :)

      semoga membantu :)

      Delete
  26. Terima kasih mas Adit. Informasi jelas. Saya merancang mau dapatkan nasihat klinik wajah juga

    ReplyDelete
  27. Hai Adit seneng banget baca blog kamu informatif banget. Btw mau nanya nih, jenis kulitku kan normal to dry, selama ini kurang merawat kulit, cuma sesempatnya aja pake skincare dan saat ini punya problem kulit kusam dan ada milia di sekitar mata, aku nggak tau penyebab milianya kenapa, entah karena nggak cocok sama skincare atau karena sempet berhenti pake skincare karena lagi hamil dan menyusui atau karena terpapar matahari, aku hampir nggak pernah pake sunblock, hanya mengandalkan spf dari daycream aja (selama ini aku pake wardah).

    Sekarang aku lagi mulai rajin merawat wajah lagi dan cobain skincare korea. Aku lagi coba NR aloeveragel dan benton aloe bha toner, nah rencananya aku mau cobain benton snail be essence-nya, menurut kamu produk2 itu udah cukup belum ya untuk exfoliating treatmentnya? Untuk facial washnya aku masih pake wardah dan day&night creamnya juga aku masih wardah, oiya dari wardah ini juga ada tonernya, aku cek komposisinya ada glycolic acid, itu termasuk aha/bha juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi urutan skincare aku sekarang gini:
      Pagi:
      -Facial wash wardah
      -Toner wardah (ini kalau dipake agak semriwing gitu dan lebih bersihin kulit dibanding benton skin tonernya)
      -Benton aloe bha skin toner
      -Lightening serum wardah
      -Day cream wardah
      -Aloevera gel

      Malam:
      -Milk cleansing wardah
      -Facial wash wardah (kadang setelah ini aku maskeran, macem2 maskernya kadang masker dari wardah/jafra mudmask/sheetmask)
      -Toner wardah
      -Benton skin toner
      -Serum wardah
      -Night cream wardah
      -Aloeveragel


      Aku pake benton skin toner baru semingguan.

      Delete
    2. hi :)
      aku belum pernah pakai wardah, tapi untuk yang lainnya, urutannya sudah benar. kecuali aloe vera gelnya.
      sebaiknya digunakan sebelum cream . :)

      Delete
  28. Kk, bedanya a sol & natural bha skin returning emulsion apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kk, klo setelah pakai salah satu produk cosrx muncul jerawat yg udh mateng2, saran kk diemin aja atau gmn? Thanks

      Delete
    2. hi .. idealnya kamu diamkan. karena kalau dimain mainkan, nanti akan semakin lama hilang bekasnya :)

      Delete
  29. Hi Adit, first of all mau bilang seneng banget nemu blog yg informatif dan edukatif yang Adit tulis ini.
    Mudah2an bisa tetep semangat nularin hal2 positif biar kita2 makin aware ttg skincare yang baik & benar.

    Aku mau nanya, kulit aku dulu kering, sejak 2 tahunan ini mulai menerapkan 10 step korean skin care (ngga semua diikutin) tapi tekstur kulit udah membaik, lebih bright, jerawat jarang nongol.
    Tapi.... ada negatifnya juga sejak mulai kenal sama AHA BHA (aku pake cosrx aha&bha baru 1 botol udah tinggal dikitttt), aha white 7 (seminggu 2x) terus bha dari secretkey peeling pad, kulit aku jadi sensitif.
    Utamanya di area lipatan hidung dan dibawah bibir. Udah ngga bisa kena busa dari pasta gigi yg biasa dipake, udah ngga bisa coba2 pake cleanser yang banyak busanya, karena rasanya pasti jadi panas, pedih, sedikit gatal.

    Rekomendasikan dong produk2 yang menurut Adit bisa meredakan iritasi ku ini ?
    temporary aku pake cosrx advance snail 92 cream *lupa2 namanya* utk meredakan dan sejauh ini berhasil, cuma aku kurang suka sama rasa "pliketnya"

    Thank you Adit for your reply...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Riri, maaf aku baru balas.. aku kemarin jalan2 ke korea. dari tanggal 6 . baru pulang. :)
      thanks lowh uda mampir mampir ke sini :)

      hmm, kalau dari cerita kamu, kelihatannya kamu over exfo. sementara ini kamu kurangi dulu frekuensi menggunakan aha / bha nya. memang , untuk beberapa orang , bahkan 2 x seminggu masih terlalu sering. atau , kalau aku biasanya, aku campur dengan aloe vera , tujuannya untuk menurunkan konsentrasi dari aha / bha nya. :)

      untuk iritasi, memang biasanya 2 : antara snail atau aloe vera :)
      aku juga cuma itu aja :)

      kamu uda coba snail essencenay cosrx ?

      Delete
  30. Hi Adit!

    Aku baru semingguan pake BHA tonernya Benton krn setelah mikir panjang utk berhenti dari toner Tea Tree nya The Body Shop karena pengen stop pake yang mengandung alkohol denat. Aku ada purging kaya jerawat kecil di pipi kiri dan jg di kanan ada radang merah cm gak sampe keluar jerawat.
    Skin care routine aku skrg jadinya cm pake Cetaphil face cleanser, Benton aloe BHA Toner dan lgsg ke serum Estee Lauder yg ANR. Menurut kamu krn si Benton ini katanya udah bs jadi double toner (exfo and hydra), apa aku udh bener kl abs make dia sebentar lgsg timpa ke serum? Sbnrnya aku pernah BO gara2 pake serum vit c nya Klairs dan sembuh setelah aku pakein ANR nya Estee Lauder. Nah yang mau aku tanya lagi, sbrnya aku cocok gak yah sama si Benton toner ini? Karena aku takut si benton gak cocok tp krn ada serum ANR jadi calon BO nya kempes lagi/dihambat. Aku pgnnya cocok semua kalo bisa...

    Thanks ya kalo bs bantu jawab pertanyaan aku..
    octa*

    ReplyDelete
  31. Hai Adit

    Saya sudah berjumpa dan mndapatkan rawatan dari skin specialist. Mereka sudah membuat extractiob (membuang blackheads) dengan memicit. Ada rawatan SA 5% dan mask. Product apa yang bisa saya guna untuk digunakan dirumah untuk membuang blackheads.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Nur :)
      in general, blackhead dapat berkurang dengan menggunakan produk yang mengandung bha . saran saya , mungkin kamu dapat menggunakan cosrx clear pad. :)
      saya juga menggunakan itu :)

      Delete
  32. hi kak adit, aku baru bgt nyoba2 skincare korea. jadi kondisi wajahku ini jerawatan parah kayak 1 jerawat aja bisa ada 5 nanah i know ini menjijikan :( dan udah 3 taun semenjak aku masuk kuliah. trus aku udah gonta gati dokter selama 3 tahunan itu dan sama sekali belum sembuh tp jg ga membuat jerawatnya parah. jd ya tetep aja gitu.

    lalu sebulan yg lalu jerawatku sempet hilang (tp ga bersih bgt) trus aku putuskan buat berhenti dari krim dokter. setelah aku diemin semingguan tanpa krim ga ada breakout sih, lalu aku memutuskan paka benton snail essence dan setelah itu jerawatku muncul lagi dan super serem. tp aku tetep lanjut selama 2 minggu itu dia nyembuhin jerawat yg keluar tp jerawat baru jg tetep muncul lalu hilang bbrp hari kemudian. menurutmu itu purging bukan ya?

    aku pengen banget nambahin produk lain yg kira2 bisa bikin si essence ini lebih bekerja nyembuhin jerawatku ampe tuntas. kira2 sebaiknya pakai urutan skincare apa ya? tipe kulitku ini agak membingungkan, kering stlh memakai benton snail ini tp kadang jg oily tp ga oily parah cuma oily di sekitar jerawatnya itu. minta sarannya bgt ya kak adit :( aku sudah sangat pasrah dgn wajahku yg bahkan sudah bopeng2 ini pdhl aku rajin bgt menjaga kebersihan wajah dan pakai skincarenya tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      gak menjijikkan koq. dulu aku jerawat sampe ratusan di wajah. hahah .. sampe ga ada spot lagi utk jerawat baru :)

      hmm,
      purging itu , kalau keluarnya di daerah yang sering berjerawat sebelum2nya.
      kalau keluarnya di daerah yang jarang jerawatan, itu breakout.
      munculnya di mana ?

      skincare ga bikin jerawat tuntas lowh.
      cuma berkurang.
      kamu mesti tau factor pencetus jerawatmu apa
      tiap orang beda
      ada yang karena stress, kurang tidur, susu, karbo, sugar dll
      begitu kamu tau factormu apa, kamu hindari total.
      itu akan jauhh ngebantu banget

      plus, ganti rutinitas makan sehari2 kamu. kurangi sugar, carbs dan daging. ganti sayur dan buah , aku juga ganti nasi putih dengan beras merah.


      kalau sampe bopeng dan belum parah, sebenernya better ke dokter sih.
      dokter punya cara seperti PRP / micro yang ngebantu mengurangi bopeng :) kamu di jkt ? pernah ke dokter kun ?

      utk Benton, Benton sebenernya ga bikin purging karena hamper ga ada kandungan exfo agentnya.
      so seharusnya yang lainnya. misalnya pas kebetulan kamu lagi banyak kerjaan ? panas2an ? kurang tidur, galau , stress ?

      hehe :)

      kamu rutinitas skincarenya apa aja ?
      pencuci wajahnya ?

      Delete
    2. munculnya memang di tempat yg biasa jerawat kak, selalu disitu2 aja. aku sekarang kuliah di semarang dan semenjak di semarang itu aku jerawatan even udh pake perawatan dokter (aku pernah pake erha, dokter lewi dll tp ga ngaruh bahkan udah pernah dikasih obat minum tretinoid/retinol? aku lupa, dan aku browsing biasanya itu obat yg bakal diresepin dokter kun jg) dan 1 jerawat aja lama bgt sembuh bisa 3 bulan baru sembuh dan jd bopeng tp muncul yg baru disebelahnya hahaha.

      yg anehnya tiap aku pulang ke batam (tiap libur semester) jerawatku ilang dan pas balik ke semarang jerawatku lgsg muncul lg. aku pikir aku ga cocok airnya, aku bahkan basuh muka pake air mineral tp tetep aja.

      kalau sekarang aku cuma pakai sabun muka dr oriflame essential fairness trus pakai benton essence. sama maskeran pakai queen helene mint julep, sbnrnya ini masker oke bgt ngeringin jerawat aku pake tiap hari. tp mukanya jd kering. gimana dong kak? :(

      Delete
    3. hmm, kamu kayaknya stress karena kuliah ?
      soalnya pas kamu pulang ke batam , kan no pressure.
      sedangkan kamu di semarang kan kuliah, pr , test, mid term, ujian, lab mungkin dll dll .. kurang tidur, males cuci muka , telat makan, minum air putih dikit .. banyak minum manis2 ..

      hmm, kalo maskernya ok buat keringin jerawat, kamu pakeinnya di titik ke jerawatnya aja , jangan sewajah :)
      jadi muka kamu ga ikutan kering :)
      gimana kalo begitu ?

      Delete
  33. Halooo adit... duuhh bersyukur bgt aku nemu blog km.. dan yg fast respond kayaknya u're the only one deh..

    Aku mau sharing dulu yaa ttg kondisi kulitku. Kulitku ini sbnrnya termasuk jajaran dry skin tp of course dibagian Tzone sedikit berminyak.. komedo yaah pati ada tp ga banyak. Twpi bbrp bulan belakangan ini tiba2 kulitku bermasalah, terutama bagian pipi bawah sampai dagu.. mulai dari beruntusan kecil sampe jerawat yg lumayan besar, sbg seorang yg ringan tangan aku pasti selalu bantuin tuh jerawat/beruntusan supaya keluar dari persembunyiannya, otomatis jdnya berbekas dan bukannya tambah ngilang tp makin menjadi nih kulit.
    Aku uda mulai nyobain product korea yaitu cosrx yg no doubt ngatasin kulit bermasalah dan product merk lain.

    Actually ini tahapan product yg aku pake sehabis double cleansing (tolong dikoreksi yaa klo salah) : cosrx red pimple pad - benton bha toner - cosrx snail essence - klairs vitamin c serum - mask sheet (2x seminggu) - etude eye cream/lipcream - cosrx snail cream - etude sleeping mask (2-3x seminggu)
    Aku uda lakuin ritual ini sebulan lebih. Lumayan ngaruh sih di muka aku tp tetep aja bekas jerawat sama beruntusan kadang muncul

    Nahh sekarang aku mau nambah product dari cosrx.. yaitu cosrx aha/bha toner, sama aha whitehead liquid dan pull of mask dari freeman. Yang mau aku tanyain klo aku pake aha/bha tonernya apa aku perlu pake pimple pad nya sblmnya?? Trus untuk aha whitehead liquid nya aku pake di step yg mana ya?? Dan masker pull off itu aku pake sehabis double cleansing kah???

    Mohon pencerahannya yaah suhuuu.... wish God repay all ur kindness :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fefe .. aduuhh .. makasih uda mampir2 :)

      sebenernya urutan kamu uda bener. dan kalo kamu uda pake bha toner dan klairs vit c serum ( aku juga skarang pake .. haha .. kemarin main ke seoul, akhirnya belanja skincare, salah satunya si klairs vit c serum ini ) , kamu ga perlu power liquid dan aha bha toner lagi, nanti over exfo.

      masker pull off, sebaiknya setelah double cleansing, kamu pakein toner dulu, lalu kamu pakein aloe vera. biar pas di Tarik ga terlalu sakit kulitnya :)

      sebaiknya jangan nambah dulu. rutinin yang ada uda cukup koq. tapi memang paling enggak 2-3 bulan baru mulai kelihatan.

      sambil di ganti gaya hidup dan dietnya feb,
      misalnya banyakin minum air putih, kurangin garem dan gula.
      no coffee, beras merah sebagai pengganti beras putih.
      detailnya aku pernah bahas beberapa bulan yang lalu mengenai factor pencetus jerawat dan diet :)

      Delete
  34. hai adit..
    dri sekian ratusan chat yg tanya sama km mungkin km bakal bosen deh jawab pertanyaan yg itu2 aja.. maafkan yaa tpi seharian ini aq bener2 galau berat liatin hp mulu cari2 skincare yg cocok buat aq krna udh bertahun2 pakek krem dokter yg ckup keras menurutku krna klo pakek toner dokter itu wajahku perih panas trs celikit2 gt apalagi di barengin sm cream mlm nya pst 3hri kemudian pengelupasan deh dan pengelupasanya parah loh.
    dan setelah sekian lama tobat lah aq takut jg pakek cream dokter yg keras gt yaa hasilnya bagusss bgt seh licin mulus kyk kulit syahrini gt krna ini klinik terkenal bgt di sbya.
    pertanyaan ku ney apakah kulitku bisa dikatakan udh terbiasa dgn kandungan BHA yg tinggi. krna aq tertarik mau coba merk The Ordinary Aha 30+Bha2% peeling solutions.
    krna skr kulitku jerawat besar2 dan beruntusan dijidat gara2 pakek produk yg ada kandungan Snail nya.
    kasik saran dunk Toner apa yg aku pakek buat tiap hri
    toner apa yg buat exfo
    trs setelah pakek toner apalagi stepnya buat hilangin bekas jerawat fan komedo di hidung.

    untuk pelembab aq pakek aloevera dri NR.

    mohon ya adit saran nya agar aq mengahkiri penderitaan ini..😣😣😣😣😣

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi eva.. :)
      mengelupasnya parah banget ?
      dokternya bilang apa ?
      agak serem sih memang kalo ngelupasnya parah.
      karena kulitmu nanti makin tipis2 terus

      btw, sebenernya ga ada yang namanya kulit terbiasa bha dosis tinggi.
      aku bahkan cenderung untuk menggunakan dosis yang itu itu aja karena aku ga mau kulitku makin tipis.

      kamu pake snail terus beruntusan dan jerawatan ? kalau boleh tau merk apa ? kalau kamu gak enak share di sini , bias message aku di IG : @Joshua_adityaa . hmm, snail biasanya untuk memperbaiki kulit, berarti kalau kamu beruntusan dan berjerawat, either ingredient lain di dalam produk itu, atau kamu salah satu dari sekian yang kulitnya gak terima snail .

      toner itu ada 2 :
      exo dan hydrate.
      exfo aku skarang pake clear pad cosrx. malem hari aja .
      hydrate nya : nuxe bagus. tapi aku ga tau di sby ada ga.
      selain nuxe ini, yang lebih gampang dicari : mungkin centella cosrx.

      bekas jerawat memang agak pr . aku biasa pake bha a sol utk jerawat skaligus bekasnya. tapi ada alkoholnya.
      whoo whitening intensive juga bagus . tapi agak pricey .

      komedo , kalau di hidung, pasti ada. semua orang. kemarin pacarku juga cerita, kebetulan dia styling beberapa artis , dia tetep cerita bahwa artis2 itu tetep aja ada beruntus dan komedo di wajah :)

      the ordinary aha bha aku blum pernah coba ev.
      tapi 30 persen itu tinggi banget lowh.
      kamu yakin ?

      Delete
  35. Halo Kak Adit :) kulit wajahku kombinasi (kering di bagian pipi, oily di hidung, ada whiteheads & blackheads di hidung) aku bingung mau make acid toner jenis apa, AHA atau BHA. haruskah aku membeli AHA & BHA sekaligus? AHA buat pipi dan BHA buat T-zone. Tapi kalo beli AHA & BHA sekaligus kok lumayan pricey yaaa :(ehehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi LAini, hmm, kalau kamu perlu aha /bha dosis rendah, better start dari aha/bha toner. saranku coba mizon aha /bha toner deh :)

      Delete

  36. Halo Kak Adit :) kulit wajahku kombinasi (kering di bagian pipi, oily di T-zone, ada whiteheads & blackheads di hidung) aku bingung mau make acid toner jenis apa, AHA atau BHA. haruskah aku membeli AHA & BHA sekaligus? AHA buat pipi dan BHA buat T-zone. Tapi kalo beli AHA & BHA sekaligus kok lumayan pricey yaaa :(ehehehhee

    Comm

    ReplyDelete
  37. Hai kak adit, kulitku dibagian Tzone itu berminyak banget plus pori2nya besar dan bnyk whitehead & blackhead :( Aku pernah pakai pembersih wajah Hada labo yg mild peeling AHA+BHA, nah setelah pakai itu kulitku muncul jerawat2 kecil tapi seminggu kemudian udh ilang. Tapi setelah 2minggu aku pakai, kulit wajahku mulai menghitam/seperti gosong karna berjemur di matahari lama. sedangkan aku lebih bnyk menghabiskan waktu diruangan. dan karna itu aku takut pakai produk yg ada AHA/BHA nya :")

    tapi makin lama stress juga liat whitehead sama blackhead yg lumayan banyak, aku mau coba produk cosrx bha tapi bingung mau pilih BHA A Sol atau yg Power Liquid. Menurut kakak bagusan yg mana buat kulit ku?

    skincare yg aku pakai sekarang:
    - Etude house wonder pore freshner face toner
    - Secret key snail repairing essence
    - Secret key snail repairing emulsion
    weekly : Neogen Bio-Peel Gauze Peeling Wine, Skinfood black sugar mask wash-off & Innisfree super volcanic pore clay mask

    oh iya aku juga bulan lalu nyobain sample Cosrx one Step Pimple Clear Pad ga mengalami purging

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi veni, gosong itu, karena memang aha bha mengangkat sel kulit matinya. tapi seharusnya gak gosong gimana .. cuma agak kusam dulu dikit sebentar .. 1 2 minggu an .

      kalau banyak whitehead dan black head, kamu harus sambal diet .
      hindari gula, karbo , kopi, tidur cukup.
      aku pernah posting beberapa waktu lalu, hal2 apa saja yang berkontribusi pada pembentukan sebum :)

      a sol : untuk spot treatment , kalau ada jerawat aktif biasanya aku pake a sol

      power liquid, bha utk kulit berminyak, aha untuk kulit yang hyper pigmentasi .
      tapi, power liquid itu dia besar persennya.
      aku sih lebih sarankan kamu start dari clear pad aja dulu yang persennya kecil. jadi gak skali jadi

      nah, tapi aku lihat kamu uda pake neogen. fungsinya sama sih.. jangan double double.

      oh , kamu uda pake clear pad . coba aja rutinin ven :)

      Delete
  38. Kalo toner nya pake cuka apel itu gpp dilanjut sama cosrx?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi novalia .. maaf lama balasnya.
      cuka apel aku jujur ga berani komen.
      karena kadar keasamannya spt apa, ph berapa aku ga tau.

      Delete
  39. Hi dit, mu nanya nch aku kmrn beli Pimple clear pad cosrx aha bha toner sm galactomyces essencenya, itu bole dipke bersamaan g ya? Trz bole dpke tiap hr atau g ya... Thx...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Evi . maaf baru bals.. V_V aku di block blogger nya di kantor.
      hmm, kalau ada yang urgent kamu bias add IG ku di @Joshua_Adityaa ya..

      hmm, clear pad sebenenrya fungsinya mirip sama aha bha toner.
      jadi kalau kamu belum beli.. pilih satu aja.
      kalau sudah beli, selang sehari.. dua duanya cuma boleh dipakai malam.

      tunggu 10-15 menit an.. baru lanjut skincare lainnya. bias digabung dengan galactomyces.

      kalau kulitmu jenis sensitive, setelah menggunakan clear pad / bha toner .. tunggu 15 menit .. basuh dengan air. baru lanjut produk lainnya. :)

      clear pad dan aha bha toner boleh dipakai tiap hari, karena persen bhanya rendah.. kalau kulitmu super sensitive selang sehari.
      yang ga boleh tiap hari itu serum aha / bha yang persennya tinggi atau vitamin c serum dosis tinggi. :)

      Delete
  40. Hai kak adit.. Salam kenal yaa
    Aku baru beli cosrx pimple pad nih tapi aku bingung mau makenya soalnya kn itu produk exfoliator(?), boleh ngga yah kalo abis pake itu barengan sama cosrx yg galactomyces whitening essence? Soalnya aku pernah baca katanya produk aha/bha ngga boleh dicampur sama produk yg mengandung niacinamide. Trs kalo misalnya aku paginya ngga pake sunblock dan cuma pake pelembab yg mengandung spf boleh ngga ya kak??
    Mohon dijawab kak adit.. Makasih sebelumnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. :) boleh . asalkan kamu tunggu dulu 10-15 menit agar exfo agentnya bereaksi dengan kulit. niacinamide itu ga boleh dengan vit C serum. :)

      boleh , yang penting ada spf nya :)

      kalau aku lagi lama balasnya, kamu add ig aku aja ya : @Joshua_adityaa :)

      Delete
    2. Oh.. Oke oke :)

      Makasih kak adit sarannya membantu banget. Oke otw add kak πŸ˜„

      Delete
    3. siappp :)
      semoga cepet selesai ya :)

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Kak Adit, aku mau tanya, kulitku ini banyak banget bruntusannya akhir akhir ini, setelah tanya tanya dan liat beberapa review beauty blogger katanya neogen bio peeling bisa bantu kurangin bruntusannya, nah tapi yg kubingung boleh gak sih kalo neogen bio peel itu dipake barengan dengan cosrx aha 7 yg whiteheads? Atas pakainya selang seling beda hari? Makasih ya Kak Adit

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi rini.. aku baru aja mau coba neogen . belum bias comment apa apa karena belum pakai :)
      kamu sudah menggunakan power liquid AHA ?
      power liquid AHA itu untuk kulit yang gak berjerawat, yang cuma punya problem skin discoloration. kalau kamu ada jerawatnya, takutnay makin berjerawat. aku sih lebih prefer menggunakan yang bahan dasarnya BHA.
      coba deh clear pad :)

      sama aja dengan neogen koq so far. tapi aku cocok dengan si clear pad ini :)

      kalau ada yang urgent add IG ku di @Joshua_Adityaa ya. :)
      sorii banget aku slow response abisnya blogger skarang di block di kantor jadi ga bias balas comment

      Delete
  44. Kak Adit, aku mau nanya. Kemarin aku udah beli cosrx aha toner. Trus aku juga pakai laneige white dew trial kit. Sama ditambah pakai celebon juicy gel di tahap terakhir trus pakai sunblock laneige. Mukaku berminyak dan berjerawat. Semakin berminyak pakai laneige. Apa solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Putri, tapi kamu yakin muka kamu makin berminyak karena pakai Laneige ? ga lagi makan vitamin E , vitamin B ( multivitamin misalnya ), atau lagi kurang tidur, stress level naik, minum kopi, makan nasi banyak, minum minuman manis , makan gula gula ?
      karena kesemua factor di atas juga memicu produksi minyak .

      kalau kamu curiga Laneige yang bikin berminyak banget, langkah pertamanya adalah :
      stop dulu laneigenya 2 minggu kurang lebih . terus dimonitor kondisi kulitnya. apakah minyaknya berkurang atau tidak. kalau berkurang, berarti Laneige bukan untuk kamu.

      Delete
  45. Hi kak, mau tanya utk COSRX bha liquid itu kalo di skincare rutin pakenya sebagai apa? Dan dipake setelah apa atau sebelum apa? terus kalo chemical exfo kaya aha/bha itu pemakaiannya bisa dibarengi dgn Niacinamode ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yumnaa,
      hmm, bha liquid itu lebih ke serum ya.. tapi bukan serum harian.. dia digunakan paling sering, saranku sih 2 - 3 hari sekali.
      digunakan malam hari.
      kalau kulitmu sensitif cara pakainya :
      setelah toner, gunakan bha liquid .. tunggu 20 menit . setelah itu basuh dengan air , baru gunakan hydrating toner dll ..

      kalau kulitmu gak sensitif, setelah 20 menit boleh dilanjut dengan produk lain.

      niacinamide itu brightening agent. bukan gak boleh dibarengi, tapi kalau kebanyakan pake produk, nanti produk juga gak terserap dengan baik, jadi better kamu selang seling aja. misalnya senin kami pakai bha liquid, sisanya niacinamide gitu :)

      Delete
  46. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  47. hai kaka mau nanyaaaa. aku habis pake dokter ka nah waktu krim ku habis dan pas banget sedang mens jerawat aku langsung muncul lumayan banyak yg awalnya di jidat ga pernah jerawatan gede gede ini jadi gede gede banget banyak lagi. lalu aku kasih minyak kayu putih totol totol jerawatnya lumayan cepet kering sih tapi kayanya mah ga ada perubahan. setelah lama dan capek akhirnya aku ga sabar berhenti semuanya lalu beli cos rx yg aha)bha clarifying toner nah aku baru pake ka sekarang, langsung muncul jerawat di pipi ka. kaya yg bekas jerawat terus pada nobgol laagi jerawatnya. itu gimana ya ka? terus aku baru 4hr an make toner ini dan alhamdulillah lumayan kering jerawatnya. terus skrg aku lagi beli masker kefir dan cuka apel menurut kaka mending di mix pemakaiannya apa gimana? gasabar jerawatnya gede gede padahal mau ada acara prom ka :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Milatin.
      serius pake minyak kayu putih ?

      hmm, jangan pake cuka apel ama masker kefir ..
      acidnya terlalu tinggi, nanti purging semua ..

      kamu ga balik lagi ke dokter ?

      bekas jerawat muncul lagi itu .. purging , karena isinya belum keluar semua.
      btw, ga ada cara yang instant sih kalo untuk mengatasi jerawat.

      kamu harus stop minum yang manis2 , kurangin stress juga, rajin olah raga , dll..

      trus , minum vitamin C dan zinc , dan selenium.
      no vitamin B no vitamin E .

      untuk pengobatan wajah nya : pake produk yang mengandung snail, aloe, propolis,

      pake toner yang mengandung bha skala kecil. untuk mengangkat sel kulit mati

      Delete
  48. Haii aku mau nanya kalo aku pake AHA danBHA barengan tapi di selang gitu (siang AHA dan malem BHA) itu boleh ga, btw bha nya dalam konsentrasi rendah (0,5%) karna aku pake tonernya benton bha itu, dan AHAnya dari essense natural pasific. Thankyouuu ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rini,
      hmm, saranku baik BHA / AHA digunakan malam hari.
      karena, exfo agent membuat kulitmu photo sensitive. nanti geseng kalo dipake siang2, walaupun pake UV sunblock.

      malam hari aja, selang seling Rin :)

      Delete
  49. Hai ka Adit
    Ini kedua kalinya aku tanya di blog kk hehe.
    Dlu jerawatanku parah karena terusan pake krim dokter. Dan ternyata skrg yg menyembuhkanku adalah skincare diet. Setelah stop bberapa produk, akhirnya kulitku membaik yaa walaupun msh bermasalah.

    Nah cuma skrg ka, aku kan sebenernya pake facial wash cosrx dan sunblock skin aqua aja.
    Aku notice bahwa kalo pake sunblock itu emang rentan clogged pores dan jdi muncul blackhead
    Tp kalo ngga pake, mukaku tambah kusem dan bekas jerawat kan nnti menghitam kalo ngga pke sunblock

    Jadi yg aku ingin tanyakan
    1. Sunblock apakah yg aman dan ngga bikin bruntusan
    2. Haruskah aku double cleanse utk mengatasi ini? Kira2 cleansing balm/oil apa yg bagus untuk kulit sensitif berjerawatku?
    3. Haruskah aku nambah toner/essence/serum karena bekas jerawatnya membahana. Kalo iya yg paling safe apa?
    Aku kepikir antara cosrx centella/cosrx snail mucin/cosrx aha bha/klairs supple. Or any recommendation ka? Hehhe

    Thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi aida ... maaf aku lamaaaaaa baru blsss ... kmrn lg sibuk d lapangan ... hmmmm ... km ud pernah coba wove ?

      Delete
  50. kak aku mau nanya kalo cosrx bha power liquid boleh dibarengi sama cosrx natural bha skin returning emulsion gak ? soalnya dua-duanya mengandung bha meskipun yang emulsionnya presentase bhanya rendah

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan ... nanti over exfo ... better pelan2 aja :)

      Delete
  51. Kak aku mau tanya kalo produk aha/bha pemakaiannya boleh d barengi sama produk yg ada niacinamide gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh . tapi kalua aku , aku lebih prefer di selang seling. :)
      karena aku gak terlalu suka lapisan2 terlalu tebal di wajah :)

      Delete
  52. Hai Adit, mau nanya mengenai pemakaian COSRX.
    sebelum pake COSRX kulit muka aku banyak jerawat setelah tidak cocok pakai aloe vera. kulit muka aku kan berminyak. terus setelah mencoba pakai COSRX yaitu
    pagi: low ph good morning facial wash - toner NR - bha asol(tp udah abis)- galactomysic essence( udh abis jg) - jadi yg udah abis ini aku ganti pake bha returning emulsion - lanjut oil free moisturizer - skin aqua spf 25 sbgai sunblok - aku pakein bedak marks putih spya gak mengkilat mukanya.

    malam : cuci pake cosrx low ph - toner NR - cosrx BHA power liquid - cosrx rice overnight masker

    mau nanya aku ini sdh bener gak sih stepnya? bingung kan banyak banget itu step cosrx, terus yg power liquid gak boleh dipake bersamaan sama produk cosrx yg mana?

    skrg masalah kulit aku ada jrwt meradang di jidat, terus pori pori gede banget. spot hitam banyak banget. tolong dong ada saran atau tambahan pake produk cosrx yg lain untuk mengatasi pori pori gede sm dark spotnya.. kalo jrwat sih lumayan berkurang setelah pake cosrx ini. cuma takutnya salah step makanya menyebabkan masalah kulit yg lain.

    makasih mohon direply yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, kalau boleh comment,
      kamu agak terlalu banyak pakai produk exfo nya.

      ada low ph, bha a sol, dan bha power liquid.

      low ph hanya digunakan 1 x sehari.
      malam hari nya, gunakan yang gentle, misalnya sulwhasoo gentle.

      power liquid dia bha yang persennya agak besar.
      jadi aku sih biasanya prefer cosrx clear pad daripada power liquid.

      kalau kamu mau pakai power liquid, better pakai 3 hari sekali :)

      bedak marks , aku ga terlalu rekomen. karena bedak punya tendensi bikin pore clogging :)

      Delete
    2. ok makasih atas sarannya.. ^^

      Delete
  53. Halo ka, aku seneng banget nemu blog ini, pengetahuan tentang skincare jadi lebih luas :)) aku mau nanya kaa, sekarang kan aku pakai toner some by mi 30 days miracle toner yang ada kandungan AHA BHA sama PHA, terus aku niat pakai sabun kefir tapi dia ada kandungan kojic acidnya, bukan kandungan utama sih, tapi kira2 berpengaruh buruk nggak ya ke kulitku? Kulitku normal di pipi, tapi berminyak di daerah T. Thank you kaa :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Katrinka.. wahh .. itu agak over exfo kykny .. krn kojic dan acid toner fungsinya sama. Mrk adalah exfo agent. Saranku km pilih salah satu aja . Jangan semuanya

      Delete
  54. Halo ka, seneng banget nemu blog nga.
    Aku mau tanya donk ka adit, kan aku punya benton aloe bha toner sama first treatment essence nya missha. Menurut kk itu bisa di pake barengan gak ya? Urutan nya gimana? Benton aloe bha toner dulu atau si FTE missha? Atau malah harus salah satu aja?

    Terimakasih ka sebelumnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi ashifya ..
      Boleh pake bareng.
      Tapi kasi jeda .. pertama face wash terus toner bha mu. Tunggu 15 menit . ( harusnya di sini km pakai hydrating toner dulu ) baru setelah itu .. fte missha.

      Gitu .

      Bha toner pakainya malam hari ya . Klo boleh saran jangan tiap hr. Tp selang sehari :)

      Delete
  55. halo kak aku lg pake loreal white perfect clinical. boleh gak kalo pake toner yg mengandung aha/bha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dian .. aku blum pernah pakai loreal white perfect.
      Kalau kamu mau statt pake aha bha toner.. coba dari 2-3 x seminggu aja dulu. Malam hari. Kasi jeda 20 menitan sebelum produk selanjutnya

      Delete
  56. Hello, mau tanya, problem kulit saya itu bruntusan (seperti jerawat kecil di daerah dahi dan seringkali meninggalkan bekas kehitaman), pori2 cukup besar dan sering muncul whiteheads. Tapi, basicly kulit saya cenderung kering (terutama pada bagian pipi bawah dekat mulut dan dagu) dan rentan terhadap perubahan suhu. Saya jadi ragu, apa tipe kulit saya, apa kah berminyak atau kering atau kombinasi? Lalu produk AHA/BHA yg cocok utk kulit saya? Bagaimana dengan Miracle Toner Some By Mi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Suzanne, :)
      tipe kulitmu kelihatannya kombinasi ya :)

      saya lagi coba nih some by mi nya :)
      review menyusul ya :)

      btw, mengenai beruntusan,
      kamu yakin itu jerawat ?
      ada isinya ?
      bukan alergi atau irritated skin?
      karena bentuknya mirip2 .. tapi kalau jerawat ada isinya putih2 , kalo alergi / iritasi ga ada isinya.
      treatmentnya beda

      kalau itu jerawat, dengan regular exfo lama lama bersih
      tapi kalau itu alergi / iritasi, justru ga boleh di exfo
      dengan kata lain, gak boleh pake produk yang mengandung aha /bha atau alkohol .

      so, better kita tau itu bener2 jerawat atau bukan.

      :)

      Delete
  57. Hii ka adit tolong dong rekomen buat kulitku yg kombinasi sekarang lg berjerawat pengen pake cosrx yg apa nih ka soalnya kulitku sensitif pula kemarin sempet pake serangkaian bioderma sebium dan hydrabio di mix mlah jadi jerawatan

    ReplyDelete
  58. Ka adit salam kenal y...q desi ka tolong nih ka rekomen produk buat kulitku yg kombinasi sekarang lg berjerawat gara2 kemarin abis pake bioderma sebium dan hydrabio di mix mlah jadi jerawatan satu muncul kempes muncul yg lain mana jerawatnya gede2 perih lg dipencet2 kn jadi item klo ngga dipencet ngga keluar2 matanya. Lg bingung nih ka mau ngatasin jerawatnya pake teeatment cosrx ap naruko menurut ka adit bagusnya yg mna gt?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi,sebium dan hydrabio di mix jadi jerawatan ?
      masih jerawatan kah ?

      itu agak jarang sih aku denger kasus seperti kamu..
      berarti kamu gak cocok dengan salah satu ingredient nya.
      sudah ke dokter ?

      Delete
    2. hi,sebium dan hydrabio di mix jadi jerawatan ?
      masih jerawatan kah ?

      itu agak jarang sih aku denger kasus seperti kamu..
      berarti kamu gak cocok dengan salah satu ingredient nya.
      sudah ke dokter ?

      Delete
  59. ka klo AHA dan BHA yg terdapat dalam facial wash konsentrasi nya rendah ,berarti ada kemungkinan untuk purging gk ya ?karna kan termasuk mengandung zat aktif juga,tolong jawab yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. enggak akan purging vy. seharusnya.
      karena purging itu biasanay terjadi kalo konsentrasinya di atas 2 persen.

      Delete
  60. hallo adit, aku mau tanya dong. jadi aku baru beli beberapa produk laneige. cuma aku bingung cara pakainya haha aku korban skincare suhay salim. aku beli produk:
    1. laneige advance clear c
    2. laneige clear c peeling serum
    3. laneige white dew amploe
    4. laneige white dew tone up cream

    minta pencerahannya dong ka, untuk urutan pemakaiannya dan makenya harus berapa kali sehari? aku baru mau nyoba nyoba skincare soalnya. terima kasih

    ReplyDelete
  61. hi miftahul :)
    hmm, in general, kamu pakai yang paling encer pertama.
    jadi yang pertama pasti clear c. dia sifatnya toner, digunakan setelah sabun wajah.

    lalu ampule, dan terakhir cream.

    peeling serum, hanya digunakan 2-3 kali seminggu, malam hari.
    siang harinya selalu gunakan sunblock.
    aku lagi mau review sunblock yang recommended untuk kulit oily / acne prone :)
    kamu pake sunblock apa?

    ReplyDelete
  62. Kak aku mau tanya, ini wajah ku kan oily, bruntusan, pori poti besar. Kl pake cosrx yg BHA trs pake lg yg aha/bha corsx itu bisa digabung? Trs kalau udh make cosrx ini boleh ga si digabung sama laneige clear c dan bio essence yg tanaka white? Terima kasihhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Chintya, aku tau aku jawabnya uda tellaaaatt banget .. maaf karena kerjaan di lapangan lagi sibuk.. aku lupa buka blog sampe 2 bulan..

      aku ga tau apa kamu masih perlu jawaban ini atau enggak.. tapi semoga membantu ya.


      kamu harus pilih 1 aja produk yang mengandung exfo. kalua kamu mau pake aha/bha, jangan pake yang lain lagi. nanti kamu over exfo.

      bio essence yang tanaka white aku belum pernah coba. tapi kalua laneige clear c, yang effector ? di switch am / pm aja . :)

      Delete
  63. Halo Kak Adit, salam kenal ya aku Sisca.
    Aku mau tanya urutan pemakaian essence & emulsion. Info dr mbak store Laneige itu emulsion dulu baru essence, ada jg yg blg sebalik nya.

    Lalu kalo toner Somebymi itu boleh digabung dgn essence, emulsion dan cream Laneige kah?
    Kulit ku oily & cukup mudah timbul jerawat, jadi aku tertarik pengen coba toner nya Somebymi

    Last question ni kak hehe..
    Ada saran kah untuk pengobatan jerawat di punggung?

    ReplyDelete
  64. Halo kak adit, mau nanya untuk penggunana cosrx bha a sol toner apa boleh dipakai barengan sma the ordinary niacinamide dan cuka apel?

    ReplyDelete
  65. Halo kak adit, pemakaian produk yg mengandung aha bha apakah boleh dibarengi dengan pemakaian produk yg mengandung azelaic acid? Terimakasih

    ReplyDelete
  66. Hallo ka adit, aku mau tanya muka yang sensitif sm suatu produk yg merah trs gatal itu atasi pake apa ya? Wkt itu aku pernah pake aloe vera NR itu cocok tbtb aku berhenti pake krn sibuk sm kegiatan pas aku pake lg tbtb ga cocok, terus aku harus pake apa ya?
    Skrg toner yg aku pake benton aloe BHA skin toner, tp bsk pagi nya malah iritasi pdhl kmrn22 nggak. Aku bingung mesti pake skin care apa...

    ReplyDelete
  67. Hallo ka adit, aku mau tanya muka yang sensitif sm suatu produk yg merah trs gatal itu atasi pake apa ya? Wkt itu aku pernah pake aloe vera NR itu cocok tbtb aku berhenti pake krn sibuk sm kegiatan pas aku pake lg tbtb ga cocok, terus aku harus pake apa ya?
    Skrg toner yg aku pake benton aloe BHA skin toner, tp bsk pagi nya malah iritasi pdhl kmrn22 nggak. Aku bingung mesti pake skin care apa...

    ReplyDelete