Thursday, May 4, 2017

[Beauty Info] Roaccutane, Obat Jerawat Ampuh yang Kontroversial

Hi semua, hari ini Adit ingin cerita sedikit mengenai salah satu obat jerawat yang cukup kontroversial di dunia kesehatan kulit wajah untuk mengatasi jerawat, yaitu Roaccutane. Banyak dokter di Indonesia dan di luar negeri yang memang menggunakan produk ini, dan memang terbukti hampir 100% sukses mengatasi segala bentuk jerawat , mulai dari jerawat kecil kecil sampai jerawat cystic, di wajah, sampai di tubuh ( punggung, pantat , dll ) Namun demikian, ada kesimpang-siuran mengenai obat jerawat ini , mulai dari ketakutan tidak bisa hamil, kebotakan, dan isu isu lainnya. Oleh karena itu, pada postinganku hari ini, aku akan cerita lebih detail mengenai produk ini.



Roaccutane 

Roaccutane, merupakan salah satu produk yang mengandung kandungan aktif isotretionin, yang merupakan bentuk turunan vitamin A. Isotretionin ini bekerja dengan cara :

  • mengurangi minyak yang terproduksikan oleh oil glands ( kelenjar minyak ), 
  • mengecilkan kantong kelenjar minyak tersebut, 
  • mengurangi jumlah P.Acnes ( bakteri penyebab jerawat ) . Seperti kita ketahui, bakteri jerawat hidup di minyak kulit kita. Karena isotretionin mengurangi produksi minyak di kulit, otomatis jumlah bakteri jerawat pun akan berkurang. 
  • mempunyai anti inflammatory properties 
  • dan juga membantu kulit kita untuk 'renew itself' lebih cepat. 

Dosis Roaccutane 

Roaccutane comes in 3 doses , seingatku ada yang 10 mg, 20 mg dan 40 mg kalau ga salah. Tapi yang banyak beredar di market adalah yang 10 mg dan 20 mg. Cara menggunakannya adalah 1 cycle.

In general, 1 cycle Roaccutane berbeda untuk setiap orang tergantung dari berat tubuh masing-masing individu. Hitungan simplenya  adalah 120 mg per kg. Jadi kalau berat tubuh kamu 70 kg, 1 cycle Roaccutane-mu adalah 8400 mg. Dengan kata lain kalau kamu makan roaccutane yang kandungannya 20 mg per pil, kamu perlu 420 pil ( ~ 14 box Roaccutane ) .

Di luar negri, biasanya dokter-dokter menggunakan patokan bulan sebagai panduan memberi resep untuk pasiennya. Misalnya : kalau kamu perlu 420 pil @20mg, dan target mereka adalah 3 bulan selesai 1 cycle, maka kamu akan diresepkan 5 pil per hari. (total 100 mg/day) , sebuah dosis yang sangat tinggi. Menggunakan Roaccutane dosis tinggi ini biasanya akan memicu side effect yang tidak bisa diabaikan. ( adit akan bahas di bawah, keep reading :) )

Di Indonesia, dokter-dokter kulit menggunakan cara yang lebih aman, yaitu dengan meresepkan dengan cara 'lower dose longer time' . Misalnya, untuk 8400 mg yang kamu perlukan untuk 1 cycle, dokter hanya meresepkan 20 mg per day, yang artinya 1 cycle tersebut akan memakan waktu 14 bulan kurang lebih. Dengan cara ini, walaupun mungkin progressnya tidak terlalu cepat, efek samping dari Roaccutane relatively lebih kecil.

Untuk banyak kasus, biasanya setelah 1 cycle ini selesai, kulit kita akan sangat bersih dan tidak perlu menggunakan Roaccutane lagi. kecuali untuk beberapa kasus seperti :

  • male gender ( sebagian pria perlu mengulang cyclenya karena overproduction dari homrone testosterone ) 
  • severe acne ( dalam hal ini, yang kasus jerawatnya sangat parah perlu mengulang cycle roaccutane, karena 1 cycle belum cukup ) 
  • tidak cukup minyak pada saat makan roaccutane ( akan aku bahas di bawah ) 
  • ketidak seimbangan hormon pada wanita, seperti misalnya pada kasus PCOS ( poly-cystic ovary syndrome ) 
  • kamu menggunakan suplemen gym yang sangat high sugar ( seperti misalnya pada pre-work) , high vitamin B , super high caffeine, high stimulant, dan juga makan vitamin yang super high vitamin E . 

How to Use 

Selama menggunakan Roaccutane, biasanya sekitar 2-6 bulan pertama, kita akan mengalami proses purging. Hal ini dikarenakan cara kerja roaccutane yang seperti Adit katakan di atas, bekerja dengan cara mengecilkan kantong kelenjar minyak di kulitmu, oleh karena itu, isi di dalam kantung kelenjar minyak di kulitmu pasti akan keluar dulu sebelum akhirnya menjadi mengecil :) Di samping itu, kita juga merasakan kulit kita menjadi lebih sensitif selama menggunakan Roaccutane ini. Oleh karena itu, biasanya kita hanya diperbolehkan menggunakan sabun pencuci wajah yang sangat gentle, moisturizer dan sunblock saja.

Cara menggunakannya pun agak berbeda dengan vitamin lainnya. Karena vitamin A merupakan jenis vitamin yang larut lemak ( vitamin A-D-E-K adalah larut lemak, sedangkan vitamin B dan C larut air), Roaccutane harus dimakan setelah makan -makanan yang agak berminyak . atau susu full cream agar dapat larut dan terserap dengan baik . Beberapa waktu yang lalu ada pasien seorang dokter di jakarta yang mengeluh, katanya dia koq ga sembuh-sembuh jerawatnya, padahal uda berbulan bulan disuru makan Roaccutane. Akhirnya setelah ditanya, dia lagi diet ketat, dan dia makan Roaccutane setelah makan roti gandum dengan selai strawberry saja, which is salah banget :)

Tingkat keberhasilan Roaccutane ( ataupun obat minum lainnya yang mengandung isotretionin ) dalam mengatasi jerawat memang sangat besar. Kamu dapat search di google, before-after pictures, orang-orang yang sukses mengatasi jerawat menahun dengan Roaccutane ini. Walaupun demikian, obat ini tidak disarankan untuk digunakan secara bebas. Kamu perlu pengawasan dokter pada saat akan menggunakan obat ini, mulai dari awalnya sampai akhirnya. Hal ini dikarenakan beberapa side effect yang mungkin timbul, seperti yang akan aku bahas berikut ini.

Roaccutane Side Effects 

Seperti yang telah Adit katakan di atas, seperti halnya menggunakan obat oral lain secara berkala dalam waktu yang cukup lama, menggunakan Roaccutane pun tentu akan memiliki side effect, yang akan dirasakan semakin parah, apabila kamu menggunakan dosis harian yang semakin tinggi. Atau dengan kata lain, kalau kamu menggunakan Roaccutane dosis yang rendah, biasanya ( walaupun tidak selalu ), efek samping yang kamu rasakan akan jauh lebih kecil. Berikut Adit akan membuat list efek samping yang mungkin timbul, mulai dari yang paling sering dirasakan oleh pasien dengan Roaccutane.

Side effect yang paling sering dirasakan oleh semua pasien dengan Roaccutane adalah :
  • bibir kering ( agak gremet-grement, bahasa kedokterannya adalah Cheilitis ) 
  • kulit agak kering ( tidak hanya di wajah, mungkin juga di tubuh ) 
  • skin peeling 
  • kulit agak gatal ( karena kering ) 
  • haus ( disarankan selama menggunakan roaccutane, kamu minum paling tidak 2 liter perhari ) 
  • kulit agak kemerahan ( rash ) 
  • dry eyes 

Berikutnya, side effect yang dirasakan oleh 25-50 % pasien dengan Roaccutane adalah :
  • mulut kering 
  • kulit telapak tangan mengelupas 
  • rambut rontok 
  • perasaan lelah ( fatigue ) 
  • kolesterol dan triglycerides naik 
Lalu , side effect yang dirasakan oleh 10-25% pasien dengan Roaccutane adalah : 
  • sakit kepala 
  • joint pain ( sendi-sendi agak linu ) 
  • eksim kulit 
  • susah tidur ( insomnia ) 
  • sunburn ( sensitive to sun ) 
  • hilang napsu makan 
  • sakit otot , pegal-pegal
Terakhir, side effect yang dirasakan oleh 1-10 % pasien dengan Roaccutane adalah : 
  • malaise ( perasaan tidak sehat, lesu, gak bertenaga ) 
  • mood change 
  • dry hair 
  • gatal di sekitar kelopak mata ( bahasa kedokterannya adalah : Blepharitis ) 
  • photophobia ( sensitif terhadap cahaya yang sangat terang ) 
  • berkurangnya jumlah keringat 
Kembali Adit ingatkan, bahwa tidak semua side effect di atas dirasakan oleh semua pasien Roaccutane. Pada sebagian besar kasus, side effect yang dirasakan hanyalah kulit agak kering, sedikit gatal, haus, bibir agak kering atau agak sensitif terhadap cahaya matahari saja. Walaupun demikian, ada memang beberapa kasus ( terutama yang dosisnya besar ) , yang merasakan mood nya berubah : sedih, stress, lemes , dll. 
Beberapa side effect lain seperti misalnya kerontokan rambut, belum tentu di-trigger oleh Roaccutane. Sebagai contoh, misalnya kebotakan pada pria yang sedang menggunakan Roaccutane, bisa jadi karena pria tersebut memang secara genetik memiliki gen kebotakan, yang disebabkan oleh DHT ,  yang kebetulan mulai botak disaat dia sedang menggunakan Roaccutane. Atau misalnya sakit sendi, bisa jadi karena dia memiliki asam urat, yang tidak dia sadari sebelumnya. 

Penting untuk diingat , semua side effect ini akan berangsur-angsur menghilang, setelah kita selesai menggunakan Roaccutane. Jadi tidak permanent. So, andaikan kamu mengalami kerontokan saat menggunakan Roaccutane, kerontokan tersebut akan berhenti, dan rambut baru akan kembali muncul bersamaan dengan selesainya 1 cycle Roaccutane tersebut. ( kecuali kamu rontok karena faktor lain ) 

Kalau kamu baca di beberapa forum seputar jerawat di luar, ada beberapa side effects Roaccutane yang belum terbukti kebenarannya, seperti : 
  • depresi, termasuk diantaranya keinginan untuk bunuh diri. Beberapa orang yang melaporkan side effect ini, sebenarnya sangat mungkin sudah mengalami depresi sebelum menggunakan Roaccutane. Misalnya, kamu depresi karena jerawatmu sangat parah, dikucilkan, dibully di sekolah, merasa minder, dll. Saat menggunakan Roaccutane, karena ada proses purging di awal penggunaan, otomatis, kulitmu menjadi semakin parah dulu sebelum akhirnya membaik. Hal ini kemudian membuat pasien menjadi sangat stress lebih daripada sebelumnya, tidak mau menerima proses yang sedang berjalan, dan akhirnya semakin depresi. Beberapa mungkin semakin di bully di sekolah, sehingga akhirnya ingin bunuh diri. 
  • completely different person : yang artinya, kamu benar-benar berubah personality nya yang semula cheerful, menjadi dark, bitter, emotional, dll. Ini juga belum terbukti, walaupun memang ada mood change pada beberapa kasus, tapi, for you to become a complete different person, that's a bit too much. Kemungkinannya, selain masalah jerawat, mungkin orang tersebut mengalami problem lain seperti : orang tua mau divorce, putus dengan pacar, atau masalah lainnya yang tidak bisa di generalisir . 
  • turunnya kepadatan tulang : beberapa uji klinik di luar tidak menemukan link antara turunnya kepadatan tulang dengan penggunaan roaccutane ( atau isotretionin product lainnya ) 

Yang Harus Diperhatikan untuk Wanita yang Sedang Hamil 

Ok, this is one of the most important message on my posting. So, please read it carefully. 

Saat ini, momok yang beredar adalah bahwa Roaccutane atau isotretionin product akan menyebabkan kamu tidak bisa hamil. Itu salah. Yang benar adalah : bahwa Roaccutane merupakan produk yang tergolong TERATOGEN. 

Teratogen adalah : obat-obatan yang mempengaruhi perkembangan janin , sehingga janin tidak berkembang secara normal. Untuk beberapa kasus adalah :
  • spontaneous abortion ( kasus ekstrim ) 
  • kelainan pada perkembangan tulang kepala, mata, dll 
  • dan kematian janin
Yang artinya, strickly prohibited untuk kamu yang sedang hamil , untuk menggunakan Roaccutane ini. Untuk kamu yang sedang progam hamil, biasanya juga disarankan untuk melakukan program hamil pada 4-6 bulan setelah cycle Roaccutane selesai. Lalu, selalu gunakan alat kontrasepsi apabila berhubungan badan dengan suami, agar tidak terjadi kehamilan yang tidak direncanakan selama kamu dalam cycle Roaccutane. 

Penting untuk diingat bahwa Roaccutane TIDAK menyebabkan kandunganmu rusak. Yang artinya, kalau kamu sekarang masa puber, dan makan Roaccutane, Roaccutane tidak menyebabkan kerusakan pada kandungan sehingga menyebabkan sulitnya hamil di masa yang akan datang. Hal ini yang selama ini salah kaprah :)  Kalau kamu merasa gak yakin dengan keterangan ini, kamu dapat konsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulitmu, untuk mendapatkan penjelasan yang detail sebelum kamu menggunakan Roaccutane. 



So, semoga postingan Adit kali ini membantu kamu untuk menelaah lebih jauh mengenai Roaccutane, obat jerawat ampuh yang kontroversial. I was on Roaccutane like 6-7 years ago . Before taking the meds, i can't even see any 'free spot' on my face. Jerawatku bahkan bisa numpuk sampai 5 biji di satu tempat. Ada jerawat bahkan sampai di kuping, di kepala, di punggung, hiihhhh ngeri. Sampai akhirnya aku ke dokter Kun, dan aku tahu dokter Kun meresepkan obat yang mengandung isotretionin. It took 6-12 months to finally have a clear face, with a lot of tears and joy along the process. However, i can still remember how it felt like to finally have a clear face :) . 

Saat ini, kadang-kadang aku masih berjerawat, anyway. Tapi gak pernah yang sampai separah dulu :) Aku masih bisa maintain dengan produk bebas yang beredar di pasaran seperti SK-II, COSRX, Benton, dll. So i can say that this Roaccutane is my life safer. :)

Untuk kamu-kamu yang saat ini sedang proses , please be patient, it gets worse before gettin' better :) 
Semangat ! 

Alright then, segini dulu postingan dari Adit. Nantikan postingan lainnya hanya di Groom it Like Adit ya 

50 comments:

  1. Hai kak aditttt!


    Aku super jatuh cinta sama tulisan kakaa uh����

    Kak update skin care rutin sekarang dong, kalo bisa detail ya ehehehe


    Kepo banget soalnya apa aja sih regimen skin care nya, kulit kaka bagus pula glowing hihi kali aja bisa jadi referensi, aku lagi dalam masa peralihan skin care huhu


    Kaka pakai the bath box kan ya, nah itu kapan aja sih dipake nya, apa dibarengin atau single use aja..

    Thanks ya kak! Maaf kalo panjang plus maksa hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Silma :)
      thanks uda mampir2 :)
      haha, nah, sebenernya ada beberapa reader yang minta aku tulis AM PM routine ku .. haha .. tapi aku maluuu .. banyaakkk banget soalnya :)

      lagi ngumpulin kekuatan . .haha ..

      aku pake bathbox kalo pencuci wajahnya 1 x sehari ,
      toner nya tiap pagi malem, karena enak di kulit , calming plus hydrating .. :)

      kalau oil , aku pakenya malem aja sekarang :) karena kalau pagi waktunya ga ada :)

      kamu pake bath box juga ?

      Delete
  2. Keep writing kak, aku fans kaka banget loh btw hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Silma :) waaa hahhahaa :) makasih makasih

      Delete
  3. hi adit.
    nice writing. aku pun dulu pasien dr. kun, kebetulan aku baru berhenti beberapa bulan lalu. sejak berhenti dari obat minumnya, kulitku balik berminyak lagi. huhuhu. sedih deh. padahal waktu konsumsi roaccutane berasa surga banget.

    kamu untuk kontrol minyak pasca penggunaan roaccutane pake apa ya? boleh di share ngga? aku jadi agak parno kalo mau pake produk wajah yang aneh2. takut jerawat kambuh lagi sementara kelenjar minyak ttp super aktif.

    thanks in advance, adit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Sherly .. :) iya roaccutane ini memang paling ampuh nya untuk jerawat ya . :)

      aku kontrol minyaknya dengan cara :
      1. no vitamin E dan vitamin B dari multivitamin .
      2. kurangi sugar dan carbs ~ 2 hal ini berhubungan dengan pembentukan IGF-1 , salah satu faktor yang menyebabkan produksi sebum meningkat di tubuh .
      3. makan suplemen vitamin A - betakaroten , vitamin D dan zinc ( vitamin A mirip fungsinya seperti roaccutane ,dia mengurangi aktifitas kelenjar minyak )
      4. mengurangi makan pedas, dan menghindari panas. ( naiknya 1 degree temperature badan, menaikkan produksi sebum 10 kali lipat )
      5. makan l-carnitine . dia juga berfungsi mengurangi aktifitas kelenjar minyak , sekaligus untuk fat loss. tapi , memang gak efektif roaccutane.

      so far sih, aku seperti itu sher , tapi memang, ekspektasi kita jangan kayak pas makan roaccutane yang perfect banget. tapi lumayan lah :)

      Delete
  4. ka adit super sekali nyesel dulu ga baca postingan ini sebelum pake roaccutane. Tapi aku berhasil menghilangkan jerawat yg kecil2 tapi banyak 😂😂.. terakhir aku pake dosis 10mg, selama 10 bulan. nah sekaramg mulai muncul lagi jerewinya ada lah 8 an maah. kata ka adit boelh pake roaccutane lagi ga yah? apa pake skincare routine aja? Danke ❤️

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi alvina. :) makasih lowh uda mampir :)
      kamu bias kira2 gak, apa yang nge trigger jerawat mu yang baru2 ini muncul ?
      soalnya kalo kita ga tau triggernya , nanti muncul2 lagi.

      boleh aja sih pake roaccutane, tapi mungkin akan purging2 lagi. jadi siapin hati lagi ya :)

      Delete
    2. oh iya, kalau aku late response, follow ig aku aja ya @Joshua_Adityaa

      Delete
    3. waahhh siap kaaa, cara tau triggernya gimana yah? soalnya aku naik turun, kadang jerawatan kadang engga padahal masih pake skincare yg samaa.. apa karna faktor makanan kali yah ka? danke again ❤️

      Delete
    4. hi Alvina, jerawat faktornya ada banyak. bias karena makanan, alergi, stress, kurang tidur, gula, nasi putih . minuman energy drink , dll . :) jadi memang gak melulu karena gak cocok skincare.
      hormone juga salah satu factor penyebab.

      :)
      cara tau triggernya, coba kamu review, kamu lagi sering makan apa belakangan yang terus kemudian jadi jerawat.
      biasanya yang high sugar, kayak minuman2 yang sering dijual di mall mall belakangan ini, terus juga yang terlalu high protein, dan vitamin B dan E biasanya . :)

      Delete
  5. hy adit .. aku lagi pengobatan roaccutane 20mg, ini hari ke 13.
    saat ini, siklus menstruasi ku gak sesuai jadwal dan udah telat seminggu, apa telatny haid ada hubunganny sama kosumsi roaccutane ini ? aku blm dapat info ttg ini, semoga km bisa bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ind , pada beberapa kasus , walapun sangat jarang . ada yang agak berubah siklus haidnya setahu ku.
      tapi in general, karena roaccutane ini pro-vitamin A dosis tinggi, seharusnya ga sampe bikin siklus haid terganggun, karena siklus haid kan hormonal ya.

      nah, sedangkan terganggunya produksi hormon itu banyak faktor .. jadi mungkin bukan karena roaccutanennya Ind :)

      Delete
  6. Hai kaaa, aku udh minum obat nya skitar 8 bulanan dan udh berhenti 2 bulan ini, tp jrawat nya balik lg huhuu, mnurut kaka mnding aku konsul lg ke dr. Kun apa beli obat nya kya dgn dosis kya biasa yaaa??? Dan aku dr awal baru konsul skali doang pas dftarprtama itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi nabilaa ... harusnya km abisin sktr 1 cycle ada itungannya berdasarkan berat badan . misalnya untuk aku 72 kg, itu 26 botol ga putus .
      baiknya km dtg lg k dr kun :)

      Delete
  7. Addit boleh minta komer wa ngak ?
    Mau tanya tanya

    Ini wa aku

    085210000438

    ReplyDelete
  8. inspiring bgt ka! thanks for sharing :) kalau boleh nanya, aku kan juga in medication pake roaccutane nih. baru pake kurang dari 2 minggu sih, tapi kulit belom purging dan masih berminyak BANGET. tapi minusnya kulit jd kasar dan aga kusam. tp aku punya kebiasaan begadang hampir tiap hari ka , gapernah bisa tidur dibawah jam 12. kira-kira kebiasaan begadang bakal berpengaruh ga ya sama kinerja obat roaccutane ini? Trims. Mohon dibales ya kak. Stay humble and informative !

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) makasih ud mampir2
      hmm, begadang ga ngefek ke roaccutane tapi ngefek ke jerawat
      karena , waktu tidur kurang , stress level naik yang kemudian bikin produksi sebum ningkat :) gituuu

      Delete
  9. Kak kalo berat badan 54 berapa roacuttanee yg harus di konsumsi?
    Kak saya masih pake cream dokter, dan wajah saya skrg lg mengelupas dan kering . Kapan sebaiknya saya mengonsumsi roacuttanee ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ade. aku bukan dokter, dan karena roaccutane kadang suka ada efek samping, aku agak ngeri jawab pertanyaan kamu.

      tapi akan jawab,dengan catatan kamu ada dokter yang closely monitor ya .

      dosis minimum roaccutane itu, kalau yang sering digunakan sebagai panduan adalah : 0.5 mg x berat . jadi kalau kamu 54 , dosisnya adalah sekitar 27 mg per hari. kalau kamu makan roaccutane 10 mg per butir, jadi kamu makannya 3 .


      dosis maksimumnya, 1 mg x berat = 54 mg .

      gitu

      tapi, again, ini harus dengan panduan dokter.


      kamu problemnya apa ? jerawat banyak ?
      kalau jerawat beberapa aja, better jangan pakai roaccutane dulu.
      kecuali jerawatmu uncontrolled .

      Delete
  10. Ka boleh tanya ngk ?kalau dosis takaran nya 120 mg per kg itu emang buat semua berat badan apa berbeda pula ..?di contoh di atas kan 120mg untuk per kg untuk 70 kg berat badan..
    Kalau aku kan berat bdan nya hnya 39 kg itu tetap sama juga kaya kka 120mg per kg .. ?
    Mohon balesan nya yh ka ,makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi REfa .. berat mu kan 39 kg. jadi sebenenrya kamu cuma perlu 20 mg minimum, atau 40 mg maximum.

      jangan 120 . itu over banget.

      Delete
  11. hai kak.. makasih ya artikelnya sangat informatif. aku udh jerawatan 3 tahun lebih, ga parah banget sih tapi cukup memenuhi pipi kanan dan kiriku.
    yg mau aku tanyain, kalo misal aku konsumsi blom sampai 1 cycle dan udh berhenti krna udh merasa sembuh, apa boleh ? atau harus tetap dg aturan 1 cycle wlaupun baru 3 box (misal) udh sembuh??
    terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya
      harus full 1 cycle :) banyak nya orang belum full 1 cyle karena uda bersih dia stop. tapi terus jerawatnya muncul lagi, jadi ngulang lagi dari awal :)

      Delete
  12. hai ka adit:)
    aku mau tanya nih ka, aku udah minum obat jerawat dari dr. Kun sekitar 2mingguan tp menurutku blm ada reaksi tanda2 purging dan muka masih tetep berminyak banget kaya sebelum minum objernya. Itu kenapa ya ka? makasihhh:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi .. km ke dokter kun pakai obat krim2nya jg ?
      Terus selain roaccutane dokter kun kasi obat minum lain gak ? Misalnya antibiotik.
      Kalau ada.. kemungkinannya kenapa kamu gak purging karena bakterinya dibunuhin oleh antibiotik itu. Atau hal lain yg memungkinkan adalah .. kantung sebarius gland di bawah kulitmu gak besar2.. jadi purgingnya gak alay . Haha .. atau .. belum :) .
      Aku sih dulu masuk bulan ke 2 baru purging parah :)

      Delete
  13. Hai kak, apakah obat ini bisa dipakai untuk jerawat yg gak terlalu parah seperti jerawat pasir yang tidak parah?

    ReplyDelete
  14. Hai
    Thanks for sharing... Lg masa2 lelah banget sama jerawat yg gak sembuh. Mau tanya sedikit, kebetulan aku emg uda bolak balik ke dokter dan ttp aja bersih sebentar trus kalo masa period muncul lg bruntusan. Trakir sempet bersih dan agak mendingan gara2 minum obat roaccutane warna merah. Setelah aku cr2 kyknya itu yg 20mg. Tp wkt minum obatnya 2hari sekali. Trus stelah jalan dua bln dstop sama dokter. Eh selang sebulan muncul lg jerawat bruntusan sampe ke punggung. Stelah komplain dksi lagi obatnya. Aku sempat stop gara2 mikir tkt ketergantungan. Dan terakhir nyari2 info dokter kulit dptlah info dokter kun dan banyak yg berhasil karena minum obat roaccutane tiep hari dan sampe berbulan2 bahkan 8 bln.
    Jd aku sedang masa dilema.
    Apa aku rutin sndiri coba roaccutane 10mg tiep hari dan kalau berat aku 54kg, 1 cycle itu brp lama?
    Atau aku mesti konsul lg k dokter. Aku cape soalnya nyari info trnyata pemakaian roaccutane hrs rutin sampai tuntas sedangkan dokter kulit yg aku datengin malah bolong2 ngasinya. Jd uda 9 bln jerawat gak tuntas2.

    Tlg saran nya adit :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) sori baru balas ..
      hmm, kalo 10 mg jadinya lama banget sih..
      saranku paling enggak 20mg
      kamu kan 45 kg x 120 mg .. jadi kurang lebih 5400 mg. itu 270 hari continuous kamu mesti minum yang 20 mg. kalo 10 mg, berarti 540 hari . :)

      Delete
  15. Hai
    Thanks for sharing... Lg masa2 lelah banget sama jerawat yg gak sembuh. Mau tanya sedikit, kebetulan aku emg uda bolak balik ke dokter dan ttp aja bersih sebentar trus kalo masa period muncul lg bruntusan. Trakir sempet bersih dan agak mendingan gara2 minum obat roaccutane warna merah. Setelah aku cr2 kyknya itu yg 20mg. Tp wkt minum obatnya 2hari sekali. Trus stelah jalan dua bln dstop sama dokter. Eh selang sebulan muncul lg jerawat bruntusan sampe ke punggung. Stelah komplain dksi lagi obatnya. Aku sempat stop gara2 mikir tkt ketergantungan. Dan terakhir nyari2 info dokter kulit dptlah info dokter kun dan banyak yg berhasil karena minum obat roaccutane tiep hari dan sampe berbulan2 bahkan 8 bln.
    Jd aku sedang masa dilema.
    Apa aku rutin sndiri coba roaccutane 10mg tiep hari dan kalau berat aku 54kg, 1 cycle itu brp lama?
    Atau aku mesti konsul lg k dokter. Aku cape soalnya nyari info trnyata pemakaian roaccutane hrs rutin sampai tuntas sedangkan dokter kulit yg aku datengin malah bolong2 ngasinya. Jd uda 9 bln jerawat gak tuntas2.

    Tlg saran nya adit :)

    ReplyDelete
  16. Halo bro, makasih sudah mau berbagi.
    Mau tanya nih, kalo mengkonsumsi roaccutane dengan dosis berbeda pada bulan selanjutnya, apakah tidak apa2? Misal bulan pertama 10mg, bulan kedua dan seterusnya 20mg. Terus kalau misal berat saya 60kg x 120= 7200, sudah terapi sebulan dengan yang 10mg atau total 300mg. Kalo saya konsumsi yang 20mg, berarti tinggal konsumsi kekurangannya yang 6900mg ya?
    Tolong sarannya, ty.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi ifan. seharusnya sih start di depannya tinggi dulu. baru setelah 6 bulan, dikurangi dosisnya sampe full 1 cycle gitu .. so far gimana perkembangannya ?

      Delete
  17. Hai kak adit..
    Maaf kak, tentang reaccutane, banyak banget dijual. Mulai dari botol dan box. Dan botol pun warnanya ada hitam ada merah. Saran dari kak adit. Reaccutane yg bagus nih yg mana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fitri, setahuku roaccutane botolnya putih loh.

      Delete
  18. Bagus bgt sharingnya..

    Btw, roaccutane ini bisa ngebantu masalah jerawat di bagian badan juga ga ya?
    Dulu waktu bagian wajah gw masih bermasalah, bagian dada dan punggung gw bersih dan normal2 aja. Kemudian konsumsi roaccutane untuk bagian muka, masalah jerawat berhenti.

    Semenjak bagian wajah udah mendingan dan jarang berjerawat lg, sekarang bagian dada dan punggung gw yg bermasalah. Dulu pernah pake sabun kocok acne feldin, saran dari dokter kulit gw. Namun hasilnya kurang memuaskan. Skrg gw mulai kembali konsumsi roaccutane 10 mg kurang lebih udah jalan satu bulan. Yg skrg kelihatan sih emang produksi minyak berkurang. Jerawat jg agak berkurang. Tp masih ada aja jerawat yg tumbuh di bagian badan. Asumsi gw sih emang lg purging. Tp aman ga ya konsumsi roaccutane dgn tujuan mengurangi jerawat badan. Atau malah ga ada efeknya.

    Any Advice? Thanks ya Dit..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mohammad, aduuhh sori banget gw dari desember sampe maret ini lagi sibuk di lapangan , sampe lupa buka blog. gw tau mungkin jawaban gw telat banget, tapi semoga membantu ya..

      hm, roaccutane bisa buat jerawat badan juga. karena cara kerja roaccutane adalah dengan mengurangi kerja kelenjar minyak. dan itu gak pilih, pilih, artinya, bisa di punggung, dada, kulit kepala, wajah, untuk beberapa kasus kadang2 ada yang jerawatannya di lengan atas, atau di pantat misalnya.

      kalua daerah sebaran jerawatnya agak banyak Mad, mungkin 10 mg gak cukup, progressnya akan lama. better dinaik-kin dosisnya. tapi dengan kalkulasi totalnya tetap sama 1 cyclenya. dulu sih aku sampe 50 mg per day. cuma itu mesti dalam pengawasan dokter karena ada side effectnya. yang aku rasain paling ekstrim adalah mood swing.

      gitu. sekarang gimana progressnya ?

      Delete
    2. Hai dit thank for response.

      Sekarang udah jalan bulan ketiga gw konsumsi roaccutane 10 mg. Dampak di badan gw sih emang produksi minyak sangat berkurang drastis. Jerawat2 jg udah mulai jarang bermunculan. Efek lainnya kulit muka dan badan berasa halus dan lembut gitu di tubuh gw. Namun kadang masih ada satu atau dua jerawat yg timbul di muka dan badan gw tp ga sebanyak dl. Lebih cepat kering dan hilang jg. Mungkin karena dosis yg gw minum ga terlalu tinggi sehingga dampaknya ga langsung kilat menghentikan timbulnya jerawat. Namun gw cukup puas dgn kinerja nya saat ini.

      Selama pemakaian roaccutane ini emang beberapa bagian di tubuh gw berasa kering. Seperti di sekitar area mulut dan bibir. Namun gw selesain dgn diolesi repairing jelly. Ga ada perasaan mood swing atau apalah yg dijelaskan sebelumnya. Ini jg mgkn krn dosis yg gw ambil masih kecil ya.

      Sekarang gw bingung gimana cara menghilangkan noda2 bekas jerawat di badan gw. Udah coba pake sabun mandi yg ada scrub nya gitu tp blom efektif jg. Dipakein lotion jg udah. Ga terlalu efek di kulit gw. Ada rekomendasi kah dit?

      Oh ya gegara pernah ada jerawat di dada yg disuntik jerawat gitu waktu ke klinik dokter malah efeknya timbul keloid di bekas jerawat itu dan bikin gw ga nyaman. Selain penggunan salep seperti dermatix dll apakah ada cara lain ya utk ngilangin keloid. Thank you, Dit.

      Delete
    3. hi Mohammad .. :) bagus donk uda mulai ada hasil.. jangan jadi kendor ya .. tetep dirutinin makan roaccutane. kalau ternyata cukup dengan 10 mg, itu bagus banget.. karena memang efek samping itu keliatannya significant untuk yang makannya 40+ mg.

      untuk noda bekas jerawat di badan, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan :
      1. pakai sabun yang mengandung : kojic acid ( kojie san ,misalnya ), atau aha/bha ( cari yang dosis rendah aja, kalo dosis tinggi, kamu lagi makan roaccutane nanti makin kering ) , atau kamu cari sabun badan yang mengandung vitamin C.
      2. ke skincare clinic, lalu melakukan treatment microdermabrasi tapi untuk badan. ( ini hanya boleh dilakukan kalau sudah tidak ada jerawat aktif . )

      jangan scrub, karena scrub kalau kulitmu masih ada jerawat aktif, nanti bakteri nya nyebar lagi :)

      di dada di suntik jerawat malah ada keloid ? padahal, harusnya suntikan itu pake kenacort, yang juga bisa untuk menghilangkan keloid lowh :) berarti itu akar jerawatnya belum bener2 habis. maksudnya dipegang masih melendung gitu kan ya ?
      biasanya, kalau masih melendung, datang lagi ke dokter, disuntik lagi kenacord. sampai rata kulitnya.

      keloid itu sebenernya genetik. kamu kalau luka, suka jadi keloid ga ?
      kalau kamu luka ga jadi keloid, harusnya aman.

      Delete
  19. Hy kk adit , aku udah lama banget cari tau tentang roaccutane dari video YouTube , Instagram , blog dan finally aku nyasar k blog kak Adit , thanks God , karena udah beberapa bulan terakhir ini aku jerawatan , oh my God mungkin karena aku orang nya suka gonta ganti skincare sampai timbul lah tamu tak diundang undang ini , udah kesana kemari pakai skincare dari yang murah Ampe perawatan dokter klinik kecantikan gak mempan , sampai aku baca review orang-orang tentang accutane ini , takut sih mau coba karena reaksi nya yang bikin aku BT dan gak berani, tapi baca blog kakak , bismillah aku coba , karena tulisan blog kakak bikin aku PD dan rasa takut untuk coba roaccutane ini jadi berkurang , thanks banget udah share pengalaman dan pengetahuan nya , nanti aku coba roaccutane , aku juga akan berbagi informasi, semoga aku berhasil aamiin,dan sukes selalu buat kakak !!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi nanda … aduhh maaf aku baru balas.. :)
      gimana skarang progressnya Nda ?

      Delete
  20. Hi ka adit, saya kan sdh konsumsi roaccutane ini 2 bln lebih nah 2 bln pertama saya minum yg kemasan botol dosis 10mg 1x1 non stop. Terus lanjut berjalan 1 mgg ini saya ganti yg kemasan box dgn dosis yg sama 10mg. alasan saya ganti krn menurut saya yg botol progres nya kurang signifikan, & yg saya rasakan skrg ini muka ku jdi timbul byk jrwat entah ini efek lagi purging2 nya ditambah lagi muncul juga di punggung, leher, badan, kepala bisa dibilang sebadan bermunculan di titik tertentu aja apa itu wajar ya ka?? Karena sebelum nya jg purging wktu minum yg botolan cuma di bagian pipi aja, tapi gak selebay yg skrg ini kaget aja sih sma efek yg skrg ini ka, cuman jerawat nya ini semacam bentol ada air bening gtu spt cacar jdi kadang pas cuci muka kesenggol dikit pecah. Sedih bgt rasanya skrg ka uu terus sempat demam jg apa iya ini termasuk efek nya jg ka? Intinya sih emg beda bgt cara kerja yg botolan dgn yg box walaupun sma kandungan nya izotretionin. Well menurut kk sya gmn ttp lanjutin yg box dgn dosis 1x1 sampai habis atau sya kurangin dosis jdi 2hr sekali utk strip yg ke2 dst atau sya kembali minum yg botolan aja ka saya bingung skrg tolong saran nya ka adit makasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, kamu beli roaccutane di mana ?
      hmm, seharusnya gak sampai segitunya . pada intinya : roaccutane akan mengeluarkan isi pori yang tersumbat. biasanya adalah daerah yang selalu jadi jerawat . contoh. kalau aku misalnya di daerah rahang. jadi gak tiba2 terus sampai ke daerah2 yang jarang banget jerawatan.

      apalagi baru keluar semua pas masuk bulan ke3 ya ?
      harusnya kalau memang purging, bulan 1-2 sudah mulai keluar banyakterutama yang besar2 dulu, bulan ke 3 harusnya sudah mulai berkurang (masih keluar tapi lebih kecil2).

      hmm, kamu posisi di mana?kalau kamu mau, kirim foto kamu ke IG aku , dm aja ya. aku pingin lihat seperti apa yang dimaksud dengan mirip cacar air.

      aku takutnya, kamu dapet fake roaccutane. itu aja .

      untuk roaccutane, sebenernya paling safe kalau kamu dapet dari dokter .
      dokter akan kasi bersamaan dengan antibiotik juga. jadi ngebantu pas proses purgingnya gak terlalu heboh.

      tapi kamu purging pas ganti obat, menurutku bisa ada 2 kemungkinan :
      1. obat yang kamu beli dulu palsu, jadi gak bener2 purging. baru purging dengan obat yang baru ini. atau dosis obat yang dulu gak 10 mg, misalnya cuma 5 mg. ( tapi diclaim 10 mg)
      2. obat yang ini dosisnya gak 10 mg.

      kamu sambil minum air yang banyak, vitamin c zinc jangan lupa.

      cuci mukanya pakai apa ?

      Delete
    2. Ternyata ku lagi fix kena cacar air, tadinya ngira purging tapi mana mungkin purging sebadan jadi sementara roaccutane stop dulu, fokus sembuhin cacar nya. Roacutane ku beli nya online (terkait obat ini termasuk ilegal & susah) klw di bilg fake kayanya gak ya krn beli smpe 2 botol di jamin ori bln 1 sd 2 jg ku purging. & Setahu ku dosis terkecil kn 10mg gk ada 5mg 😊

      Delete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Hai kak adit, thanks ya sharingnya. Aku juga udah baca-baca banyak tentang roaccutane dari forum female daily. Salah satunya tentang review orang-orang yang berobat ke dr. Kun.. pengen nyoba berobat kesana tapi masih ragu setelah baca review dari orang2. Tapi pas baca artikel dr kak adit, aku tambah yakin kalau pakai roaccutane itu gapapa selama sesuai dosis dan dibawah pengawasan dokter. Yang jadi pertanyaan, aku kan jauh nih jaraknya utk berobat ke dr. Kun, dan ga semua dokter kulit pakai obat roaccutane untuk tindakannya. Kalau aku konsumsi obat itu tanpa pengawasan dokter gimana ya? Atau aku minta diresepin obat itu ke dokter? Kira2 boleh ga ya? Jerawat aku ga penuh semuka sih, tapi gede2 dan bernanah. Diobatin hilang satu, tumbuh lagi. Dan bekasnya menghitam. Cape banget ngurusin muka, udah hampir nyerah. Makasih kak, ditunggu jawabannya.

    ReplyDelete
  23. saya mau tanya, berat badan saya 38 kg saya mengonsumsi accutane 10 mg per hari. berapa lama saya harus konsumsi?
    apakah 6 bulan cukup?

    ReplyDelete
  24. Saya juga mau nanya..masih bingung cara ngitung 1 cycle untuk berat badan saya yang 48kg..kira2 bagusnya minum yg 10 atau 20mg..dan perlu waktu brpa bulan..mohon bantuannya..saya jerawatan lumayan banyak meradang dan gk ada matanya gtu

    ReplyDelete
  25. Hai adit,ini tulisan yang baik dan bagus banget menurut aku.
    Aku mau tanya kalo berat badan aku 52kg dan setiap hari aku minum yg 10mg,kira2 aku btuh berapa lama ya buat minum accutane?
    Terimakasih

    ReplyDelete
  26. Hai kak adit, mau nanya kak jadi dulu aku sering beli roaccutane yang strip gel warna merah gitu. Nah sekarang roaccutane banyak beredar di botolan, gel warna hitam gitu dan harganya jauh lebih terjangkau. Apakah ini palsu atau nggak ya? Mungkin ada yang tau?

    ReplyDelete
  27. Aku juga lgvtherapi roacutan tp baru 6hr. Semoga ikhtiar ini mwmbuahkan hasil.

    ReplyDelete