Saturday, May 27, 2017

[Beauty Info] Wajib baca ! Faktor-Faktor Pemicu Jerawat

Hi semua,
apakabar ? maaf aku hampir seminggu ini belum nulis blog lagi :)

hari ini adit ingin share sedikit mengenai faktor-faktor apa saja yang mungkin menjadi pemicu jerawat di kulit kita.Well, mungkin dari antara kamu sudah banyak yang tahu bahwa ada banyak hal yang mungkin memicu jerawat seperti misalnya : hormon atau genetik. tapi, mungkin kamu gak banyak yang tahu bahwa jerawat di muka kita gak serta merta berawal dari hormon atau genetik saja, bahkan juga gak serta merta berawal dari produk kecantikan wajah. Ada faktor-faktor lain yang mungkin memicu jerawat di kulit mu tanpa kamu sadari .Mau tau apa saja ? Untuk kamu kamu yang saat ini sedang bergumul dengan masalah jerawat, kamu wajib baca sampai habis ya :)

Numpang nampang ya :)

Faktor-faktor Pemicu Jerawat 

Dari kesekian banyak faktor penyebab jerawat yang sering kita pikirkan, sebagian besar dari kita pasti mikirnya : kacang, susu atau dairy product, lalu mungkin juga genetik, hormon, kotor-kotoran , ya kan ? well, memang itu semua ada benarnya, tapi ternyata faktor pemicu jerawat itu ga cuma itu aja lowh :)

Dari sekian banyak  website yang pernah aku baca, in general, ada 4 faktor penyebab acne di kulit kita , yaitu :
  • excess oil production ( produksi minyak berlebih ) 
  • dead skin cells ( penumpukan sel kulit mati di kulit ) 
  • clogged pores ( pori pori yang tersumbat ) 
  • dan, bacteria ( bakteri penyebab jerawat ) 
Ke-empat hal tersebut yang merupakan penyebab dasar yang memicu acne, baik apakah itu di kulit  wajah, punggung, leher, dada, maupun bahu. Karena, area-area tersebut merupakan daerah pada kulit kita yang memiliki kelenjar minyak terbanyak ( sebaceous glands).  Beberapa ada yang acne nya muncul di kulit pantat ( walaupun tidak umum) .

Jerawat biasanya terjadi ketika akar rambut kemudian tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, karena akar rambut terhubung dengan kelenjar minyak. Kelenjar minyak ini menyekresikan sebum , yang sebenarnya berguna untuk melumasi kulit dan rambut. Pada kondisi normal, sebum mengalir melalui akar rambut menuju ke permukaan kulit. Namun demikian, pada kondisi dimana produksi sebum terlalu banyak, terjadi penumpukan sebum di sekitar akar rambut kita. Ditambah dengan sel kulit mati, akhirnya kedua hal ini mulai menyumbat pori-pori. Penumpukan sebum tersebut kemudian mendukung kondisi untuk bakteri dapat tumbuh dan berkembang biak. Sehingga, pori-pori yang tersumbat tersebut menjadi terinfeksi , dan menjadi inflamed. Kondisi ini yang kita sebut jerawat.

Berangkat dari keempat faktor tersebut di atas, ada beberapa hal yang kemudian tightly related yaitu :
  • Hormon androgen. Jumlah hormon androgen meningkat seiring dengan proses purbertas yang terjadi pada semua orang. Meningkatnya hormon androgen, ternyata berimbas pada membesarnya kelenjar minyak, dan meningkatnya produksi sebum di kulit kita. Oleh karena itu, biasanya pada saat pubertas, sebagian besar dari kita mengalami masalah jerawat, yang, seiring dengan menurunnya kondisi pubertas tersebut, masalah jerawat akan berangsur-angsur hilang. Jadi, untuk kamu-kamu yang mungkin sedang umur puber, kemungkinan besar, salah satu faktor penyebab jerawatmu adalah hormon androgen ini. Nah, beberapa orang, ada yang menggunakan obat-obatan yang mempengaruhi keseimbangan hormon di dalam tubuh seperti obat kontrasepsi misalnya. Atau bahkan pada kondisi kehamilan dimana keseimbangan hormon di dalam tubuh agak sedikit berubah. Kedua kondisi ini juga dapat memicu hormonal acne. 
  • Family history / genetic. Well, kalau pemahaman adit benar, secara genetic, yang diturunkan adalah aktifitas kelenjar minyaknya. Yang artinya, untuk beberapa orang yang lahir dari ayah/ibu yang kulitnya berminyak / sangat berminyak ( produksi sebumnya banyak secara genetik ) , maka ada kemungkinan juga akan memiliki jenis kulit yang sama juga. Dalam hal ini, apabila kita tidak menjaga kulit kita dengan baik, produksi sebum yang banyak tersebut ( ditambah dengan sel kulit mati yang menumpuk ) berpotensi menyebabkan clogged pores. So, untuk kita yang berjenis kulit seperti ini, penting bagi kita untuk menjaga agar penumpukan sel kulit mati tidak terlalu banyak, yaitu dengan cara regular exfoliation. 
  • Menggunakan produk kulit yang salah. Dalam hal ini, wajib untuk kamu cek, apakah produk-produk yang kamu gunakan non-comedogenic atau tidak. Artinya, produk tersebut berpotensi menyebabkan clogged pores atau tidak.  Biasanya yang aku hindari adalah produk yang mengandung : shea butter, squalane, squalene, fatty alcohol. 
  • Menggunakan produk rambut yang salah. Dalam hal ini, adit ingin memberikan attention lebih pada penggunaan produk-produk rambut yang high conditioner, high oil, bertujuan untuk bikin rambut lebih lembut dan mudah diatur. Kesemua produk ini berpotensi menyebabkan clogged pores. Biasanya jerawatnya muncul di sekitar batas rambut dan wajah, atau di dada, di punggung, di bahu, daerah-daerah yang kena conditioner / shampoo pada saat kita sedang mandi.
  • Unhealthy lifestyle. yang tergolong unhealthy lifestyle ada banyak, dan masing-masing memiliki efek yang berbeda-beda terhadap kulit kita. Contohnya : 
    • minum alkohol menyebabkan temperatur badan kita naik, temperature badan naik 1 derajat, akan menyababkan meningkatnya produksi sebum di kulit kita 10 kali lipat lebih banyak . 
    • asap rokok yang kita hembuskan pada saat merokok akan membuat sel kulit wajah kita mati. Sel kulit mati ini kemudian menumpuk di wajah, yang berpotensi menyebabkan clogged pores. 
    • sering bergadang, clubbing, pola tidur yang tidak benar, akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon, di mana , akan terjadi peningkatan hormon androgen, yang , seiring dengan kondisi tersebut, menyebabkan meningkatnya produksi sebum di kulit kita. 
    • terlalu sering minum kopi. Nah, ini dia. Aku pribadi sebenarnya adalah penikmat kopi sejati. Dulu, aku sering ngopi hitam sampai 5 gelas sehari. Gak tanggung-tanggung, kopinya pun dari biji kopi asli. Sampai akhirnya secara tidak sengaja , aku search di google hubungan munculnya jerawat yang gak selesai-selesai dengan kopi ( karena waktu itu jerawatku ga kelar-kelar). Eng ing eng ... Terlepas dari banyaknya benefit yang ditawarkan oleh kopi, kandungan utama kopi yaitu kafein, meningkatkan respons stress tubuh kita. Bahasa kerennya, kopi memicu 'hyperadrenalism', kondisi dimana adrenalin kita terpompa sedemikian rupa, yang kemudian memicu pembentukan stress hormone dalam jumlah besar. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di luar sana, minum kopi sedikit saja akan meningkatkan stress tubuh dua kali lebih tinggi  daripada kondisi normal kita. Nah, stress hormone yang kemudian terbentuk, akan memicu pembentukan insulin. Insulin inilah yang kemudian akan memicu 3 hal : 
      • excessive sebum production ( terbentuknya sebum dalam jumlah sangat banyak )
      • over production of new skin cells ( sangat memungkinkan kondisi dimana kulit kita akan clogged ) 
      • meningkatkan level inflamasi , dalam hal ini, kalau kulit kita sedang berjerawat, jerawat tersebut akan semakin parah. 
      Nah, selain itu, pada saat adrenalin kita terpompa, tubuh kita membentuk cortisol, yang menekan daya tahan tubuh, sehingga semakin sulit untuk tubuh kita melawan bakteri P.acne penyebab jerawat.
    • menggunakan pil diet / pil penurun berat badan. Well, masih berhubungan dengan kopi dan kafein di atas, seringkali kita tidak sadar bahwa , pada saat kita menggunakan pil diet / penurun berat badan, kandungan utamanya seringkali adalah kafein ( green cofee capsul misalnya ) , bahkan dalam dosis yang sangat tinggi. Walhasil kulit kita menjadi semakin berjerawat 
    • suka makan makanan yang high sugar ( minuman bersoda rata-rata high sugar, minuman dingin lainnya , beberapa minuman bubble yang belakangan ini booming, cake, dll ) High sugar related dengan insulin level, yang artinya : produksi sebum meningkat, tends to clogged pores, worsening the inflamation. Jadi dapat dibayangkan kalau kita minum kopi susu manis , seperti apa efeknya terhadap kulit kita ?  
    • salah makan vitamin. Vitamin E berfungsi meningkatkan sekresi kelenjar minyak. Vitamin B meningkatkan metabolisme, dimana produksi sebum akan meningkat seiring dengan meningkatnya temperatur badan. So, untuk kulit yang berminyak, hindari vitamin E atau B intake. Kita seringkali salah kaprah. Hanya karena iklan yang katanya bikin kulit bagus, lembut dan kencang , akhirnya kita makan vitamin yang tinggi vitamin E nya, tanpa observasi terlebih dahulu.
    • menggunakan pre-workout , untuk kamu yang suka gym. Pre work out biasanya mengandung high sugar untuk meningkatkan energy level , dan , kafein, untuk meningkatkan proses metabolisme. Di tambah lagi, biasanya pada pre-workout, ada kandungan vitamin B6 , dan B12 , yang memperparah sekresi sebum di kulit. 
    • kurang minum air putih. hubungannya dengan dehidrasi pada tubuh, meningkatnya temperatur tubuh, meningkatnya produksi sebum. 
    • kurang minum buah dan sayur. Pada buah dan sayur banyak menandung zat-zat yang dibutuhkan untuk kulit kita, misalnya anti oksidan, untuk melawan bakteri penyebab jerawat, juga karoten ( turunan vitamin A ) untuk membantu mengontrol sekresi kelenjar minyak )  
    • terlalu sering cuci muka menyebabkan kulit kita kering , sehingga sekresi sebum meningkat. 
    • menggunakan pakaian yang terlalu ketat menyebabkan temperatur badan meningkat, produksi sebum meningkat, produksi keringat meningkat, pori-pori terbuka, kotoran masuk, kemudian akibatnya pore clogging. 
    • menggunakan kosmetik yang tebal. Mungkin kita ingin menutup / menyamarkan noda, menyamarkan jerawat, tapi akhirnya yang ada kita malah membuat pori-pori kita tersumbat dan membuat jerawat kita semakin banyak . 
    • over exfoliating. ini penting untuk adit garis bawahi. Karena over exfoliation akan menyebabkan pertahanan kulit menipis , di samping juga menyebabkan kulit dehidrasi , sehingga produksi sebum akan meningkat. 
DAn..... 
masih banyak lagi. tapi paling tidak, kesemua hal di atas adalah hal-hal yang wajib kita hindari kalau kita mau mengurangi jerawat.
So, sementara ini diskusi kita mengenai jerawat sampai di sini dulu ya :) . Postingan adit sudah terlalu panjang. :)
Nantikan diskusi lainnya seputar perawatan kulit hanya di Groom it Like Adit :)

4 comments:

  1. Hi Adit, aku Jesslyn. Aku nemu blog kamu waktu cari2 review product cosrx dan benton.. i have oily and acne prone skin (emng psti sepaket) dan jerawatan dtg dan pergi. Nah 2 bulan blkgn agak mulai parah. Mati 1 tumbuh 3 di spot2 berdekatan bhkn bekasnya aja bbrp hr kmdian tumbuh lg.. emng sih aku sempet agak krg tidur a few days dan itu start jerawatnya tp smpe skrg makin parah. Jd aku cari2 review product yg bagus utk combat those acnes. And i saw you are so kind in answering all the questions :) jadi pede jg mau ikutan tanya :)
    I've been thinking to buy cosrx advanced snail essence dan benton aloe propolis soothing gel krn aku baca2 di sokoglam mrk cocok utk oily skin dan good for breakouts. As for toner skrg ini aku pake hadalabo mild peeling toner (contains gluconic acid). For my face wash aku pake hadalabo tamagohada (contains mild aha bha). Utk pelembap pagi malam jg series hadalabo antiaging with hyaluronic acid.
    Nah dgn 2 product inceran aku tadi uda cukup oke ga ya utk combat jerawat, or perlu tambahan products with bha? Kulit aku mayan sensitif juga suka merah2 jd slama ini aku ga prnh pake exfoliators krn takut purging jg. Butuh advise nya nih..
    Would love to hear a little piece of your mind :) thankyou!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Jesslyn :)
      maaf baru balas :) aku kemarin mesti ke penang, papa operasi.jadi ga pegang blog . baru balik indo lagi :)

      ada beberapa hal jesslyn,
      kalau aku lihat, mati satu tumbuh 3 di daerah berdekatan. itu artinya, barrier kulitmu lemah . kamu perlu makan vitamin yang bisa combat acne sekaligus mengurangi sebum production. aku selalu makan : vitamin D , vitamin C and zinc ( zinc buat mengurangi produksi sebum ), dan selenium ( selenium ini anti bacterial agent ) . hindari vitamin B dan E . detailnya ada di postingan aku mengenai jerawat :) lalu terakhir omega 3 ( jangan omega 3-6-9 ya. cukup omega 3 aja , omega 3 membantu mengurangi inflamasi , termasuk inflamasi kulit ).

      kamu pake gluconic acid gpp ? utk yang acne prone sebenernya lebih bagus pake yang kandungan acidnya adalah BHA . saranku sebenenrya daripada gluconic acid , better cosrx pimple pad :) karena , bha dia larut lemak, sedangkan AHA dia larut air. BHA mampu mempenetrasi kulit lebih dalam, sedangkan AHA lebih hanya di lapisan luar aja :)

      untuk snail essence cosrx dia fungsinya lebih ke melembabkan, sedangkan benton snail untuk memundarkan noda. benton propolis anti bacterial , jadi saranku, kalau kamu mau memudarkan noda jerawat, better ditambah benton snail juga :)

      nah, kalau kulitmu sensitif, kamu start produknya satu satu ya. beri jeda 2 mingguan :)

      kalau kamu gak sibuk, kamu bisa beli aloe vera di supermarket, lalu maskeran aloe vera tsb, tiap malam setelah cuci muka malam Jess. memang hasilnya gak yang woww gitu pas pake pertama tama. tapi kalau dilakukan dengan rutin, kulitmu akan lebih calm dan gak gampang merah2 :)

      Delete
  2. Hi Adit, thankyou for replying. Semoga penyembuhan papanya lancar2 yaa :)

    Boleh minta share vitamin2 yg kamu minum itu yg spt apa dan beli dimana? Semacam product Amway begitukah?

    Aku pake gluconic acid tonernya since march 2017 dan so far still oke. Tapi after baca review2 kamu, aku jd tertarik untuk ganti range skincare aku jadi yg lebih tepat sasaran.
    So, cosrx pimple pad ini bisa aku gunakan sebagai toner dong ya setiap hari pemakaian? Atau lebih sebagai exfoliator kemudian aku tambah toner lagi?
    After itu aku akan gunakan cosrx snail/benton snail trs lanjut benton aloe propolis :)

    Oh ya aku sebulanan terakhir sedang pakai cosrx centella blemish cream sih, mayan nolong untuk ngurangin merah2 bekas jerawat dan bikin lebih calm kulitnya eventho blm mudarin spot at all haha

    Aku pulang kerja selalu uda malam jam 7an jam 8an krn jauh.. Kalau aku rutin maskeran pake mask sheet yg ngandung aloe vera masih gapapa? seminggu 2x gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi JEsslyn.

      thanks :)

      vitamin nya aku beli di apotik. ada di century / guardian / watson jess.

      vitamin C aku pake nutrimax c plus .
      vitamin d nya puritan pride
      selenium nya dari GNC

      pimple pad sudah termasuk exfo. setelah pimple pad, kamu gunakan hydrating toner. aku saat ini pake NUXE . kamu bisa beli di sephora :)

      gapapa :) masker aloe vera bagus koq. tapi kamu pastikan, di ingredient list nya ga ada alkohol :)

      Delete