Sunday, July 2, 2017

[Spotlight] COSRX One Step Pimple Clear Pad

Hi all,
hari ini Adit ingin share sedikit mengenai salah satu produk COSRX yang cukup banyak penggemarnya yaitu COSRX One Step Pimple Clear Pad. Well, to be honest, aku tau aku telladdd banget mencoba produk ini, karena produk ini sebenernya sudah hype sejak beberapa waktu yang lalu. Tapi selama ini, aku pikir, aku sudah cukup dengan bha a sol , yang belakangan aku gunakan lebih kepada peruntukkannya yaitu sebagai spot treatment. I was happy enough. BHA a sol bikin bumps cepet kering, atau terangkat. That what i need, until recently, tiba-tiba ada beruntus di bagian leher aku. Beruntus yang muncul lokasinya bertepatan dengan daerah janggutku, yang sering aku cukur dengan pisau cukur.

Awalnya aku pikir, karena aku ganti cukuran janggut, yang semula gillette mureee yang warna oranye harganya 4000 perak, sekarang aku gunakan yang ada sabunnya yang harganya agak mahalan dikit. Dan aku pikir , aku gak cocok dengan sabun yang ada di cukuran janggut tersebut, lebih cocok sama yang mureee .. haha, sampai kemudian, gak sengaja , waktu aku lagi nonton Get It Beauty ( ~ kalau kamu korean skincare lover, kamu wajib nonton. banyak banget tips and trick mengenai cara merawat kulit dan memilih skincare, yang seru, yang bisa kita aplikasikan sehari-hari. ) , Honey menjelaskan bahwa kegiatan bercukur harus dibarengi dengan routine exfoliation. Jika tidak, maka akan menyebabkan ingrown hair. Yang akan muncul seperti beruntus2, atau bahkan inflamed seperti jerawat.

Mendengar penjelasan Honey tersebut aku termenung sejenak. Memang sudah beberapa lama ini aku agak males menggunakan exfo agent. Aku lagi rutin-rutinnya gym, lagi seru-serunya menurunkan berat badan, walhasil aku gak ada waktu yang cukup untuk perawatan malam. Padahal, selama gym kulitku berkeringat, mengeluarkan kotoran, garam, dll yang mungkin gak seratus persen bersih pada saat aku mencuci wajah. Ditambah dengan aktifitas bercukur yang sangat mungkin menyebabkan in-grown hair tersebut. Semua hal ini topping up one after the other yang akhirnya bikin pori-pori ku clogged. Dan aku perlu lagi menggiatkan aktifitas exfoliating ku. Saat itulah kemudian aku melirik COSRX One Step Pimple Clear Pad. 



COSRX One Step Pimple Clear Pad 

Seperti sebelum-sebelumnya, alasan utama kenapa aku menggunakan COSRX adalah, karena produk ini mengandung ingredient yang relatively jauh lebih sedikit daripada brand brand lainnya, karena, COSRX membuang semua ingredient yang tidak terlalu penting, sehingga hanya ingredient yang penting saja yang ada di dalam produk mereka. Tujuannya, agar meminimalkan kemungkinan terjadinya unwanted reaction ( alergi, iritasi, dll ) , pada kulit pengguna. So, singkatnya, orang yang kulitnya agak sensitive seperti aku, akan merasa lebih aman menggunakan produk COSRX karena memang dedicated to problematic skin.

Seperti produk mereka Pimple Clear Pad ini, yang in general memiliki skala safety hampir semua hijau (1-2), dan masimal 3 , out of 9 , which is still considered very very safe menurut COSDNA.

Cosdna Results for COSRX One Step Pimple Clear Pad
Seperti yang dapat kamu lihat di atas, produk ini mengandung beberapa ingredient penting yaitu :

  • Anti Inflammatory and anti allergic : Salix Alba Bark Water dan Allantoin 
  • BHA ( dalam bentuk Betaine Salicylate ) : berdasarkan informasi yang terdapat pada boxnya, kandungan BHA pada pimple clear pad ini hanyalah sebesar 1%, kandungan yang sama dengan BHA a-sol , namun jauh lebih rendah daripada BHA power liquid ( 4% ) . 
  • moisturizer. 
  • no - alcohol , ini penting. Kalau kamu perlu combat acne, lebih disarankan menggunakan BHA a-sol, karena mengandung propolis yang memang anti bacterial alami, tapi , karena a-sol mengandung alkohol, yang gak terlalu ramah untuk kulit sensitif, untuk penggunaan exfoliating, karena kulitku sensitif , kalau aku mau menggunakan sewajah, aku lebih sreg menggunakan clear pad ini. Sedangkan A-sol, aku gunakan untuk spot treament . 
Hal lain yang aku suka dari COSRX adalah, komitmentnya untuk menjaga semua produknya tetap steril. Terbukti dengan packagingnya yang completely sealed. Di samping itu, karena memang produk ini sudah lengkap dengan kapasnya, menurut aku ini sangat praktis. Kita cukup ambil satu, lalu buang setelah digunakan. 


Tujuan Penggunaan 

Secara garis besar, semua produk yang mengandung BHA memang didedikasikan untuk mengatasi kulit bermasalah, terutama untuk kulit yang mudah berjerawat, clogged pores, dan sebum deposition berlebih. BHA mampu mempenetrasi lebih jauh ke dalam pori-pori, sehingga mampu membersihkan pori-pori kita, sehingga ke depannya kulit kita lebih bersih dan jerawat lebih jarang muncul. 

Pimple pad ini memiliki 2 sisi yang berbeda : satu sisinya embos, sisi lainnya smooth. Sisi yang embos berguna untuk exfoliating, sedangkan sisi yang smooth untuk hydrating. Jadi, setelah cuci muka, kita cukup mengusap wajah kita secara lembut . lalu tunggu sebentar, sebelum melanjutkan penggunaan skincare lainnya. 

Pada saat aku pertama kali menggunakan clear pad hari pertama, berdasarkan panduan dari salah satu blogger, aku menggunakan clear pad berulang-ulang sampai kapasnya kering. Walhasil, kulitku agak memerah dan kering keesokan harinnya. So, lesson learn-nya adalah : cukup usapkan sekali usap, tidak perlu berulang-ulang, juga usap dengan lembut , gak perlu keras-keras, karena penetrasi tersebut akan terjadi secara sendirinya bukan karena kita menekan produk tersebut ke kulit kita. :) 

My Experience so Far 

Well, to be honest , aku baru menggunakan 2 kali. Tapi, aku suka !! 
Alasannya karena : beruntus yang sudah nongkrong di kulitku selama hampir 2 minggu ini , hanya dengan 2 kali pemakaian, ada yang langsung kempes, dan ada yang langsung matang. 

Well, aku tipe yang lebih seneng beruntus itu keluar, daripada nongkrong terus di wajah gak keluar-keluar : kering enggak, mateng enggak. So, terangkatnya beruntus tersebut ke permukaan ( which is purging ) , buat aku , hal ini menandakan kesuksesan produk clear pad ini. 

Will i continue in using this product ? Absolutely yes ! 
Karena, yang aku rasakan , dengan aku kembali rajin menggunakan exfolliating agent, produk yang aku gunakan berikutnya lebih terserap dengan baik. Salah satunya BHA A-sol. Kalau sebelum-sebelumnya, perlu waktu 4-5 hari untuk jerawat kering / matang, dengan tambahan exfoliating toner ini, aku merasa jerawat kering / matang tersebut periodenya menjadi 2-3 hari. which is a lott faster.

Left : Muka aku agak cerah di kali ke dua aku menggunakan Pimple PAd.
Right : Di bagian rahang bawah ada bekas purging . 


Anyway, walaupun aku cukup senang dengan hasilnya, karena aku baru menggunakan produk ini 2 kali saja, aku gak berani bilang postinganku ini sebagai product review, melainkan sebagai spotlight aja :) Dan aku akan update review produk ini setelah aku habis menggunakan produk ini 1 jar ya : ) 

Thanks for reading , y'all. 
Nantikan review lainnya hanya di Groom It Like Adit ya :) 



17 comments:

  1. Kak adit masih pake skincare cosrx yg lainnya? Skincare rutinnya dong kaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bhahah nah ini dia Nia ..
      beberapa reader jg pingin aku share AM PM ku..
      tapi aku malluuuuuu

      banyakk banget soalnya .. bhaahahaha

      masih pake cosrx yang lainnya :)

      Delete
  2. Kak adit abis pake clear pad ini bagusnya pake toner apa ya kak? aku mau nyoba toner cuka apel dari bragg, tapi masih mikir juga, Sebelumnya aku pake toner dari natural pasific fresh herb kak. aku mau ganti toner gitu. minta tolong rekomendasiin toner buat kulit berminyak sama acne prone dong kak. Makasi kak adit 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. saranku, abis pake clear pad, kamu pake hydrating toner. aku sih lagi pake nuxe . so far ok lah :)

      Delete
  3. Halo kak adit! Baru baca review yg ini tbh lg kepoin review kak adit ttg produk cosrx karna ak abis lepas dr krim dokter mukaku breakout bruntusan dmn2 nyoba produk ini itu gaada yg cocok malah nambah tiny bumps. Trs akhirnya ak memberanikan diri nyobain produk cosrx (aha bha toner, one step clear pad ini sm aha 7 liquid white head). Tadi mlm baru nyobain si one step clear pad ini, ak amazed bgt karna paginya bruntusanku yg di jidat sm dagu kek lebih calming gitu loh kak:D yg aku mau tnya. Apa gpp setelah ak pake one step clear pad ini ak lanjut toner aha bha cosrx itu? Tbh td mlm i did it dan gpp sih, tp aku takut over exfo juga tp ak gaada toner lain yg cocok:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekalian minta saran dong kira2 produk apa lg ya yg worth to try kak? masalahku tiny bumps, bruntusan sm ada jerawat gede bgt di hidung ga bermata udh seminggu ga ilang2 huhu. mohon dibalas ya kak, makasiiih

      Delete
    2. hi Ninda. saranku kamu keep dengan clear pad aja ya. jangan sama yang lainnya dulu. aha 7 liquid nya jangan dulu digunakan ya :) karena aha 7 liquid banyak nya untuk flek bukan utk jerawat. kalau kulitmu berjerawat, suka makin jadi :)

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Kak,aku kan uda setaun lepas dari krim dokter jadi slama staun ini gk make apa apa kcuali nyoba nyoba cleanser pasaran kyk clean and clear atau garnier.. dan itu smua gk cocok di aku. Trs aku nemu brand cosrx ini dan ngliat review bnyk yg positif, so i give it try.. dan dari udah 4 hari kmarin stiap aku abis make clear pad ini besoknya tumbuh jerawat kak, btw kulit aku oily-acne prone, yg aku bgung ini purging apa emg aku gk cocok yaa.. krn jerawatnta itu tumbuh di bagian wajah aku yg emg sring jerawatan sii.. dan tbh beruntusan sdikit brkurang tp yg jerawatnya ini yg bkin bete bgt.. pencerahannya dong kak, aku harus stop apa gimana.. soalnya bner2 bru prtama kali ini pake produk yg sda kandungan bha nya.. klo cleanser aku pake yg cosrx low ph..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Rina ..
      iya .. kalau jerawatnya jadi di daerah yang sering berjerawat, memang kelihatannya itu purging. karena , kalau gak cocok , biasanya jadinya gak tentu tempatnya. seringkali di tempat yang jarang jerawatan sebelumnya.
      kamu pakainya berapa kali seminggu ?

      untuk penyesuaian, 2 hari sekali dulu. malam hari. kalau 2 minggu aman, jadi 1 hri sekali.
      kandungan utamanya memang bha tok. jadi memang akan purging dulu rin. parah tidaknya purging ini nanti tergantung dari seberapa kotor pori2 kamu. kalau banyak kotorannya, purgingnya jadi agak parah. tapi kalau gak terlalu kotor, biasanya gak ekstrim2 amat.

      cleanser low ph kamu pakai berapa kali sehari ?
      kamu baru pakai kedua produk itu ?
      saranku, salah satunya di stop. misalnya low ph kamu stop dulu. fokus ke clear pad selama 2minggu, kalau aman, baru kamu tambah lwo ph. idenya : jangan coba produk baru semua bersamaan, kalau ada reaksi buruk, jadi bingung, gara2 produk yang mana.

      beberapa gak cocok dengan tea tree dan low ph ada tea tree nya. so, better coba satu satu.

      Delete
    2. Nahh krn aku gk sabran pas itu aku pake tiap malem kak slama 4 hari aku sadar kok stiap make malah kluar jerawat sih-_- jd aku stop deh soal nya shock bgt-_- jerawat batu gitu sma bbrap cystic acne kak.. emg sih sblm make clear pad aku sadar muka aku itu kyk kotor bgt dan bnyk pori2 nya bnyk yg trsumbat��
      Iya make secara bersamaan kak.. Klo low ph clranser aku tiap hari krn aku rasa cocok.. dan pas pake clear pad itu lgsung bener2 kluar jerawat dan beruntusannya jd jerawat...
      Stlh smggu stop aku coba bha asol kak dan jerawat jd cepet mateng tp msh aja jerawat bru muncul.. (di daerah yg mmg acne prone) dan stelah smiggu aku stop krn mau nyembuhin jerawat2 ini loh��.. kira2 pggunaan skin care untuk pemula kyk aku ini apa aja ya kak.. pori2 aku kan kotor tuh aku kpikiran mau coba klairs chorcoal gentle soap nya.. bagys gk yaa..

      Sblmnya makasi ya kakk udh dibalesss

      Delete
    3. hi Rina.. sepertinya , masalah utama kamu awalnya adalah over exfo karena terlalu banyak penggunaan bha product.
      dan it takes time to heal, antara 2-4 minggu .

      hmm, kalo cystic acne kayaknya bukan karena purging rin.
      soalnya cystic lebih karena aktifitas bakteri dan ngobatinnya mesti pake antibiotik.

      clear pad itu padahal persen bha nya cuma 1 persen lowh.
      hmm, baiknya kamu neutralize dulu kulitmu yang over exfo dengan aloe vera rin.

      Delete
    4. Oh gitu.. iya kak aku cobain deh ntr.. makasi ya

      Delete
  6. It’s amazing in support of me to truly have a web site that is valuable meant for my knowledge.
    read more

    ReplyDelete
  7. It's really nice and meanful. it's really cool blog. Linking is very useful thing.you have really helped lots of people who visit blog and provide them usefull information. read more

    ReplyDelete