Wednesday, August 23, 2017

[Beauty Info] 4 Things for Your Acne-prone Skincare

hi , all :)

kemarin sore, ada salah seorang reader yang menghubungi Adit via instagram . Doi bertanya sedikit mengenai hal-hal apa sajakah yang harus kita perhatikan sehubungan dengan perawatan kulit kita.
Nah, karena jenis kulit setiap orang berbeda-beda, tentu kebutuhan untuk perawatan kulit juga jadi berbeda-beda pula. Paling enak kalau jenis kulit kita normal , gak bermasalah, dan gak pernah memberikan reaksi buruk terhadap setiap jenis skincare yang kita gunakan. Surga banget deh itu. Orang bilang kulit badak. Tapi Adit ga setuju. Mana ada badak perlu perawatan kulit, ya kan ? lol.

Yang menyebalkan memang kalau kulit kita reaktif, sensitif, mudah memerah, mudah kering, mudah iritasi, mudah berjerawat pula. Untuk case seperti ini, kita harus benar-benar selektif dalam menentukan apa-apa saja yang akan kita aplikasikan ke kulit. Dan, mencari tahu perihal apa saja yang cocok dan gak cocok ke kulit kita juga perlu kesabaran, karena yang cocok di kulit orang lain (aku misalnya), belum tentu cocok di kamu. Biasanya hal ini terkait reaksi alergi di kulit orang , yang sifatnya spesifik. So, untuk case seperti ini, kamu mungkin harus melakukan 'trial & error' sendiri. Tapi, paling tidak, Adit dapat membantu kamu untuk memberikan panduan secara garis besarnya, hal-hal apa saja yang kamu perlukan untuk skincare kamu, termasuk di antaranya hal-hal apa saja yang harus kamu hindari saat memilih skincare. Karena kulitku acne-prone sensitive, postingan Adit kali ini didedikasikan untuk jenis kulit serupa. Mungkin itu kulitmu ? Kalau iya, yuk kita diskusi lebih jauh, 4 hal sehubungan dengan skincare yang harus kamu perhatikan, untuk mengurangi frekuensi jerawatmu.

4 Things for Your Acne-prone Skincare 


Well, kalau kita mau jujur, sebenernya , kita dibuat bingung oleh berbagai macam jenis skincare yang saat ini beredar di market. Mulai dari jenis-jenis skincare yang sedikit banyak kita kenal seperti facial wash, toner, cream, sunblock, sampai dengan jenis-jenis skincare yang agak awam ditelinga kita seperti skin , ampoule, first essence, night mask, serum, dll. Dengan sebegitu banyaknya jenis skincare yang ada di market saat ini, kalau kita mau ikuti semua, yang ada kantong kita pasti bolong donk. Belum lagi, kalau misalnya, dari sekian banyak jenis tersebut, ada beberapa item yang gak cocok di kulit kita, atau gak cocok dengan jenis kulit kita. Yang ada, alih-alih ingin mendapatkan kulit yang clink , yang ada kulit kita malah iritasi dan breakout.

Terutama untuk kita yang memiliki kecenderungan untuk timbul jerawat , dan sensitif. Saran Adit, gak semua item tersebut harus kita pakai. Malah, sebaliknya. Orang-orang dengan kecenderungan sangat mudah berjerawat sebaiknya memahami benar karakter kulitnya sendiri. Contoh : apabila pada sebagian orang , kulit mereka aman menggunakan skincare yang berlayer-layer, beberapa orang lainnya yang memiliki kecenderungan pore clogging, apabila menggunakan skincare yang berlayer-layer, yang ada kulitnya malah tidak bisa bernapas, atau misalnya pori-porinya clogged.
Contoh lainnya adalah untuk kulit jenis oily, yang , apabila menggunakan skincare berlapis-lapis, yang ada skincare tersebut menjadi sangat lengket di kulit kita , karena bercampur dengan oil yang diproduksi oleh kulit.

Well, long story short, gak semua item tersebut harus kita gunakan. Be wise dalam memilih item itu penting lowh, terutama dengan mempertimbangkan , paling tidak,  beberapa hal di bawah ini :

  • bagaimana jenis kulit kita ? ( kering dan sensitif / kering saja / normal / oily tapi gak berjerawat / oily acne prone ) 
  • bagaimana aktifitas kita sehari-hari ? ( di dalam ruangan ber-AC / di luar ruangan tapi teduh / di luar ruangan dan panas-panasan / beraktifitas di malam hari saja / sering di jalanan ) 
  • bagaimana kondisi cuaca di sekitar tempat tinggal kita ? ( 4 musim vs 2 musim / udaranya dingin cenderung kering / dingin cenderung lembab / panas terik / temperature nya tinggi ) 
  • bagaimana waktu luang kita ? ( untuk berolahraga / untuk cuci muka / untuk istirahat ) 
  • dsb 
Kesemua hal tersebut , baik itu jenis kulit, aktifitas, kondisi cuaca, dan waktu luang , sangat menentukan jenis-jenis skincare yang perlu kita gunakan. versus , yang perlu kita hindari. 

Contoh paling simple aja, kita seringkali 'mencontek' aktifitas penggunaan skincare orang-orang korea , karena ingin kulit kita clink seperti mereka. Padahal, kita lupa, bahwa baik dari segi genetik, maupun cuaca udara di korea jauh berbeda dengan kita yang tinggal di daerah tropis. Sehingga, menggunakan skincare berlayer-layer yang mungkin untuk mereka aman-aman aja, buat kita malah jadi bencana. Pada kondisi udara dingin, kulit kita tidak memproduksi sebum terlalu banyak. Namun, produksi sebum meningkat seiring dengan temperature udara dan temperature badan kita. So, secara general, produksi sebum orang yang tinggal di tempat tropis relatif lebih banyak daripada produksi sebum orang orang yang tinggal di daerah dingin / subtropis. Dapat dibayangkan, kalau kita mau pake 14 layer  skincare misalnya, di udara sepanas Jakarta, yang ada, alih-alih kulit kita clink, yang ada kulit kita seperti kue cucur . lol. 

Begitu pula dengan jenis kulit kita. Kalau kita tahu bahwa kulit kita sangat mudah muncul jerawat dan cencerung oily, Adit sarankan untuk membuang keinginan kita untuk menggunakan skincare berlapis-lapis. Kita cukup memperhatikan empat hal berikut ini : 
  1. cleanse
  2. prepare 
  3. prevent 
  4. block 
Yuk kita bahas satu per satu ke-empat hal di atas.

Cleanse


Adit yakin, kalian semua pasti setuju bahwa, hal yang paling penting sehubungan dengan merawat kesehatan kulit adalah menjaga kebersihan kulit kita. Nah, ada banyak produk pembersih yang beredar di pasaran, mulai dari cleansing oil, cleansing cream, cleansing gel, facial foam, toner , dll. Kamu ga perlu beli semua koq, cukup perhatikan beberapa hal ini :
  • kamu menggunakan make up ? 
  • kamu menggunakan waterproof sunscreen ?
kalau jawaban dari kedua pertanyaan di atas adalah : iya, berarti kamu harus mempertimbangkan untuk menggunakan double cleansing , dengan step pertama adalah membersihkan menggunakan cleansing oil, sebelum kemudian dilanjutkan dengan facial foam , dan diakhiri oleh toner . Toner disini walaupun tidak secara langsung membersihkan kulit, tapi sangat penting dalam mengangkat sisa-sisa sabun yang mungkin masih menempel di kulit kamu, di samping juga mempersiapkan kulit kita untuk tahapan perawatan selanjutnya. 

Nah, Adit, karena gak menggunakan make-up dan juga waterproof sunscreen, saat ini aku gak menggunakan cleansing oil, hanya micellar water saja sebelum mencuci dengan facial foam. Sampai beberapa waktu yang lalu aku memang rajin double cleansing, tapi setelah aku pikir-pikir koq kayaknya mubazir. Akhirnya aku ganti cleansing oil dengan micellar water, dan so far ternyata aman-aman aja koq. :)

Prepare 


Prepare di sini artinya : mempersiapkan kulit kita untuk tahapan lebih lanjut . Beberapa orang menggunakan first essence sebagai prep step. Tapi ada juga yang menggunakan prep toner sebagai prep step. Kalau aku pribadi, aku lebih suka first essence. Hasilnya lebih kelihatan daripada toner .

First essence yang saat ini paling banyak dicari ada dari beberapa brand yaitu :
  • SK-2 
  • Missha 
  • Iope 
  • Skin&Lab 
Aku pribadi, baru coba first essence dari SK-2 dan Missha, sedangkan IOPE dan Skin&Lab belum pernah. Walaupun demikian, untuk IOPE, aku menggunakan mask sheetnya sampai sekarang , yang memiliki kandungan yang sama persis dengan first essencenya, dan aku suka banget . Sedangkan Skin&Lab mengandung bahan dasar glutathione, yang digadang-gadang sebagai mother of antioxidant. So far, hanya S&L yang mempunyai first essence dengan bahan dasar glutathione tsb. 

Oh iya, brand lain yang aku gunakan adalah Hera Cell Essence. Tapi so far , aku belum melihat hasil yang significant menggunakan first essence ini. Di samping, memang agak susah mencari produknya. Dulu aku nitip ke temen yang sedang jalan-jalan ke Korea. Melihat susahnya memperoleh produk ini, less likely aku akan terus menggunakan produk ini nantinya. 

Next, prevent. 

Prevent 


Buat Adit pribadi, step 'prevent' ini adalah salah satu step yang paling penting. Pada step inilah biasanya skincare yang kita gunakan kemudian memiliki fungsi yang paling significant, sesuai dengan kondisi kulitmu , yaitu misalnya : 
  • mencegah kulit dehidrasi 
  • mencegah aging 
  • mencegah jerawat 
  • mencegah pembentukan sebum terlalu banyak
  • dsb 
So, pada tahapan ini, kamu memberikan kulitmu nutrisi yang dibutuhkan, untuk mengatasi dan mencegah problem yang kamu hadapi. Bentuknya dapat bermacam-macam , mulai dari essence, serum, lotion, cream, ataupun overnight mask, tapi gak perlu semua. Karena , kalau kita perhatikan, untuk variant yang sama, zat utama yang terkandung dalam setiap jenisnya , kurang lebih sama-sama aja. Contoh : varian snail pada Benton. Coba deh kamu cek di ingredient list , isi dari skin, lotion, essence, dan cream sebenernya gak jauh berbeda, terutama dari segi zat utama yang 'dijual' pada produk tersebut, hanya konsistensinya saja yang berbeda. Untuk cream, agar lebih thick , biasanya untuk produk cream, ada kandungan tambahan fatty alcohol, sedangkan untuk essencenya tidak ada. Tapi, kedua produk tersebut memberikan manfaat yang sama dari snail mucus. So, menggunakan kedua produk tersebut gak kemudian menggandakan manfaat snail mucus untuk kulitmu. 

Jadi, cukup gunakan 1 jenis produk untuk 1 jenis masalahmu. Misalnya , kalau kulitmu dehidrasi, kamu perlu hyaluronic acid essence, kalau terus kemudian kamu ada problem dengan jerawat, cukup gunakan produk yang mengandung salicylic acid, dan snail mucus untuk mempercepat sembuhnya luka di kulitmu. Dengan cara begini, penggunaan skincare untuk daily routine mu akan lebih efektif .

Satu hal khusus mengenai kulit berjerawat yang seringkali salah kaprah adalah : bahwa orang-orang yang kulitnya berjerawat lalu sering menghindar dari produk-produk anti dehidrasi. Mereka seringkali menganggap produk untuk kulit dehidrasi akan membuat kulit mereka menjadi oily. Sehingga mereka fokus menggunakan produk salicylic acid mulai dari pembersih wajah, toner, sampai dengan creamnya. This is sooo wrong. Menghidrasi kulit tidak sama dengan membuat kulit kita jadi oily. Menjaga kulit kita terhidrasi dengan baik di sini artinya menjaga kadar air kulit, bukan kadar minyak, dan ini penting. Kenapa ? 

Karena, pada saat kulit kita terhidrasi dengan baik, kulit kita akan memproduksi lebih sedikit sebum. Kita sama-sama tahu, bahwa sebum merupakan faktor utama yang menyebabkan : jerawat, whitehead, blackhead, dll. So, dengan kata lain, menjaga kadar hidrasi kulit kita merupakan salah satu langkah mengurangi kecepatan pembentukan blackhead, whitehead dan jerawat. Oleh karena itu, pada step 'prevent' ini, kamu wajib memasukkan 1 produk yang sifatnya menghidrasi kulit, di samping produk yang memang dikhususkan untuk kulit berjerawat. Dan penting untuk diperhatikan, bahwa gak perlu semua produk yang kamu gunakan itu harus dalam acne-combat mode on. Karena, seringkali produk untuk kulit berjerawat membuat kulit kita dehidrasi terutama apabila digunakan pagi malam.  

Next, block. 

Block 


Pasti kamu sudah menebak, langkah block di sini adalah : menggunakan produk yang mengandung SPF pada siang hari, agar kulit kita terhindar dari pengaruh buruk sinar matahari .

Produk yang mengandung spf saat ini sudah sangat banyak jenisnya, mulai dari water based spf , oil based spf, bb cream, cc cream, cushion yang mengandung spf , dll. Berhubung selama ini Adit hanya menggunakan sunblock dan bb cream, Adit ga bisa bilang bener-bener, produk spf mana yang paling efektif. Tapi, satu hal yang mungkin penting untuk diketahui adalah : semakin tinggi kadar spf nya, tendensi nya adalah semakin oily. So, untuk kulit berjerawat , cukup gunakan maksimal spf 40.

Beberapa brand merekomendasikan untuk mengulangi pemakaian sunblock setiap 4 jam sekali. nah, jujur Adit sih enggak mengulangi pemakaian sunblock setiap 4 jam sekali ya. Ribet soalnya. apalagi untuk kita-kita yang kerja dari pagi sampe malam. kalau mesti 4 jam sekali cuci muka terus pake sunblock , koq kayaknya abis waktu untuk begitu-begitu :) . Tapi ini kembali ke nature aktifitas kamu sehari-hari. Mungkin, untuk kita-kita yang kerjanya di dalam ruangan, yang hanya terkena pantulan matahari sedikit-sedikit aja, kita gak perlu mengaplikasikan sunblock ke wajah setiap 4 jam sekali. Sedangkan untuk kamu-kamu yang memang nature aktifitasnya terus menerus terpapar sinar matahari, mungkin kamu perlu mempertimbangkan untuk mengulangi pemakaian sunblock rutin beberapa kali sehari.


Last but not least, 

semoga melalui postingan aku kali ini, teman-teman dapat menelaah lebih jauh, kira-kira dari semua skincare routine yang sedang teman-teman gunakan, mana yang perlu dan essential, mana yang gak perlu. :)  Some beauty experts once said : " less is more " . Terlalu banyak menggunakan skincare gak menjamin hasilnya akan lebih bagus koq. Cukup gunakan yang kamu perlukan, sesuai dengan kebutuhan kulitmu, dan jenis kulitmu. Adit pribadi , sudah berapa lama gak pernah pake cream , karena setiap menggunakan cream aku jerawatan atau timbul white/blackhead. So, aku gak ngoyo 'keukeuh' ingin menggunakan cream. Step perawatan kulitku stop sampai di essence. :) And, i'm happy with that :) Bagaimana dengan kamu ?

Nantikan postingan lainnya hanya di groom it like adit ya. :) 

28 comments:

  1. hai kak adit...

    mau nanya deh kulitkukan kayanya dehidrasi gitu ya kak, nah ada niatan buat nambah cosrx hyaluronic acid hydra power essence atau cosrx hyaluronic acid intensive cream. menurut kakak itu bisa ngehidrasi kulit gak? lebih baik gunain yang essence apa cream?

    makasih kak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi lamiyah, selain dehidrasi problem lainnya ada ga ?
      seperti aging misalnya , atau yang lainnya misalnya berjerawat ? dehidrasinya parah ga ?
      kalu dehidrasinya gak parah, pake hydra essence bagus, tapi kalau parah, kamu perlu oil. misalnya rosehips atau argan. dengan catatan kamu ga berjerawat. kalau berjerawat, kadang2 pake oil bias jadi disaster.

      cream aku gak suka, personally, karena kadang suka bikin whitehead di kulitku. :)

      Delete
  2. Problemnya cuman suka muncul whitehead aja kak sama jerawat 1 atau 2 menjelang PMS.

    Oyaa akukan make benton snail bee essense, sama cosrx snail mucin essence. Klo seandainya nambah cosrx hydra essence apa gak papa ya kak? Jadi kebanyakan essence?

    Mohon pencerahannya kak adit hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan dulu lamiyah. nanti kalau uda 1 bulanan :)
      hydra essence agak lengket lowh.
      saranku, kalau mau beli trial size aja dulu.

      Delete
  3. hai ka adit! aku mampir lagi nih hehe
    mau tanya dong ka, kan aku sehari2 pakenya sunscreen etude yg mild airy finish sama bedak compact dari etude jg, biasanya aku setiap hari selalu double cleansing pake banila co sama foam cleanser dari cosrx. nah sebenernya untuk aku yg sehari2 pakenya itu aja apa harus double cleansing pake oil balm atau sebenernya pake sejenis micellar water jg cukup? soalnya aku ada kepikiran buat ganti jadi the saem healing tree cleansing water (berhubung banila co cukup mahal dan agak boros karna dipake tiap hari)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Olivia..
      karena kamu uda cocok dengan banila co, saranku jangan ganti dulu. kecuali kamu yakin the saem kamu cocok. :)

      aku tidak menggunakan bedak compact, tapi menggunakan sunblock. so far aku menggunakan micellar aman2 . cukup bersih. tapi aku ga tau kalau menggunakan bedak compact cukup atau tidak. :)

      Delete
  4. kak, kalau kulit oily berjerawat dan ingin menghilangkan bekas jerawatnya bagus pakai apa ya kak? essence atau cream? cosrx, benton atau pake mizon? bingung banyak pilihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Amelia ..
      untuk kulit jerawatan , hindari cream atau lotion. Kalau aku sih, biasanya sampe ke essence doank :)
      soalnya, cream suka bikin clogged pores di kulit ku :)

      hmm, tapi kamu sudah telusuri kira2 penyebab jerawatmu apa ?
      beda beda tiap orang , so kamu harus sambal rasa-rasa kira2 apa yang bikin kamu jerawatan. setelah itu, hindari.

      barulah nanti kita pake produk anti - jerawat, ampuh.

      utk cosrx : pimple pad
      lalu : spot treatmentnya : a sol
      Benton : snail essence.
      mizon : AHA/BHA toner :)

      Delete
  5. Halo kak adit, aku mampir lagi... Mo tanya dong kak, klo buat kulit oily acne apakah wajib double toning di malam harinya? Kak adit skrg pake toner apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi yuna.. apa kabar ?
      hmm, double toning sebenernya gak terlalu wajib.
      kecuali memang kamu pake toner yang exfo agentnya besar persennya.
      mizon dia aha bha toner, tapi di dalemnya uda ada hydrating agent . jadi ga perlu 2 toner .

      aku skarang pake nuxe utk hydratingnya,
      utk exfonya pake clear pad aja .
      :)

      Delete
    2. Kabar baik kak adit😀

      Nah itu dia kak, aku udh habis 4jar clear pad. Tp pake itu aku ngrasa boros, soale cuma bs dipake 70malam wkwkkwkwkwk. Pgnnya si ganti yg dptnya lebih byk gt... Aku pernah coba cosrx ahabha tp malah bruntusan. Blm nyoba mizon ahabha si kak soale susah nemunyaaa😂. Tp klo lepas dr clear pad juga hidupku kurang sempurna. Halah😂😂

      Delete
    3. hahaha .. iya, kalau yang kulitnya acne prone, beberapa ga cocok dengan aha . lebih cocok dengan bha . :)

      Delete
  6. kak mau nanya lagi,,
    ak kan masih sma mau coba macem2 tp msih takut, but, mukaku komedoan,oily kdang jerawat. recomend yg wajib aku pake buat mukaku dong..hehe makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      masih SMA jerawatan mah biasa :)
      kan hormonnya masih aktif banget.

      saranku , kamu pake clear pad cosrx aja ya. 2 hari sekali dulu coba in tiap malem. siangnya pake sunblock.

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. hi... aku baru banget nih mampir ke blog ini..
    mau minta saran aja nih, kali aja masih dibaca comments nya :)

    muka aku very oily, acne prone, pori2 besar, sensitive jadi rada belang(merah) mukanya.. udah lumayan hampir 2 bulan putus perawatan dokter... pengen coba skin care aja.
    ada saran ga ya aku harus pakai apa ?

    current product :
    1. Erha Bp facial wash
    2. oxy 10
    3. oxy whitening pimple
    4. aloe vera soothing gel nature

    mau dicoba :
    1.pembersih : Sensibio H20
    cleansing : cethapil gentle skin
    Toner : COSRXBHA Clarifying Treatment Toner
    essence : BENTON Snail Bee High Content Essence /COSRX Advanced Snail 96 Mucin Power Essence ( which one better ) ?
    sun screen : belum nemu yang kira2 cocok, soalnya muka aku very oily
    mask : super volcanic clay mask/ laneige mini pore clay mask / freeman apple vinegar mask ( which one better )?

    kalau ada yang perlu ditambah,silakan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi haifah :) makasih uda mampir :)
      aku belum pernah pake oxy dan erha facial wash. tapi , saranku, masknya , jangan pake yang clay dulu, karena nanti memicu purging. better yang bahan dasarnnya snail / aloe aja dulu pelan2.

      lepas dari dokter biasanya akan ada masa2 adjustment, jadi sementara , better pakai yang soothe aja , jangan yang tll aktif dulu ingredientnya :)

      Benton dan cosrx snail beda fungsi. Benton lebih ke brightening karena ada brightening agent, sedangkan cosrx lebih ke hydrating karena ada HA nya. aku pakai dua2nya :)

      sunscreen memang gampang2 susah. yang agak mahal, ada namanya Wove. yang lebih affordable ada klairs, aku pakai klairs kalau indoor, kalau outdoor pake wove, karena spfnya lebih tinggi.
      tapi semakin tinggi spf semakin oily,jadi kalau sehari2 ga outdoor aku lebih pakai yang low spf aja.

      toner mungkin kamu perlu nambah toner hydrating . nuxe bisa jadi pilihan, atau klairs supple prep toner.

      :)

      Delete
  9. aku setuju dg " less is more " awalan dulu emang ngotot bgt pake berlayer layer karna pengen bgt muka mulus kek orang korea tapi setelah trial and error disini aku makin ngerti keadaan kulit aku dan apa aja yg bagus di kulit dan apa aja yg hrs di hindarin.

    boleh dong sharing, aku kebetulan pake essence klo AM pake natural pacific phyto niacin nah klo PM pake benton snail bee hight content essence cuma skrg aku lagi pengen ganti yg benton snail bee ke essence yg lebih ada kandungan utk anti-agingnya pilihan ku sih antara missha fte atau benton fermentation essence atau baiknya beli dua dua nya? tipe kulitku acne prone-oily

    ReplyDelete
    Replies
    1. kkkk aku tambahin, atau lanjut benton snail bee essence tapi di tambah missha fte sebelum pake benton essence nya?

      Delete
    2. nah, bs juga gitu :)
      aku jawab tadi di comment mu yang lain :)

      Delete
  10. Halo kak, this is the first time i read your blog dan aku langsung ketagihan bacanya :). Aku punya tipe kulit wajah yg acne prone dan sangat2 sensitive apalagi sama yg mengandung alcohol kak. Bahkan aloevera shooting gel Nature aja membuat jerawatku memparah(baru tau itu ada alcoholnya). And i've never tried all the product you told. Mohon sarannya kak sebaiknya ku pakai produk yg mana yg aman utk kulit sensitive berjerawat dan oily ini?

    Best regards ❤

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ellie :)
      thanks uda mampir .
      memang alcohol gak suitable untuk kulit sensitive.
      kalau kamu mau aloe, coba deh holika2 . dia ga ada alkoholnya.

      kalau mau, sambal minum vitamin :
      nutrimax c plus zinc - mengurangi sekresi kelenjar sebum
      selenium - GNC - dia untuk anti bacterial agent dari dalam

      sebenernya sama vitamin A juga, cuma kalau vitamin A aku sarankan makan jus wortel aja daripada makan vitamin . fungsi vit A juga mengurangi sekresi kelenjar minyak.

      diet rendah nasi putih dan gula - dua hal ini plus kopi akan menyebabkan peningkatan igf-1 di badan yang berujung pada meningkatnya produksi minyak di kulit.

      kalau kulit sensitive, kita seminim mungkin pake produk, tapi banyakin healing factor dari dalam :)

      dari luar, sabun wajahnya coba deh sulwhasoo gentle.

      Delete
  11. Hai Ka Adit, aku Mei, aku baru aja liat blog kakak saat lagi cari review tentang water mist dari evoluderm, dan abis itu langsung kepoin tulisan-tulisan kakak karena menarik banget.

    Oiya, kak. Aku bingung nih sama skincare-ku, karna belum nemu yang tepat :( btw, ku masih kuliah.
    jadi, pas masuk kuliah, wajahku masih mulus, terus tiba-tiba jadi jerawatan banyak gara-gara sering liputan keluar dan stress :'D

    dulu juga ga pernah nyentuh skincare sama sekali, cuma facial foam doang. Tapi semenjak jerawatan, akhirnya jadi nyoba ini itu.

    Aku waktu itu pernah coba kaya clean n clear, garnier, acnes (coba yg murah" dulu), tapi ga ada perubahan. terus, akhirnya make sebamed yang satu varian, dari sabun cuci muka, toner, clear gel, sampe serumnya. Awal", mulai ada perubahan sata aku coba facial foamnya aja, trs akhirnya aku pake serumnya, dan akhirnya langsung satu varian, tapi abis itu, wajahku malah jadi jerawatan lagi (dan ketauan kalo trnyata aku ga cocok sama tonernya), mungkin karna wajah ku sensitif bgt. Tapi aku sadarnya lumayan lama sih, karena aku pake sebamed itu hampir 7 bulan lebih. oiya, sebelum sebamed pernah pake Aesop juga, tapi entah kenapa ga cocok gitu, dan malah bikin jerawatnya makin parah dan yg awalnya cuma di pipi kiri, jadi nambah di pipi kanan.

    Setelah itu, aku coba pake theraskin, buat cuci mukanya cocok sih, tapi creamnya malah bikin wajah jadi kusam item gitu :( trs, karena dia harus beli online dan ribet, aku akhirnya sekarang ganti cuci muka pake himalaya, trs toner theraskin, dan untuk siang pake cream theraskin yang buat jerawat (dan aku nemu varian creamnya yg ga bikin kusam), dan malamnya pake nature republic soothing gel. trs, 3 hari sekali maskeran. dan sebelum pake cream/gel natrep, aku pake water mist evoledurm (bener ga ya kak kira-kira??)

    sekarang, untungnya udah mendingan sih jerawatnya,walaupun masih ada, tapi bekasnya itu loh kak yang mengganggu bgt dan bikin wajah tetep keliatan kaya jerawatan banyak, karena jenis bekas ku itu warna merah.

    aku sekarang cleansingnya pake micellar water, dulu pake nivea cocok, tapi aku ganti karena pengen coba micellar water. untuk sunblock, aku belum pernah coba karena bingung yang cocok apa dan takut purging juga, jadi, kalo inget dan ga buru-buru aku cuma pake bb cream yg ada spf aja. atau bedak marcks (bedak ini untungnya murah dan lumayan membantu untuk jerawat sih) kalau mau kuliah.

    menurut ka adit, buat ilangin bekas jerawat, kira-kira pake apa kak?

    makasih banyak kak :') maafku jadi curhat, soalnya dulu udah sampe hopeless bgt sama jerawat diwajah, sampe akhirnya bondolin rambut biar jerawatnya ialng.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Meimei , :)
      thanks banget lowh uda mampir2.. uda baca blog aku :)
      semoga dapat membantu kamu milih2 kira2 skincare mana yang aman buat kamu.

      untuk bekas jerawat, sebenernya ada beberapa faktor :
      1. jangan over exfoliate saat bekas tersebut warnanya masih merah / pink. karena nanti exfo agent kamu bikin luka terus , jadi gak kelar2 merahnya. tunggu sampe menghitam. baru di exfo.
      2. jangan pake produk yang ada alkoholnya. coba kamu cek semua produk kamu ada alkoholnya gak. alkohol itu bikin kulit dehidrasi, jadi susah sembuh bekas jerawatnya.
      3. hindari mandi air panas, terlalu berkeringat, makan pedas dll, yang kira2 menaikan temperatur badan kamu .
      4. sunblock wajib, biar bekasnya gak terlalu hitam nantinya.

      nah, sementara masih merah/pink, saranku, gunakan aloevera gel beberapa kali sehari. ini ngebantu banget. sama cosrx centella blemish di bagian yang merah2nya aja.

      kamu bisa coba juga nutrimoist nya cni. ini juga bagus.
      aku kemaren ini luka bakar, pake ini cepet sembuh. kadang kalo ada bekas luka yang dalam di wajah / bekas alergi yang lebar di wajah, aku juga pake ini.

      yang pasti :
      1. selalu gunakan sunblock.
      2. hindari produk2 / faktor pemicu jerawat kamu, jadi bekasnya selesai, gak kemudian datang bekas yang baru.
      3. jangan lupa minum air putih yang banyak :) karena kulit yg hydrated membantu banget penyembuhan luka.
      4. banyak makan buah dan sayur biar produksi kolagennya naik.
      5. minum vitamin C dan zinc ( aku pake nutrimax c plus ), karena zinc ngebantu penyembuhan luka dari dalam.
      6. kamu coba2 pake bb jerawatnya nambah gak . saranku, pake sunblock skin aqua 30 spf aja. dia untuk kulit oily. :)
      7. jangan tutupin bekas jerawat tebel2 dengan foundation atau apapun ya, karena nanti pore clogging, malah jadi jerawat baru .
      sabar2in aja, nanti juga hilang :)

      tentang evoluderm, pakenya uda bener :)
      semangatt yaaa , kalau ada pertanyaan follow ig aku aja.. takutnya aku pas lagi jarang buka blog :)

      Delete
    2. thank you so much ka adit!
      wah, kayanya karena over exfo deh, soalnya tonerku jenisnya exfoliating (aku pakenya 2/3 hari sekali). terus, kalau abis makeup, aku cuci mukanya selalu pake sponge.

      iya nih :( natrep kan ada alkoholnya, jadi lagi nunggu abis dulu deh. terus, pengen coba holika/body shop seperti review ka adit. atau mungkin innisfree.

      nah, aku ini anaknya gampang keringetan banget ka. apalagi aku sekarang masuk jurusan jurnalistik, terus naik motor juga. jadi keringetan terus.huhuhu

      bekas merahku udah sampai 1 tahun lebih :')

      oke, kak, aku akan coba cosrx nya deh. abis baca review ka adit juga. dan coba nutrimax c plus hehe. dulu aku sempet minum ever e gitu, tapi malah purging ��

      nah, aku sering bgt tuh, yg bekas jerawatnya, jadi jerawat lagi, mungkin karna sering ketutupan.

      thank you bgt ka adit! aku udh follow ig ka adit, hehe (btw, ku suka bgt sama foto" ka adit, pengambilannya bagus hehe).

      aku mau kasih saran nih kak, sambil bikin video di youtube aja kak *siapa tau ka adit mau memperlebar komunitasnya hehe

      Delete
    3. mei, kalo jerawatan jangan makan vitamin E atau B complex . karena mereka memicu sekreski sebum lebih banyak :)

      foto aku ?haha .. aduh .. makasiihhh :)
      keep me updated ya .. iya ini. lagi mau bikin youtube . belum belum aja .. doain aja soon yaa :)

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Hi Kak Adit! Seneng banget nemu blognya kakak, meskipun aku baru baca beberapa aja postingannya, tapi aku jadi dapet banyak ilmu baru soal skincare.

    Aku masih bener2 newbie soal skincare apalagi soal korean skincare. Aku pengen minta saran dan solusi terkait problem muka ku. Semoga kak Adit bisa bantu.


    Jadi sekitar 1,5 bulan yang lalu aku coba cleanser dan toner organik, kalo kakak tau brand nya Natuna. Aku juga beli facial oil grapeseed & tea tree oilnya. Banyak banget review positif, jadi akhirnya aku order. Seminggu aku pake facial oilnya, beruntusanku nambah. Jadi aku stop. Cleanser sama tonernya emang enak banget dipake, tapi mulai bermunculan jerawat di mukaku. Dan jerawatnya itu bermunculan di daerah dagu dan dahi. Aku nggak pernah jerawatan di daerah situ, kalo lagi ada pasti di daerah hidung. Dan jerawatnya itu langsung muncul 2 sekaligus, dengan tipe jerawat 1 belum selesai muncul jerawat baru lainnya. Begitu terus sampe terakhir aku ada 3 jerawat sekaligus. Ini bener2 parah, karena aku nggak pernah ada problem sampe kayak gitu.


    Dari yang awalnya aku mikir mungkin itu cuma purging, akhirnya aku stop dan berpikiran kulitku breakout. Terus aku nyoba Natrep aloe vera yg share in jar. Awalnya aku suka banget, kulitku jadi lembut, tapi dapet seminggu beruntusanku nambah di daerah hidung. Dan pas banget produknya habis. Dan semingguan ini beli produk benton snail bee yang skin, essence, lotion, steam cream dan aloe bha toner versi trial kitnya. Baru aku pakai essence nya. 


    Jerawatku kempes cuma dalam kurang dari seminggu pemakaian, plus kulitku super lembut. Tapi masalahnya beruntusanku yg muncul gara2 natrep nggak bisa diatasi oleh si benton ini dan kayak muncul beruntusan baru di hidung. Aku jadi mikir mungkin selain aku nggak cocok dengan tea tree, aku juga nggak cocok sama kandungan aloe vera. Soalnya dulu banget aku pernah coba pake lidah buaya asli dan mukaku jadi gatel terus beruntusan. Aku juga pernah nyoba produk acne series yg ada aloe nya terus wajahku beruntusan parah dan aku stop. Habis itu natrep kemarin, terus benton ini kan juga ada aloe vera nya. 


    Aku pengen banget wajahku teksturnya jadi mulus, nggak gradakan gara2 ada beruntusannya. Dari dulu problem ku itu beruntusan di hidung yang nggak pernah hilang sampe sekarang meski aku ganti skincare. Oh iya kak, tipe kulitku kombinasi normal berminyak. Daerah pipi normal, terus hidung itu berminyak parah, dahi dan dagu berminyak sedikit dan gampang banget keringetan. Kalo sudah kayak gitu mukaku jadi kusam banget. Memang sih kulitku sawo matang, tapi seenggaknya aku pengen kulitku agak cerahan dan nggak kusam.


    Maaf kalo comment nya panjang, aku harap kak Adit bisa ngasih masukan soal skincare atau apapun yang bisa mengatasi problem kulit muka ku, terima kasih sebelumnya :))

    ReplyDelete