Friday, August 18, 2017

[Spotlight] The 'Super-ordinary' Ordinary

Hi semua, apa kabar ? :)
berhubung beberapa waktu yang lalu aku sempat agak jarang posting,
sampai dengan beberapa waktu ke depan, Adit mungkin akan posting cukup banyak, berhubung ada banyak skincare baru yang aku gunakan dalam beberapa waktu belakangan ini , dan, salah satunya adalah The Ordinary.


Well, awal mulanya kenapa aku sampai mencoba produk ini adalah : aku kena racun salah satu reader ku yang bilang bahwa i really should try this brand. Akhirnya, aku cari tahu lebih jauh mengenai produk ini. Dan aku shocked !

Gimana gak shocked, semua blog yang aku baca, semua forum yang aku datangi, 99% memberi review supperrr positif mengenai brand ini, atau mengenai Deciem , company yang menaungi The Ordinary ini. Well, selalu ada 1% paling tidak yang gak cocok / gak suka karena masalah kulit yang sifatnya personal. Untuk hal ini , aku gak bisa comment apa-apa, karena by genetik, kulit setiap orang gak sama.

Untuk kamu-kamu yang gak familiar dengan Deciem dan The Ordinary, yuk kita kenalan dulu lebih jauh.

Deciem | The Abnormal Beauty Company 




Kalau kamu mampir ke  deciem.com , kamu akan kaget betapa mereka bener-bener abnormal. haha .. Dengan tulisan-tulisan yang witty, statement-statement yang gak biasa, dan 'kejujuran' yang terpampang secara explicit pada website mereka, aku rasa mereka layak untuk menyatakan diri mereka abnormal. Coba deh kamu baca-baca detail produk-produk mereka, dimana , mereka state dengan jelas, kenapa produk ini mahal, kenapa ini murah, hal apa yang buat mahal, dan lain sebagainya, yang membuat kita sebagai customer mengerti , kenapa harga produknya berbeda untuk bahan dasar yang mungkin in general sama. Kejujuran ini lah kemudian yang membuat Deciem mendapat perhatian dari banyak skincare lover di dunia, yang tentunya, didukung oleh kualitas produk yang unbelievable. 

Well, Adit tidak sedang bermanis kata saat ini. Kamu dapat check , saat ini di banyak negara, ada banyak pengguna Deciem produk, dan itu sifatnya cult. Artinya, mereka bener-bener jatuh cinta dengan kualitas produk Deciem ini, padahal, companynya itu sendiri baru berdiri sejak tahun 2013.  So, mirip-mirip lah dengan Cosrx yang juga memiliki banyak penggemar setia. 

Deciem mengeluarkan 10 brand, yang mencakup brand skincare, dan perawatan tubuh lainnya. Untuk brand skincare, mulai dari entry level yaitu The Ordinary, lalu medium levelnya Hylamide, dan premium brandnya NIOD. Ketiga brand ini memiliki respons yang sangat positif , dan semuanya juga mempunyai penggemar setia. 

Adit pribadi sudah mencoba 2 brand, yaitu The Ordinary dan Hylamide. Dimulai dari The Ordinary sekitar 1.5 bulan yang lalu, lalu 2 minggu yang lalu aku mencoba Hylamide. Untuk postingan hari ini, adit akan bahas The Ordinary , produk apa yang sedang aku gunakan, dan produk mana yang sudah masuk dalam radar .

Oh iya, semua produk dari Deciem , termasuk The Ordinary, all free of :
  • parabens
  • sulphates
  • mineral oil
  • methylchloroisothiazolinone
  • methylisothiazolinone
  • animal oils
  • coal tar dyes 
  • benzalkonium chloride
  • mercury
  • oxybenzone
  • formaldehyde

Selain itu, semua produk Deciem against animal testing. Untuk alasan ini pula, Deciem tidak menjual produk di mainland China, karena salah satu persyaratan di China untuk menjual produknya adalah reequirement sehubungan dengan animal testing untuk tujuan registrasi. 

The Ordinary | Clinical Formulation with Integrity 


Two products that i'm currently using : Azelaic Acid and Niacinamide Zinc from The Ordinary

Sekilas mengenai The Ordinary, 

The Ordinary merupakan salah satu koleksi Deciem yang menawarkan teknologi perawatan kulit dengan bahan dasar yang sudah cukup familiar, yang berevolusi sedemikian rupa, sehingga memberikan manfaat yang lebih untuk kulit kita. Salah satu hal yang paling mebuat aku tertarik dengan produk ini adalah, bahwa brand ini mengutamakan honesty and integrity dalam membuat produk-produknya. Itulah alasannya kenapa The Ordinary memiliki slogan "Clinical Formulation with Integrity". Dan kelihatannya mereka gak main main dengan slogan tersebut.

Sedikit berbeda memang dengan korean beauty , di mana produk-produknya menggunakan zat yang berasal dari alam seperti : centella asiatica, snail mucus, atau misalnya bee pollen, propolis, ginseng, dll. The Ordinary menggunakan materi dasar yang sifatnya chemistry dan biochemistry. Hal ini yang semula membuat aku berpikir-pikir, apa aku aman gak ya mencoba produk dari brand ini. Tapi kemudian setelah dipikir lebih jauh, segala sesuatu di dunia ini adalah rangkaian chemistry. Bener ga? Aku, kamu, kulit kita, udara, gas, air, termasuk juga snail mucus, propolis, ekstraksi ginseng dll, segala hal di dunia ini adalah rangkaian kimiawi.

Bahkan sebenarnya, dengan menggunakan produk yang khusus hanya berisikan beberapa jenis material dasar, hal itu akan membuat kita terhindar dari kemungkinan 'ketidakcocokan' dengan material lainnya. Mungkin penjelasan Adit agak berat, tapi aku coba jelaskan secara lebih detail ya , begini : Misal , kita menggunakan snail mucus karena kita tahu bahwa di dalam snail mucus ada Epidermal Growth Factor ( EGF ) yang mampu mempercepat sembuhnya luka bekas jerawat, tapi kemudian di dalam snail mucus juga ada banyak material lain seperti misalnya : protein yang khusus diproduksikan oleh snail, di mana biasanya kalau orang alergi, kita sebenarnya alergi terhadap specific protein tersebut. Sehingga, untuk beberapa kasus, alih alih mendapatkan keuntungan dari EGF pada snail mucus, untuk orang yang alergi, yang ada kulitnya malah memberikan reaksi alergi pada specific protein tersebut. Jika demikian, kenapa kita gak sekalian beli produk yang hanya mengandung EGF saja, tanpa perlu khawatir alergi terhadap substansi lainnya di dalam produk tsb.

Hal itulah yang kemudian membuat aku memberanikan diri untuk mencoba The Ordinary ini.

Dua produk The Ordinary yang pertama aku gunakan adalah :

  • Niacinamide 10% dan Zinc 1% : tujuan utama dari penggunaan produk ini adalah untuk memudarkan skin blemish ( noda ) , dan mengurangi aktifitas sebum sehingga kulit kita tidak terlalu berminyak, dan kemunculan whitehead / blackhead lebih less  frequent. To be honest, this product is "WOW" me . Banget! 
  • Azelaic Acid Suspension 10% : kalau kamu perhatikan, beberapa korean beauty product seperti Benton Snail, menggunakan azelaic acid. Tujuan penggunaan azelaic acid adalah untuk mencerahkan wajah, di samping juga membuat kulit kita lebih halus dan meudarkan noda. Jadi kurang lebih sifatnya seperti AHA / BHA, tapi , dengan tambahan kegunaan yaitu : anti oksidan yang efektif. I've been trying this product for almost 1.5 months, and so far i lovee it. This product is also "WOW" me banget ! 
Setelah mencoba kedua produk tersebut selama 1 bulan, akhirnya 2 minggu yang lalu aku coba menambah produk The Ordinary  , yang didedikasikan untuk eye puffiness, yaitu : Caffeine Solution 5% + EGCG . Bersamaan dengan produk ini , aku juga beli serangkaian produk Hylamide yang bertujuan untuk mengurangi reaksi buruk pada kulit sensitif : SubQ Anti-Age, dan Booster Sensitive Fix. Dua produk ini harus digunakan bersamaan, jadi SubQ dulu, lalu Sentitive Fix. Dan lagi lagi, aku terpesona dibuatnya. lol.

Beberapa produt The Ordinary yang sudah masuk radarku antara lain :

  • 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed oil
  • High-spreadability Fluid Primer 
  • Buffet ( produk ini memiliki review supppppeerr positif ) 
  • Suncare nya ( masih coming soon ) 

Karena postingan Adit kali ini lebih bersifat 'Spotlight' , Adit belum bahas secara detail review mengenai produk ini ya. :)  Untuk review postingnya nanti menyusul. Soalnya postinganku sudah terlalu panjang. :)

Alright then. Sekian dulu postingan ku hari ini. 
Terimakasih guys sudah mampir-mampir ke blog Adit.  

Stttt... kemarin yang mampir ke blogku mencapai 2600 orang. hahah .. seneng deh kalau blog yang aku tulis ternyata memberi manfaat untuk orang lain yang membacanya. 

Nantikan review Adit mengenai produk The Ordinary dan Hylamide , soon ! 

ciao !

35 comments:

  1. Kak bahas detail niacinamidenya dong. Aku udh pernah nyobain tapi kok malah jd bruntusan ya trs muncul jerawat gtu lama-lama. Cuma cerahnya dapet kak. Jd bingung sendiri. Sekarang sih lagi distop niacinnya. Tengkyu kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Firanti, menyusul ya.
      kalau aku sih justru , pake niacin ini malah oily skin nya langsung berkurang banget ! :)

      segera aku review ya :)

      Delete
    2. Firanti saya juga dulu begitu jerawatan kecil2 tp muka jadi lebih cerah, tapi akhirnya jerawat ga timbul lagi karena cari tau skincare apa aja yg dipake di step sebelum/sesudah biasanya ada pemicu kalau si niacin di campur A jadinya ga bagus, coba kamu ntn di youtubenya Wishtrend TV dia ada video baru tentang niacin.

      Maaf ya kak adit aku kasih refrensi lain tentang niacin, btw niacin dikulitku juga jadi lebih oily, tp jadi penasaran sama the ordinary yang niacin + zinc ini karena zinc membantu mengurangi produksi minyak diwajah, ditunggu ya kak review selanjutnya tentang the ordinary :)

      Delete
    3. ni Radianto, niacin dicampur produk yang mengandung vitamin C ga bagus. :)
      jadi memang harus di switch pagi malam.

      aku suka banget sama niacin zinc ini. aku campur dengan snail product :) hehe .. jadinya ok banget

      Delete
    4. iya nih . lagi bolak balik tapanuli. jadi blum nulis lagi. ditambah di kantor skarang blogger di block pula. sedihh V_V .. jadi makin ga bisa nulis blog.

      Delete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Hai kak adit.. Ak pembaca setia blog kakak, keren2 review nya..
    dulu aku udah pernah nanya2 pas bahas produk cosrx, sekarang aku mau nanya lagi tapi maaf gk ad hubungannya sama postingan kak adit ini, aku cewek berjilbab udah dari dulu, punya masalh sama garis menghitam di pipi yg biasanya ketutup jilbab, kakak tau produk buat ngehilangin garis kehitaman gak ya? Ato ada solusi gitu.. Makasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fidi, garis menghitamnya karena apa ? karena gesekan dengan jilbab nya , atau karena faktor lain ? hal itu yang harus kita cari tahu terlebih dahulu. misalnya , kalau karena gesekan, artinya, kulitmu mengalami luka ringan karena gesekan tersebut, sehingga luka itu yang lama lama menghitam , apabila penyebabnya demikian, kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk : menggunakan pelembab di daerah tersebut sehingga saat bergesekan dengan jilbab, tidak berbekas, atau tidak terlalu ketat menggunakan jilbabnya ( yang ini aku gak tau apakah memungkinkan atau tidak ).

      nah, yang kedua, apakah karena faktor paparan panas matahari ? jadi antara daerah yang tertutup jilbab, dengan wajah, ada belang ? kalau iya, berarti, menghindari matahari langsung , dan menggunakan sunblock mungkin dapat menjadi solusi.

      Kalau hitamnya berupa garis, untuk menyamakannya, kamu dapat menggunakan exfo agent , AHA ( untuk skin discoloration , tapi gak recommend kalau kamu berjerawat , takutnya purging banget. ) atau vitamin C serum, tapi ini juga ada kemungkinan purging.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Nah ini kayaknya yang ketiga kak,. Jdi emg gk pernah luka kog, tau2 garis hitam dipipi aja.. Kulit muka ak nggak berjerawat, gak sensitif juga, udah pake vitamin c serum dari its skin, sama cosrx bha skin returning a sol juga..
      Jadiny muka ak makin cerah makin bersih dn garis hitamny makin kelihatan gak ad tanda2 mau memudar kak.. Kurang apa ya kak? Apa perlu ke klinik kecantikan gitu? Atau kalo pke produk AHA rekomendasi apa ya kak,

      Delete
    4. itu aku gak paham Fid. seharusnya, kalau itu noda, kamu pake vit c serum dia memudar. saranku, kalau memang itu mengganggu, kamu datang ke dokter deh. agak susah ngebayanginnya :)

      Delete
  4. hai adit, aku juga pake yang niacinamide buat bantu ngilangin bruntusan aku di jidat yang banyak banget. Dan udah 2 minggu make ternyata efeknya cepet banget, kalo untuk ngilangin noda hitam bekas jerawat aku belum liat efek lebih jelasnya. Aku juga nyobain yang natural moisturizing buat jadi pelembap. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Shintya, iya aku juga suka si Niacinamide ini. blum sempet tulis review nih.. V_V lagi di Tapanuli bolak balik dan di kantor blogger di block V_V ..
      natural moisturizing yang mana ? the ordinary juga ?

      Delete
    2. hahaha semangat ya dit kerjanya, cepet cepet bikin review lagi :) iya aku pake natural moisturizing factors + ha dari the ordinary juga, tapi aku pakenya kalo pagi aja abis toner bha benton terus kalo niacinamide aku pakenya kalo malem aja :) oh iya adit ga penasaran atau mungkin udah nyobain mask dari freeman atau st ives belum?

      Delete
    3. hi shintya .. hahaha .. amiinn.. hahaha
      hmm, aku uda review si niacinamide tuhh.. hmmmmm.. aku lagi cari cari si st ives .. tapi blum ketemu recommended seller. kamu beli di mana biasanya shin ? kemarin ada yang kasi tau produk st ives yang untuk scrubnya. aku penasaran banget hahah . kasi tau donk.. kamu beli di mana , nama tokonya apa. hahha

      Delete
    4. adit maaf ya baru bales, aku juga belum coba produk scrub dari st ives atau freeman, soalnya scrub aku masih banyak jadi aku ga beli dulu, kalo yang jual ada banyak di instagram dit ada preorderbywin, ghettoeshop, atau lilbeautystuff kalo versi share jar nya ada sharewithme.id, sma akiko.beauty, sama ada juga beberapa di shopee dit. Oh iya dit, aku mau tanya kebetula untuk exfoliating toner aku pake BHA Aloe dari Benton, tapi udah mau abis kira-kira kalo aku mau ganti produk apa ya yang cocok? thank you adit :)

      Delete
    5. kamu dengan BHA aloe Benton ini cocok ga Shin ?
      kalau cocok lanjut aja gpp ..
      daripada ganti lagi , kan ada resiko gak cocoknya :)

      Delete
    6. cocok kok dit, tapi ga perlu ya ningkatin kandungan BHA di toner? soalnya ini cuma 0,5% BHA nya.

      Delete
    7. kalau uda cocok, ga perlu naik shin.
      nanti kulitmu tipis. kalau uda cocok jalanin aja .
      aku juga skarang pake clear pad aja exfonya . cuma 1%
      aman.. hahaha

      Delete
    8. hoo gitu, baiklah dit.. kalo aku sesekali pake clear pad gpp berarti kan ya? sama kalo aku pake corsx oil free moisturizing lotion boleh ga buat pelembapnya soalnya aku baca dia emang ideal dipake bareng exfoliating produk, gimana? maap ya aku banyak tanya hehehe ^^,v

      Delete
    9. boleh shin :)
      tapi memang bagusnya sih kalo mu gitu, dibikin rutin, misalnya 2-3 hari skali pake clear pad gt.
      biar keliatan hasilnya. :)

      Delete
  5. Aku pakai Buffet selama 2 minggu ini , urutannya sebelum niacinamide atau azelaic acid. Buffet gak bikin breakout, yay! Utk fine lines belum terlalu terlihat efeknya.


    ReplyDelete
    Replies
    1. si buffet ini bagus kah fancythat ?
      penasaran sih .. haha .. the ordinary ini bener2 bikin pensaran bgt ya

      Delete
    2. Aku suka sih karena buffet cepet banget nyerap nya ke kulit dan no breakout padahal kulit ku sangat acne prone.

      Delete
    3. di kamu si buffet ini efeknya gimana ? anti aging kah ?

      Delete
    4. Berasa lebi ngisi fine lines dikittt. Aku pake sebelum essence yg terlalu lembab ya biar peptides dari buffet yg masuk dulu ke kulit

      Delete
  6. hi Adit...mau curhat..saya dah coba rosehip oil...pemakaian rutin 3 minggu..jerawat parah banget dan semuanya ada dijidat...akhirnya nyerah ngak tahan jerawat gede2..sudah stop 2 minggu jerawat masih muncul dijidat walaupun tidak separah waktu pake rose ship oil...tidak cocok mungkin??

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Lilis, kamu cara pakainya gimana ?
      malam hari aja kan ?
      satu tetes utk sewajah ?

      Delete
  7. kayanya kurang lebih 3 tetes deh..kelebihannya saya serap pake tissue..kulit saya berminyak tapi tidak berjerawat..tapi sejak mencoba rose shipoil ini langsung berjerawat parah di jidat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di dalam rosehips itu ada retinolnya lilis :) semacam provitamin A yang cara kerjanya mirip kayak roaccutane, jadi dia keluarin isi porinya dulu .. sampe bersih , which is , walau kamu ga jerawatan, kalau kelenjar sebummu besar, isi di dalam kelenjar sebumnya dikeluarin dulu :)

      Delete
    2. betul juga sih..tapi udah keburu trauma sampe ngak berani pake lagi...

      Dit..bahas glycolic acid cream dong yang merk chica y chico atau badecasil..kayanya lg ngetrend tuh produk..

      Delete
    3. glycolic acid itu isinya AHA lis,
      untuk yang kulitnya acne prone sebenernya ga tll recommended,
      lebih better pake BHA :) gitu :)

      aku malah tartaric mandelic acid :)
      kamu pernah coba ?

      Delete
    4. mandelic acid wishtrend ya...belum pernah coba sih..tapi saya liat videonya..produk itu cuma angkat lapisan luar saja..jadi kandungan AHA dari kacang almond kalo ngak salah..sedangkan kalo glycolic acid lebih bisa mencapai lapisan dalam..cocok untuk whitehead..

      Saya sudah coba badecasil cream..kebetulan wajah saya lebih banyak whiteheadnya drpd blackheadnya..stelah pemakaian beberapa kali..whitehead di wajah lebih mudah untuk dikeluarkan ya..pengalaman pribadi ada whitehead di pipi sudah setahun terakhir mengeras..di facial kagak mempan..saya coba oleskan krim ini setelah beberapa hari bisa dipencet sendiri..

      Kalau untuk BHA pernah coba cosrx...rada ngak cocok..karena langsung keluar jerawat beberapa biji.

      Delete
    5. oh iya sepertinya mandelic acid kurang lebih sama seperti AHA BHA mizon kali ya?

      Delete
    6. hi Lilis .. mandelic acid memang seperti exfo lainnya , hanya dia lebih aman untuk kulit sensitive :)

      mengenai whitehead .. kamu uda cek semua produk yang kamu gunakan termasuk misalnya kalo ada pake bedak dll, non-comedogenic ? atau tidak menyebabkan pore clogging ?

      Delete