Saturday, September 16, 2017

[Review] The Ordinary Niacinamide 10% and Zinc 1%

Hi semua ,
maaf baru nulis review lagi :)

beberapa minggu ini ritme kerja Adit agak berubah.
Mulai dari pindah kantor, sering bolak balik ke Tapanuli, dan .. di kantor baru ini blogger di block. Walhasil, yang biasanya aku bias ngetik review di jam makan siang , sekarang jadi ga bisa deh.. #demm..

anyway,
seperti janji Adit beberapa waktu yang lalu,
hari ini Adit ingin share review mengenai salah satu produk dari brand The Ordinary, yaitu Niacinamide and Zinc. Untuk kamu yang belum familiar dengan brand The Ordinary, Adit pernah mengulas brand ini beberapa waktu yang lalu. Kamu dapat click di sini.

Yuk, langsung saja kita bahas, The Ordinary Niacinamide and Zinc .

The Ordinary Niacinamide 10% and Zinc 1%

My The Ordinary Combo : Niacinamide Zinc and Azelaic Acid 
Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai produk ini, Adit akan cerita sedikit mengenai Niacinamide dan Zinc. 

Niacinamide merupakan nama lain dari Vitamin B3. Kamu dapat menemukan niacinamide pada hamper semua produk skincare saat ini, karena memang, niacinamide ini memiliki banyak fungsi, mulai dari mencerahkan, mengurangi kemerahan kulit, dan menjaga kulit kita terlihat bersih dan glowy. Yang menarik dari produk The Ordinary ini adalah konsetrasinya yaitu 10 % . Selama ini skincare lainnya hanya menggunakan niacinamide dengan konsentrasi sedikit, dan hanya sebagai pelengkap. Sedangkan The Ordinary, menggunakan niacinamide sebagai kandungan utama dan konsentrasinya tinggi. 

Yang berikutnya adalah Zinc. Adit kenalan dengan Zinc ini sudah sejak lama , tapi aku biasanya minum suplemen zinc, karena membantu mengatasi kulit yang terlalu oily, dengan cara mengurangi pembentukan sebum. Kalau kamu search di google, ada banyak article yang membahas mengenai studi manfaat zinc terhadap kesehatan kulit, kuku dan rambut. Selain digunakan untuk mengurangi pembentukan sebum, zinc juga digunakan untuk mengatasi ketombe. Singkatnya, zinc ini merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Agak jarang ada skincare yang meramu produknya dengan menggunakan zinc sebagai salah satu zat utama. Mengenai hal itu Adit juga gak ngerti kenapa. Now that we have zinc + niacinamide , I really really have high expectation about this product. Next , kita lihat cosdna results. 


Ok, kalau kita lihat di atas, dari keseluruhan isi product, hanya ada 1 yang membuat aku khawatir, yaitu Carrageenan, salah satu zat yang memberi sensasi wewangian , yang memilik skala acne 5 dan skala irritant 2. Well, to be honest, aku terlewat. This might be crazy but, I don't think I saw this the first time I decided to buy the product. V_V . Anyway, tapi, saat ini aku sudah menggunakan produk ini selama hampir 2 bulan, dan aku baik-baik saja. No acne , no breakout. So I guess, this carrageenan might react to some people that is sensitive to the ingredient, while lucky me , i'm not. Padahal aku ngerasa kulit ku sudah super super sensitive, tapi ternyata belum segitunya. .lol .. 
Tapi beberapa waktu yang lalu ada reader blog ku yang bilang kulitnya jadi beruntusan menggunakan produk ini, mungkin karena specific ingredient ini  atau hal lainnya ? I don't know yet. So, kalau kamu tertarik menggunakan produk ini, selalu lalukan patch test untuk memastikan bahwa kulitmu gak reaktif terhadap salah satu ingredient yang terdapat dalam produk. 

Results

Ok, ini yang menarik .. dari sekian banyak produk yang pernah aku gunakan, baru produk ini yang bener-bener bias mengurangi sekresi minyak di kulit ku. 
Ceritanya, pada saat aku awal awal menggunakan produk ini, aku coba 4 tetes langsung aku aplikasikan ke wajah, kulit ku langsung suppppeerr kering. Akhirnya aku coba kurangi jadi 3 tetes .. masih terlalu kering, 2 tetes masih terlalu kering juga .Aku bingung. 
Akhirnya, aku search di reddit, dan banyak reddit member yang menganjurkan untuk menggunakan produk ini dicampur dengan snail essence ( bias Cosrx, atau Benton ) , so I tried. 
Aku campur satu puff snail essence dengan 2 tetes Nianinamide Zinc, dan .. oallaaa .. love !!!!

Saat ini produknya sudah tinggal sedikit, but I will definitely repurchase !! 

Final Thought 

The Ordinary Niacinamide Zinc merupakan salah satu produk yang sukses mengurangi sekresi oil di wajahku. Penggunaannya hanya dengan 2 tetes dicampur dengan snail essence, pagi dan malam hari. 
The product is very recommended. But, there's an ingredient that might trigger acnes , or not suitable for very sensitive skin , that luckily does not cause any bad reaction on my skin , but to some other people, yes. So, it is recommended to always try test patch prior to applying to all over your face for at least 2 weeks or so. Only to make sure that your skin accepts the product well. 

I definitely will repurchase the product , with some other new products from The Ordinary that already in my watch list. lol 
Alright then. that's all from me ! Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit . ciao :)







62 comments:

  1. Hai Kak Adit! Aku lagi nyari-nyari review skincare di google terus nemu blognya Kak Adit dan langsung bahagia! Skin type aku sama kakak gabeda jauh dan review kakak lengkap banget bener-bener ngebantu.

    Ohiya kak, jerawat aku itu frekuensi munculnya cepet banget dan mukaku merah-merahnya banyak banget, jadi sebelum merahnya ilang udah numbuh jerawat lagi. Kalo aku pake niacinamide zinc (sama alpha arbutine dari the ordinary juga)ini selagi ada jerawat gapapa?

    Terus baca juga di blog kakak, kalo muka merahmerah terus ada melendung itu artinya dehidrasi ya kak? Padahal aku rutin pake aloe veranya nature republic pagi dan malam terus snail essencenya cosrx tiap malam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anya, thanks uda mampir2
      :)
      kulit jenis kita memang agak2 perlu ekstra perhatian ya :)
      hmm.. alpha arbutine aku belum pernah coba . kamu dua duanya belum pernah pakai ?

      ini baru mau coba alpha arbutine sih .. tapi kalau di aku niacinamide aman. cuma, si niacinamide ini ada parfume nya yang untuk sebagian orang kayaknya ga cocok nya.
      saranku, kamu coba setetes dulu, dicampur sama aloe vera mu aja. coba dulu seperti itu, start dari 2 hari sekali. kalau ga ada response aneh2 , baru setiap hari malam hari, kalau ga ada aneh2 lagi , baru pagi malam. tapi saranku tetep dicampur. aku sih campur sama snail essence, tapi kalau kamu misalnya ga pernah pakai snail, campur sama aloe vera juga gpp.
      yang penting jangan campur dengan produk baru lagi, biar kt tau kamu cocok apa enggak dengan niacinamide ini.

      melendungnya ada isinya ga ? aku sih alergi kadang2 .. kalau dehidrasi itu selain merah2 biasanya pori2nya menganga. itu ciri2 dehidrasi.

      oh kamu uda pake snail essence ya. campur dengan snail aja dulu niacinamide nya.

      cobanya satu satu ya. misalnya niacinamide 2-3 minggu aman, baru kamu kalau mau nambah alpha arb di minggu ke 4. jadi biar termonitor produk mana yang cocok dan tidak.

      nya, aku agak limited access ke blogger dari kantor, kalau comment lama dibalas kamu contact ke ig ku aja ya @Joshua_adityaa

      Delete
    2. Hai Kak, aku udah jalan seminggu lebih ini niacinamidenya, pas hari ketiga mukaku keluar jerawat yang besarbesar yang bernanah gitu kak, sekarang sih beberapa udah kering, tapi ada juga yang baru mau nongol gitu. aku nerusin karna aku mikirnya ini lagi dikeluarin, tapi biasanya kalo lagi purging berapa lama ya kak? Aku bingung terkadang produknya emang bikin purging atau akunya yang gak cocok

      melendungnya gaada isinya kak, terkadang gatel gitu.. berarti aku alergi ya? padahal skincareku gak aku ganti, melendungnya pun sebelum aku pake niacinamide

      Delete
    3. hi ANya, kalau gatel dan ga ada isinya kemungkinan alergi.
      gini nya, coba kamu stop dulu. kemungkinannya : kemungkinan kulit kamu memang lagi over sensitive. stop produk2 yang mengandung active paling enggak seminggu. setelah itu coba pake lagi tapi bertahap. pakenya sesedikit mungkin. contoh : pake first essence itu 3-4 tetes cukup ga perlu sampai basah bgt.

      pake niacinamide nya coba kamu pake 2 tetes, dicampur essence lain. aku sih dicampur snail, sesuai rekomendasi dari bbrp blogger. dan so far aman. pakenya juga start dari 2 hari sekali malam hari. :)

      keep me updated ya.

      purging itu bisa lama. kamu jenis kulitnya apa ? kalau jenis kulitmu oily acne prone, mungkin purging. purging biaasnay di tempat yang sering jerawatan. kalau breakout itu di tempat yang jrg jerawatan sebelumnya

      Delete
    4. Hai kak, mukaku udah membaik satu dua hari ini, jerawat jerawatnya udah lumayan kalem hehe, ya walau masih ada sih. Aku lagi beralih ke physical exfoliator aja, sebelumnya aku bergantian sama chemical exfoliator.

      Kak, aku dulu kan pernah pake benzoyl peroxide dan bekasnya menghitam dan gak lama kemudian jerawat numbuh lagi di tempat yang sama, jadi aku berhenti. Sekitar tiga-empat minggu ini aku nggak pake obat jerawat dan emang sih jerawatnya tetep kempes, tapi lamaa banget bisa sampe seminggu lebih, apalagi yang meradang sampe kalo kesentuh sedikit aja sakit.
      Menurut kakak aku terusin aja gapake obat jerawat atau ganti?

      Delete
    5. hi Anya, kamu uda pernah coba garamycin salep ? aku sih, kalau jerawat yang di dalam gitu, aku pakein garamycin aja. lebih cespleng :)

      Delete
  2. Katanya formulasi yg baru sudah tanpa Carrageenan itu. Aku juga cocok pake niacinamide zinc ini, sekarang uda pake botol yg ke 2.

    Review azelaic acid dong, aku bingung ini produk cocok atau gak buat kulit ku, setelah 1x pake hasilnya oke, lalu lanjut pake pagi malam selama 3 hr malah breakout gede2. Disaranin oleh Deciem utk kurangin pemakaiannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalahhh. thanks fancythat untuk infonya.
      aku suka banget sama niacinamide ini.. pantes di aku ga ada breakout, berarti memang udah di hilangkan ya si carrageenan nya.

      hmm, azelaic acid aku kalau keseringan bukan jerawat, tapi perih. dia prinsip kerjanya kayak aha/bha dan hydroquinone, tapi gak berbahaya seperti hydroquinone. jadi aku sih pake 2 hari sekali malam, dan kulit harus uda bener2 kering.

      kamu pake nya pagi malam ? agak keseringan itu. 2-3 hari sekali cukup koq.

      Delete
  3. Kulitku yg oily acne prone ini kurang cocok dgn AHA lactic acid, glycolic acid walo yg ringan dosisnya. Azelaic acid ini termasuk AHA kah?

    Ya pas breakout itu pagi malam azelaic acid selama 3 hari berturut2.
    Adit pakainya di slot mana dan bagian bermasalah saja atau seluruh wajah? Aneh aja dgn tekstur dan hasilnya seperti pakai primer makeup.
    Thank youu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      hmm. azelaic ini bukan aha. tapi dia memang fungsinya mirip.

      saranku gini :
      1. gunakan azelaic pada kulit yang bener2 kering. jadi kalau kulit kamu abis kamu aplikasikan produk. jangan pake azelaic dulu sampe kering banget.
      2. gunakan azelaic 2-3 hari sekali malam hari.
      3. ambil azelaic dikit banget. titik2 di wajah, baru kamu ratakan. jadi pakenya dikit banget. aku sih kurang lebih 1 biji kedelai bias utk muka dan leher.
      :)

      coba dulu spt itu ya

      Delete
    2. Thanks Adit, aku coba sarannya πŸ‘πŸ»

      Delete
  4. Setelah nyari kemana2 review ttg skincare di blog ini aja yg bisa nyampe ke kepala aku bahasanya wkwkwk :') (poor me)

    Kak aku baru ingin memulai skincare routine ku dengan bener, maksudnya dari step a-z. Sebelum ini aku cuma pake rangkaian produk tea tree dari the body shop udah hampir 6bulan lebih, dan aku ga begitu puas dgn hasilnya (tapi alhamdullilah jerawat aku ga banyak keluar kayak sebelumnya efek aku berhenti obat dokter).

    Dan akhir2 ini aku mulai ngelirik brand benton, cosrx dan the ordinary ini. Tapi aku ga tau harus beli yg mana dan untuk permulaan aku harus membeli yg mana. Dimana kondisi muka aku sekarang kusem, oily, jerawat 2-3 (udah mulai kempes) dan ada beberapa bekas jerawat yg ga ilang2 sampe cape sendiri ngeliatnya. Oh aku juga kadang bruntusan di jidat. Tapi ga sering banget sih. Jadi (mungkin) bisa diabaikan?
    Jadi aku harus mulai dari yg mana kakk? Please help me, im so frustrated rnπŸ˜‚πŸ˜‚

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Ups ga 6bulan deh pake tbnya, hampir 1,5thn makenya. Aku sempet pake oxy 5 sama oxy anti pimple mark. Tapi bikin jadi kering banget. Jadi dikurangi pemakaian oxy 5nya. Yg lain masih tetepπŸ˜‚

      Delete
    3. hi lutfi, kalau beruntusan , dan hilang sendiri mungkin itu alergi. kamu sambil di lihat2 pada produk yang kamu gunakan, kira2 ada yang keras ga.

      hm, kalau kamu mau start di cosrx, start dari snail.
      begitu juga dengan Benton.

      tapi hati2 kalau kamu belum pernah menggunakan produk snail. takutnya malah alergi dengan snail. selalu lakukan test patch ya

      Delete
  5. Halo kak Adit, aku suka bgt baca review dr kak Adit ini karena jelas bgt. Aku lagi pake Azelaic Acid ini kurleb 2 bulanan dan aku suka bgt karna dia dikulit aku bantu memperbaiki tekstur kulit. Akhirnya pengen beli yg Niacinamide, kira2 si azelaic ama niacinamide ini boleh dipake barengab gak ya? Kalo azelaicnya aku pake pas pm, sama niacinamidenya pas am itu bener gak ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) terimakasih loh uda mampir2 .. hehe
      hmm, bisa barengan, karena aku juga pake dan aman2 aja.
      cuma kalau aku gunakan azelaicnya 2-3 hari sekali.
      niacinamide aku am pm, aku campur 2 tetes niacinamide dengan snail essence :)

      kamu uda berapa lama menggunakan azelaic ?

      Delete
  6. Hi ka adit! Aku lagi cari review ttg produk yang lagi nge hype dan akhirnya nemu blog ini. Ka aku lagi pake oxy10 buat beruntusan ku sebelumnya aku pake krim dokter udah 2taun, and i know pasti ketergantungan kan, nah aku berhenti karna si krim malem nya ada formula baru yang ngebuat muka aku beruntusan.. Sebelumnya ga pernah gini ka. Kalo the ordinary niacimide ini bisa ngurangin beruntusan ga ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Amira..
      niacinamide ini mengandung zinc yang bikin sekresi sebum berkurang.dengan kata lain, kalau penyebab jerawat beruntus kamu adalah over production dari sebum, iya bisa. tapi, kalau penyebab kamu ditrigger oleh yang lainnya, misalnya ada factor hormonal, stress, makanan, dll , aku gak yakin :)

      mungkin kamu coba beli yang testernya saja dulu ?

      Delete
  7. Halo kak, aku mau nanya dong. Urutan pemakaian skin care kakak gimana ya? Kapan kakak make si niacinamide ini? Setelah atau sebelum hydrating toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Violin..
      kamu gak akan mau tau uruan skincare ku spt apaa .. hahahaha
      bannnyyyakkkkkk ...

      aku sampe malu mau ngetiknya.

      tapi utk niacinamide ini. aku campur dengan snail essence cosrx
      setelah hydrating toner, first essence, dan hydrating serum :)

      Delete
  8. Pagiii.. Adit.. U awesome.. Ayook dong bikin youtube channel skalian 😘 mau request bolehkah? Adit bikin skin routine nya dong pliss.. 😚
    Mau tanya ni.. Kulitku kan sensitif. Salah pakai produk psti akan timbul jerawat yaa.. Pernah coba niacinamide dimix sesuai saranmu pake snail (aku pk benton). Ngefek sih.. Tp gak cetar. Itu knp ya?
    Sampai abis 2botolan. menurut km utk yg varian peelling AHA BHA nya the ordinary itu akan terlalu keras gak sih dit.. Buatku?

    1 lg.. Kulitku kusam bgt.. Kok kynya pake apaaa aja gt ga ampuh.. Kira2 km ada saran gak? Utk kulitku yg sensitif tapi badak ini.. Please help..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Egi .. hahaha ... aku pernah coba mau bikin youtube channel. .. tapi malah pengin ketawa sendiri liat muka di video .. hahaha ..

      hmm, sedang aku siapkan skin routine list nya :)

      mengenai niacinamide, kamu berapa proporsinya ?
      sudah pakai berapa lama ?
      aku merasakan efeknya pas mau habis botol pertama... which is lewat 2 bulanan.

      hmm, coba deh kamu campurnya dengan snail yang cosrx. karena cosrx lebih ke hydrating .
      tapi ga bikin jerawat bermunculan kan ya di kamu ?

      kamu sudah habis 2 botol .. dan masih belum ngefek ?

      kamu pakai sunblock kan gi ?
      karena efek niacinamide ga akan maksimal kalau kita terekspose matahari atau gak melindungi kulit dengan sunblock.

      hmm, peeling highly likely akan bikin purging lowh.
      saranku, kalau kamu kulitnya sensitif .. itu the last thing that you want to touch sih ..

      untuk kulit kusam, sebenernya ada banyak faktor .. kurang tidur bisa , kurang exfo agent bisa, gaya hidup juga bisa .. misalnya too much sugar, kurang makan buah sayur , air putih kurang , kurang olah raga, high stress level ..

      kamu sudah pernah coba apa aja ?
      pakai First essence ga gi ?
      first essence ampuh sih di aku untuk bikin kulit glowy ..

      Delete
  9. hi kak adiit aku dateng lagi
    jangan bingung manggilnya diah aja, hehehe
    ini review yang paling aku cari-cari akhirnya nemu yang ngejelasinnya mudah dipahami dan ga ngeiklan banget, pokoknya suka review disini.

    mau nanya dong kak, snail yg kakak campur sama pemakaian The Ordinary ini apa? ebnton atau cosrx?
    ini cocok untuk oily skin ga kak kira-kira?

    makasiii semoga dijawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi apakabar ? :)
      sori nih baru balas ...
      blogger di block di kantor .. sedih .. aku hukz..

      hmm,

      cosrx sih :)
      cocok kalu di aku

      kamu sudah coba ?

      Delete
  10. Hai Kak Adiit, semenjak rajin pakai skin care aku jadi sering baca blog nya Kak Adit. Penjelasannya mantap, lengkap dan ngga berlebihan.

    Kak, aku lagi cari serum buat pacar aku, dia kulitnya kusam dan agak acne prone gitu, pori2nya juga hmm, gede. Kira2 rekomendasi dari Kak Adit apa ya? Makasiih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Mirna :)

      thanks uda mampir.
      doi jerawatnya banyak yang aktifnya atau gimana ?
      hmm, kalau cowo soalnya agak kompleks.
      kadang2 ada folikulitis juga .
      nanti aku cerita deh folikulitis itu apa

      dan cowo biasanya ga mau ribet . hahah :)
      hmm, coba pakein clear pad cosrx aja dulu. 1 x sehari malam hari

      cuma pagi mesti pake sunblock mir.

      Delete
  11. Kak adit aku pendtang baru nih di dunia per-skincare-an hehe, aku mau tanya untuk kulit berminyak dan bruntusan trus ada jerawat batunya kalo mau pake produk theordinary cocok yg mana ya, apa yg niacinamide atau si salic acid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Vira, hmm, kalau aku sih pakenya yang niacinamide. karena dia ada zinc nya , itu bagus untuk mengurangi sekresi kelenjar minyak.
      tapi memang gak combat breruntus atau jerawat secara langsung.
      salic acid itu bha. jadi, kalau kamu pakai bha, dia memang akan membantu membersihkan sel kulit mati sekaligus membersihkan pori2 kamu. artinya, akan purging dulu.
      kamu siap ga ?
      :)

      kalau kamu mau step perlahan2, saranku, utk bha nya pakai cosrx aja yang clear pad karena persen bha nya cuma 1 persen. start dari 2 hari sekali malam hari aja. nanti setelah kulitmu adjust , baru kamu coba produk yang persen bhanya agak lebih tinggi dari clear pad.

      Delete
  12. Hi Adit.. Aku baru banget malah pake si niacinamide ini.. Baru malem ini malah.. Dan kaget aja kalo ternyata bikin kering dan harus dicampur.. Huhuhu.. Aku punyanya cuma laneuge waterbank, laneige sleeping mask ama nature republic aloe vera.. Better yg mana yah buat campurannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi augustien .. hmmm, aku belum pernah campur pake yang lain sih . tapi kalau pake aloe vera seharusnya aman ya :) cuma kurang hydrating .. aku ttp lebih sarankan sama snail sih :)

      Delete
  13. Hi adittt..

    Aku pake niacinamide udah 2 minggu, 2 hari pertama pakai ini, jerawat hormon nya hilang, tp kemudian muncul jerawat gede yg ada isinya di area dahi. Pertama aku pake siang malam tp kulitku jd kering bgt smpe ngelupas, skr aku pake malem aja dan dicampur dg essence nya benton. Oiya kulitku oily to acne prone. Plis helppp apakah ini purging atau emg ga cocok ya? Jd ragu untuk melanjutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Retno .. selain pakai niacninamide ini kamu pakai apa lagi ?
      karena kalau lihat di ingredientnya seharusnya ga ada yang bikin purging.
      yang bikin purging itu biasanya exfo agent spt AHA or BHA atau Vit C.

      zinc justru mengurangi sekresi kelenjar minyak.

      kemungkinannya, kamu menggunakannya terlalu banyak, aku biasanya pakai 1-2 tetes dicampur sama snail.

      kamu cara pakenya gimana ?

      di dahi memang sering jerawatan ? kalau jarang jerawatan terus sekarang jadi berjerawat, berarti itu breakout.

      muncul jerawatnya banyak ?

      kemungkinannya : karena kamu pakai terlalu banyak, kulitmu kering dan mengelupas, otomatis , mekanismenya jadi seperti exfoliating, makanya, kotoran isi porinya terangkat ke atas.

      tapi, kasi tau aku deh, kamu pakai apa aja, jadi biar aku coba cek :)

      Delete
  14. Hi kak adit,slm kenal aku newbie di dunia Per-skincare'an,setelah baca2 blog kk kok banyak banget pencerahan nih :) aku mau nanya kan selama ini kan aku pake benton bha + snail nya + aloe dari nature republic,awal bln oke2 aja malah kulit lembab bgt,tp pas masuk bln ke 3 malah ada beruntus kecil (sebum) kadang jerawat yg ada isi nya tapi ga lama 2-3hari kering, itu kenapa ya kira2? Dan satu lagi kalo 3 produk itu dipake barengan the ordinary niacinamide boleh gak ya? (Baru mau coba siapa tau cocok,krn aku pengen punya skintone merata) oya,kulitku oily kadang jerawatan kadang ngga..terimakasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi wigie .. itu kelihatannya karena km kan pakai produk bha .. dari benton ya . Jadi ada efek purgingnya . :)
      Kalau ilang sendiri .. aku rasa ga perlu terlalu kamu pusingin :)

      Boleh . Tapi klo aku niacinamidenya aku campur ama snail cosrx . :)

      Sebenernya benton snail jg ada brightening agentnya . Total ud brp lama pake bentonnya ?

      Delete
  15. Ka, kalau aku make niacinamide pas di aplikasiin ke muka malahan muka aku perih gitu, terus agak merah, hasilnya jadi kering muka aku pada ngelupas gitu, aku pake niacinamide terus pake the saem aloe vera. Kalau kaya gitu kenapa ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi.. ada beberapa kemungkinan,
      pertama , karena the saem aloevera kandungan kedua terbanyaknya adalah alcohol. skala 5 dari 5 penyebab iritasi menurut cosdna.

      yang kedua, karena kulitmu agak sensitive jenisnya. :)
      saranku, kamu coba aplikasikan niacinamide 1 tetes / 2 tetes dicampur dengan snail essence cosrx 1 puff :)

      Delete
    2. Ka, thankyouuu atas sarannya. Aku lagi coba niacinamide dicampur sama snail essence cosrx, alhamdulillah kuliku udah ga kering lagi niiih padahal baru pemaikaian 5 harian :)

      Delete
    3. Hai kak aku pake niacinamide baru 3 harian, lalu mukaku jd merah dan seperti kasar. Apa karna gk cocok ya?? Atau itu harus aku xampur? Lalu kira2 untuk bekas jerawat bagus apa ya kak?

      Delete
    4. hi Wilda :) yaaayyy!! , iya , aku juga gitu cara pakenya .. sampe skarang masih pake. kabari aku updatenya ya :)

      Delete
    5. hi endah.. kamu pakenya gimana ? pagi sore ? berapa tetes ?
      iya, cobain kamu campur sama snail cosrx dehh :)

      Delete
    6. Aku masih pake ka, awalnya aku beli share in jar snailnya karena takut kalau beli yg full size mubazir. Ternyata setelah satu bulan, muka aku lebih bersih, lembab, dan cerah. Temen2 aku malahan pd nanya aku pake apaan πŸ˜„ thank you soooo much ka adit!!! Sekarang aku malah beli snail yg full size niih πŸ˜†

      Delete
    7. ahaaayyy !!!! seneeeenngggg :) keep me updated yaaa

      Delete
  16. Hello adit...
    aku uda pake niacinamide 3 hari ini. Kulitnyaa langsung kering terkupas gitu.. tipe kulitku agak kering permukaannya tapi oily di T zone.. setelah palai niacinamide aku juga pake hyaluronic juga tapi masi kering gitu... ada saran kah?
    Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :) km campur pake snail cosrx. 2 puff snail 1/2 tetes niacinamide

      Delete
  17. Halo ka, aku mau tanya katanya niacin ga cocok kalo dibarengin vit C? Kalo aku pake toner cuka apel gimana ya ka? Ato niacin ga bolehnya sama serum vit C?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yusra,
      kamu tone cuka apelnya buat sendiri apa gimana ?
      terus, sudah pakai lama atau belum ?:

      aku personally gak terlalu recommend cuka apel . :)
      terutama kalau homemade, karena kita ga bisa bener2 ukur, berapa pH nya , kecuali, kalau kamu ukur dulu pHnya dll..

      aku lebih prefer acid toner yang uda jadi dipasaran :)

      hmm, mengenai niacinamide dengan vit C , sebenernya kedua hal ini fungsinya akan saling meniadakan kalo dipakai bersamaan..
      jadi better di skip satu AM satu lagi PM :)

      Delete
  18. halo ka adit. aku baru beli niacinamide nih. tapi belum aku pake krn masih takut bgt bakal aneh2. aku pake low ph morning cleamser dr corsx, nr aloe vera, sama benton yg snail bee.aku pake cleanser dr corsx itu kering bgt muka aku, apa pake niacinamide dicampur yg snail bee itu nggapapa ka? ada bahan yg gaboleh dicampur ngga ya ka?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Dinda ,
      kamu pakai low ph cleansernya pagi malam ?
      sebaiknya hanya 1 kali sehari :)

      snail bee sendiri ada niacinamidenya koq Din ,
      aman dipakai berbarengan dengan niacinamide serum :)

      kamu pernah ada riwayat gak cocok dengan tea tree ?
      kalau ada, mungkin kamu mesti menghindari produk2 yang ada tea tree nya.
      low ph ada tea tree nya :)

      Delete
  19. Hi adit, aku penasaran mau coba niacinamide juga. Karena aku punya acne scars yg lumayan ganggu, dan warna kulit tdk merata.
    Skin type ku acne-prone.
    Wajahku habis kena serangan jerawat parah karena ga cocok sama masker kefir yg aku pakai sekitar 3 bulanan, jadi aku putuskan untk stop.
    Sekarang ini aku pake viva milk cleanser, sebamed facial foam, toner cuka apel, benton snail essence, cosrx snail cream, dan benzoyl peroxode untk spot treatment.
    Alhmadulillah sdh berangsur membaik, aku juga jaga pola makan dg ngurangin makan ayam negeri dan telur ayam negeri.
    Boleh gak aku pake toner cuka apel barengan dg niacinamide?
    Soalnya aku pernah baca katanya kalo mau pake niacinamide jgn pake toner aha/bha, atau yg asam. Nanti pedih.
    Haruskah aku ganti toner?
    Semoga pertanyaanku bisa dijawab, terimakasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      Daniela, jujur aku ga terlalu paham perihal toner cuka apel.
      tapi in general, cuka apel harusnya phnya rendah.
      jadi dia tergolong bahan aktif.
      sebaiknya di skip, antara toner cuka apel dan niacinamide :)

      sehabis menggunakan acid toner, kamu disarankan untuk menggunakan hydrating toner juga .
      baru produk lainnya.
      kamu menggunakan hydrating toner apa ?

      acid toner juga, terutama kalau phnya rendah banget dan konsentrasi asamnya tinggi, bukan untuk digunakan setiap hari, paling sering 2-3 kali seminggu .
      so, aku sarankan kamu jangan terlalu sering menggunakan acid tonernya :)
      nanti kulitmu over exfoliated. :)

      Delete
  20. Halo kak, aku mau tanya nih. aku udah lama berjerawat dan aku kan baru nyoba per skincarean 2 bulan yg lalu awalnya pake toner cosrx a-sol sama essence benton. Nah jumat minggu kemaren aku nyoba pake niacinamide. 2 hari pemakaian itu ga kenapa-kenapa cuma merah gitu bekas jerawatku. Tapi hari 3 muncul jerawat gede gede dan sakit gitu ada juga yg ada nanahnya. Apakah ini purging/breakout ya kak? Ini aku mau stop dulu takut malah tambah parah di muka. Thanks kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu pake apa aja San ?
      seharusnya niacinamide ga bikin purging.kalo boleh tau kamu pake produk apa ?

      Delete
    2. sori, kamu pake niacinamide yang ordinary keluaran tahun berapa ? karena niacinamide yang versi pertama, dia ada zat yang acne trigger, sedangkan yang versi kedua , ingredient tsb sudah dihilangkan

      Delete
  21. Hallo kak mau tanya nih, kira2 kalau kita udh pake cleanser dari cetaphil, terus step selanjutnya pakai produk Safi 2in1 cleaser & toner, kira2 kegunaan nya sama apa pilih salah satu saja ka?

    Terus setelah itu pakai produk the ordinary niacinamaid apakah aman?
    Soalnya saya baru 3hari pakai produk the ordinary Niacinamaid, dan awal pengaplikasian nya terasa gatal di spot2 tertentu tp gk berlangsung lama. tp sejauh ini gk muncul jerawat, apakah itu tdk coock sm produknya ka? Saya takut muncul breakout

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatel itu kemungkinannya karena beberapa hal, salah satunya mungkin gak cocok dengan produk lainnya yang kamu gunakan bersamaan. coba distop produk lainnya, sambil tetep gunakan niacinamide dan zinc tsb. kalo masih gatel, kamu mix dengan aloe vera gel / snail . :)

      Delete
  22. Kak aku pake niacinnamed ini dan aku beruntusan banyak bangatπŸ˜” apa aku berhenti aja ya
    Aku pake cetaphil untuk facial wash nya dan untuk toner aku pake sariayu.. itu aja yg aku pake untuk skin care aku kak
    Gmna solusinya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi .. dengan siapa ini ?
      sorry to hear that.. sebenernya aku agak bingung..
      niacinamide ini kan mengandung zinc , yang fungsinya untuk mengurangi sekresi sebum. jadi seharusnya, bukan beruntusannya akan berkurang, bukan bertambah.. jadi mungkin kamu gak cocok dengan salah satu ingredient di produk ini ya ?

      Delete
  23. Hy kk..aku mau nyoba niacinamide katanya bisa bagusi tekstutr wajah ya..soalnya wajah aku bopeng2 dan pori2 gede2 banget..karna jerwat.
    Aku slma ni pake cuka apel n aloevera..bisa gak kak klo aku mo pake niacinamide..?
    Klo bisaa gmn cr pengaplikasiannya kak..
    Thanks

    ReplyDelete
  24. ka aku mau ngilangin bruntusan sm jerawat kecil di pipi sm jidat.
    trs aku baru pertama kali make niacinamide selang semenit aku kasih salicylic acid, trs ga lama kok numbuh jerawat baru ya di daerah pipi sm jidat? tp sebelumnya aku make toner cuka apel sm aloe vera. itu kenapa ya? makasihh

    ReplyDelete
  25. halo ka adit aku mau tanya dong, sekarang aku lg pakai cosrx low ph cleanser (pagi-malem), cosrx aha/bha toner (seminggu 2 kali malem aja), sama cosrx centella alcohol-free toner. skin type ku normal-combi, di jidat, pipi daerah deket hidung itu banyak bruntusan, clogged pores, dan komedo tentunya. aku tertarik anget pake ini kalo buat yg baru pertama kali pake kira kira pakenya seminggu dua kali atau langsung pake setiap hari boleh gak kira kira? thanks kaa

    ReplyDelete
  26. Hai kak^^
    Aku pake niacinamide 3 tetes setiap malam selama +- 5hari sekarang. Terus kulit dahiku malah kaya bersisik dan bruntusan kaya biang keringat.. Apa aku ga cocok atau karena pakenya terlalu banyak? Thankyou.. Btw, kulitku kombinasi oily parah :')

    ReplyDelete