Monday, October 23, 2017

[Healthy Life] Propolis, Satu Lagi dari Lebah untuk Mengatasi Jerawat

Hi semua,
sudah beberapa waktu terakhir Adit jarang share mengenai hal-hal sehubungan dengan kesehatan tubuh dan kulit. Hari ini , Adit akan share sedikit mengenai propolis.

Well, kalau aku ga salah ingat, propolis start booming beberapa waktu yang lalu, bersamaan dengan salah satu brand MLM yang memang menjual propolis sebagai salah satu produk andalannya. Sejak saat ini, nama propolis mulai lebih dikenal, termasuk juga khasiatnya. Sehubungan dengan khasiat propolis tersebut jugalah, akhirnya ada beberapa brand skincare Korea yang menggunakan propolis sebagai salah satu bahan dasar produk mereka. Tapi, ibarat kata , tak kenal maka tak saying, hari ini Adit akan mengulas lebih jauh mengenai propolis agar kamu lebih paham, apa-apa saja khasiat propolis, bagaimana cara kerjanya, sampai dengan cara memilih produk propolis yang baik.
Yuk, stay tune di sini.

Propolis, Si Hitam tak Manis dengan Berbagai Khasiat

Dikutip dari Wikipedia, propolis merupakan salah satu produk dari lebah madu yang bersifat resin yang memiliki fungsi utama sebagai perekat lubang kecil pada rumah lebah. Warna propolis adalah coklat tua ( walaupun bervariasi tergantung dari jenis getah tumbuhan yang diambil oleh lebah tersebut ) .

Manfaat utama dari propolis ini adalah :
  • memperkuat stabilitas rumah lebah dan mengurangi getaran 
  • memperkuat pertahanan sarang dengan cara mengurangi jalur masuk alternative ke dalam sarang lebah 
  • menghalangi pertumbuhan bakteri dan parasite
  • mengisolasi hewan yang mati di dalam sarang, sehingga tidak membusuk dan berbau . 
Well, 
melihat fungsi propolis di atas, tiba-tiba Adit jadi amazed banget . Hebat juga nih lebah, dapat berpikir se advance itu. Hebat banget ! . 

Sehubungan dengan kesehatan tubuh kita, propolis ini berfungsi untuk menghalangi pertumbuhan bakteri, virus , jamur dan parasite di tubuh kita, termasuk di kulit. 
So, dengan rutin mengonsumsi propolis, daya tahan tubuh kita menjadi lebih kuat, karena berkurangnya aktifitas mikroorganisme berbahaya di dalam tubuh. 
Sehubungan dengan jerawat, seperti kita ketahui, walaupun kemunculan jerawat itu tightly related dengan produksi sebum, ada satu bakteri jerawat yang menjadi salah satu factor pencetus utama yaitu bakteri p.acne. Dengan rutin mengonsumsi propolis, diharapkan aktifitas bakteri p.acne dapat lebih diredam. Beberapa bahkan menyarankan untuk rutin menggunakan propolis sebagai masker , dan obat jerawat alami . 
Tapi, kalau aku sih, hmm .. sayangg , hahaha. soalnya, harga propolis ini tergolong tidak murah. Kalau kamu lihat di situs online shopping, paling tidak harga propolis ini berkisar IDR 100.000 , untuk jumlah yang sedikit. Well, masuk akal memang, melihat benefit yang ditawarkan oleh produk tersebut. Justru, kalau ketemu propolis yang harganya murah , aku jadi mikir banget. Asli gak nih ? Anyway, di samping harga, ada beberapa hal lain yang perlu kamu perhatikan sehubungan dengan memilih propolis. 


Tips Memilih Propolis


Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sehubungan dengan memilih produk propolis yaitu :
  • pastikan kamu memilih produk yang jelas. Jelas di sini dapat berarti : brand nya jelas dan di beli di recommended seller , baik secara online maupun langsung dtg ke tokonya. Kalau Adit, biasanya aku beli di tk obat cina , salah satunya di ITC Kuningan. 
  • pastikan kamu memilih propolis dengan bahan dasar pelarut non-alcohol. Disamping memang untuk kamu yang memeluk agama Islam, yang disarankan untuk menghindari produk beralkohol, propolis dengan bahan dasar alcohol cenderung agak panas di badan, dan ga bagus digunakan untuk masker / obat totol jerawat. 
  • Biasanya propolis yang asli agak pahit kecut semi-semi asam dikit. Hahah , gimana yah menjelaskannya ? Tapi yang pasti, harus agak pahit kecut. Kalau propolis yang kamu beli cenderung tidak berasa , atau malahan manis seperti madu, mungkin yang kamu beli produk palsu. 
  • Jangan tergiur oleh produk murah, karena saat ini banyak produk propolis palsu yang beredar di pasaran. 
  • Saat ini juga ada produk produk madu yang sudah mengandung propolis, seperti madu hitam pahit , dll. Memang agak sulit mengecek keaslian propolis tersebut jika sudah bercampur dengan madu, tapi , dengan memilih produk propolis yang bercampur madu, kamu juga dapat memperoleh manfaat dari madu, sekaligus propolis, dalam satu produk. 
  • Adit pribadi juga cenderung untuk memilih produk propolis yang cair , bukan produk dalam kemasan kapsul , karena , produk propolis dalam kemasan kapsul entah kapan diproduksinya. 

Anyway, 
mengatasi problem jerawat memang gak mudah, dan gak cepat. Walaupun demikian, diharapkan, dengan memilih skincare yang tepat , dengan diimbangi pola makan dan diet serta supplemen yang benar, kamu akan mendapatkan kesehatan kulitmu yang kamu inginkan. 

Nantikan tips dan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :) 

9 comments:

  1. hai kak adit, aku debby. aku udh dari dulu baca post2nya kakak, tp baru kepikiran buat nanya sama kak adit.
    jadi gini aku bingung di kulit muka aku terutama di dahi sebelah kiri, deket hidung ke pipi sama di deket bibir bagian bawah ada bintik2 kecil gt, aku bingung itu apaan. kalo di bilang milia bukan soalnya bintik2 nya itu bening transparan gt ga ada warna putihnya. ga terlalu keliatan sih cuma ga enak aja kalo pas bersihin muka trs megang muka ga mulus gitu T.T
    tipe kulit muka aku kombinasi, cuma berminyak di daerah T. skin care yg lagi aku pake itu cethapil gentle cleanser , toner cuka apel, benton snail essence sama sheet mask.
    aku bener2 kesel sama bintik2 ini kak adit, jadi aku bener2 minta tolong ke kak adit siapa tau kak adit bisa bantu aku ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Debby, agak susah untuk melihat itu apa, karena kan aku ga lihat langsung.
      kamu uda pernah ke dokter ?
      lalu mama atau papa kamu ada yang ada bitnik gitu ga ?
      kalau ga ada isinya , harusnya itu bukan jerawat yang pasti.

      Delete
    2. iya juga sih kak, mm aku blm pernah ke dokter sih, soalnya takut ga bs lepas dari krim dokter hmm.
      aku udh searching2 lagi kayaknya ini tiny bumps jd pori2nya kesumbat. kira2 menurut kak adit kalo kasusnya gt produk exfoliating apa yg menurut kak adit bisa bantu ya? Cosrx aha/bha toner bs bantu ga kak? soalnya aku pake cuka apel ga mempan kak hmm. oiya aku skrg lg coba innisfree super volcanic clay mask kak sama cosrx snail essence.

      Delete
    3. kak adit, barusan aku inget review kak adit ttg cosrx one step pimple pad trs aku baca ulang, menurut kak adit cosrx one step pimple pad itu bisa aku coba kah?

      Delete
    4. hmm, aku agak ngeri ngasi rekomendasi Debb, karena aku belum pernah mengalami spt kamu. takutnya itu bukan pore clogging.
      sebaiknya sih, dating ke dokter. nanti sesudah bersih dari dokter baru di maintain dengan skincarea.

      clear pad memang utk gentle exfo. tapi kalau itu bukan pore clogging ga akan keangkat juga .

      Delete
  2. hai adit, kenalin gw Diana
    i'm in love with your blog, and i think, i read almost all of it.
    so, setelah maju mundur gw putusin buat nanya ke adit bout skincare.
    jadi... aku masih newbie bgt ttg skincare, dan sebelumnya sempet putus asa dan mau ke dokter aja, tp gw tau bgt pasti bakal ketergantungan kaya dulu2(gw pernah perawatan trus berhenti)
    ohya, tipe kulit gw kombinasi, kalo gw pake makeup gw minyakan, kl bareface normal-to-dry
    nah krn gw tipe yg pake makeup tiap hari krn gw kerja
    gw bingung, apasih sebenernya step by step what i hv to do n don't?
    sekarang rutinitas gw:
    oil cleanser wardah, corine de farm, viva greentea milk+toner, bodyshop tea tree facial wash, acnes cream wash, i dont have any serum, toner after it, essence ><, oh n aloe vera wardah, sunscreen wardah, kl jerawatan meradang gw pake sariayu intensive care
    gw mau ganti mungkin semua krn menurut gw gada perbedaan
    .
    .
    gw jerawatan suka pencet2, dan sekarang di pipi kiri gw hampir ke leher banyak bgt bekas jerawat dan jerawat kecil2,
    PLEASE HELP ME DIIIIT T_T
    thanks, n maap panjang postnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Diana, coba deh kamu ganti viva greenteanya. kamu bisa cek di cosdna, banyak ingredient yang agak harmful ke wajah.


      kalau pake make up minyakan, tapi bareface normal to dry ini agak aneh sih.

      nah, bekas jerawat ini memang agaak susah kalau dipencetin .

      first stepnya : minimalkan make up.
      ke dua nya : kamu coba pake clear pad cosrx. start dari 2 hari sekali dulu malam hari.
      siangnya kamu gunakan sunblock.

      jujur, dari semua produk yang kamu gunakan aku belum pernah pakai.
      tapi yang aku tau viva ga bagus utk kulit.

      kamu rutinin dulu cleanser, lalu pake clear pad paling enggak 2 minggu ya. kita lihat ada bedanya ga.

      kalau kulitmu tendensinya normal , sebenenrya jerawat ga problem donk. jadi pasti ada sesuatu yang mentrigger jerawat, misalnay make up kamu , bikin pore clogging or apa.

      tahan ga gak pake make up 2 bulan ?
      biar bersih semua dulu.

      Delete
    2. tahan dit, soalnya paling sekarang cuman pake sebelum bedak+bedak, doang
      masalahnya cuman kalo gue pake makeup gatau itu yg jd berminyak dr makeup nya yg oxidize atau gimana..
      kulitku ga sensitif juga sih, bisa dibilang normal


      jadi menurut adit, skincare yg mungkin bisa membantu kulit aku apa aja ya dit? keadaan kulitku banyak bekas jerawat di bawah pipi sampe perbatasan wajah sama leher.

      Delete
    3. kamu uda pernah coba clear pad ?
      bha nya paling rendah, jadi pas buat kenalan kulit kamu dengan exfo agent. :)

      Delete