Friday, November 17, 2017

[Review] 100% Organic Cold-Pressed Rose Hip Seed Oil - The Ordinary

Hi semua,
maaf aku baru balas balas comment.
kemarin off dulu , ke Seoul, agak lama :) baru balik kemarin.

thanks banget untuk antusiasme teman-teman yang rajin mampir ke blog aku :)
aku juga sudah balas comment nya satu-satu . :)

ngomong-ngomong mengenai balas comment,
di satu sisi, aku seneng banget karena semakin hari readernya semakin banyak, dan itu menunjukkan bahwa pengalaman yang aku share seputar skincare , bermanfaat untuk orang lain.
Di sisi lain, setiap kali buka comment , saking banyaknya comment yang masuk, 1-2 jam biasanya aku spent untuk balas comment . hahaha . Anyway, tapi aku tetap suka balas comment koq :) semoga bermanfaat dan dapat membantu kalian semua :)

Ok.

So, hari ini aku ingin share sedikit, lagi-lagi mengenai The Ordinary, salah satu brand skincare yang lagi hype banget belakangan ini. Walaupun hype, Adit gak pake produk ini karena semata-mata hype lowh ya. Tapi berdasarkan pengalaman pribadi, beberapa waktu yang lalu aku berkenalan dengan brand ini, saat menggunakan produk Niacinamide + Zinc ( aku pernah review singkat di sini ) , dan aku suka banget. sudah masuk botol ke dua, dan tinggal setengah lagi. :)
Dari situ , akhirnya aku mulai explor lebih jauh produk-produk dari brand The Ordinary ini, mulai dari Alpha Lipoic Acid, Arganin, sampai dengan face oilnya yaitu Rosehip Seed oil ini.

Well, memang, menggunakan produk face oil untuk sebagian besar orang , menjadi sesuatu yang menakutkan. Ngeri-ngeri sedep kalau orang bilang. Terutama apabila kita memliki jenis kulit yang cenderung oily dan berjerawat. Mungkin kalian berpikir : " masa iya muka sudah oily dikasih oil lagi ? " Ketakutan tersebut memang tidak salah. Takut itu wajar koq. Tapi, satu hal yang mungkin perlu kita tahu adalah, bahwa khasiat oil itu berbeda-beda tergantung bahan dasarnya. Ada yang untuk kulit kering karena fungsinya melembabkan dan memberi barrier kulit sehingga tidak gampang dehidrasi, ada yang memiliki anti-bacterial agent sehingga bakteri penyebab jerawat mangkir ga balik-balik, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.

Karena membahas semua jenis face oil akan memakan waktu seabad,
untuk postingan Adit kali ini aku akan membahas mengenai rosehip oil saja ya :)

Rose Hip Oil 

Rose hip oil merupakan minyak yang didapatkan sebagai hasil ekstraksi dari Rosa Mochata atau Rosa Rubiginosa, yang didalamnya mengandung banyak essentials yang penting untuk kesehatan kulit kita. Beberapa di antaranya adalah omega 6 dan omega 3, disamping juga pro-vitamin A ( mostly beta karoten ) dan tretionin. Zat-zat inilah yang kemudian sangat bermanfaat bagi kulit kita, terutama untuk kita-kita yang memiliki problem jerawat karena :
  • Omega 3 dan 6 sangat bermanfaat untuk mengurangi inflamasi 
  • sedangkan pro-vitamin A bekerja dengan cara mengurangi sekresi kelenjar minyak di wajah kita. 
  • tretinoin, yang juga merupakan turunan vitamin A , berfungsi untuk mengurangi sekresi kelenjar minyak , dengan cara 'mengempiskan'  kelenjar sebum tersebut. Dokter kulit banyak menggunakan tretinoin ini untuk mengatasi jerawat ( ada yang berbentuk obat minum , brand popular nya Roaccutane, ada juga yang dioles di wajah , brand popular nya Vitacid ) . 
Singkatnya, penggunaan rosehip oil secara rutin akan membuat kulit kita lebih sehat, lebih plumped, dan juga mengurangi frekuensi kemunculan jerawat. 

Tapi, Adit rasa aku perlu memberikan 'early warning' untuk kamu yang ingin menggunakan rosehip oil ini. Bahwa, penggunakan tretinoin , seperti hal nya roaccutane / vitacid, akan menyebabkan purging dulu. dan itu tingkat kepastiannya : 80% an lah pasti purging. Alasannya, karena cara kerja tretinoin tersebut yang mengempiskan kelenjar sebum, sebum yang sudah ada di dalam kelenjar tersebut akan squeezed out. 
Kecuali kamu sudah purging melalui produk lain dan sudah cukup bersih pori-porinya, apabila kamu ingin menggunakan rosehip oil , kamu harus siapkan mental, karena kemungkinannya akan purging dulu. 

Purgingnya berapa lama ? ini yang gak dapat Adit jawab. 
Lama tidaknya proses purging dan seberapa parah purging yang mungkin kamu alami sangat bergantung dari seberapa banyak isi kelenjar sebum kamu. :) 

The Ordinary 100 % Organic Cold Pressed Rose Hip Seed Oil 


Ok, sekarang kita diskusi mengenai rose hip oil produksi The Ordinary. 

Beberapa hal yang aku suka dari produk ini adalah : 
  • claim dari The Ordinary bahwa rose hip oil produksi mereka 100% organic, yang artinya, tidak ada chemical content yang berbahaya seperti : pestisida, dll , sehingga aku pribadi merasa lebih aman menggunakannya. 
  • produk ini 100 % dibuat dari tumbuh-tumbuhan , sehingga aman digunakan untuk kamu yang vegan. 
  • teknik yang digunakan untuk memeras oil nya adalah dengan metode cold pressed sehingga tidak ada penurunan kualitas dari essentials yang ada di dalam oil tersebut. Seperti kita ketahui, banyak essentials yang rusak jika terkena panas saat di ekstraksi. Dengan melakukan cold press method, hal tersebut dapat dihindari. 
  • alcohol free 
  • water free 
  • nut free 
  • silicone free 
  • cruelty free 
Well, menarik bukan ? Setelah baca ini itu, akhirnya aku memutuskan untuk membeli produk tersebut. Untungnya, aku sudah berkenalan dengan face oil sejak beberapa waktu yang lalu, jadi aku gak terlalu parno menggunakan face oil. Hanya ada satu hal yang sempat membuat aku maju mundur menggunakan produk ini , yaitu tidak ada COSDNA observation yang available saat ini. After the long battle, akhirnya aku beli juga. 

Results 

I M P R E S S E D. 

Gila sih ! 
Yang aku rasakan dari produk ini : 
  • di aku hanya less to none purging. Mungkin karena aku sudah purging jadi hanya ada satu / dua komedo yang ada di dalemmm banget yang uda ada di wajah dari 6 bulan yang lalu, akhirnya keluar. Gede, panjang, warnanya uda agak  hijau kehitaman .. iyeeeuuuwwwhh banget deh pokoknya. Tapi aku happy. haha. Karena akhirnya keluar juga tu komedo. 
  • Membuat kulit aku lebih sehat dan glowing setelah 2 minggu pemakaian.
  • Melindungi kulit secara maksimal dari udara / temperature yang ga bersahabat. Jadi waktu kemarin aku ke Seoul, di hari hari terakhir aku di sana, temperaturenya sudah mulai gak enak , 1-2 derajat Celcius. Walhasil , muncul winter rush di sekujur kulit di tubuh ku. Di paha, lipatan lutut, betis, lengan . semuanya. Tapi tidak di wajah dan di leher. Setelah aku telaah, karena di wajah ku pagi dan malam aku gunakan rosehip oil ini 2 tetes pada step terakhir perawatan kulit. 
  • Kalau digunakan siang memang membuat kulit agak sedikit kekuningan, tapi , kalau selama ini kamu battle dengan susahnya meratakan concealer / bb cream, dengan menggunakan sedikit rose hip oil ini, aku merasa jauh lebih mudah meratakan bb cream / concealer ( aku gunakan concealer di bawah mata, karena tiap kali jalan-jalan pasti kurang tidur . jadi mataku kayak zombie. hahah )
So, singkatnya. this product is definitely a yes for me. 
Nah, tapi sekali lagi aku mengingatkan, untuk kamu yang ingin menggunakan rosehip oil, selalu consider bahwa mungkin akan terjadi purging ya guys :) 

Nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit :) 
ciao !


29 comments:

  1. jadi kalo lagi berjerawat pake face oil ini siap2 mukanya di detoks dulu ya dit??kayaknya aku belum siap,hahaha.. fyi mukaku abis breakout setelah lepas obat dokter trus pindah ke masker kefir. udah mau abis tp belum ada perubahan,akhirnya diberhentiin. abis itu totol2 jerawat pake oxy 5 (bahan dasarnya benzoyl peroxide) dan alhamdulillah mendingan. main2 di blognya adit jd tertarik buat pake snail,walau masih bimbang milih antara snailnya cosrx atau benton hehehe..

    oia salam kenal ya dit,seneng banget sama postingan kamu yg informatif^^. sorry kl komennya agak oot XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nin. hahaha.. detox a.k.a purging. soalnya memang kandungan utamanya pro vitamin A . :)

      salam kenal juga :)

      snail bagus sih ... cuma memang ya itu .. mesti rajin .. karena semua skincare yang bahan dasarnya alami , progresnya ga secepet chemical skincare gitu :)

      Delete
  2. Iya sih memang gak cepet tp kl aman rasanya kan jadi nyaman juga ya dit hehe..
    Oia cara/step penggunaan rosehip oil ini di adit gimana?dicampur sama saudaranya,si niacinamide,atau niacinamide+snail lalu rosehip ini atau gimana?
    Dijadiin spot treatment bisa juga kali ya hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi anindita...
      hehe ..
      utk rosehip. aku gunakan malam.
      jadi aku lagi coba vitamin c serumnya klairs dan vitamin e night masknya klairs
      nah, penggunaan malam hari utk oil ini sebelum night mask.

      urutannya kalau aku
      cleanser,
      toner,
      fte missha,
      vitamin c klairs,
      rosehip oil,
      night mask.

      snail dll, aku gunakan siang hari. karena kalau ditumpuk terlalu banyak, nanti vitamin c nya gak efektif.

      jadi aku seling am pm skarang.

      bisa utk spot treatment, tapi sebenernya aku gunakan sewajah juga ga kenapa2 sih untungnya. uda jalan 6 mingguan kurang lebih .

      :)

      kamu pernah gunakan rosehips sebelumnya ?

      Delete
  3. Nah itu dia dit,belum pernah hehe.. makanya setelah baca review kamu,aku langsung browsing review dari blogger2 lainnya. Daaann kuberanikan diri buat order si rosehip ini,hohoho..
    Malam ini langsung kucoba,dan rencananya dipake setelah niacinamide+zinc nya the ordinary. Doakan berhasil yaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Anin .. gimana .. sudah coba the ordinary nya ? aman gakk

      Delete
  4. been using this rosehip seed oil for a week dan purging tp cm 3 biji jerawat doang besokannya kering dan bekas jerawat aku getting better. setelah stressed out pake ini itu gaada yg cocok bahkan makin parah jerawat jerawatnya, and when i found this oil it works surprisingly great! apalagi buat muka yg dry emg cocok bgt sih. holy grail and def repurchasable

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa .. setuju gab .. :)
      aku juga suka banget sama oil ini :)

      Delete
  5. setahun lalu aku sudah pernah breakouts sekarang pun aku juga masih muncul jeraawat apa ini akan detox seperti semula?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung danniars, kamu banyak gak isi porinya ? kalau banyak , mau ga mau nanti isi pori itu dikeluarkan dulu.
      nanti kalau uda bersih, saranku tetep maintain dengan BHA toner. jadi kulit matinya regularly di angkat :)

      Delete
  6. Kemarin aku pakai ini sebagai base makeup dan gak nyangka banget makeupnya jadi gak lintur bahkan aku cuci muka aja sampe 2x saking nempelnya.
    Skrg baru seminggu dan jerawat bernanah mincul semua 😬😬😬🙏🙏🙏 makasih atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Tiara. kalau di gunakan di Negara tropis, better digunakan malam hari aja :)
      aku sih kemarin ini pake siang malam karena di SEoul lagi dingin banget.

      tapi begitu balik ke indo sih , aku balik lagi pakai hanya malam hari aja.
      dan itu pun dikit 1-2 tetes utk sewajah.

      jerawat bernanah muncul itu kalau awal2 memang purging dulu Tiara.
      jerawatnya muncul di daerah yang sering berjerawat ?

      Delete
  7. Kak aku liat video liah yoo yg pakai 1 aktif aja klo buat skincare routine for acne. Tp alternatifnya banyak bgt... Ada bha, vit.c, aha, niacinamide.. Yg pengen ku tanyain.. Kapan sih kita bisa ganti aktif di skincare routine? Kan klo pake bha power liquid nya cosrx tiap malem bakalan over exfo juga kak.. Apakah kaka ada saran? Thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yuna ,
      untuk actives , tergantung kulit kamu :

      bha : untuk acne prone,
      aha : non acne , tapi problemnya flek
      vit C : untuk acne dan non acne , bisa berfungsi untuk brightening agent juga.

      pake produk aktif itu cuma 2-3 x seminggu Yun

      Delete
  8. Hai kak adit aq dah sering baca reviewnya, thank banyak bantu banget buat aq milih kosnetik yg kira2 cocok. Mau tanya dong kaka aq baru beli kmrn the ordinary rosehip oil tapi bingung urutannya. Mhn dibantu, malam yg aq pakai benton bha toner, cosrx snail essence, the ordinary niacinamide, aloevera gel buat sleeping mask nya. Nah face oilnya aq pake kapan? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Yulianti, thanks uda mampri2 :)
      hmm, tapi kamu tau rosehip dia ada retinolnya ?
      jadi mungkin akan purging dulu ?

      dia di lapisan paling akhir.
      start dari 3 hari skali ya.
      jangan sering2 . sambil di cek dulu gimana kulitmu meresponse oil tsb

      Delete
  9. Hai Adit, kulit saya berjerawat, bruntus dan ada bekas jerawat juga. Ini baru terjadi sekitar 1thn belakangan. saat ini saya pakai kiehls facial wash, kiehls calendula toner, cosrx bha a sol, smooting serum elsheskin dan moisturizer elsheskin, serta sunscreen biore di pagi hari. so far, belum ada perbaikan yang berarti. baiknya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi … beberapa produk yang kamu gunakan aku ga familiar. sebenernya kalo utk jerawat, better kamu coba dibarengi dengan diet karbo.
      aku pernah bahas di beberapa postingan aku sebelumnya, bahwa diet karbo itu ngaruh banget untuk mengurangi pembentukan sebum. :)


      Delete
  10. Hai dit ,
    boleh gak si , kita pakai acid toner bersamaan TO rosehip oil ?
    soalnya baca2 katanya acid toner gak boleh dipakai barengan sama kandungan vit a . Thank you

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Hello kak Adit :)

    Wajahku lagi breakout gara2 berenti skincare dr dokter, sementara ini aku pake oxy 10 with benzoil peroxide inside, tp pake ini kulit ku kering dan jerawat keluar semua dari yg ada mata nya gitu sampe blind pimple, dan itu yg bikin aku desperate.. Hiks :(
    Kalo aku ganti pake rosehip oil ini gimana kak? Apa jerawat nya akan nambah banyak atau berenti karna sbelum nya memang udh purging stlh pake benzoil peroxide itu?
    Aku udh browsing, watching yt and etc Buat temuin cara obatin nya, dan akhirnya aku temukan 4 options yaitu rosehip oil, dr jart cicapair serum, by ecom honey glow ampoule, dan goodal green tangerine dark spot serum.
    Menurut kak Adit aku mesti pilih apa buat obatin breakout ini? Atau any recommendation?
    Makasih kak :) ditunggu jawaban nya hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Catharinaa ... maafffkkkaannnn .. aku bener2 lagi sibuk banget di lapangan ,s ampe ga buka2 blog...

      sedih deh.. pasti jawaban ku uda telat banget ya...

      sekarang gimana kondisi kulitmu ?

      doktermu kasi antibiotic ga ? kalo banyak jerawat aktif, mesti sambil makan antibiotik soalnya.

      rosehips mengandung retinol, jadi efeknya sama , akan ngeluarin dulu kalua banyak jerawat aktif.

      Delete
    2. aku ga pergi ke dokter kak, dulu pernah breakout ky gini, di obatin di dokter jg sama keluar banyak bgt jerawat malah ada bberapa yg nimbulin bopeng, walopun lama kelamaan bopeng nya hilang, dan setelah pengobatan dan perawatan dihentikan malah jerawatan lagi.
      jadi skrg aku coba perbaiki skin barrier hasil browsing2, walopun gak tau bener enggak produk nya hehe
      produk yg aktif yg aku pake skrg ekspoliasi seminggu 2x pake the ordinary aha bha peeling solution, serum nya the ordinary niacinamide habis itu pake the ordinary rosehip oil ini dan ga gak pake moisturizer lagi, jerawat nya memang keluar2 dulu tp dalam waktu sebulan bener2 membaik, skrg tinggal bekas jerawat nya nih kak..
      cuma ttep aja masih ada tumbuh beruntusan kecil gitu dan ujung2 nya jadi jerawat merah atau whitehead,semenjak breakout ini membaik aku ganti toner pake mizon aha bha daily clean toner, aku masih bingung beruntusan ini karena gak cocok dgn toner itu atau memang masih dari efek purging karena rosehip oil, soalnya aku ga lupa double cleansing atau ga lupa pake sunscreen, menurut kak adit gimana? hehe
      aku takut breakout ini ga sembuh2 kalo masih ada beruntusan gitu, hiks :(

      jadi utk sementara ada bberapa yg aku ganti produknya karna takut salah satunya ga cocok, tp kalo gak cocok kenapa bisa membaik yah ?
      skincare routine ku yg skrg :
      1. Etude house the real art perfect cleansing oil
      2. COSRX Low PH Good morning gel cleanser
      3. Etude house Soon Jung Relief Toner
      4. COSRX Propolis ampoule (pengganti Niacinamide the ordinary)
      5. COSRX Oil free ultra moisturizing lotion (pengganti rosehip oil)
      6. Dr Jart cicapair recover Spf 30
      7. The ordinary Aha Bha Peeling solution (expoliator)

      skincare routine aku yg baru menurut kak adit gimana ?
      banyak bgt yah pertanyaan nya :D
      ditunggu jawaban nya ya kak :)
      Makasih banyak kak adit :)

      Delete
    3. sebenernya, proses "purging" atau pembersihan isi pori, itu bermula dari jerawat besar dulu, lalu setelah jerawat besar berkurang, mulai keluar jerawat kecil kecil, nannti setelah itu beruntus2 , baru terakhir bener2 bersih :)

      itu yang aku alami ..

      cuma, kalau aku boleh saran, kamu cukup pilih 1 saja exfo agentnya.
      aku perhatikan, kamu paling enggak , ada 3 exfo agent : cosrx low ph good morning gel cleanser itu bha, lalu kamu pake the ordinaryujuga, lalu ada rosehip ( kalau kamu masih pakai, isinya retinoid, itu juga exfo agent ) . jadi sebenernya agak terlalu banyak . cukup pakai 1 aja . biar ga over exfo :)

      untuk yang etude, aku gak terlalu familiar, kamu pakai etude sudah lama ?

      Delete
    4. oh gitu prosesnya ya kak..jadi tenang deh kalo gitu hehe
      mungkin kalo pas aku exfo pake the ordinary baiknya ga pake yg rosehip oil ya kak.. tp kalo misalnya ga lagi jadwal exfo boleh ga sih pake rosehip oil kak ?
      yg etude aku baru pake kak, dia gentle sih ..
      makasih udh bales kak :)

      Delete
    5. iya, sebaiknya pilih salah satu aja :) jadi ga perlu double double :) nanti over exfo malah masalah baru :)

      saranku sih gak perlu selang seling juga :) karena itu sama dengan kamu exfo tiap hari juga .

      pilih salah satu aja, tapi nanti konsisten pakainya :) gitu :)
      semoga membantu ya:)

      Delete
    6. sangat membantu sekaliii :)
      dr rangkaian skincare yg aku sebutin, menurut kak adit yg mana yg mesti di stop dgn kondisi aku skrg, kondisi nya tinggal bekas jerawat dan masih ada muncul jerawat kecil walopun cuma 1 atau 2.
      ini pertanyaan terakhir kak hehe , makasih banyak yah :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Really appreciate this wonderful post that you have provided for us.Great site and a great topic as well i really get amazed to read this. Its really good. สบู่ออแกนิคแฮนด์เมด

    ReplyDelete