Thursday, November 30, 2017

[Review] The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%

Hi semua,
selamat long weekend. :)

hari ini , mumpung lagi long weekend, aku nulis blog dulu ah ..
beberapa waktu belakangan, karena banyak comment, akhirnya aku keasikan balas balas comment.
selesai balas comment, males ngetik blog. haha .. akhirnya aku posting sedikit banget. padahal ada banyak materi review yang sudah siap launch.

Seperti salah satu produk The Ordinary ini, yaitu Niacinamide 10% + Zinc 1% .
Suweer sumpah, aku ingetnya aku sudah posting review produk ini lowh. karena, aku sudah masuk botol ke dua, dan itu pun sudah hampir habis . sampai akhirnya aku diingatkan oleh salah satu reader bahwa aku belum posting review produk ini. hahahaha

Maaf ya teman-teman. padahal aku sudah janji mau posting. jadi pada nunggu-nunggu.

Anyway,
untuk teman-teman yang sering baca blog ku, mungkin kalian ngeh bahwa aku beberapa kali cerita aku lagi suka dengan produk Deciem, mulai dari The Ordinary, Hylamide, dan NIOD. tapi yang paling banyak aku gunakan adalah The Ordinary ini.  Alasannya simple, harganya paling affordable dibanding produk lainnya, haha. tapi juga dengan kualitas , yang, kalau untuk aku sih, oke banget.

Hmm, jatuh cinta produk Deciem bukan berarti aku pindah haluan ke non-korean lowh ya.
aku tetap gunakan snail, galactomyces, aloe vera, bb cream, dan lain lainnya . haha ( singkat kata, kantong ku terkuras juga, karena suka produk baru, tapi gak move on dari produk sebelumnya. hahaha )

Kenapa aku suka The Ordinary ? karena mereka 'jujur'.  detailnya pernah aku bahas di sini  .

Oh iya, sebelum kita lanjut ke bahasan mengenai TO NZ ini, untuk kamu pengguna Instagram, kamu dapat follow Instagram adit @Joshua_Adityaa, karena aku suka post hint mengenai produk yang sedang aku gunakan di Insta Story. Memang gak aku posting di main post karena IG nya di desain untuk personal, bukan untuk blog :) Tapi, berhubung banyak yang nanya daily routine ku apa saja, to keep it simple, aku post di insta story , karena ga perlu banyak waktu seperti ngetik blog :).

Balik lagi ke Niacinamide and Zinc ini.

Nah, kenapa aku suka Niacinamide 10% dan Zinc 1 % ini ?
yuk kita bahas.


The Ordinary Niacinamide 10% + Zinc 1%




Seperti produk-produk The Ordinary lainnnya, kalau kamu berkunjung ke website mereka, mereka dengan detail menulis produk ini mengandung apa dan tidak mengandung apa.  oleh karena itu, kamu dapat langsung menilai apakah produk ini cocok untuk kamu atau tidak.
seperti untuk produk yang satu ini, tertulis dengan jelas di web bahwa produk ini :

  • alcohol free 
  • oil free
  • nut free
  • silicon free
  • cruelty free
  • vegan 
  • ph 5.5-6.5

dengan kata lain, kalau kamu alergi kacang, gak mau produk yang mengandung alkohol maupun oil dan mungkin sensitif terhadap silicon, plus kamu vegan dan kamu ingin produk yang phnya cenderung netral, produk ini cocok untuk kamu.  nah, berdasarkan info di atas, karena aku sedang mencari produk yang tidak mengandung alkohol, dan bukan produk yang acidic, aku tahu bahwa paling tidak, produk ini sesuai dengan kriteria produk yang aku mau. Lanjut.

Dibandingkan dengan produk lainnya yang sejenis yang cenderung tidak membuka resep racikan mereka, The Ordinari NZ ini dengan jelas menulis bahwa produk mereka mengandung niacinamide 10% dan zinc 1%, Well, mungkin untuk AHA atau BHA, kita sering dengar persentasenya, tapi untuk niacinamide ? apalagi zinc. susah lowh cari produk skincare yang mengandung zinc. padahal zinc ini penting banget untuk kulit.

Zinc, merupakan mineral penting yang berperan pada pengaturan produksi sebum di kulit kita. Aku rutin minum vitamin zinc kerena kulitku oily, jadi aku perlu mineral zinc untuk membantu agar kulitku gak terlalu berminyak. nah, dengan adanya serum zinc ini, selain aku minum vitamin dari dalam, menggunakan serum zinc membantu aku untuk lebih lagi menjaga produksi sebum. karena seperti kita ketahui, vitamin yang kita minum disebar oleh tubuh kita keseluruh bagian, mulai dari kulit, rambut,  dan bagian bagian tubuh lainnya. jadi kalau kita minum vitamin , mungkin hanya 10-30% nya yang sampai ke kulit kita, yang lainnya disebar, atau terbuang ke air kencing  atau keringat.
so , mengaplikasikan serum langsung ke bagian yang kita inginkan tentu akan lebih tepat sasaran.

Niacinamide, istilah kedokteran dari vitamin B3, merupakan anti-blemish agent yang membantu mencerahkan kulit kita, dan mengurangi tampilan noda di wajah.
so, menggunakan niacinamide secara rutin akan membuat kulit kita gak kusam, di samping juga menghilangkan noda. Banyak produk skincare yang menggunakan niacinamide sebagai salah satu ingredient andalan. Tapi, khasiat niacinamide dan vitamin c akan saling menghilangkan kalau dipakai bersamaan. oleh karena itu, kalau kamu menggunakan vitamin c serum, kamu wajib mengecek semua skincare mu, kira-kira ada yang mengandung niacinamide atau tidak. apabila ada, gunakan satu AM satunya lagi PM. biasanya disarankan untuk menggunakan vitamin C serum di malam hari, sedangkan niacinamide di pagi hari.

next, Cosdna result.


tabel di atas adalah ingredient list berikut cosdna reviewnya. seperti kita lihat di sana, produk ini tidak mengandung satupun ingredient yang berbahaya menurut cosdna.
So, produk yang beredar tahun 2017 , adalah produk generasi 2, yang ingredient listnya berbeda dengan produk pertama yang beredar 2016an.
produk generasi pertama yang dulu beredar mengandung satu ingredient yang acne-alert, yaitu carragenan yang memiliki skala acne 5, sedangkan produk generasi 2 ini sudah tidak mengandung ingredient tersebut.

beberapa waktu yang lalu, ada reader yang cerita di comment bahwa doi beruntusan menggunakan produk ini. kecurigaan adit adalah, doi menggunakan produk yang masih generasi pertama.
so, kalau kamu berencana membeli produk ini, pastikan kamu membeli produk di sellet terpercaya, dan jangan lupa tanya apakah produk yang dia jual produk generasi pertama atau generasi kedua.

Results

 Walaupun produk ini gak secara mujarab bikin kulitku yang sangat oily jadi super normal, menggunakan produk ini secara rutin, dan sudah hampir habis 2 botol, membuat kulitku lebih gak terlalu sering muncul whitehead / blackhead. memang masih ada beberapa, yang entah sudah dari kapan ada di wajah ku.  ( ada 1 whitehead, sudah 6 bulanan baru keluar.. hiiiyyyyy ) .
so far, aku suka dengan produk ini, and i'll never gonna stop in using this product.

important notes nya adalah :

  • produk ini bukan obat jerawat. jadi kalau kulitmu ada jerawat aktif, kamu tetep perlu obat jerawat yang memiliki kandungan anti bakteri terutama kalau jerawatmu aktif dan inflamed. 
  • produk ini kadang2 perih kalau kulit kita sedang super sensitif. so, kalau kulitmu sedang sensitif, disarankan untuk mengurangi frekuensi penggunaan produk ini sampai kulitmu membaik. 
  • best use : aku mix dengan snail essence , kadang-kadang 2 puff snail , 2 tetes niacinamide, atau 1 puff snail, 2 tetes niacinamide tertantung kondisi kulitku. kalau sedang kering, snailnya aku pakai agak banyak. 
  • hasilnya gak instant. jadi kalau kamu pakai hari ini, gak terus kemudian whitehead dan blackheadnya hilang dalam 1 minggu. tapi hasilnya pasti. so far untuk aku demikian.the  :) 
semoga postingan Adit kali ini menjadi jawaban untuk kamu yang nunggu-nunggu review The Ordinary Niacinamide and Zinc . 
nantikan review lainnya hanya di Groom it Like Adit.  
bye . :)

35 comments:

  1. Halooo kak adit,
    Aku suka banget sama review2 nya di blog ini, baru kali ini Nemu review skincare yg lengkap dan detail bgt kaya begini hehe.

    Aku mau nanya, kalo menurut kak Adit, lebih bagus red serum atau the ordinary ini yah? Sebenernya aku pengen ngecilin pori-pori dan mencerahkan wajah sih. Aku Uda nyoba sample red serum dan aku suka bgt sama teksturnya dan wanginya itu loh, seger bgt.

    Masih bingung antara beli red serum atau the ordinary..Mohon sarannya ya kak hehe thanks a lot

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Fahrunnisa, tergantung kebutuhan, kalau kulitmu berminyak, the ordingary ini ada zinc nya yang membantu mengontrol minyakmu.red serum lebih ke anti aging :)

      kalau kamu cocok dengan red serum, saranku lanjutin aja dulu paling enggak 3-4 bulan sampai habis satu tube. kalau sudah cocok, sudah. ga perlu coba the ordinary :)

      Delete
    2. Thanks kak atas sarannya, aku langsung beli nih red serum yg full size, semoga bisa cerahin wajah, skrg ini wajah agak kusam gitu, kata temen2 Uda putih sih, tp aku liatnya pucat bgt Haha semoga pake ini bisa agak merona gitu

      Delete
    3. ammiiinnnn .. :) uda mulai pake ?

      Delete
    4. baru pakai mungkin 5 hari an. pas di apply emang enak bgt sih rasanya ni muka jadi seger, wanginya suka bgt :D

      Btw kak adit pernah coba benton lotion sama cosrx all in one cream yg snail belum ya? kira-kira lebih bagusan mana? :D sebenernya aku beli 2 itu dalam bentuk sample dan sama2 enak si, jadi bingung mau beli full size nya yg mana hehe.
      mukaku kering gitu soalnya, butuh pelembab.

      Delete
    5. hi , kalau kering mah enak .. :)
      saranku benton lotion aja :)

      Delete
    6. Ok kak, thanks for your advice :)

      Delete
  2. Hai kak adit aku cici.
    Kak adit aku suka banget sama blog kaka.jd penasaran sama muka mulus ka adit hehe.

    Aku mau nanya,
    1. Aku mau pake red serum cocok ga yak ka di aku yang selalu jerawat di dagu dan susah hilang bekas nya ? Huhu
    2. Vit zink yg kaka minum merk apa ?
    Terima kasih sebelum nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ci :)
      wah makasih ..
      hehe

      hmm, jerawat di dagu bisa karena banyak faktor .
      salah satunya gak cocok dengan pasta gigi
      so, mungkin perlu dicoba kamu ganti pasta gigi yang herbal aja dulu.

      vitamin zinc yang aku minum nutrimax c plus. dia isinya vitamin c plus zinc. :)

      red serum bukan untuk jerawat :)
      tapi bekasnya sih bagus .
      cuma balik lagi, karena ini isinya ekstrak tumbuh2an , ada kemungkinan kamu gak cocok karena alergi, dll lowh ya :)
      so, selalu lakukan test patch.
      dan jangan langsung gunakan sehari 2 kali. gunakan start dari 2 hari sekali malam hari :)

      Delete
  3. haii... makasih banyak reviewnya, detail dan enak bacanya.
    btw mau tanya dong saat pemakaian bareng snail bee, yang mana dulu yg di aplikasiin? snail bee nya pake merk apa?
    thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi :)
      sama sama . thanks uda mampir.
      aku gabung sama cosrx snail utk niacinamide zinc.
      caranya : 1-2 puff cosrx snail + TO NZ nya 1+2 tetes . utk wajah dan leher :)

      Delete
    2. ohh dipakainya yang snail essence dulu lalu TO, atau dicampur lalu diaplikasiin ke wajah ya?

      Delete
    3. aku sih dicampur. 1 puff snail + 1 tetes TO atau 2 tetes. :)

      Delete
    4. Hai kak adit,
      Mohon bantuan pencerahannya ini, sesuai dengan review kak adit. saya baru mencoba pakai snail cosrx di mix dgn TO (1puff snail + 2tetes TO) tapi ketika pakai di wajah...ketika pemakaian skincare selanjutnya kok bisa keluar gumpalan kecil seperti daki warna putih ya? Saya coba pakai TO tanpa dicampur hasil akhirnya juga sama keluar gumpalan kecil seperti daki setelah saya melanjutkan pemakaian skincare.

      Mohon pencerahannya ya kak 🙏🙏🙏

      Terima kasih

      Delete
  4. halo Adit,

    Boleh info kamu beli niacinamidenya dimana? soalnya aku coba dan well, hasilnya malah bikin kulitku kasar sampe aku harus stop dl. aku tertarik pas kamu blg mungkin yg bikin kulit bermasalah adalah niacinamide generasi pertama. Aku gak tny juga sih kemaren pas beli.. thank you ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Lucia. kamu cara pakainya gimana ?
      aku beli di tokopedia . nama tokonya glamland_id.
      untuk tips , kamu coba campur 2 puff snail cosrx dengan 1-2 tetes TONZ nya. jangan pake banyak2 . karena memang ga perlu banyak2 :)

      Delete
    2. hai Adit, thank you for ur speedy response :)

      awalnya aku pake pure 2-21/2 drops. trus aku stop setelah my skin jd kayak kasarrr bgt krn purging dan timbul break out. area yang biasanya bersih jd timbul kayak komedo gtu yaa... TT TT TT. abis itu cuman pake salep muka dan cosrx snail essence. udah better. tp aku penasarannn banget sm niacinamide ini. kenapa resultnya gtu di aku then i found your blog. trus ya mungkin karena generasi pertama ituu. baru td pagi aku coba lagi, pake 2 drops snail essence cosrx+1 drop niacinamide. we'll see...

      Delete
    3. okkai :) let me know the update ya.
      atau coba kamu start dari 2 hari sekali dulu.. pelan pelan memperkenalkan produknya ke kulit mu :)

      Delete
  5. Produk TO ini mulai dipalsukan kah? Soalnya pertama aku coba beli di benscru teksturnya agak kental, warnanya nyaris bening dan efek memudarkan hyperpigmentation cukup kelihatan. Terus karena di benscru Out Of Stock, akhirnya beli di shopee yg starseller. Teksturnya encer warna keruh dan baunya beda banget; aku coba positive thinking dong mungkin beda produksi soalnya banyak yg bilang TO ini belinya bisa di korea dll. Ternyata hasilnya nihil, malah jerawatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dipalsukan sih kayaknya enggak. cuma kita ga tau seller kamu menyimpan produknya seperti apa, apakah tempatnya terpapar matahari terus, atau sangat lembab, atau misalnya sudah lewat masa expirednya. dll.

      so far sih kalau aku cek di blog skincare blum ada satu pun yang bilang ada palsu nya. :)

      kalau kamu jerawatan, mungkin, kamu dapet yang generasi pertama. bukan yang generasi kedua.

      Delete
  6. Hai kak adit q erna...q suka banget baca review sckincare dblog kak adit...q mau nanya nie...q baru nyoba produk The ordinary NZ beberapa hari ini...tapi karena kulitku lg nglupas akibat facial kmrn setiap q apply The ordinary NZ dan snail muchin essence...koq jd gatel bangett ya kak...itu knapa ya kak adit?..thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Ema, kulitmu kalau lagi ngelupas, itu artinya lagi sensitive.
      biasanya kalaua lagi sensitive gitu, jangan pakai apa2 dulu ma.
      kompres aja sama FTE , atau pakein aloevera sampai membaik. baru gunakan produk lain.
      aloe veranya pun kamu mesti cek jangan yang ada alkoholnya.

      kulit yang lagi iritasi, kena produk apapun, nanti pasti reaktif.
      stop dulu semua produk kamu ya :)
      pake aloe aja dulu.

      Delete
  7. Hai kak adit q erna...q suka banget baca review sckincare dblog kak adit...q mau nanya nie...q baru nyoba produk The ordinary NZ beberapa hari ini...tapi karena kulitku lg nglupas akibat facial kmrn setiap q apply The ordinary NZ dan snail muchin essence...koq jd gatel bangett ya kak...itu knapa ya kak adit?..thanks

    ReplyDelete
  8. Hai kak adit q erna...q suka banget baca review sckincare dblog kak adit...q mau nanya nie...q baru nyoba produk The ordinary NZ beberapa hari ini...tapi karena kulitku lg nglupas akibat facial kmrn setiap q apply The ordinary NZ dan snail muchin essence...koq jd gatel bangett ya kak...itu knapa ya kak adit?..thanks

    ReplyDelete
  9. Hai ka adit, aku mau nanya. aku baru mau coba beli the ordinary NZ dan cosrx aha/bha. produk itu boleh dipakai secara bareng ga ka? kalo boleh mana dulu yang dipakai? terimakasih kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi Artika .. boleh , tapi utk the ordinary , saranku dicampur sama snail cosrx essence.kalo pake cuma to aja, agak kering ke kulit . karena zinc fungsinya mengurangi sekresi kelenjar minyak.

      yang dipakai cosrx aha bha toner ( ini cuma malam hari aja ya ) , tunggu bentar .. uda gitu lanjut dengan the ordinary NZ 1 tetes / 2 tetes + snail 1 puff

      Delete
    2. kak katanya ada yang bilang the ordinary NZ ngga boleh di gabung sama cosrx aha/bha ya?

      Delete
  10. Hi adit. Mau tanya. Kalau aku udh pake laneige clear c advanced effector boleh ngga digabung sama produk ini?

    ReplyDelete
  11. permisi kak adit mau nanya dong, apakah TO yg NZ ini ada barang palsunyaa yaa kak?? atau memang TO ini barangnya asli semua tidak bisa dipalsukan terimakasih kakadit🙂🙂

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi.. maaf aku miss chat mu yang ini.. setahuku, tidak ada produk kw dari TO . tapi, memang, mesti aku akui, produk ini tidak mempunyai penanda khusus seperti hologram, dll.

      tips dari aku, kalua kamu mau beli produk di olshop, pastikan produk tersebut di beli dari seller yang recommended, dalam hal ini kamu bisa cek, paling enggak, dia telah menjual berapa banyak produk . :)

      Delete
  12. hai ka adit,, kalo misal aku pake niacinamide padahal jenis muka ku kering-berjerawat, itu bisa gak ? atau ada kmngkinan muka ku jadi tambah kering

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi, ada kemungkinan akan tambah kering, karena zinc bekerja dengan cara mengurangi sekresi sebum.
      kalau kamu mau combat jerawat, langkah awalnya adalah, cari tau dulu, apa factor penyebabnya. mungkin misalnya : gak cocok dengan produk shampoo / conditioner , atau, hormone imbalance, dll dll , :)

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Halo kak, kan skincare saya cuma sabun baby cussons trus aloe vera NR trus sunscreen, nah sebelum pakai snail essence +niacinamide ini harus pakai hydrating toner kah? Lalu dicampur gimana ? Pakai satu” atau emang 2 produk diaduk gtu?

    ReplyDelete
  15. Halo.. ak baru coba niacinamide ini tp ak mix sama cosrx asol.. bisa ga ya?

    ReplyDelete