Friday, December 21, 2018

[Spotlight] SunBlock Battle : Which team are you on : SkinAqua or BIORE ? - Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel 30++ vs Biore UV Aqua Rich Watery Essence Review

Hi semua,
berhubung beberapa waktu yang lalu banyak yang minta rekomendasi sunblock dan banyak reader yang bingung untuk mententukan apakah Biore atau Skin Aqua yang lebih recommended, akhirnya untuk postingan kali ini Adit akan share sedikit review Adit terkait 2 produk tersebut. Well, sebenernya gak dua-duanya aku bahas secara detail sih. postingan kali ini aku akan lebih fokuskan ke Biore, karena memang untuk yang Skin Aqua aku sudah pernah bahas secara detail di postingan sebelumnya. kalau kamu mau baca kamu dapat klik di sini : Skin Aqua UV Moist Gel SPF 30 review.

Memang, kedua produk ini digadang-gadang recommended. Terlepas dari banyaknya produk UV block di pasaran yang harganya selangit, ujung-ujungnya banyak skincare lover yang akhirnya pilihannya jatuh di antara kedua produk ini. Tapi kemudian pertanyaan lanjutannya adalah : mana yang lebih bagus om ? ya kann ?

Sebelum kita bahas lebih jauh mengenai dua produk ini, Adit ingin tanya, menurut kamu, sunblock yang kamu suka itu seperti apa sih ? Ini pertanyaan tricky lowh. Karena, kalau dari fungsinya, sunblock itu wajib mampu menahan efek buruk dari sinar matahari. Tapi, Adit yakin pasti kamu punya kriteria lain yang jadi factor tambahan saat kamu memilih sunblock buat kamu. Mau tau kriteria sunblock yang recommended menurut Adit ?

Kriteria Sunblock versi G.I.L.A 

Nah, ini dia nih kriteria sunblock versi GILA nya Joshua Aditya (Gila = Groom It Like Adit , bukan gak waras yaa .. hahaha)
  1. Sunblock harus mampu menahan efek sinar matahari - ya iyalah. namanya juga sunblock. tapi  ini memang agak susah di test. So, untuk yang satu ini, aku biasanya memilih paling tidak produk-produk yang dikeluarkan oleh brand yang punya nama baik di pasar, bukan brand baru. Kenapa? Karena brand yang sudah punya nama baik di pasar, pasti punya standar tertentu dari segi kualitas dan pasti sudah lolos audit sebelum akhirnya beredar di pasaran. 
  2. Sunblock gak boleh berasa tebal dan lengket saat digunakan - ini juga wajib. Karena, sunblock yang berasa lengket digunakan bikin kita jadi gak nyaman sendiri, rasa-rasa muka koq kusam amat. ya kan ?
  3. Sunblock tidak meninggalkan white cast saat digunakan - are you with me on this ? yuph! walaupun kulit aku tergolong putih, aku suka kesel sendiri kalau muka aku langsung jadi kayak kertas karena ada lapisan sunblock yang meninggalkan warna putih di kulit. Dikate kita mau maen pelem pocin ( read : pocong cina ) kali yee ?
  4. Sunblock tidak memicu jerawat atau whitehead - ini wajib banget. Pernah gak dari antara kamu yang pake produk sunblock terus gak lama kemudian langsung muncul-muncul jerawat? 
  5. Sunblock tidak susah dibersihkan - Beberapa kali aku coba produk sunblock, pas aku lagi bersihin muka, aduh susah amat. Rasa-rasanya si sunblock nempel terus di wajah, padahal sudah double cleansing. 
  6. Sunblock aman untuk kulit oily, acne prone dan juga sensitive - ini wajib. Kulitku super sensitive. So, buat aku pribadi, penting untuk memilih produk sunblock yang tidak mengandung ingredient yang harsh untuk kulit sensitive. 
  7. Sunblock dapat blend in dengan semua produk yang digunakan sebelumnya - Well, karena sunblock digunakan di step terakhir, penting banget memilih sunblock yang dapat blend in dengan produk yang digunakan sebelumnya. Gak tiba-tiba kayak misah sendiri kayak lagi musuhan. (#ehh.. lol)
Nah dari semua kriteria di atas, sebenernya ada beberapa sunblock yang aku suka.

Kalau kamu ingin tahu langsung hasil akhirnya, versi Adit, jawabannya adalah Skin Aqua. haha.. Itu contekan dari aku. Tapi gak seru donk kalau main telen hasil contekan tanpa tau kenapa, ya kan?

Yuk, kita lanjut diskusi kita tentang dua produk ini.

Biore UV Aqua Rich Watery Essence

Dari segi packagingnya, Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini menurut aku cukup aman. Aman di sini artinya, packagingnya terbuat dari plastic, gak gampang pecah, gak gampang patah, aman untuk dibawa ke mana-mana terutama untuk kamu yang aktif bekerja terpapar matahari dimana kamu wajib mengaplikasikan sunblock ini tiap 4 jam sekali. Selain itu, pilihan warna packagingnya juga unisex. walaupun buat aku pribadi, pilihan warna packaging sama sekali gak ngaruh, mau warna pink juga kalau khasiatnya bagus, aku akan pakai. Tapi untuk beberapa orang, pilihan warna lumayan mempengaruhi. Ada beberapa cowok yang agak malu ngeluarin produk skincarenya di tempat gym karena warnanya salem, misalnya.

Dari segi harga, kalau kamu lihat di tokopedia, harganya berkisar antara IDR 90.000 - IDR 130.000-an. Variasi harga, menurut Adit pribadi, lebih kepada seberapa besar keuntungan yang di-set oleh penjual. Walaupun memang, ada seller tertentu yang menjual dengan harga murah karena masa kadaluarsanya sudah dekat. So, penting untuk kamu bertanya kepada penjual, kira-kira kapan masa kadaluarsanya. Tapi, kelihatannya, produk ini gak ada kw atau palsunya. Packagingnya yang dibungkus rapat plus background kardus, dan warnanya yang agak glittery, bikin pr banget kalau mau nge-palsuin produk ini.

Dari segi kualitasnya, memang produk ini cukup menarik, karena digadang-gadang lebih tahan keringat dan air. Sekilas, itu artinya, walaupun kita berada di tengah cuaca terik dan berkeringat, sunblock yang kita gunakan gak gampang terhapus oleh keringat. Tapi, itu juga artinya, produk ini gak gampang hilang saat kita membasuh wajah kita / mencuci wajah. Tapi, spf nya sudah 50, which is, lumayan mampu menahan panas matahari dibandingkan produk sejenis yang spf nya lebih rendah.
Upsidenya adalah, bahwa produk ini mengandung tidak hanya sunblock agent, tapi juga ingredient tambahan yang memberikan benefit tersendiri untuk wajah, seperti : hyaluronic acid, royal jelly extract dan citrus mix. Semuanya ditujukan untuk anti aging agent.

Namun demikian, ada satu hal yang bikin aku sedih waktu aku baca ingredient list dari produk ini, yaitu bahwa produk ini mengandung etanol a.k.a alcohol sebagai solventnya. Yang artinya, untuk kita-kita yang kulitnya sensitive, kita mesti aware bahwa produk ini berpotensi membuat kulit kita iritasi, dan makin dehidrasi. Detailnya kamu dapat lihat di sini .  Aku juga foto di bawah ini, agak gak jelas sih, tapi kalau kamu klik fotonya, urutan kedua dari ingredientnya adalah alcohol, and this really breaks my heart.


UV Sunblock Battle : Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel 30++ vs Biore UV Aqua Rich Watery Essence Review



Membandingkan kedua produk ini sebenarnya akan menjadi sangat sulit apabila Biore UV tidak mengandung alcohol. Kenapa, karena dari segi spf nya Biore UV spf 50 sedangkan skinaqua gel spfnya hanya 30, tapi ingredient tambahannya lebih banyak skin aqua seperti collagen, vitamin E , dll. Dua-duanya juga dedicated untuk oily acne prone skin, ringan di kulit, gak meninggalkan white cast, gak terasa berat dan lengkat.
Namun demikian, karena Biore UV mengandung alcohol, yang sangat berpotensi membuat kulitku irritated di samping juga kandungan alcohol tersebut akan membuat kulitku dehydrated, buat aku pribadi, aku pilih SkinAqua .

Bagaimana dengan kamu? kalau ada dari antara kamu yang menggunakan salah satu produk di atas, yuk share di comment , biar semua reader blog ini juga lebih well informed. :)

4 comments:

  1. Kalau aku biasanya pakai skin aqua yang spf 50 kak dan masih cocok aja di kulit sensitive aku

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. hi Ratna, thanks uda share pengalaman kamu. aku juga lagi lirik2 si spf 50 skin aqua. aman juga ya ?
      nanti habis yang spf 30 rencananya mau pakai yang spf 50 itu

      Delete
  2. hi Ka Adit!! udah lamaaa bgt ga komen soalnya jd silent reader terus hehe
    aku sih tim Skin Aqua :D udh hampir 2 tahun aku selalu pake ituu yg 30 spf. pernah pake yg 50 spf tp lgs breakout, maklum sensitif dan pore acne bgt kulit aku tuu hihihi

    ReplyDelete